Menu

Keluarga Nawra

Thursday, October 14, 2021

Media Sosial Selamatkan Dapurku Ngepul Selama Pandemi

/ / 0 Comments
 Media Sosial Selamatkan Dapurku Ngepul Selama Pandemi

Assalamualaikum. Wr. Wb

Apa kabar sahabat keluarga Nawra, semoga selau sehat ya. Tetap jaga prokes dengan baik sebab pandemi belum berakhir.


Sejak awal tahun 2020 di saat pandemi datang melanda dunia. Sudah banyak orang kehilangan banyak hal. Bukan hanya nyawa, kebahagian, kebersamaan, keluarga. Entah berapa jiwa yang sudah pergi tanpa permisi akibat ganasnya Corona ini. 


Selain itu, banyak juga yang kehilangan mata pencaharian, sumber nafkah mereka seolah berhenti. Akibat di berhentikan, di rumahkan , pengurangan karyawan akibat pandemi ini. Bukan cerita dongeng, sebab teman saya sendiri banyak yang mengalaminya. 


https://www.keluarganawra.com


Cerita Pertama, Aku diberhentikan kerja akibat pandemi 


Seorang kenalan, sebut saja mawar. Menghubungi saya dan bercerita, ia baru saja diberhentikan dari tempat kerja. Ia, meminta saran dari saya, apa yang sebaiknya ia lakukan agar tetap punya penghasilan dan agar dapurnya tetap ngepul selama pandemi ini. Ia punya suami dan tiga orang anak usia balita. Yang saat ini butuh asupan gizi berupa susu. Selama ini,dengan bekerja menjadi salah satu karyawan sebuah kantor advertising. Temanku itu bisa membantu memenuhi kebutuhan keluarga kecilnya. Namun,sejak ia kehilangan pekerjaan, seolah rejeki itu kian dikit dan terbatas.


Ia bercerita panjang lebar mengenai peliknya kehidupannya setelah diberhentikan akibat pandemi ini. 


Saya pun ikut trenyuh dan prihatin dengan kondisinya. Lalu saya tawarkan sebuah solusi, sebab ia kulihat mempergunakan handphone yang lumayn bagus. Bisa ambil video dan foto.


Saya tawarkan ia menjadi influnecer dan tukang webbinar.


Ia, kaget awalnya dengan tawaran saya tersebut. Saya katakan padanya, kamu punya peluang sebab sudah memiliki beberap akun medsos. Ini bisa kita optimalkan dan menjadikannya sebagai lahan penghasilan. Yah, meski nominalnya receh, bisa jadi kalo dilakukan secara rutin dan dapat job terus. Bisa menambah penghasilan. Sedangkan kebutuhan kuota pasti akan ada terus kenapa nggak dimaksimalkan medsosnya.


Ia, pun mulai mengikuti saran saya. Memperbaiki dan manjadikan hidup medsos yang ia punya selama ini. Ia beri nyawa medsosnya, kalo selama ini hanya like komen bahkan melihat postingan orang yang lew at di beranda. Kali ini, ia ingin menjadi pemain aktif.


Cerita Kedua, Aku Terpaksa Berhenti Jualan Akibat Pandemi


Sebelum pandemi, temanku ini biasa jualan langsung barang dagangannya di pinggir jalan dengan mengandalkan mobil miliknya merah satu-satunya. Ia berdagang di sana pun, awalnya karena diberhentikan kerja di sebuah perusahaan asuransi.


Agar kehidupan keluarga tetap berjalan dan dapur tetap ngepul. Akhirnya ia memilih untuk berjualan aneka camilan. Ini barang-barang camilannya juga dibuat oleh orang lain. ia hanya menjualkan saja. Sejak pandemi, otomatis tidak bisa berjualan lagi.


Ia memiliki istri dan dua orang anak satu SMP satu lagi SMA. Ia sengaja datang khusus ke rumah, setelah beberapa kali saya komentari postingannya di Instagram dan Facebook. Ia datang ke rumah saya ingin berdiskusi bagaimana cara mengoptimalkan media sosial yang ia punya untuk berjualan. Apa yang harus ia lakukan terlebih dahulu, mana yang lebih menghasilkan uang lebih cepat. Jualan di WhatsApp, Facebook apa Instagram atau semuanya.


Cerita dua temanku tadi hanya mewakili sekian banyak teman-teman aku yang terdampak langsung dari pandemi selama ini. Ada begitu banyak yang mengalami hal yang sama. Hal ini karena aku tau dari beberapa grup WA terutama para emak-emak yang bergiat sekali ingin belajar dan mengoptimalkan media sosialnya untuk menghasilkan uang. Mulai dari gabung komunitas, menambah folower, belajar bikin video dan foto, belajar bikin caption. Semangat belajar , bertanya, ikut berbagai kegiatan yang berkaitan dengan media sosial


https://www.keluarganawra.com



Tips Menjadikan Media Sosial Menghasilkan


Kepada temanku berdua di atas dan teman aku yang lainnya, yang ingin memaksilkan akun media sosialnya agar bisa menghasilkan pundi-pundi. Ada bberapa tips atau saran yang aku berikan kepada mereka. Hal ini berdasarkan pengalaman aku sendiri selama ini menjadi blogger dan influencer. Aku bagikan informasi ini kepada mereka, sebagai inspirasi untuk bisa melakukan sesuatu untuk mengoptimalkan media sosialnya.


1. Pilih platform media sosial yang sesuai atau yang diinginkan


Ada banyak platform media sosial, kita tidak perlu mendonlot semua aplikasi media sosial tersebut. Tetapi pilihlah beberapa yang sesuai dan yang bisa kita optimalkan penggunaanya. Misalnya, memilih Instagram, Facebook dan Youtube. Sebagian besar untuk berjualan, biasanya menggunakan medsos Instagram, Tiktok, Whatpps dan Facebook.


2. Lengkapi profil akun medsos sesuai dengan branding yang diinginkan


Setelah memilih akun media sosial yang akan kita gunakan, selanjutnya lengkapi profil dan informasi di akun medsos kita. Termasuk pasang foto yang menarik dan inormatif. Misalnya, lengkapi dengan memberikan nama yang unik, keren, mudah diingat dll. Lalu berikan email, kontak kita. Hal ini, penting sekali, agar jika ada yang membutuhkan dan ingin mneghubungi, bisa tersambung dengan cepat


3. Aktifkan Akun dengan berbagai Postingan Menarik


Usahakan untuk mengaktifkan akun medsos yang kita punya secara berkala atau teratur, tidak harus setiap har. Namun, juga tidak boleh terlalu lama. Hal ini penting, agar akun kita tersebut dianggap orang lain ada atau aktif. Misalnya, aku instagram, kita bisa update postingan story dengan berbagai postingan jualan kita atau aktivitas kita sehari-hari. Menambah follower, saling interaksi dengan sesama follower dll.


