Menu

Keluarga Nawra

Sunday, October 8, 2017

Les Musik di Rumah, Ini Untung dan Ruginya yang Harus Diketahui

/ / 2 Comments
Les Musik di Rumah, Ini Untung dan Ruginya yang Harus Diketahui

Salah satu les yang ingin saya terapkan dengan anak-anak untuk dipelajari adalah les soal musik. Seperti keyboard atau piano . Menurut saya anak perlu mengenai dan mengenai seni musik, apalagi menyukainya agar hidupnya lebih berwarna, gak bosen apalagi flat. Misalnya datang di suatu acara keluarga atau acara umum, terus diminta menyumbangkan lagu atau bermain musik, dia bisa dong maju. Atau lebih seringnya buat menghibur diri sendiri deh biar gak gampang stress.

Apalagi kita tahu ya, musik itu entah apa alat musiknya tak soal, selalu bisa menyatukan banyak kepala dan keinginan. Biasanya kalo udah didengarkan musik. Bisa lumer dan menyatu. Kek makan coklat , hahaha.

Ya, pokoknya pentinglah  buat anak belajar musik, selain bisa memicu keserdasan musikalinya. 

Ada beberapa les musik yang diminati oleh anak untuk saat ini

  • Piano
  • Electone
  • Keyboard
  • Biola
  • Perkusi atau drum
  • Vocal
  • Gitar akuistik

Banyak juga ya, pilihannya. Silakan ditanyakan dengan anaknya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk les. Maunya belajar les musik tentang apa. Biar gak salah pilih.

Nah, bagi saya yang punya bayi dan balita. Pilihan untuk les musik adalah dengan mendatangkan guru lesnya ke rumah. Istilahnya les privat musik di rumah saja. Ini kelebihannya,

  1. Selain efektif dan efisien, banyak manfaat anak les privat musik di rumah
  2. Hemat waktu dan tenaga karena tidak perlu antar jemput anak. Apalagi kalo tempat lesnya jauh, ya lumayan juga. Kalo bolak balik, antar jemput.
  3. Akan lebih sering ketemu guru musik dan bisa bertanya tentang perkembangan belajar anak, selain itu juga bisa lebih akrab dan anak bisa dikontrol dengan baik.
  4. Les privat di rumah, biasanya tidak dikenakan yang namanya biaya pendaftaran atau biaya daftar ulang. Jadi lebih hemat.

Namun , demikian les privat di rumah juga mempunyai kekurangan loh, di antaranya

  1. Tidak ada, bahkan sulit untuk mendapatkan kesempatan tampil bersama, misalnya dalam sebuah konser
  2. Tidak memiliki kelompok atau grup teman sebaya dengan minat yang sama terhadap suatu musik
  3. Les di rumah jarang sekali ada ujian sehingga anak jadi kurang termotivasi untuk meningkatkan diri dan berkompetisi.

Biasanya anak susah diatur dan tidak disiplin karena merasa tidak ada aturan yang baku.
Les privat di rumah membuat anak juga kurang mendapatkan inspirasi dan motivasi dari teman yang lainnya. Anak juga sulit  mengukur kemampuannya dalam bermain musik. Hal ini disebabkan tidak ada saingan atau tolak ukur dari teman-temannya yang lain.

Kemudian yang paling sering itu adalah kendala waktu, karena les di rumah sering kali anak dan orang tua tidak disiplin. Jadwal hari dan jam pun bisa berubah menyesuaikan dengan agenda kegiatan si anak atau keluarga.



Bisa juga, karena sibuk atau kegiatan anak padat. Untuk latihan musiknya tidak berjalan sesuai rencana, bisa jadi target waktu lesnya berubah jauh. Misalnya , seharusnya program les berlangsung selama tiga bulan dengan pencapaian target tertentu. Jika les di rumah, hal ini sangat mungkin molor bahkan tidak tercapai sama sekali

Oleh karena itu, ketika memilih untuk les musik di rumah sebaiknya si anak dan yang utama orang tua juga sudah menyiapkan antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak sesuai dengan rencana dan target. Sebaiknya orang tua juga berkomitmen untuk disiplin agar target tercapai dengan baik.

Jadi kita mau les, alat musik apa sekarang…Yuk, kita daftarkan anak-anak untuk belajar musik

Friday, October 6, 2017

Aku Tahu Rizkiku, Tapi Aku Tak Mau tahu

/ / 0 Comments
Aku Tahu Rizkiku, Tapi Aku Tak Mau tahu

Sejak memutuskan diri untuk tidak lagi kerja kantoran di tahun 2013. Saya akhirnya mencoba untuk mengalih potensi diri, memaksimalkan kelebihan saya untuk kemudian saya kelolah menjadi sesuatu yang bisa menajdi sumber penghasilan. Terutama yang bisa menghasilkan uang.

Saya mempunyai hobi dan kemampuan untuk berjualan. Selama masih kerja di kantoran pun saya juga tetap nyambi berdagang pakaian di toko yang kami miliki…..

Saya mempunyai kesukaan dan kegemaran menulis, akhirnya saya putuskan juga untuk menulis….target utama saya menulis buku, dapat uang atau royalty. Lalu saya juga menjadi blogger, dengan menjadi blogger menulis sedikit tapi segera dapat duit. Berbeda dengan menulis buku yang butuh banyak halaman. Tetapi royalty buku bisa dinikmati berkali-kali, jadi meski butuh banyak halaman, tetap manis kalo udah terima uangnya secara rutin.

Udah, begitu. Saya udah yakin bahwa akan ada jalan rejeki yang saya pilihkan . 

Rejeki saya gak bakalan tertukar ama yang lainnya. Meski sesama penulis dan blogger.

Jadi gak usah rusuh soal job menulis, apalagi sampai melakukan hal-hal yang buruk demi sebuah job atau duit.

Aku tahu dan sadar diri…

Rejekiku tidak akan diambil orang lain, karenanya hatiku tenang (Hasan Al Basri)

Kemudian, karena saya banyak waktu di rumah. Otomatis saya bisa mengatur waktu sendiri, sesuka hati. Mau nonton, mau dihabiskan ngegosip baik online atau offline atau mau saya manfaatkan buat menulis. Itu tergantung saya, gak ada bos yang akan menegur. Anak dan suami juga kerja, paling pulang sore hari. Kalo anak dua ini kan masih bayi dan balita, tentu dia nurut saja sama Emaknya.

Tetapi rejeki itu datangnya dari Allah, bagaimana bisa kalo hanya berdiam diri saja rejeki akan datang. Oleh karena itu saya memanfaatkan waktu yang katanya luang itu dengan setiap hari melakukan shalat dhuha minimal dua rakaat dan biasanya saya sambung dengan mengaji. Terkadang melanjutkan kajian atau kadang membaca sebuah surat atau kadang setelah membaca sebuah surat langsung saya smabung dengan membaca terjemahannya.

Rugi rasanya, Cuma di rumah saja. Tapi ya, gak shalat dhuha. Rugi banget.

