Menu

Friday, July 12, 2019

/ /
Melepas Anak Masuk Pondok Pesantren
Assalammualaikum. Wr.Wb

Apa kabar sahabat Keluarga Nawra? Hari ini si kakak, harus pulang kembali ke pondok pesantren. Alhamdulillah tidak banyak drama atau pura-pura. Yah, ngak lagi dong. Ini sudah kelas dua, dramanya udah mulai berkurang.

Yang tetap sama adalah barang keperluan dan bawaannya yang banyak. Sebenarnya sih ngak banyak. Namun, ketika pulang liburan sejak tanggal 27 Mei lalu. Si kakak membawa semua barang-barangnya ke rumah. Meski pun dia punya lemari khusus di pondok. Ternyata tidak ada satu pun barang yang dia tinggalkan. Bayangkan saking banyaknya, itu barang dijemput dua kali ama Abah dan si kakak.

Kenapa barang kakak jadi nambah banyak. Padahal ketentuan membawa barang sudah jelas. Semua ada aturannya.

Jadi kemungkinannya begini, selama enam bulan ini, kan si kakak kadang suka minta dibawain baju ini atau barang ini itu. Lalu ketika waktu perizinan (keluar pondok) saat mampir ke rumah. Si kakak, membawa lagi barang-barangnya, seperti baju. Seingat saya, ini benar kejadian. Waktu Abahnya pulang dari Jakarta, dia dibelikan baju gamis. Pas waktu kunjungan baju tersebut kami bawa. Jadi , otomatis barang nambah.

Nah, pas mau masuk ini, tentu saja aturan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Di luar baju sekolah, hanya boleh membawa baju enam stel. Sudah termasuk baju tidur. 

Harta yang paling berharga adalah anak-anak yang shalih (Foto Keluarga Nawra)
Tapi kok masih banyak juga, ini karena dalam tempo waktu sebulan nanti si kakak tidak boleh dikunjungi dan dikirimkan paket. Sama seperti anak baru. Jadi persediannya lebih banyak. Kalo biasanya bisa diberikan atau kami bawa saat waktu kunjungan atau perizinan. Tapi ini tidak bisa, karena aturan masuk ajaran baru ya begitu.

Kami Berangkat Ke Pondok

Mobil kami sedang rewel, jadi hari ini kami berangkat dengan grab. Sedangkan Abah menggunakan sepeda motor. Biar nanti pulang menggunakan motor saja. Waktu berangkat memang banyak barang, kalo pulang sudah kosong.

Kami melewati jalan dua jalur di daerah Wr Supratman atau di Unib Belakang, terus melintasi Desa Sri Katon dan Sri Kuncoro. Jalannnya yang mulus membuat Kanga Athifah dan Dedek Nasya tertidur di kursi belakang. 

Perjalanan ini hanya menghabiskan waktu sekitar dua puluh menit. Dengan kecepatan sedang. Akhirnya kami pun tiba di gerbang asrama putri. Rupanya sudah penuh. Antre mobil masuk cukup panjang. jadinya macet. Kami berangkat dari rumah sekitar jam dua kurang.

Cek Ricek Barang

Jadi, ada yang lucu. Begitu tiba kami langsung antre di bagian cek ricek barang. Tugas ini dilakukan oleh kakak-kakak MA atau jenjang SMA. Mereka ngecek satu persatu, semua barang yang akan dibawa masuk. Ada barang-barang tertentu yang tidak boleh dibawa. Seperti parfum. Biasanya barang yang tidak boleh dibawa itu akan dikembalikan dan dibawa pulang kembali oleh wali murid. Barang kakak, lewat sensor, alhamdulillah.

Habis itu kami duduk santai sambil menunggu Abah datang. Maunya kalo beliau sudah datang, kemudan salah satu dari kami masuk ke dalam pondok untuk mengikuti proses pembagian raport. Abah tadi mengambil titipan camilan duku dari Ayah Zaki, jadi agak lama.

Eh, begitu lama menunggu, ternyata kami belum mengisi absen kedatangan. Jadi ketika ngisi pada bagian jam tiba, maka ditulis jam ketika kami mengisi. Ini, benaran sebuah pengalaman yang tidak asik.

