Menu

Featured Post

Nokia 6, Smartphone yang akan Mengingatkan Kita Akan Kualitas Nokia

Assalammualaikum.Wr.Wb Apa kabar Sahabat Keluarga Nawra Nokia adalah sebuah nama yang sempat berjaya pada masanya. Kejayaan ini buka...

Wednesday, July 19, 2017

/ /
Festival Bumi Rafflesia (FBR) 2017



Hari ini ya akan dimulai kegiatan Festival Bumi Rafflesia (FBR). Festival Bumi Raflesia bakal digelar pada 21-23 Juli 2017, ya tiga hari ke depan secara berturut-turut. Menurut kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Yudi Satria, penyelengaraan festival yang telah masuk dalam kalender nasional ini untuk mendukung kebijakan pemerintah daerah sebagai salah satu daerah tujuan wisata bertaraf Internasional.

Festival ini dibagi menjadi beberapa event utama, yaitu 

Bengkulu Coffe Festival 

Pada Bengkulu Coffe Festival kali ini, bakal menjadi tempat berkumpunya para produsen kopi untuk memamerkan  produk andalannya dan pengolahan kopi dari para barista. Selain itu juga akan diadakan workshop coffe, menghadirkan barista dan distributor kopi kelas nasional yang akan memberikan tips dan trik  agar kopi local mampu menembus pasar internasional.

Fun Bike Around The City 

Untuk acara Fun Bike Around The City, masyarakat Provinsi Bengkulu diajak meramaikan Festival Bumi Raflesia dengan bersepeda  santai  melintasi objek pariwisata yang ada di Kota Bengkulu. Fun Bike ini akan start di Sport Center Pantai Panjang dan disediakan bermacam hadiah menarik yang akan diundi melalui kupon yang disediakan panitia.

Familiarization Trip (Famtrip)

Sedangkan untuk membantu mempromosikan daya tarik wisata yang ada di Provinsi Bengkulu, Dinas Pariwisata juga akan menggelar Familiarization Trip (Famtrip) menggandeng para Bloggers, Agen Perjalanan Travel, Media serta orang yang berpengaruh luas di media sosial  dengan  berinteraksi dan  berkunjung langsung ke destinasi wisata Bengkulu. Lewat profesinya para peserta diharapkan mampu menarik minat calon wisatawan ke Provinsi Bengkulu .

36 Blogger termasuk enam orang dan saya yang tergabung di Blogger Bengkulu, ikut kegiatan ini. Semua blogger akan kumpul di bandara pada hari Jumat pagi dan langsung menuju kabupaten Rejang Lebong mengunjungi danau Bastari dan Taman Bunga di Curup.



Bengkulu Triathlon 2017 

Triathlon untuk mewadahi para atlet sekaligus mempromosikan potensi pariwisata yang ada di Bumi Rafflesia. Bengkulu Triathlon juga bakal tidak kalah menariknya. Para peserta memulai lomba dan dilepas dari Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh-593, lalu berenang sejauh 1,5 kilometer menuju tepi Pantai Tapak Paderi, mengayuh sepeda sejauh 40 km menyusuri pusat Kota Bengkulu. Kemudian dilanjutkan lari sejauh 10 kilometer di sepanjang Pantai dan berakhir di kawasan pusat olahraga Pantai Panjang Bengkulu.

Kegiatan utama dipusatkan di lapangan Sport Center Benhku di pantai Panjang. Di sana juga digelar ada pameran dan aneka bazzar. Ya, semacam pesta rakyat, untuk membuat orang tertarik untuk datang.

Hayuu, buruan datang , kunjungi dan ikuti setiap agenda FBR ya. Jangan lupa juga sebarkan semau informasi yang baik mengenai FBR ini di akun media sosialmu.

