Menu

Thursday, August 30, 2018

/ /
15 Hadiah yang Biasa diberikan Untuk Wisuda
Assalammualaikum Wr.Wb

Hari rabu (29/08/2018) lalu, menjadi hari istimewa bagi keluarga kami. Dimana salah satu ponakan saya. Anak dari kakak kedua saya. Shella Dwi Novitasari yang biasa kami sapa Dodo, di wisuda. Bersama dengan 777 wisudawan lainnya. Ini merukapan wisuda ke 85 dari Universitas Bengkulu. Alhamdulillah si ‘Putri Gading ‘ jadi ikutan wisuda juga. Malah termasuk di barisan Cumlaude, senang deh. Dodo Shella mampu menyelesaikan program S1 selama empat tahun di jurusan Kimia Murni. Saya dan suami berkesempatan bisa hadir di acara wisuda Shella di gedung Serba Guna Universitas Bengkulu.

Waktu cepat sekali berlalu, ga berasa si Shella udah wisuda saja. Dulu kecil-kecinya sering banget main sama saya. Apalagi kalo mamanya lagi sibuk, Shella sering sekali dititipkan dengan saya. Bahkan sampai saya menikah pun Shella juga masih sering nginap di rumah saya. Sekarang Shella jug sering menemani dan menjemput anak-anak saya bermain atau pulang sekolah. Gantian yaaak!

Selain banyak mendapatkan ucapan dan doa, di hari wisuda banyak orang-orang juga memberikan berbagai jenis hadiah buat yang diwisuda. 

Hadiah apa saja yang biasa diberikan kepada wisudawan dan wisudawati, di antara beberapa hadiah tersebut, inilah yang paling sering orang berikan. 

  1. Ucapan Selamat / Papan Ucapan selamat/ Karangan Bunga 
  2. Aneka Coklat 
  3. Video Lucu
  4. Tiket Nonton
  5. Cake Wisuda
  6. Buku-buku
  7. Plakat Unik 
  8. Patung Wisuda
  9. Boneka Lucu
  10. Karikatur  
  11. Bucket Snack 
  12. Scrapframe atau Scrapbook 
  13. Bucket Bunga
  14. Voucher Belanja/ Makan 
  15. Lukisan/Gambar  Vektor

Nah, dari beberapa pilihan tersebut, mana yang menarik dan masih jarang orang berikan. Yang terakhir, bukan, masih banyak orang yang belum biasa memberikan sebuah lukisan kepada wisudawan. Padahal ini menarik dan seru. Bisa menjadi pengingat sepanjang masa. Belum lagi gambarnya juga lucu, bisa bikin senyum sendiri kalo melihatnya.

Ini contoh lukisan atau gambar vector punya saya. Melihat gambar ini saya selalu senyum, membayangkan banyak hal. Tapi ga membayangkan yang membuatnya, apalah dia juga lucu atau gimana. 

Kalo kamu juga berminat untuk dibuatkan lukisan atau gambar vector ini, gampang kok, tinggal hubungi saja Alpha yang juga merupakan bagian dari keluarga besar Blogger Bengkulu. Alpha ini memang aktif dan kreatif. Masih kuliah di Universitas Muhammadiyah Bengkulu Jurusan Bahasa inggris. 

Aslinya sih anaknya ga lucu sih nurut saya, tapi lebih terkesan imut. Soalnya Alpha mungil , badannya hampir seukuran dengan kakak Nawra yang sedang mondok di ponpes jenjang MTs.

Kalo kamu penasaran ingin melihat koleksi lain dari karya Alpha, silakan kepoin aja akun media sosialnya. Alpha sering posting banyak karya di sana. Selain itu juga ada banyak yang sudah pesan gambar vector ini sama Alpha. Maklum Bengkulu sedang musim wisuda, hehehe.

Gambar vektor ini bagus juga loh dijadikan buat hadiah, bukan cuma buat wisuda. Misalnya hadiah ulang tahun.

