Menu

Keluarga Nawra

Saturday, December 8, 2018

Masak Rendang Dari Daging Beku

/ / 0 Comments
Masak Rendang Dari Daging Beku
Assalammualaikum. Wr.Wb

Dear Sahabat Keluarga Nawra. Hari ini rencana mau masak apa?.Kalo saya, ingin masak Rendang. Kebetulan si Athifah dan si Nasya sedang doyan makan rendang.

Jadi kami sering buat aja sendiri. Dipotong kecil-kecil sehingga mudah digigit oleh anak-anak.


Mempersiapkan Bahan

Jadi untuk bahan utamanya adalah daging. Kami membeli satu kilo daging beku yang biasa di jual bulog. 

Harga satu kilo daging beku ini cuma 80 ribu. Isinya daging semuanya. Meski dengan kualitas daging yang berbeda-beda. Saya tidak begitu paham dengan nama istilah bagian-bagian dari daging.

Oh, ya ini daging kerbau ya. 

Bahan bumbu yang perlu dipersiapkan. Saya membeli bahan bumbu rendang sudah siap atau jadi di toko rempah-rempah. 

Untuk kota Bengkulu, bisa dibeli di toko bumbu di pasar Minggu. Di bawah pasar PTM. Ada  toko bumbu Linda dan toko bumbu Berkat. Kedua toko bumbu tersebut sangat terkenal. Tapi di sana juga banyak toko bumbu lainnya. Namanya juga pasar ya, hihihi.



Saya membeli bumbu rendang lima ribu dan cabe tiga ribu saja. Isi bumbu rending yang saya beli itu adalah

Bumbu halus Rendang

5 butir kemiri
6 siung bawang putih
100 g cabe merah besar
12 butir bawang merah
100 g cabe merah keriting
2 cm jahe, bakar
2 cm lengkuas
3 cm kunyit, bakar
1/2 sdm ketumbar
2 sdt garam
1/2 sdt pala
1 sdt jintan, sangrai

Lalu saya membeli dua KG santan kelapa, yang  terbagi. Satu kilo dalam bentuk saantan sudah jadi atau santan cair. Dikemas dalam masing-masing setengah kilo. Lalu satu kilo lagi santan kasar atau yang belum diperas atau masih berbentuk kelapa parut. 

Rendangnya akan saya buat tidak terlalu pedas. Tapi ada terasa pedas sedikit.

Mempersiapkan daging Beku 


Namanya daging beku, tentu saja sebelum diolah kita dinginkan terlebih dahulu. Saya merendam daging beku di dalam air, kondisi daging masih terbungkus plastik. Ini supaya, daging tidak banyak mengandung air lagi. Cukuplah air yang terbawa atau menempel saat pembekuan. 

Setelah dingin, daging saya potong kecil lalu ditiriskan supaya airnya turun lagi.

Masak Rendang Daging Beku

Pertama, saya siapkan wajan yang berisi minyak untuk menumis bumbu-bumbu. Saya aduk sampai merata dan keluar wangi. 

Kedua, setelah wangi, saya masukin daging dan daun-daunan penyedap dan pembuat makyusnya rendang, seperti daun sereh, kunyit, salam, jeruk purut.

Ketiga, setelah semua bumbu tercampur merata dengan daging, lalu saya masukan santan cair yang diperas dari kelapa parut. Kalo kita peras, ini kira-kira santan kedua atau ketiganya setelah kita ambil santan kentalnya

Keempat, setelah daging atau santan tadi agak kering, maka masukan lagi sisa santan encernya, dimasak terus sampai daging terasa lembut.

Kelima, masukan santan kental sampai daging terasa lembut, begitu terus sampai santan  kental habis. Kalo saya biasanya sampai empat kali, dari dua kilo santan yang disiapkan

Setelah daging lembut atau terasa empuk, daging boleh dicicipin dulu, mana tahu masih ada bumbu yang kurang. 


Sebagian orang ada yang suka masak rendang dalam keadaan kering, tapi kalo saya lebih sukamasak rendang dalam keadaan ada kuah sedikit. Ga begitu suka kalo terlalu kering.

Oh, ya jangan sampai lupa diaduk-aduk ya saat masaknya, sebab bisa bikin daging mutung juga atau kekeringan. Hal ini bisa membuat daging rendang terasa agak pahit dan kurang sedap. Soalnya saya pernah mengalaminya.Meski sudah saya tambahkan air atau santan. Tetap saja rasa mutung atau gosongnya tidak mau hilang, hihihi.

