Menu

Thursday, April 2, 2020

/ /
Pengen Tahu Kami #NgapainAjadiRumah Cek Postingan Berikut
Assalammualaikum. Wr. Wb

Apa kabar sahabat keluarga Nawra. Semoga sehat selalu ya.Kali ini mau ikutan #NulisSerempak mengikuti tantangan dari Blogger Bengkulu.

Kali ini tema yang akan Keluarga Nawara akan bahas mengenai  #NgapainAjaDiRumah.

Baiklah Keluarga Nawra akan berbagi cerita kalo di rumah ngapain aja sih selama ada himbauan #WorkFromHome karena wabah Covid 19 ini. 

Sama halnya dengan keluarga lainnya. Kami juga banyak berdiam dan melakukan aktivitas di rumah bersama-sama.


Sampai saat ini kami belum ada yang bosan sih. Masih asik-asik aja betah di rumah.

Kenapa bisa bosan. Kan sudah kumpul bersama ama keluarga, makan dan minum bareng, tercukupi, internet lancar, acara Televisi bagus-bagus. Jadi kenapa ngaak suka dan ngak betah.

Tapi iya sih, setiap orang dan setiap keluarga itu beda-beda.

Meski demikian. Keluarga Nawra juga ngak boleh membuang waktu percuma dan melalukan perbuatan yang sia-sia.

Berikut Ini Keluarga Nawra Bagikan Cerita Ngapain Aja kalo di Rumah.

Simak ya, mungkin ada hal yang sama kita lakukan.

Setiap anggota keluarga. Harus dan wajib bangun pagi. Melakukan aktivitas pagi seperti shalat dan membereskan tempat tidur.

Pagi hari itu sebelum jam tujuh pagi. Biasanya menu makanan sudah siap untuk disantap. Begitu pun dengan minumam. Seperti susu, teh, kopi atau air jeruk hangat. 

Aktivitas makan atau sarapan ini dilakukan secara santai sampai selesai sekitar jam delapan. 

Lalu Athifah dan Annasya mandi pagi.

Sering kejadian di TV itu film Marsha udah diputar. Saya sering menawarkan. Enak mandi sekarang, filmnya juga baru mulai. Jadi nanti lebih tenang. Biasanya mereka akan memilih mandi dulu. Sering juga mereka mandi sebelum film Marsha mulai.

Setelah Nonton Marsaha, Athifah lanjut shalat Dhuha dan mengerjakan tugas sekolah yang diinformasikan oleh wali kelasnya di grup WA.

Tapi suka diselingi dengan menjemur pakaian dan juga menjemur diri, sebentar saja, yang penting terpapar sinar matahari pagi.

Kalo si kakak, kerjanya pagi hari menjemur. Saya menyapu rumah, lalu ia lanjut mengepel rumah. Luas rumah sekitar 45 m , yah ngak terlalu capeklah kalo dipel.

Tak lupa si kakak juga shalat dhuha dan biasanya lanjut mengaji dan menghapal. Satu hari kami beri tugas untuk ngaji minimal satu juz perhari. Lalu ia ada tugas hapalan dari pondok, untuk menghapal surat Al Kahfi selama satu bulan. Setiap hari, menghapal 5 ayat. Nanti disetorkan dulu dengn orang tua. Lalu orang tua menyetorkan video hapalannya ke ustadzah.


Kalo Abahnya anak-anak, biasanya kebagian yang menyikat dan membersihkan kamar mandi, merapikan pekarangan rumah, mencabut rumput dan membakar sambah

Setoran Hapalan Sambil Tutup Mata

aturan setoran hapalan ini, dari pihak ponpes mengharuskan saat setoran hapalannya para santri harus memejamkan mata atau menutup mata. Untuk menghindari terjadinya perbuatan mencontek atau melihat hapalan. Yah, namanya saja menghapal dari rumah. Mungkin ada saja trik dan instrik yang akan dilakukan oleh santri.

Oke lah, tantangan untuk setoran hapalan sambil menutup mata. Bakal dilakukan oleh si kakak, ia sudah lumayan banyak hapalannya. In sya Allah bisa dan tepat sesuai hapalan.

Jam 11.00 Pagi Baru TV dan HP Hidup

Jadi saat Athifah belajar dan kakak menghapal, TV yang tadi hidup akan dimatikan. Nanti akan dihidupkan kembali jam 11.00 pagi. 

Si kakak diberi waktu main HP sampai jam 04.00 sore. Tapi ini posisinya internet tidak On terus. Jadi kadang yang aktif Internetnya hanya satu jam saja. Ini internetnya tetring dari handphone saya. Jadi gampang juga mengontrolnya.

Biasanya si kakak memilih untuk main HP, dan si Athifah dan Annasya nonton Televisi. Nonton MY KID sampai zuhur ke dua anak itu lakukan, sambil juga terus bolak balik makan camilan dan minum.

Nanti menjelang zuhur, HP dan TV dimatikan kembali lalu, kami shalat bersama-sama. 

Kadang anak-anak juga semuanya tidur loh, jadi memang waktu bebas sih. Kadang main sampai berserakan.
  