Cara Pemesanan
Hubungi
Instagram : @axnhandmade
Atau Kamu bisa WA ke no 081539342675 / 081272613743

Monday, August 27, 2018

/ /
Makanan Berkuah yang Enak disajikan Saat Kumpul Keluarga
Assalammualaikum Wr.Wb

Kumpul keluarga diangap obat stress yang paling mujarab. Meski ga melakukan aktivitas tertentu dan di rumah saja. Kumpul keluarga tetaplah sebuah kegiatan yang asik dan seru. Biasanya keluarga Nawra paling sering kumpul keluarga sebab ada yang ulang tahun. Di keluarga besar saya, acara ini biasa dilakukan di rumah atau di tempat makan.


Yaaah, acara perayaan ulang tahun biasanya identik dengan makan-makan. Satu lagi yang menjadi seolah tradisi, kalo mau hadiah. Harus ada acara kumpul keluarga dan makan-makan dulu. Kalo ga ada, mana dapat hadiah, hihihi. Palingan ucapan doing…sadis juga.





Saat kumpul keluarga memang kurang asik kalo ga ada acara makan-makan. Mesi ga harus selalu makanan restoran atau makanan mewah. Kalo kumpul keluarga, makan apa saja sudah pasti enak dan bikin kumpul keluarga makin seru. Apalagi kalo ada sesi kehabisan makanan, rebutan makanan atau pas pembagian bungkusan makanan. Ini semua akan membuat kenapa kumpul keluarga itu selalu ditunggu dan dinantikan. Bahkan direncanakan. Misalnya dengan adanya arisan keluarga.

Kumpul keluarga Ulang tahun Abang Dzaki dan Bunga Nanda
Nah, makanan apa aja sih yang biasa disajikan kalo saat kumpul keluarga iu. Ada banyak pilihan sih, namun kali ini keluarga Nawra mau membahas seputar makanan ang berkuah, yang biasa dihidangkan saat kumpul keluarga. 

Baca juga : Vitamin Untuk Anak


Makanan ini juga biasa disajikan atau dibuat oleh keluarga besar Nawra saa ada acara kumpul keluarga

  1. Lontong
  2. Burgo
  3. Tekwan
  4. Rujak Mie
  5. Soto
  6. Model
  7. Pempek
  8. Apam kuah
  9. Bakso
  10. Mie Ayam
  11. Bubur
  12. Serawo Ketan
  13. Lupis
Beberapa jenis makanan ini memang sering disajikan kalo ada acara kumpul keluarga. Yang paling jarang itu Apam Kuah, sebab anak-anak banyak yang ga suka. 

Apam kuah. Foto cookpad.com
Lalu Serawo Ketan Durian, ini biasanya dibuat kalo sedang musim Durian saja. Kalo sedang ga musim Durian, makanan ini jarang sekali disajikan.


Serawo Ketan, Foto iresipi.com
Jenis makanan yang selalu ada meski makanan yang lainnya juga disediakan, adalah aneka pempek. Kalo jenis makanan berkuah ini, selalu hadir di setiap kesempatan . Sebab semua suka dan tidak ada yang menolak. Bahkan pempek adalah jenis makanan yang paling cepat diserbu alias dihabiskan. Untuk Pempek kalo ada rasa ikan, pasti disukai. Namun kalo Cuma rasa-rasa ikan pun banyak yang suka. Pokoknya kalo pempek. Sudah bisa dipastikan akan ludes.



Kalo Bakso dan Mie Ayam, ini adalah dua jenis makanan berkuah yang kalo dipesan sering kali salah pesanannya atau keliru. Untuk bakso apalagi, sering sekali keliru. Ada yang pesan pake mie kuning, ada yang Cuma mau mie putih, ada yang komplit. Belum lagi ada yang minta ga mau pake daun seledri atau sayuran. Lalu ada yang mau cuma pentol baksonya saja, ga mau bakso urat, mau pake telor, Wuaaah, pokoknya ribet kalo kumpul keluarga lalu pada pesan makanan bakso. Kecuali dibuat sendiri. 