Tapi, Alhamdulillah meski agak sedikit gosong, yang namanya rendang.Di rumah saya selalu habis, ga pernah rugi kok kalo masak rendang.

Kalo kamu gimana masak rendang, gimana carany, bagi cerita yuk !

Salam, Keluarga Nawra


Friday, December 7, 2018

Tidak Ada Kunjungan Wali Santri di Bulan Desember

/ / 0 Comments
Tidak Ada Kunjungan Wali Santri di Bulan Desember
Assalammualaikum Wr.Wb

Apa kabar sahabat Keluarga Nawra, bulan Desember ini, rasa kangen dengan kakak Nawra jadi semakin jadi. Sebab menurut informasi dari ustadzah pengasuhan di pondok. Untuk waktu atau jadwal kunjungan ke pondok , yang biasanya dilakukan pada setiap pekan. Selama bulan Desember ditiadakan. Dengan salah satu alasannya sebab anak-anak sedang ujian dan bersiap akan liburan semester ganjil.


Itu artinya, kami tidak bisa mengunjungi kakak Nawra, yang biasanya dijadwalkan pada setiap pekan pertama dan ketiga setiap bulannya. Harusnya tanggal 2 Desember lalu kami kunjungan, ini tidak ada.

Terakhir kami ketemu kakak Nawra di tanggal 18 November 2018 yang lalu.

Untuk pekan pertama, biasanya ananda Nawra bisa kami ajak ke luar pondok. Biasanya kami jemput sekitar jam Sembilan pagi, nanti sebelum jam tiga kami antarkan kembali ke pondok. Biasanya juga kami menunggu sampai jam lima sore, sampai gerbang pintu pondok ditutup untuk wali santri.


Kalo pekan ketiga, biasanya santri hanya bisa dikunjungi saja tapi tidak bisa dibawa ke luar. Jadi kami duduk seharian di pondok, makan, minum dan melakukan aktivitas bersama dengan kakak Nawra.

Kami biasanya membawa banyak bekal makanan, bantal, tikar bahkan mainan Annasya dan Athifah, supaya betah main di pondok. Selama ini kedua adiknya kalo ke pondok betah dan asik-asik saja. Kadang kami juga membeli aneka jajanan yang ada di jual di luar pondok. Seperti bakso dan minuman dingin.


Maklum seharian di pondok ya, dari jam Sembilan pagi hingga jam lima sore.  Kadang bekal makanan sudah habis. Yang sering kehabisa minum. Biasanya kakak Nawra mengambil air di dalam pondok, hihihi.

Setiap jadwal kunjungan itu juga kami juga membawakan makanan , seperti gulai dan lauk untuk kakak Nawra, sebab biasanya esok hari, di hari senin dia berpuasa bersama dengan teman-temannya.


Selain itu juga membawakan snack atau camilan ringan untuk sehari-hari. Untuk uang, tidak setiap datang kunjungan kami memberikan uang. Tergantung kebutuhan saja. Kalo kakak Nawra minta uang, barulah kami memberikan. Itu artinya dia sudah membutuhkannya.

Setiap jadwal kunjungan wali santri, kami juga berkenalan dan ngobrol dengan teman-teman kakak Nawra dan juga orang tuanya, sehingga lebih akrab dan menambah saudara juga.


Jika ada keperluan, kami juga mengobrol dengan para ustad dan ustadzah, mengenai pendidikan dan kehidupan kakak Nawra di pondok. Mengenai pelajaran sekolah, aktivitas di pondok dan apa saja yang menarik untuk dibahas.

Bertandang sekitar 7-8 jam di pondok atau seharian, membuat kami juga banyak mengcancel kegiatan di luar, demi untuk berkunjung ke pondok.


Kakak Nawra, masih kelas satu , masih baru mondoknya. Jadi butuh support yang besar dari kami. Butuh perhatian dan butuh untuk diajak ngobrol. Meski masih suka mewek juga dan bercerita begitu susahnya dia di pondok.

Namun kami selalu memotivasi kakak, supaya tidak putus asa dan tetap bersemangat untuk melakukan smeua aktivitas di pondok dengan sepenuh hati dan ikhlas.


Oh, ya saat kunjungan tersebut, kami biasanya mengelar tikar di sekitar halaman luar pondok. Jadi kami tidak diperbolehkan untuk masuk ke wilayah asarama, kecuali untuk shalat. Apalagi mau masuk ke kamar santri, tidak diperbolehkan.

