Menu

Featured Post

Nokia 6, Smartphone yang akan Mengingatkan Kita Akan Kualitas Nokia

Assalammualaikum.Wr.Wb Apa kabar Sahabat Keluarga Nawra Nokia adalah sebuah nama yang sempat berjaya pada masanya. Kejayaan ini buka...

Saturday, August 26, 2017

/ /
Kelas Blogger  Bersama Blogger Bengkulu
 

Tahun ini adalah perjalanan kedua dari Blogger  Bengkulu.  Setelah Milad Pertama yang  sukses.  Yang mendulang banyak perhatian dan sponsor.  Namun selesai gegap gembira tersebut.  Tentu saja perjalanan  panjang menanti Bobe sebutan untuk Blogger Bengkulu.  

Sebagai sebuah komunitas tentu saja ke depan makin banyak yang harus dilakukan  untuk meningkatkan  kemampuan dan keterampilan member Bobe seputar ilmu organisasi  dan tentunya ilmu blogging. 

Salah satu visi misi ketika saya mendirikan  Bobe adalah untuk menjadikan Bobe sebagai wadah untuk belajar dan berbagi ilmu blogging  dengan smart  nyaman dan tentunya berpenghasilan. 


Sebagai ketua Bloggerbengkulu  saya pun mulai memikirkan  bagaimana  caranya visi misi tersebut terwujud dengan baik.  Langkah pertama yang saya dan teman pengurus  lainnya lakukan adalah melakukan kegiatan rutin Bobe.  Mengganti nama kegiatan rutin yang sebelumnya kami sebut dengan nama Kopi darat atau kopdar.  Namun di tahun kedua tersebut kami ganti dengan nama kelas blogging. 

Kenapa berganti nama,  sebab saya ingin pertemuan  bulanan  tersebut lebih bermanfaat dan berisi ilmu pengetahuan  seputar blogging. 

Kelas Blogging Pertama 

Kelas ini kami agendakan pada setiap minggu atau pekan ketiga.  Pada jam 13.30 -  15.30.  Rencana pada kelas pertama ini saya yang akan menjadi pembicara pada sesi pertama membahas seputar Review. 


 All Of About Review 

Ada beberapa hal yang saya sampaikan dalam materi ini.  Sebenarnya ini adalah kumpulan pengalaman saya selama memonitize blog saya sehingga bisa menghasilkan. 

Pertama saya sampaikan untuk berani berinvestasi dengan menganti domain blog menjadi domain berbayar.  Meski ada juga sih dan saya pernah mengalami bahwa blog gratisan juga akan dapat jobnya.  Saya pernah mengalami.  Ya, meski harganya sangat kecil.  Dan tidak sering.  Oleh karena itu dengan berminat tentu saja kita akan lebih bisa memetik atau panen untung. 

Kedua,  setelah itu lakukan dengan teratur update atau menulis di blog.  Ya.  Untuk awal buatlah jadwal misalnya menulis setiap senin dan kamis.  Jadi bisa dijadikan latihan dan kegiatan untuk mengasah keterampilan menulis.  Lalu sempatkan waktu untuk berkunjung membaca dan saling komen di berbagai blog lainnya (Blogwalking).  



Yang ketiga adalah gabung dengan komunitas Blogger.  Dimana biasanya di dalam sebuah komunitas baik online atau offline  akan selalu di bagikan berbagai informasi baik seputar ilmu  blogging  atau   informasi undangan pertemuan,  lomba dan job.  Aktiflah di komunitas tersebut  dan libatkan diri secara maksimal pada komunitas  tersebut.  Apalagi jika ada pertemuan secara online  dan Komunitas dalam suatu wilayah tertentu.  Maka datanglah dan Aktiflah di komunitas  tersebut.  Contohnya komunitas Blogger Bengkulu.

Keempat,  saat ditawari job atau diminta mereview  sesuatu.  Maka lakukanlah sebaik mungkin,  amanah  dan tertib.  Yang tak kalah penting adalah tetap membina hubungan baik dengan pemberi jobnya. 



Kelima,  sangat penting untuk belajar menulis yang baik dan memenuhi kaidah kepenulisan.  Agar tulisan di blog kita juga baik dan benar. 

Kelas Blogger Bersama  Central  Elektro 

Setelah sesi pertama membahas soal review.  Maka sekarang  langsung di action.  Yaitu,  mereview tentang Central Elektro.  Sebuah usaha yang khusus mengenai AC.  

Pak Undang  selaku pimpinan atau owner  Central Elektro  menjelaskan mengenai semua layanan dan produk yang dijual oleh CE.  Mulai dari penjualan,  perawatan dan servis mengenai AC. 

 
Memang di Bengkulu,  CE adalah spesialis mengenai  seluk beluk tentang AC.  Oleh karena itu emang sudah tepat jika kita mengadukan semua masalah AC ke pak Undang dan temanya.  Biar tetap sejuk dan dingin. 

Lomba Blog

Untuk mengasah kemampuan sobat Bobe mengenai review seperti produk jasa.  Kelas Blogger Bengkulu kali ini juga akan digelar lomba blog dengan mereview Central  Elektro. 

 
Hadiah yang diberikan juga lumayan buat para pemenang.  Ada Kipas Angin,  Kompor Gas  dan Blender.  Hadiah tersebut  semoga bisa memotivasi para sobat Bobe untuk semangat menulis dan optimal mereview.  Bukan cuma sekedarnya saja.  Atau asal nulis saja. 

Setelah mendengarkan penjelasan  mengenai  seputar AC dan Central Elektro.  Akhirnya sesi kelas Blogger pertama ini akan segera berakhir. 

Tapi tunggu dulu,  sebelum ditutup.  Dan memang sesuai dengan jadwal.  Sebelum jam empat sore. Kegiatan  segera berakhir.  Alhamdulillah sesuai rencana.  Waktunya juga tidak molor. 


Eeeit,  sesi yang paling lama ya biasalah Foto foto pemirsa.  Sesinya lebih lama dari sesi materi.... 

Creeek.....creeek.....creeek.


Teeima kasih ya pak Undang dan keluarga besar Central Elektro atas tempat,  jamuan dan kehangatannya. 
Sampai jumpa ini ya di kelas Blogger  berikutnya.

Thursday, August 24, 2017

/ /
TIPS Penting Tentang AC  Bagi Rumah Tangga
 

Semua anak-anak saya suka sekali suasana sejuk. Digelar ama keluarga saya Putri Salju, beeaah!. Gimana gak, hari hujan saja masih kepanasan dan minta dihidupin AC. Terus herannya di ruangan ber AC masih saja keringatan. Lebih parah lagi ketika di tempat dingin seperti daerah Rejang Lebong yang udaraya sejuk dan dingin seperti kawasan Puncak, Bogor. Semua anak saya gak kedinginan saat mandi pagi. Bahkan Annasya yang masih bayi pun waktu itu mandi tak perlu air hangat. Jadi mau gak mau di rumah kami harus pasang AC, ya demi ketiga putri salju tadi, hahaha. Namun saat membeli AC bagi setiap rumah tangga perlu juga tahu dan mengerti bagaimana cara merawat AC. Bukan cuma bisa menggunakan saja.

Kebutuhan akan AC sekarang bukanlah milik orang berduit saja. Setiap rumah tangga hampir sudah mampu membeli AC. Saat ini AC bukan lagi menjadi barang mewah, kita bisa dengan mudah menemukan AC di rumah-rumah. Ya,  sudah banyak rumah yang terpasang AC. Memang ada banyak AC dan harganya juga bermacam-macam. Kita bisa membeli sesuai dengan kebutuhan dan dana yang tersedia. 

Apalagi memang sekarang suasana dan cuaca tambah panas saja. Udara sekitar cepat sekali membuat kita gerah, meskipun berada di dalam rumah, seketika keringatan menganak sungai saja. Tak bisa dibendung, mungkin kalo diperas udah dapat satu gelas air peluh kita. 