Kalo makanan Soto, biasanya sering banget kuahnya dibungkusin untuk dibawa pulang. Entah Soto Ayam atau Soto Daging sama saja, kuahnya biasa dibuat banyak dan dibagi-bagi. Biasanya, dibilangin begini, ntar tinggal rebus bihun aja deh. Enak tuh dimakan atau kalo mau praktis, rebus aja mie instan, hihihi.

Foto ini minim Kaka Nawra dan Babah Nawra
Benaran ini keluarga Nawra menerapkan sunnah Nabi, kalo masak banyakin kuahnya, biar bisa bernagi dan dibungkusin untuk dibawa pulang sebagai bingkisan. Saya pun juga sering bungkus atau dibungkusin untuk dibawa pulang , biar bisa dilanjutkan makan di rumah.





Thursday, August 23, 2018

/ /
Lawan Makan Sayur Asem yang Bikin Kamu Ketagihan
Assalammualaikum Wr.Wb

Beberapa hari ini Bengkulu diguyur hujan, mulai dari rintik-rintik, sedang hingga deras sekali. Bahkan pernah juga disertai dengan angin badai. Ada sebagian wilayah kota Bengkulu bahkan terkena angin putting beliung. Selain itu ada daerah lainnya yang terkena banjir. Di koa Bnegkulu, ada juga loh wilayah langganan banjir. Baru hujan beberapa jam saja, sudah kebanjiran.


Nah, kondisi hujan, dingin begini. Enak sekali kalo makan yang segar dan hangat. Apalagi kalo ada kuahnya. Bisa bikin nafsu makan kian bertambah. 



Saya kepikiran untuk masak dan makan Sayur Asama tau Asem. Membayangkan saja air liur saja sudah menetes alias ngences. Ga sabaran mau menghabiskannya. Makan dengan nasi putih hangat tentu saja akan semakin membuat nafsu makan bertambah.


Lalu, apa saja yang menjadi eman makan asik si sayur asem ini. Ada beberapa pilihan, mana yang kamu sukai. Mau dicobain semuanya juga boleh, makan sekaligus dah. Soal gimana nantinya pasrahkan saja, Biarlah perut yang mengaturnya. 


Yang paling penting itu adalah berdoa dulu sebelum makan, cuci tangan yang bersih dan juga sediakan air minum , jangan sampai ga minum. Mentang-mentang, sayur asem kuahnya banyak.

Pilihan Teman Makan Sayur Asem yang Asik adalah


1.    Pete atau Petai


Ini asli mood booster banget buat makan sayur asem. Mau dilalap mentah atau dipanggang atau digoreng dulu. Semuanya enak. Saya lebih suka dillap mentah, kalo lagi ga repot digoreng dulu. Tapi seringnya sih dimakan mentah saja. Cuma membukanya harus hati-hai, kuatr ada yang busuk. Lebih nyaman kalo pete dibelah dulu sebelum dimakan, biar keliatan kalo ada ulat atau busuk

pete. foto elevenia.co.id


2.    Tempe

Makan sayur asem dengan tempe goreng atau bacem akan membuat semakin enjoy makan. Awas bisa nambah makan berkali-kali loh. Kalo saya lebih suka tempe bacem, tapi kalo ga ada digoreng dengan garam aja, udah enak, asal digoreng sampai garing.


Tempe.Foto vemale.com
3.    Ikan Asin
Ada sebagian orang ga suka makan ikan asin, tapi ada teman saya ketika diajak makan sayur asem dan waktu itu juga disajikan ikan asin. Mau dia makan ikan asin. Nah, loh! Ikan asin apa saja prinsipnya enak dimakan bareng sayur asem. Tapi yang paling sering dan enak itu makan sayur asem ditemani ikan sepe asin digoreng agak kering. Duh, nikmatnya.

Ikan Sepat Asin. Foto bahasikan.com
4.    Telur Asin
Sama halnya dengan ikan asin, telur asin dimakan dengan sayur asem juga makyuss banget. Bikin ketagihan.