Tulisan ini dibuat untuk menjawab tantangan Blogger Bengkulu dalam #NulisSerempak tentang #FestivalBumiRafflesia 2017

Saturday, July 15, 2017

/ /
Hidup Sehat Tanpa Hipertensi


Lebaran selain mendatangkan kesenangan dan kegembiraan , bisa juga mendatangkan berbagai penyakit. Sebab banyak hal yang bisa membuat orang sakit. Apalagi biasanya lebaran juga disambung dengan liburan. Kita sering kali abai mengenai kondisi tubuh kita, suka lalai memperhatikan makanan dan menjaga kesehatan

Hal ini snagat rentan bukan saja terhadap anak-anak akan tetapi juga terhadap kita orang dewasa. Saya pun mnegalami hal demikian. Jadi setelah berpuasa dan tibalah hari lebaran, datang pula kepada saya penyakit Hipertensi. Sebagai seorang perawat tentu saja saya bisa mengecek dan mengontrol berapa tensi darah saya di rumah secara rutin. Lalu mencoba mengobatinya untuk menurunkannya. Baik dengan cara minum obat dokter atau secara alami, itu semua bisa saya lakukan yang lupa saya lakukan adalah mencegah penyakit hipertensi tersebut.

Berikut ini saya jelaskan mengenai penyakit Hipertensi secara sederhana, tulisan ini dibuat untuk menjawab tantangan #nulisserempak dari Blogger Bengkulu mengenai #lebaran dibengkulu  



Apa Hipertensi

Jika tekanan darah St pemeriksaan didapatkan hasilnya​ 160 mmHg

Penyebab Hipertensi

1. Usia
Semakin bertambah usia maka resiko hipertensi semakin tinggi
2. Jenis kelamin
Pada umumnya hipertensi lebih sering terjadi pada pria. Namun di atas usia 65 tahun para wanita juga beresiko tinggi

3. Pola hidup
Obesitas, merokok, dan stress pemicu terjadinya hipertensi

Tanda dan Gejala Hipertensi

Gejala klasik yang sering muncul adalah yaitu sakit kepala , pusing, telinga berdengung, mata kabur, kencing di malam hari, ayunan langkah tidak mantap karena kerusakan susunan syaraf pusat

Penanganan di Rumah
Hindari perilaku merokok

Diet sehat
- Diet rendah garam
Batasi konsumsi garam antara lain makanan yang mengandung soda kue ,baking powder, MSG, pengawet makanan ( Biasanya terdapat dalam saos, kecap, selai, jelly)
Cukup konsumsi garam satu sendok perhari

- diet tinggi serat
Serat kasar dapat berfungsi mencegah penyakit tekanan darah tinggi

Makanan yang tidak dianjurkan 

Makanan dengan tambahan garam dapur, baking powder, soda seperti
Mie
Bihun
Roti
Biskuit
Makaroni
Kue kering
Sarden
Daging berlemak
Otak
Ginjal
Lidah
Ikan asin
Makanan kaleng
Sosis
Ebi
Dendeng
Keju
Kacang tanah
Sayuran yang dimasak dengan garam, acar, asinan

Apa yang harus dilakukan

1. Hindari stres
2. Olahraga teratur
3. Istirahat yang cukup

Akibat Hipertensi

1. Sakit kepala, pegal-pegal, berdebar-debar, telinga berdenging
2. Gagal jantung
3. Berkembangnya plak lemak dalam dinding pembuluh darah
4. Stroke iskemik dan hemoragik
5. Gagal ginjal
6. Kencing manis
7. Rematik

Jadi selama #Lebarandibengkulu tahun ini, sejak hari pertama saya sudah menderita gejala dan keluhan hipertensi tersebut. Meski masih dalam batas yang biasa, tetapi keluhan sakit kepala ini sangat menganggu. Apalagi saat bersilaturahim dan ngobrol dengan tetangga, teman, keluarga deyutan dari kepala bikin tidak konsentrasi.

Kebiasaan atau tradisi lebaran keluarga kami yang biasa kami lakukan,seperti saling mengunjungi, menginap, jalan-jalan dan berkumpul bersama untuk melakukan banyak hal bersama keluarga. tetap harus saya ikuti. Saya tetap melakukan itu semua meski kepala sering sakit. Makan dan minum juga sangat memilih. Saat melakukan berbagi kegiatan piknik ke Pantai Panjang, mandi di sungai, naik kapal. semua saya lakukan dengan semangat. Apalagi saat lebaran ini banyak sekali objek wisata di kota Bengkulu yang ramai dikunjungi. Anak-anak juga meminta untuk bermain ke sana. Jadi meski sakit saya harus bisa dan ikut juga menikmati lebaran yang selama ini biasa keluarga saya lakukan.

