Menu

Saturday, August 20, 2022

/

 Assalamu'alaikum.  Wr. Wb

Apa kabar sahabat Keluarga Nawra. Semoga selalu sehat ya dan bisa terus berkumpul bersama keluarga. Meski hanya dengan ngobrol atau hanya makan bersama. 



Nah, ngomongin soal makan bersama. Kali ini keluarga Nawra mau cerita sebuah program sekolah dedek Nasya. Oh, ya si Annasya tahun ini sudah resmi jadi anak SD loh tepatnya jadi anak murid MI alias Madrasah Ibtidaiyah. Lokasi sekolah tidak begitu jauh dari rumah.


Program sekolah makan  bersama ini diberitahukan oleh wali kelas lewat grup kelas. Bahwa hari esok, semua siswa tidak perlu membawa bekal dari rumah. Untuk menu makanan sudah disediakan semuanya dari sekolah. 


Biasanya siswa membawa bekal, snacak dan minuman sendiri dari rumah atau ada yang ikutan catering di sekolah.


Tapi Kali ini berbeda, semua bekal makan, snack dan minuman sudah disediakan oleh sekolah. Meski begitu Annasya tetap membawa minum dan camilan tambahan. seperti jajanan.


Jadi sekolah akan mengadakan kegiatan Pendidikan makan ya. Pendidikan makan ini  merupakan kegiatan Pemberian makanan tambahan bagi santri dengan menu makanan yang sehat, lengkap dan propesional. Dan tentunya cocok dan menarik selera ananda santri.


https://www.keluarganawra.com


Jadwal Kegiatan Makan Bersama


Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Agustus 2022. Pukul : 10.10-10.45 WIB  (saat waktu istirahat).Lokasi : Kantin MI Asy-Syifa 


https://www.keluarganawra.com


Fasilitas yang Disediakan

Dalam kegiatan ini, anka juga diajarkan untuk membantu mempersiapkan keperluan untuk makan. termasuk membantu menyajikan makanan tersebut. Jadi disediakan juga celemek untuk 2 orang anak yang bertugas menyajikan makanan. 



Manfaat Kegiatan Makan Bersama Teman Sekolah


Ada banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh siswa , guru dan orang tua  dengan adanya kegiatan makan bersama teman di sekolah ini. Manfaat tersebut, antara lain adalah sebagai berikut.



Pertama, Belajar adab islam dalam makan dan minum. Menambah wawasan anak tentang adab-adab dalam isalam ketika makan. anak juga diajarkan untuk membaca doa sebelum dan sesudah makan. anak belajar cara makan yang benar dan baik. Bisa dengan menggunakan alat makan seperti sendok, garpu dan sendok. 



Anak diajarkan tentang kegiatan sunah atau baik saat makan. Misalnya, makan di awali dengan membaca doa, makan menggunakan tangan kanan, makan dalam kondisi duduk, makan tidak bersuara atau sambil berbicara, makan harus dihabiskan, tidaka ada yang di sisakan. Mendahulukan untuk mengambil makanan yang terdekat dengan anak. Serta  adab baik lainnya yang bisa diajarkan kepada anak.



Kedua, Mengajarkan anak mengenai aneka jenis makanan. Baik lauk pauk, sayuran , buah serta menu makanan tambahan lainnya. Seperti makanan pembuka dan makanan penutup. Anak belajar mengenai porsi makanan seimbang. yaitu hidangan makanan yang di dalam piringnya tersedia dengan bai. Comtoh ada nasi, lauk pauk, sayuran dan buah. 



Mengajarkan anak mengenai cara pengolahan makanan, misalnya ada makanan yang direbus, dipanggang, dibakar atau digoreng.


mengajarkan anak mengenal perangkat makan dan makanan, mulai dari piring, gelas, sendok, gapu, sumpit. Termasuk jenis bahan buatannya dan cara menggunakan serta merawatnya. Misalnya, untuk piring atau gelas yang terbuat dari kaca, tentu anak diajarkan untuk lebih berhati-hati dalam memegang dan menggunakannya. Supaya tidak jatuh , pecah hingga bisa melukai anak dan orang-orang di skeitarnya.