4. Gabung Komunitas dan Update Wawasan


Penting sekali untuk gabung komunitas, misalnya komunitas blogger, komunitas influencer, komunitas UMKM dan lain sebagainya. Hal ini penting untuk menambah teman, menambah informasi dan wawasan. Kadang banyak informasi job medsos itu kita dapatkan di grup komunitas. Jadi, kita bisa ikut mendaftar. Selain itu, gabung komunitas juga akan membantu menjadi mood dan motivasi kita untuk bisa semangat merawat media sosial yang kita punya.


5. Teruslah berinovasi, Bekerja keras dan berdoa


Di atas apa yang kita upayakan untuk meraih materi dari media sosial, kita harus yakin dan percaya bahwa. Rejeki kita di dunia ini sudah diatur oleh Tuhan. Namun, meski demikian kita harus tetap berinovasi dan berusaha serta selalu berdoa. Agar kita diberikan petunjuk, ide-ide dan kemudahan dalam melakukan berbagai keinginan yang ingin kita wujudkan. Termasuk untuk menghasilkan uang dari media sosial.


Demikian tips yang bisa saya bagikan untuk mengoptimalkan media sosial yang kita miliki agar bisa menghsilkan. Baik menghasilkan materi, berupa uang dan produk atau juga menghasilkan hal lainnya. Misalnya teman, saudara baru, kebahagian dan kenyamanan sebab informasi yang kita bagikan di media sosial berguna bagi orang lain.


Kabar baiknya..


Kabar baiknya dari kedua cerita tersebut di atas, kedua teman saya tersebut sudah bisa mengoptimalkan medsosnya untuk menghasilkan uang. Temanku yang perempuan sekarang sudah mantap jadi blogger dan influencer, daftar job medsos dimana-mana. Sedangkan yang satu lagi, asik berjualan di instagram dan facebook. Alhamdulillah medsos selamatkan dapur mereka tetap ngepul selama pandemi ini. 


Semoga pandemi ini membuat kita semakin kuat, peduli dan juga semangat mengisi hidup dengan banyak ide, inovasi dan kejutan buat orang lain.


 


Sunday, October 10, 2021

Pernyataan Sikap BPP FLP Agar Kasus Pelecehan dan Perundungan Terhadap MS

/ / 0 Comments
Pernyataan Sikap BPP FLP Agar Kasus Pelecehan dan Perundungan Terhadap MS

Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai sahabat Keluarga Milda, 




Pernyataan Sikap BPP FLP Agar Kasus Pelecehan dan Perundungan Terhadap MS Tetap Berjalan Sesuai Koridor Hukum

https://www.keluarganawra.com


Saat ini kasus hukum yang menimpa anggota Forum Lingkar Pena, MS masih berjalan. MS mengalami pelecehan dan perundungan oleh beberapa oknum rekan kerjanya di KPI. Sangat disayangkan, karena masih ada intervensi dari berbagai pihak yang berpotensi melemahkan proses hukum yang tengah berjalan. Untuk itu, kami mengeluarkan beberapa butir pernyataan sikap sebagai berikut:


1. Meminta kepada kepolisian terus memproses kasus MS, agar berjalan sesuai koridor hukum, hingga MS mendapat keadilan

2. Meminta kepada pihak-pihak lain untuk tidak melakukan intervensi, seperti mempertemukan MS dengan pelaku dan memberikan penawaran damai tetapi dengan poin-poin yang merugikan MS.

3. Meminta kepada media dan publik untuk terus mengawal kasus MS, hingga MS mendapatkan keadilan.


Demikian pernyataan sikap dari Badan Pengurus Pusat Forum Lingkar Pena. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan pihak-pihak terkait.


Depok, 11 Oktober 2021

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Forum Lingkar Pena

Yeni Mulati, S.Si, MM

Sekjen

Ganjar Widhiyoga, Ph.D


Monday, October 4, 2021

Resep Mie Ceker Pedas

/ / 13 Comments
Resep Mie Ceker Pedas

Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar sahabat Keluarga Nawra

Kali ini, kami akan berbagi resep simple dengan bahan dasar mie instan dan ceker ayam. Siapa yang suka makan mie kuah? Siapa juga nih yang suka makan ceker? Atau yang suka makan kedua-nya, sini gabung ikutan masak atau makannya yuk.


Menu makanan ini sering sekali kami masak, jika dalam situasi mendung, hujan, atau saat ingin makan tapi lauk tidak ada. Jadi masak yang enak, cepat dan praktis saja.


Untuk bahan mie instan boleh diganti dengan Mie lainnya yah. Intinya adalah menu ini bahan utamanya harus ada Mie. Kali ini kami gunakan mie instan saja. Kami pilih mie pedas, merek tidak terlalu menajdi patokan. Bebas saja , sesuai selera.


https://www.keluarganawra.com


Bahan baku kedua adalah ceker ayam. Untuk ceker ini sebaiknya bagian kuku dan kulitnya sudah dibuang yah. Ceker juga sudah dicuci bersih dengan sebaiknya air yang mengalir atau di bawah kran langsung.


Oke, semua bahan sudah kita siapkan ya.Lanjut segera kita masak saja.


Tahap pertama


Rebus terlebih dahulu ceker, hingga matang.Untuk air rebusan, sebaiknya dibuang saja. Tapi jika ingin tetap menggunakan air rebusan ceker ini, buang terlebih dahulu. Busa-busa yang mengapung saat merebus ceker. Busa-busa itu biasanaya juga mengandung kotoran.  Lalu tinggalkan sedikit saja sebagai layaknya kaldu.


Kami lebih menyukai membuang air rebusannya sih, kalo kamu bagaimana?


https://www.keluarganawra.com


Tahap kedua


Siapkan panic atau kuali, kali ini saya gunakan kuali saja. Nanti kuali ini juga sebagai wadah penyajian di atas meja. Jadi tidak perlu dipindahkan ke wadah lainnya.


Untuk dua bungkus mie instan, kami menggunakan sekitar 1000 ml air atau empat gelas air seukuran gelas air mineral.


Masukan ceker yang sudah direbus tadi. Lalu Mie instan yang tidak dipotong-potong atau dihancurkan.Dibiarkan saja, mie panjang-panjang. Dimasak sekaligus.


