Menu

Keluarga Nawra

Sunday, October 14, 2018

Emak, Semoga Selalu Sehat dan Doyan Makan

/ / 23 Comments
Emak, Semoga Selalu Sehat dan Doyan Makan
Assalammualaikum. Wr.Wb

Sejak Emak saya tidak bisa berjalan lagi. Otomatis keluarga Nawra pun sudah sangat jarang  pergi jalan bersama Emak atau sekedar makan di luar. Biasanya setiap wiken, keluarga Nawra menyempatkan untuk selalu melakukan hal kecil itu bersama Emak.
Emak sekitar sebulan sebelum masuk rumah sakit

Meski saat makan di restoran itu Emak harus disuap. Sebab tangannya sudah  tidak bisa digerakkan. Biasanya kami menyuap Emak makan barengan bersama anak-anak. Setelah itu baru kami melanjutkan makan. Emak menemani anak-anak bermain.

Terakhir kami pergi keluar bersama Emak adalah di hari sabtu malam. Kami jalan-jalan mengitari kota Bengkulu. Kemudian di akhiri dengan makan malam di restoran Dang Lena di kawasan Simpang Empat Pantai. Malam itu Emak sehat saja, usai makan seperti biasa. Anak-anak bermain di halaman restoran. Kebetulan lapangannya luas , ada rerumputan dan ada ayunan. Anak-anak bermain dengan diawasi oleh Emak. Sesekali terdengar suara Emak menjerit, kuatir anak-anak ada yang jatuh, atau sekedar mengingatkan supaya hati-hati. Atau melerai ketika ada perselisihan kecil di antara anak-anak. Seperti berebut mainan. Emak masih kuat berjalan dan berdiri.

Buka puasa bareng tahun ini  ,Emak sudah makan disuap

Emak Jatuh Sakit dan Tidak Bisa Berjalan.

Kami mengantar Emak malam itu hampir jam sembilan malam. Setelah ngobrol sebentar dan berpamitan. Kami pun pulang, menempuh jarak sekitar 15 KM. Anak-anak di dalam perjalanan pun tertidur akibat kekenyangan dan kelelahan bermain.

Hari berganti, waktu pun berputar. Di hari rabu pagi. Suami menjemput saya di kantor. Memberi kabar bahwa Emak masuk rumah sakit. Jadi belakangan ini memang suami mengantar saya dan anak-anak. Lalu beliau parkir mobil di rumah Emak, kemudian berangkat ke kantor dengan motor saja. Tapi hari ini suami malah belum ngantor tapi harus membantu dan mengantar Emak ke rumah sakit.

Aktivitas Emak sekarang banyak dilakukan berbaring

Memang ini bukan sakit dan masuk rumah sakit yang pertama bagi Emak. Beliau sudah sering dirawat, dengan diagnosa penyakit jantung.

Tetapi kali ini sakit Emak berbeda. Jantung semakin bengkak dan akibatnya Emak mengalami lumpuh sebelah. Tidak bisa berjalan lagi. Harus menggunakan kursi roda.

Setelah beberapa hari dirawat ,Emak akhirnya diperbolehkan pulang. Di rumah Emak bergerak dibantu dengan kursi roda. Semua keperluan beliau pun dilayani dan dibantu oleh anak-anak Emak secara bergantian.

Nafsu Makan Emak Menurun

Namanya orang sakit. Tentu saja nafsu makannya berkurang atau turun. Namun, jika tidak makan. Bagaimana akan segera sembuh. Sebab makanan juga pengantar kekuatan untuk sembuh. Memberikan tenaga dan kesenangan.

Temulawak dipercaya bisa menambah nafsu makan

Yah, bagaimana pun Emak harus makan. Meski sedikit tapi rutin. Paling ga sebelum minum obat harus makan. Apalagi makannya harus disuap otomatis memang kurang nafsu makan. Ada rasa sungkan Emak makan. Sebab merasa merepotkan anak-anaknya. Ada rasa malas mengunyah sebab yang dipilihkan anak menunya belum tentu cocok dengan selera. Apalagi tipikal Emak saya bukanlah orang yang suka merepotkan anak. Jika ditanya mau makan apa. Emak selalu menjawab makan apa saja. Bahkan saya sering bertanya berkali-kali. Untuk memancing selera Emak makan. Tapi kadang jawabannya sama. Sering juga saya tanyakan dengan pilihan. Misalnya mau makan dengan apa Ikan atau Ayam. Emak menyebutkan salah satunya. Tapi tidak lengkap dan jelas. Apa ayam goreng, sambal, gulai dan lain sebagainya. Emak sering menambahkan kata , terserah ayam apa aja. Yang penting makan. Di satu sisi memang Emak tidak rewel soal menu. Tapi di sisi lain, saya juga ingin Emak mengutarakan keinginannya untuk makan apa. Biar bersemangat untuk makan. Sesekali pernah juga Emak meminta makanan tertentu. Tapi tetap saja makannya ga begitu banyak. Tapi lebih banyak dari biasanya.

Temu lawak dalam kemasan lebih praktis

Butuh Suplemen Nafsu Makan

Di Indonesia satu-satunya bagian yang dimanfaatkan adalah rimpang temu lawak untuk dibuat jamu godog. Rimpang ini mengandung 48-59,64 % zat tepung, 1,6-2,2 % kurkumin dan 1,48-1,63 % minyak asiri dan dipercaya dapat meningkatkan kerja ginjal serta anti inflamasi. Manfaat lain dari rimpang tanaman ini adalah sebagai obat jerawat, meningkatkan nafsu makan, anti kolesterol, antiinflamasi, anemia, antioksidan, pencegah kanker, dan antimikroba.

