Menu

Thursday, July 2, 2020

/
Tomyan Kaldu Kepiting 


Assalammualaikum.Wr.Wb
Hai, apa kabar sahabat Keluarga Nawra. During the pandemic, pasti banyak yang stay at home dan nyoba jadi pejuang masak atau pejuang dapur. 

Yah, nyobain aneka resep atau bahkan membuat kreasi baru dari sebuah resep. Ngubek-ubek resp juga bisa. Pokoknya, ada aja deh yang dikerjakan di dapur. Sebagian teman-teman bilang. Selama #DirumahAja lebih sering memasak.

Kalo kamu bagaimana? Sering masak jugakah selama di rumah saja?

Nah, kali ini karena di kota Bengkulu harga kepiting sedang murah. Hanya seharga sepuluh ribuan saja perkilonya. Lalu harga baawang putih yang hanya sekitar tiga belas hingga lima belas ribu rupiah perkilonya. Lalu harga cabe merah, terakhir saya beli diharga dua belas ribu rupiah.

Bagaimana? Murah ya! Ditempatmu bagaimana? Berapa harga ketiga produk yang saya sebutkan tadi.


Tomyan Kaldu Kepiting

Jadi kali ini saya ingin masak ala-ala Tomyan gitu deh, meski ini resep ada juga utak-atiknya. Tidaklah mirip seratus persen dengan resep sebenarnya. Sebab anak-anak saya tidak suka kalo makan makanan yang banyak menggunakan bumbu.

Pilihan masak Tomyan, selain Keluarga Nawr menyukai kuliner berkuah kebetulan saya juga sedang diet santan. Jadi lebih sering masak dengan kuah bening. Tapi bosan juga kan kalo makan  menu dengan kuah bening. Jadi kali ini saya ingin membuat yang berwarna tapi tetap enak.

Bahan-Bahan

Untuk bahan isian Tomyan, bisa beli yang sudah jadi seperti Midea  atau Suki. Tapi saya juga suka menambahkan Tahu Goreng atau Tahu Putih yang sudah direbus terlebih dahulu. Tahunya dipotong kotak-kotak, dengan ukuran kira-kira 1-2 cm.

Siapkan bahan berikut ini 

- Bahan isian Tomyan
- Daun sawi atau Pokcoy secukupnya
- Irisan kecil-kecil 5 siung bawang putih
- Cabe merah giling
- 2 sendok sambal instant atau botol
- Lada satu sendok teh
- Minyak goreng secukupnya
- Garam dan penyedap
- Daun salam, jeruk dan serai

Bahan untuk kuah

- 1500 ml air
- Daun salam, jeruk dan serai
- Beberapa ekor kepiting 3-4 ekor


Cara Memasak

Pertama

Tumis irisan bawang putih dengan minyak goreng sesuai selera. Masukan cabe dan sambal botol. Aduk hingga merata. Lalu setelah itu masukan daun salam, daun  jeruk dan serai.

Kedua

Setelah tercium wangi bumbu-bumbunya, lalu masukan  kepiting. Setelah itu tambahkan  air. Aduk hingga merata. 

Ketiga

Masukan semua isian Tomyan yang telah kita persiapkan tadi. Aduk kembali pelan-pelan. Kemudian masukan juga sayuran yang telah dipotong-potong.

Keempat

Ciciplah kuahnya, lalu masukan garam, penyedap, lada  sesuai selera . Aduk pelan-pelan hingga bumbu merata dan terasa makyus. Cicip juga sayurannya, pakah sudah cukup matang.

Kelima

Sajikan selagi hangat , dan nikmatilah bersama dengan keluarga sembali ngobrol atau hanya sekedar menonton televisi.


Pengalaman penting saya!

Jadi sudah beberapa kali saya membuat menu ini. Dengan resep yang sama, dan rasanya pun tidak berubah. Tetap sama dan enak, laku keras bagi Keluarga Nawra.

Namun, pernah suatu ketika, kebetulan sambal botol saya habis. Jadi waktu itu masaknya tanpa menggunakan sambal botol. Hasil kuahnya jadi tidak terlalu lezat dibandingkan dengan  jika menggunakan sambal botol. Jadi sambal botol ini sangat penting disediakan atau digunakan saat masak menu ini. Sambal botol ini bisa juga diganti dengan sambal instant yang dalam kemasan sachet. Seperti yang sering kita dapatkan jika membeli ayam goreng.

Oke deh, selamat mencoba semoga harimu menyenangkan dan selalu berbahagia. Makanlah makanan sehat denag variasi menu dan cara masak yang akan selalu ingin kamu ulang berulang kali

Salam Sehat
Keluarga Nawra

15 comments

Demi apa kepiting 10rb ya ampunn 😭😭. Ngiler sangat hamba liatnya kakak. Daku kepiting lover, tomyam juga, pas bener paduannya 💗

Reply

bukan sering masak mbak, sering makan! mau ikut sepedaan keburu langka, mana mahal lagi

Reply

Di rumah saya gak pernah masak, seringnya lihat postingan teman yg lagi masak...kadang diposting ala-ala foodreviewer disosmednya, jadi ngiler tiap dipost hehee....

Reply

Yummy.. Tomyam kepitingnya sungguh menggoda.. Trims redepnya ya..izin nyontek. Hehe..

Reply

Wuih kebayang deh segar dan lezatnya hasil dari resep masakan ini, Mbak Milda.

Reply

Amazing sekali, hanya dengan melihat gambar dan membaca resepnya aku mengecap lidah berkali-kali. Padahal simpel ya mbak buatnya, tapi kalau pas males kok ya masakan malah gak kerasa gak pas taste nya.

Reply

Tomyan sama tomyam tuh sama ga sih? Kelihatannya enak, malam2 baca ini jadi ngiler banget hihi

Reply

Uwoooww, kepiting dan tomyam, ide yg menarik.. hhmm.. penasaran nih, masak juga ahh besok.

Reply

Waalaikum salam.. wahh kayaknya menunya menggoda nih... aku udah lama banget gak makan kepiting haha.. karena alergi.. Tapi perlu dicoba sih kali aja udah kebal.. bisa coba resep ini..

Reply

Tomyam aq suka tapi pake kepiting agak ngeri takut kolestrol

Reply

Duh seger banget lihat kuah tomyam kaldu kepitingnya. Aku entah udah berapa lama nggak makan kepiting. Di Bandung mah bukan daerah pantai sih jadi harganya lumayan mahal.

Reply

udah lama banget Aku nggak makan kepiting dan Emang kepiting ini itu rasanya itu bikin nagih aku tapi udah lama nggak makan kayak gini Pengen deh jadinya

Reply

Ternyata bikinnya cukup mudah ya. Nggak seribet bayangan saya. Kalau di restoran kan kita tinggal santap. Huwaa akapan kapan mau coba ah bikin. Makasih resepnya

Reply

Kalau dengan variasi menu bikin SemangatCiee menyantapnya apalagi lezat dan kaya nutrisi ya Bunda

Reply

Yang paling aku suka dari bumbu tomyam itu kuahnya kak, racikan kuah ini yang jadi faktor utama dan kalau bumbunya udah pas isiannya enak banget pastinya maksih tipsnya kak

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.