Selain itu anak juga belajar mengenai kandungan zat yang terkandung di dalam berbagai jenis menu makanan tersebut serta memberikan informasi mengenai manfaat zat makanan tersebut bagi tubuh. Contoh, guru menyebutkan nama sayur Bayam dan memberitahu kepada anak manfaat mengkonsumsi sayur Bayam tersebut.


https://www.keluarganawra.com




Ketiga, Memberikan edukasi mengenai pentingnya untuk makan berbagai makanan dan bersih, sehat dan bergizi setiap hari. Termasuk untuk minum yang cukup setiap harinya. Selain itu anak diberikan juga pengetahuan untuk makan berbagai jenis menu makanan setiap hari. 


Keempat, Mengajarkan Anak Untuk Disiplin dan Budaya Antre. Saat makan bersama, jika kondisi makanan dihidangkan secara prasmanan, tentu anak diajarkan untuk bisa mnegambil makanan secara antre. Menunggu giliran masing-masing, tidak berebut makanan. 


Saat antre mengambil makanan tersebut, anak juga diberika kebebasan untuk memilih jenis makanan yang dia ingin makan termasuk jumlahnya. Anak juga diajarkan untuk mengambil porsi makanan secukupnya agar orang lain juga kabagian.


Anak juga diajarkan untuk bisa disiplin dan tertib dengan jadwal makan yang telah ditetapkan sehingga program makan bersama akan berjalan lancar. Contohnya, pada saat jam makan semua anak diharuskan untuk makan, tidak ada lagi yang bermain atau melakukan kegiatan belajar.


https://www.keluarganawra.com



Kegiatan makan bersama ini juga mengajarkan anak untuk saling bekerjasama dengan teman dan gurunya. Bekerjasama untuk menyiapakan membantu berbagai persiapan dan perlengkapan untuk makan dan minum.


Kelima, Menanamkan pendidikan karakter pada anak. Saat makan bersama, anak juga belajar mengenal dan bergaul dengan teman-temannya. Anak diajarkan untuk belajar bergaul dan beradaptasi dengan teman-temannya serta pada guru.


Anak juga belajar mengenal dan memahami karaker teman-temannya. Menumbuhkan dan melatih sikap peduli, perhatian, kekompakkan anak dan teman-temannya termasuk dengan para guru.


Melatih dan memotivasi anak untuk semangat menghabiskan makanannya. Kegiatan ini juga memberikan efek yang baik bagi anak yang kurang suka makan, kurang menyukai jenis makanan tertentu. Dengan makan bersama, anak belajar untuk saling memotivasi diri untuk menghabiskan makanannya.


Pada saat makan bersama ini, guru-guru juga bisa memberikan berbagai ilmu pengetahuan dan wawasan kepada anak-anak, bisa dalam bentuk penjelasan , gambar atau poster, juga bisa dalam bentuk game edukatif.




Oh, ya jika ada yang bertanya kenapa pakai baju olahraga. Jadi sekolah MI Asy Syifa ini memang menyediakan tiga stelan baju olahraga, yang digunakan oleh  anak sebanyak tiga hari dalam satu pekan. Untuk kelas satu, digunakan pada hari Rabu, Kamis dan Sabtu. Warna bajunya pun berbeda-bada.


Untuk program makan bersama ini, baru jadwal pertama dalam tahun ajaran baru ini. Akan ada jadwal selanjutnya yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah.


Kalo keluarga Nawra menyambut baik program makan bersama ini, melihat baik dan bagusnya tujuan pelaksanaan kegiatan ini. Apalagi jika dilakukan lebih sering, misalnya sepekan sekali. Mengingat, ada juga sebagian orang tua yang cukup repot untuk menyiapkan dan membawa bekal makanan ke sekolah.

 

Demikian dulu ya cerita sekolah dedek Nasya. Jangan lupa folow akun Instagram si Nasya  ya @diary_annasya. Biar saling memberi informasi dan dan menambah teman.


Ada yang mau menambahkan manfaat dengan adanya program makan bersama di sekolah ini bagi anak, guru dan orang tua. Silkan menambahkan dan memberikan tanggapan di kolom komentar yah.

Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.