Ikhtiar dengan minum Temulawak diberikan sesudah makan sebagai pengganti minum

Temu lawak memiliki efek farmakologi yaitu, hepatoprotektor (mencegah penyakit hati), menurunkan kadar kolesterol, anti inflamasi (anti radang), laxative (pencahar), diuretik (peluruh kencing), dan menghilangkan nyeri sendi[1]. Manfaat lainnya yaitu, meningkatkan nafsu makan, melancarkan ASI, dan membersihkan darah.

Rasa unik Temu lawak Herbadrink bikin Emak doyan minum

Minuman Herbadrink Praktis dan Efisien

Sari Temulawak Herbadrink dibuat dari resep minuman tradisional, serta diproduksi tanpa pengawet. Sari temulawak sejak dulu dikenal bermanfaat untuk memelihara fungsi hati, meningkatkan daya tahan tubuh serta memperbaiki fungsi pencernaan. Di beberapa penelitian juga disebutkan manfaat untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah.

Produk Herbadrink bisa didapatkan diberbagai toko dengan harga terjangkau.

Dikemas secara praktis dan higienis, tinggal diseduh, bersih dan tanpa endapan karena diproduksi dengan teknologi tinggi. Sari Temulawak Herbadrink Sugar Free diracik tanpa mengurangi rasa kenikmatan minuman herbal dari alam, kualitas dan rasa manisnya yang pas terjaga dengan baik serta tepat untuk menjadi minuman herba-break setiap hari.

Monday, October 1, 2018

Makan Pindang Patin di BFC Taman Berkas

/ / 2 Comments
Makan Pindang Patin di BFC Taman Berkas
Assalammualaikum. Wr.Wb

Repot dan bingung ga ya Ayah Bunda, kalo makan ama anak-anak. Kita mau makan ini-itu. Eh, anak-anak. Pengen makannya lagi-lagi sama ayam tepung. Ala Fried Chicken gitu. Yang kriuk.

Seberapa sering ya, akhirnya kita ngalah. Jadinya makan nurutin selera anak.

Saya sering begitu juga sih, ujung-ujungnya cuma pesen mie kangkung. Soalnya kadang bosan juga makan ayam. Tapi kalo anak-anak ga usah ditanyain. Mereka sih ga pernah bosan makan ayam. Tiap hari pun jadi.


Nah, pengalaman saya ini mungkin banyak juga dialami oleh keluarga yang lainnya ya.

Tapi sekarang sejak ada BFC Taman Berkas. Yang awalnya saya kenal menjual makanan ayam tepung. Eh, ternyata juga menjual menu yang lainnya. Termasuk Pindang Patin. Surprise kan...apalagi yang membuat juga orang asli Palembang.

Semoga kalo saya kasirnya yang beli banyak yaah

Kok bisa ya gerai Ayam goreng ngejual Pindang. Mari kita cek dengan seksama yah.

Jadi sore itu saya sekeluarga berkunjung ke BFC Taman Berkas. Untuk BFC - nya sama kayak frencais lainnya sih yang menjual ayam goreng tepung. Tapi oleh owner-nya di tempat ini juga menjual menu lain. Bahkan sangat jauh berbeda atau yang tidak berbahan ayam pun ada di sini.

Kali ini saya dan suami akan mencoba menu Pindang Patin. Kalo anak-anak, ya tetaplah kembali ke selera awal. Makan ayam keranjang.

Lihat porsi Pindang Ikan Patinnya lengkap ya. Dilengkapi dengan
  • Nasi
  • Sambal Nanas
  • Lalapan, ada terung panjang goreng, potongan kacang panjang dan yang ga kalah menggoda adalah goreng pete, daun kemangi
  • Nasi putih

Untuk Pete , diorder terpisah

Untuk pindang Patinnya dibuat khas ala Palembang. Jadi ini juga jadi obat kangen suami nih sama makanan khas Palembang. Udah lama juga sih, kita ga mudik.

Makan di sini selain bisa menyantap makanan dan menu yang lain . Kita juga sangat nyaman, sebab ada mushalah juga jadi ga kuatir ketinggalan shalat.

Terus ruangannya juga beraih, nyaman dan sejuk. Maklum sih di pinggir pantai Malabero. Kemudian yang bikin betah juga akses internet yang free Wi-fi. Jadi pengunjung juga betah berlama-lama di sini.

Jadi anak tetap makan ayam , kami makan ikan pindang patin

Selain itu harga menu di sini juga beragam dan dengan harga yang sangat terjangkau. Kalo udah makan bisa langsung main di taman berkas. Ada aneka permainan anak dan jembatan lengkung yang terkoneksi langsung dengan bibir pantai. Jadi bisa liat view pantai dari atas jembatan ini dengan santai.

Sebaliknya, bisa juga main dulu, nanti kalo lapar main mampir ke sini buat makan. Biar ga kelaparan. Ibarat kata sekali jalan,dua aktivitas bisa langsung dilakukan. Seru kan!

Oh, ya ruangannya juga cukup luas. Kalo kamu mau ngadain acara di sini juga oke. Misalnya mau ada acara arisan, kumpul keluarga atau sekedar ngobrol. Muat kok untuk kisaran empat puluh orang. Kasih tahu aja sama pemiliknya mau dibuat konsep kayak apa. Nanti akan dibuatkan oleh menejemennya.

Bersama Owner BFC yang baik dan ramah

Lokasi BFC Taman Berkas ini dekat atau satu wilayah sama Taman Pantai Berkas. Ditunggu ya kedatangan kalian untuk main dan makan di sini.

