Menu

Featured Post

Nokia 6, Smartphone yang akan Mengingatkan Kita Akan Kualitas Nokia

Assalammualaikum.Wr.Wb Apa kabar Sahabat Keluarga Nawra Nokia adalah sebuah nama yang sempat berjaya pada masanya. Kejayaan ini buka...

Wednesday, February 28, 2018

/ /
Mencoba Menu Taman Wisata Mangrove Bhadrika
Assalamualaikum. Wr. Wb

Keluarganawra.com- pada kelas blogger ke tujuh kali ini. Saya bersama teman-teman blogger Bengkulu melakukan kegiatan mini seminar dan workshop di Taman Wisata Mangrove Bhadrika. Selain melakukan kegiatan tersebut. Di sana kami juga kan disuguhi oleh menu-menu makanan dari Bhadrika. Saya sih, belum pernah nyobain menu di sana apa aja. Meski sudah beberapa kali berkunjung ke sana. Jadi kali ini adalah untuk pertama kalinya saya mencoba menu di Bhadrika. Kepengen tahu menu di sana apa saja yang disajikan pada #kelasblogger7 kali ini. Ikutin aja ya terus tulisan ini. Hanya dengan satu syarat.
Sabar ya, bentar lagi makan

Kamu ga boleh ngiler, hahaha.

Apalagi sampai itu air liur menetes jauh.

Saya ga tanggungjawab ya. 

 Jadi setelah sesi curhat dari lima pembicara yang bercerita tentang 1) pengalaman pertama kali ngeblog 2) Alasan memilih tema atau Niche blognya 3) Hal apa saja yang didapatkan dari ngeblog 4) Suka duka saat ngeblog 5) tips dan trik supaya bisa tetap tangguh ngeblog.

Semua pembicara ada lima, yaitu Kakak yang Kece ini semua adalah sobat #BloggerBengkulu. Yang baik hati, rajin ,tidak sombong serta rajin posting blog, hihihi

1. Aang Verianto, News

2. Relinda Puspita, Travel

3. Zefy Arlinda, Food

4. Intan Kamala Sari, Book

5. Azizah, Beauty

Mereka semua jago curhat tentang blognya. Sehingga kita peserta jadi terlena, hanyut dalam cerita mereka.

Habis dengerin cerita mereka. Tiba saatnya kita makan, hahaha. Icip-icip menu Bhadrika ini ada apa aja.

Secara umum, lauk pauk ya ada Ayam, Ikan, dan lain sebagainya.

Itu pelayan ga sopan banget ya, narok makanan pas di depan peserta. Tentu saja wangi aroma makanannya bikin kita ga konsen lagi.

Ya, udah langsung kit habisin saja.

Eeit, tapi sebelum itu mari kita berfoto dulu, apalagi menunya wajib banget difotoin yaaak.

Menu pertama, Olahan Ikan, Ada Ikan Sambal dan Ikan Saus



Menu kedua, Olahan Sayur




Menu ketiga, menu tambahan, Mendoan Tempe dan Tahu Plus Saus



Gimana, mau makan apa mau motoin aja, hahaha. Saya sih milihnya makan sambil difotoin dong.

Upps ,ada satu lagi ni yang aku suka. Sepertinya ini mendoan, saus atau cabenya. Pas dicocolin enak banget. Pedasnya bikin nagih. Ada tahu dan tempe. Mari kita sikat saja.

Soal rasa, bagi saya sih enak dan pas di lidah. Kalo soal harga . Nanti kita tanya Mak Ria Fasha berapa ini satu porsi untuk satu orang. Menurut saya di kisaran harga 40-50k. Palingan di diskon atau potongan harga untuk komunitas.

Mari kita cek segera soal harga. Yuhuuu, benar itungan saya. Kisaran harganya segitu. Mahal atau biasanya aja, itu tergantung masing-masing ya...

Makan tetap aja enak kalo ada nasi, hehehe

Niche Blog Keluarga Nawra

Nah, hari ini tema kelas blogger adalah Niche atau menentukan kekhasan blog . Bagusnya sih menentukan Niche ini pas awal bikin blog ya.

Jadi ceritanya blog Keluarga Nawra ini awal bikinnya mau saya jadikan blog Traveling. Dengan deskripsi kira-kira begini Jalan-jalan sambil makan. Keren kan keliatannya.

Isinya ya tentang makanan dan jalan-jalan.
Namun dalam perjalanannya saya ga konsisten apalagi saat berkaitan dengan job. Duh, dasar mata emak doyan duit. Jadinya si Niche terbengkalai.

Saya tambahin lah  label Lifestyle. Jadi biar bisa nulis atau terima job yang lainnya.

Tapi saya tetap usaha buat konsisten nulis di blog ini dengan lebih banyak artikel jalan-jalan dan makanan.

Begitu ceritanya.

Belajar udah, makan udah, apalagi ya!. Ini ni yang belum foto-foto.


