Menu

Sunday, May 14, 2023

/

Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar sahabat keluarga Nawra, sudah liburan kemana aja nih. Sudah makan Mie Kangkung? Olahan mie dengan campuran kangkung ini emang nikmat. Apalagi kalo disajikan dalam keadaan hangat.


Mi kangkung atau Mie Kangkung, adalah hidangan Indonesia berupa mi berkuah kental yang disajikan dengan kangkung, biasanya juga termasuk bakso dan jamur. Hidangan ini adalah hidangan khas Betawi dari Jakarta, Indonesia.


Mie kangkung adalah salah satu hidangan hasil dari  bentuk akulturasi antara budaya Betawi dan Tionghoa. Jika berdasarkan tampilannya, Mie Kangkung serupa dengan lomie yg berasal dari Negeri Tirai Bambu tersebut. 


https://www.keluarganawra.com
Dok Detikfood


Ada yang bisa membedakan  antara Mie Kangkung dan Iomie, silakan berbagi di kolom komentar yah.


Mengenal Macam Mie Kangkung


Ada beberapa macam Mie Kangkung, seperti Mie Kangkung kuah, Mie Kangkung ayam, Mie Kangkung Belacan ,Mie Kangkung Tomat, Mie Kangkung lomie dll. Dari beberapa jenis Mie Kangkung tersebut mie mana aja yang pernah atau sering kamu makan atau ada jenis Mie Kangkung lainnya.


Toping Mie Kangkung


Mie kangkung disajikan dengan berbagai topping ada, ayam jamur, daging, udaang, telur rebus, tauge rebus dan disiram dengan kuah kental beraroma ebi yg khas. 

https;//www.keluarganawra.com
Dok Detikfood


Mie Kangkung Apakah Halal


Sejak dulunya mie kangkung termasuk kudapan non halal. Menggunakan topping atau campuran babi.Namun sekarang sudah banyak kedai Mie Kangkung halal, yang menggunakan bahan baku dan cara memasak yang halal.


Menurut sebuah cerita yang beredar di dunia maya.Berdasarkan cerita para sepuh penjual Mie Kangkung yang berada di Jakarta. Diceritakan bahwa sejak Mie Kangkung sering menjadi langganan istana. Waktu itu jaman presiden Soeharto. Mie Kangkung di rubah toppingnya dengan menggunakan ayam. 


Sejak saat ini, Mie Kangkung mulai dikenal dengan mie kangkung halal dengan menggunakan topping ayam. Bahkan hingga sekarang ada banyak pilihan topping mie kangkung dan tentunya halal.


https://www.keluarganawra.com


Apakah Masih Ada Mie Kangkung Legend


Seperti diketetahu bahwa sejak awal mie kangkung ini adalah makanan non halal yang mengandung Babi. Yang sangat populer sampai sekarang yang dijual adalah  mie kangkung si Jangkung.


Selain itu masih ada mie kangkung yang mengandung babi seperti mie kangkung babi Mang Ujang yang berjualan di sekitaran Mangga besar 13A, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat. Hal tersebut pun diketahui pada review makanan yang dilakukan oleh konten kreator pada channel YouTube Goyang Leper pada 3 September 2022.


https://www.keluarganawra.com


Saran Dari Keluarga Nawra


Saat ini ada banyak pilihan kudapan Mie Kangkung yang halal dengan berbagai jenis topping. Untuk keluarga muslim, sebaiknya lebih hati-hati dalam memilih tempat untuk makan. Sebaiknya perhatikan juga tempat, lokasi dan rekam jejak tempat kita makan, apalagi jika bersama dengan keluarga. Maka sebaiknya tempat makan tersebut menjual menu halal dan cara masaknya juga halal.


Mengapa kita harus memilih makanan yang halal?


Allah S.W.T pasti akan memberikan ganjaran dan menempatkanmu di tempat yang terpuji. Dengan mengkonsumsi makanan halal dan minuman halal juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keimanan serta sebagai bentuk ungkapan rasa cintamu kepada Allah S.W.T yang maha pencipta.