Telur Asin. Foto sahabatdapur.com
5.    Sambal Terasi
Sebagian orang lebih suka makan sayur asem dengan sambal terasi, akan tetapi makan sayur asem dengan sambal ijo juga ga kalah sedap. Meski air keringat mengalir karena kepedasan. Makan sayur asem dengan sambel, ga bikin bosan, Malah selalu dicari.
Sambal Terasi. Foto agrowindo,com
6.    Ayam goreng
Kalo disuruh milih ayam apa ikan asin saat makan sayur asem. Saya lebih memilih ikan asin loh. Tapi kalo ga ada ikan asin, ayam goreng jadi pilihan terakhir.

Ayam goreng. Foto galena.co.id
Nah, itu beberapa pilihan teman makan sayur asem dari keluarga Nawra, kalo kamu ad aide menu baru yang asik dimakan barengan sama sayur asem. Yuk, saling komen dan berbagi pengalaman.

Siapa tahu bisa menambah selera makan dan bisa keluarga Nawra cobain di lain waktu. Kalo lagi kepengen makan dan masak sayur asem. Apalagi kalo ada resep tradisonal, duh makin disukai.

Monday, August 20, 2018

/ /
Kenapa Remaja Rentan Menggunakan Narkoba
 Assalammualaikum Wr.Wb


Dear apa kabar sahabat Keluarga Nawra? Gimana kabart anak-anak dan keponakan serta jiran tetangga kita, terutama yang mempunyai anak remaja. Gimana kondisi keseharian mereka. Semoga dalam pengawasan kita a sebagai orang tua. Saya kebetulan pernah mengikuti kegiatan semacam penyuluhan dan sosialisasi mengenai narkoba oleh Badan Narkotika Nasional Kota Bengkulu. Bersama dengan keluarga besar Blogger bengkulu. Dijelaskan oleh pemateri bahwa, remaja sangat rentan menggunakan narkoba. Beliau juga menceritakan bahwa belum lama ini, di sebuah wilayah di kota Bengkulu ditemukan, lebih tepatnya diciduk anak remaja usia 12-15 tahun pada malam hari sedang menggunakan narkoba. Dari 12 remaja yang tertangkap itu tiga di antaranya adalah remaja putri. Mereka ditemukan pada sekitar jam dua belas tengah malam. 
Mari jaga anak remaja dari narkoba

Pertanyaan pertama waktu itu yang muncul salah satunya, kok bisa anak remaja menggunakan Narkoba. Lalu kemana orang tua mereka, kenapa anak remaja tengah malam berada di luar rumah.

Menurut bapak Nuche Marlianto, SKM, MSi, MKM, sebagai penuluhNarkoba dari BNN,  anak remaja memang rentan menggunakan narkoba disebabkan banyak faktor, di antaranya..
Kepala BNN, Bapak Alexander sedang menjelaskan bahaya narkoba bagi remaja

Kenapa remaja menggunakan narkoba?
 
•    Internal  :


–    Masalah pokok remaja berpangkal pada pencarian identitas diri, mereka mengalami krisis identitas diri karena mereka mengalami peralihan antara masa anak – anak menuju masa dewasa.
–    Identitas diri adalah hal yang sangat penting dalam pola pergaulan remaja. Untuk itu remaja cenderung mau melakukan apa saja untuk dapat masuk ke dalam lingkup pergaulannya.
–    Hambatan dalam proses sosialisasi akan menyebabkan labilitas emosional remaja sehingga tingkat toleransi stress relatif rendah, mereka mudah menyerah, kurang memiliki daya juang dan rendah ketekunannya dalam belajar mengatasi masalah.