Aktivitas Sore Hari

Kalo sore, biasanya anak-anak mandi, main di teras, melakukan aktivitas santai sambil ngobrol-ngobrol. Biasanya ini emang nggak disambilin sama main HP. Kadang si kakak kembali ngaji dan menghapal. Si Athifah bermain sepeda. 


Saya melipat cucian, mereka juga suka ngumpul di dekat saya. Sambil membantu meletakkan pakaian mereka masing-masing yang sudah saya lipat tersebut.

Malam Hari #NgapainAjadiRumah

Usai shalat Magrib berjamaah, kami tilawah. Lalu ada yang setoran hapalan, belajar mengaji dan ini biasanya sampai jelang Isya.

Kemudian aktivitas anak-anak membaca buku, nonton, main tapi ngak boleh yang ada mainnannya alias tidak boleh berserakan. Kadang nonton yutub sama-sama. 

Si kakak,main Hp sambil mengerjakan tugas sekolah. sampai jam sembilan pagi. Setelah itu di suruh stop main Hp lalu tidur. 

Nah, begitulah aktivitas Keluarga Nawra di rumah, kalo kalian ngapain aja. Bagikan ceritanya dong di kolom komentar

Monday, March 23, 2020

/ /
Lakukan Hal ini Agar Anak Tidak Bosan Di Rumah
Aktivitas anak selama sekolah diliburkan buat keluarga Nawra tidak ada yang berubah secara signifikan. Biasa saja.

Berikut ini Keluarga Nawra akan membagikan cerita agar ANAK BETAH DI RUMAH

Tiap pagi mereka Atifah dan Annasya tetap bangun pagi salat subuh sarapan pagi dan mandi pagi.

Usai sarapan pagi dilakukan dengan baik maka Atifa diminta untuk mengerjakan pekerjaan sekolah sesuai dengan arahan dan informasi wali kelas yang sudah diinformasikan di grup WhatsApp

Tidak lupa Athifah juga melakukan salat dhuha. Ini bukan hanya salat dhuha tetapi salat yang lainnya juga harus dikerjakan dan dilaporkan di grup sekolah di WhatsApp.


Biasanya disertai dengan foto jika tidak ada foto maka orang tua membuat laporan tertulis yang kemudian laporan tersebut dikirim ke grup sekolah yang ada di WhatsApp

Selama belajar saya juga memberlakukan jam istirahat bagi Athifah ,yang tidak ada bedanya dengan jam istirahat di sekolah nya. 

Atifah pulang sekolah jam 11 siang jadi aktivitas bermain menonton televisi atau bermain laptop Atifah lakukan setelah jam 11 sampai menjelang waktu dzuhur.

Tugas Athifah di beri nama dan tugasnya, biar gurunya mudah

Setelah setelah salat zuhur anak-anak diberikan kebebasan untuk melakukan apa saja terkadang meski bermain laptop atau menonton Athifah masih melakukan kegiatan sekolah misalnya menghafal pelajaran bahasa Arab, ngapalin niat salat atau melakukan kegiatan lainnya yang ada di buku tema.

Terkadang juga lewat saja karena kecapean bermain jadi tidur. Oleh karena itu di waktu siang setelah salat zuhur menjelang salat magrib anak-anak saya bebaskan melakukan apa saja

Kegiatan Athifah di pagi hari di jam sekolah, ya belajar

Usai sholat maghrib Athifah lanjut mengaji dan sambil menunggu shalat isya setelah itu ia memeriksa kembali kegiatan sekolah nya saya juga melakukan kroscek.

Setelah semua Oke baru melaporkan ke grup WA kelas nya jadi laporan saya lakukan di malam hari atau di akhir sesi kegiatan saja agar gurunya juga enak nyaman untuk memeriksa kegiatan atau tugas anak

Laporan kegiatan Shalat Athifah yang dikirim ke grup WA kelss.

Cara Keluarga Nawra Mencegah Covid 19 Bagi Keluarga

Oh ya untuk nutrisi anak-anak .selalu di siapkan sarapan pagi minum susu dan camilan serta diberikan vitamin di pagi hari sebelum mandi sesudah sarapan mereka saya ajak untuk sejenak berjemur berjemur ini tidak harus berjemur tetapi bisa dengan disertai melakukan kegiatan atau aktivitas yang bermanfaat misalnya membantu saya menjemur pakaian

Bejemur sebentar dan gratis

Dengan adanya wabah Covid 19 ini dan himbauan intruksi pemerintah untuk agar stay at home dan beraktivitas di rumah saja saya dan anak-anak menikmati dengan baik banyak waktu kami bersama sebagai orangtua yang juga beraktivitas di luar.

Jadi dengan adanya kegiatan di rumah saja ini membuat kami semakin dekat dan banyak melakukan apa saja secara bersama-sama.

Sampai tulisan ini dipublikasikan baik kami orang tua dan anak-anak belum merasa bosan di rumah karena sama saja waktu kami bersama kadang pendek banyak hal-hal yang kami lakukan bersama-sama dan itu terasa sangat singkat sehingga kami ingin mengulanginya lagi dan melakukannya lagi bersama-sama jadi saat ini anak-anak tidak bosan.