Saya pun membatasi pergi silaturahim hanya di siang hari saja, di malam hari untuk istirahat. Saya juga menghindari banyak makan kue dan minuman lebaran terutama dengan menggunakan daftar bahan yang dilarang dimakan yang sudah saya uraikan di atas. 

Untuk mengobati saya lebih menyukai dengan menggunakan cara alami, jadi hampir tiap hari setiap makan saya selalu makan Timun sebagai lalapan, banyak minum air putih dan istirahat. 

Lalap Timun


Yang awalnya di kepala saya sebelah kanan seperti ada benjolan, seolah seperti lebam habis jatuh, mulai sedikit hilang. Selain dengan makan dan minum Timun. Dengan timun dapat menurunkan tensi meski tidak langsung turun, tetapi pelan-pelan. Nah, saya lebih suka turunnya pelan saja jangan langsung drastis. Jadi pilihannya ya konsumsi timun.

Selain itu secara rutin juga saya selalu meminta suami dan Nawra untuk memijat dengan lembut bagian sekitar kepala saya yang benjol tersebut dengan minyak Telon. Hasilnya juga lumayan bagus, benjolnya mulai berkurang.

Jadi lebaran saya di Bengkulu kali ini, adalah sebuah hikmah juga bagi saya untuk komitmen menjaga pola hidup dan kesehatan diri, sebab terkena suatu penyakit, apalagi hipertensi sangat tidak enak. Saya pun berkomitmen juga untuk melakukan olahraga secara rutin dan menjaga kesehatan pikiran, agar tidak  mudah sakit, terutama sakit hipertensi.

Baca Juga Cerita Lebaran Sobat Bobe Lia Siregar

Hidup Adalah Penerimaan

Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati....

Wednesday, July 12, 2017

/ /
Hal Penting Ini, Wajib Dilakukan  Anak Lelaki Saat Orang Tua Meninggal

Beberapa hari ini saya agak galau, ya bagaimana pun yang namanya manusia pasti ada kondisi sedang lemahnya. Saya sebenarnya tidak sedang lelah, hanya saja mungkin saya butuh tempat untuk curhat. 

Sejak hamil anak kekempat dan kondisi kesehatan Emak yang kian menurun, saya dan suami akhirnya memutuskan untuk mengontrak kan rumah kami dan untuk sementara kami tinggal di rumah emak. Dan sama halnya dengan yang lainnya, sudah dipastikan saya sangat kerepotan, mengurus bayi. Lalu ada anak balita usia tiga tahun, anak remaja usia menjelang dua belas tahun. 

Gak usah diceritakan, udah bisa dibayangkan. Ditambah harus mengurus orang tua yang sepuh dan satu orang lagi sepupu saya yang idiot. Seperti orang keterbelangan mental. Kalo gak dikasih makan ya, dia gak makan.  Jadi itu juga harus diurusin. Bagi yang sudah pernah ke rumah saya, pasti sudah tahu itu Fatimah yang mana.

Tambah repot ya, gak usah dibayangkan gimana itu kondisi saya, tapi saya nikmatin sajalah, nanti juga ada masa berhentinya.

Sampai saudara saya datang dan mereka rame-rame mengatai saya macam-macam dan seolah mengaku sudah yang paling benar soal mengurusi orang tua. Bahkan dengan kata-kata yang gak pantaslah.

Saya dan suami tentu sajalah lelah mendengarkan dan diperlakukan kayak begitu. Tipikal saya yang gak suka nyebutin kebaikan atau apa-apa yang sdauh dilakukan buat ortu selama ini. Ya, rasanya sakit juga ya. 

Tapi, akhirnya saya dan suami saling menguatkan, ternyata emang benar kata tetangga. Saudara yang jarang pulang, jarang datang itu harusnya gak sudah banyak omongan. Tapi pikirkan kondisi orang yang berhadapan hal-hal seperti ini setiap hari, pikirkan orang yang mengurusi bukan cuma berhari-hari tapi bertahun-tahun malah.