Tidak terasa, di bulan Desember ini, sudah mau enam bulan kakak Nawra di pondok. Selama itu pun, kami tak pernah henti berdoa supaya ia ikhlas dan sabar menjalani setiap aktivitas yang ada di pondok

Jadi, bulan Desember ini, tidak ada jadwal kunjungan selain masa ujian, juga akan segera liburan. Diperkirakan liburannya hingga dua pekan. Cukup lama juga ya.


Yah, udah semoga kakak Nawra sukses dengan ujiannya ya dan bisa mendapatkan nilai yang terbaik. Aamiin

Thursday, December 6, 2018

23 Buah Bewarna Kuning dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

/ / 1 Comments
23 Buah Bewarna Kuning dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
Assalammualaikum. Wr.Wb

Apa kabar sahabat Keluarga Nawra, sudah makan buah hari ini? Kalo belum, yuk coba kenali sekaligus cicipin buah-buahan yang ada di muka bumi ini yang bewarna kuning.

Buah dan sayuran berwarna kuningmengandung bio-flavanoid dan karotenoid. Buah dan sayuran berwarna kuning pun mengandung antio oksidan yang baik untuk kesehatan. Selain itu, terkandung juga serat dalam jumlah yang cukup banyak, di mana serat sendiri baik bagi kesehatan pencernaan.

Kulit yang berasal dari buah dan sayuran berwarna kuning seperti labu, jeruk, pisang, nanas, belimbing, lemon, dan paprika baik untuk kesehatan kulit, gigi, dan tulang. Terlebih bagi seseorang yang mengalami cedera, buah dan sayuran berwarna kuning sangat dianjurkan untuk dikonsumsi selama proses penyembuhan.

Disebutkan juga kalau buah dan sayuran berwarna kuning mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, pencernaan, dan baik juga bagi kesehatan mata seseorang.

Yuk, Kenali Buah Apa Aja yang Bewarna Kuning

1. Jeruk
biutifa.id
2. Pisang
okezone.com
3. Jagung
liputan 6.com
4. Mangga
suara.com
5. Labu
dokter.id


6. Nanas

beautynesia.id
7. Nangka
jakarta.tribunnews

8. Belimbing

manado.tribunnews
9. Kesemek
agrotani.com
10. Kelengkeng

urbanina.com
11. Pir
khasiat.co.id
12. Abiu
bibbliotika.com
13. Alkesa
siruptjampolay
14. Markisa
fakta.news
15. Melon
tokopedia.com
16. Duku
nusantaranews.co
17. Rambusa
atmago.com
18. Cupak

plus.google.com
19. Rambai

tokopedia.com
20. Lemon
berkabar.id
21. Timun Suri

id.openrice.com
22. Pepaya


23. Air-Air
uniklucukerenhebat.blogspot.com
Nah, dari nama-nama buah tersebut di atas, mana saja yang sudah kamu makan. Lalu buah mana juga yang belum pernah kamu liat bahkan kamu cicipin. Yuk, cari tahu dan rasakan gimana buahnya. 

Kamu mau nambahin buah apa, hayo sini komen di kolom komentar yaah.
Salam, Keluarga Nawra

Wednesday, December 5, 2018

Segarnya Air Terjun Randusari Dlingo

/ / 2 Comments
Segarnya Air Terjun Randusari Dlingo
Assalammualaikum. Wr.Wb

Apa kabar sahabat Keluarga Nawra, ada rencana liburan ke mana nih. Libur akhir tahun segera tiba dan ada baiknya kalian untuk mempersiapkan list destinasi liburan kalian mulai dari sekarang. Salah satu regional yang wajib kalian masukkan ke list destinasi liburan kali ini adalah wisata Jogja. Banyak sekali pilihan destinasi wisata di Jogja seperti wisata budaya, wisata kuliner, wisata belanja dan yang paling hits adalah wisata alamnya.

Berbagai tempat bisa kalian kunjungi di wilayah Jogja ini, mulai dari pantai pasir putih yang bisa kalian kunjungi satu persatu, dan itupun tidak akan kelar dalam satu hari. Selain itu juga ada wisata hutan pinus, spot foto kekinian dan yang juga tidak kalah mengasyikkan dan menyegarkan adalah wisata air terjun di Jogja.