Oh, ya tips dari keluarga Nawra untuk membuat anak-anak dan keluarga tetap terjaga dari COVID 19 adalah salah satunya dengan tetap menjalankan pola hidup sehat seperti arahan yang diberikan oleh tim medis mencuci tangan .menjaga kesehatan asupan gizi dan juga kebersihan diri serta lingkungan.

Oleh karena itu selain berdiam diri dirumah kita juga perlu menambah nutrisi menambah imun dan juga menambah pikiran yang positif sehingga sehat.

Jika terpaksa keluar rumah maka diharuskan memakai masker dan selama masa karantina ini kami belum pernah mengajak anak-anak keluar rumah.

Mereka Hanya berdiam diri saja di rumah jika pun keluar hanya saya atau suami yang keluar dan itu pun ketika kami sampai di rumah kami segera melakukan atau membersihkan diri dulu baru menemui anak-anak.

Semoga badai Covid 19 ini segera berlalu dan kita bisa melakukan aktivitas yang dulu biasa kita lakukan seperti biasa dan juga semakin mampu memenej waktu untuk keluarga kita sehingga waktu bersama keluarga itu menjadi lebih banyak dan lebih berkualitas

Kalau kamu apa saja yang dilakukan selama di rumah dan untuk mencegah penyebaran Covid 19?

Yuk bagikan cerita kamu seperti apa dalam bentuk tulisan. Oh, ya tulisan ini dibuat dalam rangka ikutan nulis serempak bersama Blogger Bengkulu bagikan cerita kamu dalam bentuk tulisan di blog agar dunia tahu apa yang kamu lakukan terima kasih

Thursday, March 19, 2020

/ /
Lian Rahman Bernyanyi. Lagunya Sukses diputar di Malaysia

Lian Rahman Bernyanyi. Lagunya Sukses diputar di Malaysia

Lama tak terlihat di layar kaca, ternyata Lian Rahman saat ini sedang mencoba peruntungan dalam dunia tarik suara.

Bahkan Beberapa waktu lalu, lagu Relakan yang di populerkan oleh lian Rahman sempat di putar di oleh Radio Belia FM Malaysia pantai timur 1.

Bahkan sempat Viral beberapa waktu lalu di negeri Jiran sana, dalam Live Nms Rizal jamagic.



Saat dalam sesi wawancara Lian mengatakan.

“Saya bukan vacum dari dunia intertain, Alhamdulillah kebetulan saat ini sedang aktif di dalam dunia tarik suara dulu” pungkas Lian Rahman.

Lagu Relakan yang di populerkan oleh Lian juga sudah bisa di dengarkan di semua platform musik Spotify , iTunes, Deezer,Tidal, dan Amazon musik.


Lirik lagu Relakan Lian Rahman

Ku mohon kau jangan sesali
Perpisahan yang telah terjadi
Ini bukanlah keinginanku
Tinggalkan dirimu yang ku cinta

Hapuslah sudah air mata mu
Meski berat untuk tinggalkan kenangan
Tuhan dengarkanlah
Ku panjatkan Do’a
Tabahkanlah Hatinya sendiri disana

Relakan aku pergi
Membawa semua kenangan
Dari cinta tulus yang dia berikan
Ho… dia berikan Hmmmm…

Hapuslah sudah air mata mu
Meski berat untuk tinggalkan kenangan

Tuhan dengarkanlah
Ku panjatkan Do’a
Tabahkanlah Hatinya sendiri disana

Relakan aku pergi
Membawa semua kenangan
Dari cinta tulus yang dia berikan

Ho…
Tuhan dengarkanlah
Ku panjatkan Do’a
Tabahkanlah Hatinya sendiri disana
Relakan aku pergi
Membawa semua kenangan
Dari cinta tulus yang dia berikan

oOOO
BERIKAN
OuwoOOOOO


Bagus ya lirik dan pesan lagunya. Kalo kamu penasaran musik atau irama lagunya seperti apa, kamu bisa nonton di Youtube, atau kamu juga bisa dengarkan di semua platform musik Spotify , iTunes, Deezer,Tidal, dan Amazon musik.

Untuk juga diketahui, bahwa Lian Rahman ini sudah main di beberapa sinetron, di antaranya 

SINETRON

•Doa Anak Tiri

•Jadi Gini GA Dosa

•Tutur Tinular (sinetron 2011)

•Emak Ijah Pengen ke Mekah

•Kisah 9 Wali : Tobatnya kijagabaya sebagai Kepala prajurit Padjajaran

•Ujian bilqis untuk sulaiman

•Pedang Naga Puspa Sebagai Telik sandi

•Ganteng-Ganteng Serigala Sebagai Vampir Liar

•Jo & jay Sebagai Rudi

Serta FTV UNGKAP

Beberapa Serial UNGKAP yang dibintangi oleh Lian Rahman
•Ungkap : Kisah tragis kasir cantik sebagai Elang
•Ungkap : Akibat Cinta Segitiga sebagai Jufri
•Ungkap : Terbongkarnya sang penipu cinta sebagai Jaka
•Ungkap : Pemandu lagu yang di cor sebagai Bule


Buat adik sanak warga Bengkulu, dimana pun berada. Tidak lupa ya dukung Lian Rahman sebagai Artis dari Bengkulu agar ia tetap eksis dan bisa terus bekarya.

