Menu

Featured Post

Nokia 6, Smartphone yang akan Mengingatkan Kita Akan Kualitas Nokia

Assalammualaikum.Wr.Wb Apa kabar Sahabat Keluarga Nawra Nokia adalah sebuah nama yang sempat berjaya pada masanya. Kejayaan ini buka...

Thursday, February 28, 2019

/ /
Ikut Lomba Mewarnai,Bisa Mengasah Keberanian dan Kreativitas Anak
Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar Sahabat Keluarga Nawra

Kali ini, Keluarga Nawra mau cerita soal kegiatan dua adik Nawra, si Athifah dan si Annasya yang ikutan lomba mewarnai. Lomba ini mereka ikutin di pekan ketiga di buan Janauri yang  lalu. Bersamaan dengan jadwal kunjungan ke pondok kakak Nawra.

Namun, sewaktu Nawra menelpon , mengingatkan untuk jadwal kunjungan dan termasuk mengingatkan apa saja yang ingin Nawra minta bawakan saat kunjungan. Saya sampaikan kepada Nawra, bahwa kami akan datang agak sedikit siang. Sekitar jam sebelasan. Menarunggu kedua adiknya untuk ikutan lomba mewarnai dulu.

Ditawari Untuk Ikutan Lomba Mewarnai

Jadi hari kamis sore, saat saya sedang bersih-bersih, menyapu, menyiram tanaman di halaman depan rumah. Tiba-tiba datang tiga orang karyawan Indomaret yang membawa brosur dan katalog belanja. Mereka menawarkan kepada saya untuk mendaftarkan Athifah ikutan lomba.

Waktu saya tanya Athfah, dia dengan penuh semangat menajwab, ingin ikutan. Lalu saya berpikir sejenak. kenapa, gak sekalian aja Annasya ikutan lomba juga. Supaya bisa barengan. Dia nanti pasti mau ikutan juga , saat kami mengantar Athifah ikutan lomba.

Apalgi lokasi lombanya tidak begitu jauh dari rumah, jadi sekalian aja deh, mereka berdua ikutan lomba mewarnai.

Jadi Daftar Lomba

Biaya pendaftran lombanya hanya lima ribu peranak. Nanti dari uang pendaftaran itu, masing-masing anak akan mendapatkan snack. Jadi uang pendaftaran itu sepertinya akan balik lagi, namun dalam bentuk paket snack.

Untuk alat tulis, harus dibawa masing-masing oleh anak. Jadi nanti rencanaya mereka membawa pensil warna kayu yang Athifah dapatkan sebagai  hasil hadiah dari sekolahnya. kebetulan ada dua, pas banget. Jadi nanti ngak bakalan rebutan.

Waktu Lomba Mewarnai Tiba

Namanya anak-anak, sejak pendaftaran itu hampir setiap hari Athifah bertanya kapan lomba mewarnai . Padahal masih ada tiga hari lagi, hihihi.

Hari mewarnai pun tiba, pagi itu Athifah dan Annasya sudah bersiap. Seperti biasa mereka berdua minum susu dan makan pagi dulu. Dan masihs aja sempat bermain sepeda. Maklum, si Abahnya belum siap. 

Saya katakan kepada mereka, bahwa saya akan menyiapkan semua keperluan yang akan dibawa ke pondok. Mau masak, menyiapkan berbagai wadah makan, pakaian, serba-serbi sampai mainan untuk mereka . Yang semuanya nanti akan dibawa serta ke pondok ,   saat kami mengunjungi kakak Nawra.

Mereka pun sepakat dan akhirnya berangkat dengan riang gembira. Saya pun lanjut untuk mengerjakan hal yang lainnya.

Manfaat Ikut Lomba Bagi Anak

  •     Bagus untuk mengajarkan anak mengenal tentang arti menang dan kalah, serta perilaku baik menghadapinya. Menstimulus anak berprilaku baik
  •     Kita bisa membantu si kecil belajar mengenali kekuatan dan kelemahannya. Serta cara mengenalinya..
  •    Mulai mengajarkan dan mendorong si kecil  mulai berpikir kritis, memecahkan masalah, dan belajar mengambil keputusan.
  •     Mendorong anak untuk bersemangat dalam memeprsiapkan diri menghadapi perlombaan.
  •     Anak akan lebih percaya diri dan tangguh.
  •     Mnegajarkan anak untuk bergaul dengan orang lain dan mengenali lingkungan baru di sekitarnya.
  • Mendorong  dan melatih anak untuk bertanggungjawab untuk menyelesaikan perlombaannya

Nah, banyak juga ya manfaat ikut lomba buat anak-anak, terutama untuk anak usia 3-5 tahun. jadi kita bisa juga menstimulan pertumbuhan dan perkembangan anak dengan mendorongnya untuk ikutan berbagai lomba. Seperti  lomba mewarnai. 