Untuk wisata air terjun sendiri, Jogja mempunyai banyak pilihan untuk kalian kunjungi, salah satunya adalah Air Terjun Randusari yang berada di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Jogja. Karakteristik dari air terjun ini yang masih sangat alami dan terjaga keasliannya dipastikan menyuguhkan kesegaran kepada kalian. Selain itu, di sekeliling air terjun ini juga masih banyak pepohonan hijau yang tumbuh subur dan tentunya hembusan angin dan udara yang bersih jauh dari polusi adalah hal yang spontan kalian dapatkan di Air Terjun Randusari ini.


Untuk menemukan wisata Air Terjun Randusari ini kalian perlu menuju ke Dusun Rejosari, Desa Jatimulyo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun jika kalian kerepotan, kalian bisa membuka aplikasi Google Map dan mencari titik koordinat GPS di -7.918070,110.490150. Jika kalian menempuh perjalanan dari Kota Jogja menuju Air Terjun Randusari ini akan memakan waktu sekitar 1 jam jika kondisi tidak macet.
Nah khusus buat berencana pergi ke air terjun ini, ada dua rute yang bisa kalian tempuh untuk segera sampai seefektif mungkin. Berikut ini rute perjalanannya dan perhatikan baik-baik ya.

Rute Pertama

Jika kalian berada di pusat Kota Jogja, mulailah perjalanan dengan menuju ke Terminal Giwangan yang berada di Ring Road Selatan. Mulai dari sana ambillah rute yang menuju ke Jalan Imogiri Timur dan menuju ke Pasar Imogiri. Kemudian kalian bisa mengambil arah menuju ke objek wisata Hutan Pinus Mangunan. Setelah melewati Hutan Pinus Mangunan kalian akan melewati Puncak Becici. Pastikan setiap stepnya kalian lalui ya. Jika kalian sudah melewati Puncak Becici, kalian hanya perlu mengikuti petunjuk arah yang sudah disediakan oleh pengelola wisata di kawasan Dlingo.

Rute Kedua

Rute yang kedua ini adalah rute umum yang biasa dilalui oleh para traveller, jadi kalian harus sedikit bersabar dengan kondisi perjalanan yang sedikit macet. Seperti biasa, kalian mulai dari pusat Kota Jogja dan menuju ke arah Jalan Piyungan - Wonosari. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju Bukit Bintang yang melalui pertigaan Piyungan. Setelah melewati Bukit Bintang, kalian akan segera menemukan pertigaan di samping Stasiun

Radio GCD FM. 

Dari pertigaan tersebut kalian langsung belok kanan dan jalan lurus terus sampai melewati objek wisata Watu Amben. Mulai dari objek wisata Watu Amben, kalian hanya perlu lurus terus mengikuti plang penunjuk arah yang telah disediakan. Namun jika kalian sedikit ragu dan bingung, kalian bisa bertanya kepada penduduk sekitar yang selalu ramah dengan para traveller seperti kalian. Pokoknya, kalian hanya perlu mengikuti rute perjalanan yang menuju ke kawasan Hutan Pinus Mangunan dan Puncak Becici, karena lokasi air terjun ini masih satu kawasan dengan kedua objek wisata tersebut.

Nah, apakah kalian masih bingung dengan kedua rute yang telah dijelaskan di atas? Kalau kalian masih ragu dan bingung untuk menuju ke lokasi Air Terjun Randusari ini, kalian bisa memanfaatkan jasa di sini Omocars Jogja atau omocars.com lho. Situs tersebut adalah situs jasa rental mobil dan juga travel wisata di Jogja. Tentu dengan harga yang tergolong bersahabat bagi kalian traveller sejati apalagi anak kuliahan. Jadi kapan mau wisata ke Jogja bersama Omocars Jogja?

Tuesday, December 4, 2018

Kapan Anak Boleh Main Handphone

/ / 0 Comments
Kapan Anak Boleh Main Handphone
Assalammualaikum Wr.Wb

Apa kabar sahabat Keluarga Nawra, apa kegiatan anak-anak di rumah kalo lagi santai. Biasanya mereka melakukan apa saja di rumah. Aktivitas apa yang paling sering mereka lakukan.

Jadi begini, suatu sore saya ngobrol ama Bude yang tinggal ga begitu jauh dari rumah kami. Namanya rumah kompleks ya, ga terlihat jauh yah. 

Obrolan itu berawal, ketika saya bertanya mengenai anak-anak bude yang jarang sekali terlihat. Bahkan di saat hari libur. Mereka hampir tidak pernah, Nampak sedang melakukan aktivitas di luar rumah. Misalnya duduk, ngobrol senda gurau di teras, atau melakukan aktivitas menyiram, merawat bunga atau menyapu halaman. 