Kadang sesi foto lebih lama dari materinya yaaa

Mari kita foto dulu ya. Btw ini artikel dibuat untuk menjawab tantangan #NulisSerempak dari Blogger Bengkulu tentang Niche Blog. Hadiahnya lumayan ya kalo beruntung dapat kue' Cream Puff yang enak itu.

Sampai jumpa di kelas blogger 8 ya . Salam. Oh, ya lokasi Bhadrika ini di jalan Jenggalu. Kamu kepoin aja instagramnya TWM Bhadrika, ga bakalan nyasar.


Sumber Foto Sobat Bobe !

Saturday, February 24, 2018

/ /
Tipe dan Karakter Golongan Darah A
Assalammualaikum Wr. Wb

Keluarganawra.com- Sudah tahu golongan darahnya apa. kalo belum , hayo buruan di tes. Prosesnya juga mudah dan hasilnya juga cepat bisa diketahui.  Saya bergolongan darah AB. Di tes dulu waktu mau masuk sekolah dasar (SD).

Sifat saya apa ya, hihihi. Ada juga beberapa jenis bahan makanan , buah dan sayuran yang ga baik untuk saya konsumi. Sebab tidak baik untuk kesehatan. Bukan cuma golongan darah AB sih, hampir semua golongan darah begitu. Ada jenis buah dan sayuran yang bagus dikonsumsi dan ada juga yang sebaiknya tidak dikonsumsi.

Saa akan mencoba membahasnya satu- persatu. Sesuai dengan jenis golongan darah tersebut. Untuk tulisan pertama ini, saya akan membahas mengenai Golongan darah O dulu ya.




Golongan darah ditentukan oleh dua hal yang berbeda yaitu gen ayah dan gen ibu. Pencampuran kedua gen tersebut sangat berpengaruh terhadap golongan darah seseorang. Golongan darah diperoleh secara genetis atau melalui proses keturunan.

 Golongan darah adalah ciri khusus dari darah seseorang . Perbedaan golongan darah tersebut karena adanya perbedaan karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah. Dua jenis penggolongan darah yang paling penting adalah penggolongan ABO dan Rhesus (factor rh) 

Golongan Darah A
Seseorang dengan golongan darah A memiliki sel darah merah dengan antigen A dipermukaan membrane sel darah merahnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen B dalam serum darahnya. Sehingga orang dengan golongan  darah A  negatif hanya dapat menerima dari orang dengan golongan darah A negatif atau O negatif.

Golongan darah A merupakan golongan darah kedua tertua di dunia. Menurut Dr. D’Adamo .

Ciri dari golongan darah A adalah sebagai berikut :

1).Memiliki pencernaan yang cukup sensitif

2). Rentan terhadap serangan penyakit jantung, diabetes, kanker dan penyakit pembuluh darah lainnya. Hal ini disebabkan kerena golongan darah A tergolong dalam bentuk darah dengan konsitensi kental sehingga mengakibatkan darah lebih lambat beredardan sangat memungkinkan akan terjadinya penumpukan kotoran pada pembuluh darah arteri.

3). Cenderung menyimpan lemak terutama yang berasal dari daging, sehingga mengakibatkan resiko obesitas

4). Memiliki asam lambung yang rendah sehingga sulit mencerna daging dan susu

Berdasarkan ciri golongan darah tersebut, disarankan kepada golongan darah A untuk menghindari konsumsi susu dan daging. 

Golongan darah A, boleh konsumsi ayam biasa
Namun dianjurkan untuk menjadi vegetarian, mengkonsumsi banyak karbohidrat, sayur, buah dan makanan yang rendah lemak.

Berikut adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi oleh golongan darah A.

1.    Jenis Daging dan Unggas ; Daging bebek, domba, kerbau, ayam hutan, kelinci, angsa, sapi.
2.    Jenis Minuman atau cairan; Air soda, susu sapi, santan kelapa, susu murni, es krim
3.    Buah dan sayuran ; Pare, pepaya, jeruk,pisang raja,kentang,ubi,tomat,terung
4.    Hewan air ; Cumi-cumi, udang,kepiting,gurita,belut,lobster,kodok
5.    Makanan olahan ; Mentega, keju, acar

Diet untuk golongan darah A

Golongan darah merupakan kunci utama pada tubuh kita. Setiap golongan darah memiliki ciri, sifat dan karakter yang berbeda-beda sehingga kebutuhan dan asupan makanan pun berbeda-beda. 

Pola pengaturan makanan dan minuman atau sering disebut dengan diet sangat diperlukan untuk mendapatkan status kesehatan yang baik. Salah satu pola pengaturan makan dan minuman tersebut berdasarkan golongan darah.

Metabolisme tubuh akan optimal jika asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi disesuaikan dengan golongan darah. Pola pengaturan makanan dan minuman atau sering disebut dengan diet sangat diperlukan untuk mendapatkan status kesehatan yang baik.

Menurut Dr. D’Adamo golongan darah A merupakan hasil evolusi dari tubuh manusia yang biasa makan daging pada masa berburu. Kemudian beralih menjadi masyarakat agraris yang memiliki bahan makanan utama tumbuh-tumbuhan.