Jadi, kalo ada lagi pendaftaran berbagai lomba, daftarkan saja si kecil buat ikutan ya.Apalagi kalo lombanya bagus dan menarik. Ikutan aja yaaah.  

Wednesday, February 27, 2019

/ /
Ini Dia 5 Keunggulan Merek Popok Dewasa Confidence yang Harus Anda Ketahui
Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa Kabar Sahabat Keluarga Nawra



Confidence adult adalah salah satu jenis popok dewasa celana yang sudah populer karena menjadi pilihan banyak orang. Hal ini dikarenakan performa merek popok dewasa Confidence dalam menyerap cairan dan beberapa kelebihan lainnya memang khusus di rancang untuk mengutamakan kenyamanan para penggunanya. Umumnya para orangtua atau orang dewasa yang mengalami gangguan buang air kecil tidak terkontrol adalah pengguna paling banyak jenis popok tersebut, sehingga aspek kenyamanan dan daya serap menjadi hal penting yang perlu di pertimbangkan dalam memilih popok dewasa yang paling tepat.



Meskipun ada banyak jenis dan merek popok dewasa yang sudah dijual luas di pasaran, namun Confidence hadir sebagai solusi terbaik yang telah teruji dan terpercaya dalam urusan menjawab semua keluhan dan kebutuhan popok dewasa yang berkualitas. Seperti 5 keunggulan yang dimiliki Confidence dan akan kita bahas dalam ulasan berikut, antara lain:



  1. Resalable dan frontal tape. Kemampuan perekat yang kuat dan kokoh popok Confidence nantinya akan menjamin tidak ada kebocoran cairan, selain itu perekat ini juga tetap akan kuat meskipun di lepas dan dipasang berulang kali pada saat Anda memasangnya.
  2. Kemampuan menyerap cairan ekstra pada popok dewasa Confidence ini juga dapat Anda andalkan karena sudah terbukti mampu menyerap cairan dengan lebih cepat dan lebih banyak.
  3. Tidak perlu khawatir jika terjadi gesekan popok dengan kulit, karena popok Confidence telah dilengkapi dengan ultra soft cover sehingga permukaannya sangat lembut dan cocok untuk semua jenis kulit.
  4. Adanya side leax guard yang nantinya berfungsi sebagai antisipasi keamanan di bagian samping popok akan semakin membuat Anda nyaman meskipun harus memakai popok ini seharian saat beraktivitas.
  5. Dan semua popok dewasa Confidence juga telah di lengkapi dengan anti bacteria sehingga menjamin aman dari semua gangguan kuman dan bakteri yang dapat menimbulkan penyakit kulit.



Popok dewasa Confidence sudah sangat populer, sehingga Anda dapat menemukannya dengan mudah di pasaran. Selain itu, karena ukurannya tersedia dalam berbagai varian, maka Anda dapat menyesuaikannya dengan ukuran yang paling pas untuk menambah kenyamanan para penggunanya.



Itulah ulasan mengenai 5 keunggulan merek popok dewasa Confidence yang harus Anda ketahui. Anda dapat menjadikannya sebagai referensi saat akan mencari jenis popok dewasa yang paling tepat agar tidak salah pilih dan justru berujung pada berbagai gangguan kulit. Selain sudah terjamin kualitasnya, popok dewasa merek Confidence ini juga sudah menjadi pilihan banyak kalangan masyarakat, hal ini dikarenakan kualitas yang di berikan Confidence memang terbukti memenuhi kebutuhan para penggunanya. 

Oleh sebab itu, Anda tidak perlu ragu dan khawatir untuk mempercayakan urusan popok dewasa hanya pada Confidence yang telah teruji dan terpercaya.


Monday, February 25, 2019

/ /
Mencicipi Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Jakarta
Assalammualaikum. Wr.Wb

Apa kabar Sahabat Keluarga Nawra 

Siapa yang tak kenal kuliner nasi goreng? Kuliner tradisional khas Indonesia ini dapat ditemui di hampir semua sudut wilayah Indonesia. Termasuk di Kota Jakarta. Salah satu tempat yang menyediakan kuliner ini berada di bilangan Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Telah mulai berjualan sejak tahun 1958, Nasi Goreng Kebon Sirih telah melegenda dari mulut ke mulut para penikmatnya.