Monday, March 16, 2020

/ /
Blogger Bengkulu Berikan Award Kepada Walikota Bengkulu , Helmi Hasan
Blogger Bengkulu Berikan Award Kepada Walikota Bengkulu 

Di tahun yang ke tiga, jalan usia keempat tahun komunitas Blogger Bengkulu yang juga biasa disapa BoBe ini ada yang istimewa. 

Pada setiap tahun, memang BoBe menggelar Award Blogger Bengkulu untuk memberikan apresiasi kepada para blogger dan insan dunia TIK yang ada di Provinsi Bengkulu.

Penghargaan ini diberikan dengan beberapa kategori. Untuk tahun 2020 ini, ada lima kategori.

Salah satu kategori tersebut ada yang istimewa, yaitu penghargaan yang diberikan untuk tokoh perubahan TIK yang ada di Bengkulu.

Pemenang berfose bersama Walikota dan Wawali kota Bengkulu
Setelah melalui survei yang disebar lewat google form, yang keluar sebagai pemenangnya adalah bapak Walikota Bengkulu, Helmi Hasan.

Hal ini, tidaklah mengherankan. Cobalah cek saja akun media sosial beliau. Misalnya Instagram. Ada banyak informasi, motivasi dan inspirasi yang beliau bagikan setiap harinya kepada followernya.


Folower bapak Walikota juga sudah banyak, mereka bukan orang Bengkulu saja. Namun ada dari berbagai daerah. Yah, namanya juga media sosial. Tentu tidak terbatas wilayah dan waktu. Jangkauannya bisa luas sekali.

Bapak Helmi Hasan, bisa menjadi salah satu inspirasi atau contoh bagaimana pejabat publik, tokoh masyarakat dalam menggunakan media sosial.

Karena tokoh publik tentu saja, apa yang diposting dan dishare akan dilihat, ditiru bahkan diikuti oleh para followernya.


Oleh karena itu, sebaiknya media sosial digunakan secara bijak dan digunakan untuk menyebarkan kebaikan. Tidak memprovokasi atau membuat sebuah situasi menajdi lebih rusuh dan tidak nyaman.


Blogger Bengkulu Goes To Balai Kota

Nah, karena yang menerima salah satu award ini adalah Bapak Walikota. Otomatis untuk penyerahannya pun menyesuaikan jadwal beliau. Tau sendirilah, bapak Helmi Hasan ini orangnya sibuk dan suka bepergian, silaturahim kemana-mana. Jadi mencocokkan waktu beliau dengan keinginan para blogger memang butuh sedikit kesabaran.

Dan rasa sabar itu akhirnya berbuah manis, di tanggal 15 Maret 2020. Pukul 13.00 wib. Akhirnya rombongan Blogger Bengkulu bisa datang langsung silaturahim sekaligus menyerahkan award kepada bapak walikota.

BoBe yang berjumlah sekitar 50 orang itu, ada yang membawa istri, suami, anak-anak. Jadi memang seperti ajang silaturahim dan kekeluargaannya juga erat sekali.

Sebagian dari BoBe

Dari sekian banyak yang hadir, ternyata banyak juga yang baru pertama kali datang dan masuk ke dalam balai kota ini. Duh, jadi moment ini menambah pengalaman baru buat teman-teman BoBe.

Mengenal Balai Kota Bengkulu

Balai kota merupakan bangunan administratif utama bagi pemerintahan kota dan biasanya memuat dewan kota, departemen terkait dan para pegawainya. Di sinilah, wali kota menjalankan fungsinya.

Dahulu, hingga pertengahan abad ke-19, sebuah bilik (atau balai) terbuka yang lebar menjadi satu kesatuan dengan bangunan pemerintahan dewan. Balai tersebut biasa digunakan untuk pertemuan dewan dan peristiwa penting lain. Bilik besar (balai kota) ini menjadi sama dengan keseluruhan bangunan, dan dengan badan administratif yang menggunakannya.

Pemerintahan lokal berusaha keras menggunakan bangunan balai kota untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas hidup penduduk. Dalam sejumlah kasus, "balai kota" tak hanya bertindak sebagai bangunan pemerintahan, tetapi juga memiliki fasilitas untuk sejumlah kegiatan sipil dan budaya. Balai kota atau "pusat sipil" itu sering dirancang dengan banyak selingan dan fleksibilitas tujuan.

Balai kota ini, sejatinya juga dikenal sebagai rumah dinas Walikota. Namun, bapak Helmi di kota Bengkulu juga punya rumah pribadi yang terletak di jalan Hibrida. Beliau dan keluarga lebih sering menetap di sana. Akan tetapi di balai kota banyak kegiatan yang biasa digelar dan ruangan yang ada di balai kota juga sering digunakan. Salah satunya yang hits adalah program Hanimun atau HD Honeymoon di Balai Kota. Kamar di balai kota disulap menjadi hotel untuk pengantin baru.

