Menu

Postingan Paling Kece

Vitamin Anak yang Penting untuk Tumbuh Kembangnya

Thursday, March 8, 2018

/
Assalamualaikum Wr. Wb

Keluarganawra.com_ Suka makan jeruk. Pasti suka ya. Jeruk apa yang kamu suka. Jeruk Bali, Jeruk Medan (Brastagi ) atau Jeruk Mandarin. Pasti semuanya serba enak ya dan sudah biasa kita makan.

Lalu, sudah pernah makan Jeruk Gerga? Ya, jeruk Gerga yang berasal dari kabupaten Lebong, yang merupakan salah satu kabupaten di provinsi Bengkulu.

Kalo belum, cara membayangkannya adalah ketika makan jeruk Bali, jeruk Brastagi dan jeruk Mandarin secara bersamaan. Pasti unik kan rasanya

Nah, jeruk gerga ini adalah perpaduan ketiga jeruk tersebut. Keren kan.

Begini ceritanya, gimana bisa begitu. Satu jeruk, bisa memuat tiga rasa jeruk, hihihi.

Kayak paket hemat. Buat yang hobi irit, cocok banget nih makan jeruk gerga.

Keluarga  sahabat saya Efri Deplin sedang di kebun jeruk Gerga
 Asal usul jeruk gerga

Jadi jeruk gerga ini adalah penemuan baru dari Balijestro. Awalnya berasal dari Libanon .Awalnya jeruk ini diujicobakan di tanam di daerah Brastagi, tetapi tidak dapat tumbuh dengan baik alias kurang maksimal. Alasannya iklim. Lalu jeruk tersebut dibawa ke Bengkulu

Dipasangkan dengan batang jeruk Japanese Citrus yang merupakan jeruk asl Jepang dan telah dikembangkan di Balijestro dan salah satu orang yang berjasa dalam penemuan ini adalah bapak Gerga.

Jadi Gerga itu, nama orang ya..

Warna oranye menyala jeruk ini, memang nampak seperti jeruk Mandarin. Saat dibuka kayak bau jeruk Bali, waktu dimakan ad rasa asamnya. Jadi unik banget ya.

Buahnya juga super. Dalam satu kilo untuk yang super. Dalam satu kilo hanya berisi 2-3 jeruk saja. Bisa dibayangkan gimana besar jeruknya.

Orderan pak Efri tentang Jeruk gerga, banyak banget
Balijestro

Ini merupakan kependekan dari Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropis. Yang merupakan Balitbantan-Kementerian Pertanian.

Nama lain dari jeruk gerga ini adalah Rimau Gerga Lebong yang saat ini menjadi salah satu komoditas potensial Desa Rimbo Pengadang Kecamatan Rimbo Pengadang Kabupaten Lebong karena mampu meningkatkan penghasilan masyarakat.

Jadi kalo kamu ke bengkulu. khususnya ke daerah Lebong. Sempatka untuk membeli jeruk Gerga ya, baik untuk dimakan di dalam perjalanan atau di jadikan oleh-oleh. sangatlah cocok.

Sampai jumpa lagi di Bengkulu ya !!

Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.