Menu

Featured Post

Nokia 6, Smartphone yang akan Mengingatkan Kita Akan Kualitas Nokia

Assalammualaikum.Wr.Wb Apa kabar Sahabat Keluarga Nawra Nokia adalah sebuah nama yang sempat berjaya pada masanya. Kejayaan ini buka...

Thursday, February 7, 2019

/
Assalammualaikum.Wr.Wb

Dear Sahabat Keluarga Nawra

Siapa yang suka makan Tahu. Pasti banyak ya yang suka. Apalagi kalo dibuat gorengan. Kita kenalan dulu ya sama wawasan seputar tahu ini. Nanti baru saya mau share satu resep olahan tahu yang praktis dan kalian pasti suka. Saya jamin itiu !


Tahu adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Tahu berasal dari Tiongkok, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso. Nama "tahu" merupakan serapan dari bahasa Hokkian (tauhu) (Hanzi: 豆腐, hanyu pinyin: doufu), yang secara harfiah berarti "kedelai terfermentasi". Tahu telah dikenal di Tiongkok sejak zaman dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalah Liu An (Hanzi: 劉安) yang merupakan seorang bangsawan, cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang yang mendirikan dinasti Han.

Tahu Sutra

Versi tahu yang dikenal di Jepang adalah tahu sutra (絹漉し豆腐, kinugoshi tōfu). Tahu sutra lebih lunak dan kurang tahan terhadap pengolahan lebih lanjut, sehingga biasanya dikonsumsi mentah. Tahu secara umum dibawa para perantau Cina ke seluruh penjuru dunia sehingga menyebar ke Asia Timur dan Asia Tenggara, lalu juga akhirnya ke seluruh dunia.

Tahu di Indonesia

Tahu telah mengalami indigenisasi di Indonesia sehingga muncul berbagai varian tahu serta panganan berbahan tahu. Tampilan luar tahu ada yang berwarna putih maupun kuning. Karena populernya, tahu menjadi bagian tak terpisahkan tempat makan berbagai tingkat sosial di Indonesia, bersama-sama dengan tempe.

Di Kediri tahu kuning menjadi makanan khas. Tahu ini dikenal sebagai tahu takua. Tempat lain yang juga terasosiasi dengan tahu adalah Sumedang (tahu Sumedang).

Tahu guling, suatu jajanan berbasis tahu dari Surakarta.Tahu masih terkait dengan kembang tahu dan tauhue (juga disebut sebagai "kembang tahu") menurut cara pembuatannya.

Aneka makanan yang melibatkan tahu antara lain tahu bacem, tahu bakso, tahu campur, tahu guling, tahu isi (tahu bunting), perkedel tahu, dan kerupuk tahu, tahu pedes, tahu krispi. Tahu goreng biasanya dihidangkan untuk menemani makanan berkuah cair, seperti mi bakso dan soto; atau batagor. Siomay, salah satu bentuk dimsum, juga menggunakan tahu kukus sebagai komponennya.

sumber merdeka.com
Nah, aku lagi buat nih namanya Tahu Mendoan Keju, lebih khas lagi sebab menggunakan Palmia .
.
Resep Mendoan Tahu Keju

Bahan-bahan

  1. 5 buah Tahu goreng, setelah dicuci bersih , lalu dibelah
  2. Keju siap parut
  3. Terigu secukupnya
  4. Satu butir telur
  5. Air es secukupnya
  6. Minyak goreng
  7. Garam secukupnya
  8. Palmia
Cara Membuat
  1. Siapkan telur lalu dikocok dengan ditambahkan air es.
  2. Celupkan Tahu ke dalam telur, lalu gulingkan di atas tepung terigu. Lakukan 2-3 kali hingga terigu menempel.
  3. Goreng dalam minyak hangat
  4. Angkat dan tiriskan . Setelah dingin oleskan Palmia lalu taburkan keju parut
  5. Siap dihidangkan
Mudah banget ya cara membuatnya, yuk ah dicobain kalo lagi senggang di rumah. Ketimbang beli terus. Masak juga bikin hati senang loh, obat stress juga .

Referensi : Wikipedia

Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.