Menurut informasi dari berbagai sumber Sang inisiator di balik kuliner ini adalah Almarhum Haji Nein. 

Nah, saya yang kebetulan sedang berada di Jakarta dan menginap di hotel Akmani yang kalo dilhat dari Maps atau peta sangat dekat lokasinya dengan kedai nasi goreng kambing ini.

Saya sedang di Jakarta, dalam undangan acara literasi Digital dari ICT Watch, Kemkominfo dan TikTok. Jadi penasaran juga pengen nyobain gimana rasa Nasi goreng Kambing kebon Sirih yang fenomenal.

Namun, meski berada sangat dekat, saat itu saya tidak bisa langsung makan di sana. Jadi ceritanya malam itu teman-teman peserta yang bersala dari 30 wilayah Indonesia sebagian ada yang jalan-jalan ke luar hotel. Menikmati suasana kota Jakarta di malam hari.

Saya tidak bisa ikutan sebab sduah ada janjian ama anak-anak dan suami untuk video call. Waktu itu jam sudah menunjukkan pukul setengah sembilan malam. Kalo saya ikutan keluar, jam berapa lagi mau telponan. Kuatir anak-anak lama menunggu. Jadi saya putuskan tidak ikutan.

Take Away Nasi Goreng Kambing

Solusinya , kalo pengen makan Nasi Goreng Kambing ya take away saja. Bisa dibeliin sama teman atau juga bisa lewat apliaksi. Ada banyak kok, pilihan kalo mau take away pake aplikasi.

Apa pun itu, yang penting sebentar lagi nasi Goreng keinginan saya akan muncul di hadapan saya dong. Gimana caranya datang, udah ga penting lagi deh.

Horee, nasi goreng kambing sudah datang. Kemasan atau bungkusannya bagus, dimasukin ke dalam kotak yang bertuliskan lengkap alamat, no kontak bahkan email untuk kontak pemesanan,


Nasi goreng kambing ini, terlihat berwarna coklat. Pas saya makan, terasa ada bumbu-bumbu seperti kalo sedang makan rendang atau gulai kambing. Bumbu-bumbu yang digunakan terdiri dari rempah-rempah seperti kapulaga, kunyit, sereh, lada, dan beberapa jenis bumbu lain.

Kemudian terasa sekali perpaduan antara kecap asin dan kecap manis. Kombinasi yang membuat nasi goreng ini wangi dan menggugah selera untuk segera dihabisi.


Di dalam nasi gorengnya ada potongan atau irisan daging kambing. Dagingnya lembut dan empuk digigit bareng nasinya. Kadang ketemu juga dengan bawang goreng. Dimakan sekaligus tambah makyusss.

Tak lupa kalo makan olahan kambing, selalu sedia timun. begitu juga ama nasi goreng kambing ini. Ada acar timun yang juga disertai di dalam kotaknya. 



Kemudian yang bikin makin lengkap adalah goreng kerupuk, apalagi kalo ada kerupuk emping. Duh, enak banget beb. Makan kalo belum habis ga bakalan berhenti. Pantang tutup piring kalo belum habis, hahaha.

Jadi menurut saya nasi goreng kambing yang di take away ini rasanya ga berubah. Mungkin karena jaraknya tidak terlalu jauh. Sebab kalo jauh, tentu saja rasa dan baunya juga sudah berkurang dan berubah. 
  

Oleh karena itu baiknya kalo makan nasi goreng kambing atau makan nasi goreng lainnya, sebaiknya makan ditempat saja. Pulang kalo sudah selesai makan saja, hihihi.

Oh, ya di sana juga menjual banyakmenu. Selain menu nasi goreng, terdapat juga menu satai kambing, satai ayam, dan satai hati kambing. Harga seporsi nasi goreng kambing dipatok sebesar Rp 30.000. 

Jam buka Nasi Goreng Kebon Sirih mulai dari pukul 17.00 WIB – pukul 02.00 WIB. Tapi bisa juga molor, apalagi kalo wiken. Tentu saja akan bertambah ramai, termasuk di tengah malam atau dini hari.



Bagaimana, semoga informasi ini bisa memberikan kamu gambaran mengenai nasi goreng kambing kebonsirih yah. Kalo kamu ngiler, udah cuss aja langsung ke lokasi.  

Keluarga Nawra gak bertanggungjawab loh, kalo tetiba kamu jadi doyan dan berat badab bertambah karena suka makan nasi goreng malam-malam.