Lalu ya menulis….kan katanya mau dapat rejeki dari menulis

Promosi jualan, kan katanya mau dapat pembeli dan dapat uang…



Aku Tahu, Aku Harus Rajin Ibadah

Allah-lah yang melapangkan dan menyempitkan rejekiku, bukan yang lain. Karenanya aku berusaha dekat dengan-Nya disertaid engan selalu kerja keras dan belajar tiada henti. “ Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rejeki) dan kepadaNya-lah kamu dikembalikan ( QS : 2:245)

Kita harus yakin kepada allah, jadi tak perlu melakukan hal-hal yang tidak baik untuk mendapatkan rejeki. Malah ketika kita beusaha untuk komitmen berbuat baik, maka rejeki tersebut akan lebih mudah Allah berikan.



Aku Pun Tahu

Orang takwa atau orang yang takut melanggar aturan-Nya mendapat rejeki dari arah yang tidak diduga. DiberiNya kecukupan serta jalan keluar bila aku dalam kesulitan 

( QS : Ath (65) :2-3)

Oleh karena itu ketika kita yakin dengan potensi atau kelebihan yang kita punya. Lalu kita berusaha untuk mengembangkan potesi tersebut. Kita harus tetap memilih jalan yang baik untuk mewujudkan tujuan tersebut. Kita harus yakin bahwa rejeki kita akan datang dari Allah, dan kita hanya diminta untuk ikhtiar dan terus dekat dengan Allah dengan melakukan berbagai macam amalan kebaikan dan ibadah.

Oleh karena itu, tak perlu kuatir dengan rejeki kita setiap hari, karena Allah sudah menjaminnya. Muslim yang baik harus yakin dan tahu soal ini, bukan malah tak mau tahu.
Selamat berjuang ya demi rejeki yang baik.

Saturday, September 30, 2017

Beberapa Pilihan Teman Untuk Melewati Deadline, No 3 Pilihan Mantap.

/ / 0 Comments
Beberapa Pilihan Teman Untuk Melewati Deadline, No 3 Pilihan Mantap.


Penulis dan deadline adalah di hal yang tak bisa dipisahkan. Banyak hal yang berkaitan dengan deadline yang mengejar seorang penulis. Entah dalam waktu dekat atau bahkan dalam waktu lama. Seorang penulis pasti punya catatan deadline dari setiap target tulisannya.

Lalu ketika deadline datang apa yang harus dipersiapkan. Banyak hal yang bisa dilakukan seorang penulis saat menghadapi deadline.

Kamu termasuk yang suka ngabisin waktu buat menyelesaikan target sesuai deadline

Atau kamu termasuk yang akan melakukan segala hal demi deadline

Tapi ada juga loh yang cuek dengan deadline.

Akhirnya melewati kesempatan karena lewat atau lupa deadline

Yang bagian ini saya pernah mengalami. Saat itu akhirnya saya emang harus melepaskan kesempatan. Sebab tidak bisa lagi mengerjakan target tersebut sesuai waktu.

Deadline terlewati dengan sia-sia

Tetapi kebanyakan sih saya berusaha juga untuk patuh dengan deadline. Ketika melakukan hal tersebut ada teman yang selalu menemani saya melewati setiap deadline yang datang

Sebab tanpa teman tentu saja melewati deadline yang panjang itu, bikin berasa tak bisa. Mau menyerah saja.



Beberapa teman pilihan saya saat menyelesaikan target tulisan saat deadline

1. Badan yang Sehat dan Fit

Kalo mau deadline saya menjaga kondisi tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit, kecapekan.Oleh karena itu jika ingin menyelesaikan deadline di malam hari. Maka di siang hari saya sempatkan tidur siang. Waktunya sebelum Zuhur atau sesudah Zuhur. Tidak perlu lama tetapi dengan kualitas tidur yang terbaik. Kondisi ini sering sekali saya lakukan palgi saat ngelonin Annasya. Saya ikutan tertidur juga, hahaha.

2. Makan dan Minum

Untuk menyelesaikan kerjaan di malam hari. Saya tidak pernah melakukan hal itu dlm kondisi perut kosong. Minimal ada cemilan yang menemani. Seperti kacang-kacangan, kue cake atau Boku yang rasa coklat. Atau apa saja asal bukan makanan yang berpenyedap rasa tinggi atau banyak micin.

3. Menyiapkan Minuman Hangat

Saya sering menyediakan minuman hangat seperti jahe dengan Gula merah. Ini kalo saya sedang rajinnya. Nah, kalo sedang malas tapi ada deadline. Ya saya menyediakan kopi saja.

Cuma itu meski saya butuh kopi. Saya gak bisa minum kopi sachet yang biasa dijual di warung atau kopi siap saji yang hanya diperlukan air hangat dan dimasukin bahan kopinya. Di aduk sebentar, langsung bisa dinikmati. Saya tidak bisa minum kopi yang begituan. Bisa bikin kepala saya pusing . Meski dengan merek terkenal atau dengan harga yag termahal sekali pun. 

Untuk Kopi saya sudah punya pilihan sendiri, saah satunya adalah Kopi Gading Cempaka. Ya, udah pada tahulah ya Bengkulu ini negeri penghasil kopi dan rasa kopinya juga sudah tersohor hingga kemana-mana. Jadi saya sangat percaya dan suka minum kopi buatan Bengkulu.


Kenalan Dulu Dengan Kopi Gading Cempaka

Nama Kopi Gading Cempaka bukan nama yang asal catat. Kalau dalam istilah kopi, bukan 'kopi asalan'. Atau juga bukan nama yang hanya ingin 'dompleng' popularitas dari Putri Gading Cempaka.

Kopi Gading Cempaka memiliki silsilah tutur panjang walaupun namanya belum pernah tercatat dalam 'buku sejarah' perkopian Bengkulu bahkan Indonesia. Maklum, sejarah peradaban kita lebih dikenal dengan budaya tutur mulut ke mulut daripada budaya literasi. Kita kalah dengan Jepang kalau soal 'catat-mencatat'.
Untuk itu, kami berkewajiban saat ini menjelaskan secara singkat dan padat apa yang masih tersimpan dalam ingatan para orang tua kita yang masih hidup.

Dahulu kala, hidup seorang petani kopi sekaligus 'toke' atau pengepul kopi di sebuah dusun tua yang belakangan diberi nama Desa Aur Gading. Desa ini masuk wilayah administrasi Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu.

Di Bengkulu Utara, Putri Gading Cempaka dipercaya sebagai leluhur dari kerajaan-kerajaan yang sempat muncul pasca Kerajaan Sungai Serut 'hancur'. Sehingga Putri Gading Cempaka dipercaya sebagai sosok yang memiliki aura kedamaian, penuh kasih, dan bijaksana.

Kecantikan dan kecerdasan Putri Gading Cempaka tertanam sebagai sebuah manivestasi kekayaan alam bumi Bengkulu. Bumi yang subur dan dapat tumbuh segala macam tanaman yang bernilai ekonomi tinggi. Salah satunya itu adalah kopi.

Desa Aur Gading merupakan desa tertua di Bengkulu Utara yang mayoritas penduduknya berasal dari suku Rejang. Suku terbesar di provinsi Bengkulu. Sebagian besar penduduknya adalah petani kopi.


Walaupun tidak terbilang dataran tinggi 'ideal' penghasil kopi terbaik, namun tanah Aur Gading sangat cocok dengan tanaman jenis kopi Robusta yang belakangan ditemukan celahnya sebagai kopi Robusta tradisional dengan rasa yang cukup baik.