18 comments

Buat aku yang suka banget sama kangkung dan mie, mie kangkung merupakan makanan yang top banget karena sudah menyatukan dua makanan kesukaanku. Apalagi sudah ada yang halal, lebih mantappp

Reply

Mba aku jadi keingetan baso kangkung didekat rumah dulu di Bandung deh.. jadi kangen. Tapi setuju banget sih kalau ke halal an itu nomor satu buat muslim

Reply

Saya malah belum pernah mencicip mie kangkung mba.. Selama ini kalau makan mie, sayuran yang paling sering saya temukan adalah sawi. Jadi pengen ih nyicipi mie kangkung.

Reply

Waalaikumslm wrwb. Bunda langsung donk mau coba .
Mie kangkung belacan. Nasinya putih anget. Yummy.










Reply

Lah saya orang Betawi baru tau mba ada masakan Betawi Mie Kangkung. Mgkn krn ga halal jadi ga membudaya di keluarga saya.

Bisa jadi itu budayanya Cina Benteng, kalau org Betawi bilang sih.. Xixixi..

Reply

Nah, aku juga suka banget pada mie kangkung ini. Paling suka ada jejak udang pada kuahnya. Gurih dengan rasa kriuk-kriuk kangkung, itu pas banget di lidah saya. Kalau di Serpong banyak warung mie kangkung halal, gak susah nyarinya :)

Reply

Tapi kalau di Jakarta ini yang banyak aku temui mie kangkungnya halal karena memang tidak ada campuran babi dan juga lemak babi. Beberapa disini juga sudah mengantoni sertifikasi halal.

Reply

mantap banget makan mie dengan topping kangkung nih, bisa dicoba deh. Menarik sekali

Reply

klo konsumsi yg ngga halal tuh bawaannya insecure

kuatir bgt amal dan doa bakal tertolak.
makasiii artikelnya yah

Reply

AKu belum nyoba, tapi beberapa kali ada yang review soal Mie Kangkung ini. Kalau dari bahan, ya halal. Cuma masakan China pakai minyak B2 kan. Jadi kudu tetep tanya sama yang dagang

Reply

Di tempatu jug ada yg ual mie kangkung tapi halal pastinya. Jaman dulu bakmi juga gak halal kan ya mbak, Wajb banget cari makanan halal di manapun kita berada

Reply

Sejak 15 tahun yang lalu aku sudah menikmati Mie Kanggung. Nikmat banget, apalagi kalau kuahnya kental + ebi + perasan jeruk limo nikmat sekali.

Reply

Kalau di Semarang kok enggak populer ya mie kangkung ini, padahal udah kebayang enaknya, pengin nyobain. Rata-rata kalau di sini mie hanya pakai sawi dan daun bawang.

Reply

Selalu suka dengan makanan mie-mie an begini. Rasa baru dengan tampilan menarik menggugah selera seperti Mie Kangkung yang cantiik~

Reply

Sejaka awal ga halal memang ya, jadi mesti cek lagi halal ga mie kangkung yang mau kita nikmati. Pilih yang halal karena kini sudah banyak kok

Reply

Eh asli baru tahu jenis mie kangkung ternyata mengandung babi. Kupikir ya mi dikasih kangkung aja. Makasih infonya ya Mbak Milda buatku lebih aware sebelum beli apalagi di daerah Mangga Besar memang banyak yang non halal.

Reply

aku suka mie kangkung mba tapi selalu pastikan yang halal, bukan yang mengandung babi. Semoga kita bisa selalu menjaga kehalalan makanan dan minuman yang kita konsumsi ya

Reply

Aku baru tau ada mie kangkung. Dan baru tau juga non halal karna kangkung dipikirnya pasti gpp ya sehat. Ternyata ada toping. Jadi tahu aku baca ini tengyu

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.