Oleh karena itu diet yang baik bagi golongan darah A adalah menjadi vegetarian dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat.

Oleh karena itu dilihat dari sejarahnya golongan darah A sangat suka beraktivitas bercocok tanam dan menggarap sawah. Sehingga konsumsi makanannya sangat erat hubungannya dengan buah dan sayuran.

Vegetarian untuk Golongan Darah A

Golongan darah A sangat cocok untuk menjadi seorang vegetarian. Orang dengan jenis golongan darah ini dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur ketimbang makan daging merah, daging bebek, kelinci, seafood seperti udang, cumi dan lobster, juga jenis makanan tinggi lemak seperti keju, susu, es krim dan makanan tinggi karbohidrat, contohnya ubi.

Namun golongan darah A masih diperbolehkan mengkonsumsi ikan tuna, telur, roti gandum, kurma dan daging ayam karena sifatnya yang netral atau cenderung tidak punya pengaruh signifikan

terhadap tubuh. Sedangkan jenis olahraga yang cocok untuk golongan darah A adalah olahraga santai seperti berjalan, tai chi, atau olahraga outdoor ringan selama 30 menit per hari.

Golongan darah A sebaiknya tidak konsumsi daging
 Beberapa jenis makanan terutama sayur dan buah yang cocok dikonsumsi oleh pemilik golongan darah A adalah,

Golongan sayuran

-    Wortel
-    Brokoli
-    Labu
-    Touge
-    Bayam
-    Daun bawang
-    Jamur
-    Kailan
-    Selada
-    Seledri
-    Lobak

Golongan buah-buahan

-    Jeruk
-    Plum
-    Alpukat
-    Apel
-    Buah naga
-    Jambu biji
-    Kiwi
-    Melon
-    Mentimun
-    Pear

Semoga setelah ini jadi lebih paham ya, dan siap menjaga kesehatan. Selamat menjaga kesehatan untuk masa depan yang lebih baik lagi.

Untuk informasi ini bisa dibaca secara lengkap di alam buku saya seperti di gambar di atas, yang berjudul Pintar Nutrisi Golongan Darah. Bukunya ada empat sesuai dengan golongan darah manusi. Golongan darah A,AB, B dan O

Bisa di beli disemua toko buku, dengan harga Rp. 38.000,- Semoga bermanfaat!

Tuesday, February 20, 2018

/ /
Apa yang Harus Dilakukan  Saat Mengajak Anak Ke Toko Mainan
Assalamualaikum,  Wr.  Wb

Keluarganawra.com - Mainan adalah sesuatu yang sangat disukai anak-anak.  Entah mainan modern,  mainan tradisional  atau benda mainan apalagi mainan online.  Semuanya anak-anak suka dan doyan.  Terus pernah ga janji ama anak buat membelikan mainan .  Pasti pernah ya.  Belinya gimana?  Secara online atau datang ke toko mainan.  Atau ga sengaja pas lewat lapak jualan anak-anak.  Misalnya  pas di acara pasar malam,   bazar.  Yang nemunya ga di sangka-sangka.  Tau-tau entah bagaimana  caranya  anak jadi beli mainan. 

Kalo di Bengkulu,  tukang jualan anak-anak di acara kondangan aja ada.  Jadi  kita para emak-emak sudah dikepung oleh penjual mainan anak dari berbagai arah. 


Meski tukang jualan mainan anak-anak yang dadakan itu ga lengkap  jenis jualannya. Tapi tetap saja mempunyai seribu daya pikat buat anak-anak. Begitu pun anak-anak  juga punya seribu jurus rayuan untuk meluluhkan hati orang tuanya. 

Yah,  namanya juga usaha ya.  Sebenarnya  membantu  juga sih buat para emak yang ingin membelikan anaknya mainan. 

Kalo kamu suka beliin mainan anak dimana?  Dengan cara apa.  Online apa offline alias datang  langsung ke tokonya.

Nah,  kali ini saya ingin berbagi pengalaman saat mengajak anak ke toko mainan.  Supaya  hal -  hal yang tak diinginkan terjadi. Apalagti terjebak dengtan tipu rayu anak yang ingin berbagai jenis mainan, hihihi.

Seperti juga anak-anak, yang penuh dengan trik dan intrik, kita orang tua juga kita boleh kalah. Maksudnya, kita juga harus lebih bijak dalam mengabulkan setiap permintaan anak.


Sebelum ke toko Mainan

Pertama, pastikan terlebih dahulu dengan anak, kesepakatan jenis atau nama mainan apa yang akan dibeli. Jika ada, berikan atau tunjukkan pada anak gambar atau bentuk dari mainan yang akan dibeli. Bisa dengan melakukan 1) Ambil gambar di internet, brosur,televisi, koran, majalah,  katalog belanja dll 2) Bisa melihat langsung mainan punya teman anak, misalnya saat anak bermain, kepengen juga punya mainan seperti punya temannya 3) Sebelumnya memang sudah pernah punya mainan yang sama, lalu apakah rusak, hilang , kurang banyak. Sehingga ingin membeli kembali.