•    Eksternal : 

–    Keluarga : perceraian, kurang komunikasi antar anggota kleuarga, perselisihan antar anggota keluarga, pendidikan yang salah pada keluarga (terlalu memanjakan anak, kurang memberikan pendidikan agama,penolakan thd eksistenis anak)
–    Teman sebaya yang kurang baik
–    Komunitas/ lingkungan tempat tinggal yang kurang baik
–    Faktor ekonomi ( remaja dengan kelebihan uang dan kekurangan uang )

orang tua, memegamg peranan penting dalam menjaga anak dari menggunakan narkoba

PENYEBAB REMAJA itu RENTAN?


    Jiwa remaja yang masih labil.
    Dorongan kuat mencoba yang baru.
    Rasa ingin tahu tinggi
    Jiwa remaja penuh gejolak dan pemberontak
    Pengaruh kuat kelompok pergaulan
    Tekanan dari orang tua dan sekitar yang tidak memahami remaja
    Tidak terpenuhinya kebutuhan dan keinginan remaja.

KENAPA REMAJA RENTAN

•    Perasaan rendah diri
•    Tidak suka menunggu
•    Kurang sabar
•    Suka mencari sensasi
•    Cepat bosan dan tertekan, murung dan merasa tidak sanggup menghadapi masalah
•    Sulit menyesuaikan diri sehingga selalu merasa dikucilkan
•    Mudah kecewa dan kecenderungan menjadi agresif dan destruktif
•    Kurangnya motivasi atau dorongan untuk mencapai suatu keberhasilan dalam pendidikan. 

Lakukan dari sekarang dan mulailah dari yang terdekat

SIKAP


•    Tidak mau mengikuti aturan /norma/tata tertib.
•    Rendahnya pengendalian diri.
•    Tidak bisa berkomunikasi dengan orang tua 
 
KEBIASAAAN


•    Suka begadang atau tidur terlalu malam
•    Kurang olahraga
•    Mulai merokok diusia yang masih sangat dini
 
KEADAAN


•    Tidak dalam pengawasan orang tua
•    Bergaul dengan penyalahgunaan narkoba
•    Memiliki anggota keluarga penyalahgunaan narkoba
•    Keterbelakangan mental
•    Prestasi belajar menunjukan hasil yang rendah
•    Cenderung memiliki gangguan jiwa seperti kecemasan, apatis, obsesi, menarik diri dari pergaulan
•    Berteman dengan peminum atau pemakai berlebihan
•    Ada anggota keluarga peminum atau pemakai berlebihan
•    Kehidupan keluarga kurang harmonis
•    Keluarga dan dirinya kurang relijius
•    Gaya hidup suka meniru idola

Para blogger Bengkulu, stop narkoba

Perubahan sikap dan perilaku pemakai narkoba di sekolah

    Sering berbohong
    Mudah tersinggung
    Lambat tanggap
    Perhatian terhadap lingkungan tidak ada
    Sering  mengantuk  dan prestasi menurun drastis
    Penurunan memori dan konsentrasi
    Kehilangan motivasi
    Mengeluh
    Cenderung mengabaikan aturan

Perubahan kebiasaan pemakai narkoba di sekolah

•    Sesekali ditemukan dalam keadaan mabuk, cadel dan sempoyongan
•    Sering terlambat masuk kelas
•    Meninggalkan hobi-hobi yang dulu
•    Sering berkumpul dengan anak-anak yang tidak beres
•    Sering meminjam uang
•    Mengubah gaya berpakaian dan tidak peduli kebersihan
•    Teman lama di tinggalkan
•    Sering tidak membayarkan uang sekolah

Semoga tulisan ini bermanfaat yaaa

Sunday, August 19, 2018

/ /
Mengenal Kelebihan KPR dan KTA Pinjaman Online untuk Cicilan Rumah
Assalammualaikum. Wr.Wb

Dear sahabat Keluarga Nawra, apa kabar...
Memiliki rumah merpakan salah satu impian banyak orang terutama yang sudah berumah tangga. Bagi anda yang selama ini masih belum memiliki dana tunai yang cukup untuk membeli rumah maka anda bisa mengajukan pinjaman kredit melalui KPR atau Kredit tanpa agunan (KTA). Mungkin sebagian dari anda selama ini cukup familiar dengan istilah KPR dibandingkan KTA.


