Menu

Wednesday, July 28, 2021

/

Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai, sahabat Keluarga Nawra, apa kabarnya hari ini? Semoga selalu sehat dan selalu menerapkan protokol kesehatan dengan baik ya. Agar tidak terpapar virus corona 19.


Kita masih di dalam situasi pandemi, jadi banyak kegiatan dilakukan di rumah. Baik belajar, bekerja atau pun beribadah, semua kita lakukan dari rumah.


Oleh karena itu sebaiknya meski banyak kegiatan dilakukan di rumah, termasuk soal belajar. Sekolah online dan melakukan pembelajaran dari rumah atau daring. Anak sebaiknya tetap semangat belajar dan menambah wawasan serta keterampilannya.


coding kids


Oleh karena itu, ketika sebuah komunitas online yang bernama Conneting Mama, yang berbasis menggunakan instagram dan WhatApp  , menawarkan kelas Coding untuk anak-anak. Saya sangat antusias mendaftarkan anak-anak saya untuk ikutan.


Oh, ya komunitas Conneting Mama ini beranggotakan khususnya perempuan dan kebanyakan adalah ibu-ibu yang sudah menikah, sudah mempunyai anak dengan usia 0-12 tahun bahkan ada juga yang usia anaknya lebih.


Mengikuti Kelas Coding


Kelas coding yang ditawarkan Conneting Mama bekerjasama dengan sebuah lembaga keterampilan yang bisa belajar secara online, namanya Educourse.


Kalo dilihat di website-nya ada banyak penawaran kursus-kursus keterampilan yang ditawarkan, semisal kursus berbagai bahasa, termasuk kursus Coding yang akan diikuti oleh anak saya.


Pada tahap awal, kai para orang tua disaring atau diseleksi untuk bisa mnegikuti kelas ini. Orang tua yang mempunyai anak usia 5-12 tahun, diperbolehkan untuk mendaftar mengikuti kelas ini.


Saya mendaftarkan anak kedua, si Athifah yang berusia 8 tahun. Kenapa? Karena saya melihat pada diri Athifah ada potensi dan suka dengan hal-hal yang berkaitan dengan hal-hal yang kayak gini.


Kehilangan Sesi Trial


Semua peserta yang lolos, sebelum mengikuti kelas yang sebenarnya. Diarahka untuk mengikuti kelas trial atau kelas percobaan terlebih dahulu.


Kasihan Athifah, pada hari yang telah ditentukan. Eh, malah di rumah mati lampu , hehehe. Tepat satu jam sebelum kelas percobaan akan dimulai. Gemasnya, lampu baru hidup setelah kelas percobaan usai dilakukan.


Saya sudah berkomunikasi dengan pihak panitia dari Conneting Mama dan Educourse soal kendala mati lampu ini. Alhamdulillah mereka mau mengerti dan ada permakluman. Cuma, sempat itu si Athifah sedih, sebab ia sangat antusias ingin ikutan.

Ikut Kelas Coding Sebenarnya


Setelah dibagikan kelas dan jadwal belajarnya, Athifah kebagian belajar pada setiap hari sabtu, Jam 10.00 wib. Kelas ini dilakukan selama dua bulan, jadi ada delapan kali pertemuan. Dengan durasi kelas selama satu jam setiap sesi.


Dalam satu kelas , tidak banyak muridnya. Tidak sampai sepuluh orang. Untuk kelas Athifah beragam jenis kelamin dan usia anaknya. Tapi di atas lima tahun semuanya.


coding kids


Berani Share Screen Project Pertama


Pada kelas pertama, saya sangat senang melihat semangat Athifah untuk belajar. Meski ia tidak mengikuti kelas percobaan akibat mati lampu. Pada kelas perdana ini sepertinya ia ingin megejar ketinggalan pada sesi percobaan. Dimana teman-temannya sudah ada orientasi dan pengenalan awal sedangkan Athifah belum.


Namun, anak sekarang sudah pasti beda dengan kita. Mereka cepat belajar tentang ini, apalagi memang Athifah ada kecenderungan dan suka dengan dunia ini, jadi ia cepat belajar dan menyesuaikan dengan hal-hal yang berkaitan dengan ilmu coding ini.


Pada kelas pertama ini, Athifah berani untuk share screen projek yang ia buat. Hal ini adalah sisi positif dan saya sukai dari diri Athifah, sebab ia memiliki keberanian dan ia juga siap menerima masukan dari gurunya.


coding kids


Terima kasih ya,Athifah sudah berani menunjukkan hasil projekmu dan siap menerima masukan.


