Menu

Featured Post

Nokia 6, Smartphone yang akan Mengingatkan Kita Akan Kualitas Nokia

Assalammualaikum.Wr.Wb Apa kabar Sahabat Keluarga Nawra Nokia adalah sebuah nama yang sempat berjaya pada masanya. Kejayaan ini buka...

Friday, March 30, 2018

/ /
Ketika Anak Minta Dibelikan Handphone
Assalammualaikum Wr.Wb

Keluarganawra.com_ Ketika Anak Minta Dibelikan Handphone. Anak sulung saya Nawra, memang sudah pernah punya handphone. Hadiah dari saudara sepupunya yang tinggal di kota Serang. Handphone. Untuk anak Sekolah Dasar, saat itu Nawra kelas tiga SD sudah lumayan bagus. Handphone android keluaran merek Blackberry. Selebihnya kami belum pernah membelikan Nawra secara khusus handphone baru, apalagi yang memang disukai atau dia pilih sendiri. Palingan selama ini dia sering meminjam handphone saya atau suami. Lagipula di sekolah dia ga boleh bawa handphone. Untuk kegiatan di luar jam sekolah pun , di sekolahnya juga tidak boleh membawa handphone. Jadi memang belum terlalu perlu untuk membeli handphone. 

Lalu waktu berlalu, sekarang Nawra sudah kelas enam, udah banyak informasi yang di dapatkan. Termasuk informasi seputar handphone dan ingin juga memiliki handphone baru. Cuma saya dan suami saat ini lagi ga ada dana buat beliin Nawra handphone. Seorang teman menyarankan untuk nyoba kredit hp tanpa kartu kredit. Emang ada ya, dimana? Gimana caranya. 



Saya sih belum terlalu ingin membelikan Nawra handphone, lagipula dia harus fokus dulus ama ujian akhir sekolahnya.

Nawra akhirnya membuat kesepakatan dengan kami, bahwa dia akan berjuang belajar dan mencapai keinginan dia, agar lulus dengan nilai terbaik dan lulus diterima di sekolah yang dia inginkan. Saat semua itu tercapai, dia meminta handphone baru sebagai hadiah.

Jadi ujung-ujungnya saya dan suami, tetap harus mengalokasikan dana untuk membelikan kakak Nawra handphone dong. Ini embel-embelnya sebagai hadiah.

Jadi, apa yang harus dilakukan Ketika Anak Minta Dibelikan Handphone, di saat belum ada dana buat beli hp baru secara cash. Apalagi Kakak Nawra mau lanjut masuk SMP, adiknya si Athifah mau masuk PAUD, semua butuh dana cash. 

Saya pun mencoba browsing, mencari informasi yang pernah diceritakan teman, kredit hp tanpa kartu kredit.

Habis browsing saya ketemu informasi ini Kredit Tanpa Agunan (KTA) Tunaiku juga bisa menjadi solusi bila ingin beli hp baru, kita bisa mengajukan sejumlah pinjaman kepada Tunaiku. Proses administrasinya cepat dan mudah karena  bisa daftar online. Jumlah yang dipinjamkan oleh Tunaiku variatif, mulai dari Rp2-Rp20 juta. Cukup banget buat beli hp baru dan kebutuhan lainnya. Dengan bunga terjangkau, pengembalian pinjaman KTA Tunaiku bisa dilakukan selama 6-20 bulan, tergantung dari besar pinjaman kamu.

Informasi ini saya teruskan kepada suami.

Kemudian ada opsi lainnya yang bisa digunakan untuk kredit hp baru tanpa kartu kredit. Bisa dicobain dengan cara ini juga

Salah satu merek handphone yang diincar Nawra


Pinjam Uang dengan Saudara

Beruntung banget yang punya saudara tajir dan baik hai, bisa menjadi tempat untuk pinjam uang. Cuma tetap harus diingat, meski pinjam dengan saudara. Kita harus tepat waktu untuk mengembalikan uangnya , jika belum bisa membayar tetaplah berkomunikasi dengan baik. Jika sebelumnya kita sering main atau silaturahim, saat ada utang dan belum bisa bayar, tetaplah berlaku seperti sedia kala. Main dan silaturahim. Ga baik dengan siapa pun, apalagi dengan saudara, silaturahim jika ada keperluan saja. Banyak loh hubungan pertemanan dan persaudaraan yang rusak akibat utang.

Menggunakan Dana Simpanan

Biasanya dana ini kami keluarkan untuk hal-hal yang sangat mendesak. Uangnya disimpan di bank khusus. Yang Atmnya susah, hahaha. Susah ditemukan alias ga mudah dijumpai. Atau ga ada Atm sekalian. Jadi uangnya  agak awet. 

Menabung dan Mencicil Sendiri

Cara ini biasa saya gunakan untuk Kakak Nawra, sebab dia sudah mulai tahu dan mengerti tentang konsep uang dan menabung. Dimulai dengan keinginan yang mudah Jadi jika dia ingin sesuatu , nabung duluan duitnya lalu kalo sudah terkumpul baru beli. Nah, untuk handphone ini kayak bisa juga dijadikan dengan cara ini. Akhir tahun ini aja deh dia baru beli hp. Ngumpulin uang dari saweran lebaran juga, hihihi. Tapi apa anaknya mau, huhuhu. Moga mau ya!


Menjadi Penulis Bulanan 

Cara ini, menarik juga digunakan sekaligus bisa memotivasi. Ini sebenarnya saya yang melakukannya, cuma Nawra bantu jagain adik-adiknya kalo saya lagi nulis. Lumayan juga uangnya bisa dikumpulin.

Silakan dipilih, cara gimana yang cocok dan bisa kita gunakan untuk kredit hp tanpa kartu kredit. Harap selalu menyesuaikan dengan pendapatan dan kebutuhan atau keinginan yang ingin dipenuhi ya.

Namun sebelum membelikan handphone ada baiknya kita sebagai orang tua bisa membuat beberapa kesepakatan dengan anak, agar kebutuhan bermain handphone tidak mengalahkan kebutuhannya untuk belajar dan menambah keterampilan diri. 

Dengan Kakak Nawra sekarang saya udah kayak sahabat aja :), ini waktu ke pulau Tikus
Kita bisa membuat kesepakatan seperti ini dengan Anak Soal handphone

  1. Harga handphone atau merk handphone yang akan dibeli, beritahu anak uangnya darimana. Agar anak juga bisa berempati dan bisa menjaga, merawat handphone denga baik. 
  2. Waktu bermain atau menggunakan handphone kapan saja
  3. Kapan handphone boleh dibawa ke luar rumah
  4. Aplikasi apa saja yang boleh ada atau didonlot di handphone
    Jatah pulsa dan kuota internet untuk anak berapa, bisa menggunakan harga, jumlah, atau waktu. Misalnya, jatahnya sekian , dengan harga sekian untuk satu pekan. Selebihnya jika habis menjadi tanggungjawab sendiri, bagaimana caranya untuk berhemat. Tidak memberikan opsi jika pulsa atau kuota habis, silakan beli sendiri, Hal ini akan menimbulkan efek yang lainnya. Sebaiknya untuk anak SMP tidak disarankan membuat kesepakatan seperti ini.

