Menu

Monday, July 20, 2020

/
Beberapa Manfaat Menggunakan Layanan Paliatif Onkologi di Rumah

Bagi seseorang yang divonis menderita penyakit kronis dan memang sudah sangat jauh dari kesembuhan, bukan berarti harus menyerah begitu saja akan takdirnya tersebut. Karena tetap harus menjalani pengobatan agar nantinya kualitas hidup mereka juga tetap meningkat. 

Salah satu di antaranya adalah penyakit kanker, memang sudah bukan rahasia lagi jika seandainya kanker ini menjadi salah satu momok yang begitu menakutkan. Penyakit yang memang sudah menelan banyak korban ini semakin lama semakin banyak diderita oleh masyarakat, apalagi dengan latar belakang gaya hidup tidak sehat. Berbagai bentuk pengobatan dilakukan, termasuk diantaranya adalah dengan layanan paliatif onkologi di rumah.
 

Banyak mungkin yang asing dengan bentuk pengobatan yang satu ini. Perawatan paliatif ini sendiri pada dasarnya memiliki tujuan yang agak berbeda dibandingkan dengan jenis perawatan yang lainnya, karena bukan sekedar kesembuhan secara fisik, melainkan juga mental dari penderitanya. Banyak sekali memang kasus dimana seorang pasien penyakit kronis yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya atau mengalami depresi karena penyakit tersebut tak kunjung sembuh. Hal ini tentunya bukan sesuatu yang baik untuk dilakukan.

Depresi ini sendiri juga sangatlah rawan membuat kondisi kesehatan semakin memburuk. Adanya perawatan paliatif onkologi  ini nyatanya memberikan banyak sekali manfaat, diantaranya adalah:

Mengurangi gangguan fisik penderitanya, nafsu makan yang menurun, sering mengalami rasa sakit perut, susah tidur dan sejenisnya memang termasuk kondisi yang cukup sering dialami oleh pasien dari kanker, apalagi yang sudah ada di stadium akhir. Setidaknya dengan adanya perawatan yang satu ini akan membantu untuk mengurangi gangguan secara fisik yang dirasakan oleh pasien. Akan tahu bagaimana teknik atau metode-metode terbaik untuk mengatasi gejala-gejala tersebut.


Mencegah gangguan emosi dan juga sosial, kondisi yang nyatanya paling sering terjadi ketika terkena penyakit kronis adalah gangguan secara emosional, depresi dan stres adalah hal yang kerap dirasakan oleh pasiennya. Dengan adanya konseling atau perawatan paliatif ini paling tidak akan sedikit meringankan beban yang diterima tersebut. Membuat Anda nantinya juga akan jauh lebih tenang dan mengurangi gangguan emosi dan juga sosial.

Mengatasi dampak secara finansial, biaya yang harus dikeluarkan untuk menjalani pengobatan penyakit kronis ini memang tidak bisa dikatakan kecil, melainkan cukup besar apalagi sifatnya juga berkelanjutan. Jadi hal ini nantinya juga akan memperburuk kondisi keuangan, apalagi jika seandainya Anda juga sudah tidak lagi bekerja. Seorang tenaga paliatif ini nantinya juga akan memberikan konseling terkait dengan keuangan tersebut agar tidak semakin memburuk.


Masalah spiritual, orang-orang yang sudah terserang penyakit berbahaya, tak jarang di antaranya yang akan mencari kedamaian dan juga ketenangan, sehingga beribadah juga lebih giat. Nantinya tim perawat juga akan membantu untuk menemukan kedamaian tersebut, umumnya juga dengan melibatkan tokoh dari masing-masing pemuka agama yang sudah dipercayai untuk memberikan motivasi kepada penderitanya.

Ada banyak sekali bukan manfaat yang dirasakan, meskipun penyakit kanker yang diderita sudah kronis, namun sebenarnya tidak menutup kemungkinan untuk sembuh. Meskipun prosentasenya juga sangat kecil. Pastikan juga bahwa kualitas hidup Anda juga tetap baik dalam kondisi semacam ini dengan perawatan paliatif tersebut. Layanan paliatif onkologi di rumah ini sekarang juga sudah semakin banyak. Salah satu diantaranya adalah bisa Anda temukan lewat Aido Health, langsung cari tenaga perawat terbaiknya di sana.



Sumber gambar Unsplash

Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.