Salam, Keluarga Nawra

Thursday, September 20, 2018

Perlengkapan Untuk Manasik Haji Anak TK

/ / 0 Comments
Perlengkapan Untuk Manasik Haji Anak TK
Assalammualaikum Wr.Wb

Hai sahabat Keluarga nawra, hari ini Athifah mau ikut Manasik Haji di sekolahnya. Beberapa ahri yang lalu athifah menyampaikan bahwa dia bersama dengan teman-temannya akan melakukan pura-pura haji. Waktu mendengarkan hal tersebut saya dan suami pun tertawa dan tersenyum simpul. Athifah dan kawan-kawannya akan melakukan pura-pura haji, hihihi.

Dasar namanya anak-anak ya, mungkin ada sedikit salah paham dengan penjelasannya gurunya. Padahal saya pun mengerti maksud gurunya pasti MANASIK HAJI.


Jadi manasik haji anak adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji bagian bagian tertentu yang bisa dipraktekan oleh anak terkait dengan keterbatasan yang dimiliki anak. namun begitu harapannya makna yang terdapat dalam ibadah haji dapat terfahami dengan baik dan terus bertumbuh semangatnya sehingga ibadah haji menjadi salah satu visi hidupnya.

Saya pun mencari tahu infromasi lebih banyak dengan ibu guru Athifah, saya segera mengirimkan pesan via WA. Enak ya, guru sekarang kalo mau ditanyakan soal anak , tinggal ditelpon atau dikirim sms saja. 

Keesokan harinya Athifah membawa surat dari sekolah yang berisikan informasi mengenai kegiatan Manasik haji yang akan dilakukan oleh pihak sekolah.

Kalo ini, kegiatan manasik haji akan dilakukan di halaman kantor camat Muara Bangkahulu di daerah Unib Belakang. Tidak begitu jauh dari sekolah mereka. 

Rencana mereka akan naik angkot bersama-sama menuju ke lokasi manasik haji. Kumpul di sekolah jam tujuh pagi, setelah itu anak akan berangkat ke lokasi dengan rombongan dan di jemput di lokasi sekitar jam sebels siang.


Pecah Ban di Jalan



Hari kegiatan manasik haji itu, kami mengantar Athifah dengan menggunakan motor. Biasanya menggunakan mobil. Ternyata baru setengah jalan, ban kempes. Karena masih pagi, jadi susah menemukan tukang tampal ban. 

Saya dan Annasya ditutunkan di salah satu warung yang masih tutup sedangkan suami bersama Athifah mencoba mencari tukang tampal ban yang sudah buka. Padahal hari sudah lewat jam tujuh, saya sempat kuatir juga kalo Athifah akan terlambat tiba di sekolah.
Ternyata kata suami, di tengah jalan. Lewatlah gurunya, Bu Maya sehingga Athifah menumpang ke sekolah bersama gurunya. Sedangkan abinya menunggu ban motor diperbaiki, lalu menjemput kami. Alhamdulillah proses tampal ban tidak terlalu lama. Kami pun akhirnya masih sempat melihat Athifah berangkat. Saat kami sampai, Athifah dan teman-temannya sudah naik ke atas mobil dan siap berangkat. Kami pun sempat melambaikan tangan kepada Athifah dan teman-temannya.

Hal yang baisanya dilakukan di manasik haji anak adalah nniat, sai thowaf, lempar jumroh dengan penjelasan yang ada, yang jarang dilakukan adalah potong rambut malah yang banyak adalah foto-foto.

Athifah di dalam angkot sebelum berangkat

Perlengkapan untuk anak yang harus disiapkan:

1.Pakaian Ihram plus kantong dan Peniti

Pakaian Ihram bagi anak laki-laki adalah dua helai kain putih tidak berjahit. Untuk pakaian ihram perempuan seperti baju muslim anak perempuan pada umumnya. Harga yang ditawarkan biasanya sedikit lebih mahal dari pakaian ihram laki-laki karena ditambah dengan kerudung. Disarankan bahan yang digunakan adalah berbahan kaos, agar anak merasa nyaman dan tidak terlalu gerah, mengingat kegiatan ini sangat padat dan melelahkan.

Kantong berfungsi untuk membawa batu kerikil. Sedangkan maksud peniti adalah untuk menahan bentuk dari pakaian ihram laki-laki yang tidak berjahit.

2.   Batu Kerikil Kecil sebanyak 9 biji (jika masing-masing jumroh tiga kali)
3.   Paspor Haji
Anak diberi Co-Card sebagai identitas jamaah haji atau paspor haji yang berisi foto, nomer kloter, nama anak, nama orang tua dan alamat.
4.Slayer atau Topi untuk perempuan dan Peci untuk laki-laki,
Jika peragaan manasik haji anak di lapangan terbuka seperti alun-alun, hendaknya anak-anak diberi tambahan topi atau peci, karena kondisi lapangan yang pastinya berdesakan dan cuaca panas.
Selain dari pada itu fungsinya adalah untuk memberikan tanda atau ciri sekolah jika kegiatan peragaan manasik haji anak ini diikuti oleh beberapa RA/TK/BA.

Athifah dan teman-temannya sduah berpakaian haji lengkap

5. Sepatu dan Kaos Kaki
6. Celana pendek dan kaos dalam tipis bagi anak laki-laki
Sebelum memakai pakaian ihram, anak-laki-laki disarankan dilapisi dengan celana pendek karena dapat mengantisipasi kain yang jatuh (melorot). Begitu pula dengan fungsi kaos dalam tipis tersebut bisa disesuaikan dengan cara pemakaian pakaian ihram.
7. Kipas tangan
Biasanya anak-anak merasa kepanasan saat di padang arofah. Kondisi di lapangan tentu tidak dipasangkan kipas angin atau AC, makannya tidak ada salahnya untuk mempersiapkan kipas manual atau kipas tangan seadanya, jadi, tidak perlu menungggu angin yang hendak berlalu.
8. Minum dan Snack
Jika peragaan manasik haji anak ini diikuti oleh beberapa RA/TK/BA, tentunya para peserta harus menunggu peserta lain agar lengkap terlebih dahulu. Siapkanlah minuman dan makanan ringan.