Friday, February 22, 2019

/ /
Masa Remaja  Fatmawati  dan Mulai Mengenal Bung Karno
Assalammualaikum.Wr.Wb

Dear apa kabar Sahabat  Keluarga Nawra

Bulan Februari ini Ibu Fatmawati Soekarno berusia 96 tahun. Keluarga Nawra bersama komunitas Blogger Bengkulu, membuat twibbon untuk mengenang kelahiran Ibu yang berasal dari kota Bengkulu ini. Ibu Fatmawati bukan saja sebagai istri dari Bung Karno, tetapi beliau juga seorang penjahit bendera Merah Putih  dan Alhamdulillah juga sudah mendapatkan gelar sebagai pahlawan Nasional.


Di Bengkulu, rumah kediaman Bu Fatmawati juga masih terjaga dan terpelihara dengan baik. Beberapa tempat umum juga sudah diberi nama dengan nama Fatmawati. Seperti bandara Fatmawati Bengkulu.

Nah, saat ini Keluarga Nawra juga ikutan #NuliSerempak bersama Blogger Bengkulu mengenai Ibu Fatmawati ini dengan tujuan agar makin banyak tersebar informasi mengenai Ibu Fatmawati, sejarah dan kisahnya akan banyak yang ingin mengetahuinya. Apalagi untuk generasi masa depan yang akan mencari akses informasi lewat digital. Sarana menulis di blog sangatlah efektif untuk memberikan informasi tersebut. 


Tulisan ini sebagai besar diambil oleh Keluarga Nawra, dari buku Fatmawati, Catatan Kecil Bersama Bung Karno. Yang diterbitkan oleh Yayasan Bung Karno. Kalian juga bisa mencari informasi lebih untuk mendapatkan buku ini dengan menghubungi

Yayasan Bung Karno  –  Media Pressindo
Jalan Cempaka Putih No 8 Deresan CT X
Gejayan, Yogjakarta 55283
Telp 0274 556043 / 555939
Email : medpressgroup@yahoo.com
Website : www.media-pressindo.com

Jadi tulisan di blog ini mungkin hanya akan memindahkan isi buku ke dalam postingan singkat blog Keluarga Nawra. Agar cerita sejarah tersebut memang murni dan tidak ada yang ditutup-tutupi.

Kelahiran Ibu Fatmawati

Pada tanggal 5 Februari 2019, hari senin. Jam 12 siang, aku dilahirkan ke dunia. Sebagai anak pertama dalam keluarga suami-istri bapak Hasan Din dan Siti Chadijah di kota Bengkulu, Bengkulu Selatan.

Di dalam buku ini, ibu Fatmawati menuliskan kota Bengkulu, merupakan Sumatera Selatan. Hal ini adalah benar, sebab dulu Bengkulu merupakan salah satu wilayah yang menjadi bagian dari provinsi Sumatera Selatan.

Ayah mengambil Siti Chadijah sebagai istri setahun sebelumnya,dengan restu dan pilihan keluarganya, sesuai dengan adat yang berlaku pada waktu itu.

Ayahku adalah seorang yang taat beragama. Berterimaaksih apabila mendapat rejeki atau syukur dalam hati jika mendapatkan anugerah apa pun. 

Jika akan memulai sesuatu pekerjaan selalu memohon petunjuk-Nya agar dijauhkan dari godaan percobaan. Ayah pernah bercerita padaku, pada malam pengantin, ayah berdoa dengan sebulat hati kepada Tuhan 

“Ya Tuhan, hamba-Mu mengucapkan syukur kepada-Mu karena Tuhan telah memberikan teman hidupku. Ya, Tuhan semoga dalam perkawinan kami dianugerahi anak yang sholeh dan berbakti kepada bangsa dan Negara serta agama.Jika tidak ada gunanya kepada, bangsa, dan tanah air serta agama, hamba rela anakku laki-laki atau perempuan untuk tidak berumur panjang. 

Pertama nama FATMAWATI yang artinya bunga Teratai (lotus) sedangkan nama kedua adalah SITI JUBAIDAH yang diambil dari nama salah satu istri nabi. 

Nama Fatmawati dan Siti Jubaidah ditulis di atas dua potong kertas kecil setelah itu digulung kemudian diundi. Ternyata pilihan jatuh pada kertas yang bertuliskan nama Fatmawati. Itulah nama yang dipakai sebagai pemberian dari kedua orangtuaku.

Buku ini sudah dicetak dengan beberapa desain kover, ini adalah buku dengan desain terbaru.
Panggilan aku di masa kecil ialah, Ma, jadi bukan Fat seperti di kemudian hari.