Keluar dari pondok, kami kelaparan (Foto Keuarga Nawra)

Lagipula , meski ini hal yang berulang. namun, perlu juga dibuat alur, bagi yang baru datang. prosesnya bagaimana. Kemana dulu, mengisi data apa dulu dan seterusnya. Nah, ini tidak ada sama sekali. jadi yah, kejadian seperti ini deh. Terlihat juga tidak tertibnya.

Pembagian Raport

Abah datang lumayan lama, tapi tetap berusaha untuk masuk dan menuju ke kelas kakak untuk pembagian raport. Tidak berapa lama, mereka berdua muncul kembali ke hadapan kami. Ternyata  pembagian raport sudah selesai dan wali kelasnya sudah tidak ada lagi. 

Saya pun bertanya kepada beberapa guru yang ada di sekitar ruangan kedatangan. Dengan dibantu oleh ustadzah yang ada. Akhirnya, saya menemui wali kelas kakak di ruang guru. Raport kakak bisa diambil.

Hasilnya tidak mengecewakan, meski belum masuk sepuluh besar, saya tidak kecewa. Sebab fokus kami, untuk si kakak betah dan fokus dulu , ini sudah prestasi yang luar biasa. Tidak mudah membuat anak mandiri, jauh dari orang tua. Termasuk mengenai hapalan, ngaji dan target lainnya yang harus dicapai  santri. Jadi target kami mungkin berbeda dengan keluarga lainnya. 

Saya sempat bertanya kepada wali kelas, apakah rengking dan nilai ini sangat mempengaruhi pada saat pendaftaran untuk masuk ke jenjang selanjutnya.

Menurut wali kelas, biasanya nilai ini menjadi syarat administarsi awal untuk mendaftar ke pondok. Namun selanjutnya tetap akan ada tes, dan tes kemampuan yang lainnya. Terutama yang berkaitan dengan ilmu agama, tajwid adan kemampuan berbahasa. 

Tak berapa lama kakak masuk juga dan menemui wali kelasnya, untuk melihat hasil raportnya. Sama seperti saya, si kakak hanya melihat saja. Saya minta ijin memoto untuk diberikan ke Abahnya. Sedangkan kakak memilih untuk mengembalikan lagi rapotnya supaya tidak hilang. Yah, sebab kata wali kelas, raport boleh dipegang sampai hari senin. Setelah itu harus dikembalikan sebab belum ditanda-tangani oleh pihak pondok. Kebetulan kepala pondoknya sedang berada di luar negeri. 

Menghadapi anak harus sabar dan ikhlas (Foto Keluarga Nawra)
Kami Pulang, Kakak Masuk Pondok Lagi

Usai mengambil raport, kami kembali kumpul lagi di ruang kedatangan tadi. Tadi sewaktu menunggu Abahnya datang, saya sempat membeli minuman dingin, bakso bakar dan rujak. Kami lanjut menghabiskan makanan dan minuman tersebut.

Barang-barang kakak juga mulai diangkat ke asramanya. Satu persatu dibantu oleh Abahnya, sedangkan saya menjaga kedua adik Nawra. 

Saat dua barang terakhir, si kakak bilang , ngak perlu dibantu lagi. Sebab dia bisa mengangkat semuanya. Tapi dia minta dibelikan minuman mineral kemasan gelas dan minuman kopi kesukaannya. Awalnya si Abah menolak membeli minuman tersebutt. Kakak tetap ngotot, sebab botolnya mau digunakan kembali untuk menyimpan deterjen. Satu botol bekas minuman Athifah, satu lagi yang baru ini.

Waktu Kunjungan Habis

Dari pengeras suara, terdengar beberapa pengumuman. Salah satunya memberitahukan batas jam kunjungan yaitu hanya sampai jam 16.20 wib saja. Sebab para santri akan melakukan aktivitas mereka seperti biasa. 

Kami pun berpamitan sama kakak, kedua asiknya juga saling bersalaman, berpelukan. Kepada saya, kakak berpesan minta untuk dikirimkan tabungan. Sebab da butuh uang lebih lantaran tidak dikunjungi dan dikirimin paket selama satu bulan. Padahal itu stok makanan dan snack sudah lumayan banyak. Lalu saya juga memberikan dia uang jajan.