Anak-anak di Lapangan sudah mulai kepanasan tapi juga senang

Alhamdulillah di sekolah Athifah, keperluan tersebut sudah dipersiapkan oelh para gurunya. Kami, orang tua hanya mengumpulkan uang sejumlah tertentu. Beberapa ahri sebelum waktu pelaksanaan, perlengkapan untuk manasik haji tersebut sduah dibagikan kepada anak murid.

Dulu, waktu kakak Nawra manasik haji , saya sempat sibuk mencari baju dan perlengkapan haji si kakak di pasar. Bukan cuma mempersiapkan uang, tetapi juga harus mempersiapkan waktu khusus untuk mencarinya. Lumayan juga waktu itu mencarinya, keluar-masuk toko. 

Alhamdulillah, hari di bulan Idul Adha, Athifah dan teman-temannya juga sduah belajar mengenai ibadah haji dan spirit ibadah haji. Semoga nanti bisa berhaji sungguhan, tidak lagi pura-pura ya. Aamiin.

Salam
Keluarga Nawra

Monday, September 17, 2018

Cap Tiga jari Pada Ijazah

/ / 2 Comments
Cap Tiga jari Pada Ijazah
Assalammualaikum. Wr. Wb

Hai, sahabat keluarga Nawra, alhamdulillah tahun ini kakak Nawra udh tamat SD. Sekarang udah jadi anak SMP. Kakak Nawra melanjutkan ke pondok pesantren nih. Bulan September ini, artinya udh hampir tiga bulan si kakak di pondok. Nah, awal bulan ini pas kami pindahan rumah. Si kakak ijin dri pondok. Waktu keluar itu juga dimanfaatkan untuk sekalian cap tiga jari. Kebetulan ada informasi dari sekolah. Bahwa Ijazah sudah bisa dicap tiga jari.


Saya pun mengantar dan menemani kakak untuk cap tiga jari di sekolah. Ternyata cap tiga jari dilakukan di ruangan perpustakaan. Di sana sudah menunggu ustad dan ustadzahnya si Nawra. 


Nawra sempat bertanya kenapa cap tiga jari itu menggunakan tangan kiri, bukan tangan kanan. Jadi memang cap tiga jari ini mungkin hanya ada di Indonesia, hehehe.

Dimana pada ijazah kita diminta untuk memberikan tanda sidik jari kita, dalam bentuk cap tiga jari. Dengan menggunakan jari telunjuk, jari tengah dan jari manis yang disatukan. Lalu dicelupkan ke dalam tinta, lalu ditempelkan ke kertas ijazah. Posisinya di atas atau mengenai sedikit pas foto yang ditempelkan di ijazah.

Proses cap tiga jari ini tidak lama, hanya butuh waktu beberapa menit saja. Biasanya yang lama adalah proses antre untuk cap tiga jari. 

Setelah cap tiga jari, biasanya pengambilan ijzahnya atau fotokopinya nanti yang agak lama. Bisa sekitar satu minggu atau dua minggu kemudian, bahkan lebih.

Belajar tanda tangan serah terima berkas yang udah diterima 

Lalu, kenapa Cap Tiga jari itu menggunakan tangan kiri, bukan tangan kanan.

Jadi sebagian besar atau mayoritas orang Indonesia bekerja dengan menggunakan tangan kanan sehingga tangan kanan kemungkinan lebih beresiko dalam bekerja. Potensi kecelakaan juga lebih besar. Termasuk juga akan mengalami perubahan bentuk. Oleh karena itu menggunakan tangan kiri.

Cap tiga jari ini dimulai untuk ijazah SD sampai perguruan tinggi sedangkan TK atau PAUD tidak menggunakan cap tiga jari.

Jadi ini adalah pengalaman pertama bagi kakak Nawra melakukan cap tiga jari. Awalnya nawra juga sempat bingung, namun setelah dieduaksi dan dijelaskan oleh gurunya. Dia mulai paham dan ga bingung lagi. Nawra mengikuti dengan seksama semua arahan gurunya. Dengan adanya cap tiga jari ini, Nawra jadi main lagi ke sekolah. Memang jauh juga jaraknya sejak kelulusan, udah mau lebih tiga bulan. 
Ijazah emang belum dapat, tapi dapat yamg lainnya 

Ajang cap tiga jari ini juga jadi sarana silaturahim kakak dengan sekolahnya SDIT IQRA 2 Kota Bengkulu yang beralamat di jalan Merawan, Kebun Tebeng. 

Kesempatan ini juga dimanfaatkan oelh pihak sekolah untuk membagikan foto dan video perpisahan. Nawra mendapatkan dua foto, satu foto yang sudah dibingkai. Satu lagi foto yang belum dibingkai serta satu buah video lengkap acara perpisahannya.  

Salam, 
Keluarga Nawra

Tuesday, September 11, 2018

Vitamin Anak yang Penting untuk Tumbuh Kembangnya

/ / 9 Comments
Vitamin Anak yang Penting untuk Tumbuh Kembangnya
Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai Sahabat Keluarga Nawra.Memiliki buah hati yang selalu aktif belajar dan bermain sepanjang hari merupakan impian semua orang tua. Tidak sedikit orang tua yang tersihir saat melihat anak-anak tumbuh sehat setelah minum suplemen, vitamin dan mineral dari merek tertentu pada sebuah iklan di televisi. Sehingga para orang tua berbbondong-bondong memberikan vitamin anak agar sang buah hati aktif dan sehat seperti iklan di televisi.


