Menu

Monday, May 22, 2023

/

Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar sahabat Keluarga Nawra, semoga selalu sehat ,berlimpah rejeki dan kebahagian bersama keluarga. Kali ini kita mau cerita keseruan kegitan Annasya mengikuti outing class ke Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bengkulu yang sering disingkat dengan nama Damkar.




Kegiatan outing class ini memang sudah menjadi agenda rutin kelas Annasya. Oh, iya Annasya sekolah di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Asyfa di Simpang Nakau, letaknya tidak terlalu jauh dari rumah.




Sehari sebelumnya, guru sudah memberitahu orang tua lewat WA grup kelas. Bahwa akan dilaksanakan outing class. Jadi orang tua sudah tau informasi ini. Orang tua dan anak juga sudah mempersiapkan beberapa keperluan seperti biasa.




Yang kami persiapan adalah membawa minum dan snack tambahan di luar bekal yang biasa di bawah. Karena ini ke Damkar, Annasya juga menyiapkan baju ganti. Untuk persiapan jika bajunya basah.


Annasya sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Ia sudah mendapatkan gambarannya seperti yang ia tonton di film Upin dan Ipin.


Seperti biasa, acara outing class anak berangkat bersama gurunya. Tidak ditemani orang tua. Anak-anak diantar dan dijemput di sekolah seperti biasa. Satu lagi, dalam kegiatan ini orang tua juga tidak mengeluarkan uang tambahan.


Jadi kalo ada info kegiatan outing class ini, orang tua dan anak biasa aja. Tidak ada persiapan yang khusus. Jadi tidak merepotkan.


Outing Class Annasya Ke Damkar


Kita kenalan dulu dengan apa itu Petugas Pemadam Kebakaran atau Damkar.Pemadam kebakaran, disingkat damkar, adalah orang atau pasukan yang bertugas memadamkan kebakaran, melakukan penyelamatan, dan menanggulangi bencana atau kejadian lainya.


Apa tugas dari petugas Damkar?


Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan mempunyai tugas melaksanakan Urusan Pemerintahan di bidang Ketenteraman dan Ketertiban Umum serta Perlindungan Masyarakat sub Kebakaran yang menjadi kewenangan Kota dan Tugas Pembantuan yang diberikan kepada Kota.


Apa saja resiko yang dialami petugas Damkar?


Sedangkan risiko pekerjaan petugas pemadam kebakaran ketika di lokasi kebakaran berupa kecelakaan kerja dikarenakan listrik, suhu panas, api, bekerja di ketinggian, peralatan pemadaman, ledakan, backdraft dan flashover, kondisi bangunan yang terbakar, benda tajam, dan adu fisik dengan warga.


Berapa tinggi masuk Damkar?


Buat yang nanti mau atau berminat jadi petugas Damkar. Tinggi badan untuk pria minimal 165 cm dan perempuan 155 cm


Jenis kebakaran ada 4 Jelaskan apa saja?


Peraturan ini menjelaskan tentang penggolongan kebakaran menjadi empat jenis atau golongan, yaitu:

  1. Golongan A, yaitu kebakaran bahan padat kecuali logam.
  2. Golongan B, yaitu kebakaran bahan cair atau gas yang mudah terbakar.
  3. Golongan C, kebakaran instalasi listrik bertegangan. 
  4. Golongan D, kebakaran logam


Jenis api ada berapa?


Jenis - Jenis api : 


(1) Api kelas A adalah api yang berasal dari bahan yang mudah terbakar seperti : kayu, kertas, tekstil dan sebagainya. 

(2) Api Kelas B adalah nyala api dari bahan minyak, solar, bensin dan sebagainya.

(3) Api Kelas C adalah api yang berasal dari arus listrik (Korsleting).


Apa kepanjangan dari kata APAR?


Jenis – jenis, Fungsi dan Cara menggunakan APAR 


Jenis – jenis, Fungsi dan Cara menggunakan APAR ( Alat Pemadam Api Ringan) APAR (Alat Pemadam Api Ringan) atau fire extinguisher adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil.


Jenis APAR ada berapa?