Kakak Nawra sebelum masuk pondok :) 

Padahal kedua anaknya adalah perempuan. Kalo kata orang dan pengalaman di keluarga saya. Punya anak perempuan, biasanya rumah bersih, banyak yang suka beres-beres dan tentu saja banyak juga tanaman bunganya.

Bude, menjawab, anak-anaknya sibuk berzikir di dalam rumah.

Saya senyum, tapi sebenarnya heran. Melihat saya heran, Bude langsung menjelaskan. Sambil tersenyum geli sendiri.

Itu loh, berzikir, alias main henpon. Ga ada bosan-bosannya. Henponnya ga boleh jauh-jauh dari mereka. Entahlah kenapa bisa demikian. Pusing juga saya melihatnya. Gimana caranya , supaya mereka ga terus-terusan main hanphone.

Saya langsung ikutan senyum. Oh, jadi ini maksudnya berzikir . Sibuk main henpon. 

Pengguna Internet di Indonesia Berdasarkan Usia

Dari tabel tersebut dapat dilihat bahwa, anak usia 10 tahun sudah sangat banyak yang menggunakan internet. Itu belum lagi kalo diadakan survey untuk anak usia 1-10 tahun. Saya yakin juga pasti banyak. 

Memang internet dan handphone yang terkoneksi internet, tidak bisa dihindari masuk ke rumah kita. Namun, kita bisa hanya mengatur kedatangan internet tersebut hanya sebatas ruang tamu saja. Tidak perlu dipersilakan memasuki semua ruangan. Ibarat tamu yang datang, maka tuan rumahlah yang mempunyai peranan yang sangat penting.

Oleh karena itu, mari kita sebagai orang tua mempunyai andil yang sangat besar dalam keterlibatan atau penentu pertama kali. Bagaimana anak bisa kenal dan bermain dengan internet.
Pengguna Internet berdasarkan usia

Sebab kita tidak bisa melarang anak bermain handphone apalagi mengakses internet. Kalo pun kita melarang, di rumah mungkin anak akan turut kita.

Namun saat berada di luar rumah, bisa saja lingkungan yang menawarinya. Pengaruh teman dan juga desakan pergaulan sehingga memaksa anak kita untuk bermain dan candu internet.

Buatlah aturan yang disepakati bersama anak

Oleh karena itu, ajaklah anak berdiskusi, soal waktu bermain handphone itu kapan saja. Jam berapa atau saat apa anak boleh mengakses internet di rumah. Kesepakatan ini harus kita jalani bersama. Orang tua, juga saat bersama anak jangan sibuk main handphone saja.

Lakukan Ini Orang Tua Untuk Anak

Berikan anak kita perhat ian dan kasih sayang, supaya dia juga ga melarikan isi hatinya dan menghabiskan atau melampiaskan keinginannya dengan bermain game, akses internet sepanjang hari.

Ajaklah anak, melakukan aktivitas bersama, meski sederhana, tapi bersama. Tentu akan berbekas sekali pada anak. Kemudian jangan bosan untuk terus kepo dan jadi sahabat anak. Dengarkan keluahannya.

Piknik Tipis,biasa kami lakukan di wiken 

Kata ustad kakak Nawra di pondok. Jangan sampai ketika jadwal kunjungan orang tua, anak jadi bersemangat. Sebab bukan karena ingin bertemu dengan orang tuanya. Akan tetap ingin meminjam handpnone orang tuanya.

Jangan sampai hal itu terjadi, makanya sela jadwal kunjungan orang tua, dilarang untuk meminjamkan anak bermain handphone. Meski anak sangat ingin, sebab selama di pondok, anak memang tidak diijinkan bermain handphone. Saat jadwal menelpon orang tua pun, hanya menelpon dari henpon jadul. Yang tidak ada kameranya.

Salam, 
Keluarga Nawra



Sunday, December 2, 2018

Tentang Berbagai Jenis Sushi yang ada Di Indonesia

/ / 12 Comments
Tentang Berbagai Jenis Sushi yang ada Di Indonesia
Assalamualaikum Wr.Wb

Bagaimana kabar Sahabat Keluarga Nawra? Semoga sehat selalu ya. Menjelang akhir tahun 2018 ini, pasti ada banyak sekali diskon atau potongan harga dari berbagai restoran

Mulai dari restoran cepat saji ala Italia sampai restoran ala Jepang. Menggiurkan sekali bukan? Sebagai pengetahuan umum saja. Ternyata ada sepuluh jenis sushi yang ada di restoran Jepang di Indoneisa loh.

