Menu

Saturday, November 24, 2018

/
Assalammualaikum, Wr.Wb

Apa kabar sahabat Keluarga Nawra. Pernah punya pengalaman ga, saat mau masuk pesawat.Ketika baru mau masuk, ternyata barang bawaan kita,ga boleh masuk ke kabin pesawat. Eh, jangankan ke kabin, ke dalam pesawat aja ga boleh.


Ada yang pernah mengalami hal tersebut…

Saya pernah mengalaminya. Jadi waktu itu bunga saya terpaksa diambil oleh petugas. Tidak boleh dibawa masuk ke dalam pesawat.Dengan alasan tidak mempunyai surat ijin.
Jadi ceritanya, waktu itu usai liburan dari rumah saudara di Semarang, saya hendak pulang ke Bengkulu dengan menggunakan transportasi udara alias pesawat.

Baca Juga Tulisan Erlina : Tips Cepat Chek In Tiket Pesawat

Waktu itu saya naksir banget ama bunga yang ada di halaman rumah saudara saya tersebut. Saya berniat untuk membawanya pulang dan berharap bisa ditanam dan tumbuh subur di Bengkulu.


Eh, ternyata pas pemeriksaan di bandara, bunga tersebut tidak diperbolehkan di bawa masuk pesawat. Yang lucunya nih, pas pemeriksaan pertama. Lolos saja, di pemeriksaan kedua setelah chek in dan naik tangga juga lolos.

Tidak lolos, ketika akan masuk pesawat. Memang iya, sih bunga tersebut tidak saya packing rapi. Masih terlihat jelas bahwa itu bunga. Karena bunga ini jenis talas atau keladi. Jadi saya memang tidak membawa tanah. Dengan asumsi bahwa bunga ini akan kuat bertahan. Sebab dia menyimpan air di batang dan daunnya. 

Saya meletakkan bunga tersebut, dikresek atau tas jinjing dimana saya meletakkan bekal dan oleh-oleh yang akan saya cicipi. Selama menunggu di gate sebelum berangkat.

Baca juga tulisan  Julia : Persiapan Naik Pesawat Terbang 

Ketika berjalan menuju masuk ke badan pesawat.Terlihatlah bunga tersebut oleh pramugari. Jadi ya, terpaksa saya pun sempat menjelaskan dan terjadi silang pendapat,hihihi.

Saya ngotot, di pemeriksaan di bawah bisa lolos.Malah dua kali, kenapa pas di pesawatnya dianggap masalah.  

Ternyata asumsi saya,apapun pendapat saya. Tetap saja bunga tersebut tidak boleh ikut dengan saya pulang ke Bengkulu.


Saya tetap merenggek dan menjelaskan dan meminta. Akhirnya mungkin karena kasihan melihat saya yang hampir nangis Bombay. Oleh pramugari saya diberikan solusi. Bunga bisa diambil nanti saat sduah tiba di bandara Bengkulu.

Yah, saya tetap senanglah, sebab tetap akan bisa menanam bunga tersebut di rumah.Ga duduk bareng saya dalam pesawat ini, ga masalah yang penting selalu bersama dan pada tempat yang sama.Sama-sama dalam pesawat, iya kan !

Awas yang baper jangan lanjutkan membaca tulisan ini yaaah..

Ternyata oleh Pramugarinya, di packing ulang alias dikemas dengan lebih baik. Bahkan hingga ga terlihat lagi, kalo itu bunga.Untung perjalanan ke Bengkulu, hanya sekitar 60 menit. Bunga ga sempat pingsan, hihihi

Prosedur Membawa Bunga, Hewan,Ikan dll ke dalam Pesawat 

Dari penjelasan pramugarinya,bisa disimpulkan begini

1. Diperbolehkan membawa tumbuhan,hewan dan ikan  naik pesawat
2. mempunyai surat ijin yang dikeluarkan oleh kantor karantina masing-masing.
3. Proses pengurusa sangat mudah dan cepat, sebaiknya diurus sebelum hari keberangkatan. 
4. Kalau itu hari libur, biasanya petugas datang lebih siang daripada biasanya.

Nah, saat mengurus surat ijin tersebut, akan dikenakan biaya yang besarannya tergantung dengan jenis barang yang akan dibawa, jumlah dan klasifikasinya.

Tumbuhan, hewan,ikan dan lain sebagainya yang akan dibawa tersebut. Sebelumnya harus dipacking rapi. Jika membawa tumbuhan, sebaiknya tidak membawa serta tanahnya.