Lalu berikan pengetahuan tentang cara menggunakan internet dan sosial media yang baik. Mengenai isi status, postingan foto, cara komen, dan membagikan postingan orang lain. 

Yang tak kalah penting juga adalah tetap melakukan Kontrol dan temani anak saat menggunakan handphone dan menggunakan media sosial.  Jadilah teman atau follower anak kita sendiri, agar kita juga bisa mengontrol aktivitas anak di media sosil

Kebersamaan dengan anak akan mengalahkan daya tarik hp


Jadi Ketika Anak Minta Dibelikan Handphone, bukan segera mencari tahu harga hp dan gimana cara membeli atau kredit hp tanpa kartu kredi, akan tetapi banyak hal lainnya yang juga penting untuk kita perhatikan.

Semoga postingan ini bermanfaat dan memberikan informasi ya. Salam




Wednesday, March 28, 2018

/ /
Warna  dan Kandungan Zat Gizi yang Terkandung di dalam Buah dan Sayur
Assalammualikum Wr.Wb

Keluarganawra_ Warna dan Kandungan Zat Gizi yang Terkandung di dalam Buah dan Sayur.Buah-buahan dan sayuran mengandung pigmen  atau warna yang berbeda-beda. Hal ini juga menunjukan kandungan gizi di dalamnya. 

Kamu suka makan buah atau sayuran warna apa?


Kita cek ya, kandungan gizi yang terdapat di dalam buah dan sayuran berdasarkan warna. 
 
1)Hijau,
 
Warna hijau banyak ditemukan pada sayuran. Warna hijau itu terbentuk karena adanya klorofil yang bermanfaat untuk anti kanker. Semakin tua warna hijaunya, maka semakin banyak kandungan vitamin dan  mineralnya . 

Kandungan vitamin C6 dalam sayuran berwarna hijau lebih banyak jika dibandingkan dengan buah atau sayuran warna lain. Beberapa contoh sayuran hijau yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui adalah, bayam, kangkung, daun katuk, brokoli. 
 
2)Merah, 

Warna merah didominasi pada buah-buahan. Warna merah Pada buah dan sayuran menunjukkan adanya senyawa likopen dan antosianin yang bermanfaat sebagai antioksidan. 
 
3)Oranye, 
 
Warna oranye pada buah dan sayuran menunjukan adanya   senyawa beta dan alfa karoten yang bermanfaat sebagai zat anti kanker. 
 
4)Biru atau Ungu, 
 
Warna biru atau ungu pada buah dan sayuran menunjukan adanya senyawa antosianin yang berfungsi sebagai zat antioksidan yang baik untuk mencegah kesehatan jantung dan penuaan dini. Warna biru banyak didapatkan pada buah blueberry, warna ungu banyak terdapat di terung, anggur dan bruberry.  

Bluberry segar lebih banyak mengandung antosianin dan kandungan tidak akan berkurang banyak meski sudah dibekukan.  Terung juga banyak mengandung antosianin meski sudah mengalami pemanasan baik dipanggang maupun dibakar .

5)Warna Jingga, 
 
Ubi jalar, labu kuning, wortel, buah melon jingga, pepaya, mangga dan jeruk. Mengandung betakeroten yang berfungsi menghambat proses penuaan dan meremajakan sel-sel yubuh. Di dalam tubuh berubah menjadi vitamin A yang memacu sistem kekebalan sehingga tidak mudah terkena bibit penyakit
 
6)Warna kuning, 
 
pisang, nanas dan belimbing. Ampuh mencegah katarak, stroke dan serangan jantung   



Kalo saya sih, tip yang suka main dan makan warna alias suka makan buah dan sayuran dengan aneka warna. Biar dapat beragam gizi. 

Kalo kamu, juga ya sebaiknya mau makan banyak warna, eh makan buah dan sayur aneka warna.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, salam!

Monday, March 26, 2018

/ /
  Tipe dan Karakter Golongan darah A
Assalammualaikum Wr. Wb

Keluarganawra.com_Tipe dan Karakter Golongan Darah A.Golongan darah ditentukan oleh dua hal yang berbeda yaitu gen ayah dan gen ibu. Pencampuran kedua gen tersebut sangat berpengaruh terhadap golongan darah seseorang. Golongan darah diperoleh secara genetis atau melalui proses keturunan. Golongan darah adalah ciri khusus dari darah seseorang . Perbedaan golongan darah tersebut karena adanya perbedaan karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah. Dua jenis penggolongan darah yang paling penting adalah penggolongan ABO dan Rhesus (factor rh)  



Golongan Darah A

Seseorang dengan golongan darah A memiliki sel darah merah dengan antigen A dipermukaan membrane sel darah merahnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen B dalam serum darahnya. Sehingga orang dengan golongan  darah A  negatif hanya dapat menerima dari orang dengan golongan darah A negatif atau O negatif. Golongan darah A merupakan golongan darah kedua tertua di dunia. Menurut Dr. D’Adamo .

Ciri dari golongan darah A adalah sebagai berikut :

1).Memiliki pencernaan yang cukup sensitif

2). Rentan terhadap serangan penyakit jantung, diabetes, kanker dan penyakit pembuluh darah lainnya. Hal ini disebabkan kerena golongan darah A tergolong dalam bentuk darah dengan konsitensi kental sehingga mengakibatkan darah lebih lambat beredardan sangat memungkinkan akan terjadinya penumpukan kotoran pada pembuluh darah arteri. 

3). Cenderung menyimpan lemak terutama yang berasal dari daging, sehingga mengakibatkan resiko obesitas

4). Memiliki asam lambung yang rendah sehingga sulit mencerna daging dan susu

Berdasarkan ciri golongan darah tersebut, disarankan kepada golongan darah A untuk menghindari konsumsi susu dan daging. Namun dianjurkan untuk menjadi vegetarian, mengkonsumsi banyak karbohidrat, sayur, buah dan makanan yang rendah lemak.



Berikut adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi oleh golongan darah A. 