Eh, kok tetangga ikutan komen ya. Ya, jeals dong mereka adalah orang yang paling dekat dengan saya, kan tetangga adalah keluarga terdekat. kalo ada apa-apa juga pasti tetangga duluan yang bantuin, iya kan.

Lagi-lagi ya, sudahlah apa yang mau dikatakan. Ngedumel gak jelas pasti ujungnya balik ke saya juga itu urusannya, jadi ya percuma. tapi gak ngomel gak puas yak!

Sampai akhirnya saya ketemu info via WA, agak bikin kepala saya dingin, saya baca kok kayaknya adem. ya, sayang juga kalo gak saya simpan, siapa tahu nanti bisa jadi obat juga. Jadi saya tulis ulang di blog, supaya bisa saya baca dan bagikan di kelak kemudia hari. Utamanya sih buat saya dan suami sendiri, sebagai obat pengingat.



Isi pesannya itu mengenai, tugas seorang anak lelaki saat orang tuanya meninggal. Saya bikin pointernya kayak begini ya....
       
Turunlah dalam liang kubur dan sambutlah jenazah Ayahbunda

Buka penutup keranda (tempat usungan jenazah), angkat jenazah  Ayahbunda kita.

Biarkan kita yang memutarkan mayat Ayahbundakita menghadap ke Kiblat

Kita yang melakukan Bukan hanya menyaksikan saja orang lain yang melakukan.

Sambil kita berdoa, Allahu Robbi

Terakhir kali ini Aku melihat ayah Ibu     
                                      
Biarkan kita yang merelai ikatan di kepala dan di tubuh Ayahbunda

Pegang perlahan-lahan badan Ayahbunda kita

Arahkan Ayahbunda dengan baik-baik, ambil gumpalan tanah dan letakanlah di belakang tengkuk Ayahbunda kita

Lalu, sambil panjatkan  doa 

Ayahbunda .........., terakhir kali inilah Aku melihatmu

Terlintas dalam hati kita sambil memegangnya
Kenanglah pengorbanan Ibu saat mengandung kita, saat terlahir tangannyalah yang mengelus lembut wajah kita

Ingat sejak kita bayi, kitalah yang mengencingi wajahnya, kaki kitalah yang menendang nendang wajahnya, tapi Ibu tetap tersenyum,..tangan yang penuh kelembutan yang menyuapi makanan ke mulut kita, tak rela sehelai nyamukpun menggigit tubuh kita, siang malam ditungguinya istirahat kurang tidurnya terganggu oleh kita... 

Sekarang tidur untuk selamanya

Ingat hari pertama kita bisa berjalan, bisa bicara, hingga sampai besar tak jarang kita membentak bahkan memaki Ayahbunda kita, tatapan kita yang sinis ucapan kita yang sering melukai .

Kita bisa bersekolah kita bisa berpakaian yang layak tetapi dibalik itu Ayahbunda kita peras keringat banting tulang agar kita tidak dihina orang, Ayahbunda cari pinjaman uang kesana sini mengurangi makan menjual barang kesayangannya agar terpenuhi kebutuhan anak.

Akankan kita rela sebagai anak . Ayah ibu kita terhimpit tanah kubur, melolong  menjerit diliang lahat menanti doa dari anak yang soleh solehah

Setelah semua selsai, taah sudah diratakan.

Naiklah ke atas dan duduklah di tepi makam Ayahbunda

Hari terakhir ini lihatlah, tidak ada benda apapun yang bisa kita berikan untuk bekal Ayahbunda. Kecuali hanya Doa :


                         
Ya ,ALLAH.....

Aku angkat tanganku Ya ALLAH

Aku ridho Kau ambil Ayahbundaku Ya ALLAH

Ayahbunda yang mendidik & membesarkan Aku

Ya ALLAH hari ini Aku tinggalkan Ayahbundaku, Ya ALLAH.

Aku serahkan Ayahbunda, atas urusan Mu belaka Ya ALLAH

Aku tengadahkan tanganku, Ya ALLAH

Kami memohon dengan sangat Engkau ampunkan dosa-dosa Ayahbundaku,Ya ALLAH.