Masing-masing layanan kredit tersebut memiliki keunggulan yang pasti akan membuat anda lebih merasakan keuntungannya. Dengan hadirnya pinjaman kredit ini maka anda lebih mudah dalam membeli rumah impian yang saat ini harganya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan untuk memudahkan layanan pinjaman dengan KTA maka kini telah hadir pula layanan pinjaman online. 

Hadirnya layanan KPR dan KTA memang memberikan kemudahan bagi masyarakat yang menginginkan hunian impian. Namun sebelum anda memilih salah satu layanan pinjaman tersebut sebaiknya silakan mengetahui kelebihan dari KPR dan KTA. Melalui kelebihan tersebut anda bisa mempertimbangkan jenis pinjaman yang memang sesuai dengan kebutuhan anda. 

Nah, untuk anda yang membutuhkan pinjaman untuk cicilan rumah maka berikut ini akan diberikan penjelasan mengenai kelebihan KPR dan KTA pinjaman online yang perlu anda ketahui. 

Kelebihan KPR dan KTA Pinjaman Online 

1. Pilihan Bentuk Serta Lokasi Rumah

Perlu anda ketahui bahwa untuk rumah yang dibangun dengan sistem KPR maka biasanya akan dibangun di lokasi yang belum padat penduduk. Biasanya anda tidak bisa bebas memilih desain rumah yang anda inginkan sebab semuanya sudah dibuat serupa sesuai ketentuan pihak pengembang. Selain itu untuk masalah fasilitas di sekitar lingkungan rumah juga masih kurang maksimal karena cukup jauh dari akses umum. 


Bagi anda yang berencana ingin membangun rumah dengan desain yang anda inginkan maka bisa menggunakan pinjaman KTA. Kini juga telah tersedia layanan KTA pinjaman online yang pasti lebih praktis dan cepat.

2. Jumlah Dana yang Dibutuhkan 

Untuk segi biaya yang anda butuhkan, jika anda ingin membangun rumah menggunakan KPR maka anda harus membayar sejumlah DP sekitar 20-30 persen dari harga rumah. Dengan demikian sebelum pembangunan rumah dimulai maka anda harus membayar DP terlebih dahulu sesuai dengan biaya DP yang sudah ditentukan. 

Namun bila anda ingin membangun rumah menggunakan pinjaman KTA maka anda harus menghitung jumlah keseluruhan biaya pembangunan rumah yang dibutuhkan. Jumlah pinjaman KTA biasanya lebih besar sehingga anda bisa membangun rumah sesuai dengan desain yang diinginkan. 

3. Proses Pengajuan

Jika anda memilih untuk mengajukan KPR maka anda harus siap melalui beberapa tahapan yang cukup lama mulai dari survei dari pihak bank, menyiapkan berkas-berkas hingga akhirnya disetujui oleh pihak bank. Tetapi nantinya surat kepemilikan rumah akan ditahan oleh pihak bank sampai cicilan KPR tersebut lunas. 

Sedangkan jika anda memilih KTA maka prosesnya lebih cepat, mudah dan tidak membutuhkan jaminan. Cukup dengan menggunakan KTP, slip gaji, buku rekening tabungan dan NPWP maka nantinya pinjaman uang yang anda ajukan akan ditransfer ke rekening anda. KTA ini juga ada yang ditawarkan dalam bentuk pinjaman online yang pasti proses cepat dalam hitungan jam saja. 

4. Jangka Waktu Cicilan 

Biasanya untuk pinjaman KPR membutuhkan waktu sekitar 15-20 tahun untuk pembayaran cicilannya. Sedangkan untuk KTA memiliki jangka waktu cicilan yang lebih cepat sekiar 1-10 tahun. 


Namun untuk pinjaman KTA online biasanya pembayaran pinjaman sesuai jatuh tempo yang telah ditentukan. Biasanya jangka waktu cicilan tersebut disesuaikan dengan penghasilan dan kemampuan anda untuk membayar cicilan setiap bulan. Namun untuk lamanya waktu pembayaran cicilan juga berpengaruh pada besar kecilnya cicilan yang harus anda bayarkan. 

