Menu

Tuesday, May 16, 2023

/

Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar sahabat Keluarga Nawra, semoga selalu sehat berlimpah rejeki dan kesehatan. Nah, kali ini keluarga Nawra mau cerita mengenai haid pertama yang dialami Athifah.


Tanggal 17 Maret selain kami peringati sebagai hari jadi kota Bengkulu. Ternyata tanggal tersebut juga kami ingat sebagai hari pertama kali Athifah haid. Ia anak kedua, adiknya Nawra.

https://www.keluarganawra.com
Athifah saat menemani saya mengisi acara literasi digital


Awal Mulai Sakit Haid Pertama Kali


Beberapa hari, Athifah mengeluh perutnya sakit, terasa tidak nyaman bahkan sempat mual-mual. Mendengar keluhan itu, saya pun memberikan minya telon di perutnya. Saya usap-usap sambil saya bacakan surat Al Fatiha dan tiga kulhu. Rasa sakitnya sedikit mulai hilang dan Athifah mulai lupa dengan rasa nyeri perutnya.


Keesokkan harinya, Athifah kembali mengeluhkan tidak nyaman di perutnya. Saya kembali memberikan perawatan yang sama seperti kemarin. Tapi sepertinya, ini agak berbeda. Athifah masih belum berasa nyaman, ia terus mengeluhkan rasa sakit sambil memegang perutnya. 


Lalu, suami berseloroh,"Kali dia mau menstrusi!" Saya juga mengira begitu.Ketika saya pegang dan tepuk-tepuk halus perutnya terdengar dengan jelas seperti suara perut yang kembung. Sama seperti yang saya rasakan ketika akan mengalami datang bulan.


Haid Pertama Bagi Anak Kedua Kami


Malam harinya, benar seperti dugaan awal suami dan saya. Athifah mengalami menstruasi. Ia mengalami menstruasi di usia 9 tahun 9 bulan. Nanti bulan Juni Athifah genap berusia 10 tahun.


Saya pun mengajarkannya untuk menggunakan pembalut. Memberitahunya untuk mengganti setiap sudah terasa penuh atau setelah pemakaian sekitar 3-4 jam. Ia harus ganti pembalut.


Untuk kenyamanan di malam hari, saya sarankan untuk menggunakan pembalut khusus malam hari. Dimana ukurannya lebih besar dan pembalut siang. 


Saya juga mengajarkan bagaimana menganti pembalut, membersihkannya serta meembuangnya. pembalut yang sudah dipakai ketika akan dibuang harus dimasukan ke dalam kantong kresek dan diikat dengan kuat. Supaya tidak luar atau tercecer ketika dibuang ke bak sampah.


Mengenal Menstruasi Bagi Anak 

Untuk Pertama Kali



Menarche atau menstruasi 


menarche atau menstruasi pertama normalnya terjadi pada usia 10-14 tahun. Namun, pada beberapa kondisi, haid pertama juga bisa terjadi lebih awal, yaitu pada usia 9 tahun. Namun Anda juga perlu tahu bahwa menstruasi pertama kali dapat terjadi lebih lambat, yaitu pada usia 15 tahun atau lebih.


Fase pubertas anak perempuan ditandai dengan haid atau menstruasi pertama. Tanda-tanda menstruasi pertama (menarche) ditandai dengan keluarnya darah dari vagina. Darah tersebut awalnya berupa bercak berwarna kecokelatan dan jumlahnya sedikit.


Menstruasi Dalam Islam


Dalam kitab Risaalah ad-Dimaa' ath-Thabi'iyyah li an-Nisaa' dijelaskan bahwa haid, secara bahasa, berarti mengalirnya sesuatu. Sedangkan secara syar'i maknanya adalah darah yang keluar dari rahim seorang wanita secara alami tanpa sebab apapun di waktu-waktu tertentu. 


Apakah normal anak kelas 4 SD sudah datang bulan?


Disebutkan, 3 dari 10 siswi kelas 4 SD atau 30 persennya sudah mengalami menstruasi. Angka ini terus menanjak di kelas 5 SD yang mencapai 48 persen dan kelas 6 sebanyak 59 persen.