Mainan kurang banyak ini, gambarannya begini. Misalnya ingin membeli lagi mainan Lego, mainan masak-masak sebab ada peralatan yang kurang banyak atau ga lengkap.

Kedua, buatlah kesepakatan dengan anak apa nama mainan yang akan dibeli, berapa jumlahnya, bahkan kepada anak saya yang sudah mulai tahu mengenai uang. Saya juga menyebutkan besaran atau anggaran dana untuk membeli mainan tersebut.

Saya katakan begini, "Kak, nanti anggaran beli mainannya seratus ribu ya. Kalo harga mainan itu ga nyampe 100. Kamu boleh beli mainan yang lainnya " 

Cara seperti ini cukup ampuh, sekaligus juga mengajarkan anak untuk belajar soal keuangan dan belanja. Menamkan soal konsep mengatur keuangan sejak dini.

Ketiga, fokus pada target mainan yang akan dibeli. Misalnya di rumah memang dibahas atau disebut nama mainan yang akan dibeli. Hindari untuk membuka diskusi atau peluang untuk membeli mainan yang lainnya. Apalagi menjanjikan sesuatu kepada anak-anak. Bisa gawat. Ingatan anak-anak itu cukup tajam dan suka nagih janji, hihihi

Hayooo, yang pernah janji sesuatu kepada anak-anak. Ga lupa kan, kalo anak itu penagih ulung, hihihi. Serta fokus, kalo ga dapat apa yang dia inginkan, belum berhenti. Benar kan!

Untuk urusana kegigihan akan sebuah keinginan, sepertinya, kita harus belajar dari anak-anak. Mereka itu sosok yang gigih dan fokus.

Termasuk soal ingin punya mainan baru ...

Selanjutnya adalah, saat yang paling penting yaitu BERADA DI TOKO MAINAN. Lakukan beberapa tips berikut ini agar ga terjebak dengan anak yang gigih dan fokus ini.

Pertama, tetap fokus dengan mainan apa yang akan dibeli. Tanyakan langsung kepada pelayan nama mainan yang akan dibeli. Sehingga kita bisa langsung menuju ke etalase atau rak dimana mainan tersebut dipajang.



Kedua, jika ada beberapa variasi atau pilihan, berikan kesempatan bagi anak untuk memilih, dan sebaiknya tetap diberikan penjelasan dan didampingi. Bantu anak untuk menentukan pilihannya dengan tepat . Sebaiknya kita juga tidak memaksakan kehendak kepada anak. Jika pilihannya keliru atau kurang tepat, makan berikanlah arahan dengan baik. 

Ketiga, setelah dapat pilihan mainan, segera membayar dan keluar dari toko mainan tersebut. Agar tidak terjebak kasus belanja tanpa perencanaan, hihihi

Lalu, jika anak meminta untuk melihat-lihat koleksi mainan yang lain, Ya, perbolehkan saja dengan syarat, sesuai kesepakatan saja.

Anak-anak saya sering meminta, "Boleh lihat mainan yang lainnya dulu!" biasanya saya mengiyakan. diberi waktu beberapa saat bagi anak untuk melihat-lihat. 

Jika ada barang yang mereka naksir, maka saya sering berkata, "Lain waktu, kita beli lagi ya, ada waktunya beli mainan lagi"

Ada waktunya beli mainan lagi, bisa jadi saat memang kita sedang ada uang, saat anak ulang tahun, saat anak mendapakan prestasi, baik di sekolah atau prestasi di rumah.

Nah,beberapa hal itu yang biasa saya dan suami terapkan terhadap keinginan anak-anak saat ingin membeli mainan. 

Semoga bermanfaat ya
.


Sunday, February 18, 2018

/ /
Membiasakan Mengkonsumsi Makanan yang Beraneka Ragam
Assalammualaikum Wr. Wb

Keluarganawra.com- Membiasakan Mengkonsumsi Makanan yang Beraneka. Ragam Makanan merupakan faktor yang sangat penting bagi manusia mulai dari bayi hingga orang tua membutuhkan makanan. Makan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia .Tanpa harus diajarkan sejak bayi pun manusia sudah berusaha untuk memenuhi kebutuhannya akan makanan. Pada saat bayi, makanan disuplai oleh ibu bahkan sejak dalam kandungan pun manusia sudah mendapatkan makanan dari sang ibu. Setelah besar dan tumbuh, setiap orang bisa memilih dan memenuhi kebutuhannya sendiri untuk makan. 




Aneka ragam makanan diperlukan karena tidak ada satu jenis makanan di bumi ini yang mengandung semua zat gizi dan zat kesehatan lainnya yang dibutuhkan badan, kecuali ASI.  Kebiasaan ini harus ditanamkan sejak kecil, setelah usia 6 bulan, bayi tidak hanya membutuhkan ASI saja. 