Masa Sekolah Ibu Fatmawati 

Saat berusia 6 tahun, aku masuk sekolah Gedang (Sekolah Rakyat) . Anak-anak waktu itu kalo hendak masuk sekolah disuruh memegang telinga, disuruh memegang telinga kiri dengan tangan kanan. Jika belum dapat belum diterima. Jika dapat boleh masuk dan diterima sebagai murid Gedang. Aku dapat dan aku diterima

Tapi tahun 1930, aku pindah sekolah menjadi murid HIS (Sekolah Berbahasa Belanda) di jalan Peramuan. Untuk mendapatkan pelajaran agama, di samping mendapatkan didikan dari kedua orang tua,aku juga mengikuti sekolah standar Muhammadiyah, di sore hari yang terletak di jalan Kebun Ros. Seperti anak-anak yang lainnya. 

Setiap hari aku mendapatkan uang saku, sebesar dua setengah sen. Dengan uang itu aku bisa membeli makanan kesukaan aku seperti, nasi uduk, pecel, peyek, cendol, es gunung dan lainnya. Yang berjualan pecel dan peyek adalah ibu-ibu yang berasal dari pulau Jawa.
Jika ada saat yang terluang, ayah suka mengajakku berkeliling kota goncengan sepeda. Duduklah aku di sepan sambil memegang stang (kemudi sepeda) sedangkan ayah mengayuh sepeda dengan tenang dan memberi  tahu hal-hal yang asing bagiku. Seperti gedung –gedung yang megah, kantor-kantor penting, pelabuhan, benteng, atau markas Belanda dan Tapak Paderi. Tapak Paderi adalah bukit dan di puncak ada sebuah tugu peninggalan Inggris.

Dari puncaknya kita dapat melihat di depan mata pemandangan lautan luas dan di belakangnya Benteng Fort Malborough,bekas benteng Sir Stamford Raffles. 

Tmapak belakang buku Fatmawati, yang berisikan pesan dari ibu Fatmawati dan anaknya Guruh

Krisis Rumah Tangga dan Pindah Ke Palembang

Ayah ingin juga mencari pekerjaan baru, sejak aktif di organisasi Muhammadiyah. Ayah  berhenti bekerja menjadi pegawai kantor Belanda. Otomatis pendapatan keluarga kami juga turun naik. Ayah pergi lagi ke Palembang.Untuk sementara kami mmenumpang tinggal di rumah kakak ayah. Rumahnya bertingkat dan terbuat dari tanah dan kayu.

Diibukota Sriwijaya ini aku melanjutkan sekolahku masuk HIS Muhammadiyah di Bukit Kecil duduk di kelas 4. Setahun kemudian aku sudah duduk di bangku kelas 5. Masa yang menggembirakan waktu itu. Aku disegani oleh teman-teman, mungkin karena aku putri Pimpinan Perserikatan Muhammadiyah.

Pindah Ke Kota Curup

Kota Palembang  yang panas dan ramai itu, akhirnya aku tinggalkan. Kami pindah ke Kota Curup. Aku tidak lagi melanjutkan sekolah. Penanggalan sudah menunjuk tahun 1938. Perang dunia kedua satu tahun lagi akan meledak. 

Aku meningkat jadi remaja putri ketika berusia 15 tahun. 

Tampak depan rumah Bung Karno

Awal Berkenalan dengan Bung Karno

Suatu hari ayah pulang dari pasar dan bercerita penuh semangat bahwa pimpinan pergerakan bangsa telah pindah ke Bengkulu dari pengasingannya di Flores. Sebagai pimpinan perserikatan ayah  berkeinginan bersilaturahim dengan tokoh pergerakan tersebut.
Tampak depan rumah pengasingan Bung Karno yang sekarang

“Ir.Soekarno adalah keturunan Jawa-Bali, sedangkan istrinya bernama Inggit Ganarsih putri Sunda , “ demikian kata ayah.

Sebelum keberangkatan kami sekeluarga, ayah menulis surat terlebih dahulu ke Bengkulu yang menyatakan bahwa ayah ingin bertemu dengan Bung Karno.

Belum lama aku menghirup udara segar kota Curup, kira-kira 6 bulan sudah harus kutinggalkan.

Berangkat Ke Bengkulu, Bertemu Bung Karno 

Pada hari yang telah ditetapkan, kami berangkat menuju kota Bengkulu yang kutinggalkan tiga tahun sebelumnya.  Sesampai di Bengkulu, kami menginap semalam di rumah nenek. Keesokan harinya baru kami menuju kediaman Bung Karno.

Masih kuingat aku mengenakan baju kurung warna merah hati  dan tutup kepala voile kuning diborduur. Pada kunjungan itu rombongan kami terdiri dari ayah,ibu, aku dan adik ayah .Kami menuju ke kediaman Bung Karno dengan naik delman.

