Menu

Wednesday, August 18, 2021

/

Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar sahabat KeluargaNawra, semoga selalu sehat dan semangat melewati PPKM,PJJ dan menerapkan 5M. Berasa ya sejak pandemi datang, kita jadi banyak menambah singkatan, hehehe.


Nah, kali ini keluarga Nawra akan berbagi cerita masak eh resep dadakan yang nggak sengaja karena satu alasa, bahannya tidak lengkap. Tapi bukan Ummi nomer satu dong kalo nggak bisa mengolah bahan sisa jadi makanan, hehehe.


Biasalah yah, sama kayaknya kalo udah di rumah yah malas lagi ke luar sebab protokol masuk ke rumah dari luar itu yang bikin repot. Meski hanya mampir sebentar ke warung buat beli satu bahan. Jadi malasnya lebih besar dari motivasi ingin masaknya. 


cara bikin pudding roti tawar


Tapi kalo nggak bikin camilan, ya nggak enak juga. Ngapain di rumah aja tapi perut keroncongan. Iyah kan. Harusnya banyak tersedia makanan.


Oke, saya periksa di meja makan ada beberapa lembar roti tawar, dicek bahan lainnya kayak selai, susu, keju atau coklat . Semuanya sudah habis, makan roti tawar saja untuk anak-anak saya bukanlah hal yang menarik. Mereka suka makan roti tawar dan teman-temannya.


Oke lanjut cek gudang sembako, tersedia agar-agar bening. Mikir sebentar dan cek sedian gula pasir serta pewarna makanan. Alhamdulillah masih tersedia dan bisalah kalo buat bikin makanan.


Oke fix, roti tawar sisa ini mau disulap jadi pudding roti tawar aja deh. No debat, namanya pudding roti tawar, karena emang isinya roti dan agar-agar.


Porsi Pantas Laris Manis


Seperti biasa saya penganut mama yang nggak suka makanan bersisa. Jadi , roti tawar saya masukan ke wadah masing-masing. Keluarga Nawra nih ada 5 personil, jadi lima wadah plus bonus satu buat yang masak. Jadi Ummi Nawra boleh dong dua.


cara bikin pudding roti tawar


Setelah dipotong atau disobek-sobek. Roti tawar saya masukan ke dalam wadah mangkok kecil. Ini mangkok saya kumpulin dari souvenir pernikahan. Masih banyak sih stoknya, sering dikeluarkan kalo lagi bikin makanan kayak gini atau makan pempek. Lumayan gak beli mangkok kecil lagi. Rajin-rajin aja datang ke acara kondangan. Kalo masih teman dekat atau saudara, boleh minta dobel souvenirnya loh.


Bahan dan Cara Masak Pudding Roti Tawar


Bahan yang perlu disiapkan untuk satu bungkus agar-agar, biasanya saya pakai takaran gelas aja. Jadi 500-600 cc air putih lalu satu gelas gula, tapi ini tergantung selera yah. Kalo keluarga Nawra, takarannya satu gelas, tapi tidak penuh. Hanya 7/8 saja.


Biasanya saya larutkan dulu semua bahan baru dimasak, untuk menghindari mengumpal. Jadi siapkan wadah, masukan air 600 cc, gula pasir, garam secukupnya, satu bungkus bubuk agar-agar, daun pandan. Lalu diaduk hingga merata.


cara bikin pudding roti tawar


Setelah itu, masak dengan api kecil hingga mendidih. Kalo saya diaduk terus, hingga mendidih. Biar lebih kalis saja. Setelah mendidih, diangkat. Berikan pewarna sesuai selera, mau warna apa. Kebetulan ini adanya warna merah coco pandan, jadi terlihat merah.


Setelah merata warnanya, lalu siramkan ke atas potongan atau irisan roti tawar yang sudah kita masukan ke dalam mangkok tadi. Tuang hingga rata dan habis semua bahannya. 