Penasaran Belajar Coding


Pada kelas perdana, Athifah ternyata menyimpan rasa penasaran pada projek yang ia buat. Jika apada projek pertama, ia baru menambahkan objek, menambah kominukasidalam bentuk teks. Membuat objeknya saling ngobrol.


Pada sesi kedua ini, Athifah penasaran untuk membuat objeknya bisa berbicara dan mengeluarkan suara saat objeknya ngobrol. Lalu, ia juga penasaran dengan bagaimana membuat objeknya bergerak-gerak.


Nah, pada kelas kedua, rasa penasarannya terjawab, ia belajar dari gurunya untuk mewujudkan impian dan rasa penasarannya.


Athifah sangat senang belajar dan bisa mengikuti kelasnya dengan senang. Sebab gurunya yang disapa Mem itu suaranya jelas, cara mengajarnya juga enak dan mudah dimengerti apa yang ia jelaskan, sehingga Athifah bisa mengikuti kelasnya dengan baik.


coding kids


Hambatan Dalam Belajar


Secara umum, hambatan saat belajar coding ini seperti secara umum ketika belajar daring. Hambatan yang pertama kami alamai adalah saat kelas percobaan adalah mati lampu. Lalu, kendala kedua adalah pada sesi kelasnya menggunakan zoom, namun hanya terbatas waktu 30 menit. Lalu terputus atau terkeluar sendiri, sehingga terpaksa join lain. Pada saat terputus zoom ini, kadang lagi seru dan serius mendengarkan penjelasan gurunya. Eh, terputus sendiri zoomnya.


Selain itu, pada saat menyambungkan kembali, kadang butuh waktu juga. Jadi ada jedah atau waktu yang terbuang, sehingga kurang efektif juga.


Kesimpulan


Bagi Athifah mengikuti kelas ini sangat senang dan antusias. Malah sering bertanya kapan kelasnya dimulai kembali. Beberapa minggu ini, hari sabtu selalu dinanti oleh Athifah, ia ingin belajar coding. Hal ini selain rasa penasaran, ia sangat senang mengikuti cara gurunya mengajarkan, mudah dipahami dan diikuti oleh Athifah.


Oleh karena itu, buat orang tua yang ingin menawarkan anaknya untuk belajar coding, bisa mengikuti kelas di Coding di Educourse saja seperti yang Athifah lakukan.


Mengenal Lebih dekat Educourse


Educourse merupakan sebuah platform yang bergerak di bidang pendidikan global, Bahasa Asing dan Teknologi dengan menggunakan teknologi Blended Learning dan AI (Artificial Intelligent) yang diaplikasikan dalam proses pembelajaran. Program yang tersedia merupakan program yang tercipta untuk kebutuhan masa depan dalam menghadapi tantangan global dan teknologi.


educourse


Dengan tersedianya berbagai program pendukung pembelajaran yang berbasis digital. Kami berharap dapat menjadi fasilitator bagi Siswa, Orang tua dan juga Sekolah dalam menunjang kebutuhan akan pendidikan global. 


Untuk informasi lanjut, bisa kunjungi

Green Office Park 6 Wing A,VOffice, BSD relation@i-gen.co.id | i-gen.co.id

+62 822 2196 3017 

Website Educourse

Instagram @educourse.id


23 comments

Waah, Athifah keren banget, bisa belajar coding , seruu kan yaaa, bikin nagih.
Apalagi di dukung oleh Educourse, program yang memang dibutuhkan untuk masdep seiring dengan perkembangan teknologi.
Semangat terus ya Athifaah.

Reply

Waahh, seru banget kalo belajar coding!
Anak2 tentunya makin antusias dan excited
apalagi ilmu coding-nya disesuaikan dgn usia anak2 ya
Cihuy!!

Reply

Anak jaman sekarang keren dan hebat. Orang dewasa saja blm tentu langsung bisa dan konek dengan pembelajaran koding seperti ini. Saya apalagi, harus berhari-hari untuk sampai mengerti. Belum ke sananya...