1.    Jenis Daging dan Unggas ; Daging bebek, domba, kerbau, ayam hutan, kelinci, angsa, sapi.
2.    Jenis Minuman atau cairan; Air soda, susu sapi, santan kelapa, susu murni, es krim
3.    Buah dan sayuran ; Pare, pepaya, jeruk,pisang raja,kentang,ubi,tomat,terung
4.    Hewan air ; Cumi-cumi, udang,kepiting,gurita,belut,lobster,kodok
5.    Makanan olahan ; Mentega, keju, acar

Diet untuk golongan darah A

Golongan darah merupakan kunci utama pada tubuh kita. Setiap golongan darah memiliki ciri, sifat dan karakter yang berbeda-beda sehingga kebutuhan dan asupan makanan pun berbeda-beda. Pola pengaturan makanan dan minuman atau sering disebut dengan diet sangat diperlukan untuk mendapatkan status kesehatan yang baik. Salah satu pola pengaturan makan dan minuman tersebut berdasarkan golongan darah. 

 Metabolisme tubuh akan optimal jika asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi disesuaikan dengan golongan darah. Pola pengaturan makanan dan minuman atau sering disebut dengan diet sangat diperlukan untuk mendapatkan status kesehatan yang baik.Menurut Dr. D’Adamo golongan darah A merupakan hasil evolusi dari tubuh manusia yang biasa makan daging pada masa berburu. 

Kemudian beralih menjadi masyarakat agraris yang memiliki bahan makanan utama tumbuh-tumbuhan.  Oleh karena itu diet yang baik bagi golongan darah A adalah menjadi vegetarian dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat.

Oleh karena itu dilihat dari sejarahnya golongan darah A sangat suka beraktivitas bercocok tanam dan menggarap sawah. Sehingga konsumsi makanannya sangat erat hubungannya dengan buah dan sayuran. 


Vegetarian untuk Golongan Darah A

Golongan darah A sangat cocok untuk menjadi seorang vegetarian. Orang dengan jenis golongan darah ini dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur ketimbang makan daging merah, daging bebek, kelinci, seafood seperti udang, cumi dan lobster, juga jenis makanan tinggi lemak seperti keju, susu, es krim dan makanan tinggi karbohidrat, contohnya ubi.

Namun golongan darah A masih diperbolehkan mengkonsumsi ikan tuna, telur, roti gandum, kurma dan daging ayam karena sifatnya yang netral atau cenderung tidak punya pengaruh signifikan terhadap tubuh. Sedangkan jenis olahraga yang cocok untuk golongan darah A adalah olahraga santai seperti berjalan, tai chi, atau olahraga outdoor ringan selama 30 menit per hari.

Beberapa jenis makanan terutama sayur dan buah yang cocok dikonsumsi oleh pemilik golongan darah A adalah,

Golongan sayuran

-    Wortel
-    Brokoli
-    Labu
-    Touge
-    Bayam
-    Daun bawang
-    Jamur
-    Kailan
-    Selada
-    Seledri
-    Lobak

Golongan buah-buahan

-    Jeruk
-    Plum
-    Alpukat
-    Apel
-    Buah naga
-    Jambu biji
-    Kiwi
-    Melon
-    Mentimun
-    Pear



 
Demikian, semoga lebih sehat dan bisa menjaga asupan gizi seimbang setiap hari, semoga berhasil dan sehat terus. Aamiin !!

Referensi Buku Pintar Nutrisi Ibu Hamil dan Menyusui Golongan Darah, Karya Milda Ini, Penerbit BIP

Saturday, March 24, 2018

/ /
Usaha Pemberian  ASI Ekskluif Secara Baik Kepada Anak
Assalammualaikum Wr.Wb

Keluarganawra.com_Usaha-usaha  Pemberian  ASI Ekskluif Secara Baik Kepada Anak. Bayi yang baru lahir harus diusahakan untuk diberikan ASI . Ketika baru dilahirkan sebaiknya bayi diletakan di atas dada si ibu. Dengan sendirinya bayi akan mencari puting susu ibu. Pada saat itu juga bayi akan segera menyedot ASI meskipun ASI belum keluar. Isapan bayi inilah yang akan merangsang prosukdi ASI semakin sering ASI diisap maka produksi ASI akan semakin meningkat. 

Kolostrum atau ASI yang  pertama kali keluar bewarna kuning atau agak bening. 

Tak perlu kuatir jika pada awalnya ASI yang keluar tidak seperti bentuk susu pada umunya. Volume cairan ini pada hari pertama dan kedua sekitar 30 cc per 24 jam. Volume ini mendekati ukuran lambung bayi pada usia yang sama. Cairan kolostrum tersebut sangatlah istimewa.



Keisitimewaan kolostrum adalah, 

Pertama mengandung zat antibodi 10 – 17 kali lebih banyak jikadibandingkan dengan ASI biasa. Penelitian membuktikan bayi yang tidak diberikan kolostrum akan mengalami kemungkinan diare sebanyak 17 kali. Jika diberikan susu formula.Kematian yang disebabkan karena terkena penyakit meningitis, gangguan pernapasan, serangan alergi dan penyakit lainnya akan lebih mudah menyerang bayi yang mi um susu formula daripada yang minum ASI. 

Kedua kolostrum mengandung banyak protein yang mudah dicerna tubuh.  Jadi kolostrum jangan dibuang. Bayi yang mendapatkan kolostrum tersebut akan memiliki antibodi yang bagus terhadap berbagai serangan kuman penyakit.

Adapun keunggulan ASI dibandingkan dengan jenis makanan lainnya adalah

1.    Mengandung banyak zat terbaik untuk melindungi daya tahan
2.    ASI mengandung banyak zat makanan yang diperlukan oleh tubuh bayi untuk tumbuh dan berkemabang
3.    Membentuk dan mempererat jalinan kasih sayang antara ibu dan anak
4.    Dapat membantu mengembalikan berat badan idel ibu
5.    ASI murah, mudah memberikan dan sehat



Manfaat pemberian ASI Eksklusif selama enam bulan di antaranya adalah:

1.    Dapat mencegah terjadinya pendarahan pasca melahirkan yang sangat berbahaya bagi ibu

2.    Pada proses menyusui dapat mendorong produksi hormon yang dapat merangsang pengecilan atau menciutnya rahim

3.    Dapat mencegah kanker payudara dan memperkecil kemungkinan terkena kanker ovarium

4.    Pemberian ASi Eksklusif dapat membantu program keluarga berencana ataus sering juga disebut dengan KB alami.

Beberapa hal yang sangat mempengaruhi produksi ASI di antaranya, 

1.    Aspek Psikologi, menyusui adalah naluri seorang ibu kepada bayinya. Keberhasilannya dipengaruhi oleh niat yang kuat dan rasa kasih saying yang besar. 

2.    Inisiasi ASI, inisiasi ASI atau awal pemberian ASI adalah kapan bayi pertama kali disusui. ASI diproduksi bila ada permintaan. Makin cepat ASI diberikan maka makin cepat pula ASI keluar. Oleh karena itu dianjurkan segera menyusui bayi secepatnya dalam 30 menit pertama setelah kelahiran. 