Setelah dingin, kemudian pudding boleh disimpan ke dalam leari es, biar dapat efek segar dan dinginnya. Boleh juga langsung dimakan sih, tergantung kebutuhan saja. Yang penting pudding sudah keras.


cara bikin pudding roti tawar


Alhamdulillah sudah jadi, gampang kan masaknya. Kalo sudah dibuat kayak begini, sisa roti tawar nggak bakal disia-siakan apalagi terbuang percuma. kalo untuk warna atau kombinasi, bebas aja ya. Sesuai kebutuhan atau selera


Nah, sahabat Nawra, silakan mencoba ya. Mungkin ada kreasi lainnya juga dari sisa roti tawar, boleh berbagi ke kolom komentar ya.


43 comments

idenya menarik banget, bikin camilan buat keluarga dari sisa roti tawar jadi menu favorit keluarga yang terbaru

Reply

Ishh gampil banget ternyata ya Bund
Bahan2nya juga mudah didapat
coba deh, tar aku koordinasi dgn anakku, supaya dia mau ikutan uprek bikin juga

Reply

Ini simpel dan pasti enak, sih. Terima kasih ya udah mengingatkan resep puding roti ini. Bisa langsung eksekusi, nih.

Reply

Kreatif juga Mbak, buat cemilan tdk kehabisan ide jadi keluarga semakin asyik ada moms yg kreatif memasak dan bikin cemilan

Reply

Telaten banget mam, sisa roti tawar disulap jadi puding. Kalau kami pecinta roti, jadi roti tawar biasanya ngga lama beli langsung ludes, hihihi....

Reply

Wah makasih resepnya Mbak..mau coba ah. Kalau aku pernah bikin roti goreng isi. Roti tawar dilipat menyamping setelah dikasih keju, sosis, dan saos. Trus dicelupin ke telur dan terakhir celupin ke tepung roti. Tinggal goreng deh

Reply

Sederhana dan anak suka. Saya jadi ingat ada kalanya anak lanang rikues dibeliin agar-agar tapi sayanya kadang lupa aja kalau pas ke pasar.

Reply

Gampang banget bikinnya ya. Boleh nih buat pengganti makan besar. Kadang aku tu bosen makan nasi, jadi malah nyari karbo dlm bentuk yg lain.

Reply

Roti tawar kalau sama ibuku suka dibuat makanan yang dikukus itu lho, apa sih ya namanya? Tapi aku sendiri karena jarang banget beli roti tawar, nggak pernah bebikinan dari bahan roti tawar, hehehhee.

Reply

Waah..maumau...
Kebiasaan kami selama ini juga mengolah makanan yang uda mepet-mepet expired. Tapi kalau untuk roti, hanya sebatas dijadikan buubr roti atau roti panggang.

Ide bagus banget ini, bisa jadi pudding roti yang segar dinikmati saat siang hari.

Reply

Hm, boleh juga nih Mbak ... di sini juga sesekali tersisa roti tawarnya saja, gak ada bahan lainnya. Bisa dimanfaatkan jadi puding roti tawar ya.

Reply

Saya suka bikin puding roti. Tetapi, belum pernah dikasih pewarna. Biasanya saya campur dengan pisang dan susu

Reply

Boleh juga idenya mbak bikin sisa roti jadi puding. Aku suka kepikiran gitu tapi selalu gak bersisa roti tawarku hihihi. Paling kalau mau bikin puding roti tawar harus niat belinya

Reply

Pas banget ada sisa roti tawar nih, boleh banget dicobain nih besok buat cemilan di akhir pekan sama keluarga

Reply

wah iya menarik idenya mbak
nanti kapan kapan mau aq coba buat di runah
klo aku biasanya dibikin setup roti tawar

Reply

Wah aku belum pernah bikin puding roti kayak gini mba. Tahan berapa lama ya di kulkas? Aku biasanya yg puding roti tawar pakai telur dan susu itu palingan

Reply

wah enak banget ini mbak, aku suka roti tawar dimix macem2 karena ga akan bikin eneg karena akan kemanisan

Reply

anak2 juga suka yg gini.. tapi mereka senengnya kalau pakai puding coklat susu, jd lebih nyess jg rasa rotinya pas dimakan dingin2 :))

Reply

Wah merah merona mba, jadi pengen nyomot satu nih ntar kalau ada sisa roti tawar aku juga mau bikin deh

Reply

Gampang banget cara bikinnya. Bahannya pun murah meriah dan mudah didapat. Ternyata bikin puding susu bisa begini aja ya. Aku biasanya pakek susu dan kawan-kawan, halah ribet makanya suka malas. Ntar dicoba deh, mumpung hari Minggu.