Selamat ya Cantik semoga sukses hingga nanti berhasil memanfaatkan ilmu coding nya

Reply

wuih keren banget nih belajar coding, btw mak anakku juga tertarik ngulik tentang coding, infonya langsung aku pass on ke pak suamik nih

Reply

Keren nih pake presentasi project segala, ya. Selain belajar coding jadi belajar public speaking juga

Reply

Hari gini memang anak-anak harus makin dekat dengan teknologi ya. Aku jadi penasaran deh sama Educourse, setiap saat ada trial course atau hanya diwaktu tertentu aja mam?

Reply

Seru banget ya belajar coding. Aku sendiri penasaran dengan sistem dan bahasa coding dan ingin memperdalam, tapi kayanya anak anakku yang lebih tertarik untuk belajar coding. anak sekarang emang beda yah

Reply

Wah luar biasa putrinya ya Mak.
Kecil-kecil sudah punya passion coding!
Keren abis!
Aku pernah baca di artikel, bahwa belajar program/coding ini juga bisa sekaligus mengembangkan soft skills lho seperti kreatifitas, problem solving, teamwork dll

Tempel terooos bakat putrinya ya, Mak!
I am so happy for you!

Reply

Barusan saya nanya anak saya, pas kapan belajar coding (otodidak), eh taunya pas kelas 6 SD. Lah aku kok nggak ngeh ya. Krn kalo anak mantengin biasanya kukira nge-game. Untuk belajar coding dg guru ya baru di SMK ini, jadi pantesan dia udah nggak kaget lagi dg materi mapel ini.

Reply

Pas banget ini, sejak pandemi anak lebih banyak bersentuhan dengan gadget, Jadi cocok kalau sekalian belajar di kelas coding ; Coding kids di Educourse, pasti makin terarah mereka

Reply

Kudu pakai zoom premium ya biar ngga putus sambung nih kelasnya, anakku kuajak belum tertarik padahal seru nih kelasnya..

Reply

Baca ini, menarik juga ya mbak. Karena masih kecil sudah belajar ketrampilan yang kadang kala banyak diklaim hanya untuk orang dewasa saja

Reply

Anak bungsu saya juga pernah ikutan kelas coding, dia belajar membuat dialog dari tokoh yang diciptakannya.
Senang sekali ya, kalau anak-anak mau belajar dan akhirnya mereka bisa mengenal coding, jadi tambah wawasannya

Reply

Wah belajar scratch ya. Keren banget Athifah! Udah banyak game yang dibuat selama kursus. Jadi Makin ketagihan coding ga nih?
Anakku pernah belajar pakai scratch. Aku ikutan heboh lihat gambarnya bisa gerak. Hahaha

Reply

Meskipun udah belajar coding di rumah kami yang mengajari, tapi kalau ada kelas coding anak-anak meruka juga suka ikutan buat menambah wawasannya.
Educourse punya kelas coding yang disesuaikan dengan usia anaknya jadi anak ga merasa ketinggalan

Reply

Wah asyik sekali ya kecil-kecil sudah belajar coding. Athifah antusias sekali belajar coding di Educourse, semangat terus ya Athifah.
Nah, iyaaa kendala belajar online itu mati lampu atau jaringan internetnya lemot :)

Reply

duh anakku pengen banget ikutan coding emang sekarang masih sebatas bikin animasi di scratch. sebenarnya pengen dilanjut cuma lagi mikir berat wkwk.
biaya di sini berapa mak?

Reply

ah iya, sekarang banyak ya mbak coding for kids ini
anakku juga pernah ikutan, lumayan antusias anaknya
emaknya juga ikutan penasaran

Reply

Pintar ya Athifah belajar coding. Semangat terus ya. Educourse menyediakan pembelajaran menarik untuk anak sehingga tercipta generasi yang kreatif

Reply

Duh PLN gitu amat ya, anak lagi antusias belajar malah mati lampu. Terus lampunya hidup lagi pas acara udah selesai. Nyebelin banget.

Anakku juga seneng utak atik scratch mbak, eksplorasi sendiri. Kalau ikut kelas khusus kayak di educourse gini, pastinya bisa lebih terarah ya

Reply

Keren banget udah belajar main coding ya..semoga makin berminat dengan coding ya... karena manfaatnya banyak banget coding ini...

Reply

wah hebat athifah, udah jago bikin coding yaa. dan udah berani pula share screen project pertamanya. kapan kapan saki belajar ya ke kakak athifah, belajar coding hehe

Reply

Coding untuk anak2 ternyata ada ya mbak, aku baru tau, sepertinya anak2 juga suka nih berhubungan dengan programmer, jadi penasaran mau ikutan.

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.