Bentuk dan jenis vitamin anak sekarang ini semakin beragam. Mungkin di zaman dahulu, vitamin anak masih berbentuk cairan, ada juga dalam bentuk bubuk dan tablet, namun sekarang ini  hadir dalam bentuk gummy atau permen kenyal. Yang pasti semakin digemari oleh anak-anak dan bagi orang tua harus berhati-hati, anak bisa adiktif atau kecanduan. Tak hanya bentuk dan rasanya, klaim yang ditawarkan oleh masing-masing produsen juga makin variatif, seperti untuk menjaga kesehatan mata, menjaga imunitas tubuh, penambah serat, bersifat multivitamin dan sebagainya. 

Melihat hal itu, apakah Anda sebagai orang tua yakin bahwa anak-anak membutuhkan suplemen vitamin dan mineral? Para ahli tidak terlalu setuju dengan hal ini. Idealnya, anak-anak harus mendapatkan vitamin dan mineral yang mereka butuhkan, langsung dari konsumsi makanan seimbang, seperti buah, sayur, daging, dan susu.

Berikut ini adalah 5 unsur vitamin yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang sang buah hati Anda yang terkandung dalam makanan sehari-hari.

Vitamin A

Selama ini vitamin A dikenal memainkan peran penting bagi kesehatan mata. Vitamin A memang membantu kita dapat melihat dalam gelap dan membedakan berbagai warna. Vitamin A bisa didapatkan dari dua sumber, yaitu sumber hewani dalam bentuk retinoid (hati, telur, produk olahan susu) dan sumber nabati dalam bentuk karotenoid (bayam, wortel, ubi, paprika merah, mangga, papaya, aprikot). Di Indonesia sendiri, pemerintah menjalankan program pemberian suplementasi vitamin A untuk anak-anak setiap bulan Februari dan Agustus di Puskesmas



Vitamin B

Untuk sistem metabolisme tubuh, seperti pelepasan energi saat beraktivitas. Peranannya sebagai senyawa koenzim dapat meningkatkan laju reaksi metabolisme tubuh terhadap berbagai jenis sumber energi, juga berperan dalam pembentukan sel darah merah (eritrosit).
Sumber: susu, gandum, ikan, sayur-sayuran hijau.

Vitamin B1 (Thiamin)
Berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit; membantu mengonversi karbohidrat menjadi energi; membantu proses metabolisme protein dan lemak.
Sumber: gandum, telur, nasi, kacang-kacangan, susu, daging.
Vitamin B2 (Riboflavin)
Berperan penting dalam mendukung metabolisme tubuh. Enzim yang dikandungnya berperan penting dalam regenerasi energi bagi tubuh melalui proses respirasi, berperan dalam pembentukan molekul steroid, sel darah merah, glikogen, serta menyokong pertumbuhan berbagai organ tubuh, seperti kulit, rambut, dan kuku.
Sumber: sayur-sayuran, kacang kedelai, kuning telur, dan susu.
Vitamin B3 (Niasin)
Berperan penting dalam metabolisme karbohidrat untuk menghasilkan energi, metabolisme lemak dan protein, menjaga kadar gula darah, tekanan darah tinggi, penyembuhan migrain, vertigo, juga dapat menetralisir senyawa racun.
Sumber: ragi, hati, ginjal, daging unggas, ikan, gandum, dan kentang manis.

Baca juga : Tempat Membeli Memory Card Untuk Foto Keluarga

Vitamin B5 (Asam Pantotenat)
Berperan besar dalam berbagai jenis metabolisme, seperti dalam reaksi pemecahan nutrisi makanan, terutama lemak; menjaga komunikasi yang baik antara sistem saraf pusat dan otak; memproduksi senyawa asam lemak, neurotransmiter, dan hormon tubuh.
Sumber: daging, susu, ginjal, hati, sayuran hijau, dan kacang hijau.
Vitamin B6 (Piridoksin)
Berperan sebagai salah satu senyawa koenzim A untuk menghasilkan energi melalui jalur sintesis asam lemak, seperti spingolipid dan fosfolipid; berperan dalam metabolisme nutrisi; mendukung produksi antibodi. Sumber: beras, jagung, kacang-kacangan, daging, dan ikan.

Baca Juga : Kaos Untuk Keluarga Pencinta Bola

Vitamin B12 (Sianokobalamin)
Berperan dalam metabolisme energi di dalam tubuh, memelihara kesehatan sel saraf, pembentukkan molekul DNA dan RNA, pembentukan platelet darah. Banyak terkandung di dalam makanan hewani seperti telur, hati, dan daging.
Vitamin B kompleks berfungsi membantu mengolah makanan menjadi energi tubuh dan menyimpannya; menjaga kesehatan sistem saraf, mata, dan kulit; membantu pembentukan hemoglobin (zat dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh); penting untuk metabolisme lemak; dan pembentukan sel darah merah. 


Vitamin C

Vitamin C atau juga dikenal sebagai asam askorbat memiliki beberapa fungsi, yaitu membantu melindungi dan menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan, memelihara jaringan ikat, membantu penyembuhan luka, memelihara kesehatan gusi dan pembuluh darah, membantu penyerapan zat besi, dan membantu tubuh melawan infeksi. 


