Menu

Monday, July 20, 2020

/
Beberapa Manfaat Menggunakan Layanan Paliatif Onkologi di Rumah

Bagi seseorang yang divonis menderita penyakit kronis dan memang sudah sangat jauh dari kesembuhan, bukan berarti harus menyerah begitu saja akan takdirnya tersebut. Karena tetap harus menjalani pengobatan agar nantinya kualitas hidup mereka juga tetap meningkat. 

Salah satu di antaranya adalah penyakit kanker, memang sudah bukan rahasia lagi jika seandainya kanker ini menjadi salah satu momok yang begitu menakutkan. Penyakit yang memang sudah menelan banyak korban ini semakin lama semakin banyak diderita oleh masyarakat, apalagi dengan latar belakang gaya hidup tidak sehat. Berbagai bentuk pengobatan dilakukan, termasuk diantaranya adalah dengan layanan paliatif onkologi di rumah.
 

Banyak mungkin yang asing dengan bentuk pengobatan yang satu ini. Perawatan paliatif ini sendiri pada dasarnya memiliki tujuan yang agak berbeda dibandingkan dengan jenis perawatan yang lainnya, karena bukan sekedar kesembuhan secara fisik, melainkan juga mental dari penderitanya. Banyak sekali memang kasus dimana seorang pasien penyakit kronis yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya atau mengalami depresi karena penyakit tersebut tak kunjung sembuh. Hal ini tentunya bukan sesuatu yang baik untuk dilakukan.

Depresi ini sendiri juga sangatlah rawan membuat kondisi kesehatan semakin memburuk. Adanya perawatan paliatif onkologi  ini nyatanya memberikan banyak sekali manfaat, diantaranya adalah:

Mengurangi gangguan fisik penderitanya, nafsu makan yang menurun, sering mengalami rasa sakit perut, susah tidur dan sejenisnya memang termasuk kondisi yang cukup sering dialami oleh pasien dari kanker, apalagi yang sudah ada di stadium akhir. Setidaknya dengan adanya perawatan yang satu ini akan membantu untuk mengurangi gangguan secara fisik yang dirasakan oleh pasien. Akan tahu bagaimana teknik atau metode-metode terbaik untuk mengatasi gejala-gejala tersebut.


Mencegah gangguan emosi dan juga sosial, kondisi yang nyatanya paling sering terjadi ketika terkena penyakit kronis adalah gangguan secara emosional, depresi dan stres adalah hal yang kerap dirasakan oleh pasiennya. Dengan adanya konseling atau perawatan paliatif ini paling tidak akan sedikit meringankan beban yang diterima tersebut. Membuat Anda nantinya juga akan jauh lebih tenang dan mengurangi gangguan emosi dan juga sosial.

Mengatasi dampak secara finansial, biaya yang harus dikeluarkan untuk menjalani pengobatan penyakit kronis ini memang tidak bisa dikatakan kecil, melainkan cukup besar apalagi sifatnya juga berkelanjutan. Jadi hal ini nantinya juga akan memperburuk kondisi keuangan, apalagi jika seandainya Anda juga sudah tidak lagi bekerja. Seorang tenaga paliatif ini nantinya juga akan memberikan konseling terkait dengan keuangan tersebut agar tidak semakin memburuk.


Masalah spiritual, orang-orang yang sudah terserang penyakit berbahaya, tak jarang di antaranya yang akan mencari kedamaian dan juga ketenangan, sehingga beribadah juga lebih giat. Nantinya tim perawat juga akan membantu untuk menemukan kedamaian tersebut, umumnya juga dengan melibatkan tokoh dari masing-masing pemuka agama yang sudah dipercayai untuk memberikan motivasi kepada penderitanya.

Ada banyak sekali bukan manfaat yang dirasakan, meskipun penyakit kanker yang diderita sudah kronis, namun sebenarnya tidak menutup kemungkinan untuk sembuh. Meskipun prosentasenya juga sangat kecil. Pastikan juga bahwa kualitas hidup Anda juga tetap baik dalam kondisi semacam ini dengan perawatan paliatif tersebut. Layanan paliatif onkologi di rumah ini sekarang juga sudah semakin banyak. Salah satu diantaranya adalah bisa Anda temukan lewat Aido Health, langsung cari tenaga perawat terbaiknya di sana.



Sumber gambar Unsplash
49 comments

Lengkap juga layanan Aido Health ini ya, Mbak. Bahkan ada layanan paliatif onkologi di rumah juga. Pasti membantu banget untuk penderita penyakit kronis dan keluarganya.

Reply

Ketika vonis penyakit mematikan seperti kanker sudah jatuh, hampir semua orang menganggap hidupnya sudah ditakar. Sekalipun umur manusia gak ada yang tahu, dengan vonis sepertinya hari kematian sudah bisa ditebak. Makanya gak heran beberapa orang jadi depresi. Bersyukur ada yang bisa mendampingi di saat-saat sulit seperti ini ya Mbak

Reply

pasien yag terkena penyakit kronis memang rawan depresi ya, selain mikirin pengobatan juag biaya pastinya. Baru tau aku tentang layanan laliatif onkologi rumah model ini

Reply

Tumben dengar nih tentang Aido Health. Ternyata bermanfaat juga yaa layanan perawatannya. Salah satunya yaa layanan paliatif onkologi yang bisa dilakukan di rumah ini.

