Menu

Wednesday, October 27, 2021

/

Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai sahabat Keluarga Nawra, apa kabar kalian semua. Tahun ini akan segera berakhir, sebagian orang tua mulai sibuk mempersiapkan anak untuk masuk sekolah. Untuk menyiapkan persiapan anak masuk sekolah ini banyak yang harus dipersiapkan orang tua. Tidak hanya menyiapkan uang, mental anak, namun juga perlu memilih sekolah yang baik.


https://www.keluarganawra.com


Persiapan Anak Masuk Sekolah 

Ala Keluarga Nawra



Keluarga Nawra memiliki 3 orang anak, semua anak-anak sudah sekolah. Sebelum mereka bersekolah, inilah yang Keluarga Nawra  lakukan kepada anak-anak untuk melakukan persiapan anak masuk sekolah.


1. Menyiapkan jasmani dan rohani anak dengan baik. 


Usia fisik , kadang tidak berbarengan dengan usia psikologis ini. Oleh karena itu, perlu dipersiapkan dengan baik. Kemudian untuk anak perempuan dan laki-laki, juga mengalami hal yang berbeda.


2. Persiapan skill dan wawasan anak. 


Untuk sebagian besar sekolah, menjadikan syarat untuk masuk sekolah itu, antara lain adalah anak sudah bisa atau lancar membaca dan mengenal angka.


3. Persiapan untuk usia matang anak


Usia anak masuk sekolah secara umum di sekolah negeri adalah 7 tahun sedangkan pada sekolah swasta dimulai dengan usia 6 tahun. Untuk usia matang sekolah anak ini juga tergantung jenis kelaminnya. Ada banyak anak dengan usia muda, ketika masuk SD memang bisa mengikuti mata pelajaran dengan baik. Namun, sebagian besar dari mereka mengalami masalah dalam sosialisasi dan kemandirian. Oleh karena itu, perlu pertimbangan matang dari orang tua , saat memutuskan anak untuk masuk sekolah. Sebaiknya usia 6 atau 7 tahun.


4. Persiapan memilih sekolah


Dalam memilih sekolah ini, orang tua harus melibatkan anak secara aktif dalam memilih dan menentukan sekolah yang diinginkan oleh anak-anak. Sebaiknya ajak anak ke sekolah, untuk melihat-lihat atau survei. Sebaiknya juga ada beberapa sekolah yang disurvei oleh orang tua dan anak. Kemudian baru menentukan pilihan sekolah dengan bijak dan penuh pertimbangan


5. Menyiapkan Dana Sekolah


Persiapan dana sekolah ini bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan orang tua dalam menyiapkan dana sekolah. Memang secara umum, sekolah bagus itu biayanya mahal dan sebaliknya sekolah biasa ya bayarannya biasa juga. Oleh karena itu, kita harus bisa menyesuaikan dana ini secara bijak.


Nah, itu hanya beberapa persiapan yang dilakukan oleh Keluarga Nawra, saat melakukan persiapan anak masuk sekolah. Nah, kalo Ayah Bunda, apa saja yang dilakukan dala persiapan anak masuk sekolah. Yuk, Berbagi di kolom komentar yah.


Sekolah Masa Kini dan Nanti


Buat yang masih bingung atau butuh tambahan informasi, mungkin, bisa menonton tayangan Youtube yang berjudul Sekolah Masa Kini dan Nanti dari SMA Pintar Lazuardi. Kebetulan minggu lalu saya mengikuti webinarnya.





Kegiatan ini menghadirkan pembicara keren, mereka adalah Haidar Bagir, Shahnaz Haque, Irfan Amalee, Viera Adella. Dipandu oleh Mc Gabriela dan Moderator Darlena.


Webinar yang berlangsung selama dua jam lebih ini, membahas secara lugas bagaimana persiapan dan pertimbangan orang tua, saat memilihkan atau menentukan sekolah untuk anak.


Dari pihak SMA Pintar Lazuardi juga menyampaikan banyak informasi mengenai keuanggulan dan program-program yang telah dan akan dilakukan oleh SMA Pintar Lazuardi, seperti program yang akan datang digelar adalah 


https://www.keluarganawra.com


Termasuk juga membebaskan uang pangkal dan tahunan sekolah setiap tahunnya, hanya uang SPP saja. Selain itu akan banyak program-program yang digelar di sekolah dengan membebaskan biaya sekolah. Hal ini dilakukan guna untuk memberikan layanan yang terbaik untuk orang tua dan anak didik.


Ada ujaran dan ajakan dari bapak Setiyo Iswoyo dari SMA Pintar Lazuardi yang bisa menjadi acuan dasar bagi orang tua dalam memilih sekolah untuk anak, yaitu orang tua harus bisa bersikap dan berpikir serta bertingkah laku seperti layaknya anak muda. Jika ada waktu dan kesempatan untuk selalu bersemangat belajar apa saja, seperti layaknya anak muda selalu senang belajar apa saja.


Nah, sahabat Keluarga Nawra bagaimana sudah dapat inpirasi dan menonton video webinarnya. Semoga bisa menambah wawasan dan kemantapan untuk memilih sekolah untuk anak-anak. Semoga anak-anak kita mendapatkan sekolah yang terbaik yang bisa mendukung pencapaian cita-cita demi mewujudkan masa depan mereka yang lebih baik.