Masak dengan api sedang lalu, setelah mendidih, lalu masukan mie instan yang sudah tersedia. Aduk hingga merata, lalu matikan kompor. Untuk kondisi Mie tidak perlu terlalu mengembang. Biarkan mengembang sendiri setelah disajikan. Agar tidak mengisap kuah dengan cepat karena mie terus mengembang.


Setelah semua diaduk rata, sajikan di atas meja. Siapkan mangkok kecil, sajikan. Lalu makan selagi hangat. 


https://www.keluarganawra.com


Catatan

Bagi yang ingin air rebusan mie dipisahkan atau dibuang. Maka masak dulu mie, buang airnya. Lalu bia masukkan ke dalam rebusan ceker ayam. Berikan bumbu, lalu dimasak dan disajikan sama seperti keterangan di atas. Hanya berbeda cara memasaknya saja.


Lain waktu kami bagikan resep masaak Mie Ceker Pedas tanpa menggunakan mie instan yah. Jadi bumbunya kita racik sendiri saja. 


Gimana, gampang kan. Silakan stok ceker ayam di kulkas, jika pengen tinggal decouple kan saj dengan Mie. Kalo mie nggak usah diragukan sebab Mie is my life untuk sebagian besar orang Indonesia.


Selamat mencob dan menikmati sahabat Keluarga nawra.

 


Saturday, October 2, 2021

Paket Pempek Promo

/ / 0 Comments
Paket Pempek Promo

Assalamu'alaikum. Wr. Wb


Apa kabar Sahabat Keluarga Nawra


Siapa nih yang suka makan pempek? Pasti banyak yang suka ya. Rasanya gurih apalagi kalo dimakan sama kuah atau cuko khas pempek ini. Tentu saja akan tambah nikmat.

https://www.keluarganawra.com


Pempek emang enak sebab terbuat dari ikan dan sehat sebab mengandung protein yang tinggi.


Kandungan ikan pada pempek kadang membuat harga pempek lumayan mahal loh. Apalagi kalo ingin mencoba semua jenisnya. Ada lenjer, telor, adaan,  kulit, kerupuk. Bisa merogoh kocek yang lumayan dalam alias mahal


Apalagi kalo makan bersama keluarga atau rame-rame,tentu saja akan lebih mahal. Tapi banyak orang rela kok mengeluarkan dana lebih buah makanan enak apalagi buat keluarga. Bisa ada aja tuh uangnya.


https://www.keluarganawra.com


Masalahnya nih, pengen makan pempek enak tetapi duitnya kurang , apalagi pengen sering-sering makan pempek nih.Harus ada solusinya,biar bisa makan pempek tapi status keuangan juga aman.


Tapi tenang,buat teman-teman  yang ingin makan pempek dengan harga irit. Keluarga Nawra ada solusinya buat kalian.


Solusi ini patut dicoba loh. Ada pempek paket promo. Dalam satu paket. Kamu sudah bisa menikmati  aneka jenis pempek. Plus sudah disediakan kuah atau cuko. Asik, banget kan.


Mari kita chek secara lebih detail lagi. 


Ini adalah kemasan hemat tapi nikmat.


https://www.keluarganawra.com


HARGA PAKET PROMO

Satu paket ini berisi 25 buah HANYA  35K

Harga satu paket ini hanya 35k saja. Kamu sudah bisa menikmati pempek lenjer, telor, adaan, kulit, kerupuk. Plus juga disediakan kuahnya. 


Cara Pesan

Gampang tinggal klik saja No INI

Atau hubungi No WA 082177993000


Oh, ya pempek ini bisa dikirim ke seluruh Indonesia ya.


Cobain yah pempeknya, kalo candu kami nggak tanggung jawab loh!


Thursday, September 30, 2021

Resep Tumis Sayur Selada

/ / 20 Comments
 Resep Tumis Sayur  Selada

Assalammualaikum.Wr.Wb


Hai sahabat #keluargaNawra, kali ini kita akan berbagi cara masak sayur yang biasa kami lakukan di rumah. Yah, sayuran adalah menu wajib yang harus ada di rumah kami setiap hari.


Kenalan dengan sayur  Selada


Sayur ini, dikenal oleh orang Bengkulu dengan nama Selada atau ada juga yang menyebutnya dengan nama Selada Air.Kalo di daerah kamu apa nama sayuran ini.
Sayur selada ini, tumbuh subur di daerah dingin,khususnya ia akan tumbuh dengan subur di dekat air. Media tanamnya juga air, jadi ia seoralh seperti tanaman air .


Rasanya yang manis dan unik, banyak disukai oleh anak-anak dan orang dewasa. Baik direbus atau ditumis.Dimasak sendiri atau dicampur dengan bahan lainnya,sama enaknya sih.


Kalo di rumah kami, sayur Selada ini dimasak dengan cara direbus bening atau ditumis dengan sedikit kuah. Masaknya juga sebentar saja, begitu warna hijaunya cerah atau menarik, sudah matikan api kompor. Siap disantap.

 


resep tumis sayur selada

Campuran untuk sayur Selada ini yang sering kami gunakan adalah, irisan wortel dengan potongan tipis-tipis, sawi putih atau sawi center atau sawi pangsit, touge atau kecambah.


Tapi yang seringnya kami masak hanya sayur Selada saja jarang dicampur dengan bahan lainnya.Ada juga yang sering menggunakan sayur Selada ini untuk campuran lotek atau pecel. Emang rasanya jadi unik dan makin enak kalo ada tambahan potongan sayur Selada.


Nah, kali ini kita akan berbagi resep simple alias mudah sayur Selada  yang sering dimasak oleh keluarga Nawra  


Masak Tumis Sayur Selada

 

Bahan yang dibutuhkan


  1. Daun Selada
  2. Cabe rawit warna hijau
  3. Bawang Merah
  4. Air secukupnya
  5. Garam dan penyedap secukupnya


Cara Membuat


1. Potong bagian bawah atau akar sayur Selada lalu buang, ambil bagian atas saja.
2. Lalu cuci bersih dengan air bersih, sebaiknya menggunakan air yang mengalir
3. Potong-potong sayur sesuai selera
4. Iris bawang merah dan cabe rawit hijau sesuai selera
5. Panaskan sedikit minyak, masukan potongan bawang merah dan cabe rawit
6. Setelah wangi, masukan air sesuai selera
7. Masukan sayur Selada, masak hingga setengah matang atau warna sedang cerah
8. Tambahan garam dan penyedap sesuai selera


Matikan kompor, angkat sayur masukan ke dalam wadah. Sebaiknya langsung dimakan selagi hangat. Kami di rumah , kalo masak sayur biasanya dekat waktu mau makan, jadi masih tersaji hangat. Bahkan kami sering banget masak sayuran dalam porsi kecil, saat anak minta makan. 