Meski demikian, kakak tetap memelas dan meminta kami untuk mengirimkan dia uang tabungan, agar bisa membeli apa saja yang dia butuhkan. Sebegitu takutnya kakak, kalo kelaparan atau kekurangan uang. Padahal, in sya Allah cukup.

Dan, akhirnya waktu berpisah pun tiba. kami berpamitan, kami pulang beberapa menit sebelum waktu kunjungan habis. Kami pulang dengan menggunakan motor. Tapi Abah tidak membawa helm, jadi kami lewat jalan kelinci saja, supaya tidak nampak oleh polisi.

Doa Terbaik Untuk Anak

Sepanjang perjalanan, saya berdoa banyak dan berulang kali untuk kakak dan kedua adiknya. Saya berharap mereka semua menjadi muslimah yang tangguh, mandiri yang menjaga kehormatan dan kemaluan mereka dengan baik. Selalu mendirikan shalat dan mempunyai suami serta keturunana yang mencintai Allah dan Nabinya. Mencintai islam serta bermanfaat bagi keluarga, bangsa dan agama ini.

Termasuk berdoa agar mereka semua hatinya lembut,sabar ikhlas, sayang kepada kami orang tuanya, bisa menyejukan hati kami, menurut dan mencintai kami sampai kami tiada nanti.

Semangat kakak, doa terbaik untukmu dan adik-adikmu yah, dari kami orang tua kalian.

/ /
Berangkat, 393 Calon Jemaah Haji Kloter 1 Bengkulu
Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar sahabat Keluarga Nawra ? 
Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti, melepas keberangkatan jemaah calon haji kloter 1 Bengkulu yang tergabung dalam kloter 6 padang bertempat di Asrama Embarkasi haji antara Bengkulu, (11/7).

"Kita doakan agar para jamaah menjadi haji yang mabrur, diberikan kesehatan dalam menjalankan ibadah hingga kembali lagi ke tanah air," ucap Nopian.

Dirinya berharap, para jemaah yang berangkat juga mendoakan, agar yang belum menunaikan ibadah haji segera diberikan kesempatan melaksanakan Rukun Islam yang ke 5 ini. 


Jamaah calon haji kloter 1 ini berjumlah 393 orang dengan rincian jamaah dari  kota Bengkulu 292 orang, jamaah Lebong 2 orang,  jamaah Bengkulu Tengah 92 orang,  serta 7 orang petugas yang akan mendampingi jamaah. Sementara total kuota JCH provinsi Bengkulu tahun 2019 sebanyak 1.950 orang. 

JCH kloter 1 Bengkulu diberangkatkan dalam 2 penerbangan  menuju Bandara Internasional Minangkabau Padang. Penerbangan pertama berangkat pukul 15:35 Wib, Sementara penerbangan kedua berangkat pada pukul 16:05 Wib. 

Kemudian dari Bandara Internasional Minangkabau para jemaah akan melanjutkan penerbangan menuju Madinah pada pukul 21:05 Wib dengan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GIA 3305. (Fredy-Media Center, Pemprov Bengkulu)


MEDIA CENTER
Pemprov Bengkulu
Jl. Pembangunan No.1, Padang Harapan, Kota Bengkulu
Twitter @mediacenterBKL
Instagram @mediacenterbkl
Fanpage
Youtube Media Center Pemprov Bengkulu


Friday, July 5, 2019

/ /
Baju Seragam Untuk Keluarga, Jahit atau Beli
Assalammualaikum.Wr.Wb
Apa Kabar Sahabat Keluarga Nawra?

Habis lebaran, biasanya banyak yang nikah. Banyak pasangan atau keluarga membuat baju seragam untuk pergi ke acara kondangan perkawinan. Baik undangan teman, sahabat apalagi kalo undangan keluarga.

Jika ada salah satu anggota keluarga yang menikah, biasanya untuk baju seragam acara pesta perkawinan bahan atau kainnya diberikan. Tapi bisanya jahit sendiri. Untuk model dibebaskan sesuai dengan selera masing-masing.


Nah, kalo kamu dapat senangnya beli baju jadi atau jahit bahan yang dberikan. Sebagian orang lebih menyukai menjahit dan menentukan sendiri model pakaian yang akan dipakai. Namun, sebagaian orang lainnya berpikiran, lebih baik membeli baju jadi. Sebab ongkos jahit baju mahal. Bisa ajdi lebih mahal ongkos jahitnya ketimbang harga kainnya.


