Menu

Postingan Paling Kece

Vitamin Anak yang Penting untuk Tumbuh Kembangnya

Thursday, March 22, 2018

/
Assalammualaikum Wr.Wb

Keluarganawra.com_Zat  Penting yang Dibutuhkan Oleh Janin dan Anak. Berikut ini saya akan berbagi informasi mengenai zat-zat penting yang dibutuhkan oleh janin dan anak. Untuk janin, zat ini dibutuhkan sejak di dalam kandungan, lewat makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu selama hamil. 

Asupan gizi yang dikonsumsi oleh ibu selama hamil, akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin selama masa kehamilan. Kemudian akan berlanjut sampai janin akan dilahirkan. Asupan gizi yang baik, bukan hanya akan membuat ibu sehat akan teapi akan membuat bayi sehat.



Setelah janin dilahirkan, maka janin akan mendapatkan makanan melalui Air Susu Ibu, lewat ASI bayi akan menerima berbagai zat gizi penting untuk pertumbuhannya. Setelah bisa makan berbagai jenis makanan sendiri, tentu saja anak akan mendapatkan berbagai zat penting untuk pertumbuhannya, kecerdasannya lewat berbagai makanan. Namun, harus dengan pengawasan dari orang tua, agar gizi yang dimakan adalah memang gizi yang baik dan seimbang.

Berikut ini adalah zat-zat penting yang dibutuhkan oleh janin dan anak untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

 

1)    Omega 3 dan DHA

Untuk pembentukan sistem central nervous sistem during, janin harus memperoleh Omega 3 dan DHA dalam jumlah yang cukup selama masa perinatal brain growth spurt. Omega 3 dan DHA diperlukan untuk pembentukan sistem saraf.

2)    Gangliosida  (GA)

Suatu studi menunjukkan efisiensi transfer GA dari ibu ke janin melalui plasenta. Model plasenta manusia yang dipakai terlihat menstransfer GA dari kompartemen maternal ke kompartemen janin, secara signifikan dalam waktu satu jam. GA banyak terdapat di area abu-abu otak, terutama di bagian sinapsisnya. Jumlah GA di area tersebut lima belas kali lebih banyak dari bagian tubuh lainnya. GA berperan pada struktur otak sebagai migarsi sel-sel otak, pembentukan sinapsis, myelinisasi, dan fungsi otak terutama fungsi pembelajaran dan mengingat. 

3)    Folat

Folat berfungsi untuk menurunkan terjadinya NTD  pada janin. Sebuah studi di China menunjukkan pemberian sebanyak 400mcg/hari (680mcg/hari DFE efektif untuk menurunkan resiko terjadinya NTD.

4)    Fe

Janin juga membutuhkan zat besi untuk pembentukan sel darah merah , juga sebagai simpanan zat besi di dalam tubihnya.  Peningkatan kebutuhan akan zat besi terutama akan meningkat pada usia kehamilan trimester ke tiga. 


5)    Efa

Perkembangan otak bayi mengalami percepatan di saat trimester ketiga hingga usia tiga puluh bulan setelah kelahiran. Oleh karena itu, disarankan ibu mendapatkan asupan nutrisi yang mengandung asam lemak esensial sehingga kebutuhannya tercukupi.

6)    Kolin

Kolin merupakan salah satu vitamin B Kompleks yang dibutuhkan oleh ibu hamil, terutama pada minggu kedelapan belas kehamilan. Vitamin  ini dapat meningkatkan kemampuan bayi untuk membentuk hubungan antarneuron yang sedang tumbuh pesat. Kolin bisa didapat dari kuning telur, daging tanpa lemak, ragi, kedelai, hati, otak, ginjal dan jantung.



Kolin disuplai ke janin melalui transfer plasenta. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan kolin disaat kehamilan , hal ini sangat mempengaruhi perkembangan otak terutama pada saat mengingat.  Hal ini sangat penting terutama pada saat pertumbuhan otak. 

Demikian, beberapa zat penting yang dibutuhkan oleh janin dan anak untuk tumbuh sehat , kuat dan cerdas. Semoga informasi ini bermanfaat . Salam!

Foto koleksi Athifah saat masih bayi :)

Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.