Usia Anak Perempuan Haid Dalam Islam


Semua ulama mazhab bersepakat bahwa haid  akan dialami seorang anak perempuan minimal pada usia sembilan tahun. 


Jadi, menurut ulama Syafi'i, Maliki, Hanbali dan Hanafi,  jika anak perempuan belum mencapai umur sembilan tahun, namun sudah mengeluarkan darah dari tubuhnya, maka itu bukan darah haid, tapi darah penyakit.


Kenapa anak jaman sekarang lebih cepat menstruasi?


Dampak Menstruasi di Bawah Usia 10 Tahun. Menstruasi terlalu dini biasanya disebabkan oleh faktor gaya hidup dan lingkungan. Hal ini termasuk paparan polusi udara dan gaya hidup yang kurang sehat. Berikut ini faktor gaya hidup yang menyebabkan menstruasi terlalu dini, seperti: Konsumsi junk food berlebih.


Berapa lama anak haid pertama kali?


Namun normalnya, menarche atau menstruasi pertama biasanya akan berlangsung selama 3-7 hari setiap bulannya. Jangan khawatir, menstruasi setiap bulan tidak akan menghalangi anak Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, karena baru awal-awal menstruasi, biasanya siklus tiap bulannya belum teratur.


Warna Darah Haid Pertama 


Imam Syafi‟i mengatakan bahwa warna darah haid ada lima, yaitu: yang paling kuat adalah darah yang berwarna merah kehitam-hitaman, yang mengiringinya darah yang berwarna merah, cairan berwarna abu-abu, cairan kuning, cairan berwarna keruh.


Seputar Minum Es Saat Haid  dan Pembalut 


Apakah boleh minum air es saat haid?


Mengonsumsi air dingin ataupun es saat menstruasi boleh dilakukan. Konsumsi air dingin atau es tersebut tidak akan mempengaruhi siklus menstruasi atau malah menyebabkan darah menstruasi menjadi beku karena tidak ada hubungan antaraminum air dingindengan menstruasi.


Kenapa wanita harus menggunakan pembalut?


Pembalut membantu dalam menampung dan menyerap darah menstruasi. Masing-masing wanita akan memiliki aliran darah haid yang berbeda, ada yang keluar dengan sangat banyak, ada yang wajar. Apapun pembalut yang kamu pilih, kamu harus menggantinya secara teratur.


Berapa kali kita mengganti pembalut dalam sehari?


Menurut pakar kesehatan, seseorang perlu mengganti pembalut setiap 4 jam sekali. Berbeda dengan tampon yang harus diganti setiap dua jam sekali. Akan tetapi, durasi tersebut tidak bisa disamaratakan, karena kualitas dan kebutuhan pribadi seseorang akan berbeda-beda.


Apa akibat jika tidak mengganti pembalut?


Kesalahan seperti tidak mengganti pembalut akan mengakibatkan infeksi jamur dan bakteri yang juga dapat menyebabkan ruam dan iritasi.


Sebaiknya pengunaan pembalut hanya sekitar 3-4 jam, setelahnya harus diganti dengan yang baru. Sebab pengunaan pembalut yang cukup lama akan menimbulkan efek tidak baik, bagi kesehatan.


Apa efek memakai pembalut?


“Efek penggunaan pembalut atau pantyliner pada wanita dan dalam waktu yang lama akan menyebabkan keputihan dengan bau yang menyengat hingga gatal-gatal pada daerah vagina,” ungkap dr. Ema, seperti yang dikutip prfmnews.id dari YouTube Emasuperr pada Jumat 24 Juni 2022.


Mengapa saat memakai pembalut terasa gatal?


Bintil-bintil dan Gatal saat Menstruasi-Pembalut Wanita.Penyebab utamanya adalah kelembaban dan gesekan. Terus-menerus menempel dengan pembalut akan menyebabkan vagina menjadi lembab. 


Di dalam kondisi demikian, tidak heran jika kamu akan mendapatkan bintil-bintil yang disebabkan oleh iritasi pada kulit dari darah haid maupun keringat pada pembalut yang tidak terserap.

https://www.keluarganawra.com


AVAIL Rekomendasi Pembalut Sehat


Untuk rekomendasi pembalut yang sehat dan tidak terbuat dari klorin adalah Avail. Pembalut Avail terbuat dari apa?