Saya pernah mengalami hal ini, ongkos jahitnya bisa beli bahan baru lagi, saking mahalnya. Memang ongkos jahit pakaian itu tidak sama antara satu penjahit dengan penjahit yang lainnya. Antara wilayah juga beda. 

Menurut seorang teman yang tinggal di pulau Jawa. Ongkos jahit di pulau Jawa lebih murah daripada di pulau Sumatra. Memang bisa demikian, sebab di pulau Jawa sudah banyak konveksi dan penjahit. 

Tetapi bagi saya, tetap saja menjahit baju lebih nyaman dengan kenalan sendiri dan lokasinya berdekatan. Jadi jika ada revisi atau perbaikan mudah dan cepat.
Beli atau Jahit Sendiri Seragam Keluarga


Balik lagi soal seragam keluarga tadi. Menurut kamu enak beli atau beli sudah jadi saja. Nah, kalo saya lihat situasi dan kondisi juga. Untuk bahan baju, jika memungkinkan untuk dijahit maka saya lebih memilih pakaian saya dan suami yang dijahit. Sedangkan untuk anak-anak beli yang sudah jadi saja.

Alasannya sangat sederhana, mencari baju untuk ukuran orang dewasa dan dengan model yang sesuai selera itu jauh lebih susah daripada mencari baju untuk anak-anak.


Kecuali memang bahan atau kainnya tidak ada yang sama atau tidak tersedia baju jadinya di pasaran.

Saya Membeli Baju Seragam Untuk Anak  

Jadi waktu bulan Juni yang lalu, keponakan saya dari pihak suami akan melangsungkan pernikahannya di kota Palembang. Jauh-jauh hari kakak ipar sudah mengirimkan bahan untuk saya jahit. Bahan yang dikirimkan hanya cukup untuk saya sendiri, sedangkan ketiga anak saya yang lainnya tidak.

Jadi saya memutuskan untuk bahan baju tersebut saya jahit sesuai dengan selera saya sedangkan untuk anak-anak saya beli.

Jadi saya mencari pakaian yang sama dengan warna yang menajdi warna hits saat acara resepsi nanti. Kami sepakat akan menggunakan warna abu-abu. Dengan bahan brokat.


Untuk Athifah (6 tahun) dan Annasya (3 tahun) saya memilih model stelan celana, sebab mereka berdua sangat aktif dan lincah. Lagipula pas acara akad nikah,mereka akan menggunakan gaun yang sama, termasuk sama juga dengan kakak Nawra (12 Tahun). Gaun dengan lapisan tile dan kembang. Miriplah dengan bajunya Cinderella. Itu anggapan anak-anak.

Kakak Nawra awalnya tidak mau menggunakan gaun seragam tersebut, sebab dia sudah punya selera dan gaya tersendiri. Menurut kakak, bajunya juga mulai sempit. Maklum anak dua SMP ini sedang naik badannya. Berat badannya sudah sampai 43 Kg.

Saya pun membujuk, saya katakan. Ini terakhir kali menggunakan baju ini. Setelah ini, baju akan disimpan. Nanti bisa dipakai oleh Athifah atau Annasya. Kakak Nawra setuju. Jadilah mereka bertiga berseragam.

Acara Akad nikah, btw di foto ini dedek Nasya kemana yah

Saat Resepsi Pernikahan Tiba

Sesua dengan yang saya beli sebelumnya, hari ini Athifah dan Annasya menggunakan stelan celana sedangkan kakak Nawra menggunakan atasa brokat dan rok berbahan songket yang sama seperti saya. Jadi kain songketnya sengaja langsung saya jahit seperti rok, supaya lebih praktis untuk digunakan.

Kesimpulannya kalo saya lebih menyukai membeli baju langsung jadi, ini jika ada. Akan tetapi kalo memang tidak ada, ya terpaksa dijahit saja. 

Untuk kota Bengkulu, harga ongkos jahit mulai dari Rp. 100.000,- hingga jutaan. Dengan banyak pertimbangan. Kalo saya punya tukang jahit langganan sebab beliau bisa menajhit dalam waktu sangat singkat. Pernah beliau menajhit rok saya hanya dalam tempo satu hari saja. Kemudian jahitannya juga rapi dan kuat. Jadi puas dan nyaman juga dipakai. 