Desa Aur Gading tidak jauh jaraknya dengan kota tua Curup, Rejang Lebong. Hanya butuh waktu 3 jam berjalan kaki menelusuri hutan untuk sampai Curup. Curup terkenal dengan penghasil kopi berkualitas karena merupakan dataran tinggi.

Kurang lebih pada tahun 1920 sebelum kemerdekaan, penduduk Aur Gading mulai mengembangkan pertanian kopi yang dalam catatan sejarah hampir bersamaan dengan kota Curup. Catatan ini hanya bentuk perkiraan. Kenapa bersamaan? Karena Aur Gading-Curup memiliki perkebunan yang sangat dekat satu sama lain.

Petani sekaligus 'toke' kopi ini merupakan sosok yang percaya bahwa Putri Gading Cempaka adalah titisan 'malaikat' dan sumber kesuburan di tanah Aur Gading, kemudian dia mengembangkan usahanya dengan membuat kopi bubuk yang dijual pada para pedagang yang melintas di perkampungan menuju kota Curup. Aur Gading dahulu kala merupakan jalur perdagangan alternatif menuju kota Curup.

Bukan hanya dijual untuk pedagang yang melintas perkampungan saja, pada perkembangannya juga dijual di pasar-pasar rakyat. Bahkan penjajah Belanda yang hidup di sana menyukai rajikan kopi bubuk karyanya.


Dalam penuturannya, kopi bubuk itu dia beri nama Kopi Gading Cempaka. Kopi yang membuat para penjajah ketagihan. Nikmatnya tergambar melalui kecantikan sosok putri bungsu titisan Majapahit anak dari Ratu Agung.

Nama desa Aur Gading dan Kopi Gading Cempaka sekilas sama karena mengandung satu kata sama. Namun berbedah jauh dari muasal sejarah nama desa tersebut. Aur berarti Bambu, Gading merupakan Kuning. Jadi Bambu Kuning yang dulu tumbuh subur di perkampungan. Walaupun saat ini sudah tidak ada lagi jejaknya.

'Kopi Gading Cempaka' penjajah menyebutnya adalah kopi candu. Bisa mematahkan alusinasi jadi kegirangan dan sumber kekuatan serta kebahagiaan.

Bukan hanya penjajah, pedagang juga merasakan kecanduan pada kopi ini. Kopi hasil perkebunan rakyat Aur Gading. Dekatnya Aur Gading dan Curup melahirkan karakter kopi yang tidak jauh berbeda. Para 'toke' banyak yang datang dari Curup untuk membeli hasil pertanian tiap musim atau sebaliknya patani sendiri yang menjual ke daerah Curup.

Itu sekilas cerita tutur dari tetuah desa Aur Gading tentang seorang petani sekaligus 'toke' kopi di masa lalu. [KGC]
Ada banyak cara orang minum kopi. Namun saya tetap suka dengan cara tradisional. yaitu, dengan air hangat, kopi di seduh lalu dihirup baunya. Kemudian baru dimasukin sedikit gula. Saya tidak begitu suka manis, tapi juga tidak bisa minum kopi pahit.


Saya tak punya jadwal tetap ngopi, ngopi kalo kepengen saja, jadi kadang emang saya sangat memilih untuk ngopi. Dibanding Arabika saya lebih suka dengan Robusta. Sebab menurut saya, kopi Robusta lebih lembut dan pas dengan selera saya.

Apalgi Kopi Gading Cempaka ini diolah dan disajikan dalam bentuk premium dengan tahapan produksi yang panjang sehingga hasil akhir kopinya memang beda dan gak menimbulkan banyak efek di saya.

Kalo kamu, teman deadlinenya siapa? cerita yuuk....

Kalo pengen nyobain kopinya silakan diorder di bawah ini ya, langsung saja gak usah pake lama.

Kopi Gading Cempaka menyediakan dua produk utama baik berupa 'roasted beans' ataupun 'ground coffee beans' dengan harga yang tidak menguras dompet [ada harga, ada kualitas]:

ROBUSTA PREMIUM
Isi 200 gram = 30.000*

ARABIKA PREMIUM
Isi 100 gram = 20.000*

*untuk harga Reseller or Dropshipper hubungi kontak di bawah 👇

Cara pemesanan sebagaimana berikut ini:

A. Online:
- WA 08117321511/ 081995850700
- Twitter @kopigadingID
- Fanpage Kopi Gading Cempaka
- IG @kopigadingcempaka
- www.kopigadingcempaka.com

B. COD di studio Radio B-One FM Kota Bengkulu- Jalan S. Parman No. 117 Padang Jati Ratu Samban Kota Bengkulu.




Monday, September 18, 2017

Menyiapkan Kue Ulang Tahun Anak, Pesan atau Buat Sendiri?

/ / 0 Comments
Menyiapkan Kue Ulang Tahun Anak, Pesan atau Buat Sendiri?


Ketika anak kita mau berulang tahun, sebagai ibunda kita tentu akan mempersiapkannya dengan sebaik-baiknya. Untuk persiapan kue ulang tahun anak itu sendiri kita dihadapkan pada pilihan apakah membuatnya sendiri atau dengan memesannya ke toko kue. 

Saya setidaknya tiga kali menyiapkan kue ulang tahun buat anak, soalnya anaknya tiga sih, hehehe. kadang lebih seringnya beli yang sudah jadi llau diberi tulisan. Harganya juga bervariasi, begitu juga dengan pilihannya.

Namun, ada kalanya juga bikin sendiri, terutama saat ada yang bantuin bikin. Atau bisa juga saya bikin dengan kreasi sendiri. Pokoknya bentuknya harus kayak kue ulant tahun. Meski kadang maksa, tetapi anak-anak tetap saja suka. Bagi mereka kehadiran kue ulang tahun sama pentingnya dengan  ulang tahun itu sendiri.

Masing-masing pilihan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya. Mari kita bahas kedua pilihan tersebut. Persiapan untuk kue ulang tahun anak ini, mau bikin sendiri atau pesan saja.

Membuat Kue Ultah Sendiri

Kalau bunda termasuk yang suka memasak dan hobi baking, mungkin membuat kue sendiri merupakan pilihan yang lebih baik. Sebab kita bisa mengatur sendiri seperti apa kue yang mau kita buat. Kita pun bisa memilih bahan-bahan pembuat kue ini dan bisa juga disesuaikan dengan dana yang tersedia.

Pendek kata, kita lebih memiliki kebebasan dalam menentukan kue yang ingin kita buat ini. Dan pasti jika bunda termasuk yang hobi membuat kue, kegiatan ini tentu sangat mengasyikkan. 

Namun tentu saja ada sisi minusnya. Bunda perlu meluangkan waktu untuk membuatnya. Tapi hal tersebut rasanya juga tidak masalah selama kita punya cukup waktu untuk melakukannya. Jadi rasanya membuat kue ultah sendiri ini merupakan pilihan yang baik. Kecuali, bunda termasuk orang yang super sibuk atau memang kurang terampil dalam membuat kue sendiri, rasanya pilihan kedua akan lebih baik.