Tiba di Rumah Bung Karno

Di depan sebuah rumah yang kami tuju, keliatan dua orang, yaitu lelaki dan perempuan. Pertama yang kami ucapkan adalah “Assalammualaikum “ yang dijawab

“wassalammualaikum” lelaki itu tertawa lebar, matanya berseri-seri dan badannya tegap. Perempuan yang berdiri di sampingnya Inggit, istri beliau nampak cantik di kala usia muda dan keliatan lebih berumur dari laki-laki yang tegap itu.

Kami dipersilakan masuk terus ke beranda belakang di mana ruangan ini terbagi dua yaitu ruangan untuk makan dan ruangan untuk tamu. Di sisi sudut kulihat ada sebuah radio. 

Ayah dan Ibu duduk di ruang tamu sedangkan aku duduk di ruang makan bersama Ratna.

Ruang tamu di rumah Bung Karno

Ratna memperlihatkan album yang berisi foto-foto waktu mereka berada di Bandung dan foto-foto Bung Karno dalam pembuangan yang pertama kali di Flores.

Ratna Juami ternyata anak angkat Bung Karno. Anak keponakan dari istrinya, Inggit. 

Di Tawari Biskuit Oleh Bung Karno

Sesekali Bung Karno menawarkan roti biskuit kepada kami. Kuambil dan tidak lupa mengucapkan terima kasih. Saat itu Bung Karno suka tertawa, bukan senyum. Beliau jarang tersenyum. 

Ruang makan yang menghadap ke ruang belakang dan terletak di beranda belakang

Di dalam pertemuan itu aku ditanya dimana aku sekolah. Kemudian aku jelaskan bahwa aku tidak sekolah lagi hanya giat dalam Nasyotul’Aisyah di curup. Kugambarkan kehidupanku di Curup serta kegemaranku terhadap kebun milik famili, memetik buah-buahan.

Dijamin Sekolah Oleh Bung Karno

Kemudian aku ditanya apakah aku bersedia masuk sekolah RK Vakscholl bersama dengan Ratna Juami, anak angkatnya. Di sini aku terbentur syarat-syarat untuk masuk sebab aku hanya tamat HIS kelas 5.

Berfoto bersama di depan rumah Bung Karno, Ibu Fatmawati no 7, no 8 Ratna
Bung Karno menjamin akan mengurus hal itu dan mulai hari itu aku tinggal di rumah Bung Karno. Ayah dan ibu kembali ke Curup untuk mengambil pakaianku yang  tertinggal. Mulai Agustus itu aku tinggal bersama-sama keluarga Bung Karno

Cerita Bersambung….

Nah, sahabat Keluarga Nawra itulah cerita yang bisa dibagikan berdasarkan buku Fatmawati, Catatan Kecil Bersama Bung Karno. Bagaimana awalnya Ibu Fatmawati bertemu denga Bung Karno.

Semoga ulasan ini bisa menambah informasi dan wawasan kamu tentang Ibu Fatmawati yah. Semoga postingan ini juga bermanfaat bagi kalian semua. Salam dari Keluarga Nawra yang saat ini tinggal dan hidup di bumi Fatmawati dilahirkan.

Dari rumah kami menuju ke rumah Bung Karno atau rumah kediaman Ibu Fatmawati tidak terlalu jauh. Letak rumah mereka pun sangat dekat. Jadi jika ingin berwisata sejarah ke rumah keduanya, mudah sekali. Jalan kaki saja bisa !

Yuk, ayoo ajak keluarga berwisata ke Bengkulu  









Thursday, February 21, 2019

/ /
Makanan yang Membuat Tinggi Anak Melebihi Tinggi Orang Tua
Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai, sahabat Keluarga Nawra?

Meski memiliki orang tua pendek, belum tentu anak akan mengalami pertumbuhan yang pendek juga. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk membuat anak tinggi.  Faktor genetik hanya salah satu penentu tinggi anak. Pengalaman saya, anak tetap bisa tumbuh tinggi bila mendapatkan asupan gizi yang tepat, cukup istirahat dan rajin olahraga. Jika dilakukan secara baik,maka anak akan memiliki pertumbuhan yang tinggi, bahkan tinggi anak bisa melebihi tinggi orang tuanya.