3.    Status gizi dan tinggi ibu, indek masa tubuh atau IMT ibu hamil sangat mempengaruhi prosuksi ASI. Makin tinggi IMT makan makin tinggi pula kandungan lemak dan energi. Selain itu makin gemuk ibu akan menghasilkan ASI lebih banyak terutama pada usia 0-2 bulan.

4.      Kontrasepsi, dari beberapa kontrasepsi yang menggunakan hormon, ada yang dapat menurunkan produksi ASI.

5.      Rawat gabung, yang dimaksud dengan rawat gabung adalah cara merawat bayi baru lahir dengan menempatkan ibu dan bayi dalam satu kamar, bayi diletakan di dekat ibu sehingga mudah diraih. Cara ini memungkinkan ibu dan bayi dapat bersama-sama pada 24 jam pertama setelah melahirkan. 

6.     Posisi menyusui, keberhasilan menyusui juga dipengaruhi oleh benar tidaknya posisi saat menyusui. Untuk menyusui seharusnya posisi ibu harus rileks baik ketika duduk atau berbaring. 

7.    Makanan dan minuman, ada banyak bahan makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI misalnya daun katuk, daun pepaya dan lain sebagainya.  Bahan makanan yang sangat dianjurkan dikonsumsi oleh ibu menyusui adalah makanan yang mengandung banyak zat karbohidarat, mengandung banyak protein, mengandung banyak lemak, mengandung sumber gizi vitamin dan mineral. 



Demikian pentingnya pemberian ASI bagi anak, oleh karena itu seorang ibu harus berusaha sekuat tenaga untuk selalu sabar dan ikhlas memberikan ASI kepada anaknya.

Semoga informasi ini bermanfaaf yaa, salam!

Thursday, March 22, 2018

/ /
Zat Penting yang Dibutuhkan Oleh Janin dan Anak Untuk Tumbuh Kembang
Assalammualaikum Wr.Wb

Keluarganawra.com_Zat  Penting yang Dibutuhkan Oleh Janin dan Anak. Berikut ini saya akan berbagi informasi mengenai zat-zat penting yang dibutuhkan oleh janin dan anak. Untuk janin, zat ini dibutuhkan sejak di dalam kandungan, lewat makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu selama hamil. 

Asupan gizi yang dikonsumsi oleh ibu selama hamil, akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin selama masa kehamilan. Kemudian akan berlanjut sampai janin akan dilahirkan. Asupan gizi yang baik, bukan hanya akan membuat ibu sehat akan teapi akan membuat bayi sehat.



Setelah janin dilahirkan, maka janin akan mendapatkan makanan melalui Air Susu Ibu, lewat ASI bayi akan menerima berbagai zat gizi penting untuk pertumbuhannya. Setelah bisa makan berbagai jenis makanan sendiri, tentu saja anak akan mendapatkan berbagai zat penting untuk pertumbuhannya, kecerdasannya lewat berbagai makanan. Namun, harus dengan pengawasan dari orang tua, agar gizi yang dimakan adalah memang gizi yang baik dan seimbang.

Berikut ini adalah zat-zat penting yang dibutuhkan oleh janin dan anak untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

 

1)    Omega 3 dan DHA

Untuk pembentukan sistem central nervous sistem during, janin harus memperoleh Omega 3 dan DHA dalam jumlah yang cukup selama masa perinatal brain growth spurt. Omega 3 dan DHA diperlukan untuk pembentukan sistem saraf.

2)    Gangliosida  (GA)

Suatu studi menunjukkan efisiensi transfer GA dari ibu ke janin melalui plasenta. Model plasenta manusia yang dipakai terlihat menstransfer GA dari kompartemen maternal ke kompartemen janin, secara signifikan dalam waktu satu jam. GA banyak terdapat di area abu-abu otak, terutama di bagian sinapsisnya. Jumlah GA di area tersebut lima belas kali lebih banyak dari bagian tubuh lainnya. GA berperan pada struktur otak sebagai migarsi sel-sel otak, pembentukan sinapsis, myelinisasi, dan fungsi otak terutama fungsi pembelajaran dan mengingat. 

3)    Folat

Folat berfungsi untuk menurunkan terjadinya NTD  pada janin. Sebuah studi di China menunjukkan pemberian sebanyak 400mcg/hari (680mcg/hari DFE efektif untuk menurunkan resiko terjadinya NTD.

4)    Fe

Janin juga membutuhkan zat besi untuk pembentukan sel darah merah , juga sebagai simpanan zat besi di dalam tubihnya.  Peningkatan kebutuhan akan zat besi terutama akan meningkat pada usia kehamilan trimester ke tiga. 


5)    Efa

Perkembangan otak bayi mengalami percepatan di saat trimester ketiga hingga usia tiga puluh bulan setelah kelahiran. Oleh karena itu, disarankan ibu mendapatkan asupan nutrisi yang mengandung asam lemak esensial sehingga kebutuhannya tercukupi.

6)    Kolin

Kolin merupakan salah satu vitamin B Kompleks yang dibutuhkan oleh ibu hamil, terutama pada minggu kedelapan belas kehamilan. Vitamin  ini dapat meningkatkan kemampuan bayi untuk membentuk hubungan antarneuron yang sedang tumbuh pesat. Kolin bisa didapat dari kuning telur, daging tanpa lemak, ragi, kedelai, hati, otak, ginjal dan jantung.



Kolin disuplai ke janin melalui transfer plasenta. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan kolin disaat kehamilan , hal ini sangat mempengaruhi perkembangan otak terutama pada saat mengingat.  Hal ini sangat penting terutama pada saat pertumbuhan otak. 

Demikian, beberapa zat penting yang dibutuhkan oleh janin dan anak untuk tumbuh sehat , kuat dan cerdas. Semoga informasi ini bermanfaat . Salam!

Foto koleksi Athifah saat masih bayi :)

Tuesday, March 20, 2018

/ /
Cara memilih Vacuum Cleaner Portable Yang Berkualitas Dengan Benar
Assalammualaikum Wr,Wb

Keluarganawra.com_Cara Memilih Vacuum Cleaner Porable ang Berkualias Dengan Benar. Seiring perkembangan jaman kebutuhan alat-alat elektronik kini menyesuaikan dengan kebutuhan dan mengikuti perubahan jaman itu sendiri, salah  satu alat elektronik yang mengikuti perkembangan jaman adakah Vacuum Cleaner .



Kini Vacuum Cleaner hadir dengan berbagai jenis, ukuran dan kegunaannya masing-masing seperti Vacuum Cleaner Portable contohnya. Vacuum Cleaner Portable memiliki ukuran yang lebih kecil dengan kesan praktis saat di gunakan, mulai dari Vacuum Cleaner Portable untuk membersihkan kotoran yang mudah sampai ke bagian yang sulit. 