Vitamin D

Ada dua bentuk vitamin D yang penting bagi manusia, yaitu vitamin D2 yang dibuat oleh tanaman, dan vitamin D3 yang dibuat oleh kulit manusia saat terkena sinar matahari. Peran utama vitamin D adalah mempertahankan kadar kalsium dan fosfor dalam darah.
Vitamin D juga membantu tubuh menyerap kalsium guna membentuk dan memelihara kesehatan tulang dan gigi, serta melindungi tubuh dari penyakit tertentu, seperti osteoporosis, tekanan darah tinggi, dan kanker. Sebagian besar vitamin D didapat dari pajanan sinar matahari, namun jangan lupa untuk tetap memakai tabir surya. Selain itu, vitamin ini juga terdapat dalam salmon, sarden, tongkol, telur, jamur shiitake, produk olahan susu, dan hati.


Semoga informasi bermanfaat bagi para orang tua, sehingga bisa memberikan vitamin dari makanan alami bukan memberikan vitamin anak dari bahan kimia sintetis.

Salam, ditunggu ya ulasan lainnya dari Keluarga Nawra 

Sunday, September 9, 2018

Isi Piring Sahabat Generasi Maju

/ / 112 Comments
Isi Piring Sahabat Generasi Maju
Assalammualaikum, Wr.Wb

Hai, Sahabat Keluarga Nawra, Bagaimana kabar gizi anak-anak di rumah, sudah cukup seimbang asupannya setiap hari. Semoga kebutuhan gizi anak-anak kita terpenuhi dengan baik ya. Sebab asupan gizi yang baik dan seimbang setiap hari, merupakan daya dukung penting bagi tumbuh kembang anak di masa depan.


Prinsip Gizi Seimbang Bagi Anak-anak

Secara umum, prinsip gizi seimbang pada anak-anak, sama dengan orang dewasa, hanya jumlah atau takarannya yang berbeda, sesuai dengan usia anak.

1.    Biasakan Mengonsumsi Makanan yang Beraneka Ragam

2.    Berat Badan Ideal Anak

3.    Mengatur Porsi Makan

4.    Menjaga Keamanan Makanan
5.    Makan dengan Cara yang Tepat dan Sehat


Penjelasan untuk prinsip-prinsip gizi seimbang itu, bisa saya jabarkan secara sederhana begini.



1.Biasakan Mengonsumsi Makanan yang Beraneka Ragam

Saya menyadari soal makanan,  yang diperlukan bukan hanya menambah jumlah asupan tetapi juga ragam dan kualitas makanannya harus lebih beragam dan sehat. Jika saya fokus dengan  menambah jumlah porsi makanan dan bukan kualitas gizi, yang terjadi adalah hanya berat badan anak saja yang bertambah. 

Di dunia ini, tidak ada satu pun jenis makanan yang mengandung semua zat gizi dan zat kesehatan yang dibutuhkan oleh badan, kecuali ASI. Oleh karena itu, saya selalu memberikan an ASI secara ekslusif kepada semua anak saya selama enam bulan pertama. 

Membiasakan anak mengonsumsi berbagai jenis makanan adalah suatu kebiasaan yang baik karena jumlah dan jenis zat gizi yang terkandung di dalam setiap jenis makanan berbeda-beda. 
Dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan, kekurangan zat dari satu makanan dapat dipenuhi oleh makanan yang lainnya. Masalahnya anak-anak kadang hanya suka jenis makanan tertentu, seperti Athifah.


Dalam piring saji anak setiap hari paling tidak memuat Makanan pokok, lauk pauk, sayuran dan buah-buahan.


Golongan Zat Makanan yang dibutuhkan Oleh Anak

Pada dasarnya, zat makanan dapat digolongkan menjadi tiga bagian. 



Pertama sebagai zat tenaga. 
Tubuh memerlukan tenaga untuk bergerak dan bekerja. Tenaga diperoleh dari hasil pembakaran zat makanan di dalam tubuh. Panas inilah yang diubah oleh tubuh menjadi tenaga yang dapat digunakan untuk bekerja dan bergerak.

Zat tenaga terdiri dari karbohidrat dan lemak.  
Karbohidrat dalam makanan dapat diklasifikasikan menjadi:
1).Gula tunggal (monosakarida). Gula tunggal glukosa dan fruktosa terdapat di dalam buah-buahan, sayuran, dan madu.
2). Gula ganda (disakarida). Gula ganda contohnya sukrosa, maltose, dan laktosa (karbohidrat yang terdapat dalam susu). Sukrosa terdapat di dalam tebu, bit, nira, sayuran, dan buah-buahan.
3). Karbohidrat kompleks (Polisakarida). Karbohidrat komplek terdiri dari pati, desktrin, dan serat makanan. Pati terdapat dalam serealia, umbi-umbian, kacang-kacangan, dan sebagian dalam buah-buahan yang belum matang. 
Zat Lemak
Lemak dalam makanan terkandung dalam minyak goreng, mentega, margarin, lemak pada daging, lemak dalam buah alpukat, durian, es krim, dan lain sebagainya.  
Lemak memberikan rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan dengan hidrat arang. Lemak adalah sumber energi yang efisien dan berfungsi menjaga kebugaran. Selain bermanfaat sebagai bantalan organ-organ vital, lemak di bawah kulit berfungsi untuk mempertahankan suhu tubuh normal. Lemak merupakan nutrisi essensial untuk fungsi otak dan merupakan komposisi utama otak, yakni 100 mg/g berat otak. Selain sumber tenaga, lemak juga berguna untuk melarutkan vitamin A, D, E, K sehingga dapat diserap oleh dinding usus.

Kedua yaitu zat pembangun
Yang paling banyak memerlukan zat pembangun tubuh adalah anak-anak pada masa pertumbuhan. Zat pembangun terdiri dari protein, mineral, dan air. 