1. Pembalut Avail terbuat dari kapas murni tanpa campuran bahan kimia. 

2. Mengandung tujuh belas macam herbal yang sangat bermanfaat untuk -mencegah dan membantu mengatasi masalah kewanitaan.


Ada tiga pilihan produk Avail, ada pembalut khusus siang, malam dan pentiliner. Ketiga jenis pembalut ini terbuat dari bahan kapas, tidak mengandung klorin. Istilah tren saat ini adalah pembalut herbal.


https://www.keluarganawra.com


Untuk pemakain pembalut avail ini memberikan efek segar, mint terasa ada seperti dingin-dinginnya. Selain itu baunya juga wangi, jika kemasannya dibuka akan langsung tercium aromay wangi seperti aroma therapy.


Sebaiknya untuk anak haid, apalagi haid pertama karena masih awam sarankan gunakan pembalut herbal yang lebih sehat dan tidak berbahaya. 


INGIN PEMBALUT AVAIL. Untuk mendpatkan pembalut avail ini, bisa segera chat saya klik saja https://wa.me//6282177993000. Semoga bermanfaat.




23 comments

Jadi inget waktu dulu pertama kali menstruasi kelas 6 SD, sama sekali awam, takut dan entah kenapa malu banget saat itu sama temen-temenku. Aku sama sekali nggak dikasih tau harus gimana sama ortu, jadinya aku cari tau sendiri. Kayaknya aku pernah beberapa kali pakai pembalut avail ini, seger banget ada sensasi mint-nya.

Reply

Jadi teringat waktu anak2 gadis menstruasi pertama dulu. Selain soal bagaimana kenyamanan saat menstruasi yg sy kira penting jg qdalah soal sesi thaharah atau bersucinya. Kapan waktu harus mandi besar dan bagaimanq mekqnksme syar'inya. Dqn selalu cerita dlm perjalanan anak2 gadis kita

Reply

Ternyata faktor gaya hidup dan lingkungan memicu terjadinya menstruasi awal lebih cepat ya. Zaman kita dulu kan biasanya di usia 12 tahun ya kira2. Tapi belakangan ini anak kelas 4 SD sudah dapat haid. Mengganti pembalut memang jangan sampai terllau penuh darah, tetapi jika tidak merasa nyaman lekas ganti aja. Pembalut Avail aku belum pernah coba sih tapi boleh juga cek lebih lanjut jadi penasaran :)

Reply

Memang setiap anak berbeda yah, anak aku pas udah masuk SMP masih belum dapet haid sampai dia nanya-nanya terus kenapa masih belum dapet juga sedangkan temen-temennya udah dapet. Dan kelas 2 SMP akhirnya dapet juga dan harus dikasih pengertian juga yaah

Reply

Putrinya haidnya lumayan cepat ya kak, masih di usia kurang 10 tahun. Kalau saya dulu kelas 2 SMP soalnya hehehe.

Btw soal menjaga kebersihan dan pembalut emang penting buat diajarkan sama anak² yang baru pertama kali menstruasi

Reply

Wah sama nih, Aisha si bungsu juga baru mendapat haid pertama bulan lalu, mungkin karena risih dan lumayan deras darahnya hampir dua jam sekali ganti, memang sih kalau terlalu lama kurang baik bagi kesehatan. Selamat ya kakak nawra, sekarang sudah mulai memasuki usia remaja.

Reply

Wah terima kasih sudah nulis ini ya mbak
Aku harus siap siap nih, si sulung sekarang berusia 10 tahun
Tanda tanda puber mulai ada
Jangan jangan ntar lagi dia menstruasi

Reply

Tapi bener sih, anak sekarang tuh haidnya pada cepat-cepat banget. Karena ponakan perempuanku juga masih sd sudah haid, sementara aku dan mamahnya menstruasi saat masih SMP.

Reply

Selamat, gadisnya sudah memasuki pubertas. Semoga selalu sehat, dan semangat menghadapi hari-hari remaja yang penuh warna.