Jadi dengan adanya kegiatan ini BoBe jadi jalan-jalan ke balai kota Bengkulu. Di jalan Basuki Rahmat.

Award Blogger Bengkulu 3.0

Sejak tahun 2017, Blogger Bengkulu ( Bobe) memberikan penghargaan kepada para blogger yang ada di Bengkulu. Dengan berbagai kategori penghargaan. Kategori tersebut setiap tahunnya bertambah. Seperti tahun ini ada 5 kategori. Yaitu

1. Bobe pendatang baru, Lina Azkiah
2. Bobe inspiratif, Intan Novriza Kamala Sari
3. Bobe berprestasi, Alfha Sari
4. Bobe best couple, Peri Hardiansyah dan Zefy Arlinda
5. Tokoh Perubahan di bidang TIK, Walikota Bengkulu, Helmi Hasan


Untuk pemilihan pemenang pada setiap kategori dilakukan secara terbuka. Melalui google form yang disebarkan melalui media sosial. Setiap kategori lalu diambil 3 orang finalis. Kemudian dilakukan voting secara terbuka juga di media sosial. Khusus tahun 2020.

Katua Blogger Bengkulu menyerahkan Award kepada Walikota
Ada satu kategori yang ditambahkan untuk dipilih yaitu penghargaan untuk kategori Tokoh Perubahan di bidang TIK. Kategori ini perlu diberikan penghargaan. Dimana di era revolusi industri 4.0 ini dunia digital dan teknologi informasi menjadi hal wajib untuk diketahui dan dipelajari oleh blogger dan masyarakat secara umum.

Para pemenang dan sponsor
Hasil ini bisa juga kita lihat secara nyata. Bahwa beliau selaku Walikota juga aktif membagikan banyak inspirasi dan edukasi di media sosialnya yang tentu saja akan dilihat bukan saja oleh pengikutnya namun juga dilihat oleh para netijen secara luas. Melalui postingan-postingannya di akun media sosialnya.

Terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu dan mendukung, Bapak Andi dari Rumah Snack Bengkulu, Umi Fira Stifin Bengkulu, Ibu Ellyn Alea Care dan Cosmetics, Nurjoni Amiruddin , Lantern House, Anggota Blogger Bengkulu serta berbagai pihak lainnya yang tidak bisa disebutkan.

Tulisan ini diikutsertakan dalam #NulisSerempak bersama Blogger Bengkulu


Thursday, March 12, 2020

/ /
Berikut Beberapa Produk Pinjaman Dana Tanpa Jaminan Langsung Cair Khusus untuk Anda
Berikut Beberapa Produk Pinjaman Dana Tanpa Jaminan Langsung Cair Khusus untuk Anda

Butuh dana untuk berbagai keperluan yang Anda miliki? Tidak memiliki dana cadangan ketika kebutuhan mendesak hadir? Atau Anda ingin melakukan pembelian berbagai barang tapi dana terbatas? Tenang saja, kini sistem pinjaman dana tunai online tanpa adanya jaminan  dapat dengan mudah Anda akses. 

Tidak hanya proses yang mudah, namun sistem pencairan yang cepat hanya dalam hitungan jam saja, dari pengajuan juga dapat Anda nikmati dengan mudah. Hanya berbekal E-KTP saja, dan satu dokumen penyerta lainnya, sejumlah dana dapat Anda cairkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan tersebut. Penasaran? Berikut bahasan mengenai pinjaman online yang terpercaya tersebut.



Maucash merupakan salah satu aplikasi pinjaman online, yang merupakan anak usaha dari PT. Astra Internasional yang telah memiliki lebih dari 5000 nasabah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. 

Aplikasi pinjaman online ini pun telah secara resmi terdaftar di OJK yang merupakan otoritas jasa keuangan tertinggi di Indonesia, sehingga sangatlah wajar jika keamanan baik dari nilai pinjaman ataupun data yang Anda gunakan akan secara utuh dijamin oleh perusahaan finansial ini. Berbagai keuntungan lainnya pun dapat Anda peroleh melalui berbagai program pinjaman yang dimiliki oleh perusahaan fintech yang satu ini.

Berikut ini beberapa produk pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair yang memang dimiliki oleh Maucash untuk nasabahnya, yang antara lain adalah:

Mau cepat, merupakan salah satu program pinjaman yang dimiliki oleh Maucash, dimana pinjaman ini memberikan jangka waktu 25 hingga 30 hari bagi nasabahnya untuk mengembalikan dana yang telah dipinjamkan. Untuk plafon dari jenis pinjaman jangka pendek ini adalah 500 ribu hingga 2,5 juta rupiah, bergantung dari penilaian pihak analisis dari perusahaan fintech ini.