Ketiga yaitu zat pengatur tubuh
Terdiri dari mineral, air, dan vitamin.  Vitamin dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E, K) dan vitamin yang tidak larut di dalam lemak (vitamin B dan C )
Kebutuhan dan Prinsip Gizi Seimbang Anak. Sumber ,Summary Kelas Bunda Surabaya

2. Berat Badan Ideal 


Definisi berat badan ialah hasil olahan dari jenis makanan yang kita makan yang dikombinasi dengan berbagai kegiatan yang kita lakukan. Jika anak sering mengonsumsi makanan enak berupa karbohidrat dalam jumlah minim dengan banyak daging, lemak, dan makanan manis, namun tidak mengimbanginya dengan olahraga, kalori yang berlebih tersebut akan berubah menjadi lemak tubuh. Efek jangka panjangnya, anak akan mengalami kegemukan.Tapi kalo anak sangat aktif bergerak, bermain  namun asupan makanan kurang, anak  akan mengalami defisit kalori. Tubuhnya perlahan-lahan akan semakin kurus. Oleh karena itu sebaiknya kita juga menimbang berat badan anak secara rutin, bukan hanya Emaknya saja yang terus mengontrol berat badan. 



3.Mengatur Porsi Makan


Porsi makanan yang seimbang, secara teori bisa dihitung dari jumlah kalori, protein, dan zat gizi lainnya yang dibutuhkan oleh manusia berdasarkan kategori usia, kondisi, atau aktivitasnya. Semakin aktif bergerak maka kalori yang dibutuhkan akan semakin banyak. Misalnya saja, untuk balita yang aktivitasnya masih terbatas membutuhkan 1.400 kilo kalori, anak-anak yang banyak bergerak membutuhkan 1.400⎯1.800 kilo kalori, dan orang dewasa  2.400–3.000 kilo kalori



4.Menjaga Keamanan Makanan


Prinsip keempat adalah menjaga keamanan makanan. Umumnya makanan matang, harus dimasak dengan suhu yang cukup tinggi agar kumannya mati. Makanan juga harus dijaga, ditutup, dan disimpan di dalam lemari pendingin. Makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak  tidak boleh mengandung zat kimia tambahan, pengawet, maupun penambah rasa. 



5.Makan dengan Cara yang Tepat dan Sehat


Sebagai orang tua, kita  harus memiliki keinginan yang kuat untuk mengajarkan dan mengajak anak mengonsumsi makanan yang sehat serta memiliki kebiasaan yang baik dan benar saat makan. Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam menentukan pola makan sehat. 1) Selalu  mengonsumsi makanan cepat saji hanya karena tidak ada pilihan makanan yang lain. 2) Siapkan camilan dan minuman sehat yang mudah diolah, misalnya buah potong, smoothies, serealia, dan susu. 3) Hindari menyimpan  makanan junk food di kulkas.

Sekilas Mengenai Kelas Bunda SGM Eksplor



Prinsip pemenuhan gizi seimbang bagi anak ini, sejalan dengan program yang dilakukan oleh SGM Eksplor dalam kegiatan Temu Bunda diberbagai kota, seperti Semarang, Jakara, Bandung , Palembang , Surabaya dan beberapa kota lainnya. Kelas Bunda ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para bunda seputar informasi mengenai tumbuh kembang anak.Termasuk Bagaimana Cara Memenuhi Gizi Seimbang Bagi Anak.

Bagi Bunda yang tidak sempat hadir pada kelas Bunda di Surabaya, bisa membaca ulasan saya berikut ini.

Keseruan Kelas Bunda di Kota Surabaya. Foto Facebook Bunda Diah Arini

Gizi Seimbang untuk Mendukung Anak Generasi Maju oleh Qonita Rachmah, S.Gz., M.Sc (Nutr & Diet)


Pada Kelas Bunda di Surabaya menghadirkan Ibu Qonita Rachmag, S.Gz, MSC. Seorang ahli nutrisi dan diet. Masalah gizi merupakan tantangan terbesar Anak Generasi Maju karena berkaitan dengan kesehatan. “Bila anak kekurangan protein, maka ia bisa terkena masalah imun,” ujar ahli gizi yang merupakan dosen Universitas Airlangga tersebut. Selain itu Qonita juga memaparkan tiga masalah yang berisiko dihadapi si Kecil bila kekurangan gizi:

Stunting
Stunting adalah kondisi di mana tinggi badan seseorang kurang untuk seusianya. Hal ini bisa terjadi ketika anak memiliki asupan gizi tidak optimal. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar pada tahun 2013, ada 37.2 persen atau sekitar 9 juta anak di Indonesia mengalami stunting. Jika tidak ditangani dengan baik, anak yang mengalami stunting bisa berisiko memiliki daya tangkap dan IQ yang rendah serta mempengaruhi kepercayaan dirinya. Karena itu, Qonita menyarankan para Bunda untuk terus mencukupi gizi buah hatinya sejak hamil dan mewaspadai gizi si Kecil saat mereka berusia 2 tahun. 

Overweight dan Obesitas
Selain masalah stunting, para Bunda juga harus mewaspadai masalah overweight dan obesitas. Masalah ini terjadi ketika asupan nutrisi yang masuk lebih banyak dari yang dikeluarkan akibat kurangnya aktivitas fisik. 

Secara nasional, berdasarkan Riset Dasar Kesehatan Fisik, terdapat 11.9% anak balita mengalami kegemukan (obesitas). Salah satu penyebab kurangnya aktivitas fisik pada anak termasuk penggunaan gadget yang berlebihan. Karena itu Qonita menyarankan untuk menggunakan aturan jam dalam menggunakan gadget serta meminta para orangtua senantiasa memberi contoh.