Kasihani Ayahbundaku,  Ya ALLAH!

Ya ALLAH luaskan dan lapangkan kuburnya, terangi dan cahayai kuburnya, bahagiakan di alam kuburnya jangan sedikitpun tersiksa,aku titip orang tuaku ya, ALLAH
 
Ya ALLAH jadikan setiap tetesan darahnya, keringatnya selama membesarkan aku menjadi saksi betapa beliau menyayangi aku.

Ya Allah sayangi Beliau dan masukan ke surgamu tanpa hisab Ya Allah.

Maka akan beruntunglah Ayahbunda kita, apakah ALLAH akan menolak do'a itu.
ALLAH SWT tak akan menolak do'a ikhlas yang datang dari seorang anak yang soleh solehah

Pesan  bagi sahabat-sahabat yang selagi Ayah ibu masih hidup. Doakan mereka, sayangi mereka & hormati serta muliakan disisa umur mereka...... karena Ridho ALLAH SWT adalah RidhoNya Orang tua. Murka ALLAH adalah Murkanya Orang tua.



Dan bagi saudara saudara yang Ayah ibu telah tiada, mari kita bersama-sama mendo’akan Beliau !Ada waktu kita pasti akan mengalaminya.... di pendam, diinjak2 dan di tinggalkan sendirian oleh orang di sekitar kita yang kita cintai..... Mudah-mudahanan pas giliran kita ALLAH SWT perintahkan malaikat Rahmatnya buat menemani kita....... Aaamiiiin
Alhamdulillah, setelah mmebaca nasihat dan pesan sebuah WA itu hati saya yang panas dan lelah, sedikit mulai redah. Malah saya jadi menanggis.

Fokus saya sekarang bukan kepada apa yang diomongin orang dan saudara saya, tetapi lebih kepada apa yang bisa saya, suami dan anak saya lakukan untuk menemani Emak di sisa-sisa hari tuanya. Semoga yang tersisa adalah sebuah kesyukuran dan amalan ibadah. aamiin

Doain saya ya manteman semua supaya lebih sabar dan ikhlas!

Foto-foto 
Saat ziarah kubur sebelum puasa ke makam
Ayahanda M.Ta'ah 
Kakanda Saparwan
Ananda Athilah Qolbin Salim, anak kedua kami
Nenek Mai'sah
Semoga Allah melapangkan dan membuat terang alam kubur mereka semua. Aamiin,


Monday, July 10, 2017

/ /
Cara Alami Mengatasi Infeksi Saluran Kemih atau Anyang-anyangan

Perempuan memang lebih rentan terkena penyakit infeksi saluran kemih atau dikenal juga dengan istilah anyang-anyangan. salah satu penyebab yang umum , mengapa perempuan lebih sering terkena penyakit ini sebab uretra (saluran kemih) jaraknya sangat dekat dengan saluran pembuangan (BAB) jadi sangat rentan terkena bakteri.

Kondisi ini juga bisa diperparah dengan kebiasaan sering BAB di toilet atau WC duduk yang kotor.  Bakteri jadi lebih mudah masuk ke dalam saluran urin dan membuat uretra kotor yang seharusnya steril.  Di rumah saya menjadwal dengan baik untuk selalu membersihkan dan menyikat kamar mandi. Terutama pada toiletnya. Agar selalu bersih

Kenali Anyang-ayangan

Kondisi ini adalah seperti kita akan kencing atau berkemih, seharusnya urin yang keluar banyak, tetapi ini hanya sedikit dan disertai dengan nyeri. Kalo kami orang Bengkulu, juga sering menyebutnya atau orang akan mengalaminya di saat setelah makan jengkol. Jadi seperti terkena jengkolan. Rasanya juga nyeri dan gak nyaman banget. Urin juga terasa masih penuh di kandung kemih.

Gejala Yang Sering Muncul

  •     Hasrat berlebih untuk buang air kecil.
  •     Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit.
  •     Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
  •     Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.
  •     Rasa perih ketika buang air kecil.
  •     Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.
  •     Merasa lelah dan kurang sehat.
  •     Demam


Kondisi ini jika tidak segera di atasi tentu saja akan berakibat terjadinya hal yang lebih buruk lagi, yaitu kita akan mengalami infeksi saluran kemih.