Contohnya seperti membersihkan interior mobil yang memiliki ruang gerak yang sempit, sehingga membutuhkan Vacuum Cleaner yang sesuai agar dapat dengan leluasa membersihkan kotoran di dalam mobil.

Berikut ini adalah cara memilih Vacuum Cleaner Portable Yang Baik Dan berkualitas, agar ketika di gunakan dapat bekerja secara maksimal dan tidak memiliki kendala.


Perhatikan Fitur Dasar Dari Vacuum Cleaner Portable

Saat akan membeli Vacuum Cleaner Portable cobalah untuk memperhatikan fitur dasarnya mulai dari jenis penampungan sampahnya apakah memiliki tipe Paper Pack Atau Dust Pack.

Paper Pacat adalah jenis penampungan sampah pada mesin yang dapat di buang setelah pemakaian sedangkan Dust Pack setelah mesin di pakai tempat penyimpanan dapat di bersihkan. 

Selain itu mesin Vacuum Cleaner Portable yang menggunakan tempat penampungan sampah tipe Dust Pack memiliki 2 jenis tipe mesin di antaranya Cyclone Type Dan Filter Type kamu dapat memilihnya sesuai kebutuhan.

Memperhatikan Keseimbangan Antara Suara Dan Daya Hisap


Tidak seperti Vacuum Cleaner biasa, Vacuum Cleaner Portable memiliki suara bising yang tidak terlalu nyaring sehingga aman di telinga. Namun meskipun begitu kamu perlu memperhatikan daya hisap pada mesin tersebut, karena biasanya semakin kuat mesin menyedot suaranya pun akan semakin keras jadi hal tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan.

Pilihlah Vacuum Cleaner Portable Sesuai Daya Yang Di Butuhkan

Jika kamu sering menggunakan Vacuum Cleaner Portable untuk membersihkan peralatan sehari-hari cobalah untuk memilih mesin yang memiliki baterai berkapasitas besar, hal tersebut agar kamu tidak perlu repot-repot mengisi baterai dengan sering.

Pilihlah Ukuran Dan Bentuk Vacuum Cleaner Portable Karena Akan Mempengaruhi Kenyamanan

Meskipun Vacuum Cleaner Portable rata-rata berukuran kecil namun jangan remehkan bobotnya, karena mesin Vacuum Cleaner Portable memiliki bobot yang cukup berat jika di genggam dengan satu tangan. Demi kenyamanan saat membersihkan kamu dapat memilih Vacuum Cleaner Portable yang memiliki bentuk yang lebih kecil agar memudahkan dalam menggunakannya.

Pilihlah Vacuum Cleaner Portable Yang Memiliki Aksesoris Tambahan

Kamu dapat memilih Vacuum Cleaner Portable yang memiliki aksesoris tambahan seperti mulut penyedot yang dapat di ganti sesuai kebutuhan. Pilihlah Vacuum Cleaner Portable yang memiliki minimal empat aksesoris mulut penyedot, hal tersebut agar dapat memudahkan kamu membersihkan area-area tertentu. 

Contoh aksesoris pada Vacuum Cleaner Portable adalah mulut penyedot yang di lengkapi dengan sikat khusus, sikat tersebut dapat membantu mengangkat kotoran yang menempel  yang sulit di sedot oleh Vacuum Cleaner Portable.

Memilih Vacuum Cleaner Portable sesuai kebutuhan dan penggunaannya adalah keputusan yang tepat, selain itu memilih mesin yang berkualitas akan memberikan kemudahan saat kamu menggunakannya.


Namun jangan lupa untuk merawatnya agar Vacuum Cleaner milik kamu awet dan tidak mudah rusak, karena akan percuma jika kita memilih Vacuum Cleaner Portable yang bagus dan berkualitas jika tidak di rawat dengan baik. 

Nah itulah cara memilih Vacuum Cleaner Portable yang baik dan berkualitas agar saat di gunakan bekerja dengan maksimal tanpa kendala.

Sumber gambar Buka Lapak dan Pixabay

Sunday, March 18, 2018

/ /
Warung Kelontong Belajar Manajemen  Ritel Dengan Alfamart
Assalamualaikum,  Wr. Wb

Keluarganawra.com_ Warung Kelontong  Belajar  Manajemen  Ritel Dengan Alfamart.  Di sekitar rumah kita pasti banyak warung Kelontong  ya.  Bahkan ada yang letaknya berdekatan,  dalam satu gang saja ada beberapa toko Kelontong.  Ditambah lagi dengan adanya toko ritel modern.  Menambah banyak lagi warung toko sembako. Tinggal  kita yang memilih mau belanja dimana.  Namun belakangan ini muncul anggapan  bahwa dengan banyak hadirnya toko ritel modern membuat mati usaha toko Kelontong.  Banyak toko Kelontong  yang  mulai ditinggalkan  orang.  Konsumen lebih memilih belanja  ke toko ritel modern. Dengan alasan lebih rapi,  nyaman dan aman saja.  Padahal kalo soal lengkap atau harga.  Bisa saja di toko Kelontong  akan lebih murah.  


Saya pernah mengalami  belanja di warung Kelontong  lebih murah di bandingkan toko ritel.  Meski tidak semua barang ya.  Hanya barang tertentu  saja. 


Balik lagi ke masalah,  kehadiran  toko ritel modern yang membunuh usaha warung biasa.  Apa benar begitu.  

Bagaimana dengan Alfamart.  

Menurut informasi  yang saya dapatkan ketika mengikuti pelatihan manajemen  ritel beberapa waktu lalu yang diadakan salah gerai Alfamart  Bengkulu  yang berada di kawasan Bumi Ayu. 

Hal itu tidaklah benar, malah kehadiran Alfamart diharapkan juga dapat bersinergi dengan warung tradisional .

Buktinya apa? Mari kita cek ya.

Hari itu saya bersama dengan para pemilik toko Kelontong  yang berada di sekitar daerah Bumi Ayu mendapatkan  banyak pelatihan mengenai bagaimana mengatur atau mengurus toko Kelontong  dengan baik.  

Kegiatan ini memang khusus dilakukan oleh Alfamart. Untuk kegiatan ini, karena Bengkulu masih baru. Maka semua Tim di bawah komando bapak Rendra memang datang dari Palembang demi untuk mensukseskan kegiatan ini. 
Pak Rendra sedang memberikan snack kepada Peserta

Kegiatan diawali dengan pengisian daftar hadir atau absensi.  Lalu kami diberikan fotokopi materi yang akan disampaikan  dan dipelajari  hari ini

Tak menunggu  lama,  akhirnya materi pelatihan  hari ini segera dimulai.  Dua orang pemateri yang memang sudah handal dibidangnya siap berbagi ilmu dengan kami semua. Materi yang disampaikan ini sebenarnya adalah rahasia manajemen ritel Alfamart.