Jadi Moms, saya dan suami memiliki tinggi sekitar 160 cm. Termasuk tinggi jika dilihat dari tinggi rata-rata orang Indonesia dan Asia. Sama halnya dengan suami, kami mengalami proses tinggi badan lumayan lama. Itu pun mentok di angka 160 cm. Banyak yang mempengaruhi pertumbuhan tinggi saya dan suami. Salah satunya adalah asupan gizi dan pola minum susu setiap harinya. Anak-anak zaman dulu, sangat susah untuk mendapatkan asupan gizi baik dan seimbang setiap hari apalagi jika harus minum susu, tambah sulit. Kondisi ini sangat berbeda dengan anak-anak zaman sekarang.


Oleh karena itu pertumbuhan tinggi anak zaman sekarang akan lebih baik bahkan berkembang pesat lebih tinggi dibandingkan dengan tinggi kedua orang tuanya. Hal ini juga yang kami alami. Anak pertama kami, yang saat ini baru berusia dua belas tahun. Namun tinggi badannya sudah mencapai 155 cm. Hanya selisih 5 cm saja dibandingkan dengan tinggi kami, kedua orang tuanya.

Mengukur Tinggi Anak Secara Genetik

Faktor genetik yang berperan yaitu tinggi badan ayah dan ibu. Moma, bisa  memperkirakan potensi genetik tinggi anak-anak  melalui rumus ini:

Anak laki-laki= (Tinggi Ibu + 13) + Tinggi Ayah (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm
Anak perempuan = (Tinggi Ayah - 13) + Tinggi Ibu (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm

Namun rumus di atas bukanlah harga mutlak. Meskipun memiliki kedua orang tua yang tidak tinggi. Moms tetap bisa menstimulasi tumbuh tinggi anak. Untuk itu Moms perlu mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi tumbuh tinggi anak. 

Masa Pubertas Mempengaruhi Tumbuh Tinggi Anak

Moms, ini untuk kita ketahui yah, supaya kita juga bisa menstimulasi tinggi anak dengan maksimal. Anak laki-laki akan  mulai memasuki masa pubertas pada usia 10-13 tahun. Akan cenderung mengalami puncak pertumbuhan pada usia 12-16 tahun. Umumnya pada anak laki-laki, pertumbuhan tinggi badan berhenti pada usia 18 tahun .Namun perkembangan otot akan terus berjalan.

Sementara itu, anak perempuan akan mulai memasuki masa pubertas pada usia 8-13 tahun dan mengalami puncak pertumbuhan pada usia 10-14 tahun. Dua tahun setelah pubertas dimulai, anak perempuan akan mencapai puncak pertumbuhan tinggi badannya. Kemudian pertumbuhan tinggi badan berhenti kira-kira pada usia 14-16 tahun. 

Hal ini juga dipengaruhi oleh kapan dimulainya masa pubertas pada anak. Namun perkembangan otot akan terus berjalan.

Tinggi badan anak tentu saja akan terus bertambah, hingga masa pertumbuhan berakhir dengan sendirinya. Antara anak perempuan dan laki-laki, masa berhenti tumbuh tingginya juga berbeda. Pertumbuhan tinggi badan anak akan berhenti ketika lempeng pada tulang panjang menutup sehingga tulang tidak bisa bertambah panjang lagi. Hal ini umumnya terjadi saat anak mulai memasuki usia pubertas. Oleh karena itu, sebelum masa pubertas anak habis. Anak masih bisa mengalami tumbuh tinggi. Meski mempunyai kedua orang atau salah satu orang tua yang pendek.

Selain faktor asupan gizi, ada hal lainnya yang juga mempengaruhi tumbuh tinggi anak pertama kami. Tumbuh tinggi anak yang baik juga dipengaruhi oleh kegiatan fisik atau olahraga dan pola istirahat tidur anak.

Berikut ini adalah pengalaman kami dalam mendorong tumbuh tinggi anak. Hal ini bisa dilakukan mulai dari sekarang ya Moms, sebelum masa pubertas anak berakhir.

Makanan yang Bisa Menambah Tumbuh Tinggi Anak

1. Bayam

Moms. bayam merupakan sayuran super yang dapat membuat Si Kecil kuat dan juga mengandung asupan zat besi dan kalsium. Bayam mengandung banyak nutrisi penting untuk pertumbuhan tinggi badannya.  Vitamin yang banyak terdapat pada bayam yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, dan vitamin E. Sedangkan mineral-mineral utama yang dimiliki bayam adalah magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium. Bayam juga mengandung banyak serat dan antioksidan. Saya sering mengakali supaya anak mau makan Bayam, selain dimasak bening, dibuat kuah santan putih atau kuning, saya juga sering membuat  keripik Bayam, Bakwan Bayam

2. Buah-buahan

Moms, kita tahu bahwa buah merupakan makanan penting bagi Si Kecil untuk tumbuh sehat dan kuat. Untuk tumbuh tinggi anak perlu mnegkonsumsi buah-buahan yang mengandung buah dan sayuran yang kaya vitamin A seperti Melon, Aprikot, Markisa, Jeruk Bali Mangga, pepaya, Cherry, jambu Biji, Semangka, dan lain sebagainya.