Kurang Mikronutrien
Mikronutrien adalah zat gizi (nutrient) yang diperlukan oleh tubuh manusia selama hidupnya dalam jumlah kecil untuk melakukan aktivitas fisik. Mikronutrien terdiri dari vitamin dan mineral yang tidak dapat dibuat oleh tubuh tetapi dapat diperoleh dari makanan. Kurang mikronutrien dapat mengakibatkan anak anemia karena kekurangan zat besi; letih, lemah, lesu; karena kekurangan zinc; mata berawan karena kekurangan vitamin A; dan penyakit gondok karena kekurangan yodium. 
setiap hari isi piring anak seharusnya memenuhi empat unsur di atas selain ditambah air mineral

Trik Membiasakan Makan Teratur Pada Anak

Nah, untuk menghindari tiga masalah gizi tadi, Bunda perlu memahami konsep ‘Tumpeng Gizi Seimbang’ di mana jenis makanan yang menempati bagian bawah tumpeng seperti air, karbohidrat serta sayur dan buah harus dikonsumsi lebih banyak dibandingkan jenis makanan yang menempati bagian atas tumpeng seperti protein (nabati dan hewani).

Agar mudah, Qonita memperkenalkan konsep “Isi PiringKu” di mana dalam satu kali sajian makan sebaiknya terdiri atas ½ piring buah dan sayur, ½ piring (1/3 Lauk Pauk dan 2/3 Makanan Pokok). Bukan hanya itu, Bunda juga dianjurkan untuk membatasi penggunaan Gula Garam dan Lemak (Minyak) dalam masakan sehari-hari. Menurut anjuran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, penggunaan maksimal Gula Garam dan Minyak Goreng per hari secara berurutan adalah 4 sendok makan, 1 sendok teh dan 5 sendok makan.

Adapun Qonita memberikan trik cara membiasakan makan teratur pada Si Kecil, yaitu mencukupi porsi makannya dengan 3x makan utama diselingi dengan 3x makan snack yang sehat. Sementara untuk anak usia 4 tahun. Qonita menyarankan Bunda untuk mencukupi kebutuhan 1600 kalori pada Si Kecil.
Jika ada asupan gizi yang tidak terpenuhi setiap hari,. maka harus ada solusi lain

Penting bagi Bunda untuk membiasakan si Kecil mengonsumsi makanan yang bervariasi, karena kandungan nutrisi yang ada dalam satu jenis makanan bisa jadi tidak ditemukan dalam jenis makanan lainnya. Selain memberikan variasi makanan, Bunda juga bisa membantu pemenuhan gizi seimbang si Kecil dengan memberikan susu pertumbuhan secara teratur. Karena dalam susu pertumbuhan terdapat zat nutrisi seperti Kalsium, Protein, Karbohidrat, Omega 3, Omega 6, Zink, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B, Vitamin D dan masih banyak lagi.

Karena itu, Bunda dianjutkan memberikan si Kecil susu 2x sehari untuk bantu melengkapi nutrisi hariannya. Selain memberikan susu di dalam rumah, Bunda juga bisa menyediakan susu dalam bekal si Kecil untuk menghindari jajanan tidak sehat yang berlebihan saat ia beraktivitas di luar rumah. 

membawa susu siap minum saat aktivitas di luar, merupakan salah satu solusi untuk memenuhi gizi anak

Manfaat Minum Susu Bagi Anak
  1. Menjaga Kesehatan Tulang
  2. Menguatkan Gigi
  3. Memelihara Kesehatan Jantung
  4. Mendukung Berat Badan Sehat
  5. Meringankan Depressi
Selain mencukupi porsi makanannya, para Bunda juga perlu membiasakan gaya hidup sehat kepada si Kecil maupun anggota keluarga lainnya. Beberapa di antaranya adalah aktivitas fisik yang teratur, cuci tangan dengan sabun dan dan membuang sampah pada tempatnya.

Jika asupan gizi tidak terpenuhi dengan baik setiap hari, maka lengkapi dengan tambahan minum susu

Anak yang memiliki gizi seimbang, aktivitas fisik, dan pola hidup bersih tentu menunjang terciptanya Anak Generasi Maju yang Cerdas Kreatif, Tumbuh Tinggi dan Kuat sesuai usianya, Mandiri, Percaya Diri dan Supel. Karena itu, yuk cukupi gizi si Kecil, ajak si Kecil beraktivitas fisik secara teratur, dan miliki pola hidup bersih setiap hari.

Jadi bunda, susu di sini berfungsi sebagai pelengkap, bukan pengganti makan ya. Jadi anak harus tetap diberikan makanan gizi seimbang setiap hari dan dilengkapi dengan tambahan minum susu.

Tips dari saya saat memberikan susu pada anak


  1. Berikan susu jika di pagi hari, sebelum sarapan, untuk menghindari rasa enek dan mual atau kekenyangan.
  2. Berikan susu pada jam snacking time, bukan pada jam makan utama
  3. Berikan susu 2-3 kali dalam satu hari
  4. Ajarkan anak untuk minum susu dalam keadaan duduk
  5. Hindari memberi susu kepada anak apalagi jika menggunakan dot dalam posisi tertidur, bahkan sampai anak anak tertidur. ini akan membantu percepatan kerusakan gigi dan membuat mulut tidak sehat.
  6. Siapkan selalu susu sebagai bekal atau jajanan sehat bagi anak saat beraktivitas di luar rumah.

Sampai jumpa ya, di ulasan Keluarga Nawra lainnya. 
Powered by Blogger.