1. Bagaimana menyusun produk

2. Cara menawarkan barang dagangan

3 Membuat catatan sederhana dengan barang dan masuk . Termasuk soal keuangan.

Penyampaian materi  berjalan lancar dan sukses.  Lalu dilanjutkan  dengan tanya jawab.  Maklum  peserta yang hadir ini datang dengan latar belakang  pendidikan yang berbeda.  Jadi memang butuh  penjelasan  yang lebih detil agar lebih paham. 
Dua Pemateri dari Kota Palembang

Selanjutnya  juga diadakan sesi tanya jawab dari pemateri kepada peserta seputar materi yang disampaikan.  Yang bisa menjawab diberikan hadiah.  Nah,  bagian ini peserta  tambah semangat lagi.  

Pelatihan manajemen  ritel  ini dirasakan besar manfaatnya  bagi para peserta.


Waktu saya posting kegiatan ini di media sosial saya.  Ada yang bertanya.  Apa syarat  untuk  ikut acara ini.  Ketika saya bertanya  kepada panitia  ternyata memang semua peserta  adalah pedagang Kelontong yang  berada  di sekitar  gudang Alfamart di Bumi Ayu ini. Para pedagang memang di data oleh tim Alfa dan diundang untuk ikut kegiatan ini.  Mereka yang di data oleh tim Alfa ini menjadi bagian dari member outline  Alfamart atau MOA. 

Kegiatan  pelatihan  manajemen  ritel  ini merasa  salah satu manfaat  menjadi member Alfamart.  Selain itu banyak lagi manfaat  yang lain ya.

Member  Alfamart  ini juga mendapat fasilitas  untuk bisa membeli barang - barang yang di jual di Alfamart  dengan harga diskon sehingga  bisa dijual kembali.  Caranya juga mudah.  Pedagang Kelontong  tinggal menelepon dan menyebut barang apa saja yang ingin di beli.  Nanti diantar  oleh tim Alfamart

Menjelang makan siang acara selesai. Semua peserta juga diberikan bingkisan dan makan siang. 

Setelah acara berfoto bersama, kami pun dipersilakan untuk pulang.



Eh, sebelum pulang. Kami diberitahu oleh tim. Bahwa nanti akan diadakan kunjungan ke warung para peserta. Tim Alfa akan membantu merapikan barang dagangan di warung. 

Bagaimana menata barang dagangan dengan baik dan menarik

Wah, ini menarik sekali. Para pedagang langsung bergegas untuk pulang. Ingin menyambut tim Alfa yang akan berkunjung ke warung mereka.

Kita tungguin yaaa, info selanjutnya. Kunjungan tim Alfa ke toko kelontong di sekitar gerai Alfamart Bumi Ayu ini.

Salam, sampai jumpa!

Wednesday, March 14, 2018

/ /
Seputar Pepaya dan Minuman Berbahan  Buah Pepaya
Assalammualaikum Wr.Wb

Keluarganawra.com_Minuman Berbahan Buah Pepaya. Buah Pepaya adalah buah rakya, selain harganya yang murah dan terjangkau. Buah pepaya juga mudah ditemukan di mana, mana. Jadi mudah untuk membelinya. Bahkan tumbuhan pepaya sangat mudah dibudidayakan , di perkarangan rumah saja kadang pepaya sering tumbuh. 

Meski saat ini, sudah banyak sekali  kita temui varietas anaman pepaya, dengan warna, bentuk dan rasa yang sangat beragam.


Kandungan Gizi Buah Pepaya

Buah pepaya merupakan sumber vitamin dan mineral. Kandungan vitamin A pada pepaya lebih besar dibandingkan pada wortel. Pepaya juga kaya vitamin B kompleks dan vitamin E.  Buah pepaya juga banyak mengandung asam folat yang sangat berguna untuk menjaga kalium bagi ibu hamil dan menyusui agar tidak mudah lelah.

Buah pepaya merupakan sumber vitamin C dan antioksidan bagi tubuh. Zat antioksidan sangat berperan untuk menjaga kesehatan sel-sel saraf, otak, dan sel tubuh. Pepaya juga dapat meningkatkan ketahanan tubuh, menghentikan batuk, mengatasi sembelit, mengurangi panas dalam, menyembuhkan infeksi, dan sangat baik untuk kesehatan mata. Buah pepaya mengandung enzim papain. 


Enzim ini sangat aktif dan memiliki kemampuan untuk mempercepat proses pencernaan protein. Kemampuan enzim papain memecah molekul protein membawa berkah untuk manusia. Dengan adanya enzim papain dapat membantu untuk mencerna protein. 



Kandungan enzim papain pada pepaya mampu mencerna protein . Oleh karena daya pecah proteinnya yang kuat, papain juga digunakan untuk menghidrolisis molekul protein. Papain diperlukan dalam pembuatan pepton juga sejumlah asam amino. Kedua unsur ini sangat diperlukan khususnya dalam penelitian mikrobiologi dan juga dalam beberapa jenis industri

Buah yang masih mengkal atau setengah matang memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik dari buah yang matang. Namun bagi wanita hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah mengkal atau setengah matang karena mempunyai efek menggugurkan kandungan. 


 
Resep Minuman Segar Berbahan Pepaya

    Bahan

•    100 gram buah pepaya matang
•    100 ml air jeruk
•    150 ml air hangat

Cara Membuat

•    Kupas pepaya, buang biji dan serat warna kuning di dekat biji
•    Potong-potong pepaya dan masukan ke dalam blender
•    Haluskan hingga lembut dan tercampur merata dengan blender atau juicer
•    Tambahkan air dan air jeruk
•    Tuangkan dalam gelas saji dan dinginkan ke dalam kulkas
•    Sajikan selagi dingin


 

Selamat mencoba, semoga selalu sehat ya. Salam

Monday, March 12, 2018

/ /
Jenis Bakteri dalam Makanan yang Perlu Diwaspadai
Assalammualaikum Wr. Wb

Keluarganawra.com_Jenis Bakteri dalam Makanan yang Perlu di Waspadai. Di dalam buku saya yang berjudul Pintar Nutrisi Ibu Hamil dan Menyusui, saya menuliskan mengenai jenis-jenis  bakteri yang ada di dalam makanan yang harus diwaspadai agar tubuh tetap sehat. Kali ini tulisan tersebut saya bagikan kembali di dalam blog ini. Jadi jika ada yang belum membaca dan memiliki bukunya, bisa mendapatkan informasinya melalui blog ini ya.

Makan bersama keluarga itu memang asik, namun perlu waspada
 
Berikut Jenis Bakteri Tersebut :
 
1.    Listeria
 
Listeria adalah tipe bakteri yang mampu menembus plasenta dan menyebabkan infeksi janin. Pada orang dewasa, gejala infeksi ditandai dengan suhu tubuh meningkat, flu, pegal-pegal, sakit mata, sakit tenggorokkan, diare, serta sakit perut. Listeria dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur dan keracunan dalam darah.

