Menu

Saturday, July 29, 2023

/

Assalammualaikum. Wr. Wb

Apa kabar sahabat  Keluarga Nawra. Di kota Bengkulu saat bulan Muharram ada festival yang digelar selama sepuluh hari. Nama festival tersebut adalah Festival Tabut atau Tabot.


https://www.keluarganawra.com
Sumber Inibengkulu.com


Sejak lama festival ini digelar dan semakin lama semakin bertambah tahun, pelaksanaannya juga mengalami banyak perubahan.


Lokasi Festival Tabut ini dilaksanakan di halaman  Merdeka. Di depan rumah dinas Gubernur Bengkulu di kawasan yang diberi nama Jalan Kampung.


Bagi yang sudah pernah main  ke kota Bengkulu kawasan jalan Kampung ini dekat atau sekitarnya wilayah Fort Malborough,  Tugu Tomas Parr dan Pantai Tapak Paderi.


Oh, ya perayaan Festival Tabut Bengkulu ini diselenggarakan pada tanggal 1 – 10 Muharram.


Untuk acara puncaknya digelar pada malam ke sepuluh. Jadi pada hari kesembilan hingga malam semua tabut akan dikumpulkan di lapangan merdeka. Kegiatan ini disebut dengan nama yang viral malam tabut bersanding.


Mengenal Festival Tabut Bengkulu


Bengkulu terdapat di mana?


Buat teman-teman blogger pun banyak yang suka salah, Bengkulu itu bukan bagian  Lampung atau Palembang. Akan tetapi sebagai berikut, Bengkulu merupakan Provinsi di Sumatera yang terletak pada koordinat 5°40' – 2° 0' LS 40' – 104° 0' BT dengan luas area sebesar 19.788.70 km2 (7,640,46 ) yang berbatasan dengan : Utara : Sumatera Barat. Selatan : Lampung.


Apa itu Tabut di Bengkulu?


Festival Tabut merupakan tradisi tahunan yang dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat Bengkulu dalam menyambut tahun baru Islam pada 1 Muharram. Festival Tabut untuk mengenang kematian Al-Husain yang syahid di Padang Karbala dan mengenang kejayaan Islam.


Festival Tabut Bengkulu
Malam tabut bersanding, pada malam ke 10. sumber foto coreccto.id


Apa arti dari kata tabut?


tabut [ta·but], Apa yang dimaksud dengan tabut? 1) peti yang dibuat dari anyaman bambu atau burung-burungan burak yang terbuat dari kayu yang dibawa berarak pada peringatan terbunuhnya Hasan-Husen (tanggal 10 Muharam)


Kapan ada Tabot di Bengkulu?


Tabut Bengkulu adalah sebuah upacara keagamaan yang diadaptasi menjadi festival etnis kultural. Upacara in berasal dari tradisi sekte syiah yang berupaya mengenang kematian Husen di Padang Karbala, pada tahun 680


Bulan Tabut telah menjadi tradisi yang ada di Bengkulu dan diselenggarakan secara turun-temurun sejak abad (dari tahun 1685 hingga saat ini).


Festival Tabut Bengkulu


Bagaimana tradisi Tabut?


Tabut adalah upacara tradisi masyarakat Bengkulu untuk mengenang mati syahidnya cucu Nabi Muhammad SAW, Husein bin Ali bin Abi Thalib dalam peperangan dengan pasukan Ubaidillah bin Zaid di padang Karbala, Irak pada tanggal 10 Muharam 61 Hijriah (681 M)


Berapa banyak rangkaian acara tradisi Tabot di Bengkulu?


Tradisi Tabot di Bengkulu

Tradisi Tabot di Bengkulu terdiri dari sembilan rangkaian acara, yang berlangsung selama sepuluh hari antara 1–10 Muharam dalam sebuah festival kebudayaan. Adapun rangkaian prosesi upacara tabut ini terdiri dari doa memohon keselamatan/pamit rajo agung, mengambik tanah, duduk penja, menjara, meradai, arak Penja, dan arak sorban. Kemudian juga gam, tabut naik pangkek, arak gedang, soja, tabut tebuang, cuci penja dan doa penutup.


Dibuang kemanakah Tabot di Bengkulu pada perkembangan selanjutnya?


Pada awalnya Tabot di Bengkulu dibuang ke laut sebagaimana di Pariaman Sumatera Barat. Namun, pada perkembangannya, Tabot di Bengkulu dibuang di rawa-rawa yang berada di sekitar pemakaman umum yang dikenali dengan nama makam Karbela yang diyakini sebagai tempat dimakamnya Imam Senggolo atau Syeikh Burhanuddin.


Festival Tabut dan Event Nasional Indonesia


Apakah Tabot termasuk kearifan lokal?


Tradisi Tabot merupakan salah satu bentuk kearifan lokal masyarakat Bengkulu yang memiliki akar sosiologis-historis yang panjang.


Apa tujuan dilaksanakannya tradisi Tabot atau terbaik di Bengkulu?


Karena festival Tabot di Bengkulu telah mampu menyatukan atau mengintegrasikan berbagai macam suku dan agama yang ada di Provinsi Bengkulu dalam upaya meningkatkan pembangunan daerah. “Ini agar Provinsi Bengkulu sejajar dengan provinsi lainnya di Indonesia.


https://www.keluarganawra.com
Sandiaga Uno di Festival Tabut 2022


Menparekraf Sandiaga saat hadir dalam acara Festival Tabut 2022 di Lapangan Merdeka Kota Bengkulu, Selasa malam (2/8/2022), menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu atas suksesnya mengantarkan Festival Tabut 2022 masuk dalam daftar Karisma Event Nusantara (KEN) 2022.


