Menu

Wednesday, March 3, 2021

/

Kamu Butuh Vitamin atau Suplemen

Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar sahabat Keluarga Nawra, semoga selalu sehat dan tetap menjaga protokol kesehatan dengan baik ya. Selama pandemi ini kita butuh asupan makanan yang bergizi untuk memenuhi kebutuhan vitamin bagi tubuh kita. Oleh karena itu tetaplah konsumsi makanan yang baik, sehat, segar dan diolah dengan benar.


vitamin
Sumber gambar freepik


Untuk keperluan akses informasi mengenai seputar informasi mengenai obat dan vitamin, sahabat bisa bertanya melalui aplikasi Halodoc, aplikasi ini bisa didonlot di play store. Dengan Halodoc, kita bisa mendapatkan banyak informasi mengenai status kesehatan kita, informasi mengenai penyakit dan pengobatan. 


Dengan mengunduh aplikasi Halodoc di smartphone kita mendapatkan banyak informasi terkini mengenai kesehatan secara cepat, smart dan nyaman. Sebab bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Serta yang paling utama terpercaya, karena melibatkan banyak dokter keren. 



halodoc
Sumber gambar Halodoc


Ok, sekarang kita lanjut lagi ke informasi awal yang akan saya sampaikan. Bahwa kamu butuh vitamin atau suplemen atau malah butuh keduanya. Hayo, mana yang lebih dibutuhkan.


Jadi, sebelum sahabat memutuskan mana yang lebih dibutuhkan,vitamin atau suplemen. Lebih baik kita ketahui terlebih dahulu apa perbedaan keduanya.


Perbedaan Vitamin dan Suplemen


Menurut KBBI Vitamin adalah zat yang sangat penting bagi tubuh manusia dan hewan untuk pertumbuhan dan perkembangan.Setiap makhluk hidup butuh vitamin untuk keberlangsungan hidupnya.


Sedangkan Suplemen menurut KBBI adalah (sesuatu) yang ditambahkan untuk melengkapi; tambahan;


Nah, secara bahasa kesehatannya begini. Vitamin adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan yang didapatkan dari makanan yang dikonsumsi


Sedangkan suplemen, biasanya adalah zat adiktif yang ditambahkan yang mengandung zat baik yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Bentuk suplemen bisa tablet, sirup, pil dan lain sebagainya.


Kalo suplemen sudah jelas ia adalah vitamin sebab berisi zat baik yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tumbuh dan berkembang. Sedangkan suplemen belum tentu.


Kemudian kalo vitamin diperoleh secara organik, melalui makanan, buah-buahan yang kita makan sehari-hari sedangkan suplemen diproduksi secara mekanik.


Jika vitamin hanya mengandung satu jenis vitamin saja, misalnya vitamin C, Vitamin E sedangkan suplemen dapat mengandung beberapa zat penting sekaligus. Bisa mengandung 3 vitamin dalam satu suplemen. 


Seseorang jika kurang mengkonsumsi vitamin, maka ia akan mengalami defisit vitamin atau kekurangan vitamin. Sedangkan kalo seseorang kelebihan suplemen, maka ia akan mengalami masalah kesehatan.


sayur
Sumber gambar unsplash


Nah, bagaimana? Sudah dapat gambaran apa perbedaan antara Vitamin dan Suplemen. Lalu sahabat akan memutuskan mana yang lebih dibutuhkan.


Untuk menjawab, mana yang lebih dibutuhkan. Kembali lagi pada kebutuhan masing-masing. Setiap orang tidak sama. Banyak orang membutuhkan suplemen karena merasa kekurangan vitamin yang diperoleh dari makanan atau buah-buahan yang dikonsumsinya. Jadi butuh minum suplemen.


Sebagai contoh, misalnya seorang ibu hami, apalagi pada trimester pertama. Dimana ia sering mual dan muntah sehingga kesulitan untuk mengkonsumsi makanan dan buah-buahan. Padahal ia butuh asupan vitamin yang banyak untuk dirinya sendiri dan untuk janin yang dikandungnya. Oleh karena itu banyak ibu hamil pada kondisi ini butuh minum suplemen. Selain itu selama masa kehamilan ibu hamil butuh zat –zat penting lebih banyak dari biasanya , jadi ia butuh minum vitamin hingga kelahiran. 


Contoh lain, seorang pekerja yang giat bekerja sehingga makannya tidak teratur. Ia butuh asupan suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang tidak terpenuhi dari makanan dan minuman yang ia makan setiap hari.


Memang pada dasarnya sumber vitamin yang alami itu ada pada makanan dan minuman yang kita nikmati setiap hari. Namun, ada banyak kondisi yang terjadi pada sesorang yang mengakibatkan ia tidak bisa memenuhi kebutuhan vitamin untuk tubuhnya. Dalam kondisi tersebut, maka ia butuh suplemen untuk tubuhnya.


Jadi, di akhir tulisan ini. Apakah sahabat sudah bisa menentukan butuh Vitamin atau Supleman atau keduanya untuk kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita? Silakan dijawab sendiri ya di kolom komentar!


Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.