Demikianlah penjelasan mengenai kelebihan KPR dan pinjaman KTA online untuk cicilan rumah yang bisa menambah wawasan anda. Bagi anda yang berencana ingin membangun rumah namun dananya masih terbatas maka bisa pertimbangkan untuk memilih menggunakan KPR atau KTA saja.

Monday, August 6, 2018

/ /
Aneka Olahan Lokan Bengkulu
Assalammualaikum Wr. Wb

Hai apa kabar sahabat Keluarga Nawra. Ada yang tahu dengan Lokan. Sejenis kerang. Tapi hidup di air tawar. Kulitnya keras dan tebal. Ukurannya lebih besar dari kerang yang bisa kita jumpai di pantai.

Salah satu penghasil Lokan paling banyak di kota Bengkulu adalah Kabupaten Muko-muko. Yang berjarak sekitar 6-8 jam dari kota Bengkulu jika ditempuh dengan menggunakan jalan darat.

Beberapa olahan berbahan Lokan

Lokan biasanya paling sering diolah menjadi rendang. Untuk Rendang Lokan Muko-muko ini memang dari segi rasa tidak ada bandingannya. Ada yang bilang sama enaknya dengan Rendang Daging. Bahkan banyak juga yang bilang malah lebih enak dari Rendang Daging. Tergantung yang mengolahnya.

Apalagi jika dimakan langsung dari dapur orang Muko-muko asli tentu saja akan sangat berbeda. Sebab tidak semua orang bisa apalagi pandai membuat Rendang Lokan. Sama halnya dengan Rendang Padang, tidak serta merta orang Padang pandai membuat rendang.

Namun, Rendang Lokan belum sepopuler rendang    Padang. Masih perlu banyak dipromosikan dan dipublikasikan ke khalayak ramai. Supaya lebih banyak yang tahu dan kenal. Baik di media massa maupun ke media sosial. 
Tahun ini Festival Bumi Rafflesia 2018. Angkat Kuliner Bengkulu

Sebagai orang keturunan Bengkulu, maka saya juga wajib nih mempromosikan Lokan ini agar lebih dikenal dimana-mana. Salah satunya dengan membuat postingan di blog , akun media sosial yang saya punya.

Nah , dalam rangka untuk mempromosikan dan mempublikasikan Lokan ini pada gelaran Festival Bumi Rafflesia 2018 ini digelar lomba masak dengan bahan baku utama Lokan. 

Lomba ini pun mendatangkan juga juri dari luar Bengkulu, di antaranya

*Dewan Juri Bengkulu Master Chef :*

1. Chef. HN. Sugiharta (Bandung) 
2. Chef. Dedi Sudarsono (Pekalongan, Jawa Tengah)
3. Chef. Rosyana (Bandung) 
4. Chef. Mustofa (Jakarta-Bengkulu)
5. Chef. Djadjat Sudrajat  (Chef Totti) Bandung
6. Chef Dimas puramika (Chef Dimas) Depok-Paris Perancis
7. Chef Abidin (Chef Abid Rimba) Jakarta

Demo masak oleh para pesera Master Chef

Saat acara Festival Bumi Rafflesia 2018 ( 19-23 Juli 2018) yang lalu. Digelar lomba masak dengan pemenangnya adalah.

Pemenang *Bengkulu Master Chef 2018*

Juara 1 : *Mugio Basuki*
Juara 2 : *Sidiq Rakasiwi*
Juara 3 : *Albidani*

Harapan 1 : *Wahyudi*
Harapan 2 : *Ali Akbar*
Harapan 3 : *Dika Sofian*

Adapun beberapa resep atau olahan Lokan yang dihasilkan oleh peserta di antaranya adalah

1. Rebung Lokan Bumbu Kuning

2. Pepes Lokan  Daun Singkong

3. Lokan Pindang

4. Lokan Saus Singapore dan Dabu-dabu

5. Lokan Saos Kuning Nanas

6. Lokan Rica-rica

7. Lokan Saos Tempoyak Petai


8. Lokan Crispy

9. Lokan Soup

Dan lain sebagainya. Jadi para peserta lomba masak Lokan ini malah ga ada yang masak Rendang Lokan ya, hehehe. Malah muncul resep-resep baru yang berbahan lokan.