Mengenal 4 Jenis Alat Pemadam Ringan Beserta Fungsinya 

Berikut ini perbedaan jenis alat pemadam api ringan beserta fungsinya:

1. Alat Pemadam Api (APAR) Serbuk Kimia / Dry Chemical Powder. 

2. Alat Pemadam Api (APAR) Busa / Foam (AFFF) 

3. Alat Pemadam Api (APAR) Air / Water.

4. Alat Pemadam Api (APAR) Karbon Dioksida / Carbon Dioxide (CO2)


Berapa jarak APAR?


Syarat Penempatan dan Pemasangan APAR (Alat Pemadam Api. Jarak penempatan APAR / Tabung Pemadam satu dengan lainnya ialah 15 meter atau ditentukan lain oleh pegawai pengawas K3 atau Ahli K3. Semua Tabung Pemadam / APAR sebaiknya berwarna merah.


APAR diletakkan di mana?


Tempat penempatan APAR adalah pada area yang mudah diakses dan tidak terhalang oleh benda atau gangguan lainnya. Tepat di atas APAR dipasang haruslah diberi tanda APAR yang jelas dan sesuai standar. Pasang APAR di dinding dengan jarak minimal 15 cm dari lantai atau idealnya adalah 125 cm dari lantai.


Berapa lama APAR kadaluarsa?


Secara umum, masa kadaluarsa alat pemadam api ringan berkisar antara 2 hingga 5 tahun, dengan rincian sebagai berikut: APAR dengan media pemadam foam memiliki masa kadaluarsa 2 tahun. APAR dengan media pemadam CO2, dry chemical powder dan alternatif media pemadam lain seperti halon memiliki masa kadaluarsa 5 tahun.


5 langkah penggunaan APAR?


Tata Cara Penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) / Tabung 


Tata Cara Penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) / Tabung Pemadam Kebakaran

  1. Tarik/Lepas Pin pengunci tuas APAR / Tabung Pemadam.
  2. Arahkan selang ke titik pusat api.
  3. Tekan tuas untuk mengeluarkan isi APAR / Tabung Pemadam.
  4. Sapukan secara merata sampai api padam.


4 Cara Menggunakan Alat Pemadam Api yang Benar dan Aman


Penyemprotan APAR sebaiknya tidak dilakukan pada jarak kurang dari 3 meter dari titik api. Kenapa jarak penyemprotan APAR tidak boleh lebih dekat dari 3-5 meter? Jika jaraknya lebih dekat dari pada 3 meter, dikhawatirkan jilatan api akan mengenai tubuh pengguna APAR.


Setelah membaca banyak informasi mengenai petugas Pemadam Kebakaran alias Damkar, berikut ini adalah foto-foto kegiatan Annasya bersama teman sekolahnya saat berkunjung ke kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bengkulu








Nah, ini sedikit cerita soal outing class Annasya ke kantor Damkar serta cerita pengetahuan dan wawasan seputar Petugas Pemadam Kebakaran. Semoga menjadi tambahan pengetahuan. Semoga anak-anak kita nanti punya inspirasi untuk menjadi petugas Damkar terbaik.

22 comments

Nggak cuma Annasya dan teman-temannya nih yang belajar, saya juga jadi tahu lebih banyak tentang pasukan pemadam kebakaran dari membaca tulisan ini

Reply

Anak-anak pasti seneng diajak main ke damkar, karena kan mereka tahu cara kerja pemadam kebakaran ya

kali aja salah satu tergerak untuk jadi petugas damkar!

Reply

Alhamdullilah acara outing kelas-nya lancar, aku paling seneng kalau nemenin anak-anak kunjungan ke kantor seperti ini, jadi tahu juga gimana cara kerjanya, waktu anakku TK juga ikut kunjungan ke bandara, jadi tahu gimana sibuknya para pekerja mengatur lalu lintas penerbangan, begitu juga di dinas pemadam kebakaran.

Reply

Anak-anak tuh kalau diajak belajar keluar ruang seperti ini tuh senang banget, karena bisa memiliki pengalaman yang bakal mereka kenang. Jadi tau juga apa tugas pemadam kebakaran dan bagaimana cara kerjanya.

Reply

outing ke Damkar ini selalu jadi favorit anak-anak bisa bertemu langsung petugas damkar yang keren seperti di film-film, hihi... trus bagian yang paling ditunggu yaitu main hujan pakai selang damkar.