Pesan Kue Ultah Anak secara Online

Jika memang aktivitas yang dilakukan Bunda begitu padat atau belum begitu pintar membuat kue, pilihan kedua ini yang lebih baik. Kita bisa memesan kue ulang tahun ke toko cake dan kue.

kue ulang tahun anak
Kalau di Jakarta, toko cake yang banyak dipilih sebagai tempat pesan kue itu adalah ClairmontCake. Sebab kualitas kuenya sangat bagus dan juga melayani pemesanan via online. Selain itu, lokasi tokonya juga tersebar banyak di sejumlah kawasan di Jakarta, Tangerang dan Bekasi. Jadi mudah untuk memesannya.
Keuntungannya jika memesan kue untuk acara ulang tahun anak itu tentu kita tidak perlu repot membuatnya sendiri. Selain itu secara rasa juga lebih terjamin. Sebab toko kue yang terkenal ini pasti memiliki standar kualitas dalam menu kue yang disajikannya. 

Kalau masalah harga kue ultah apakah mahal atau murah itu tentu relatif. Karena toh kita pun bisa menyesuaikan dengan budget yang kita punya. Seandainya misal kita sedang minim dana, kita bisa pilih kue dengan ukuran kecil. Yang penting, acara ultah anak ini bisa terlaksana dengan baik. Sekalipun acaranya sederhana, tak jadi masalah. Yang penting kita bisa melaksanakan acara ultah tersebut sebagai wujud rasa syukur kita sebagai orang tua.
Jadi masing-masing pilihan tersebut, apakah membuat kue ultah sendiri atau memesan kue di toko kue memiliki kelebihannya masing-masing. Tinggal kita yang memilihnya disesuaikan dengan kondisi kita.

Bagaimana kalau menurut pendapat bunda? Yuk coba sharingkan pendapat bunda dengan berkomentar di bawah ini

Saturday, September 16, 2017

Daftar Harga Mesin Pertanian Modern untuk Efisiensi Tenaga yang Bisa Anda Pilih

/ / 0 Comments
Daftar Harga Mesin Pertanian Modern untuk Efisiensi Tenaga yang Bisa Anda Pilih

Indonesia memiliki lahan pertanian yang sebagian besar masih digarap dengan cara tradisional. Cara tradisional memang lebih mudah dilakukan karena sudah menjadi kebiasaan atau tradisi turun temurun. Namun hal tersebut sebenarnya membutuhkan tenaga yang lebih besar hingga harus dilakukan oleh banyak orang dan menghabiskan upah yang lumayan banyak. Bayangkan jika lahan pertanian yang hendak digarap terlalu besar sehingga membutuhkan banyak orang. Pastinya upah yang dikeluarkan juga semakin mahal. Ada cara yang lebih hemat dan efisien yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan mesin pertanian. 

Saat ini banyak sekali penemuan dibidang pertanian untuk membantu kegiatan pertanian agar lebih efektif dan efisien. Banyak sekali diciptakan aneka mesin pertanian. Dengan adanya mesin pertanian tersebut, membuat banyak pekerjaan menjadi lebih mudah cepat dan menghasilkan. Banyak sekali manfaatnya. Baik bagi petani, bagi penjual dan juga bagi pengguna. Hasil panen pun tidak cepat rusak, dan cepat terdistribusikan. 

Dengan adanya bantuan mesin pertanian ini, hasil panen pun bisa dilipatgandakan dan bisa mengdatangkan untung bagi petani. 

Berikut ini adalah daftar mesin dan harga mesin yang kerap dibutuhkan untuk usaha pertanian di Indonesia.

1.    Mesin Pengering
.
Cara tradisional untuk mengeringkan hasil pertanian adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Hal tersebut kurang efektif karena membutuhkan lahan pengeringan yang juga luas seiring dengan banyaknya hasil yang dipanen. Belum lagi ketika hujan turun dan membasahi hasil panen yang seharusnya kering tersebut. 

Kini sudah ada mesin pengering elektrik yang dapat menggantikan sinar matahari dan memuat hingga 4 ton hasil pertanian. Hasil pertanian yang dapat dikeringkan dengan mesin ini adalah padi, jagung, kemiri, kerupuk, danlainnya. Harga dari mesin pengering ini adalah sekitarRp. 30 juta.

2.    Mesin Pengupas Padi.

Mengupas padi adalah perkara yang keci lnamun menjadi besar karena jumlah padi yang perlu dikupas sangatlah besar. Kini sudah ada mesin pengupas padi yang bisa mengupas padi hingga 100 - 160kg per jam. Anda tak perlu mempekerjakan banyak orang untuk melakukannya karena hanya diperlukan seorang operator saja. Harganya ini cukup beragam yang dibedakan dari kecepatan pengupasan. Harga paling rendah untuk mesin ini adalahRp. 2,5 juta dan harga terbesar adalahRp. 7 juta.


3.    Mesin Pengupas Kacang Tanah.

Memiliki usaha dibidang makanan ringan dari kacangtanah, Anda sebaiknya memiliki mesin ini. Mesin pengupas kacang tanah ini bisa menggantikan kerja manusia sehingga kebutuhan upah menjadi sangat minimum. Harga dari mesi ini adalah sekitarRp. 15 juta yang mampu mengupas kacang tanah sebanyak300 kilogram dalam satu jam penggunaan.

Selain mesin-mesin di atas, masih banyak lagi mesin pertanian dan perkebunan yang bisa diandalkan untuk memperkecil pengeluaran saat panen maupun perawatan. Ada mesin pembasmi hama yang bisa digunakan saat wereng atau hama tikus menyebar, juga mesin untuk mencabut dan memotong pisang.

 Meski banyak hal bisa digantikan dengan mesin, namun ada baiknya Anda tetap mempekerjakan manusia untuk mengontrol lahan pertanian terutama pertanian yang besar agar bisa diketahuiapa yang harus dilakukan. Harga mesin memang cukup ekonomis dibandingkan terus menggaji pekerja sehingga bisa dijadikan alternatif pembelian saat panen tiba.

Thursday, September 14, 2017

Resep Mudah Membuat Sambal Ikan Cabe Hijau

/ / 0 Comments
Resep Mudah Membuat Sambal Ikan Cabe Hijau

Mari Masak
Mari makan ikan
Mari makan sambal

Gak ada sambal makan seperti dunia tanpa kamu ya, hehehe
Berasa ada yang kurang saja, jadi harus sedia sambal setiap hari.

Kalo kamu bagaimana, suka sambal botol, sambal sachet atau sambal yang dibikin sendiri. Enaknya sih samabal yang dibikin sendiri ya. Tapi kalo kebayang repotnya, duh enak kan beli aja deh sambalnya. Tapi kadang meski udah di rumah makan terkenal atau restoran mahal. Rasa sambal itu tetap saja gak sama, bahkan ada saja yang kurang. tetap lebih asik bikin sendiri ya sambalnya. Selain banyak, hemat juga.

Nah, kali ini saya mau berbagi cara bikin sambal ikan cabe hijau. Saya sempatin bikin sambil mnegasuh bayi Annasya ( 14 bulan) dan Athifah (4 tahun) Demi menaikan bobot badan, hahaha. Gak deh, demi menaikkan selera makan. Dijalanin dah, masak sendiri meski repot.

Baik, mari kita masak, pertama siapkan dulu bahannya. Nah, karena saya tak mau menggiling cabe dengan menggunakan blender, cabe dan bahan lainnya saya rebus saja, agar mudah dan cepat saat digiling dengan tangan dengan menggunakan gilingan cabe yang terbuat dari batu.