Bayi membutuhkan makanan tambahan dalam bentuk lunak. Bahan makanan tersebut dapat dibuat dari berbagai bahan yang bervariasi. Agar bayi mengenal macam-macam rasa makanan. 

Anak-anak saya mulai mengenal berbagai macam jenis sayuran dan bahan makanan sejak setelah lepas ASI Full, sekitar usia enam bulan ke atas. Mulai dari nasi tim, halus, kasar, menu tunggal dan lain sebagainya. 



Nawra dan adik-adiknya sangat menyukai makan makanan seperti rebus jagung, pisang, ubi , kacang. Istilah kata orang sekarang makanan kampung, hihihi. 

Namun Alhamdulillah, semua anak saya sangat menyukai. Apalagi unuk ubi singkong, kami memang menanam ubi tersebut di perkarangan rumah. Jadi sering juga panen dari hasil kebun sendiri. Kalo pun beli, harganya juga tidak terlalu mahal.



Apalagi memang di kota Bengkulu, jenis bahan makanan seperti itu banyak tersedia dan mudah didapatkan. Di warung pun juga banyak yang menjualnya. 

Fungsi Makanan Beragam Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Fungsi makanan selain untuk memenuhi rasa lapar, selain itu makanan berfungsi untuk pertumbuhan, kegiatan kerja dan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Pada ibu hamil dan menyusui makanan sangatlah dibutuhkan baik untuk dirinya sendiri maupun bagi janin atau anaknya. Seiring dengan perubahan fisik pada saat kehamilan, seorang wanita hamil membutuhkan banyak makanan daripada wanita  sehat yang tidak hamil. Begitu juga dengan wanita yang menyusui. 

Wanita menyusui membutuhkan berbagai jenis makanan untuk kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan anak. Terutama pada masa proses ASI Ekslusif dimana seorang anak hanya mendapatkan asupan makanan dari sang ibu saja.

Pada saat hamil dan menyusui metabolisme tubuh meningkat sehingga membutuhkan zat gizi yang banyak dan sehat. Dalam hal ini bukan hanya diperlukan menambah jumlah asupan makanannya tetapi ragam dan kualitas makanannya juga harus lebih beragam dan sehat. Orang-orang sering menyebut masa kehamilan dan menyusui itu adalah masa makan ‘berdua’ sehingga ibu hamil dan menyusui mudah sekali merasakan lapar. Jika seorang ibu yang hamil atau menyusui hanya menambah jumlah porsi makanannya bukan kualitas gizi makanannya. 

Buku saya, beli dong :)
Jika butuh informasi lebih banyak lagi mengenai nutrisi untuk ibu hamil dan menyusui, bisa membeli dan membaca di buku saya yang berjudul Nutrisi Pintar Ibu Hamil dan Menyusui Golongan Darah. Bisa dipilih sesuai dengan golongan darah kamu semua. 

Beli bukunya bisa di semua tokp buku yang ada dan Gramedia di mana saja ya, harganya Rp. 38.000. Semoga buku ini bermanfaat ya, bagi kamu yang sedang hamil dan menyusui.
 
Yang terjadi akan menambah berat badan sang ibu saja. Penambahan berat badan yang berlebihan pada ibu hamil bukanlah sesuatu yang baik, hal ini akan dapat menimbulkan banyak masalah dan dapat berakibat buruk pada perkembangan kehamilan. 

Membiasakan diri mengkonsumsi berbagai jenis makanan adalah suatu kebiasaan yang baik dan sehat. Alasan lainnya karena jumlah dan jenis zat gizi yang terkandung di dalam setiap jenis makanan tersebut berbeda-beda. Dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan , kekurangan zat dari satu makanan dapat dipenuhi oleh makanan yang lainnya.
 

Tuesday, February 13, 2018

/ /
Mengajak Orang Tua Makan Di Luar
Assalammualaikum Wr. Wb

Sejak ibu saya sering ga nafsu makan, saya dan suami sering sekali mengajak beliau untuk makan ke luar. Biasanya sih, setiap wiken. Entah hari sabtu atau ahad. Tapi sering juga di hari lainnya, kalo sedang kalender merah. Sebenarnya mengajak Emak makan di luar bukan otomatis langsung nafsu makannya jadi bertambah sih, meski hampir selalu habis makanannya. 

Akan tetapi juga lebih dari sekedar makan, kami ingin selalu melibatkan orang tua dalam kegiatan bahagis kami, lalu mmebuat anak-anak semkain dekat dengan neneknya. Ya, saat ini anak-anak kami hanya punya satu orang nenek saja, kedua orang tua dari pihak suami juga sudah meninggal. Ayah saya juga sudah meninggal. Hanya yang ada emak saya, yaitu nenek anak-anak saya.

Rumah kami dengan rumah Emak letaknya lumayan jauh, oleh karena itu setiap mau mengajak Emak makan. Maka kami menjemputnya terlebih dahulu.