Barakallah ya kakak Andi dan Dian, semoga menjadi keluarga yang Samara. Semoga banyak keturunan dan banyak rejeki.  Palembang, 25-26 Juni 2019. Graha IGM 

Thursday, July 4, 2019

/ /
Apa Beda Sate Padang, Makan di Bengkulu dengan Pekanbaru
Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar Sahabat Keluarga Nawra ?

Kelaparan , ini yang terjadi kepada saya dan teman-teman yang mengikuti Bimtek fasilitator Literasi Baca Tulis beberap[a waktu lalu yang dilaksanakan di Pekanbaru. Untuk sebagain orang  yang butuh camilan malam, tentu saja mengikuti kegiatan hingga jam Sembilan malam. Namun tidak ada kudapan malam. Tentu saja akan membuat perut keroncongan.


Jadi malam itu, kami rombongan Bnegkulu berencana untuk makan Sate Padang . kami mencari informasi dengan para satpam dan pelayan hotel. Dimana kira-kira, lokasi penjual Sate Padang yang enak. Bukan hanya bisa melepas rasa lapar, namun juga bisa membangkitkan selera dan gairah, hihihi.

Sebab sebagian kawan ada yang mulai bosan dengan menu hotel, yang jika dilihat dari variasi tentu saja enak dan terbuat dari bahan-bahan pilihan. Namun, namanya selera, tetap saja berbeda.


Ada yang kangen dengan masakan rumah, selera kampong halaman, termasuk kangen dengan rasa pedas. Banyak yang suka makanan bercabe. Salah satunya yang paling gampang adalah makan sate padang.

Jadi….

Kami menuju lokasi dengan menggunakan Grab. Perjalanan hanya sebentar saja, kami tiba di lokasi yang ingin kami kunjungi. Sebelumnya ada beberapa pilihan sih, namun hasil voting kawan-kawan yang berjumlah enam orang. Pilihan jatuh ke kedai sate padang, bundo.


Kami pesan semua dengan rasa sate padang original, sebab ada kuah sate kacang. Selain itu, yang menjadi khas sate Padang  adalah keripik pedas. Duet maut yang bisa membuat mulut membara, saking pedasnya.

Selain itu, kami memesan juga minuman jeruk hangat, sebab hari sudah berlalu dari pukul sepuluh malam. Biar tidak masuk angin dan mendapatkan kehangatan.

Kami mengobrol membicarakan tentang Bimtek dan kegiatan literasi di Bengkulu, serta apa saja yang akan mungkin dilakukan ke depannya. Sepulang dari acara ini, akan melakukan kegiatan apa atau akan melakukan aksi apa nant buat Bengkulu.

Selain itu kami membahas mengenai laporan yang akan kami buat untuk kantor Bahasa Bengkulu, nanti seperti apa. Selebihnya ya bicara hal-hal yang ringan saja.

Pesanan SATE PADANG Datang

Nah, dilihat sekilas, bentuknya sama dengan sate yang pernah saya beli di Jakarta apalagi yang pernah kami makan di Bengkulu, mirip banget. Baik secara penyajian juga sama saja bentuknya. 

Ketika dimakan, di sini mulai terletak bedanya. Sate Padang Bengkulu, lebih enak dan kuahnya lebih mnatap, jika dibandingkan dengan sate Padang di sini. Semua teman-teman yang lainnya juga mengakui hal ini. Tapi untuk obat kangen, ya jadilah makan sate di sini. Namanya juga sedang jalan-jalan ke negeri orang yah. 

Kuahnya itu loh, kalo yang di Bengkulu, khas  banget.  Bumbunya juga terasa sekali di lidah, kemudian kental sekali. Tidak mudah mencair. 


Tapi Alhamdulillah, semua teman-teman termasuk saya juga berusaha menghabiskan porsi masing-masing. Meski ada yang menyisahkan lontongnya , ada juga yang tersisa kuahnya. Kalo dagingnya, semuanya habis. Kami hanya mendapatkan sate ayam saja, sate daging dan lidah, semuanya sudah habis.

Pulang dan Membayar Sate

Perbedaan lainnya yang sangat mencolok mengenai Sate Padang di Pekanbaru dan Bengkulu adalah saat membayarnya. Ternyata harga Sate Padang di Pekanbaru ini lebih mahal. Satu porsi bisa diharga Rp.20.000,-.