Tujuan lomba master chef ini adalah untuk memperkenalkan dan mempromosikan Lokan Bengkulu ke masyarakat luas. Selain itu untuk menumbuhkan kreativitas masyarakat dalam membuat resep olahan berbahan Lokan.
Kak Leo yang terdepan :)

Dengan adanya lomba master chef ini, aku juga jadi lebih banyak dapat informasi dan referensi mengenai resep olahan Lokan. Kalo sebelumnya sih yang paling aku tahu itu cuma rendang. Sekarang jadi banyak. 

Kamu kalo jalan-jalan ke Bengkulu, jangan lupa nyobain makan Rendang atau gulai Lokan ya. Dijamin bikin kangen. 

Mari kita cobain dah, resepnya. Mana tahu bida jadi ide bisnis kuliner berbahan Lokan yaaah!.

Salam

Thursday, August 2, 2018

/ /
Oleh-oleh Kain Tenun Aruna Yogjakarta
Assalammualaikum Wr.Wb

Apa kabar sahabat Keluarga Nawra ? Beberapa waktu lalu ketika diundang acara Mombassador SGM Eksplore 7 di Yogjakarta saya mendapatkan buah tangan berupa kain tenun Aruna.


Sudah pada tahu kan kain tenun ini diproduksi oleh salah satu mombassador SGM eksplor, namanya Bunda Uli. Saya dengan bunda Uli sama-sama menjadi mombassador SGM Eksplor di batch 4. Sekitar tahun 2016.

Menurut cerita bunda Uli, usaha kain tenun Aruna ini juga disupport oleh SGM. Dari segi penggunaan atau pemakaian produk. Beberapa kali kegiatan SGM, untuk keperluan baju atau seragam panitia. Pihak SGM menggunakan produksi kain tenun Aruna punya bunda Uli ini.

Bunda Uli yang pake jilbab hitam

Keren ya Susu SGM, support juga para bunda mombassador eksplor dalam mengembangkan bisnis yang sedang dikembangkan oleh para mombassador.

Semoga di tahun mendatang akan lebih banyak lagi usaha para mombassador yang disupport oleh SGM

Kain Tenun Aruna

Kembali ke buah tangan yang saya dapatkan tadi ya. Jadi ketika saya buka, ternyata ini isinya.


Kemasan kainnya juga menarik ya. Menggunakan tempat khusus. Semacam dompet ayaman . Sepertinya ini juga dibuat dari bahan alam. Menggunakan hasil buatan tangan. Dari daun pandan. 

Setelah dimasukan ke dalam dompet, kemudian diikat dengan tali yang juga terbuat dari bahan alam.

Unik kan kemasannya, dokpri

Jadi paket oleh-oleh kain tenun Aruna ini menggunakan bahan handmade sehingga memang terlihat eksotis sebab menggunakan bahan-bahan alami.

Makin penasaran pengen cepat dibuka ,dokpri

Punya, ide ga kain kayak gini bagusnya dibuat apa. Saya pengen bikin baju stelan atasan dan rok. Mungkin nanti ditambah kombinasi bahan lainnya. Kain ini ukurannya dua meteran.

Bagi idenya dong buat Ummi Nawra bikin baju dengan kain tenun ini. Ditunggu ya masukannya.

Untuk info lanjut soal kain tenun Aruna bisa 
WA bunda Uli 

Fanspage : Tenun Lurik Jogja
Web : www.arunacreative.com
Instagram : arunacreative
Wa 0877 3851 2212
Powered by Blogger.