Reply

Wah enak nih roti dibikin puding. Aku kalo biasanya kalo punya roti sisa dibikin piza-pizaan. Aduk ke telor dan panggang di teflon. Tambahin keju sama sosis dan saos tomat. Ana-anakku sukanya yang asin-asin. Tapi nanti boleh-boleh nih dibikin puding ya.

Reply

asyik ini bisa dicoba nanti ya apalagi era anak belajar di rumah aja makin happy deh masak-masak

Reply

Thanks resepnya nih, mbak... mau nyoba kapan2. kemarin ada bikin puding aja, ngga pake roti

Reply

Roti tawar gak pernah bersisa di rumah wkwk. Kalo tempe, nah itu sering sisa. Ada ide nggak mbak buat tempe sisa?

Reply

Penting ini dicatat resepnya, soalnya sering banget roti tawar tersisa dan dibiarkan di dalam kulkas. Ahaai padahal kulkas dan roti tawar kan bukan hubungan yg pas, hihihi.

Reply

sebagai emak kadang kita memang harus kreatif ya, mbak mengolah makanan biar nggak terbuang sia-sia

Reply

Aah enaknya puding roti tawar dimakan sore sore ditemani susu coklat hangat, hhmmm yummi. Mak aku galfok wadah pudingnya kok samaan ya mak kolektor souvenir kondangan hhhhh peace...mak

Reply

Wah, kelihatannya enyaak. Mudah pun bikinnya ya Mi. Kapan-kapan recook ahh :)

Reply

menu ini sering ku eksekusi, enak dan mudah bikinnya

Reply

creative mom, bolehlah bawakan sekali-kali ke kantor gimana mbak, heheh masya allah

Reply

Wah asyiiik... aku juga serg nyisa roti tawar Mbk.. enak bgt kayaknya ini. Mau jg bikin eksperimen.. 💕

Reply

Aku adopsi mbak hehehe aku juga duka stok reoti tawar tapi belum pernah bikin beginian.
.selama ini cuma dipanggang atau di oleh selai kayak gini jadi nambah refrensi nih

Reply

Wadaw, terlihat enak woyyy..
ide yang kreatif banget ini, jadi pengen bikin juga.

Reply

Ini dibuat diatas gunung mantep kali yak, soalnya kan kalo roti yang suka kita bawa mendaki itu kita bawa turun lagi, malah jadi beban,
dan ngebuatnya juga gampang nih

Reply

Ide makmak bener nih pasti...
Hemat ✅
Bisa jadi banyak ✅
Sehat ✅
Enak✅

Reply

Wah salah fokus sama mangkok souvernir nikahan. Hehehe... Punya beberapa di rumah. Biasanya dipake buat tempat sambel aja. Ternyata dijadiin wadah puding gini cantik juga yag

Reply

Nah, kalau gini roti tawar gak nyisa ya karena udah berubah tampilan dan rasa. Makasih idenya Mak.

Reply

Pernah nih buat puding dari roti. Cuma roti coklat. Hehee.. Rotinya dihancurin dulu atau diblender. Rasanya enakkk!

Reply

Saya juga suka banget bebikinan dari sisa roti tawar
Biasanya saya langsung campur susu dan oatmeal buat jadi cookies

Reply

Kreatif. Mengolah sisa makanan menjadi sesuatu yang baru adalah salah satu cara agar keluarga tidak bosan dengan menu yang sama

Reply

Bikin juga ah. Kadang beli roti tawar gak habis kemakan, mana tanggal kadaluarsa cepet banget. Bisa nih tiru idenya. herannya kemarin2 kok ya gak kepikiran bikin puding

Reply

Wahh nice info mbak, adek saya soalnya sering banget makan roti tawar tapi pinggirannya dibuang. Kalau kek gini kan semua bisa dimanfaatkan heheh

Reply

Wah mak rt emang kreatif ya, bisa gunain bahan2 sisa mknan biar gk mubadzir

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.