Mauringan, merupakan jenis pinjaman online dengan jangka waktu pembayaran yang cukup lama dimana waktu 3 hingga 4 bulan akan disediakan bagi Anda. Plafon yang disediakan untuk nasabah pun cukup tinggi mulai dari angka 1,5 juta hingga 5 juta rupiah. Bagi Anda yang ingin mengakses jenis pinjaman jangka panjang dari Maucash ini, biaya atau beban pembayaran pinjaman yang harus Anda bayarkan pun cukup rendah yaitu hanya berkisar 8,75% yang harus dibayarkan per bulannya.

Agar pinjaman Anda dapat segera diproses oleh tim analisis dari Maucash, sebaiknya periksa kembali form pengajuan pinjaman yang Anda buat dan sesuaikan dengan KTP ataupun dokumen pendukung lain yang Anda gunakan sebagai penyerta dalam pengajuan aplikasi tersebut. Form pengajuan pinjaman yang sesuai dan tepat dengan dokumen penyerta akan membuat pihak analis lebih percaya untuk memproses permohonan pinjaman yang Anda ajukan tersebut.

Selain kesesuaian data, Anda pun juga harus memperhatikan kembali nomor rekening yang Anda cantumkan, pastikan Anda memasukkannya dengan benar, agar nantinya dana yang sudah disetujui untuk dicairkan dapat dengan segera Anda terima melalui rekening bank yang dicantumkan. Nomor telepon pun haruslah tepat dan mudah dihubungi mengingat nantinya pihak Maucash akan melakukan verifikasi data melalui sambungan telepon yang Anda cantumkan.


Mengingat kemudahan yang diberikan oleh aplikasi pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair ini, maka sudah selayaknya Anda untuk memilih dan menjadikan Maucash sebagai mitra terbaik dalam memenuhi kebutuhan finansial yang Anda miliki. Teliti kembali data yang Anda masukkan pada form dan pastikan semua telah tepat sebelum Anda mengajukan form tersebut secara online. Menggunakan aplikasi Maucash berarti Anda telah memilih kemudahan dan kecepatan dalam mengatasi permasalahan finansial dalam diri Anda.

Monday, March 9, 2020

/ /
Soal Aqidah Akhlak Untuk Kelas 1 Semester 2 Dengan Pokok Bahasan Kalimat Tayyibah
Soal Aqidah Akhlak Untuk Kelas 1 Semester 2 Dengan Pokok Bahasan Kalimat Tayyibah 


1.Ketika Siti mendapatkan rejeki yang banyak, hendaknya ia mengucapkan
a. Basmallah
b. Istiqfar
c. Hamdallah

2.Kita mengucapkan kalimat tajri’ ketika
a. Memulai pekerjaan
b. Mendapatkan hadiah
c. Mendengarkan kabar buruk

3. Bunyi kalimat istiqfar adalah
a. Innalillahi wa innaillahi rojiun
b. Astaqfirullah al adzim
c. Alhamdulillah

4. Setiap orang yang mengucapkan kalimat tayyibah akan mendapatkan
a. Hadiah
b. Dosa
c. Pahala

5. Ketika kita melakukan kesalahan maka dianjurkan untuk mengucapkan 
a. Basmallah
b. Hamdallah
c. Istiqfar



6. Kalimat basmallah diucapkan pada saat
a. Selesai mengerjakan sesuatu
b.Memulai pekerjaan
c. Mendengarkan berita buruk

7. Kalimat Tayyibah merupakan kalimat yang mengagumkan nama
a. Manusia
b. Malaikat
c. Allah

8. Di bawah ini yang termasuk kalimat Tayyibah adalah 
a. Istiqfar
b. Selamat sore
c. Selamat Malam

9. Kalimat Tayyibah adalah kalimat yang
a. Buruk
b. Jelek
c. Baik

10. Ketika selesai mengerjakan sesuatu hnedaknya kita mengucapkan
a. Istiqfar
b. Hamdallah
c. Basmallah



11. Kalimat yang baik untuk diucapkan adalah
a. Kalimat Tayyibah
b. Kalimat Amalah
c. Kalimatt Dasar

12. Ketika Sani mendapatkan hadiah sepeda dari pamannya, maka ia diajurkan mengucapkan
a. Hamdallah
b. Basmallah
c. Tasbih

13. Pada saat kita memulai aktivitas hendaknya mengucapkan
a. Hamdallah
b. Istiqfar
c. Basmallah

14. Innalillahi wa innaillahi rojiundilafalkan ketika kita mendapatkan
a. Musibah
b. Hadiah
c. Kabar buruk

15. Berikut ini yang tidak termasuk kalimat tayybah adalah
a. Selamat sore
b. Hamdallah
c. Basmallah  



Selamat Mengerjakan, Semoga Sukses

Thursday, March 5, 2020

/ /
Resep Es Kream Dari Daun Kelor ( Remunggai)
Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar sahabat Keluarga Nawra, kali ini kami akan berbagi postingan mengenai resep membuat Es Kream dari daun Kelor atau kalo orang Bengkulu menyebutnya daun Remunggai,


Bentuk dan penampakan daun Kelor itu adalah seperti ini, mungkin ada yang belum tahu. Daun Kelor ini banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Selain itu juga bisa diolah menjadi berbagai jneis olahan makanan dan minuman yang enak, lezat dan tentu saja bergizi. Salah satunya adalah diolah menjadi Es Kream.