Hayoo, kamu fokus ama pete nya yaaah
Memang ada banyak suka duka mengajak orang tua makan di luar, terlebih lagi di tempat makan tertentu. Alhamdulillah anak-anak, suami dan Emak mempunyai selera makan yang sama. Jadi kami tidak begitu susah untuk mencari tempat makan yang bisa memenuhi semua selera. Baik selera saya dan suami, selera anak-anak dan tentu saja selera orang tua.

Emak saya adalah orang zaman old dan sukanya makanan kampung. Oleh karena itu kalo kami mengajak beliau makan, tentu saja tidak akan cocok kalo diajak makan pizza, hehehe. Ga bakal dimakan, kalo dimakan juga, palingan cuma disentuh sedikit saja. 

Emak saya kelahiran tahun 1945, itu pun sebenarnya kami majukan saja, sebab kata Emak dulu waktu tentara Jepang datang. Dia sudah berusia sekitar empat tahun. Jadi silakan saja dihitung, berapa usia Emak sekarang.

Berikut ini adalah persiapan yang sering saya lakukan jika ingin mengajak emak makan di luar


Pertama, saya tak pernah menjanjikan atau berkata akan mengajak makan. Sebab hal ini pernah membuat Emak bingung. Maklum ya, sudah tua. Jadi suka lupa hari, malah pernah menunggu kami datang. Oleh karena itu jika ingin mengajak Emak makan di luar, kami tinggal menjemput saja.

Kedua, saat menjemput pastikan semua sudah siap dan tinggal berangkat. Agar Emak ga menunggu lama, kami pernah waktu itu ingin datang menjemput Emak. Namun si kakak Nawra kepengen nonton, sedangkan Emak sudah siap. Menunggu Kakak Nawra menyelesaikan film yang ditontonnya membuat Emak kadang ga sabaran. Sering  ngeluh, kapan perginya, Kok lama sekali atau pernah juga bilang, kalo masih lama mengapa harus bersiap cepat-cepat. Oleh karena itu sebaiknya tidak membuat oang tua menunggu

Tiga, Plihlah tempat yang tidak terlalu jauh, kecuali jika ingin mengajak jalan-jalan terlebih dahulu baru makan. Jika ingin mengajak makan, maka sebaiknya langsung menuju lokasi tempat makan.

Empat, Tidak berdiskusi apalagi berdebat panjang soal tempat makan di mana, sebaiknya hal ini sudah ditentukan sebelumnya ketika akan berangkat menjemput Emak. Jika akan berdiskusi, maka lakukan hal tersebut di rumah atau tidak di depan Emak, jadi sebaiknya langsung menuju lokasi saja.

Lima, Pilihlah tempat yang nyaman untuk orang tua. Misalnya tidak banyak turun naik tangga. Jika pun akan ke tempat seperti itu, maka sebaiknya pilihlah tempat yang nyaman. Duduk lesehan lebih baik

Enam, Pilihlah menu makanan yang sesuai dengan selera orang tua dan ramah di lidah orang tua
Emak suka sambal
Nah, dari sekian tips tersebut. Ada hal penting lainnya yang juga harus diperhatikan, saat memesan makanan dan minuman. Sebaiknya tawarkan jenis makanan dan minuman yang ingin orang tua makan dan minum. Tanyakan dengan baik, jenis makanan dan minuman yang dia inginkan. 

Selanjutnya saat makanan datang, maka letakkan makanan dan minuman pesannya di dekat orang tua, beritahu dengan kata lembut, ini pesanan Emak, silakan dimakan. Lalu siapkan atau dekatkan juga smeua peratana makan yang orang tua perlukan. Seperti, sendok dan garfu, tisu, air mineral dan lain sebagainya yang penting untuk mendukung makan. 

Jika, selesai makan, maka sebaiknya tidak usah berlama-lama, maka segera bayar dan tinggalkan tempat tersebut. Kecuali tempat tersebut sangat nyaman dan bisa digunakan untuk duduk santai, anak-anak bermain, maka berilah penjelasan kepada orang tua. Bahwa kita belum akan segera pulang, tetapi menunggu sebentar anak-anak bermain.

Jika, makanannya tidak habis, maka ga usah marah-marah ya! Bantu habisin saja, hehehe. Sayang soalnya bakalan dibayar atau dibungkusin. 

Sejauh ini, sering kami mengajak Emak makan, belum ada masalah yang serius atau membuat kami kapok mengajak Emak. Alhamdulillah, malah anak-anak sering kali mengingatkan jika kami akan pergi makan, maka anak-anak selalu bilang, kita jemput nenek dulu. 

lesehan belih enak
Lalu, apakah setiap makan Emak selalu menghabiskan makanannya. Ada juga sih pernah ga habis, tapi terus minta dibungkusin, hehehe. Tetapi ga begitu sering, kalo Emak memang ingin minta dibungkusin, maka kami akan membeli kembali untuk dibungkus dan dibawa pulang. 

Kalo ga kita yang mengajak ortu makan di luar, lalu siapa lagi ya kan, jadi meski repot , ga bakalan merepotkan, namanya juga orang tua !

