Menu

Friday, June 19, 2020

/
Berapa Biaya Rapid Test

Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar Sahabat Keluarga Nawra, sekarang  kita sudah masuk tahapan kehidupan yang baru. Kebiasaan baru yang harus kita galakkan setiap hari, kapan saja dan dimana saja. Setidaknya ada beberapa, seperti selalu mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.

Kemana-mana selalu menggunakan masker untuk sebagian orang merupakan hal yang sulit juga untuk diterapkan. Banyak orang yang menggunakan masker bukan untuk menutupi hidung.

Lalu kebiasaan untuk jaga jarak, sepertinya di era New Normal ini sedikit bablas, banyak orang yang seolah lupa untuk menghindari kerumunan. Jadi di sebagian tempat . Masih banyak kita temui tumpukan orang. Misalnya di pasar, mall dan tempat makan.

Jika begini kondisinya, seperti yang kita ketahui. Setiap hari selalu saja ada peningkatan jumlah kasus positif Covid 19. Sebarannya juga semakin meluas, hingga ke mana-mana. Entah siapa yang mmebawa atau terkena sehingga setiap haru selalu muncul kasus baru.

Tempat wisata mulai dibuka di era New Normal

Melihat kondisi ini, tentu saja kita tidak bisa mengontrol dan mengendalikan banyak orang sehingga kita harus tetap fokus dan waspada dimulai dari diri kita sendiri , lalu keluarga serta kerabat. Baru teman dekat, kita ajak dan ingatkan mereka untuk tetap waspada dan selalu mengikuti protokol kesehatan secara baik dan benar.

Lalu, jika sudah merasa ikut terpapar atau merasa terkena virusnya. Kita juga bisa melakukan Rapid Test secara mandiri. Tidak perlu menunggu Rapid Test masal yang dilakukan oleh pemerintah , instansi atau komunitas tertentu.
kita bisa melukan Rapid Test secara mandiri.   

Proses Rapid Test yang Akan Kita Lalui

1. Tahap Screening
Hal umum  yang akan ditanyakan pada proses ini adalah teang gejala apa yang sedang dialami sampai seperti apa riwayat perjalanan yang sudah dilakukan,  apakah pernah berinteraksi dengan pasien COVID-19 sebelumnya.

2. Tahap Medical Check Up
Selanjutnya akan dilakukan cek darah. Untuk mendeteksi mengenai masalah kesehatan pasien. Seperti mendeteksi kanker, resiko penyakit jantung, fungsi hati dan ginjal, serta kadar glukosa.

Kemudian dilakukan rontgen dada atau rontgen thorax pada paru-paru. Sehingga rontgen ini akan membantu tenaga medis dalam mendiagnosis penyakit bagi pasien yang memiliki indikasi penyakit Covid-19 seperti sesak napas, batuk terus menerus, demam, nyeri sampai cedera dada.

3. Tahapan Menunggu Hasil Pemeriksaan
Hasil tes ini akan diketahui 1-2 jam setelahnya dan akan menunjukkan apakah pasien benar Suspect Corona ataukah tidak.  

Jika hasil tes menunjukkan pasien sebagai Suspect Corona maka pasien akan diminta untuk melakukan tes virus Corona atau tes Swab oleh dokter atau tenaga medis yang menangani.

4. Tahap Pembayaran
Bagi pasien yang tidak dinyatakan suspect corona. Biayanya terbilang cukup mahal. Rata-rata biaya penanganan yang tidak sampai pada tes virus Corona COVID-19 dipatok dengan harga mulai dari Rp 200 ribu sampai Rp 700 ribu.
Proses Pasien Suspect Corona.

Kita Bisa Lakukan Rapid Test Secara Mndiri 

Jika dokter merekomendasikan untuk melakukan tes Virus Corona COVID-19 lebih lanjut, maka pasien suspect corona akan melalui beberapa tahapan lagi.

5. Ruang Isolasi
Setelah pasien dinyatakan Suspect Corona maka ia akan dipindahkan ke ruang isolasi. Jika kamar penuh, maka pasien diminta untuk menunggu terlebih dahulu di ruang dekontaminasi, sampai kamar isolasi rawat inap kosong atau pasien akan dipindah ke rumah sakit rujukan lain yang bersedia menerima.

6. Tes Virus Corona COVID-19 atau Tes Swab
Kemudian tes virus Corona atau tes Swab, tes ini dilakukan dengan mengambil sampel jaringan sel pada hidung atau tenggorokan. Selanjutnya rumah sakit rujukan ini akan mengirimkan spesimen ke 17 laboratorium yang sudah ditunjuk oleh pemerintah. Normalnya hasil tes virus Corona atau tes Swab ini membutuhkan waktu kurang lebih 3 sampai 4 hari.

7. Tahap Pembayaran
Biaya dikeluarkan jika melakukan tes secara mandiri di rumah sakit.Rata-rata akan diminta untuk membayar dengan biaya total Rp 1,5 juta untuk pasien yang melakukan tahapan test dari awal hingga diketahui suspect corona

Dimana Bisa Rapid Test Mandiri

Ada banyak rumah sakit yang bisa melakukan test secara mandiri. Kita bjuga bisa mencari informasi tersebut melalui aplikasi Halodoc, silakan didonlot dulu aplikasinya. Sehingga kita akan bisa akses informasinya dengan sangat mudah hanya melalui handphone saja. 

Dengan aplikasi Halodoc ini kita bisa 

Bicara Dengan Dokter

Bicarakan kondisi kesehatan kamu dengan menghubungi dokter berpengalaman dan terpercaya secara gratis! Kamu bisa memilih berbagai metode komunikasi seperti Chat dan Voice/Video Call dari smartphone kapan saja, di mana saja! 


Selain itu kita juga bisa mendapatkan informasi dan berkonsultasi mengenai  seputar Covid 19 termasuk untuk mengetahui informasi seputar Covid Test. Termasuk mengenai biaya yang harus kita keluarkan untuk melakukan Rapid Test tersebut.

Beli Obat

Tinggalkan cara lama belanja kebutuhan medis! Kini kamu bisa Beli Obat atau kebutuhan medis lain lebih cepat, aman & nyaman. Enggak perlu ribet untuk antre atau bahkan terjebak macet. Obat dan kebutuhan kesehatan kamu akan langsung diantar ke tujuan.

Pemeriksaan Laboratorium

Praktis dan aman, kini kamu bisa melakukan Pemeriksaan Laboratorium di rumah! Pilih paket pemeriksaan yang kamu butuhkan, kemudian tentukan tanggal dan staf kami akan langsung datang ke lokasi kamu.

Perlindungan Kesehatan

Akses asuransi dan benefit karyawan anda langsung dari aplikasi halodoc. Daftar dan hubungkan perlindungan kesehatan anda sekarang untuk mempermudah akses kesehatan anda. Saat ini kami sudah bekerjasama dengan AXA Mandiri, Cigna, Allianz, FWD, Medicilin, Bumiputra, Intiland, Ultrasakti, dan banyak lagi yang akan bergabung!

Gedung Halodoc

Jl. H. R. Rasuna Said No.Kav 32-33, RW.7, Kuningan, Karet Kuningan, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta - 12920.+6285574677403
email : help@halodoc.com

Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.