Kalo, teman-teman semua, apa saja  persiapan yang dilakukan saat anak masuk sekolah. Sharing yuk di kolom komentar yah.


20 comments

wah iya, tahun ajaran baru beberapa bulan lagi ya mbak.
tapi biasanya akhir tahun sudah waktunya berburu sekolah
saat akan masuk sekolah pun butuh banyak persiapan ya mbak

Reply

Anak anaknya malah pada bahagia mau masuk sekolah
mereka ternyata lama lama bosen di rumah

semoga yang PTM pada sehat sehat yaaa

Reply

Rata2 hampir sama mak tips untuk menyiapkan sekolah buat anak2 terutama masalah biaya pun ini yang paling penting, aplagi jaman sekarang sekolah lumayan banget biaya kalo menyesuiakan dengan sekolah impiannya.
Semoga penuh berkah orang tuanya dan insyallah ada rezekinya buat anak untuk sekolah di tempat favoritnya.

Reply

Webinar keren dengan Nara2 Sumber kece. Yg hadir pasti deh semua gak berkedip, hehe... Andai bunda ada di antara participant alangkah beruntungnya ya.

Reply

Aku Juli lalu memilih sekolah SMP untuk si bungsu..dan memang pertimbangannya banyak. Alhamdulillah saat ini sudah belajar di SMP yang diharapkan. Memang persiapan untuk masuk sekolah perlu memikirkan banyak hal

Reply

Kurang lebih sama nih mba. Dana pendidikan untuk sekolah dasar kami milih swasta. Jadi udah mulai nabung dari sebelum mereka bersekolah. Usia anak aku pilih 7 tahun walau di swasta biar matang bener. Kata kakak aku jg sekolah sd masa kini lebih sulit..dan benar hehe.

Reply

Diriku juga sedang mempersiapkan anak sekolah nih mam. Hanya saja masih mempertimbangkan opsi apakah homeshcooling atau sekolah formal. Harus benar-benar dipertimbangkan.

Reply

Banyak orang butuh nih kiat memilih sekolah yang tepat, terlebih saat masuk SMA, memang perlu matang memikirkannya karena nantinya akan memilih jurusan di perguruan tinggi.

Reply

Persiapan anak masuk sekolah lihat sepatu masih muat gak? Kalau ya meski di cuci sepatu. Oh ya sekalian cuci tas

Reply

Banyak hal yang harus diperhatikan orangtua ketika anak masuk usia sekolah.
Karena selain persiapan mental dan fisiknya juga, bagi orangtua memilihkan sekolah yang tepa sesuai dengan kebutuhan belajar ananda ini penting.

Reply

Uang pangkal dan uang daftar ulang itu memang terasa berat hiks kalau ngomongin bab sekolah swasta anak zaman now. Apalagi saya anaknya 3. Jadi harus dipersiapkan secara matang

Reply

Aku soal sekolah ini yang ribet itu memilih sekolahnya Mak, karena enggak banyak pilihannya. Ada yang sesuai sera tapi jauh, jarak kan pengaruh. Mulai anak berangkat pagi dan pulang paling akhir. Jujur sih, aku tipekal ortu yang milih2 sekolah anak.

Reply

Banyak hal yang harus disiapkan untuk anak sekolah saat ini juga nanti ya, salah satunya pemilihan sekolah yang tepat buat anak.
SMA Pintar Lazuardi dukung bebas SPP buat yg membutuhkan juga ya ternyata

Reply

Bagus ya mba.. konsep yg dimiliki SMA Pintar Lazuardi ini..

Dan Kita sbg orangtua hrs bngt memilih sekolah anak2 demi menunjang cita2nya

Reply

sd swasta jg sekarang diminta 7 tahun mba, soalnya saya sempat tanya tahun ini untuk masuk tk dan sd gimana.

btw dapen penting banget dipikir jauh2 hari apalagi kalau anaknya lebih dari 1 dan berdekatan

Reply

Anakku baru usia PAUD mba, usia 5tahun. Sementara rencana masukkan ke SD sih usia 7th nanti. Mudah-mudahan tahun depan situasi pandemi kian membaik jadi aku bisa masukkan anakku sekolah offline. Sekarang paling lagi tahap persiapan survey biaya &kurikulum sekolah aja

Reply

Memang banyak banget ya mak hal hal yang harus dipersiapkan sebelum anak masuk sekolah. Terutama tuh perispan mental anak ya Mak.. Pertimbangan kesiapan usia juga diperlukan yaaa

Reply

Anakku baru PTM lagi sekarang, dan kerasa banget persiapannya. Yang pertama persiapannya sama mba lebih ke jasmani. Karena anakku udah gede, jadinya siapin cemilannya, soalnya diwajibkan bawa bekal dari rumah.

Reply

Yang harus disiapkan tentu anaknya. Anaknya ya harus siap masuk sekolah. Kalau bisa ya anaknya punya kesadaran sendiri, jadi orangtua ga capek2 mengingatkan 🤣

Reply

Menarik banget webinarnya... Saya belum fokus ke SMA, karena masih nyari SMP dulu nih, tapi intinya mah sama aja kali yah, mencari sekolah yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan anak...

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.