Salam 

Monday, February 12, 2018

/ /
Tren Fashion Kacamata Terbaru Rayban yang Holywood Banget
Assalammualaikum Wr. Wb
          
Siapa yang engga tahu dengan salah satu jenis kacamata terbaru gaya ini. Tentunya untuk kamu yang sangat menyukai kacamata gaya tahu nama kacamata ini. Yap! Kacamata Rayban namanya.

Apa kamu sudah tahu kalau ternyata kacamata Rayban ini sudah meluas ke berbagai negara. Bahkan di Indonesia tren fashion bermula dari para aktor dan aktrisnya yang terlebih dahulu memakainya sehingga diikuti juga oleh masyarakat. Melihat idola kesukaannya yang terlihat cocok saat menggunakan rayban ternyata menjadi salah satu faktor mengapa kacamata rayban ini dinikmati dan disukai oleh pengguna kacamata gaya.

Sumber pixabay

Bentuknya dan warnanya yang bermacam-macam membuat kacamata Rayban laku keras baik oleh kalangan atas maupun kalangan bawah.

Dulu kacamata rayban hanya bisa dibeli di optik khusus kacamata namun sekarang kacamata rayban bisa dibeli di banyak tempat kacamata tanpa perlu membelinya di optik.
Kacama Rayban untuk yang aslinya cukup mahal apalagi kalau kamu membelinya di luar negeri tetapi kalau kamu membelinya dari luar negeri pun apalagi.. mahal juga, karena terkena ongkos kirim yang beda negara.

Tren memakai kacamata Rayban tidak hanya booming di Indonesia saja. Karena sebelumnya ternyata booming di Amerika, yaitu oleh para artis dan aktor Holywoodnya.
Berikut para bintang Holywood yang seringkali terlihat sedang memakai kacamata Rayban dibandingkan dengan kacamata lainnya

Wah bahkan Katy Perry pun sedang memakai kacamata Rayban ini, ia seringkali memakai kacamata Rayban berwarna hitam dengan frame hitam juga loh. Selain terlihat modis tapi juga cocok disesuaikan dengan outfit manapun. Mau rambutnya digerai atau diikat juga cocok kok saat memakai kacamata Rayban ini.

Walaupun kacamata Rayban yang tentunya dimiliki oleh Katy Perry bermacam-macam tetapi lebih sering memakai kacamata Rayban model ini loh.


Sumber pixabay
                                             
Selain Katy Perry yang memakai kacamata Rayban berwarna hitam tadi ternyata penyanyi “We Are Never Getting Back Together” tersebut juga senang memakainya.

Taylor pun seringkali menyesuaikan aksesoris kacamata Rayban ini dengan memakai dress yang kalem warnanya sehingga terlihat santai saat berjalan-jalan. Kacamata Rayban juga melindungi Taylor dari paparan sinar matahari agar tidak silau saat berjalan-jalan juga kacamata ini membuat Taylor Swift terlihat keren.

Nah kali ini, akan dibahas kacamata Rayban yang seringkali dipakai oleh aktor Holywood
Ada yang tahu siapa nama aktor tampan ini? Yap! Betul sekali!

Namanya adalah Zac Efron. Zack Efron ialah aktor yang mulai terkenal berawal dari memainkan drama musikal yang berjudul High School Musical yang dipasangkan dengan Vanessa Hudghens.

Baik saat di lokasi syuting ataupun di waktu senggang, seringkali Zac terlihat selalu menggunakan kacamata Rayban yang satu ini. Kacama ini membuat Zac tampil lebih ganteng.

Sudah keren lalu memakai kacamata Rayban.. duh semakin tampan saja ya Zac Efron.
Masih ingat dengan Johnny Deep? Dia juga terkenal dalam film Pirates Of The Caribean sebagai Jack of Sparrow.


sumber pixabay

Ternyata Johnny Deep suka memakai kacamata Rayban yang modelnya seperti ini nih dengan gagang kacamatanya yang tidak terlalu tebal tetapi masih terkesan vintage.

Johnny Deep saat masih muda memang lebih sering terlihat selalu memakai kacamata ini dibandingkan dengan yang sekarang memakai kacamata yang biasanya.

Nah, gimana nih kacamata terbarunya ? Semakin keren ya kalau dipakai artis dan aktor Holywood tersebut? Tetapi tidak menutupi kemungkinan kamu bisa lebeh kece dari mereka.

Sunday, February 11, 2018

/ /
Mencoba Bisnis Nasi Goreng Sambal Tempoyak

Assalammualaikum Wr.Wb 


Makin hari makin banyak ya, aneka kuliner yang menjual rasa sambal di menu utama jualannya. Kita sebut saja ada menu sambal Jontor, sambal Petir, sambal Mercon, Sambal Pedas Mampus, Sambal dan sambal banyak lagi. Saya dan suami kadang juga tergiur untuk mampir karena melihat nama sambal yang dipajang di merek dagangannya atau ketika melihat daftar menu, jadi tertarik untuk mencoba mencicipi.