Oleh karena itu jika sudah mengalami hal seperti di atas, sebaiknya segera diobati. Kita bisa mengobatinya secara alami dengan berbagai cara.

MINUM AIR PUTIH
Dengan meningkatnya asupan air atau minum maka akan terjadi proses diuresis yang lebih sering sehingga urin akan sering keluar, hal ini diharapkan juga mampu membantu mengeluarkan bakteri yang ada pada urin. Bakteri tersebut ikut keluar bersamaan dengan urin.

Namun jika dengan air putih saja tidak cukup, maka kita perlu minum obat secara alami. Kita bisa saja mencoba minum PRIVE URICRAN. Produk ini merupakan hasil ekstrak dari Cranberry. Yang setelah diriset ternyata mampu mengobati dan mengatasi gejala atau penyakit anyang-anyangan. 

Sejarah Cranberry

Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar. Tanaman cranberry memiliki banyak kesamaan dengan blueberry, hanya saja cranberry mempunyai warna merah tua. Buah cranberry yang tergolong ke dalam tumbuhan semak-semakan pendek ini banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Konon, buah ini sudah diketahui khasiatnya sejak zaman nenek moyang suku Indian kuno, yakni sebagai obat luka akibat terkena panah. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan.

Kandungan Cranberry

Buah ini mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin dan memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber anti oksidan polifenol sehingga buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.

Buah Cranberry


Manfaat Mengkonsumsi Cranberry

Banyak wanita di atas usia 20 tahun menderita infeksi saluran kemih yang menyebabkan ketidaknyamanan. Sementara, jus cranberry diketahui efektif mencegah infeksi saluran kemih.Hal ini karena buah cranberry memiliki antioksidan yang disebut proanthocyanidins, dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi ini.

Selain itu, antioksidan ini juga dikenal memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi. Kandungan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin yang terdapat pada buah cranberry terbukti ampuh melawan kanker secara in vitro, namun kurang diserap di dalam tubuh manusia dan cepat dieliminasi dalam darah.

Riset Mengenai Cranberry

Pada awalnya, sejak jaman terdahulu, cranberry digunakan untuk berbagai macam pengobatan, dikarenakan kandungannya yang amat sangat beragam dan bermanfaat bagi berbagai macam penyakit dan kondisi tubuh. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan. Dan kini ekstraknya mulai digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan dan kesehatan saluran kemih. Dan akhirnya pada bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA, mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Hal ini dibuktikan oleh 4 uji klinis acak sempurna yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.

Kapan sebaiknya minum PRIVE URI CRAN

Secepatnya setelah kita ketahui gejala atau mengalami gejala anyang-ayangan sebaiknya kita segera minum prive Uricran ini . Bentuknya ada dua, ada yang serbuk dan ada yang kapsul. Silakan dipilih saja yang mana yang lebih disukai. Kalo yang bentuknya serbuk, kita harus mencairkannya terkebih dahulu sebelum diminum. Mirip kayak minuman blend. Tinggal tuangkan ke dalam gelas yang sudah berisi air, lalu kita aduk hingga merata. Wujudnya kayak minuman syrup. Rasanya juga enak. Minumnya jadi gak berasa kayak minum obat. Malah lebih mirip minum syrup.  

Cara mendapatkannya juga sangat mudah, bisa kita beli di berbagai apotik. Bisa juga langsung dibeli di websitenya Uricran, jadi bisa dibeli secara online juga, sehingga lebih mudah dan praktis.

Selanjutnya untuk mencegah agar penyakit atau keluhan anyang-anyangan tidak datang lagi, sebaiknya mulai dari sekarang kita harus menjaga kesehatan dan kebersihan diri kita. Terutama yang berkaitan dengan kebersihan daerah seputar kandung kemih, selain itu kita juga harus mulai menjaga POLA BERKEMIH. Sebaiknya tidak menahakn keinginan berkemih terlalu sering. Apalagi jika sering melakukan atau dalam perjalanan.

Selamat mencoba, semoga sehat selalu ya teman perempuanku !





Powered by Blogger.