Reply

Seru kan ya Annasya, Kunjungan ke Fire Fighter nyaa. jaid ingat dulu waktu Dek Paksi, Ka Zaha, dan ka Alin TK dan SK juga ada kegiatan visit ke Damkar. Sejak kunjungan itu Paksi sempat punya cita2 jadi pemadam kebakaran, apalagi di TV ada series anjing2 penolong dan adayg jd fire fighter itu

Reply

Anak-anak pasti senang sekali kalau bisa ikut outing class, ya. Apalagi bisa belajar langsung ke Dinas Pemadam Kebakaran. Seru lihat petugas damkar beraksi.

Reply

Anak anak merasa senang dan begitu antusias ya kalau ada acara outing apalagi ke dinas pemadam kebakaran yang di mata mereka pemadam kebakaran itu wow dan pahlawan...
Mereka pasti akan mengingat terus pengalaman itu

Reply

Ahhh, bomba memang idola kita semua. Anak-anak pasti seneng banget bisa berkunjung ke damkar dan mencoba berbagai fasilitasnya. Aku sbg orang tua aja suka main-main ke wilayah damkar.

Reply

Anak anak memang paling ekcited banget nih mba kalo bagian outing class gini, jadi bisa dapat pengalaman belajar langsung. Jadi tau deh nih kalo jenis lebaran ternyata ada 4 golongan yaa...

Reply

Aamiin. Mentemen aku banyak banget yang masuk Damkar, berawal mereka dari Outing Class juga Mak.
Seruu memang, jadi nambah pengetahuan seputar Damkar yang selama ini kita ga paham.

Reply

Kegiatan outing class dek Annasya seru nih. Mendapat pengalaman dan hal baru dari tim DAMKAR Bengkulu.

Saya baru tahu nih, ada pengelompokkan kslas kebakaran. Di sekitar kita banyak bnaget benda yang bisa memicu kebakaran ya.

Petugas DAMKAR ini luar biasa, resikonya gede banget. Bahkan kalau kebakaran kayak kilang minyak, taruahannya nyawa untuk memadamkan apinya.

Reply

Asyiknya Annasya main ke Dinas Damkar. Jadi ingat aku pun pernah ngikut Keponakan waktu dia masih PAUD dan main sama Damkar. Pas dia naik mobilnya, aku iri. Mau ikut tapi malu XD

Reply

Keren banget punya pengalaman ke kantornya Damkar, jadi tau macam2 jenis kebakaran yaa sama jenis api juga kalau dari korsleting itu ada kategori sendiri ya

Reply

Asik nih Annasya berlatih pemadam kebakaran. pastinya ini bermanfaat banget untuk ananda Annasya ya bunda

Reply

Senangnya Annasya bisa ikutan outing class ke dinas pemadam kebakaran..pasti ada banyak ilmu dan pengalaman didapatkan. Memang pas kalau anak-anak outing ke sana ya...jadi kenal profesi damkar itu apa

Reply

Ini outing classnya mengenalkan dunia pekerjaan secara real ya, bagus banget programnya jadi anak-anak bisa melihat dari dekat sosok seorang pemadam kebakaran

Reply

Bulan lalu sekolah anak saya mengajak ikutan ini juga
Sayangnya pas ada kegiatan keluarga yang tidak bisa ditinggal
Jadinya kudu sabar next batch

Reply

Wah pasti seru tuh outing ke Damkar, kalau anakku outing ke Damkar saat masih duduk di bangku Taman Kanak-kanak

Reply

Outing kelas pasti sangat ditunggu tunggu anak anak karena mereka belajar langsung di tempat objek pembelajaran jadi akan membekas di ingatannya

Reply

Wah banyak ilmu nih setelah baca artikel ini. Ternyata jenis-jenis kebakaran banyak juga yah? Kirain kebakaran itu hanya satu yaaah kebakaran saja. Tata cara penggunaan APAR ini juga sangat penting diketahui agar kalau terjadi apa-apa, semoga tidak sih, kita bisa langsung menggunakannya.

Reply

Jadi pengalaman seru dan menyenangkan ini, Mba, anak-anak teredukasi dengan info tentang kebakaran. Dulu anakku pas TK juga berkunjung ke pemadam kebakaran dan heboh banget hehehe

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.