Athifah dan Annasya senang sekali jika di ajak bermain atau madi di siang hari, betah berlama-lama di dalam air. Sejuk yang mereka rasakan.

Annasya senang berendam supaya sejuk
Rambut anak-anak saya semuanya halus malah terkesan lepek. Jadi kalo udah keringatan, udah terlihat aja kusut rambutnya. Apalagi Annasya, jumlah keringatnya jadi lebih sering keluar, gak tahan panas. Akibatnya juga rambutnya jadi sering basah atau lepek.

Jadi memang butuh AC ya, buat dipasang di rumah, supaya anak-anak juga nyaman. Kuatir masuk angin juga jika terlalu sering mandi dan berendam apalagi di siang hari. Nanti bisa sakit.

Jadi, sebelum membeli AC atau memutuskan membeli AC sebaiknya kita juga harus tahu beberapa hal penting berikut ini 

Tips Membeli AC Bagi Pemula

  • Pilih AC yang hemat energi
  • Simpan kartu garansi dan kuitansi pembelian, untuk jaga jika ada kerusakan dalam masa garansi
  • Lakukan perawatan secara rutin
  • Membersihkan AC setiap tiga bulan sekali
  • Tidak terlalu sering berganti tempat service

Nah, kalo kita sudah tahu dan mengerti banyak hal sebelum membeli AC. Ha penting lainnya yang perlu kita lakukan setelah itu , setelah membeli, setelah AC terpasang dan digunakan di rumah. Maka kita harus tau tentang perawatan AC
Teknisi Central elektro Sedang Melakukan Perawatan AC
 Mengapa AC harus dibersihkan

AC harus dibersihkan paling lama tiga bulan sekali

Jika tidak, maka hal ini yang akan terjadi

  • Pendinginan ruangan berkurang
  • Pemakaian listrik bertambah
  • Hembusan angin yang pelan
  • Resiko kerusakan pada komponen ac
  • AC tidak menghasilkan udara bersih
  • Jika aliran udara berkurang 10 % maka pemakaian listrik naik 20 %
Pak Undang, Owner Central Elektro Lagi Menjelaskan Tentang Pentinga Perawatan AC
Kita tidak boleh terlalu sering berganti tempat perawatan atau teknisi  AC sebab akan timbul diagnosa yang berbeda-beda dan penanganan pun akan berbeda-beda tergantung skil teknisinya.

Tips Memilih Tempat Service AC

  • Kantor yang jelas
  • Tenaga teknisinya ahli dan berpengalaman
  • Izin usaha yang jelas
  • Garansi yang jelas
  • Dukungan fasilitas yang layak 
  • Layanan cepat tanggap
Salah satu tempat service dan perawatan AC yang berpengalaman adalah CENTRAL ELEKTRO. Sebab merupakan spesialist AC yang ada di kota Bengkulu.

Saat ini Central Elektro selain melayani jasa service dan perawatan AC terutama pembersihan AC. Central Elektro juga menjual berbagai merk AC dan juga menjual Spare part AC tersebut. Termasuk untuk kerjasama pemasangan. Baik untuk rumah , kantor, toko, hotel, ruko mall, dan lain sebagainya.

Mengapa Melakukan Perawatan AC di Central Elektro

  • Kantor dan alamat jelas
  • Layanan cepat dengan dukungan armada dan teknisi yang kuat
  • Memang khsusu melayani kebutuhan dan segala hal tentang AC
  • Berpengalaman dan skill teknisi terpercaya
  • Ada garansi setiap layanan
  • Harga terjangkau dan bersaing
  • Siap melayani kapan saja dan dimana saja anda membutuhkannya.
Pak Undang, Owner Central Elektro Dengan Beberapa Piagam Penghargaan
Oh, ya harga untuk perawatan dan pembersihan AC, seharga Rp. 75.000,- dengan lama waktu pengerjaan selama 45 menit hingga satu jam.
Jika membutuhkan informasi mengenai AC dan ingin melakukan service atau perawatan AC, maka silakan lamgsung hubungi Central Elektro.

CV Central Elektro

Jalan P. Nata Dirja KM 7,5 No 37 Bengkulu
Telpon (0736) 7324 996
Hp 0811 7360 422
0852 6966 5661

Website : Central Elektro
Fanspage : Central Elektro Bengkulu
Instagram : @central_elektro.bkl

Sumber Foto, Koleksi Pribadi, Sobat Bobe dan Central Elektro



Tuesday, August 22, 2017

/ /
Mengajarkan Arti Kemerdekaan Bagi Anak-anak
 

17 Agustus tahun 45
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka
Nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia 
Merdeka


Tahun ini usia Indonesia 72 tahun.  Perayaan  dan gegap gembira kemerdekaan ini terasa di mana-mana dan dapat dirasakan oleh siapa saja.  Dari anak-anak hingga orang dewasa,  tua dan muda serta kaya dan miskin.. Semuanya sama ingin merayakan kemerdekaan ini dengan gembira.  Berbagai acara dan Lomba digelar untuk memeriahkan HUT RI ini.  Di seluruh pelosok negeri.   Bendera Merah Putih berkisar dengan gagah.

Saya dan suami ingin mengajarkan dan mengajak Nawra usia 10 tahun tentang arti kemerdekaan  tersebut. Supaya dia bisa memahami dan melihat dari berbagai sudut pandang . Terutama dari sudut pandang yang lain.

Jadilah hari ini,  Nawra yang sudah duduk di kelas enam SD tidak sekolah, tidak mengikuti  serangkaian kegiatan tujuh belasan  di sekolahnya.  Mulai dari upacara pengibaran  bendera merah putih  . Kegiatan pembacaan teks proklamasi  dan berbagai kegiatan lomba. 

Tepat di tanggal  17 Agustus  tersebut. Kami mengajak Nawra ngetrip ke pulau Tikus.  Salah satu dari dua pulau yang terdapat di  Bengkulu.  Pulau satunya lagi  bernama Enggano. moga kami pun bisa ke sana juga. 

Tujuan kami mengajak Nawra ke pulau Tikus adalah salah satunya mengajarkan #ArtiKemerdekaan tentang kehidupan anak pulau. Serta makna lainnya dalam peringatan Hari Proklamasi atau kemerdekaan ini. Yang setiap tahun dirayakan oleh bangsa Indonesia pada setiap bulan Agustus.

Semoga kami bisa memberikan pengalaman yang luar biasa bagi NAWRA.

Semua  perlengkapan untuk berlayar ke pulau Tikus sudah siap.  Saya menyiapkan satu tas ransel khusus untuk Nawra.  Semua keperluan selama di sana sudah masuk di dalam tas ransel tersebut. 

Waktu yang dibutuhkan untuk bisa sampai di pulau  Tikus  adalah sekitar 35-- 60 menit.  Tergantung suasana pantai dan cuaca

Oh,  ya kami berangkat  bersama rombongan  Blogger Bengkulu.  Ada sekitar 20 orang yang berangkat. Direncanakan  sampai di sana.  Akan dibuat atau dilakukan semacam acara peringatan HUT RI secara sederhana.  Di isi dengan bernyanyi lagu Indonesia Raya dan Hari Merdeka  dan melakukan  lomba ala tujuh belasan. 

Akhirnya,  kapal kami sampai. Kami turun di atas air sebab belum ada dermaga. Airnya sekitar sebatas lutut. Nawra langsung  membawa barang bawaannya.

Baru Sampai Nawra Kelaparan
Begitu sampai  Nawra langsung minta makan.  Lapar keluhnya. 

Saya sampaikan bagaimana Kak,  jika di sini kita lupa atau tidak ada makanan. Apa yang harus kita lakukan.  

Nawra hanya tersenyum meringgis. 