Sambil cabe dan bahan lainnya seperti bawang merah dan tomat direbus. Kita goreng dulu ikannya ya sampai sedikit garing. Kalo suami dan anak-anak saya tidak terlalu suka iakan goreng yang terlalu garing.

Kali ini saya memilih ikan yang banyak dagingnya. Lupa tadi nama ikannya apa ya, sebenarnya ikannya bisa apa saja sih, asalkan enak digoreng dan tidak hancur. Oh, ya tips menggoreng ikan agar tidak hancur, ketika sudah dicuci bersih berikan cairan jeruk nipis pada ikan atau bisa juga dengan edikit cuka. sama saj, semua itu untuk menjaga dan membantu tekstur ikan tetap kenyal dan keras saat digoreng.


Penampakan ikannya sebelum digoreng seperti ini



Wah, rebusan cabe dan bumbunya sudah matang, siap untuk digiling. Mari kita siapkan batu gilingan cabe atau cobek ya. siapkan juga sendok ceper khusus untuk cabe dan yang tak pernah tertinggal garam. Apalagi kalo tadi kelupaan kasih garam direbusan cabe. Bagusnya  garam kasar saja. Airnya ditiriskan ya.



Giling cabenya sebentar saja, tak masalah gak begitu halus, malah lebih sedap kok kalo cabenya terlihat kasar atau halus tapi kasar

Setelah digiling, dan dihaluskan, siapkan wajan yang sudah berisi minyak goreng panaskan. setelah itu masukan cabe yang sudah dihaluskan tadi ke dalam wajan yang sudah berisi minyak panas. Tumis sebentar dengan api sedang, setelah tercium aroma harum baru masukan ikan goreng.

Pada bagian ini sebagian orang masak masih dengan api menyala sambil diaduk-aduk. Saya lebih suka mematikan kompor lalu mengaduknya atau meratakan cabenya, hal ini untuk menghindari cabe gosong atau timbuk efek caramel di cabe yang kita tumis.

Selesai, sangat mudah bukan membuat sambal ikan cabe hijau, yuk kita makan. Mumpung masih panas.



Catatan karena ini sambal hijau, maka sebaiknya smeua bahan cabe, tomat juga yang hijau agar warnanya menyatu. Kali ini saya juga menambahkan beberapa buah cabe rawit berwarna hijau. Agar aroma cabenya lebih tajam.



Friday, September 1, 2017

Penyelam dan Peselam

/ / 2 Comments
Penyelam dan Peselam

Apa yang terasa saat membaca kedua kata tersebut.  Saat kita menyebut kata Penyelam dan Penyelam.  Apa yang kita rasakan.  Salah satunya pasti ada yang bertanya pada kata penyelam  huruf S luluh,  sedangkan pada kata peselam tidak luluh.  

Mengapa hal tersebut bisa terjadi 

Apa perbedaan makna kedua kata tersebut 

Padahal kedua kata tersebut berasal dari kata dasar yang sama yaitu selam. 

Mari kita pelajari 

Jika kita lihat dari kaidah pembentukan kata. Huruf s akan  luluh pada kata dasar seperti pada kata selam luluh apabila kata dasar tersebut mendapat awalan peng-

Contohnya 

Sayang -- menyayangi - -  penyayang
Sembah - -  menyembah - -  penyembah
Sewa - -  menyewa - -  penyewa
Sita - -  menyita - -  penyita
Satu - -  menyatu  - -  penyatu

Contoh di atas 

Memperlihatkan bahwa bahwa kata sayang berubah menjadi menyayangi kemudian menjadi penyayang  yang artinya orang yang menyayangi.  Berdasarkan analogi itu kata selam berubah menjadi penyelam. Yang artinya orang yang menyelam. 

Dalam dunia olahraga diperlukan konsep lain dari kata dasar yang sama. Misalnya selain peninju  diperlukan kata petinju dengan makna yang berbeda. 

Kita tahu bahwa peninju dan petinju berasal dari kata dasar yang sama yaitu tinju. 

 
Kata peninju bermakna orang yang meninju sedangkan petinju bermakna orang yang berprofesi sebagai petinju. 

Sesungguhnya amalan yang melekat pada kata petinju  adalah peng... Sedangkan awalan yang melekat pada kata petinju adalah per...  Hal itu dapat dibunuh dari maknanya 

Awalan peng berhubungan dengan kata kerja berawal meng.... Sedangkan awalan per... Berhubungan dengan kata kerja  berawalan ber... Seperti makna kata peninju dan petinju di atas. 

Dalam istilah olahraga ada istilah yang dapat dijelaskan secara morfologis dan ada juga yang tidak.  

Pada istilah kata pesenam   pegulat  atau peterjun. Masing-masing dapat diartikan orang yang profesinya bersenam. Orang yang profesinya bergulat,  orang yang profesinya beterjun. 

Hal ini berarti babw awalan pada ketiga kata tersebut adalah per bukan peng.  Namun istilah seperti peselam, pegolf atau perbulu  tangkis tidak dapat dijelaskan secara morfologis
Istilah seperti itu dibentuk secara analog. 

Sumber,  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 

Saturday, August 26, 2017

Kelas Blogger Bersama Blogger Bengkulu

/ / 10 Comments
Kelas Blogger  Bersama Blogger Bengkulu
 

Tahun ini adalah perjalanan kedua dari Blogger  Bengkulu.  Setelah Milad Pertama yang  sukses.  Yang mendulang banyak perhatian dan sponsor.  Namun selesai gegap gembira tersebut.  Tentu saja perjalanan  panjang menanti Bobe sebutan untuk Blogger Bengkulu.  

Sebagai sebuah komunitas tentu saja ke depan makin banyak yang harus dilakukan  untuk meningkatkan  kemampuan dan keterampilan member Bobe seputar ilmu organisasi  dan tentunya ilmu blogging. 

Salah satu visi misi ketika saya mendirikan  Bobe adalah untuk menjadikan Bobe sebagai wadah untuk belajar dan berbagi ilmu blogging  dengan smart  nyaman dan tentunya berpenghasilan. 


Sebagai ketua Bloggerbengkulu  saya pun mulai memikirkan  bagaimana  caranya visi misi tersebut terwujud dengan baik.  Langkah pertama yang saya dan teman pengurus  lainnya lakukan adalah melakukan kegiatan rutin Bobe.  Mengganti nama kegiatan rutin yang sebelumnya kami sebut dengan nama Kopi darat atau kopdar.  Namun di tahun kedua tersebut kami ganti dengan nama kelas blogging. 

Kenapa berganti nama,  sebab saya ingin pertemuan  bulanan  tersebut lebih bermanfaat dan berisi ilmu pengetahuan  seputar blogging. 

Kelas Blogging Pertama 

Kelas ini kami agendakan pada setiap minggu atau pekan ketiga.  Pada jam 13.30 -  15.30.  Rencana pada kelas pertama ini saya yang akan menjadi pembicara pada sesi pertama membahas seputar Review. 


 All Of About Review 

Ada beberapa hal yang saya sampaikan dalam materi ini.  Sebenarnya ini adalah kumpulan pengalaman saya selama memonitize blog saya sehingga bisa menghasilkan. 