Reply

Wah baru tahu aku tentang layanan paliatif onkologi ini mba. Aido health ini mencakup daerah mana aja mba?

Trus untuk biaya tergantung kebutuhan atau gmn?

Reply

Berawal dari depresi yah padahal, berlanjut ke penyakit kronis lainnyaz serem juga nih klo tidak ditangani secara cepat dan tepat.

Reply

Wah, baru tahu nih soal layanan paliatif onkologi. Ini termasuk ke dalam layanan medis juga ya berarti. Tapi memang betul ya, pasien yang mengalami penyakit kritis apalagi sudah divonis hanya sanggup bertahan sekian lama, pasti mentalnya jatuh banget. Sudahlah merasakan sakit, pakai tambahan bakalan meninggal segala pula.

Ini sifatnya seperti asisten pribadi gitu nggak, sih? Hihihi ... Aku beneran penasaran. Terus, SDM-nya sendiri lulusan apa? Apakah dari kedokteran atau keperawatan gitu?

Reply

wah bisa konsultasi masalah keuangan juga selain masalah kesehatan. Saya baru tahu tentang layanan paliatif onkologi ini. Jadi walau di rumah tetap dapat perawatan secara fisik dan juga pendampingan untuk menjaga kesehatan mentalnya juga ya

Reply

Layanan kesehatan di rumah emang lebih nyaman sih ya...gak perlu antri dan berbaur dengan pasirn lainnya..

Reply

Bisa banget ya layanan paliatif onkologi tersebut menjadi pertolongan pertama bagi orang yang memiliki penyakit kronis ya.

Reply

ooh layanan paliatif onkologi ada di Aido Health ya. Sangat mengakomodir pasiennya dalam hal spiritual. Keren.

Reply

Selain memperbaiki pola makan dan pola hidup, dukungan keluarga dan menjaga emosi dan pikiran agar positif memang memiliki peran penting untuk sembuh dari sakit, bahkan dari penyakit kanker. Salah satu teman kuliah, ibu adalah penyitas kanker dan survivor kanker, sudah lebih dari 15 tahun sejak beliau di vonis kanker dan hingga saat ini masih bisa beraktiftas normal.

Reply

dunia medis memang penuh dengan istilah unik ya mbak, belum lagi hapal dengan istilah-istilah di cov 19 eh aku baca tulisan ini nemu istilah baru lagi "paliatif onkologi" :D

Reply

Betul sekali, orang sakit itu enggak secara fisik saja yang harus diobati atau dirawat, tapi psikisnya juga. Apalagi jika penyakit kanker, ya.
Makasih Mbak sharingnya tentang layanan paliatif onkologi di rumah :)

Reply

Berarti untuk bisa menggunakan layanan ini harus daftar melalui RS atau ada lembaga kesehatan tersendiri ya Mbak? Menarik nih, kaena bisa dilakukan dari rumah

Reply

Baru denger emang aku metode tersebut mbak. Aku kalau membicarakan metode penyembuhan kanker cukup tertarik sih, soalnya penyakit ini cukup sulit disembuhkan. Harapannya akan ada pengembangan yang lbh luas utk metode tersebut, dari segi biaya dan kemudahan :)

Reply

Membayangkan penyakit ini, kadang bikin merinding. Berdoanya, semoga selalu diberikan kesehatan dan kebaikan dalam setiap langkah. Aamiin

Reply

Masih ngerasa asing sih dnegan istilah paliatif onkologi ini. Untung artikel ini bisa kasih penjelasan. Perawatan kayak gini sepertinya butuh biaya besar ya.

Reply

Mba Milda, aku malah baru tau ada jasa dan layanan ini. dan ini benar benar membantu orang dengan penyakit yang sudah parah dari berbagai sisi ya mba, cuma kayaknya belum banyak yang tau ya Mba

Reply

Baru tau kalau ada layanan paliatif, kak.
Tapi memang terasa sekali yaa...kalau sakit ini pikiran pasti rudet kemana-mana.
Jika ada yang membantu meringankan dan membuat saluran-saluran emosi, pasti akan lebih nyaman.

Reply

Waah baru tahu istilah paliatif onkologi. Dan baru tau juga layanan ini bisa dilakukan di rumah.

Reply

Wah baru tau Mak kalau ternyata ada layanan ini. Cocok banget dengan kondisi saat ini yang mengharuskan kita lebih sering di rumah.