Untuk ikan, maka kita diharuskan untuk mengurus surat ijin ke kantor karantina ikan. Kantor ini ada tersendiri. Oh, ya kantor-kantor karantina ini biasanya terletak tidak begitu jauh dari bandara. Jadi jika masih ada waktu, kita bisa mengurusnya terlebih dahulu.

Alhamdulillah, setelah sampai di Bengkulu, bunga tersebut diserahkan kembali oleh pramugarinya kepada saya. Saya senang sekali. Pengalaman ini berkesan banget bagi saya. Selanjutnya setiap akan terbang saya sudah tahu prosedurnya,saya ga mau nekat atau ngotot sama petugas, lebih baik ikut aturan supaya tertib,

Nah, teman-teman punya pengalaman apa saat mau naik pesawat, ikutan yuk Nulis Serempak yang diadakan oleh Blogger Bnegkulu. Tulisan ini juga dibuat untuk menjawab tatangan menulis dari Blogger Bengkulu, mengenai pengalaman naik pesawat dan cerita serunya. Semoga tulsian ini bermanfaat yaah..

17 comments

oh jadi tau nih prosedur klo membawa tumbuhan atau hewan. makasi mak info nya...

Reply

Haha... pengalaman yang sama, saya pernah disangka teroris gara-gara bawa standing banner ke pesawat. Seru banget deh, tapi horor juga.

Reply

Pernah bawa telor sekotak. Alhamdulillah lolos karena telur sudah diasinkan ^_^

Reply

saya pernah mau bawa pulang kucing dari Solo ke Aceh, setelah ditanya2, ternyata lumanya ribet prosesnya dan menguras kantong. akhirnya diurungkan niat dengan sedih.. huhu

Reply

Waaah... pengalaman baru, nih. Ternyata ribet juga

Reply

Wahh baru tau prosedurnya mbak.

Reply

Ternyata harus ada surat izin ya, lumayan ribet juga

Reply

Harusnya bawa bunga matahari. Kalau ditanya, jawab aja: agar bisa menerangi hatimu. Bakalan klepek2 petugasnya. Hehehe

Reply

Aku baru tahu kalau barang seperti bunga ini butuh izin juga ya

Reply

Waktu dari Depok saya bawa bibit belimbing dan jambu. Di bandara Cengkareng dicegat petugas.Nggak boleh dibawa masuk pesawat. Nyesek banget.

Reply

wah.. baru tahu.. kupikir boleh.. makasih infonya Mbak..

Reply

Klo dipikir2 kenapa harus sebegitinya prosedurnya ya mak? Tumbuhankan g mengganggu. Kalo bawa kucing bisa jd takut kucingnya pup di pesawat.
Anyway, thanks sdh berbagi pengalamannya mak. Jd bisa paham klo annti2 mau naik cawat bawa barang begituan.

Reply

Mba mau nanya, apakah kalo bawa bucket bunga, bunga palsu bukan buka hidup boleh ke kabin pesawat? Boleh ga bunganya dipangku aja atau mesti taro kabin?

Reply

Thanks infonya, Mbak....

Saya lagi nyari cara mau bawa bibit tanaman nih, stek sayuran aja sih, semoga cukup dipack rapi sudah bisa aku bawa ya

Reply

Tanaman hiasku terpaksa ditinggal di Bandara Surabaya, Karena ditolak dan Karena Masih Pagi jam 7.30 jadi Kantor Karantina belum buka.
Stress lho Beli 5 Macam Kaktus di Lereng Merbabu, Beli 4 Macam Pohon Sejenis Sakura di Kediri, Beli Beberapa tanaman Hias di Malang. Bayangin Berapa biaya yg habis buat beli Tanaman2 tsb, Nyesek banget. 😭

Reply

Dibagasi bisa mba. Tapi di kemas serapat mungkin lalu di lakban. Kalo di dalam cabin ya gak boleh karena ditakutkan membawa virus atau jamur yang berbahaya. Lain kali kalo bawa tanaman di bagasikan aja. Jgn bawah tanah dan juga jangan pohon-pohonan meskipun pohon kecil pasti dilarang.

Reply

Sy baru pulang dari Kota Malang, dan membawa bunga snow white jenis aglonema, e oleh petugas ditector di cari ada tanamannya langsung diambilnya katanya tdk boleh di bawa dan tdk memberikan solusi, sy kecewa krn tanaman tsb sdh rapi dan tidak ada tanahnya.
Padahal dulu sy penah bawa bunga dg potnya dalam kresek dari Palembang ke Balik papan lolos aja

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.