Festival Tabut Bengkulu masuk KEN


Festival Tabut Bengkulu masuk dalam Karisma Event Nusantara 2023 bersama 109 event nasional lainnya.


Untuk diketahui bahwa Kharisma Event Nusantara atau KEN adalah , merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf bersama Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder pariwisata untuk menaikkan citra pariwisata Indonesia dan penggerak kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.


Untuk tahun 2023 ini, festival Tabut Bengkulu, beruntung sekali dibuka dan disaksikan oleh bapak Presiden Jokowi.


https://www.keluarganawra.com

https://www.keluarganawra.com



Festival Tabut Bengkulu

Kapan Festival Tabut Bengkulu 2023?


Tahun ini sudah dilaksanakan, pada tanggal 18-28 Juli 2023 dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah (1 Muharram hingga 10 Muharram) ini, tumpah ruah. Ribuan masyarakat Bengkulu tampak memadati area panggung utama Lapangan Merdeka hingga wilayah sekitarnya.


Sampai jumpa ya di event festival Tabut Bengkulu tahun 2024, ayo berwisata ke Bengkulu. 


Baca juga tulisan blogger Bengkulu Mardha Tulisan ini dibuat dalam program nulis serempak bersama Blogger Bengkulu

Sumber foto : Istimewa

18 comments

Festival Tabut semakin meriah kelihatannya ya Mbak. Aku pernah lihat yang di Pariaman tapi yang di Bengkulu belum. Mudah-mudahan suatu saat bisa main ke Bengkulu pas lagi ada festival ini, sebuah kearifan lokal yang sarat makna dalam memperingati 1 Muharam

Reply

Syukurlah acara Tabut dikatakan sebagai kearifan lokal, karena tidak ada hukumnya dalam agama Islam sekalipun dirayakan dalam rangka bulan Muharram.

Reply

Cakep dan meriah festival tabut. Bahkan dihadiri Jokowi. Bakalan dinantikan tahun depan nih acara.

Reply

Megah banget ya mba kelihatan sekali ini acaranya. Masya Allah mengenang kejayaan islam, memang 10 Muharram itu dahsyat banget, bersejarah. Iyaya Bengkulu sering dikira Lampung padahal nama provinsi. Aku belum pernah ke sana. Huhh oengin deh

Reply

Jadi pengen menyaksikan festival Tabut ini secara langsung deh, ahaha. Semoga tahun depan ada kesempatan main ke Bengkulu di awal bulan Muharram supaya bisa ikut menyaksikan Tabut ini.

Reply

aakkk jadi mupeenggg
kearifan budaya lokal yg luarr biasa


bangga bgt jadi org Indonesia yah

Reply

Budaya Indonesia ini memang indah sekali ya, aku baru tau tentang Festival Tabut Bengkulu ini. Semoga ini bisa terus dipertahankan budaya dan juga meningkatkan pembangunan daerah Bengkulu.

Reply

Meriah sekali acara festival takut di Bengkulu! Ternyata kegiatan ini sudah lama diselenggarakan ya, sejak tahun 1600-an! Memperingati tahun baru Islam 1 Muharram seperti ini tentu sangat menggembiarakan Sorak-sorai masyarakat dengan berbagai seremonial keislamannya bisa menyedot lebih banyak pariwisata juga ya.

Reply

Kekayaan adat di Indonesia memang luar biasa ya mba. Aku.baru tau lho kalau di Bengkulu memang ada tradisi seperti ini di bulan muharam

Reply

Pastinya perayaan Festival Tabut Bengkulu sangat ramai dihadiri oleh masyarakat ya, Mbak. Apalagi kalau ada pejabat negara yang datang hehehe.
Festival ini kearifan lokal yang harus dilestarikan.

Reply

oh jadi Festival Tabut Bengkulu adalah tradisi tahunan yang dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat Bengkulu dalam menyambut tahun baru Islam

Reply

Bengkulu pengen aku datangi apalagi dulu ketika om aku meninggal tapi sayang pas pandemi penerbangan di tutup.

Acaranya unik yaa memang di beberapa daerah di bulan muharram mengadakan acara beda beda. (Gusti yeni)

Reply

MashaAlla~
Masyarakat Bengkulu sangat agamis sekali yaa.. Karena memahami betul sejarah Islam sehingga terselenggaranya Festival Tabut Bengkulu terus dilakukan secara turun temurun.

Reply

Suamiku pernah tinggal dan bekerja di Bengkulu selama 5 tahun, jadi pernah dengar cerita tentang Tabut Bengkulu dari Paksu. Semoga lain waktu saat ada Tabut kami sekeluarga bisa menyaksikan kemegahan eventnya.
Ramai sekali tahun ini Tabut Bengkulu dibuka langsung oleh Presiden Jokowi

Reply

Wah, ternyata Bengkulu punya festival semeriah ini, ya. Rame bangettt Festival Tabut Bengkulu tahun ini. Bagus-bagusss tabutnya. Btw paklikku rumahnya juga Bengkulu, tapi aku belum pernah ke sana. Hiks.

Reply

Festivalnya unik, kalau di Jawa pas bulan Muharam kebanyakan pawai biasa.
Festival Tabut ini bisa dibilang jadi salah satu event wisata religi ya

Reply

jadi kangen lihat festival tabot sembari makan kacang dan jajan banyak berdiri sampai malam hahah... lucu mengenang masa kecil. Kini, bakal susah menikmati momen tabot

Reply

MasyaAllah rame dan keren banget. Semoga ada rejeki bis amenikmatinya juga diriku. Makasih ya mbaaa Senangnya

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.