Lalu kami pun terus masuk ke dalam Pulau.  Atau menuju tengah pulau. Jaraknya sangat dekat.  Ukuran pulau ini hanya sebesar lapangan sepakbola. Jadi kita bisa mengelilingi pulau ini hanya hanya dengan  berjalan kaki saja.  Tidak membutuhkan waktu lama.

Nawra  akhirnya  duduk di tempat yang sudah disediakan oleh penjaga pulau untuk makan. kami pun memberitahunya bahwa di pulau ini hanya ditunggu atau dihuni oleh sepasang suami istri. Mereka memang ditugaskan dan digaji oleh pemerintah pusat untuk menjaga dan menunggui pulau ini.

Saya berikan bayangan, apakah Nawra mau atau siap melakukan seperti yang dilakukan sepasang suami istri tersebut. Mereka hanya berdua dan tidak ditemani oleh anak-anaknya dan sanak keluarganya.

Memang di pulau ini ada aliran listrik dan rumah yang disediakan. Namun, tanpa tetangga, tanpa teman dan tanpa sanak keluarga, untuk tinggal di sebuah pulau berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun bukanlah sebuah perbuatan yang bisa dilakukan semua orang. Menjaga pulau terluar dari Indonesia, demi menjaga keutuhan wilayah Indonesia 
Pengarahan dan Himbauan
Ternyata rombongan kami lapar semuanya, jadi setelah makan. Saya kumpulkan teman-teman dan mengajak mereka untuk mengenang dan menghayati hari kemerdekaan ini. Saya juga menyampaikan, untuk pentingnya menjaga kelestarian ekosistem pantai, tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak dan tidak berkata atau berucap yang tidak senonoh. Termasuk melakukan kegiatan asusila. jadi harus bisa menjaga diri dan ucapan. Saya himbau untuk saling mengingatkan dan menjaga.

Nyanyi lagu Indonesia Raya
Kami lalu bernyanyi lagu Indonesia Raya dan Hari Merdeka. Sembari masing-masing kami mengibarkan bendera merah putih. Bernyanyi juga lebih tertib karena ada dirijennya. Si Nanie yang kebetulan emang biasa jadi dirijen di kantornya.

Setelah bernyanyi, kami pun melanjutkan dengan kegiatan lomba. Lomba kali ini seperti lomba tujuhbelasan yang biasanya dilakukan. Yaitu lomba MAKAN KERUPUK.

Nawra Pede Ngelomba

Untuk tim pertama Nawra ikutan dengan rombongan laki-laki. Dia memang ingin ikutan tanpa paksaan dan memang dia enjoy melakukannya. Meski lawannya para lelaki dan ada juga yang bapak-bapak. Tidak ada peserta anak-anak. Tetapi Nawra senang sekali dan menikmati. Saya pun sangat senang.

Waktu saya tanyakan, kenapa  dia mau. Dengan senyum dia menjawab,

Hari ini kan ulang tahun Indonesia, jadi semua orang bahagia. Semua orang harus ikut memeriahkan dengan ikutan lombanya. Jangan malu.

Saya pun tersenyum, bahagia....

Lomba Makan Kerupuk

Setelah melakukan kegiatan lomba, kami akhirnya tiba pada bagian yang sudah ditunggu-tunggu oleh Nawra yaitu bermain di water spot atau bermain di dalam air. Ada sesi menyelam di dalam air dan bertemu dengan Clown Fish atau ikan Nemo yang berwarna orange putih yang tersohor di film Finding Nemo.

Nawra senang sekali , dia pun segera berlari ke arah laut. Meski pun Nawra sudah bisa berenang dengan gaya dada dan bebas. Namun harus tetap diawasi. Berenang di lautan sangat berbeda dengan di kolam renang.

Saya pun ikut menemani dan mengawasinya dengan saksama. Dia pun sangat senang keluar masuk ke dalam laut. Berkali-kali dia bercerita kalo saat menyelam di dalam laut itu dia melihat Nemo berkali-kali. Padahal sesi giliran berfotonya belum tiba. Tapi Nawra sudah menyelam berkali-kali dan bertemu Nemo berkali-kali.

Bertemu Nemo
Saat bermain di pinggir pantai, tak hentinya Nawra bercerita tentang keberhasilannya melihat Nemo, dan dia pun ingin  melakukannya berkali-kali. Saat duduk Nawra bercerita, alam laut Bengkulu yang indah ini harus dijaga dan dilestarikan. Ini merupakan sumber daya alam yang bisa diperbaharui, dia pun bercerita tentang pelajaran sekolahnya.

Pasir pantai pulau Tikus yang bersih membuat Nawra juga betah berlama-lama duduk dan bermain di atas pasirnya. Bahkan celana dan bajunya juga dipenuhi dengan pasir dan terumbu karang. Nawra cuek saja, meski kotor dan penuh dengan pasir. Alasannya nanti bisa dicuci dan dibersihkan. tetapi menikmati pasir dan laut yang indah ini tidak bisa sering dilakukan. Nawra, benar entah kapan kami bisa datang lagi kemari.

Lama sekali saya membujuk Nawra untuk menepi dan berganti pakaian. Dia tidak mau, berganti pakaian. Mau bermain air saja dan bermain pasir.

Pasirnya Putih Bersih, Betah Bermain


Akhirnya saya pun memutuskan ya, sudahlah biarlah dia menikmati semua ini. Biar dia bisa menikmati udara bersih, bermain dengan leluasa dan berekspresi sebebasnya, seperti layaknya anak yang merdeka. Saya hanya mengawasinya di pinggir.

Setelah hampir setengah hari di sana, sebab cuaca yang sejuk dan sedikit mendung. meski tak turun hujan. membuat Nawra lupa. Padahal itu sedang dalam kondisi yang terik. Beruntungnya  saya sudah memberikan wajahnya sunblock yang terbaik. jadi gak kuatir gosong.

Lalu, tak berapa lama saya mengajak Nawra untuk shalat Zuhur. Kali ini tak perlu di jamak shalatnya. Sebab, in sya Allah waktu ashar nanti kita sudah berada kembali di rumah. hari baru menjelang jam setengah dua siang.

Shalat Zuhur Di Tepi Pantai


Saya katakan kepadanya, salah satu arti merdeka dan wujud kemerdekaan itu adalah kebebasan kita menjalankan amalan ibadah kita secara bebas dimana saja. Misalnya shalat. Di pulau Tikus ini kita bisa shalat di mana saja asalkan tempatnya bersih dan tidak ada najis. Kami pun melakukan shalat berjamaah sedangkan abinya melakukan shalat di tempat lain, sebab beliau tadi harus berganti baju.

Tak terasa hari semakin bergerak sore, di jam setengah tiga kami pun bergerak untuk pulang. Sebab jika terlalu lama kuatir angin pantai atau gelombang laut tinggi dan tidak bersahabat sehingga sulit untuk pulang. Saat diumumkan persiapan untuk pulang . Nawra masih saja asik bermain di pantai. Bahkan saat berjalan menuju ke kapal pun celana dan bajunya masih basah, penuh juga dengan pasir. Dia benar-benar masih ingin bermain.

Sepanjang jalan menuju ke kapal, Nawra banyak bertanya dan ingin tahu lebih banyak. Tentang pulau Tikus dan juga tentang negara Indonesia yang banyak pulaunya. Dia mempertayakan apakah semua anak-anak di berbagai pulau di Indonesia  sekolah seperti dirinya atau tidak. Lalu apakah mereka juga diperhatikan oleh pemerintah, apakah mereka ada rumah, makan setiap hari dan banyak pertanyaan lainnya.

Saya sampai bingung juga menjelaskannya, apalagi jika dibandingkan dengan apa yang dia dapatkan. Tentu saja lebih dari cukup yang didapatkan oleh anak-anak yang tinggal di pulau teluar Indonseia.



Oleh karena itu, tahun ini Nawra belajar dan kami juga sebagai orang tuanya belajar tentang arti merdeka itu adalah bersyukur, menjaga dan merawat serta mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang baik dan bermanfaat bagi orang lain.