 

resep tumis sayur selada


Catatan Keluarga Nawra


Untuk sayur Selada ini karena tidak bisa tahan lama, meski sudah disimpan di dalam kulkas. Tetap saja, daunnya akan kuning. Jadi sebaiknya setelah dibeli sayurnya, langsung dimasak atau diolah sesuai dengan selera.


Untuk resep ini, adalah yang paling simple dan sering kami masak, sedikit bumbu juga, sebab anak-anak saya kurang suka. Jika banyak menggunakan bumbu, itu pun. Akan tetap disisihkan jika nemu irisan bawang, nggak bakal dimakan sama anak-anak.


Oh, ya untuk irisan cabe rawit itu, buat memberikan rasa hangat atau sedikit pedas saja. Kami nggak sering menggunakan lada. Itu pun seringnya kalo sudah masak, cabenya dipisahkan supaya gak termakan anak-anak.


Kalo keluarga teman-teman bagaimana? Pernah makan sayur ini kah? Kalo belum, cobain yah. Nanti bisa berbagi pengalaman, bagaimana rasanya. Kalo kami sih, jamin deh bakalan suka, hehehe.


Kamu team masak sayur bening apa ditumis sih, sini berbagi di kolom komentar ya?




Sunday, September 12, 2021

8 Nominasi Sundance Film Festival Asia 2021, Kamu Pilih Film Apa?

/ / 38 Comments
 8 Nominasi Sundance Film Festival Asia 2021, Kamu Pilih Film Apa?

Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai, sahabat keluarga Nawra yang suka nonton film, kali ini kita mau bahas kelanjutan informasi mengenai Sundance Film Festival Asia 2021 beberapa waktu lalu. Penasaran kan, film apa saja yang masuk nominasi dan nantinya akan keluar sebagai pemenang. 


Aku juga penasaran sih siapa yang akan menjadi pemenang, tapi aku sudah dapat bocoran nominasinya nih dari panitia yang akan mengkurasi film-film tersebut.


Menurut  panitia dan penjurian dari Sundance Institute dan XRM Media, yang didukung juga  oleh IDN Media. Mereka akan  resmi mengumumkan fim apa saja yang masuk  nominasi dan akan melakukan  diskusi panel secara terbuka dan langsung.


Kamu penasaran kah, siapa nih bisa menggaet uang senilai  USD 2.000 atau sekitar 28.496.500,00 Rupiah Indonesia. Harga sekarang ya. Banyak juga, lumayan. Tapi apresiasi dan penghargaan ini tidak ternilai dengan uang ya


https://www.keluarganawra.com


Nominasi Film Sundance Film Festival: Asia 2021


Delapan film ini terdiri dari empat film naratif dan empat film dokumenter. 


  1. Amy Tan: Unintended Memoir/AS (Sutradara: James Redford, Produser: Karen Pritzker dan Cassandra Jabola)
  2. The Dog Who Wouldn't be Quiet/Argentina (Sutradara: Ana Katz, Penulis Naskah: Ana Katz dan Gonzalo Delgado, Produser: Laura Huberman dan Ana Katz)
  3. Try Harder!/AS (Sutradara: Debbie Lum, Produser: Debbie Lum, Lou Nakasako, dan Nico Opper)
  4. John and the Hole/AS (Sutradara: Pascual Sisto, Penulis Naskah: Nicolás Giacobone, Produser: Elika Portnoy, Alex Orlovsky, dan Mike Bowes)
  5. Luzzu/Malta (Sutradara dan Penulis Naskah: Alex Camilleri, Produser: Rebecca Anastasi, Ramin Bahrani, Alex Camilleri, dan Oliver Mallia)
  6. Passing/AS (Sutradara dan Penulis Skenario: Rebecca Hall, Produser: Forest Whitaker, Nina Yang Bongiovi, Margot Hand, dan Rebecca Hall).
  7. Users/AS, Meksiko (Sutradara: Natalia Almada, Produser: Elizabeth Lodge Stepp dan Josh Penn).
  8. Writing with Fire/India (Sutradara sekaligus Produser: Rintu Thomas dan Sushmit Ghosh).


Pengumuman Pemenang 


Pengumuman pemenang aka dilakukan pada tanggal 23–26 September 2021 Saat pengumuman pemenang juga akan diadakan  diskusi panel yang dihadiri oleh sejumlah pembicara terkemuka dari komunitas pembuat film lokal dan internasional. 


Kita masyarakata awam, bisa hadir juga kah. Hadir virtual, kayaknya juga asik. Kalo bisa datang langsung hadir, itu tambah asik lagi. Baca sampai akhir ya, ada info untuk pembelian tiketnya yah.


Topik  dan Narasumber Diskusi Panel


Tema dan Narssumber diskusi panel ini keren dan bergizi semua, bagus banget buat asupan para sineas di tanah air. Bisa menimbah ilmu dan berdiskusi langsung dengan pakarnya. Berikut adalah Topik diskusi panel


  1. Film Outlook - Industri film Indonesia dari tahun 2016, era pandemi, hingga potensi yang mungkin terjadi pasca pandemi.
  2. Women in Film Industry - Sesi ini akan menyajikan perjalanan industri perfilman di Indonesia melalui kacamata perempuan.
  3. The Directors - Festivals and the Pathway to Success.
  4. Percakapan dengan Sundance Film Festival: Asia Documentary Filmmakers, diikuti dengan sesi tanya jawab bersama Programmer Sundance Festival, Kim Yutani dan Heidi Zwicker.
  5. Indonesian Short Filmmaking - Beberapa sutradara, produser film pendek kontemporer, dan sineas Indonesia akan mendiskusikan tentang karya mereka yang mendunia.


Oh, ya buat kamu pemain akun Tiktok, hehehe. Untuk diskusi panel akan ditayangkan di platform TikTok (@SundanceFFAsia) Sundance Collab. 


Harapan Pada Sundance Film Festival: Asia 2021


Dari rangkaian acara yang akan digelar ini, diharapkan dapat membuka lebih banyak topik terkait industri perfilman. Meski saat ini dunia sedang berhadapan dengan pandemi Covid 19. Namun kreativitas para filmmakers tidak pernah surut. Mereka bisa tetap berkarya, bahkan dalam kondisi pandemi sekali pun. Pandemi justru melahirkan banyak kreativitas baru.