Makanan yang banyak mengandung listeria adalah keju lembut, susu yang tidak dipasteurisasi, makanan yang sudah dimasak kemudian didinginkan, dan daging yang tidak dimasak secara benar. Bakteri listeria bisa hancur dengan pasteurisasi namun jika makanan yang terkena bakteri tersebut disimpan di dalam kulkas, listeria malah dapat berkembang biak.  

Oleh karena itu jangan mengkonsumsi makanan beku atau dingin setelah lewat masa kadaluarsanya. Bakteri listeria dapat menyebar melalui kontak langsung dengan hewan hidup yang terinfeksi seperti domba.

Waspada makan bersama di tempat umum
 
2.    Toksoplasmosis 
 
Infeksi bakteri toksoplasmosis umumnya ditularkan lewat konsumsi daging sapi atau babi yang mentah atau setengah matang. Selain itu dapat ditularkan juga lewat kontak langsung dengan anjing atau kucing yang terinfeksi. Toksoplasmosis dibawa oleh kotoran binatang yang terinfeksi, khususnya kucing. 

Namun sebagian besar kasus yang terjadi, toksoplasmosis disebabkan oleh konsumsi daging yang kurang matang. Toksoplsamosis dapat menyebabkan kebutaan dan kerusakan otak pada bayi, bahkan bisa berakhir dengan meninggal dunia.  Parasit ini sangat bebahaya pada wanita hamil terutama pada trimester ketiga. 

Untuk menghindari agar tidak terinfeksi toksoplasmosis, hindari makan daging yang kurang matang, terutama daging babi. Masaklah daging pada temparatur internal paling tidak 54 derajat. Pada suhu tersebut kuman dan bakteri akan mati. 
 
Jika Anda memiliki binatang peliharaan, jangan memberikan daging mentah untuk mereka makan. Pastikan piring bekas makanan mereka tercuci bersih dan jauh dari jangkauan. 

Jangan mencuci langsung dengan tangan telanjang, sebisa mungkin gunakan sarung tangan karet. Anda juga patut berhati-hati dalam membersihkan kotoran hewan peliharaan tersebut. Gunakan sarung tangan dan masker dan cuci bersih tangan Anda setelahnya.

Jajan di luar sangat potensial terkena bakteri
 
3.    Salmonella
 
Sumber infeksi salmonella berasal dari konsumsi telur dan daging ayam yang mentah atau setengah matang. Gejala infeksi salmonella dapat berupa rasa mual, sakit perut, sakit kepala, diare, menggigil, dan demam. Gejala ini akan timbul secara tiba-tiba setelah 12-48 jam terkena infeksi dan bisa berlangsung selama dua minggu. 

Apabila infeksi menyebar ke aliran darah, maka diperlukan antibiotik. Oleh karena itu masaklah hingga matang telur dan ayam secara baik dan benar sebelum dimakan.
 
4.    Disentri. 
 
Bakteri ini terdapat pada kotoran manusia yang terinfeksi. Penyakit ini dapat menyebabkan dehidrasi dan diare yang parah. Jenis penyakit disentri yang umum terjadi adalah disentri amuba dan disentri bakterial. Pada umumnya, penyakit ini ditularkan orang yang terkena infeksi akibat tidak mencuci tangan dengan benar setelah ke toilet dan kemudian memegang makanan. 

Ada beberapa cara untuk menghindari terkontaminasi dengan bakteri disentri, antara lain:

Buku Pintar Nutrisi Ibu Hamil dan Menyusui Golonga Darah O
a.    Gunakanlah selalu alat masak yang bersih setiap mulai mengolah makanan yang berbeda atau mencicipi makanan.
b.    Biasakan mencuci tangan setelah dari toilet dan sebelum memegang makanan.
c.    Tutup luka atau infeksi yang ada di tubuh dengan baik.
d.    Jangan membiarkan makanan lain terkontaminasi oleh daging mentah.
e.    Jangan membekukan kembali makanan yang sudah dilelehkan (defrost).
f.    Lelehkan dengan baik makanan beku sebelum akan diolah menjadi makanan.
g.    Hangatkan makanan secara menyeluruh dan lakukan hanya sekali saja.
h.    Cuci semua daun bahan olahan salad di bawah kucuran air kran.
i.    Hindari makanan kemasan atau kaleng yang sudah rusak, peyok, sobek.
j.    Hindari makanan yang baunya sudah berubah atau berbeda dari bau biasanya.

Semoga tulisan ini bermanfaat ya bagi kalian semua. Salam !!

Saturday, March 10, 2018

/ /
Persiapan Membawa Anak Jalan-Jalan Ke Kota Bandung
Assalammualaikum Wr.Wb

Keluarganawra.com_ Membawa bayi jalan-jalan di kota Bandung. Saya termasuk orang yang tidak ribet saat membawa bayi jalan-jalan. Banyak orang yang bertanya gimana rahasia membawa bayi jalan-jalan, tapi tetap bisa menikmati suasana jalan-jalan. Siapa bilang membawa bayi jalan-jalan gak ribet, secara kasat  mata, pasti repot. Belum lagi bawaannya pasti banyak. Wajib membawa susu dan diapers. Tas juga penuh dengan baby stuff. Namun, saya punya trik dan tips sendiri saat jalan-jalan bersama anak di luar kota. Supaya ga terjebak jadi Ibu Ribet.

Nasya udah pintar selfie, hihihi

Kali ini saya akan bercerita tentang keseruan saya bersama anak ketiga saya Annasya.Saat kami jalan-jala hanya berdua saja menuju kota Bandung. Ya, kali ini hanya saya dan Nasya yang akan melakukan perjalanan ke kota Bandung. Dari kota Bengkulu menuju kota Bandung dengan menggunakan pesawat. Rutenya dari Bengkulu ke Jakarta menggunakan pesawat. Sampai di Soekarno Hatta kami lanjut lagi dengan menggunakan bus menuju kota Bandung.

Gedung di depan Wisma tempat kami nginap


Ikutin ya, cerita kami

Baca juga pengalaman saya Terbang dengan Pesawat Kecil Dengan Bayi dari Bandung menuju Jakarta.

Persiapan Awal

1.    Cari dan cek jadwal penerbangan di pagi atau siang hari. Hindari bepergian dengan bayi saat malam hari atau memulai perjalanan di sore atau d malam hari. Apalagi tanpa ditemani dengan anggota keluarga yang lainnya.

2.    Siapkan satu tas  koper bag ukuran kecil atau sedang dan satu lagi tas ya ransel atau tas jinjing. Yang bisa dibawa kemana-mana. Koper bag, masukan saja di bagasi.