Sampai jumpa, sudah naik kapal lagi, mau pulang menuju kota Bengkulu ya ! Nawra kalo di dalam kendaraan apa lagi kayak kapal begini, udah langsung molor saja. Alasannya supaya gak mabuk!

Salam Merdeka, Dirgahayu Indonesiaku ke 72, jayalah selalu bangsaku!

Sunday, August 20, 2017

/ /
Paket Wisata Keluarga Ke PULAU TIKUS
 

Waktu lebaran Idul Fitri  yang  lalu,  kami kebetulan kedatangan keponakan  dari sebelah suami yang berasal dari kota Palembang.  Berencana untuk menghabiskan  liburan  sekolahnya di Bengkulu,  selama lima hari empat malam.

Kami mengajak keponakan tersebut  keliling  ke kota Bengkulu.  Sampai akhirnya  berhenti makan di pantai Malabero.  Saat makan kami melihat pulau Tikus yang terpampang jelas di depan mata kami. Kemudian kami juga sempat membaca papan pengumuman  tentang paket wisata ke pulau Tikus.  Saya,  suami dan tentunya keponakan sangat antusias  untuk bisa pergi ngetrip ke pulau Tikus tersebut.  Saya sempat mencatat nomer kontaknya.
Setelah dihubungi,  sayang selama keponakan  liburan di sini.  Selama itu pula paket trip ke pulau Tikusnya libur,  hehehe. Maklum masih suasana liburan.
Ya, buyarlah keinginan untuk ke pulau Tikus tersebut. 
 
Kami janjikan,  semoga tahun depan bisa datang lagi liburan jadi bisa ke pulau Tikus.  Kami harapkan juga tahun depan dia bisa datang bersama anggota  keluarga yang  lain.  Biar lebih rame dan seru.
Hari berlalu  ,  kapan kami lewat daerah itu,  selalu teringat keinginan  kami untuk ke pulau Tikus.  Dan ternyata gak begitu lama.  Keinginan  tersebut akhirnya  Allah berikan  jalannya.
Tepat di tanggal 17 Agustus  2017, ini saya,  suami dan Nawra akhirnya jadi berangkat ke pulau Tikus dengan rombongan  Blogger  Bengkulu.


Seru ya,  bukan cuma #keluarganawra  saja yang akan  berangkat.  Tetapi  juga keluarga besar #bloggerbengkulu  . Ini pasti akan menjadi sebuah perjalanan  yang sangat  berkesan dan pastinya seru.
Ada beberapa  hal yang penting untuk diperhatikan  sebelum memutuskan  untuk pergi ke tempat baru . Terutama jika ingin berpergian bersama keluarga.
1. Buatlah jadwal yang pas,sesuai dengan jadwal setiap anggota keluarga,  supaya tidak saling menganggu.
2. Siapkan dana dengan matang
3. Siapkan fisik dan pikiran serta psikologis  yang bagus apalagi jika mengajak anak-anak.
4. Carilah informasi sebanyaknya  mengenai objek  wisata akan  dikunjungi.
5. Gunakan agen travel  atau jasa paket wisata 

poin nomer lima Ini sangat penting apalagi ketika kita pergi ke suatu tempat yang baru .  Kita harus menggunakan  jasa agen travel atau paket wisata yang  berpengalaman.  Agar kita lebih aman dan nyaman.
Kenapa Gunakan Paket Wisata /Agen Wisata
Meski saya orang Bengkulu  dan lahir serta besar di Bengkulu.  Liburan ke pulau Tikus  tidak seperti  ketika kami memutuskan ingin piknik di  pantai Panjang  atau ke Kampung Sejahtera.  Ke pulau Tikus  itu butuh persiapan  yang lebih matang dan baik.  Karena kita akan menyeberang  lautan untuk bisa sampai ke lokasi. Oleh karena untuk lebih aman maka Gunakanlah  Paket Wisata Pulau Tikus . Terutama yang sudah berpengalaman di bidangnya.
Keluarga saya memutuskan untuk ikutan ngetrip dengan jasa agen atau paket wisata ke pulau Tikus yang dikelola oleh pak  Thomas . Lewata koperasi jasa Sapta Pesona Wisata

Ada Beberapa Pilihan Paket Trip yang Bisa Kita Pilih.

Kali ini saya akan berpergian ke pulau Tikus bersama suami dan putri pertama kami Nawra yang baru berusia 10 tahun (kelas 6 SD)

Anak diperbolehkan ikuta ngetrip ke pulau Tikus
Pilihan Paket Trip Ke Pulau Tikus Bersama Koperasi Jasa Sapta Pesona Wisata

1.Paket Snorkeling Rp 150.000/orang itu fasilitasi yang kita dapatkan : 

  • Transport PP
  • Life jacket
  • Asuransi
  • Snorkeling
  • Dokumentasi
  • Guide

2.Paket Fun Trip Rp.200.000/orang itu fasilitasi yang kita dapatkan : 

  • Transport PP,
  • Life jacket,
  • Welcome drink
  • Asuransi
  • Makan siang
  • Snorkeling,
  • Dokumentasi,
  • Guide

3.Paket Full Fasilitasi Rp 200.000 /org itu fasilitasi yang kita dapatkan : 

  • Transport PP,
  • Life jacket
  • Welcome drink
  • Asuransi
  • Makan siang,
  • BBQ/bakar ikan,
  • Toilet/kamar bilas
  • Snorkeling
  • Dokumentasi
  • Guide

Untuk paket Ini kalo peserta kurang dari 8 orang, bisa ambil paket carter boat,  atau bisa konfirmasi jauh hari agar biar bisa kita carikan teman tandemnya untuk saling minutupi akomodasi. Waktu berangkat biasanya saat  weekend karena biasanya setiap weekend ada peserta group / peserta perorangan


4.Paket Gathering Rp. 350.000/orang fasilitasi yang kita dapatkan : 

  • Transport PP
  • Life jacket
  • Welcome drink
  • Asuransi
  • Makan siang
  • BBQ/bakar ikan
  • Toilet/kamar bilas
  • Snorkeling
  • Fun game/pelatihan leadership
  • Dokumentasi
  • Guide
Biasanya paket Ini utk perusahaan

5.Paket Menginap Rp. 400.000 /orang fasilitasi yang kita dapatkan : 

  • Transport PP,
  • Life jacket,
  • Welcome drink
  • Asuransi
  • Makan siang,
  • BBQ/bakar ikan,
  • Toilet
  • Kamar tidur./tenda,
  • Lighting,
  • Sound
  • Snorkeling,
  • Dokumentasi,
  • Guide 

Biasanya paket Ini paket untuk peserta minimal 10 org .

Untuk penginapan sendiri bisa menggunakan kamar di mercusuar yang bisa di pake 2 kamar/ pake tenda. Berangkat biasanya jam 3 sore kembali jam 10-11 pagi. Sudah termasuk makan malam,  sarapan, pada malam harinya ada api unggun & bakar ikan

6.Charter Boat seharga Rp. 1.500.000,-  Ini biasanya  jika jumlah peserta/penumpang hanya 5 orang. Harga tersebut, sudah termasuk fasilitasi 

  • Transport PP
  • Life jacket
  • Asuransi
  • Makan siang
  • Welcome drink
  • Snack
  • Snorkeling
  • Dokumentasi
  • Toilet. 
 

Nah, itu beberapa pilihan paket wisata ke pulau Tikus yang bisa kita pilih. Nanti setelah mendaftar kita akan dikumpulkan di suatu tempat yang lokasinya di dekat objek wisata Sendal Jodoh, sangat berdekatan dengan lokasi wisata tersebut. Dari titik kumpul ini kemudian kita akan berangkat menuju pulau Tikus. Di sepanjang atau di sekitar tempat ini juga disediakan tempat parkir. Oleh karena itu kita boleh membawa kendaraan. 