3. Gandum

Gandum merupakan makanan efektif yang akan membantu menambah tinggi badan Si Kecil.Sebab, gandum memiliki kandungan vitamin B dan zat besi.

4. Kacang Kedelai

Moms, jika Si Kecil rajin mengonsumsi kacang kedelai dalam bentuk susu ataupun kacang, dapat memungkinkan penambahan tinggi badan. Sebab kacang kedelai memiliki banyak protein, dan dapat memperbaiki pertumbuhan tulang dan otot.

5. Susu

Susu memiliki sumber kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa setiap segelas susu non-sapi setiap hari dikaitkan dengan tinggi badan 0,4 cm lebih rendah daripada rata-rata untuk usia anak-anak. Kita bisa memberikan susu Indomilk kepada anak dua kali sehari. Minum susu pada pagi hari atau malam hari sebelum tidur. Susu Indomilk mengandung banyak kalsium dan zat penting lainnya yang dibutuhkan oleh anak untuk tumbuh tinggi. 


6. Telur

Moms,Protein adalah nutrisi yang memainkan peran penting untuk pertumbuhan tinggi badan Si Kecil. Dalam penelitian Pediatrics menunjukkan, anak-anak yang berusia 6 bulan dapat berkembang lebih cepat bila diberi satu telur setiap hari.Temuan menunjukkan, bayi yang makan satu telur setiap hari memiliki tingkat kerdil atau bertubuh pendek 47% lebih rendah dan pengukuran tinggi badan untuk usia mereka meningkat secara dramatis.

7. Yoghurt

Moms, ada salah satu makanan yang kaya akan  vitamin D dan kalsium, yaitu  yoghurt. Kita bisa memberikan anak aneka camilan atau makanan yang disertai youghrt.

Nah Moms, itulah beberapa makanan yang dapat membuat Si Kecil tumbuh tinggi. Lalu untuk menstimulan tinggi anak kami juga mengajak anak untuk melakukan olahraga secara rutin. Untuk olahraga kami memilihkan renang. Dengan melakukan latihan renang secara rutin sebanyak dua kali sepekan. 

Selain renang, kami juga sering mengajak anak-anak untuk melakukan jogging keliling komplek rumah. Dilakukan dalam keadaan menyenangkan dan bersemangat sehingga anak juga mau melakukannya. Sesekali kami mengajak anak-anak untuk keliling berjalan kaki di taman-taman kota.

Hal terakhir yang kami lakukan terhadap anak-anak adalah mengkondisikan agar anak-anak bisa tidur dan beristirahat dengan tenang. Kami memastikan sebelum tidur, anak-anak memang sudah siap untuk tidur. Mulai dari menyiapkan tempat tidur yang nyaman, menggunakan pernak-oernik tidur yang nyaman, termasuk membuat jadwal tidur yang teratur.

Kami juga memastikan saat tidur anak-anak terhindar dari gangguan tidur. Ketika tidaur kami mengharuskan anak untuk mengganti baju, sebaiknya memang menggunakan baju tidur. Hal ini karena saat bermain, apalagi jika bermain di luar atau sedang berpergian. Ada banyak debu, kotoran dan lain sebagainya yang bisa menempel di pakaian anak. Semua ini bisa saja membuat anak tidak nyaman, sering terbangun saat tidur. Oleh karena itu saat hendak tidur, pastikan anak sudah mengganti baju dan memang bersiap untuk tidur.

Ketika anak tidur, apalagi dalam kondisi pulas. Maka semua otot, syaraf dan tulang serta metabolisme tubuh anak akan bekerja secara maksimal. Pertumbuhan anak bertambah saat anak tertidur dengan nyenyak.

Nah, inilah pengalaman yang biasa kami lakukan untuk mendorong anak tumbuh tinggi,bahkan bisa dipastikan. Anak-anak kami akan bisa tumbuh tinggi melebihi tinggi kami. Para orang tuanya. Jadi Moms, jika kita tidak mempunyai tubuh yang tinggi alias pendek. Tidak perlu kuatir, sebab anak bisa saja tumbuh tinggi melebihi tinggi tubuh kedua orang tuanya.






Powered by Blogger.