COO IDN Media, William Utomo, mengatakan, 


“Sundance Film Festival: Asia 2021 akan menghadirkan serangkaian program yang intensif dan komprehensif. Harapan kami, para sineas di Indonesia dan regional dapat bertukar wawasan baru mengenai industri perfilman melalui program-program tersebut. Selaras dengan visi IDN Media untuk terus memberi #PositiveImpact bagi masyarakat, Sundance Film Festival: Asia 2021 berkomitmen untuk menemukan bakat-bakat baru di Asia Tenggara, kemudian menghubungkan mereka kepada para pakar di industri perfilman.”

Oh, ya pada kegiatan ini juga akan dilakukan engumuman Best Short Film Jury Award for the Short Film Competition dan intensive workshop untuk membina para talenta perfilman di Asia Tenggara juga diadakan pada kesempatan yang sama. 


https://www.keluarganawra.com


Support  Asia Intensive Program 


Dalam rangkaian acara ini, juga digelar berbagai kegiatan yang berkaitan dengan dunia perfilman, akan digelar pelatihan secara intensif selama dua hari. Kamu bisa mendaftar dan mengikuti kegitaan ini mulai tanggal 15 September 2021.


Pelatihan ini bisa diikuti secara perorangan atau kelompok ya. Asik sekali, jika bisa belajar bersama dengan team yah. Selain itu sebagai ajang, untuk menemukan orang-orang dengan bakat baru dan unik di dunia film. 


Kim Yutani, Direktur Pemrograman di Sundance Film Festival, mengatakan 


“Bersamaan dengan berkembangnya film-film fiksi dan dokumenter di Indonesia, kami begitu antusias terhadap peluncuran Sundance Film Festival: Asia edisi pertama kami,” 

Ia, juga menambahkan bahwa kegiatan ini juga sebagai

“Merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk dapat membawa semangat independen Sundance ke komunitas film yang dinamis di Indonesia. Semoga, kami dapat terhubung dengan penonton lokal dan mendukung seniman Indonesia melalui intensive workshop dan panel discussion yang kami selenggarakan.”


Akhirnya, sebelum aku tutup. Dari 8 Nominasi Film Tersebut. Mana yang jadi favorit kamu? ditunggu jawabannya di kolom komentar ya.


Sunday, September 5, 2021

Belajar Lagu Anak Indonesia Bersama Hoala & Koala

/ / 24 Comments
 Belajar Lagu Anak Indonesia Bersama  Hoala & Koala

Assalammualaikum.Wr.Wb

Siapa nih, orang tua yang kesulitan mencari referensi lagu anak Indonesia buat anaknya. Lagu anak-anak sepanjang masa, tentu saja bisa kita ajarkan kepada anak-anak kita secara turun temurun yah. Lagi santai atau kumpul keluarga, bisa kita dendangkan atau ajarkan kepada anak-anak.


Namun perkembangan zaman dan teknologi tentu saja juga mempengaruhi selera anak, termasuk soal musik. Mengajarkan anak lagu secara manual saat ini kurang diminati oleh anak-anak. Mereka lebih menyukai belajar atau mengikuti lagu yang disertai dengan animasi atau gambar melalui video.


Orang tua pun mulai mengajarkan anak lagu-lagu, melalui media video tersebut. Lebih praktis, efisien dan bisa diputar berulang kali. Tanpa ditemani pun anak bisa belajar dan menghapal lagu tersebut.


Lalu, pertanyaannya. Channel apa sih yang bagus atau rekomendasi buat anak-anak tonton nih. Channel apa yang bisa kita sarankan kepada anak untuk belajar lagu anak dan lagu anak Indonesia.


Nah, Ayah Bunda, boleh mencoba untuk mengajak anak nonton channel Hoala & Koala.  Channel ini mulai hadir sejak akhir  tahun 2020, berangkat dari kondisi lesunya lagu anak Indonesia atau lagu-lagu khusus untuk anak-anak.


Karakter  Hoala & Koala ini divisualisasikan dengan animasi 3D dan memiliki karakter seperti layaknya anak-anak zaman sekarang yang tumbuh berkembang di tengah era digital.


https://www.keluarganawra.com


Kenalan Dengan Karakter Hoala & Hoala


Hoala & Koala adalah sepasang sahabat yang sangat gemar menyanyi. Hoala adalah anak perempuan. Selain Hoala & Koala, seluruh karakter yang ada di dalam animasi musik ini juga mampu bernyanyi, seperti tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk, dan lainnya.


Kenapa karakter 3D, karena karakter ini akan menjadi karakter yang tak akan lekang oleh waktu dalam berkontribusi di dunia musik anak, tanpa mengkhawatirkan bahwa mereka akan tumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara. 


Semua karakter di Hoala & Koala ini suka bernyanyi dengan berbagai variasi suara. Kedepannya karakter ini akan  terus mengeluarkan banyak lagu ke depannya. Selain itu diharapkan lagu-lagu yang disajikan tak hanya dapat menghibur anak-anak, namun juga dapat menghibur para orang tua yang menemani anaknya menonton atau mendengarkan lagu dari Hoala & Koala. 


https://www.keluarganawra.com


Pencapaian  Hoala & Koala 


Saat ini Hoala & Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa dilihat di Youtube, Spotify hingga iTunes.


Kenapa Hoala & Koala Istimewa


Pertama kali menonton Hoala & Koala, anak-anak sangat senang dan antusias. Mereka dengan sangat mudah menyebutkan dengan lancar jingle Hoala & Koala. Bahkan setelahnya pun, mereka juga sudah sangat familiar dengan karakter Hoala & Koala ini. 


Cara mereka menonton begini. Si tengah Athifah, dengan sangat lancar mengetik nama Hoala & Koala di mesin pencarian, sedangkan si adek. Biasanya membuka riwayat tontonan, dari sana ia kembali klik dan nonton Hoala & Koala.


Kenapa begitu mudah dikenal dan istimewa di mata anak-anak kami, salah satunya karena musik yang disajikan kata Athifah dan Adek, bikin semangat dan senang. Ada banyak bunyi-bunyian yang bisa mereka nikmati selama menonton Hoala & Koala.


https://www.keluarganawra.com


Hal ini terjadi menurut referensi yang saya baca, karena  Hoala & Koala digarap dengan seluruh musiknya secara  serius dan matang. Banyak musisi internasional yang terlibat di dalam pembuatan aransemen dari musik Hoala & Koala, serta banyak sekali alat musik yang tak lazim digunakan untuk lagu anak yang dipakai dalam penggarapan album-album Hoala & Koala, seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung.