Selain itu di sekitar tempat ini juga tersedia aneka makanan dan minuman. Kita bisa membeli makanan atau minuman tambahan. Sebab di pulau Tikus tidak ada yang menjual makanan atau minuman. Yang tersedia hanya Pop Mie saja.

Namun kita tak perlu kuatir, pada paket trip yang kita pilih tersebut, ada paket yang sudah langsung menyediakan atau memberikan fasilitas makan siang dan snack. 

Perjalanan yang akan kita tempuh hanya sekitar 40 menit saja, jadi tidak begitu lama. Begitu sampai di pulau Tikus kita bisa langsung membuka bungkusan makanan jika sudah terasa lapar. Yang perlu dipersiapkan adalah kondisi fisik kita agar tidak terkena mabuk laut.

Nawra, selama perjalanan hanya tidur saja, sesekali dia mengeluh terasa mual dan ada keinginan untuk muntah. tetapi selama perjalanan dia tidak muntah, malah tertidur pulas.

Perjalanan Menuju Pulang, Nawra Masih Makan Pop Mie
Saat berangkat kami memulai sekitar jam sepuluh pagi, dan pulang kembali dari pulau Tikus sekitar jam setengah tiga. Jadi kami pun tidak perlu menjamak shalat di pulau Tikus. Shalat ashar bisa kami lakukan di rumah saja.

Cukup lama dan puas kami bermain di pulau Tikus, mengitari pulau, bermain air, mandi pasir, mandi air. bertemu dengan ikan hias yang Nawra sebut Nemo. Untuk melihat dan berfoto dengan Nemo tersebut, kami harus menyelam.

Bertemu dengan Nemo :)

Oleh karena itu, liburan ke pulau Tikus akan terasa lebih asik jika bisa mengajak keluarga, sahabat atau teman secara bersamaan. Menikmati keindahan alam dengan rame tentu saja akan terasa lebih asik. Anak-anak juga boleh ikutan trip ke pulau Tikus ini. Untuk anak usia di atas lima tahun. Jika di bawah itu sebaiknya belum dulu di ajak ke pulau Tikus. Kuatir akan terkena sakit dan mabuk laut.

Jadi kapan kamu dan keluarga ingin ke pulau Tikus, segera ya.

Hubungi saja nomer kontak dan sosial media di bawah ini, untuk membantumu dan keluarga nyaman berpergian ke pulau Tikus tersebut

Sapta Pesona Wisata ((Thomas))

Instagram :  @wisata_pulautikus
Wa/Hp : 0813 6779 4296
Line : 0821 8610 0401

Friday, August 18, 2017

/ /
Buku Wajib Dibaca Ibu Hamil dan Menyusui


Masa kehamilan adalah sebuah masa yang sangat dinantukan bahkan ingin diulang berkali-kali  oleh sebagian wanita.  Apalagi saat masa menyusui  datang.  Kedua periode tersebut pada seorang  ibu adalah sebuah masa yang kadang dirindukan dan penuh kenangan. 

Meski hamil sudah berkali-kali,  tetap saja sensasi yang dirasakan  selalu saja berbeda untuk setiap anak.
Meski keluar dari rahim ibu yang sama

Saya pun begitu,  empat kali hamil.  Empat kali pula merasakan hal yang berbeda.  Bahkan saat melahirkan  dan Menyusui.  Tetap saja saya butuh banyak informasi  dan belajar mengurus  anak. 
Selalu merasa ada ilmu yang  kurang dan butuh asupan informasi.

Saya banyak mencari tahu, mencari  berbagai informasi  terkait  kehamilan  dan Menyusui.  

Cara yang paling mudah adalah dengan membaca buku.  Kenapa,  karena bisa di bawa kemana-mana  dan tidak takut kena lemot. Alias sinyal lambat. 

Nah,  kalo ngomongin soal buku kehamilan dan Menyusui  saya punya cerita mengenai #BukuNostalgia yaitu buku saya sendiri.  Yang berjudul Pintar Nutrisi Ibu Hamil dan Menyusui  Golongan Darah.  

Bukunya ada empat,  sesuai dengan golongan darah manusia yaitu golongan darah  A B AB dan O

Kenapa saya bilang ini buku nostalgia.  Iya,  sebab saya menulis dan menyelesaikan  buku ini saya dalam kondisi hamil muda.  Sedang mabuk naskah,  revisi dan editor.  Sekaligus juga mabuk hamil. 

Buku in terdiri atas enam BAB. pada bagian terakhir dilampirkan berbagai menu yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

Sinopsis :

Kehamilan dan fase menyusui adalah suatu masa yang sangat dinantikan dan diharapkan oleh setiap ibu, selalu mampu melahirkan rasa gembira namun juga kecemasan. Baik untuk kehamilan dan fase menyusui yang  pertama kali atau  yang selanjutnya. Selalu akan menimbulkan rasa kuatir. Oleh karena itu seorang ibu akan selalu berusaha untuk menjaga kehamilan dengan sepenuh hati agar tidak terjadi segala sesuatu yang akan berdampak buruk bagi kesehatan si ibu apalagi bagi si janin. Berusaha untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang sehat agar  dapat merangsang pertumbuhan janin dengan baik. Begitupun saat memasuki fase menyusui seorang ibu akan berupaya sebaik mungkin untuk memberikan ASI yang terbaik bagi anaknya. Seorang ibu akan mencari banyak informasi yang berkaitan dengan nutrisi yang harus dia makan setiap hari agar nutrisi tersebut dapat memberikan efek yang baik bagi si anak. Agar anaknya sehat dan tumbuh kembangnya akan baik, menjadi anak yang sehat dan cerdas.

Monday, August 14, 2017

/ /
Mempersiapkan Anak Juara Dari Rumah
Hayo, anak-anak di rumah selain belajar secara formal di sekolah. Pasti juga ikutan kursus ini, kursus itu. Ikut les ini, les itu, bimbingan belajar ini, bimbingan belajar itu. Gak cukup rasanya cuma belajar di sekolah. Pulang sekolah harus ikutan les yang lainnya. Kadang mata pelajaran atau materi lesnya juga sama. Sama persis malah yang diajarkan di sekolah.

Bagi saya anak boleh saja ikutan kursus atau les untuk keterampilan atau ilmu tertentu. Jadi sebaiknya yang sudah dipelajari di sekolah tak perlu ditambah lagi di kelas bimbingan atau les

Kenapa anak butuh les tambahan atau kursus, jika ada keterampilan dan ilmu yang kurang didapati atau tidak dipelajari oleh anak di sekolah. Contohnya les renang, les musik, les taekwondo dan lain sebagainya yang memang kurang bahkan tidak dipelajari oleh anak di sekolah.

Apalagi sejak kemajuan teknologi internet saat ini. Dimana banyak informasi yang bisa kita akses dengan mudah dan cepat. Sarana internet bisa kita jadikan sarana belajar dan mencari berbagai informasi. Termasuk materi pelajaran sekolah anak.

Semua Anak Itu Juara

Kita sudah tahu ya, bahwa kecerdasan anak itu ada jenisnya. Jadi setiap anak akan mempunyai kelebihan kecerdasan tertentu. Akan berbeda dengan teman-temannya. Hal ini juga akan tetap berbeda antara kakak dan adik yang dilahirkan dari rahim ibu yang sama. Kecerdasan dan potensi setiap anak tentu saja berbeda. 

Jadi kita sebagai orang tua pun dituntut untuk bisa berpikir keras dan melakukan berbagai cara untuk menstimulus kecerdasan anak. Tidak ada anak yang dilahirkan tanpa kelebihan dan potensi terbaik, tergantung orang tuanya yang akan membantu si anak untuk merangsang kecerdasan tersebut agar ke luar dan tersalurkan dengan benar.