Jadi sejak banyak bermunculan menu sambal dengan aneka nama dan rasa. Saya dan suami jadi rajin juga untuk makan di luar. Minimal sekali pas wiken. Hari Sabtu atau Ahad. Kami sering berburu restoran atau kedai makan yang menyajikan aneka menu sambal yang unik dan terkini.

Nasi goreng itu disukai semua kalangan
Saking seringnya makan dan mencicipi menu aneka sambal. Sampai akhirnya suami tergiur juga untuk mencoba berbisnis kuliner yang mengandalkan rasa sambal ini. Kami pun mencoba membuat riset kecil-kecilan mengenai bisnis kuliner yang akan kami coba.

Salah satu yang harus juga dipersiapkan untuk memulai bisnis ini adalah modal yang cukup. Paling ga, kami harus menyiapkan modal awal sebesar dua puluh juta rupiah.

Uang tersebut secara garis besar akan dipergunakan untuk 1) Sewa tempat usaha 2) Membeli peralatan dan perlengkapan masak 3) Membeli peralatan dan perlengkapan makan 4) Membeli bahan baku 5) Biaya desain ruangan dan pernak-pernik 6) Biaya tak terduga


Untuk mendapatkan modal tersebut ada banyak cara yang bisa kami lakukan untuk mendapatkannya. Bisa dengan mengajukan pinjaman dana pinjaman dana tunai 20 juta ke lembaga keuangan, seperti bank. Mengajukan pinjaman pinjaman dana tunai 20 juta kepada koperasi. Atau bisa juga dengan mengajukan pinjaman pinjaman dana tunai 20 juta di tunaiku. 


Nasi uduk campur sayur asem, enak juga

Nah, untuk mengajukan pinjaman dana tunai 20 juta di tunaiku itu, saya dan suami belum begitu paham. Soalnya kami juga baru tahu. Itu pun kami ketahui dari penjelasan teman. Menurut informasi yang dia sampaikan untuk ajuan pinjaman dana tunai 20 juta di tunaiku, sangatlah mudah dan proses pinjam dananya cepat tanpa syarat.  Menarik ya. Apalagi tanpa syarat, itu seperti solusi yang diperlukan oleh banyak orang yang baru akan memulai bisnis. 

Sudah pada tahu ya, kalo mau mengajukan pinjaman dana untuk usaha. Meski katanya untuk usaha menengah ke bawah, dengan angsuran yang murah dan proses yang mudah. Tetap saja untuk urusana administrasi dan syarat tetap saja ribet. 

Banyak juga syarat surat yang harus diurus dan dilampirkan dalam ajuan pinjaman dana tersebut. Misalnya kita sebut saja, jika akan mengajukan pinjaman dana ke bank dengan angsuran yang murah itu. Syarat pertama yang harus diurus dan dibuat adalah surat keterangan punya usaha dari kantor Kelurahan. 

Untuk mengurus surat ini, terlebih dahulu. Kita harus mengajukan atau mengambil surat pengantar dari Ketua RT. Baru setelah mempunyai surat pengantar tersebut kita bisa mengajukan surat keterangan usaha di kelurahan.


Asam sambal ini ada rasa duriannya, meski sedikit
Meski bisa diurusi, membuat surat ini paling tidak menghabiskan setengah hari loh, urusan dengan pemerintahan meski cuma tingkat kelurahan, tetap saja ada birokrasinya.  Ibarat kata ada prosedurnya. 

Bagi yang mau cepat dan yang ga suka dengan kerumitan seperti ini, tentu saja proses ini dianggap lumayan bikin susah dan ribet.


Lalu ada solusi bisa mendapatkan pinjaman dana tunai 20 juta di tunaiku dengan cepat dan tanpa syarat tentu saja banyak yang penasaran dan ingin mengetahui lebih jauh lagi sampai akhirnya ingin mencoba dan mengajukan pinjaman.


Nanti kita coba untuk mengajukan pinjaman dana tunai 20 juta di tunaiku di sana ya!
Balik lagi dulu ya dengan usaha kuliner yang akan saya dan suami jalankan. Jadi kami mau mencoba menjual nasi goring dengan sambal Tempoyak. Sambal Tempoyak itu sambal yang berbahan durian. Nah, kali ini saya dan suami ingin membuat sambal Tempoyak dengan level pedas yang bermacam-macam. Istilah orang sekarang ada levelnya.


Selain soal rasa, tempa makan yang unik selalu jadi incaran
Paduan sambal Tempoyak ini adalah nasi goreng dengan aneka rasa, jika dipadukan dengan sambal Tempoyak akan membuat cita rasa yang sangat berbeda. Coba bayangkan saja deh, hihihi.

Kalo penasaran, tunggu saja ya. Usaha Kuliner Nasi Goreng Sambal Tempoyak kami dilaunching ya. Nanti silakan dicicipi sampai puas dan kenyang. Supaya ga penasaran. Doain aja ya semoga semuanya berjalan lancar jaya. Aamiin
Sampai jumpa !
Powered by Blogger.