Pertama saya sampaikan untuk berani berinvestasi dengan menganti domain blog menjadi domain berbayar.  Meski ada juga sih dan saya pernah mengalami bahwa blog gratisan juga akan dapat jobnya.  Saya pernah mengalami.  Ya, meski harganya sangat kecil.  Dan tidak sering.  Oleh karena itu dengan berminat tentu saja kita akan lebih bisa memetik atau panen untung. 

Kedua,  setelah itu lakukan dengan teratur update atau menulis di blog.  Ya.  Untuk awal buatlah jadwal misalnya menulis setiap senin dan kamis.  Jadi bisa dijadikan latihan dan kegiatan untuk mengasah keterampilan menulis.  Lalu sempatkan waktu untuk berkunjung membaca dan saling komen di berbagai blog lainnya (Blogwalking).  



Yang ketiga adalah gabung dengan komunitas Blogger.  Dimana biasanya di dalam sebuah komunitas baik online atau offline  akan selalu di bagikan berbagai informasi baik seputar ilmu  blogging  atau   informasi undangan pertemuan,  lomba dan job.  Aktiflah di komunitas tersebut  dan libatkan diri secara maksimal pada komunitas  tersebut.  Apalagi jika ada pertemuan secara online  dan Komunitas dalam suatu wilayah tertentu.  Maka datanglah dan Aktiflah di komunitas  tersebut.  Contohnya komunitas Blogger Bengkulu.

Keempat,  saat ditawari job atau diminta mereview  sesuatu.  Maka lakukanlah sebaik mungkin,  amanah  dan tertib.  Yang tak kalah penting adalah tetap membina hubungan baik dengan pemberi jobnya. 



Kelima,  sangat penting untuk belajar menulis yang baik dan memenuhi kaidah kepenulisan.  Agar tulisan di blog kita juga baik dan benar. 

Kelas Blogger Bersama  Central  Elektro 

Setelah sesi pertama membahas soal review.  Maka sekarang  langsung di action.  Yaitu,  mereview tentang Central Elektro.  Sebuah usaha yang khusus mengenai AC.  

Pak Undang  selaku pimpinan atau owner  Central Elektro  menjelaskan mengenai semua layanan dan produk yang dijual oleh CE.  Mulai dari penjualan,  perawatan dan servis mengenai AC. 

 
Memang di Bengkulu,  CE adalah spesialis mengenai  seluk beluk tentang AC.  Oleh karena itu emang sudah tepat jika kita mengadukan semua masalah AC ke pak Undang dan temanya.  Biar tetap sejuk dan dingin. 

Lomba Blog

Untuk mengasah kemampuan sobat Bobe mengenai review seperti produk jasa.  Kelas Blogger Bengkulu kali ini juga akan digelar lomba blog dengan mereview Central  Elektro. 

 
Hadiah yang diberikan juga lumayan buat para pemenang.  Ada Kipas Angin,  Kompor Gas  dan Blender.  Hadiah tersebut  semoga bisa memotivasi para sobat Bobe untuk semangat menulis dan optimal mereview.  Bukan cuma sekedarnya saja.  Atau asal nulis saja. 

Setelah mendengarkan penjelasan  mengenai  seputar AC dan Central Elektro.  Akhirnya sesi kelas Blogger pertama ini akan segera berakhir. 

Tapi tunggu dulu,  sebelum ditutup.  Dan memang sesuai dengan jadwal.  Sebelum jam empat sore. Kegiatan  segera berakhir.  Alhamdulillah sesuai rencana.  Waktunya juga tidak molor. 


Eeeit,  sesi yang paling lama ya biasalah Foto foto pemirsa.  Sesinya lebih lama dari sesi materi.... 

Creeek.....creeek.....creeek.


Teeima kasih ya pak Undang dan keluarga besar Central Elektro atas tempat,  jamuan dan kehangatannya. 
Sampai jumpa ini ya di kelas Blogger  berikutnya.

Thursday, August 24, 2017

TIPS Penting Tentang AC Bagi Rumah Tangga

/ / 10 Comments
TIPS Penting Tentang AC  Bagi Rumah Tangga
 

Semua anak-anak saya suka sekali suasana sejuk. Digelar ama keluarga saya Putri Salju, beeaah!. Gimana gak, hari hujan saja masih kepanasan dan minta dihidupin AC. Terus herannya di ruangan ber AC masih saja keringatan. Lebih parah lagi ketika di tempat dingin seperti daerah Rejang Lebong yang udaraya sejuk dan dingin seperti kawasan Puncak, Bogor. Semua anak saya gak kedinginan saat mandi pagi. Bahkan Annasya yang masih bayi pun waktu itu mandi tak perlu air hangat. Jadi mau gak mau di rumah kami harus pasang AC, ya demi ketiga putri salju tadi, hahaha. Namun saat membeli AC bagi setiap rumah tangga perlu juga tahu dan mengerti bagaimana cara merawat AC. Bukan cuma bisa menggunakan saja.

Kebutuhan akan AC sekarang bukanlah milik orang berduit saja. Setiap rumah tangga hampir sudah mampu membeli AC. Saat ini AC bukan lagi menjadi barang mewah, kita bisa dengan mudah menemukan AC di rumah-rumah. Ya,  sudah banyak rumah yang terpasang AC. Memang ada banyak AC dan harganya juga bermacam-macam. Kita bisa membeli sesuai dengan kebutuhan dan dana yang tersedia. 

Apalagi memang sekarang suasana dan cuaca tambah panas saja. Udara sekitar cepat sekali membuat kita gerah, meskipun berada di dalam rumah, seketika keringatan menganak sungai saja. Tak bisa dibendung, mungkin kalo diperas udah dapat satu gelas air peluh kita. 

Athifah dan Annasya senang sekali jika di ajak bermain atau madi di siang hari, betah berlama-lama di dalam air. Sejuk yang mereka rasakan.

Annasya senang berendam supaya sejuk
Rambut anak-anak saya semuanya halus malah terkesan lepek. Jadi kalo udah keringatan, udah terlihat aja kusut rambutnya. Apalagi Annasya, jumlah keringatnya jadi lebih sering keluar, gak tahan panas. Akibatnya juga rambutnya jadi sering basah atau lepek.

Jadi memang butuh AC ya, buat dipasang di rumah, supaya anak-anak juga nyaman. Kuatir masuk angin juga jika terlalu sering mandi dan berendam apalagi di siang hari. Nanti bisa sakit.

Jadi, sebelum membeli AC atau memutuskan membeli AC sebaiknya kita juga harus tahu beberapa hal penting berikut ini 

Tips Membeli AC Bagi Pemula

  • Pilih AC yang hemat energi
  • Simpan kartu garansi dan kuitansi pembelian, untuk jaga jika ada kerusakan dalam masa garansi
  • Lakukan perawatan secara rutin
  • Membersihkan AC setiap tiga bulan sekali
  • Tidak terlalu sering berganti tempat service

Nah, kalo kita sudah tahu dan mengerti banyak hal sebelum membeli AC. Ha penting lainnya yang perlu kita lakukan setelah itu , setelah membeli, setelah AC terpasang dan digunakan di rumah. Maka kita harus tau tentang perawatan AC
Teknisi Central elektro Sedang Melakukan Perawatan AC
 Mengapa AC harus dibersihkan

AC harus dibersihkan paling lama tiga bulan sekali

Jika tidak, maka hal ini yang akan terjadi

  • Pendinginan ruangan berkurang
  • Pemakaian listrik bertambah
  • Hembusan angin yang pelan
  • Resiko kerusakan pada komponen ac
  • AC tidak menghasilkan udara bersih
  • Jika aliran udara berkurang 10 % maka pemakaian listrik naik 20 %
Pak Undang, Owner Central Elektro Lagi Menjelaskan Tentang Pentinga Perawatan AC
Kita tidak boleh terlalu sering berganti tempat perawatan atau teknisi  AC sebab akan timbul diagnosa yang berbeda-beda dan penanganan pun akan berbeda-beda tergantung skil teknisinya.