Yuk, disimak apa saja bahan-bahan yang diperlukan serta cara membuatnya.

Bahan-bahan: 

50 g daun kelor diblender dengan 100 ml air,

4 sdm tepung maizena,

1 butir telur (ambil kuningnya),

1000 ml susu cair,

200 g gula pasir.


Cara Membuat:

Kuning telur dikocok hingga mengembang

Susu cair dan gula pasir dipanaskan dalam panci selama 5 menit

Ekstrak daun kelor dan kuning telor dimasukkan ke dalam larutan susu

Tepung maizena yang telah diencerkan dimasukkan ke dalam

adonan, aduk hingga rata dan masak hingga mendidih

Adonan dimasukkan ke dalam wadah tertutup dan disimpan ke dalam freezer selama 6 jam

Adonan es krim dikeluarkan dari freezer dan dimixer hingga halus

Adonan dimasukkan ke dalam freezer hingga beku dan es krim

disajikan dengan topping sesuai selera

Oh, ya untuk wilayah kota Bengkulu, kamu bisa mendapatkan banyak informasi termasuk mengenai bibit, cara pengolahan daun Kelor ini. Kamu bisa mendatangi wilayah kelurahan Kebun Ros, dimana ibu lurah Mariana, atau yang lebih dikenal dengan nama Ucik Yana. Ini juga nama akun facebook beliau. 

Dengan dibantu oleh masyarakat setempat dan kampus Unihaz , mengembangkan daun Kelor. Mulai dari pembibitan, penanaman, perawatan hingga pengolahan daun Kelor menjadi berbagai produk olahan yang ekonomis dan juga bisa menambah penghasilan masyarakat setempat.

Ibu Lurah, yang paling depan sedang Welfie bersama pohon Kelor.

Dengan adanya kampung Tematik Remunggai Rafflesia di wilayah kelurahan yang dipimpinnya yang berfokus pada pengolahan daun Kelor ini, diharapkan manfaat daun Kelor dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat dan juga bisa menjadi sumber penghasilan bagi warga setempat. Termasuk bagi seluruh masyarakat Bengkulu. Salah satunya dengan mengolah daun Kelor menjadi Es Kream. 

Sumber Resep
Dr. Demsa Simbolon, SKM, MKM, Seminar Kampung Tematik Remunggai Raflesia untuk meningkatkan kesehatan

Monday, March 2, 2020

/ /
Pengalaman Pertama Kali Athifah Terlambat Upacara di Sekolah

Assalammualaikum.Wr.wb

Apa kabar Shabat Keluarga Nawra

Kali ini saya ingin bercerita tentang kejadian pertama kali yang dialami oleh anak kedua kami si Athifah. Yaitu terlambat ke sekolah untuk mengikuti upacara bendera di ahri senin di sekolahnya.

Silakan dibaca dan disimak ceritanya, barangkali ada ibrahnya dan pelajarannya buat ayahbunda dan teman-teman sekalian.


Hari ini pertama kali #Athifah terlambat upacara. Padahal ia sudah bersiap sejak pagi. Karena kendala teknis. Ia akhirnya telat. Senin, (2/03/2020)

Memang hari senin itu, termasuk hari yang bergegas buat Athifah, ia tidak mau terlambat datang ke sekolah. Apalagi terlambat ikut upacara bendera. Oleh karena itu ia sudah mempersiapkan diri untuk bersiap sejak awal dan tidak terlambat datang ke sekolah. Minimal ketika datang, meski mepet-mepet. Akan tetapi tetap bisa mengikuti upacara bendera.

Bagi anak kelas satu, upacara bendera pada setiap hari senin, adalah sebuah aktivitas yang menyenangkan , seru dan juga ditunggu.

Dimana ia akan menggunakan pakaian seragam, menggunakan dasi dan topi serta perlengkapan lainnya seperti ikat pinggang. Penampilan Athifah di hari senin pun akan sedikit berbeda dibanding dengan hari yang lain.

Oh, ya untuk perlengkapan sekolah Athifah, seperti dasi dan topi tidak pernah dikeluarkan dari dalam tas. Sebab Athifah pernah kejadian, lupa membawa topi saat upacara hari senin.

Jam masuk sekolah di hari senin, tepat jam tujuh lewat limabelas menit. Jadi minimal sekali Athifah berangkat dari rumah, sekitar jam tujuh pagi.


Arti Sarapan dan Bekal Bagi Keluarga Nawra

Pada setiap hari senin juga, Athifah selalu minta uang jajan agak lenih di hari biasanya. Jika di hari biasa hanya jajan dua ribu rupiah. Di hari senin, saya memberinya uang jajan lima ribu rupiah.

Meski ada uang jajan, setiap pagi di hari senin dan hari lainnya, Athifah selalu saya upayakan untuk sarapan dan minum susu.Sarapan pagi tidak harus nasi sih, asal perutnya ada isinya dan tidak kosong.