Kira-kira seperti ini penjelasan tentang sepuluh jenis sushi di Indonesia khusus untuk Sahabat Keluarga Nawra nih. 

Oshizushi 

https://www.instagram.com/kurukurutontonton7/ 

Yang Pertama ada menu sushi yang namanya adalah Oshizushi. Biasanya disajikan dengan kotakan kayu. Kemudian sushi ditata dengan bambu kotak, sehingga bentuknya nanti bukan bulat melainkan kotak. Sushi jenis ini, biasanya jarang sekali ditemukan loh.

Inarizushi 


https://www.instagram.com/kurukurutontonton7/ 
Nah, kalau sushi yang satu ini namanya adalah Inarizuhi. Sushi ini ada pembungkusnya loh, dibungkus dengan kulit tahu yang renyah. Kalau nama kulit tahunya dalam bahasa Jepang adalah Aburage. Memiliki banyak protein yang baik untuk pertumbuhan anak. 

Uramaki Sushi 


https://www.instagram.com/akashi_sushi_bar/ 
Jadi sushi yang satu ini, bukan berasal dari Jepang asli loh. Urumaki sushi namanya. Variasi sushi dengan membalik letak kertas nori. Kan kalau dari Jepang kertas norinya di atas, kalau di versi Amerik kertas norinya di dalam sushi. 

Temaki Zushi 


https://www.instagram.com/mai_yum_yum/
Jujur kalau lihat sushi dengan bentuk seperti ini, bukan hanya anak-anak yang suka tapi juga kita-kita yang sudah dewasa hehe. Bentuknya lucu, seperti es kim cone. Temaki sushi memang dihidangkan dengan cara digulung. Itu juga berhubungan dengan arti dari Temaki sendiri, digulung dengan tangan. 

Norimaki 

https://www.instagram.com/saketotsumami/
Jenis sushi yang kelima adalah, Norimaki. Sushi ini sudah umum dijual di restoran atau bisa dibikin sendiri di rumah. Lumayan untuk mengisi waktu senggang. Kira-kira Sahabat Keluarga Nawra pernah membuatnya? Kapan-kapan berbagai resep sushi ya. 

Sashimi Sushi 

https://www.instagram.com/juanzerpa_chefsushi/
Lucu-lucu sekali ya bentuk sushi yang satu ini. Sayang kalau mau memakannya. Sashimi sushi memiliki cocolan saus manis atau asin agar bau amis daging ikan tidak tercium. Biasanya sushi jenis ini juga disajikan dengan cara mengepalkan nasi kemudian diberi irisan daging ikan di atasnya. 

Gunkan 


https://www.instagram.com/yokoso_sushi_sushibox_bonn/

Kalau sushi yang satu ini, beda dari jenis sushi yang lainnya. Karena sushinya dibungkus bukan dengan kertas nori, tapi dengan irisan tipis mentimun yang segar. Bentuknya jadi seperti kapal perang. Seperti namanya, Gunkan itu artinya Kapal Perang loh. hehe lucu ya bentuk sushinya. 

Nigiri

https://www.instagram.com/p/Bqsnu_tH48B/ 

Lucu sekali penyajiannya, bikin di rumah bisa nggak ya? jelas pasti bisa. Termasuk dalam jenis sushi dengan nama nigiri. Sajian ikan mentah tanpa cocolan saus apapun. Wah, menyehatkan sekali ya. 

Futomaki 

https://www.instagram.com/futomakisushi/ 

Yang punya anak dengan nafsu makan tinggi, wajib bisa membuat sushi yang satu ini. Karena isian sushinya berjumlah tujuh macam. Sekali gigit sudang langsung kenyang seharian. Nyam-nyam. 

Temari Sushi 

https://www.instagram.com/mydelectablekitchen/ 

Sushi bulat seperti bakso, jadi sensasi makan sushi yang beda. Tapi sayang, kalau di Indonesia masih jarang. Maka dari itu, bikin sendiri di rumah yuk. Sudah banyak tutorialnya di youtube atau video di media sosial. 

Gimana Sahabat Keluarga Nawra? Jadi makin banyak tahu ya? setelah ini mau langsung ke restoran Jepang bersama keluarga atau malah ingin membuat menu sushi ala rumahan? Bagi-bagi informasinya ya. 

Salam, 
Keluarga Nawra 

Powered by Blogger.