Untuk urusan pembalut emang kudu pinter-pinterilih viar nyaman dipakai.

Reply

Karena tidak punya anak perempuan, seri juga membaca pengalaman Mbak Milda soal haid pertama putri ke-2. Gejalanya persis dulu seperti kita haid pertama kali ya Mbak, meriang dan merasa sedikit demam disertai sakit perut. Pokoknya gak enak banget lah. Beruntung nih Mbak Athifah didampingi bunda dengan teliti saat mengalami haid pertama :)

Reply

Bunda semasa masih aktif sebagai wanita karir, punya 3 anak petempuan, alhamdulillah gak kendala yg berarti ketika mereka mengalami haidnya yg pertama, semu berjalan biada2aja berkas si mbak yg aku hire sejak mereka berumur 2 tahun.

Reply

Keponakanku 11 tahun dan belum haid. Teman-temannya udah. Jadilah aku ngasih tahu soal ini, termasuk pakai pembalut dan lainnya. Biar pas tiba, dia siap gitu. Dulu aku juga coba Avail. Enak banget, ada sensasi hangat gitu saat pertama pakai

Reply

alhamdulillah sudah gadis Athifah, sehat selalu ya nak
Memang kini usia mens pertama makin maju ya, tapi emmnag pengaruh gaya hidup dan lingkungan juga

Reply

Tulisan yang bagus sangat mengedukasikan untuk para orangtua yang memiliki anak perempuan ketika pertama kali haid

Reply

wah udah mau baligh ya, sehat-sehat selalu anak gadis, semoga haid pertama-nya tidak begitu sakit ya. Semangat selalu, ilmunya juga udah banyak ditambah pembalut yang bikin nyaman.

Reply

Avail.ini baguss banget lho sodaraku hakim pakai di taruh luka di.perut eeeh sembuh lhoo...

Reply

Panduan bangeett...
Anakku yang 12 tahun dan 10 tahun belum kedatangan tamu. Dan ada kalanya aku kepikiran juga.. Tapi karena kakak sekarang uda masuk pesantren, jadi uda aku beri bekal saat memasang pembalut dan menjaga kebersihan saat menstruasi tiba dan tidak sedang bersama mama.

Semoga Allah lindungi selalu nak gadis sholiha..

Reply

Seneng banget Athifa waktu pertama mens dibimbing ibunya. Aku dulu kayaknya masih malu2 waktu pertama mens buat bilang ke ibu hehe. Btw aku jg pernah pake pembalut avail ini, memang nyaman banget

Reply

Dulu pertama kali menstruasi pas SMP kelas satu . Teman-teman juga pertama kali menstruasi kelas satu atau dua SMP. Anak-anak sekarang menstruasi lebih awal ya. Kelas lima atau enam SD. Bahkan ada yg kelas empat. Ternyata di dalam islam minimal usia mens 9 tahun ya.

Reply

Terima kasih mba.. aku juga punya pengalaman serupa saat anak gadis haid pertama dan banyak pertanyaan yang diajukan, supaya jadi lebih paham dan nyaman yaa

Reply

Aku dalam posisi waspada sekarang ini, Mbak, karena anak keduaku cewek usia 9 tahun, hehe.. waspada kalau nanti dia pertama haid aku kudu siap mendampingi. Btw aku dulu juga sering pakai Avail, emang enak dan aman. Cuma harganya ya lumayan, ya, hehehe..

Reply

Degdegan momen mens hati pertama untuk anakku nanti~ udh membayangkan sih apa yang akan dilakukan, bahkan menghadapi masa pubertas anak. Tapi ya tidak mudah sepeeti teori yaa perlu belajar. Tujuannya memang untuk jadi paham dan nyaman yaa~ tq rekomendasi softex nya mbaa

Reply

Bekal ilmu anak harus cukup ya menghadapi menstruasi karena dalam islam mens bukan sekedar keluar darah haid. Anak sy sekolah di sekolah islam, sejak sd di kegiatan keputrian sudah dibekali ilmu inj sy di rumah tinggal mendiskusikan

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.