Menu

Postingan Paling Kece

Vitamin Anak yang Penting untuk Tumbuh Kembangnya

Tuesday, February 13, 2018

/
Assalammualaikum Wr. Wb

Sejak ibu saya sering ga nafsu makan, saya dan suami sering sekali mengajak beliau untuk makan ke luar. Biasanya sih, setiap wiken. Entah hari sabtu atau ahad. Tapi sering juga di hari lainnya, kalo sedang kalender merah. Sebenarnya mengajak Emak makan di luar bukan otomatis langsung nafsu makannya jadi bertambah sih, meski hampir selalu habis makanannya. 

Akan tetapi juga lebih dari sekedar makan, kami ingin selalu melibatkan orang tua dalam kegiatan bahagis kami, lalu mmebuat anak-anak semkain dekat dengan neneknya. Ya, saat ini anak-anak kami hanya punya satu orang nenek saja, kedua orang tua dari pihak suami juga sudah meninggal. Ayah saya juga sudah meninggal. Hanya yang ada emak saya, yaitu nenek anak-anak saya.

Rumah kami dengan rumah Emak letaknya lumayan jauh, oleh karena itu setiap mau mengajak Emak makan. Maka kami menjemputnya terlebih dahulu.

Hayoo, kamu fokus ama pete nya yaaah
Memang ada banyak suka duka mengajak orang tua makan di luar, terlebih lagi di tempat makan tertentu. Alhamdulillah anak-anak, suami dan Emak mempunyai selera makan yang sama. Jadi kami tidak begitu susah untuk mencari tempat makan yang bisa memenuhi semua selera. Baik selera saya dan suami, selera anak-anak dan tentu saja selera orang tua.

Emak saya adalah orang zaman old dan sukanya makanan kampung. Oleh karena itu kalo kami mengajak beliau makan, tentu saja tidak akan cocok kalo diajak makan pizza, hehehe. Ga bakal dimakan, kalo dimakan juga, palingan cuma disentuh sedikit saja. 

Emak saya kelahiran tahun 1945, itu pun sebenarnya kami majukan saja, sebab kata Emak dulu waktu tentara Jepang datang. Dia sudah berusia sekitar empat tahun. Jadi silakan saja dihitung, berapa usia Emak sekarang.

Berikut ini adalah persiapan yang sering saya lakukan jika ingin mengajak emak makan di luar


Pertama, saya tak pernah menjanjikan atau berkata akan mengajak makan. Sebab hal ini pernah membuat Emak bingung. Maklum ya, sudah tua. Jadi suka lupa hari, malah pernah menunggu kami datang. Oleh karena itu jika ingin mengajak Emak makan di luar, kami tinggal menjemput saja.

Kedua, saat menjemput pastikan semua sudah siap dan tinggal berangkat. Agar Emak ga menunggu lama, kami pernah waktu itu ingin datang menjemput Emak. Namun si kakak Nawra kepengen nonton, sedangkan Emak sudah siap. Menunggu Kakak Nawra menyelesaikan film yang ditontonnya membuat Emak kadang ga sabaran. Sering  ngeluh, kapan perginya, Kok lama sekali atau pernah juga bilang, kalo masih lama mengapa harus bersiap cepat-cepat. Oleh karena itu sebaiknya tidak membuat oang tua menunggu

Tiga, Plihlah tempat yang tidak terlalu jauh, kecuali jika ingin mengajak jalan-jalan terlebih dahulu baru makan. Jika ingin mengajak makan, maka sebaiknya langsung menuju lokasi tempat makan.

Empat, Tidak berdiskusi apalagi berdebat panjang soal tempat makan di mana, sebaiknya hal ini sudah ditentukan sebelumnya ketika akan berangkat menjemput Emak. Jika akan berdiskusi, maka lakukan hal tersebut di rumah atau tidak di depan Emak, jadi sebaiknya langsung menuju lokasi saja.