Tips Memilih Tempat Service AC

  • Kantor yang jelas
  • Tenaga teknisinya ahli dan berpengalaman
  • Izin usaha yang jelas
  • Garansi yang jelas
  • Dukungan fasilitas yang layak 
  • Layanan cepat tanggap
Salah satu tempat service dan perawatan AC yang berpengalaman adalah CENTRAL ELEKTRO. Sebab merupakan spesialist AC yang ada di kota Bengkulu.

Saat ini Central Elektro selain melayani jasa service dan perawatan AC terutama pembersihan AC. Central Elektro juga menjual berbagai merk AC dan juga menjual Spare part AC tersebut. Termasuk untuk kerjasama pemasangan. Baik untuk rumah , kantor, toko, hotel, ruko mall, dan lain sebagainya.

Mengapa Melakukan Perawatan AC di Central Elektro

  • Kantor dan alamat jelas
  • Layanan cepat dengan dukungan armada dan teknisi yang kuat
  • Memang khsusu melayani kebutuhan dan segala hal tentang AC
  • Berpengalaman dan skill teknisi terpercaya
  • Ada garansi setiap layanan
  • Harga terjangkau dan bersaing
  • Siap melayani kapan saja dan dimana saja anda membutuhkannya.
Pak Undang, Owner Central Elektro Dengan Beberapa Piagam Penghargaan
Oh, ya harga untuk perawatan dan pembersihan AC, seharga Rp. 75.000,- dengan lama waktu pengerjaan selama 45 menit hingga satu jam.
Jika membutuhkan informasi mengenai AC dan ingin melakukan service atau perawatan AC, maka silakan lamgsung hubungi Central Elektro.

CV Central Elektro

Jalan P. Nata Dirja KM 7,5 No 37 Bengkulu
Telpon (0736) 7324 996
Hp 0811 7360 422
0852 6966 5661

Website : Central Elektro
Fanspage : Central Elektro Bengkulu
Instagram : @central_elektro.bkl

Sumber Foto, Koleksi Pribadi, Sobat Bobe dan Central Elektro



Tuesday, August 22, 2017

Mengajarkan Arti Kemerdekaan Bagi Anak-anak

/ / 11 Comments
Mengajarkan Arti Kemerdekaan Bagi Anak-anak
 

17 Agustus tahun 45
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka
Nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia 
Merdeka


Tahun ini usia Indonesia 72 tahun.  Perayaan  dan gegap gembira kemerdekaan ini terasa di mana-mana dan dapat dirasakan oleh siapa saja.  Dari anak-anak hingga orang dewasa,  tua dan muda serta kaya dan miskin.. Semuanya sama ingin merayakan kemerdekaan ini dengan gembira.  Berbagai acara dan Lomba digelar untuk memeriahkan HUT RI ini.  Di seluruh pelosok negeri.   Bendera Merah Putih berkisar dengan gagah.

Saya dan suami ingin mengajarkan dan mengajak Nawra usia 10 tahun tentang arti kemerdekaan  tersebut. Supaya dia bisa memahami dan melihat dari berbagai sudut pandang . Terutama dari sudut pandang yang lain.

Jadilah hari ini,  Nawra yang sudah duduk di kelas enam SD tidak sekolah, tidak mengikuti  serangkaian kegiatan tujuh belasan  di sekolahnya.  Mulai dari upacara pengibaran  bendera merah putih  . Kegiatan pembacaan teks proklamasi  dan berbagai kegiatan lomba. 

Tepat di tanggal  17 Agustus  tersebut. Kami mengajak Nawra ngetrip ke pulau Tikus.  Salah satu dari dua pulau yang terdapat di  Bengkulu.  Pulau satunya lagi  bernama Enggano. moga kami pun bisa ke sana juga. 

Tujuan kami mengajak Nawra ke pulau Tikus adalah salah satunya mengajarkan #ArtiKemerdekaan tentang kehidupan anak pulau. Serta makna lainnya dalam peringatan Hari Proklamasi atau kemerdekaan ini. Yang setiap tahun dirayakan oleh bangsa Indonesia pada setiap bulan Agustus.

Semoga kami bisa memberikan pengalaman yang luar biasa bagi NAWRA.

Semua  perlengkapan untuk berlayar ke pulau Tikus sudah siap.  Saya menyiapkan satu tas ransel khusus untuk Nawra.  Semua keperluan selama di sana sudah masuk di dalam tas ransel tersebut. 

Waktu yang dibutuhkan untuk bisa sampai di pulau  Tikus  adalah sekitar 35-- 60 menit.  Tergantung suasana pantai dan cuaca

Oh,  ya kami berangkat  bersama rombongan  Blogger Bengkulu.  Ada sekitar 20 orang yang berangkat. Direncanakan  sampai di sana.  Akan dibuat atau dilakukan semacam acara peringatan HUT RI secara sederhana.  Di isi dengan bernyanyi lagu Indonesia Raya dan Hari Merdeka  dan melakukan  lomba ala tujuh belasan. 

Akhirnya,  kapal kami sampai. Kami turun di atas air sebab belum ada dermaga. Airnya sekitar sebatas lutut. Nawra langsung  membawa barang bawaannya.

Baru Sampai Nawra Kelaparan
Begitu sampai  Nawra langsung minta makan.  Lapar keluhnya. 

Saya sampaikan bagaimana Kak,  jika di sini kita lupa atau tidak ada makanan. Apa yang harus kita lakukan.  

Nawra hanya tersenyum meringgis. 

Lalu kami pun terus masuk ke dalam Pulau.  Atau menuju tengah pulau. Jaraknya sangat dekat.  Ukuran pulau ini hanya sebesar lapangan sepakbola. Jadi kita bisa mengelilingi pulau ini hanya hanya dengan  berjalan kaki saja.  Tidak membutuhkan waktu lama.

Nawra  akhirnya  duduk di tempat yang sudah disediakan oleh penjaga pulau untuk makan. kami pun memberitahunya bahwa di pulau ini hanya ditunggu atau dihuni oleh sepasang suami istri. Mereka memang ditugaskan dan digaji oleh pemerintah pusat untuk menjaga dan menunggui pulau ini.

Saya berikan bayangan, apakah Nawra mau atau siap melakukan seperti yang dilakukan sepasang suami istri tersebut. Mereka hanya berdua dan tidak ditemani oleh anak-anaknya dan sanak keluarganya.