Selain memberi jajan, sarapan pagi, Athifah selalu saya siapkan bekal makan. Saya katakan kepadanya, meski bekal ini tidak habis atau tidak dimakan di sekolah, tidak masalah. Yang penting selalu bawa bekal.

Nanti, kalo Athifah lapar tinggal buka saja bekalnya, misalnya di jam istirahat. Atau saat menunggu jemputan sepulang sekolah. Membawa bekal juga bisa berhemat, Athfah tidak perlu jajan makanan karena lapar.

Untuk minum, saya menyiapkan satu botol yang berisi sekitar 600ml air. Kepada Athifah saya juga katakan, saya minta tolong. Air minumnya sewaktu pulang sudah habis. Jika melihat air minumnya habis, maka saya akan senang.

“Athifah, boleh ngak  minta tolong, kalo pulang ke rumah. Air minum di dalam botolnya sudah habis, jadi pulang ke rumah, hanya membawa botol kosong.”

“Ummi akan senang sekali kalo air  minum yang dibawa ke sekolah itu habis. Apha harus banyak minum supaya sehat dan pintar belajarnya”

Saya dan Athifah membuat kesepakatan begitu, hal ini saya lakukan supaya Athifah juga banyak minum.


Kami Berjalan Ke Sekolah

Athifah akan terlambat ke sekolah

Saya melihat jam, jika berangkat jam segini, maka hitungannya nanti akan terlambat ke sekolah. Saya juga merasa sangat bersalah. Seharusnya kendala teknis ini tida boleh terjadi.

Namun, saya tidak membahas soal kenapa bisa terlambat atau menyalahkan siapa penyebab keterlambatan ini.

Tidak, tidak sama sekali, saya tidak membahas itu. Namun saya lebih fokuskan bagaimana cara membangun kemandirian, kesabaran dan daya pikir Athifah untuk tetap bersemangat ke sekolah. Meski terlambat.

Sebab ada banyak anak-anak yang ngambek karena terlambat ke sekolah an akhirnya memutuskan tidak mau ke sekolah. Hal ini banyak alasannya juga, bisa jadi mental anaknya sehingga malu untuk datang atau masuk ke kelas akibat terlambat. Ada juga yang tidak mau berdiri terpisah di barisan anak-anak yang terlambat.

Dalam Perjalanan, Saya Menguatkan Athifah.

Kami ke sekolah menggunakan motor, Athifah duduk di belakang, tasnya saya letakkan di depan jok motor. Topi dan dasi sudah Athifah gunakan.

Dalam perjalanan, saya pegang tangan Athifah agar memeluk saya . Tangan yang satu lagi memegang topi sekolah. Dan kepalanya bersender di punggung belakang saya erat. Saya berusaha memberikan kenyamanan dan kekuatan. Terlambat sekolah apalagi pertama kali, tentulah membuatnya tidak nyaman.

Begitu sampai...

Saya katakan, tetaplah masuk dan ikuti hormat bendera, berdirilah di antara kakak yang terlambat itu. Saya akan menemani di luar pagar sampai upacara selesai.

Selama upacara , tak sekali pun Athifah menoleh ke belakang. Saya melihat ia berdiri dengan tegap bersama kakak kelasnya yang juga terlambat. Ia dengan gagah berdiri sembari memanggul tasnya. Ia terlihat kuat dan mandiri.

Athifah tidak ingin meletakkan tasnya, agar lebih mudah berdiri selama upacara. Tetapi ia ingin tetap menggunakan tas tersebut sampai akhirnya upacara selesai.

Saya melihat semua itu terharu, dan bersyukur. Anak kecil ini sudah  mulai kuat, paham dan mandiri serta bertanggungjawab.

Saya menepati janji, untuk menunggui ia upacara sampai selesai. Saya menunggu di luar pagar, bersama dengan beberapa orang anak murid dan orang tua yang anaknya terlambat lebih lama, dibanding dengen Athifah dan anak-anak lainnya.

Upacara selesai, terdengar kepala sekolah membacakan beberapa pengumuman penting. Pas pengumuman dan pembagian hadiah Athifah dkk diajak oleh bapak satpamnya mendekati lokasi upacara.

Barulah ia menoleh dan memberi isyarat kepada saya seolah berkata, pulanglah, Apha tidak apa-apa.

Saya pun tersenyum dan melambaikan tangan untuk berpamitan. Saya pun meninggalkan Athifah dengan hati yang tenang dan bahagia. Bersyukur Athifah bisa paham dan mengerti kondisi yang ada dan ia berusaha untuk melewatinya dengan baik.

Terima kasih ya Allah, semoga Athifah menjadi anak yang shalihah, bermanfaat untuk keluarga, bangsa dan negara. Mempunyai harta benda yang barokah, suamid an anak-anak yang shalih yang akan membimbingnya ke surgamu. Aamiin.

Saya sempat berteriak, " Apha semangat!"

Meski terlambat, tetap berikan yang terbaik agar hasil akhirnya tetap baik.


Powered by Blogger.