Menu

Sunday, November 8, 2020

/

 Tips untuk menjaga keamanan data pribadi dan perbankan Anda 

 Assalammualaikum.Wr.Wb

Halo sahabat Keluarga Nawra, semoga selalu sehat ya dan selalu menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Mencuci tangan, menjaga jarak dan selalu menggunakan masker. 


Selama pandemi ini,kejahatan perbankan juga semakin meningkat loh. Jadi kita perlu menjaga keamaan data pribadi dan perbankan yang kita punya.


Tips Jaga Data Perbankan



Yah, meski mungkin ada yang beranggapan bahwa jumlah tabungannya cuma sedikit, lalu kita lalai untuk melakukan keamanan data bank kita. Jadi, berapa pun investasi kita di bank. Mau sedikit apalagi banyak. Tetap kita harus melakukan penjagaan keamanan data pribadi.


Berikut ini adalah beberapa Tips untuk menjaga keamanan data pribadi dan perbankan


1.      Gunakan password yang kuat untuk semua akses perbankan Anda.


Contoh jangan menggunakan tanggal lahir untuk password atau nama Anda sebagai user ID. Ubah password secara berkala. Hayo siapa yang suka pake tanggal lahir, hehehe.

 

2.      Untuk mengakses akun Anda, ketik langsung alamat website di browser.


Jika menerima SMS atau email yang meminta Anda untuk mengklik situs yang tidak jelas, jangan dilakukan. Ini penting banget, sekarang banyak sekali orang-orang yang melakukan duplikasi website loh. Jadi kita bisa salah klik atau masuk ke website loh. Website-nya dibuat sangat mirip, sehingga kita sendiri tidak ngeh dengan hal itu. 


Oleh karena itu, jika kita akses wesbite via handphone atau laptop , kita harus selalu melakukan refresh dan log out setiap sudah melakukan kegiatan perbankan. 

 

3.      Penting untuk membaca notifikasi transaksi  baik melalui email ataupun SMS dan perhatikan detail transaksi Anda secara berkala untuk semua transaksi yang pernah Anda lakukan.


Jika terjadi sanggahan segera laporkan ke  Customer Care bank kita masing-masing. Kita sebaiknya tahu, kenal bahkan hapal dengan nomer Customer Care bank kita. Laporan sanggahan transaksi maksimum 30 hari sejak transaksi dilakukan. 


Oleh karena itu jika kita mendapatkan notifikasi yang bukan transaksi kita sendiri. Segeralah menghubungi Customer Care bank kita , segeralah kita konfirmasi, jika itu bukan transaksi kita. Ini perlu sekali dilakukan dengan cepat agar pihak bank segera bisa mengecek dan memprosesnya. 


Jaga data keamanan bank


4.      Jangan mudah percaya jika menerima konfirmasi melalui telepon, SMS atau WA yang mengatas namakan Bank Kita .


Selalu waspada terhadap upaya penipuan. Model penipuan bank ini sangat bervariasi dan kian hari, mereka juga semakin kreatif sehingga banyak muncul korban-korban baru. 

 

5.      Segera lakukan pengkinian data  dengan menghubungi Maybank Customer Care, jika terjadi perubahan data.


Setiap bank akan mengirimkan informasi dan data perbankan Anda, ke nomor handphone (HP) yang tercatat pada sistem Bank. Jika yang mengirimkan data tersebut bukan dari nomer handphone yang tidak kita kenali. Maka segera konfirmasi ke pihak bank atau abaikan saja informasinya.


Demikianlah 5 tips menjaga keamanan data pribadi dan perbankan. Semoga informasinya bermanfaat ya. Mari kita jaga aset kita di bank dengan waspada dan benar.






6 comments

Iyaya...
Sekarang kemudahan juga disertai dengan ketidakamanan ya, kak..
Tips nya sungguhan harus dilakukan, ini. Penting.
Haturnuhun, kak Milda.

Reply

poin ke 4 itu yaa sering tuh mbak, tau-tau ada sms yang ngaku dari bank apa padahal menipu. Haduh ... ada-ada aja cara orang mengambil untung dengan cara ga halal. Pokoknya jangan gegabah memberikan data rekening ke orang lain.

Reply

wah iya banget, data perbankan ini harus selalu aman deh. Huhu aku nih pernah abai, padahal mbanking di hape. Kirain aman. Ternyata pernah kehilangan juga. Walopun cuma 100rb. Ada yang beli voucher game pake mbankng. Dan aku gak tahu itu siapa. Sejak itu jadi lebih hati-hati deh.

Reply

Setuju banget Mba Milda, jama sekarang kita emang harus hati hati supaya ngga kena hack kayak berita yang sudah sudah.

Reply

Benar2 harus teliti ya. Teliti membaca, teliti mencari tahu.

Reply

Pasword ini kalau susah2 aku kadang lupa tapi kalau mudah duh jadi gampang di bobol ya. Hiks. Kudu dicatat kali ya tapi ga di hp nyatatnya

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.