Selain kualitas vokal, keterlibatan musisi internasional hingga banyaknya instrumen yang digunakan, Hoala & Koala juga memiliki keunikan lainnya dalam pemilihan genre. Tak hanya satu genre children pop yang diangkat oleh Hoala & Koala, namun terdapat variasi genre lainnya seperti jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik.


https://www.keluarganawra.com


Pembuktian Hoala &  Koala


Setelah mengetahu banyak hal tentang Hoala & Koala ini, saya jadi bersemangat juga dan mendukung team kreatif Hoala & Koal untuk membuktikan bahwa tak selamanya musik anak-anak adalah musik yang sederhana dengan balutan musik yang juga sederhana. 


Jika digarap dengan serius dan baik, tentu saja lagu anak akan menarik, Bukan hanya bagi anak-anak, namun juga bagi orang tua. Jika anak-anak menyukai lagu anak-anak yang sesuai dengan usianya. Tentu saja hal ini juga akan berpengaruh baik pada perkembangan dan pertumbuhan si anak. 


Dengan Hoala & Koala ini diharapkan bisa menjadi sumber referensi anak-anak dan orang tua untuk belajar terutama belajar mengenai lagu anak Indonesia. Dengan adanya Hoala & Koala diharapkan lagu anak-anak Indonesia akan tetap dikenang dan dihapal oleh anak Indonesia sepanjang masa.


Wednesday, September 1, 2021

Sosialisasi Sekolah Ramah Anak (SRA) : Penguatan Kapasitas Kelembagaan dalam Mendukung Kebijakan Kota Layak Anak Di Kota Bengkulu

/ / 22 Comments
Sosialisasi Sekolah Ramah Anak (SRA) : Penguatan Kapasitas Kelembagaan dalam Mendukung Kebijakan Kota Layak Anak Di Kota Bengkulu



https://www.keluarganawra.com


Pasal 28B (2) Undang-Undang Dasar 1945 menyebutkan bahwa 


“Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.”

 

Hal ini dipertegas dalam Pasal 54 Undang-Undang Perlindungan Anak, yang menyatakan 


“Anak di dalam dan di lingkungan sekolah wajib dilindungi dari tindakan kekerasan yang dilakukan oleh guru, pengelola sekolah atau teman-temanya di dalam sekolah yang bersangkutan, atau lembaga pendidikan lainnya.” 

 

Pasal 70 ayat (2) menyebutkan 


“Setiap orang dilarang memperlakukan anak dengan mengabaikan pandangan mereka secara diskriminatif, termasuk labelisasi dan penyetaraan dalam pendidikan bagi anak-anak yang menyandang cacat Pendidikan merupakan suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan terencana terutama dalam mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang efektif dan efisien sehingga peserta didik dalam hal ini anak-anak khususnya dapat secara aktif mengembangkan potensi dirinya yang nantinya diharapkan dapat mewujudkan dalam dirinya kekuatan spiritual keagamaan yang tinggi, kecerdasan, pengendalian diri, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan yang akan berguna baik bagi dirinya, masyarakat, bangsa dan negara, upaya pencapaian proses belajar ini tentunya harus didukung oleh semua pihak" 


Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebagai salah satu Kementerian yang mempunyai peran perlindungan anak telah mendorong pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota agar dapat memujudkan suatu kondisi sekolah atau lingkungan pendidikan yang aman, nyaman, sehat, ramah dan menyenangkan bagi anak.


Sekolah ini dikenal dengan  Sekolah Ramah Anak (SRA) atau dengan kata lain anak anak yang ada di sekolah dapat terpenuhi haknya. 


Hal ini penting mengingat delapan jam dalam sehari atau satu per tiga waktu anak berada di sekolah . Menjaga dan melindungi anak selama waktu itu harus menjadi hal yang prioritas dan dilakukan bersama –sama oleh semua unsur yang ada di sekolah. Mulai dari Kepala Sekolah, Guru, Guru BK, penjaga Sekolah dll.


Bahkan sangat perlu adanya kerjasama yang baik dan terarah antara sekolah dengan orang tua, lembaga masyarakat,dunia usaha maupun alumni untuk mendukungnya.


https://www.keluarganawra.com


Tujuan dari sekolah ramah anak yaitu :


1. Mencegah kekerasan terhadap anak dan warga sekolah lainnya


2. Mencegah anak mendapatkan kesakitan karena keracunan makanan dan lingkungan yang tidak sehat.


3. Mencegah kecelakaan di sekolah yang disebabkan prasarana maupun bencana alam


4. Menciptakan hubungan antar warga sekolah yang lebih baik, akrab dan berkualitas.


5. Memudahkan mencapai tujuan pendidikan


6. Anak terbiasa dengan pembiasaan- pembiasaan yang positif.


Sekolah Ramah Anak merupakan salah satu indikator dalam mendukung kebijakan Kota LayakAnak di Kota Bengkulu.


https://www.keluarganawra.com
peserta zoom meeting sosialisasi SRA


Apa itu Sekolah Ramah Anak


Sekolah Ramah Anak (SRA) adalah satuan pendidikan formal, nonformal dan informal yang aman, bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainnya.


Oleh karenanya, peran serta lembaga pendidikan menjadi aspek penting yang diperlukan dalam mendukung kebijakan ini. 


Sebagai upaya dalam mensosialisasikan hal tersebut maka tim pengabdian masyarakat berbasis riset yang bekerjasama dengan jurusan sosiologi FISIP UNIB melangsungkan kegiatan sosialisasi Sekolah Ramah Anak pada level SD/SMP/SMA dan SMK di Kota Bengkulu. 


Kegiatan tersebut menjadi salah satu bentuk dukungan dalam mengedepankan prinsip pengarusutamaan Hak Anak (PUHA) di tengah masih banyaknya berbagai persoalan yang menimpa anak. 


https://www.keluarganawra.com


Sosialisasi SRA Kepada Dunia Pendidikan


Sosialisasi kegiatan ini dilakukan secara daring melalui zoom meeting  (1/9)  dihadiri oleh berbagai pihak, mulai dari Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, Kepala DP3APPKB Provinsi Bengkulu, Perwakilan dari DP3APPKB Kota Bengkulu, serta Kepala Sekolah maupun Guru dari level SD, SMP, SMA/SMK Se Kota Bengkulu. 


Acara ini juga  mengundang Fasilator Tingkat Nasional yakni Tris Diani Fajar .SKM serta Merry Yumiati, M.TPd. 


Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dr. Yunisiliah, M.Si , ia berharap kegiatan ini bisa menjadi semacam brainstorming mengenai isu penting yang menyangkut hak anak.Serta berbagai upaya nantinya dapat dilakukan guna memenuhi hak anak tersebut sehingga diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan baru bagi para stakeholder di sekolah mengenai pentingnya pemenuhan hak anak, khususnya dalam bidang pendidikan.


Wednesday, August 18, 2021

Bikin Pudding Dari Sisa Roti Tawar

/ / 43 Comments
Bikin Pudding Dari Sisa Roti Tawar

Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar sahabat KeluargaNawra, semoga selalu sehat dan semangat melewati PPKM,PJJ dan menerapkan 5M. Berasa ya sejak pandemi datang, kita jadi banyak menambah singkatan, hehehe.


Nah, kali ini keluarga Nawra akan berbagi cerita masak eh resep dadakan yang nggak sengaja karena satu alasa, bahannya tidak lengkap. Tapi bukan Ummi nomer satu dong kalo nggak bisa mengolah bahan sisa jadi makanan, hehehe.


Biasalah yah, sama kayaknya kalo udah di rumah yah malas lagi ke luar sebab protokol masuk ke rumah dari luar itu yang bikin repot. Meski hanya mampir sebentar ke warung buat beli satu bahan. Jadi malasnya lebih besar dari motivasi ingin masaknya. 


cara bikin pudding roti tawar


Tapi kalo nggak bikin camilan, ya nggak enak juga. Ngapain di rumah aja tapi perut keroncongan. Iyah kan. Harusnya banyak tersedia makanan.


Oke, saya periksa di meja makan ada beberapa lembar roti tawar, dicek bahan lainnya kayak selai, susu, keju atau coklat . Semuanya sudah habis, makan roti tawar saja untuk anak-anak saya bukanlah hal yang menarik. Mereka suka makan roti tawar dan teman-temannya.


Oke lanjut cek gudang sembako, tersedia agar-agar bening. Mikir sebentar dan cek sedian gula pasir serta pewarna makanan. Alhamdulillah masih tersedia dan bisalah kalo buat bikin makanan.


Oke fix, roti tawar sisa ini mau disulap jadi pudding roti tawar aja deh. No debat, namanya pudding roti tawar, karena emang isinya roti dan agar-agar.


Porsi Pantas Laris Manis


Seperti biasa saya penganut mama yang nggak suka makanan bersisa. Jadi , roti tawar saya masukan ke wadah masing-masing. Keluarga Nawra nih ada 5 personil, jadi lima wadah plus bonus satu buat yang masak. Jadi Ummi Nawra boleh dong dua.


cara bikin pudding roti tawar


Setelah dipotong atau disobek-sobek. Roti tawar saya masukan ke dalam wadah mangkok kecil. Ini mangkok saya kumpulin dari souvenir pernikahan. Masih banyak sih stoknya, sering dikeluarkan kalo lagi bikin makanan kayak gini atau makan pempek. Lumayan gak beli mangkok kecil lagi. Rajin-rajin aja datang ke acara kondangan. Kalo masih teman dekat atau saudara, boleh minta dobel souvenirnya loh.


Bahan dan Cara Masak Pudding Roti Tawar


Bahan yang perlu disiapkan untuk satu bungkus agar-agar, biasanya saya pakai takaran gelas aja. Jadi 500-600 cc air putih lalu satu gelas gula, tapi ini tergantung selera yah. Kalo keluarga Nawra, takarannya satu gelas, tapi tidak penuh. Hanya 7/8 saja.


Biasanya saya larutkan dulu semua bahan baru dimasak, untuk menghindari mengumpal. Jadi siapkan wadah, masukan air 600 cc, gula pasir, garam secukupnya, satu bungkus bubuk agar-agar, daun pandan. Lalu diaduk hingga merata.


cara bikin pudding roti tawar


Setelah itu, masak dengan api kecil hingga mendidih. Kalo saya diaduk terus, hingga mendidih. Biar lebih kalis saja. Setelah mendidih, diangkat. Berikan pewarna sesuai selera, mau warna apa. Kebetulan ini adanya warna merah coco pandan, jadi terlihat merah.


Setelah merata warnanya, lalu siramkan ke atas potongan atau irisan roti tawar yang sudah kita masukan ke dalam mangkok tadi. Tuang hingga rata dan habis semua bahannya. 


Setelah dingin, kemudian pudding boleh disimpan ke dalam leari es, biar dapat efek segar dan dinginnya. Boleh juga langsung dimakan sih, tergantung kebutuhan saja. Yang penting pudding sudah keras.


cara bikin pudding roti tawar


Alhamdulillah sudah jadi, gampang kan masaknya. Kalo sudah dibuat kayak begini, sisa roti tawar nggak bakal disia-siakan apalagi terbuang percuma. kalo untuk warna atau kombinasi, bebas aja ya. Sesuai kebutuhan atau selera


Nah, sahabat Nawra, silakan mencoba ya. Mungkin ada kreasi lainnya juga dari sisa roti tawar, boleh berbagi ke kolom komentar ya.


Sunday, August 8, 2021

Membiasakan Anak Menulis Diary

/ / 23 Comments
Membiasakan Anak  Menulis Diary

Asslammualaikum.Wr.Wb

Hai, apakabar semua sahabat #KeluargaNawra. Semoga selalu sehat dan alam lindungan Allah SWT yah. Tetap jaga protokol kesehatan dengan baik dan tertib sebab virus corona belum berakhir.


Oh, ya di zaman pandemi ini kita bisa mengakses banyak informasi dari berbagai platform digital. Oleh karena itu sebaiknya tetap juga waspada dan hati-hati agar tidak termakan hoak, kena penipuan atau keajhatan cyber lainnya.


Dimana pandemi ini juga yang akan kita lalui menuju tahun kedua, banyak aktivitas anak-anak usia sekolah yang dihabiskan di depan laptop dan smartphone. Lebih khususnya untuk smartphone ini adalah handphone dengan berbagai merek android. Selama pandemi, penjualan handphone cukup naik dan banyak dicari orang. Baik barang baru maupun barang bekas. 


mengajak anak nulis dary
Menulis dairy soal apa aja, bebaskan aja dulu


Keluarga Nawra saja menambah satu buah handphone lagi selama pandemi ini. Untuk support kakak Nawra belajar daring, kebetulan awal pandemi ini tahun lalu. Pas kelas dua, si kakak dipulangkan dari pondok. Jadi belajar secara daring dari rumah.