Memang di pulau ini ada aliran listrik dan rumah yang disediakan. Namun, tanpa tetangga, tanpa teman dan tanpa sanak keluarga, untuk tinggal di sebuah pulau berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun bukanlah sebuah perbuatan yang bisa dilakukan semua orang. Menjaga pulau terluar dari Indonesia, demi menjaga keutuhan wilayah Indonesia 
Pengarahan dan Himbauan
Ternyata rombongan kami lapar semuanya, jadi setelah makan. Saya kumpulkan teman-teman dan mengajak mereka untuk mengenang dan menghayati hari kemerdekaan ini. Saya juga menyampaikan, untuk pentingnya menjaga kelestarian ekosistem pantai, tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak dan tidak berkata atau berucap yang tidak senonoh. Termasuk melakukan kegiatan asusila. jadi harus bisa menjaga diri dan ucapan. Saya himbau untuk saling mengingatkan dan menjaga.

Nyanyi lagu Indonesia Raya
Kami lalu bernyanyi lagu Indonesia Raya dan Hari Merdeka. Sembari masing-masing kami mengibarkan bendera merah putih. Bernyanyi juga lebih tertib karena ada dirijennya. Si Nanie yang kebetulan emang biasa jadi dirijen di kantornya.

Setelah bernyanyi, kami pun melanjutkan dengan kegiatan lomba. Lomba kali ini seperti lomba tujuhbelasan yang biasanya dilakukan. Yaitu lomba MAKAN KERUPUK.

Nawra Pede Ngelomba

Untuk tim pertama Nawra ikutan dengan rombongan laki-laki. Dia memang ingin ikutan tanpa paksaan dan memang dia enjoy melakukannya. Meski lawannya para lelaki dan ada juga yang bapak-bapak. Tidak ada peserta anak-anak. Tetapi Nawra senang sekali dan menikmati. Saya pun sangat senang.

Waktu saya tanyakan, kenapa  dia mau. Dengan senyum dia menjawab,

Hari ini kan ulang tahun Indonesia, jadi semua orang bahagia. Semua orang harus ikut memeriahkan dengan ikutan lombanya. Jangan malu.

Saya pun tersenyum, bahagia....

Lomba Makan Kerupuk

Setelah melakukan kegiatan lomba, kami akhirnya tiba pada bagian yang sudah ditunggu-tunggu oleh Nawra yaitu bermain di water spot atau bermain di dalam air. Ada sesi menyelam di dalam air dan bertemu dengan Clown Fish atau ikan Nemo yang berwarna orange putih yang tersohor di film Finding Nemo.

Nawra senang sekali , dia pun segera berlari ke arah laut. Meski pun Nawra sudah bisa berenang dengan gaya dada dan bebas. Namun harus tetap diawasi. Berenang di lautan sangat berbeda dengan di kolam renang.

Saya pun ikut menemani dan mengawasinya dengan saksama. Dia pun sangat senang keluar masuk ke dalam laut. Berkali-kali dia bercerita kalo saat menyelam di dalam laut itu dia melihat Nemo berkali-kali. Padahal sesi giliran berfotonya belum tiba. Tapi Nawra sudah menyelam berkali-kali dan bertemu Nemo berkali-kali.

Bertemu Nemo
Saat bermain di pinggir pantai, tak hentinya Nawra bercerita tentang keberhasilannya melihat Nemo, dan dia pun ingin  melakukannya berkali-kali. Saat duduk Nawra bercerita, alam laut Bengkulu yang indah ini harus dijaga dan dilestarikan. Ini merupakan sumber daya alam yang bisa diperbaharui, dia pun bercerita tentang pelajaran sekolahnya.

Pasir pantai pulau Tikus yang bersih membuat Nawra juga betah berlama-lama duduk dan bermain di atas pasirnya. Bahkan celana dan bajunya juga dipenuhi dengan pasir dan terumbu karang. Nawra cuek saja, meski kotor dan penuh dengan pasir. Alasannya nanti bisa dicuci dan dibersihkan. tetapi menikmati pasir dan laut yang indah ini tidak bisa sering dilakukan. Nawra, benar entah kapan kami bisa datang lagi kemari.

Lama sekali saya membujuk Nawra untuk menepi dan berganti pakaian. Dia tidak mau, berganti pakaian. Mau bermain air saja dan bermain pasir.

Pasirnya Putih Bersih, Betah Bermain


Akhirnya saya pun memutuskan ya, sudahlah biarlah dia menikmati semua ini. Biar dia bisa menikmati udara bersih, bermain dengan leluasa dan berekspresi sebebasnya, seperti layaknya anak yang merdeka. Saya hanya mengawasinya di pinggir.

Setelah hampir setengah hari di sana, sebab cuaca yang sejuk dan sedikit mendung. meski tak turun hujan. membuat Nawra lupa. Padahal itu sedang dalam kondisi yang terik. Beruntungnya  saya sudah memberikan wajahnya sunblock yang terbaik. jadi gak kuatir gosong.

Lalu, tak berapa lama saya mengajak Nawra untuk shalat Zuhur. Kali ini tak perlu di jamak shalatnya. Sebab, in sya Allah waktu ashar nanti kita sudah berada kembali di rumah. hari baru menjelang jam setengah dua siang.

Shalat Zuhur Di Tepi Pantai


Saya katakan kepadanya, salah satu arti merdeka dan wujud kemerdekaan itu adalah kebebasan kita menjalankan amalan ibadah kita secara bebas dimana saja. Misalnya shalat. Di pulau Tikus ini kita bisa shalat di mana saja asalkan tempatnya bersih dan tidak ada najis. Kami pun melakukan shalat berjamaah sedangkan abinya melakukan shalat di tempat lain, sebab beliau tadi harus berganti baju.

Tak terasa hari semakin bergerak sore, di jam setengah tiga kami pun bergerak untuk pulang. Sebab jika terlalu lama kuatir angin pantai atau gelombang laut tinggi dan tidak bersahabat sehingga sulit untuk pulang. Saat diumumkan persiapan untuk pulang . Nawra masih saja asik bermain di pantai. Bahkan saat berjalan menuju ke kapal pun celana dan bajunya masih basah, penuh juga dengan pasir. Dia benar-benar masih ingin bermain.

Sepanjang jalan menuju ke kapal, Nawra banyak bertanya dan ingin tahu lebih banyak. Tentang pulau Tikus dan juga tentang negara Indonesia yang banyak pulaunya. Dia mempertayakan apakah semua anak-anak di berbagai pulau di Indonesia  sekolah seperti dirinya atau tidak. Lalu apakah mereka juga diperhatikan oleh pemerintah, apakah mereka ada rumah, makan setiap hari dan banyak pertanyaan lainnya.

Saya sampai bingung juga menjelaskannya, apalagi jika dibandingkan dengan apa yang dia dapatkan. Tentu saja lebih dari cukup yang didapatkan oleh anak-anak yang tinggal di pulau teluar Indonseia.



Oleh karena itu, tahun ini Nawra belajar dan kami juga sebagai orang tuanya belajar tentang arti merdeka itu adalah bersyukur, menjaga dan merawat serta mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang baik dan bermanfaat bagi orang lain.

Sampai jumpa, sudah naik kapal lagi, mau pulang menuju kota Bengkulu ya ! Nawra kalo di dalam kendaraan apa lagi kayak kapal begini, udah langsung molor saja. Alasannya supaya gak mabuk!

Salam Merdeka, Dirgahayu Indonesiaku ke 72, jayalah selalu bangsaku!

Powered by Blogger.