3.    Sebelum bepergian, buatlah anak enjoy, berikan makan dan minuman yang sehat, mandi pagi dan sore dengan menggunakan baby stuff yang baik, seperti minyak telon. Untuk menghindari masuk angin. Cukup istirahat, Annasya biasanya tidur dua kali. Ciptakan waktu tidur yang berkualitas.

Nasya nyaman main dengan diapers aman

4.    Persiapkan dan pastikan sebelum berangkat kondisi ibu dan bayi dalam kondisi Fit.

Sesuai dengan apa yang saya persiapan di atas, kami berangkat dari kota Bengkulu pagi , dengan menggunakan pesawat sekitar jam 09.55. Sampai di kota Bandung Sore hari. Kali ini kami akan menginap di salah satu wisma di jalan RE Martadinata. Kami langsung menuju lokasi. 

Oh, ya begitu sampai di bandara, saya langsung mencari trolly. Untuk menganggut bagasi. Nah, si Nasya saya letakkan juga di atas trolly, hihihi. Anaknya juga enjoy saja. Malah kegirangan, soalnya berasa naik apa ya. Naik odong-odong, hihihi.

Sampai di wisma, Nasya hanya mandi lap saja. Lalu saya kasih minyak telon dan bedak, Biar dia tetap nyaman dan wangi. Ga begitu lama, biasa rutinitas dia tidur. Sebelumnya sempat keluar wisma. Nyari makanan. Ga jauh sih, cuma di seberang saja. 

Kebetulan ada juga yag menjual minuman Wedang Ronde, duh. Saya langsung terpikat beli dan minum. Lumayan bikin hangat badan.

Rute jalannya, bikin pengunjung aman dan nyaman, ga kuatir nyasar

Perlengkapan wajib dibawa saat bepergian dengan anak

Secara umum, hampir sama sih perlengkapan dan peralatan yang dibawa saat bepergian dengan bayi yang biasa para ibu bawa. Namun kali ini, saya lebih mengkhususkan untuk bayi dengan usia di atas satu tahun atau usia 1-3 tahun.

1.    Membawa baju , baju yang selalu saya bawa adalah baju, celana, kaos dalam. Saat melipatnya. Saya sudah menjadikannya satu. Dimana sudah ada nbaju, celana, kaos dalam baru saya lipat secara bersamaan dan dilettakan di dalam tas. Untuk baju ganti di jalan, biasanya selain dilipat, saya sering mengikatnya dengan karet. Jika karet gelang tidak ada, maka akan saya masukan ke dalam kantong kresek bersih.

Jumlah baju yang dibawa adalah jumlah hari kali dua kali dua lagi. Secara mudah begini menghitungnya. Satu hari siapakan dua stel baju lalu dikalikan dengan jumlah hari , kemudian kalikan lagi dengan dua. Contoh, ke Bandung ini saya hanya 3 hari. Maka saya menyiapkan 3x2 baju x 2. Totalnya 12 stel baju. Ga usah dibahas ya kenapa baju harus bawa banyak. Para ibu pasti tahu alasannya.
Bandung sejuk, Nasya senang sekali

Tips buat ibunya, banyakin bawa jilbab saja buat gonta ganti foto. Kalo baju ga usah terlalu banyak. Kecuali membawa baju dengan bahan jersey. Memang butuh banyak dan harus ganti juga, sebab bahan baju ini, mudah membuat baju bau dan ga nyaman dipake.

2.    Membawa baby stuff, ini merupakan perlengkapan dan peralatan kecantikan dan kesehatan bayi. Seperti, telon, baby cologne, bedak, aneka cream. Jika harus membawa semua barang ini, maka pilihlah dengan ukuran atau kemasan kecil saja. 

3.    Membawa Diapers, bepergian dengan bayi wajib banget membawa diapers. Mereknya sih bebas saja, asal nyaman buat anak-anak. Pilihlah ukuran yang pas. Bagi yang sering menggunakan diapers cuci ulang. Salah satu merek diapers yang bisa dicoba di dalam perjalanan dan sehari-hari adalah happy diapers. Dalam perjalanan sebaiknya tidak dipergunakan dulu, jika perjalanan jauh. Apalagi menggunakan transportasi umum.

Jumlah diapers yang dibawa untuk dimasukan ke dalam tas jinjing adalah, jumlah jam di dalam perjalanan. Berapa jam sih perjalanan yang akan di tempuh. Sebaiknya diapers diganti untuk keadaan normal setelah pemakaian 3-4 jam. Apalagi kalo pup, atau bocor. Harus segera diganti.
Stoller ini, minjam ama panitia, hehehe

4.    Membawa mainan bayi, dalam perjalanan saya sering banget membawa mainan anak itu buku empat dimensi. Kalo mainan yang lainnya sih jarang, kadang suka juga membeli mainan baru pas di lokasi, hihihi. Si Nasya mmebeli bola kecil, waktu main ke lapangan sepak bola di alun-alun. Melihat orang-orang bermai bola, dia juga ingin menendang bola. Akhirnya saya bei bola dengan ukuran yang kecil. Bola itu pun dibawa pulang ke Bengkulu.

Baca juga Tips dari saya saat mengajak anak ke toko mainan, supaya gak kejadian gagal fokus dan kantong bolong, hihihi.

5.    Membawa susu, untuk sebagian bayi usia 1-2 tahun ada yang masih menyusui ASI belum dibantu dengan susu tambahan. Dalam perjalanan perlu juga membawa susu anak, untuk yang susu formula, yang membutuhkan air hangat, sebagian ibu ada yang membawa termos. Bisa membawa susu bebelac-3. Namun, saya belum pernah bepergian dengan membawa termos sih, seringnya membeli air panas saja. Untuk anak yang bisa minum susu selain susu formula. Bawa saja beberapa botol atau kotak susu UHT. Pilih rasa yang disukai anak.

Tips lain buat ibunya, saat bepergian, bawalah juga uang cash agar ga ribet mondar-mandir ke ATM. Selain buat  jaga-jaga, bagus juga buat membeli sesuatu yang secara mendadak ingin di beli. Di dalam perjalanan kadang ada saja yang menarik untuk dibeli.

anti lowbatt
Di kota Bandung, enak dan nyamn jalan-jalan membawa anak-anak. Banyak spot bermain dan ngadem bersama anak-anak. Di sepanjang jalan juga banyak tempat duduk, untuk istirahat sejenak dan juga buat ngecas. Kalo handphone lowbat.

Di tulisan berikutnya ya, saya bahas, cerita seru saya bermain dengan Nasya di alun-alun kota Bandung. Semoga tulisan ini bermanfaat ya. Mampir ke tulisan saya yang lain juga ya. Mohon masukannya jika ada informasi tambahan. 

Sampai jumpa, salam!
Powered by Blogger.