Mengalihkan Aktivitas Anak Dengan Handphone


Mau tidak mau dengan kegiatan daring ini, tingkat aktivitas orang tua dan anak terhadap handphone semakin meningkat. Setiap hari pasti membuka dan menggunakan handphone, kecuali hari libur. Untuk melakukan kegiatan belajar, mengirim tugas dan berkomunikasi dengan pihak sekolah. Tugaspun banyak diberikan dala bentuk link video. Otomatis juga anak terpapar virus nonton yutub, hehehe. Kadang sudah menyimak pembelajaran, ia berselancar ke channel lain. Benarkan, ayah bunda!


Nah, untuk mengurangi kebiasaan anak akses handphone. Saya mengalihkan kegiatan harian mereka dengan belajar bahasa, mengambar- mewarnai, mengaji, mengahapal , membaca buku dan satu lagi yang akan saya bahas di sini adalah MENGAJAK ANAK NULIS DIARY.


Awal Pertama, Anak Tidak Paham


Awal pertama, ketika saya ajak Athifah menulis diary. Ia, terlihat bingung dan ingin tahu lebih banyak. Jadi saya pun, menjelaskan dengan bahasa yang sangat sederhana. Akan tetapi ia juga belum begitu paham.


Lalu suatu hari, kebetulan ada kesempatan keluar rumah bersama, saya ajak Athifah untuk membeli buku diary kecil. Yah, saya pikir dimulai dari yang kecil saja dulu. Nanti jika ia sudah mulai menulis. Bukunya penuh, ia bakal minta buku baru. Nah, baru saya berikan buku yang agak besar.


Saya bebaskan ia memilih bukunya , mau warna apa dan gambar apa. Saya ingat betul, buku diary pertama Athifah, saya beli dengan harga Rp 22.000 di salah satu toko fotokopian di daerah Kapung Bali dekat Kampus Universitas Muhammadiyah Bengkulu.


Waktu dibelikan, ia sangat senang dan berjanji akan menulis hal-hal penting di buku tersebut. Alhamdulillah, pancingan pertama kena nih.


mengajak anak nulis diary
Buku diary pertama Athifah, seharga 22k


Pancingan Untuk Anak Nulis Diary


Waktu di diary pertama, saya tidak memberikan tugas secara terbuka. Hanya mengajak ia menuliskan hal-hal penting di dalam bukunya.


Kebetulan saat itu, kai nonton bersama film Cinderella. Pada bagian ketika Ella pulang dari berdansa, malam itu ia mencatat semua kejadian di malam itu ke dalam buku diary. Tindakan Ella ini kemudian saya jadikan juga pemacu untuk Athifah menulis diary. 


Pancingan melalui film sepertinya efektif juga, masuk nih sama Athifah.


Lalu, ia minta ijin apakah boleh menulis lagu di bukunya. Sebab ia lagi suka sekali dengan lagu-lagu bahasa Jepang. Supaya tidak lupa, ia ingin mencatat di buku diary. Saya perbolehkan, bahkan saya ijinkan juga jika ingin dihiasi. Biar terlihat keren.


Selang beberapa hari, ia juga minta bertanya apakah boleh menulis perkalian di buku diary. Saya perbolehkan. Yah, untuk awal saya biarkan ia menulis apa saja di dala buku diary. Supaya mneajdi kebiasaan, nanti juga ia pasti akan ketemu pola dan akan menulis apa sebaiknya di buku diary.


Buku Diary Penuh, Minta Buku Baru


Ada banyak hal yang dituliskan Athifah ke dalam buku diary. Jadi bukunya cepat penuh. Selain lagu bahasa Jepang, Perkalian, Nama-nama Anime. Ia juga menuliskan keinginannya di hari ulang tahunnya yang ke delapan. Ia menuliskan 8 keinginan , berupa barang yang ingin dijadikan hadiah di ulang tahunnya yang ke 8. 


Selebihnya, yang cerita-cerita pendek tentang kegiatannya di rumah , bersama adik dan kakaknya. Hanya sepotong kalimat pendek. Tapi cukup infromatif. Misalnya, Hari ini aku makan Ayam besama adek sambil nonton video Tan Boy. Memang belum rapi, sebab belum menuliskan waktunya. Tidak masalah, nanti sambil jalan diperbaiki.


Buku diary pertama Athifah sudah penuh, ia meminta buku kedua. Kali ini saya membeli yang ukuran bukunya lebih besar namun tebalnya hampir sama dengan buku diary pertama.


Pada buku kedua, Athifah tidak lagi menuliskan hal-hal yang ia lakukan pada buku pertama. Ia lebih banyak bercerita tentang aktivitas dan kegiatan yang ia lakukan. Baik kegiatan sehari-hari di rumah, kegiatan bersama keluarga atau kegiatannya saat kami melakukan aktivitas di luar.


Tetapi memang masih perlu diingatkan untuk menuliskan waktu dan tanggalnya, kapan ia menuliskan cerita tersebut.


manfaat anak menulis diary
Buku diary kedua Athifah, seharga 13k, lebih besar dan murah


Selain itu, Athifah juga sering bertanya soal padanan kata atau cara mengatur susunan kata yang akan ia tulisa menjadi kalimat. Jadi, ia sering mengarang atau membacakannya terlebih dahulu kepada saya, lalu baru ia tuliskan.


Pelajaran di sekolah juga mendukung aktivitas menulis diary ini. Kebetulan materi pelajaran sekolahnya saat ini membahas dogeng. Jadi ia juga belajar mengenal apa itu unsur-unsur dongeng. Ia belajar soal latar tempat, setting waktu, watak tokoh , amanat. Termasuk belajar soal judul cerita. Jadi cerita yang ia tulisakan di dalam diary. Juga diberi judul.


Ketika Anak Malas Menulis Diary


Dari awal, tujuan menulis diary ini adalah untuk mengalihkan aktivitas bermain handphone yang berlebihan. Jadi , ketika ia mulai tidak mood menulis. Yah, saya alihkan dulu dengan aktivitas lainnya. Misalnya diajak menggambar atau mewarnai. Bisa juga yang paling mudah adalah bermain panggung penyanyi. Dimana ia dan adiknya saya minta untuk bernyanyi lagu kesukaan mereka masing-masing. Saat bernyanyi, mereka akan menyebutkan judul lagunya dan nama negaranya.


Biasanya sih nanti mood nulis balik lagi, atau timbul rasa kangen nulis. Yah, bagaimana kepintaran ayah dan bunda di rumah lagi untuk memotivasi anak agar tetap semangat melakukan aktivitas yang baik, termasuk menulis diary.


Demikian dulu ya cerita soal Athifah yang mulai asik menulis diary. Soalnya si dedek Nasya sudah mulai bangun nih, ia mau minta dibuatkan susu.  Wassalam


Powered by Blogger.