Setiap anak mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda. Tergantung tipe kecerdasan yang dominan yang ada pada dirinya. Oleh karena itu orang tua mempunyai peranan yang penting untuk menstimulus kecerdasan tersebut. 

9 Tipe Kecerdasan Anak 
 
9 Tipe Kecerdasan Anak

Bagaimana, coba dicek dan diperhatikan, anak-anak di rumah kecerdasan apa yang lebih dominan terlihat. Sudah bisakah kita menstimulus kecerdasan tersebut.

Kesulitan Menstimulus Kecerdasan Anak

Sebagai orang tua kita bisa mencari tambahan ilmu pengetahuan atau mengajak anak untuk belajar sendiri dari rumah dengan informasi yang bisa kita akses secara online di web http://www.rumahjuara.com. Informasi yang disajikan juga sangat  mudah untuk kita paham.

Cara Login atau Mendaftar di Rumah Juara

Pertama sekali kita cari tombol Daftar, kita klik saja. Lalu kita pilih daftar sebagai orang tua. Kemudian ada isian data.Ya, kita isi saja dengan data yang benar (isi biodata secara lengkap dan benar). Setelah itu, tunggu saja (kita akan mendapatkan) notifikasi atau pemebritahuan(pemberitahuan) selanjutnya. Pada dasarnya cara daftarnya juga sangat mudah tak perlu ilmu khusus. Menggunakan fiturnya juga sangat mudah.
 
Hayo, manfaatkan mumpung gratis

Setelah mendaftar kita bisa memilih layanan untuk order paket yang tersedia di Rumah Juara. Paket tersebut ada yang satuan atau yang paket semester. Silakan kita pilih tergantung kebutuhan. Berikut ini saya kasih lihat contoh cara order paket Rumah Juara.

Cara order paket di Rumah Juara


5 Alasan Mengapa Harus  Belajar Di Rumah Juara


1.    Rumah Juara, adalah media pembelajaran yang terpercaya dan ramah untuk anak-anak
2.    Rumah Juara adalah solusi bagi anak yang mengalami kesulitan belajar sendiri
3.    Untuk orang tua yang sibuk, Rumah Juara membantu memonitor hasil belajar anaksecara berkala
4.    Tidak perlu kuatir ketika berpergian bersama anak, karena bisa diakses dimana pun, kapan pun dan dari perangkat apa pun
5.    Dibandingkan dengan media pembelajaran lain, Rumah Juara memberikan manfaat yang banyak

Dengan berbagai alasan tersebut, maka saya sebagai orang tua pun akhirnya tertarik untuk menggunakan media pembelajaran yang telah disiapkan oleh Rumah Juara. Untuk Nawra, yang saat ini sedang duduk di kelas enam SD. Saya tidak lagi mengikutsertakan dia untuk ikut berbagai les di luar sekolah kecuali yang diadakan atau dilakukan di sekolah.

Mengapa, sebab di Rumah Juara saya bisa membaca terlebih dahulu materi pelajaran sekolah Nawra . Saya  juga bisa membantu dia memahami berbagai materi pelajarannya di sekolah dengan baik dan tentunya menarik. Saya bisa mencari solusi untuk membantu Nawra lebih memahami dan mengerti materi pelajaran sekolahnya.

Ajak yuk, anak bergabung di Rumah Juara

Di Rumah Juara itu juga tersedia produk Media Interaktif, E-book dan bank soal. Yang semuanya dapat dengan mudah kita akses dimana saja, tanpa terbatas ruang dan waktu.

Saat ini daripada Nawra asik tak menentu kadang lupa waktu bermain gadjet. Saya alihkan kegiatan tersebut dengan cara membuka bank soal atau materi pelajarannya lewat handphone sehingga dia tetap bermain handphone tetapi pelajaran sekolah yang dimainkan atau gunakan.

Kita tidak bisa melarang anak untuk tahu dan menggunakan teknologi termasuk internet dan gadjet, namun sebagai orang tua yang bijak kita bisa mengalihkan keinginan anak untuk bermain handphone tersebut dengan belajar di Rumah Juara. Jadi situs yang di buka anak adalah situs Rumah Juara.

Dengan Rumah Juara, kita bisa mendidik anak dan menghasilkan anak juara dari rumah. Kita bisa membantu anak-anak untuk lebih siap belajar di sekolah,  menghadapi ujiannya dan mencapai cita-citanya

Saturday, August 12, 2017

/ /
Persiapan Liburan Keluarga Ke Gili Trawangan


Saya dan keluarga sangat suka pergi liburan. Baik di daerah sekitar tempat tinggal (Staycation) , sering juga ke luar kota. Bahkan ke luar provinsi. Bagi keluarga saya liburan itu adalah sebuah tradisi yang memang kami rencanakan dan kami persiapkan. Setidaknya dalam setahun ada dua kali kami pergi liburan. Liburan sekolah yang biasanya disambung dengan libur lebaran dan liburan akhir tahun. Tahun ini kami berencana untuk liburan ke pulau Lombok, salah satunya mengunjungi Gili Trawangan. Sama seperti halnya liburan sebelumnya, kami juga sudah mempersiapkan beberapa hal. Termasuk Persiapan Liburan Ke Gili Trawangan ini

Kenapa sih kami tertarik liburan ke Gili Trawangan. 

Yups, Gili Trawangan ini adalah salah satu pulau atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Di Lombok ada beberapa Gili seperi Gili Meno, Gili Air. Namun Gili Trawangan memiliki fasilitas wisatawan yang lebih beragam dari gili lainnya. Dengan panjang 3 Km dan lebar 2 Km.

Kelebihan Gili Trawangan dibandingkan dengan pantai lain adalah kita dapat menikmati sunset dan juga sunrise sekaligus di pantai ini! Hal ini terjadi karena Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap timur dan menghadap barat, dan jaraknya tidak terlalu jauh. Sehingga baik sunrise maupun sunset dapat kita nikmati di pantai ini.

Wow, keren banget ya…satu tempat bisa menikmati sunrise dan sunset sekaligus !!

Di Gili Trawangan juga kita dapat melihat kesenian bela diri tradisional yang bernama presean atau stick fighting yang biasanya dipertontonkan di sekitar pasar seni Gili Trawangan.

Lalu ini juga yang bikin Gili Trawangan menarik, kami bisa liburan sekaligus olahraga. Di sana tidak ada kendaraan dan banyak aktivitas motorik.

Di Gili Trawangan (begitu juga di dua gili yang lain), tidak terdapat kendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda (disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan) dan cidomo, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. Untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu, penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor dan speedboat.
Salah satu keindahan Gili Trawangan, Sumber IG @nandasuherman

Aturan tersebut yang membuat akhirnya banyak tercipta objek wisata yang bisa dinikmati dan dilakukan oleh pengunjung. Saat berkunjung ke Gili Trawangan.

Ada beberapa hal yang akan saya dan keluarga nikmati di sana. Dan itu sudah kami cari tahu sebelum ke Gili Trawangan. Supaya begitu sampai di sana, kami tidak bingung lagi. Kami sudah tahu apa yang harus saya, suami dan anak-anak lakukan. Sayang banget kan, jika kita kebingungan di tempat liburan, hahaha. Gak tahu apa yang harus dilakukan!

Ada beberapa kegiatan wisata yang bisa kita lakukan di Gili Trawangan.

1..     Bersepeda

Melakukan aktivitas sepeda santai di pagi atau sore hari di Gili Trawangan . Udaranya segar tanpa polusi asap kendaraan. Mengendarai sepeda atau menuntun sepeda. Membuat kita merasakan  berbaur dengan alam. Kita bisa bersepeda menyusuri tepi pantai sambil memandang deburan ombak.