Lima, Pilihlah tempat yang nyaman untuk orang tua. Misalnya tidak banyak turun naik tangga. Jika pun akan ke tempat seperti itu, maka sebaiknya pilihlah tempat yang nyaman. Duduk lesehan lebih baik

Enam, Pilihlah menu makanan yang sesuai dengan selera orang tua dan ramah di lidah orang tua
Emak suka sambal
Nah, dari sekian tips tersebut. Ada hal penting lainnya yang juga harus diperhatikan, saat memesan makanan dan minuman. Sebaiknya tawarkan jenis makanan dan minuman yang ingin orang tua makan dan minum. Tanyakan dengan baik, jenis makanan dan minuman yang dia inginkan. 

Selanjutnya saat makanan datang, maka letakkan makanan dan minuman pesannya di dekat orang tua, beritahu dengan kata lembut, ini pesanan Emak, silakan dimakan. Lalu siapkan atau dekatkan juga smeua peratana makan yang orang tua perlukan. Seperti, sendok dan garfu, tisu, air mineral dan lain sebagainya yang penting untuk mendukung makan. 

Jika, selesai makan, maka sebaiknya tidak usah berlama-lama, maka segera bayar dan tinggalkan tempat tersebut. Kecuali tempat tersebut sangat nyaman dan bisa digunakan untuk duduk santai, anak-anak bermain, maka berilah penjelasan kepada orang tua. Bahwa kita belum akan segera pulang, tetapi menunggu sebentar anak-anak bermain.

Jika, makanannya tidak habis, maka ga usah marah-marah ya! Bantu habisin saja, hehehe. Sayang soalnya bakalan dibayar atau dibungkusin. 

Sejauh ini, sering kami mengajak Emak makan, belum ada masalah yang serius atau membuat kami kapok mengajak Emak. Alhamdulillah, malah anak-anak sering kali mengingatkan jika kami akan pergi makan, maka anak-anak selalu bilang, kita jemput nenek dulu. 

lesehan belih enak
Lalu, apakah setiap makan Emak selalu menghabiskan makanannya. Ada juga sih pernah ga habis, tapi terus minta dibungkusin, hehehe. Tetapi ga begitu sering, kalo Emak memang ingin minta dibungkusin, maka kami akan membeli kembali untuk dibungkus dan dibawa pulang. 

Kalo ga kita yang mengajak ortu makan di luar, lalu siapa lagi ya kan, jadi meski repot , ga bakalan merepotkan, namanya juga orang tua !

Salam 

14 comments

Sehat selalu yaa mamanya mba milda aamiin..

Reply

Betul ya mbak.. buat menyenangkan orang tua kita sekaligus mempererat silaturrahmi.

Reply

saya juga, mbak biasanya mengusahakan 1 bulan sekali mengajak ibu makan di luar. kebetulan kami masih tinggal di rumah yang sama jadi kalau mau makan di luar tinggal cuss. he

Reply

Hihi, saya jadi kepingin ngajak emak saya makan di luar Mbak.

Reply

Orang tua kadang suka kayak anak kecil, lucu kalau diajak makan di luar. Hehe.

Reply

senangnya masih bisa ajakin ortu makan bareng mba hehehe...aku sih bisanya kalau sama mertua ngundang ke rumah aja langsung makannya botram di rumah :D

Reply

membahagiakan orang tua pastinya

Reply

Jadi terinspirasi buat ngajak orangtuaku dan orangtuanya makan bareng. hahaha derita mblo nih mba Milda. Numpang curhat :)

Reply

Nenek Nawra nih asyik banget yak sering diajak jejalan sama anak cucu, masa tua yang membahagiakan.. sehat terus ya nenek Nawra ^^

Reply

aku kapan ya bisa ngajak umi sama abah makan enak diluar :'( Semoga rizkinya lancar dan suatu saat bisa ngajak beliau serta adik-adik makan enak diluar...

Reply

MasyaAllah... Jadi ingin ikut makan

Reply

Alhamdulillah masih ada kesempatan menyenangkan hati ortu, semoga berkah dan terus menularkan sikap kebaikan berbakti pada ortu kepada anak-anak.

Reply

menyenangkan orang tua tidak perlu hal yang istimewa ya mbak. Ngajak ortu makan dluar sudah bisa membuat hari ortu senang

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.