Reply

Hopefully all is fine ya mba. Semoga seht selalu dan menjadi bahagia

Reply

Bener banget.. seseorang yg sdh mengidap penyakit kronis memang butuh support lebih. Bukan hanya dari medis tp mental nya jg ya. Alhamdulillah twrbyata skrg ada support systen yg apt ini. Jadi pasien jg merasa twrbantu ya..

Reply

Semuanya kembali pada keyakinan dan usaha untuk sembuh ya Mbak
Karena sekarang semua media sudah ada

Reply

baru tau saya mbak tentang Onkologi ini. dari sini saya jadi lebih semangat lagi buat hidup sehat. terlebih mengatur pola makan, istirahat apa lagi olahraga.

Reply

Perlu banget memperhatikan kualitas hidup ya ketika sakit atau untuk menjaga kesehatan.

Reply

Selama ini sering mendengar onologi tapi nggak pernah tahu ini apa. Nah, ternyata ada baru juga nih yang namanya paliatif onkologi. Baru dengar sih tepatnya, hihihi ...

Memang benar ya, selain dukungan medis, dukungan spiritual juga sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang mengalami masalah kesehatan. Bagaimananapun, pikiran harus tetap dalam keadaan positif agar semangat untuk sembuh terus tumbuh.

Reply

Wah ini support yang sangat di butuhkan oleh penderita agar lebih survive dan semangat dalam pengobatan ya mbak.

Reply

baRU KALi ini juga mendengar istilah paliatif onkologi. Pasti perawatn dan pelayanan yang sangat dibutuhkan bagi penderita kanker untuk support kesembuhannya

Reply

Saking parahnya, penyakit ini adalah jenis penyakit yang paling sering muncul di film/sinetron Indonesia, untuk kebutuhan dramatik cerita.

Reply

Terima kasih artikelnya jadi lebih paham tentang layanan ini karena saya awalnya agak bingung dengan beberapa istilah

Reply

Kalau Tuhan sudah berkehendak, apa yg menurut kita tidak mungkin, bisa saja terjadi dengan sendirinya atas kehendak Nya, ya.

Sehat selalu semuanya...

Reply

Tetap semangat juga merupakan kunci kesembuhan. Semoga kita semua diberikan kesehatan yaa. Aamiin

Reply

aku yang suka nonton series tentang dokter jadi tau loh paliatif itu apa, dan ada tuh di satu sesi diceritain si kepala RS tuh cari cara utk pertahanin unit pengobatan paliatif gitu utk pasien2nya

Reply

Aido health ini memang keren ya, sangan membantu buat layanan kesehatan tapi tetap di rumah saja hehe

Reply

Solusi banget ini sebagai bentuk dukungan positif agar bisa terus semangat melawan penyakit

Reply

Depresi memperparah kondisi pasien ya. Mungkin itu sebabnya orang yang tahu dirinya sakit kanker, kondisinya sering cepat menurun karena dia tau. Duh, semoga kita semua selalu sehat ya.

Reply

Makasi ya mba buat penjelasannya terkait onkologi

Reply

sistem nya gmn ya mba layanan paliatif onkologi ini? kok jadi penasaran aku.

Reply

Wah, udah banyak ya sekarang layanan paliatif onkologi yang bisa dilakukan di rumah? Keren. Pastinya ini akan sangat berarti buat pasien. Supaya kualitas kehidupannya menjadi lebih baik. Semoga banyak yang mendapatkan manfaat layanan ini.

Reply

Kalau punya penyakit kronis memang harus selalu bisa menghalau sedih ya Mbak. Biasanya mereka akan lebih ke spriritual, memang. Menemukan kedamaian hati.
Dan... Anehnya, banyak yang malah awet sehingga menjadi penutup keluarga. Saya menemukan beberapa yang begitu. Yang sakit malah menyaksikan satu per satu keluarga meninggal karena tua baru ia berpulang menyusul mereka

Reply

Pengetahuan baru buat saya soal paliatif onkologi
Makasih kak
Semiga kita semua ga ada yg kena kanker

Reply

aido health ini membantu banget ya mba. setidaknya untuk yang memiliki penyakit berat dan belum bisa ke RS, bisa sangat membantu banget. apalagi untuk layanan paliatif onkologi ini. wah makasih sharingnya mba.

Reply

Zaman sudah semakin canggih dan inovatif, sehingga yang sakit pun dapat sedikit lebih tenang, toh memang orang sakit butuh ketenangan.

Reply

Aku baru tau ttg treatment paliatif onkologi ini. Thanks infonya ya

Reply

Layanan Paliatif Onkologi bagus ya mb buat pasien agar lebih tenang dlm pengobatan penyakitnya. Saya bru thu ada metode atau layanan ini. Bermanfaat bnget ya..

Reply

Ternyata paliatif onkologipun sudah dapat diakses dr rumah ya denhan layanan Aido, sudah semakin memudahkan apalagi bagi yg sangat ingin menjaga kesehatan dan dan kenyamaann saat ini

Reply

Aido helath bisa jadi solusi perawatan kesehatan di rumah. Lengkap jg ya perawatannya abis aku baca reviewnya kak

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.