2.     Berenang

Mandi di pantai adalah sebuah kegiatan yang sangat menarik sekaligus mengasyikkan. Akan sangat disayangkan jika kami tidak mandi di pantai. Jadi harus membawa baju ganti dan perlengkapan untuk mandi sekaligus berenang. Yang perlu diingat , jangan sampai jauh ke tengah apalagi jika melewati rambu-rambu yang ada karena hal itu bisa berbahaya.

2.     Menyelam

Saya, Suami dan Nawra bisa menyelam, jadi kami akan  mencoba aktivitas diving di pantai untuk melihat  kehidupan bawah laut disana. Bisa merasakan berenang diantara ikan-ikan kecil dan terumbu karang yang indah. Jika belum bisa ada juga tempat kursus singkat  di discovery scuba diving. Jadi kita tetap bisa menyelam ya!

3.     Water Sport

Ada lagi aktivitas seru lainnya yang berhubungan dengan olahraga air, kita bisa naik banana boat, jet sky atau pun lainnya. 
Main Ayunan, sumber IG @shellaadwi

5.     Jalan Kaki

Tidak adanya kendaraan bermotor, membuat kita akan banyak melakukan aktivitas berjalan kaki. Saat menuju pantai dan menyusuri tepi pantai. Berjalan  di antara deburan ombak, berlarian. Selain itu kita bisa berjalan kaki saat mencari makan, mencari oleh-oleh atau kegiatan lainnya.

Jalan Kaki Juga Asik, Sumber IG @nandasuherman

6.     Naik Cidomo
Di Gili Trawangan ada kereta kuda yang disebut oleh warga setempat dengan nama Cidomo. Kita bisa juga berkeliling menikmati keindahan alam Gili ini dengan naik Cidomo.

7.     Berfoto
Hal ini pasti saya dan keluarga lakukan. Baik foto dengan latar belakangan alam Gili atau dengan aktivitas wisata. Dan yang pasti saya akan banyak selfie di sana. Banyak tempat yang instagram-able.

Berfoto, Sumber IG @nandasuherman


8.     Berkuda
Di Gili trawangan juga ada istal tempat pacuan kuda, yang terkenal adalah sunset stables dan stud tables. Mengendarai kuda di tempat seindah Gili Trawangan pasti akan sangat mengasyikkan. 

9.     Berwisata Kuliner
Menikmati makanan, bisa menu ala internasional di berbagai kafe atau menu tradisional yang juga sangat banyak dijual di Gili Trawangan. Semuanya itu bisa kita nikmati, tergantung selera dan juga pastinya tergantung duit juga, hehehe!

Salah satu kuliner di Gili Trawanagn , Sumber IG @nandasuherman


Nah, itu beberapa spot wisata yang bisa kita nikmati di Gili Trawangan. Cukup banyak ya, Kayaknya tidak cukup jika hanya satu hari untuk melakukan dan menikmati itu semua. Pasti belum puas. Jadi ada baiknya kita persiapkan juga rencana jika harus menginap di Gili Trawangan. Buat jaga-jaga ya.

Persiapan Liburan Ke Gili Trawangan

Bagi saya dan keluarga, persiapan yang baik dan matang adalah salah satu indikasi awal bakal suksesnya sebuah liburan. Oleh karena itu kami mempersiapkan untuk keperluan liburan dengan baik-baik. Semaksimal mungkin.

1.    Mempersiapkan Dana, jiwanya sebuah liburan itu adalah Duit. Oleh karena itu kita perlu juga persiapan duit yang matang. Meskipun ada banyak trik dan tips yang bisa kita lakukan untuk berhemat. Mulai dari hemat soal tiket, hotel, makanan dan lain sebagainya. Dana yang harus dipersiapkan tergantung dengan tujuan wisata yang akan kita datangi, kendaraan apa yang akan kita gunakan, lamanya liburan dan akan menikmati apa saja. Oleh karena itu persiapan dana harus dengan itungan yang baik. 

2.    Mempersiapkan informasi dan wawasan tentang objek wisata yang akan dikunjungi. Supaya itu tadi yang sudah saya jelaskan sejak awal. Tidak bingung dan sudah tahu apa yang harus dilakukan.

3.    Mempersiapkan kondisi fisik. Kami pergi dengan membawa satu orang anak dan dua orang balita. Mereka harus di jaga kondisi kesehatannya. Saya biasanya juga selalu memberikan suplemen beberapa waktu sebelum keberangkatan dan tetap minum suplemen saat melakukan liburan. Kondisi fisik yang sehat bukan saja penting bagi anak-anak. Saya dan suami juga harus menjaga kesehatan.

4.    Mempersiapkan pakaian . Hal yang paling penting dilakukan adalah menyesuaikan kondisi atau cuaca tempat wisata yang akan dituju, berapa lama dan akan melakukan kegiatan apa saja. Tentu akan berbeda persiapan pakaian ke tempat wisata daerah dingin dan daerah pantai. Lama waktu liburan juga sangat mempengaruhi jumlah pakaian yang dibawa. Dan yang tak kalah penting adalah mengetahui kegiatan apa yang akan dilakukan. Jika sudah dibuat agenda akan ada aktivitas berenang atau bermain air. Sudah pasti harus mempersiapkan pakaian renang. Usahakan juga tidak terlalu banyak membawa pakaian, pilih bahan yang tidak mudah kusut, mudah kering dan bisa dipadu padankan.

5.    Mempersiapkan Tiket dan akomodasi penginapan. Pergi dengan membawa tiga anak dan dua  orang dewasa . Tentu saja membuat saya dan suami juga ektra cari harga tiket dan penginapan yang ramah di kantong. Selain harga yang bersahabat. Kami juga membutuhkan cara pembelian tiket dan akomodasi yang praktis, mudah dan jelas. Lebih hemat waktu dan pastinya juga hemat tenaga dan hemat duit. 

Untuk soal pemilihan tempat membeli tiket dan akomodasi ini kami memang sudah mempunyai beberapa agen tiket dan situs pembelian tiket dan booking  hotel online. Kami akhirnya melakukan pencarian ke beberapa agen dan situs tiket online. Memantau harga dengan seksama. Kami membeli tiket dan mem- booking kamar hotel. Kami lakukan satu-satu. 

Eh, setelah beberapa hari melakukan kegiatan tersebut. Memantau harga tiket dan hotel. Akhirnya kami baru tahu, kalo ternyata di Traveloka. Bisa pesan tiket sekaligus pesan hotel. Dan hal itu bisa dilakukan secara bersamaan. Tidak perlu satu-satu. Memantaunya juga bisa dilakukan bersamaan.

Istilah kata Traveloka itu bersama Togother Better. Benar juga ya, kenapa harus repot pesan satu-satu jika bisa dilakukan sekaligus. Tentu lebih praktis. 

Bersama Lebih Hemat Cocok Sekali


Yo, sudahlah akhirnya meski agak terlambat, kami pun pindah bokingan, hehehe. Gak masalah ya, kan belum dibayar. Kalo udah di issued, itu baru rugi besar. Ini paling rugi waktu dan tenaga saja.

Setelah kami coba ternyata untuk pesan produk paket tiket dan hotel ini secara bersamaan  Ternyata emang  sangat mudah dan menghemat waktu banget.  Sama halnya dengan kalo kita boking satu-satu. Saat pesan bersamaan juga akan tampil beberapa pilihan baik tiket maupun hotel. Kita bisa memilih sesuai selera dan budget kita. Pilihannya juga banyak loh, harus hati-hati juga melihat dan membaca informasinya. Supaya dapat harga tiket dan hotel impian. 

Ya, sudah  di-booking tinggal dibayar. Sebaiknya kalo mau bayar jangan menunggu sampai dekat limit ya. Supaya gak panikan dan booking-an hangus. Jadi bayarlah secepatnya. Apalagi jika memang dalam kondisi sudah bisa dipastikan  kita akan berangkat liburan.

Bisa Langsung Booking Tiket dan Hotel Sekaligus

Setelah kami bandingkan ternyata harga lebih murah daripada  dengan harga waktu kami pesan satu-satu.Terlihat  sekali perbedaan harganya. Tentu saja saya senang banget ya, jadi bisa saving dana lagi buat persiapan yang lain.

Dan….trada! Waktu kami akan membayar ternyata,  harganya memang lebih murah dibandingkan dengan memesan tiket & hotel secara terpisah. Lebih hemat jika dipesan sekaligus.  Jadi ada simpanan dana tambahan dana buat makan, beli oleh-oleh atau di tabung buat liburan berikutnya. 

Pilihan hotel di Traveloka Juga Banyak

Apalagi  pembayarannya mudah dan tersedia banyak metode pembayaran. Kita bisa memilih metode pembayaran yang pas dan bisa kita lakukan. Tidak kuatir lewat limit.

Dengan bantuan Traveloka, liburan jadi lebih mudah dan lebih terencana dengan baik. Terutama untuk urusan tiket dan hotel. Bisa membuat  kita hemat dan tetap nyaman untuk liburan.

Kalo kamu, gimana persiapan liburannya.


Thursday, August 10, 2017

/ /
Wow! 5 Wisata Populer di Malang Ini Tiketnya Murah, Enggak Sampai 10 Ribu


Tahukah kamu daya tarik wisata di Malang? Kota hingga kabupatennya memiliki banyak sekali spot wisata unik, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata kuliner. Udara di sana sangat sejuk dan pas sekali untuk refreshing.

Satu hal lagi yang perlu digaris bawahi, Malang punya cukup banyak tempat wisata dengan harga sangat murah. Tiket masuk rata-rata antara Rp2 ribu hingga Rp10 ribu saja. Bahkan, ada beberapa spot wisata yang masih gratisan.

Jadi, bila kamu ingin liburan hemat, coba main dan jelajah Malang Raya ini. Biar lebih irit lagi, kamu bisa mempersiapkan segala keperluan liburan secara online saat ini juga. Misalnya berburu tiket kereta api murah, booking penginapan, hingga mencari banyak info tempat wisata di Malang yang sedang hits saat ini.

Untuk membantumu menentukan tujuan wisata di malang, berikut 5 rekomendasi terbaik 2017. Tempat-tempat wisata baru yang sedang hits saat ini. Harga tiket masuknya pun tak sampai Rp10 ribu.

Kampung Warna-Warni Jodipan

Jodipan, Sumber Instagram @FauziahRahmawati

Tempat wisata baru yang sedang hits ini dulunya adalah perkampungan kumuh. Berkat ide kreatif mahasiswa UMM yang bekerjasama dengan perusahaan cat ternama, polisi, TNI, dan warga setempat, kawasan ini disulap menjadi kampung unik dan menarik.

Kampung warna-warni Jodipan begitu sedap dipandang. Kamu bisa selfie atau mengambil foto sebanyak-banyak di tempat ini. Lokasinya ada di pusat kota dan dekat dengan Stasiun Kereta Api Malang. Untuk tiket masuknya hanya sekitar Rp2 ribu - Rp3 ribu saja. Murahkan? Jadi, jangan lupa mampir bila berencana ke Malang atau sedang ke kota satu ini.

Jodipan, Sumber Instagram @FauziahRahmawati

Desa Hobbit atau Taman Kelinci

Tempat wisata hits selanjutnya ialah Desa Hobbit atau disebut juga Taman Kelinci. Spot wisata yang sangat Instagram-able ini akan mengajak pengunjung seolah berada di negeri dongeng. Wisata alam yang baru dibuka akhir tahun 2016 lalu ini menawarkan udara sejuk dan pemandangan indah.

Rumah Hobbit, Sumber Instagram @kawanimut dan @danang_kawantoro

Kamu juga bisa bermain dengan kelinci lucu, memetik strawberry, mengunjung rumah Hobbit, menikmati keindahan taman, dan masih banyak lagi. Untuk fasilitas lainnya ada gazebo unik, pondok susu olahan, hingga homestay.

Lokasi wisata satu ini berada di Jl. Paralayang, Desa Pande Sare, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Jika tertarik datang, kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp5 ribu - Rp10 ribu saja. Untuk sampai ke lokasi, kamu bisa menyewa kendaraan atau memanfaatkan transportasi umum yang ada. Contohnya dari Stasiun Kereta Api Malang, carilah angkot menuju Terminal Landungsari. Dari sana bisa naik bus mini menuju Pujon.

Taman Kelinci, Sumber Instagram @kawanimut dan @danang_kawantoro

Pantai 3 Warna

Untuk yang ingin merasakan wisata pantai khas Malang dan murah bisa datang ke Pantai 3 Warna. Keunikannya ialah warna pantai yang memiliki 3 lapis warna berbeda. Selain menikmati keindahan alam, kamu bisa snorkling dan melakukan aktivitas seru lainnya.

Pantai Tiga Warna, sumber Instagram @Fauziah.Rahmawati

Lokasi wisata ini berada di Desa Sendang Biru, Sitiarjo, Malang. Jika kamu berencana ke tempat ini sebaiknya buat rencana jauh-jauh hari. Alasannya :

-    Pengelola membatasi kunjungan wisatawan hanya 100 pengunjung setiap hari, demi menjaga keasrian lokasi. Jadi, cek dulu secara online kuota kunjungannya ya.

-    Lokasi cukup jauh dari pusat kota, jadi perlu mempersiapkan penginapan dan transportasi dengan baik. Bila ingin hemat, kamu bisa cari penginapan dan pesan tiket kereta api di Traveloka. Harga di Traveloka biasanya lebih murah dibandingkan di situs lain.

Untuk tiket masuk, tiap pengunjung hanya perlu membayar Rp10 ribu saja. Sekadar tips, bawalah bekal makanan dan air yang cukup, karena sulit menemukan pedagang di lokasi wisata.

Pantai Tiga Warna, Sumber Instagram @Fauziah Rachmawati 

Coban Rais

Ini merupakan salah satu wisata air terjun terbaik di Malang. Kamu yang datang tidak hanya akan menikmati pesona air terjun, tapi juga sejumlah wahana menarik. Di antaranya ada Bukit Bulu, Batu Flower Garden, Gardu Pandang, Ayunan, Hammock, Sepeda Gantung, Taman Bunga, dan masih banyak lagi.

Coban Rais, Sumber Instagram @kawanimut dan @danang_kawantoro

Semua sudut di kawasan wisata ini sangat sedap dipandang dan layak diabadikan. Beberapa wahana yang ada juga bisa jadi ajang uji nyali di atas ketinggian tertentu. Lokasi Coban Rais ada di Desa Oro-Oro Ombo, Batu, Malang.

Untuk tiket masuk, kamu hanya perlu membayar sekitar Rp7 ribu - Rp10 ribu. Jika tertarik datang ke tempat ini pastikan badan dalam kondisi fit dan menggunakan pakaian yang nyaman untuk aktivitas di alam. Untuk menjangkau lokasi disarankan menyewa kendaraan yang bisa di dapat dari terminal bus atau stasiun kereta api.

Coban Rais, Sumber Instagram @kawanimut dan @danang_kawantoro

Goa Pinus

Tempat wisata satu ini dekat dengan Taman Kelinci. Jadi, bila berkunjung ke sana bisa mampir juga ke Goa Pinus. Nama ini diambil karena banyaknya pohon pinus yang rimbun dan menyerupai lorong goa.

Banyak spot selfie menarik khas alam yang bisa kamu temukan di sini. Kamu juga akan disuguhkan pemandangan alam indah khas Malang dan suasana sejuk yang menyegarkan. Untuk tiket masuk hanya dipungut biaya Rp5 ribu per orang.

Goa Pinus, Sumber Instagram @jatimku

Tempat wisata yang menarik, murah, dan memikat bukan? Tunggu apa lagi, segera rencanakan liburanmu ke Malang saat ini juga. Happy traveling!
Powered by Blogger.