Usai membayar, kami semua ngakak dan komen macam-macam. Tapi sekali lagi namanya lagi di tanah orang. Yah, mau gimana lagi.

Ini juga mungkin ditempat lain berbeda, ini hanya di sini saja dan mungkin hanya kebetulan kami yang mengalaminya. Jadi bukan kesimpulan. Yang mau makan sate di sini, ya silakan saja.

Dengan grab kami balik lagi ke Hotel Pangeran, di dalam mobil kami juga ngobrol kembali, bersiap untuk menikuti Bimtek esok hari. Istirahat di kamar masing-masing. Lupakan dulu soal sate Padang. Semoga yang masuk ke badan ini menajdi barokah dan dan gak menimbulkan masalah  esok harinya. 

Tapi ini hanya info yah, keesokan harinya. Hamper semua teman mengeluh masalah pagi hari di kamar mandi, hahaha. Onde Mande… betuah nih sate Padang.

Monday, July 1, 2019

/ /
Wings Air Tetap Beroperasi di Husein Sastranegara Bandung
Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa Kabar Sahabat Keluarga Nawra

BANDUNG – 01 Juli 2019. Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group menyampaikan informasi, bahwa tetap beroperasi di Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat (BDO), melayani jaringan domestik yang sudah berjalan (existing) dan mulai 1 Juli 2019. Wings Air membuka layanan baru berjadwal.

 Rute regular dari Bandung menuju:

·         Jakarta – Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma (HLP)

·         Semarang – Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Jawa Tengah (SRG)

·         Solo – Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo, Jawa Tengah (SOC)

·         Bandar Lampung – Bandar Udara Internasional Radin Inten II, Tanjung Karang, Lampung (TKG)

Layanan baru dari Bandung menuju:

·         Surabaya – Bandar Udara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur (SUB)

·         Yogyakarta – Bandar Udara Internasional Adisutjipto (JOG)

Penambahan layanan baru di kedua kota masing-masing memiliki dua kali penerbangan setiap hari atau empat kali terbang pergi pulang (PP), memperkuat jaringan Wings Air yang saat ini sudah dilayani dari dan menuju Bandung yaitu 10 frekuensi PP. Sehingga secara keseluruhan, Wings Air beroperasi 18 frekuensi PP dari dan menuju Bandung
                                                                    
Sehubungan ekspansi bulan ini, Wings Air mengucapkan terima kasih atas dukungan dan koordinasi dari regulator, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara dan berbagai pihak lainnya dalam mewujudkan kelancaran terselenggaranya layanan baru. Wings Air juga mengapresiasi kerjasama dari kru pesawat, petugas layanan darat (ground handling) yang memperlancar operasional serta terus menjaga kualitas layanan.

Tersedianya jadwal penerbangan yang tepat akan memberikan nilai tambah bagi pebisnis, wisatawan dan masyarakat di Bandung mempunyai kesempatan untuk melanjutkan perjalanan dengan koneksi penerbangan (connecting flight) melalui bandar udara di Jakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Yogyakarta dan Bandar Lampung menuju kota-kota berikutnya bersama Lion Air Group (Lion Air, Wings Air dan Batik Air).

Wings Air menilai, kehadiran layanan penerbangan dari dan menuju Bandung menjadi bagian kesungguhan Wings Air dalam menjembatani antarwilayah, dengan tetap mengutamakan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan. Wings Air akan memberikan nilai lebih kepada travelers, karena waktu tempuh antardestinasi relatif singkat, efektif dan efisien.

Saya waktu akan tebang dengan Wings dari Pekanbaru Menuju Bengkulu, Translit di Padang
Penambahan layanan ke Yogyakarta dan Surabaya memiliki pertimbangan potensi pasar serta diikuti tingginya permintaan travelers yang mengharapkan tersedia alternatif penerbangan langsung, sehingga tercipta interkonektivitas terbaik. Rute tersebut juga menjadi bagian upaya mendukung program pemerintah dalam meningkatkan pengembangan pariwisata nasional, termasuk kunjungan wisatawan serta pemerataan pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Bandung menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan saat mengunjungi kawasan ini dan sekitarnya, seperti MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition) dan pendidikan, juga menawarkan beragam objek wisata popular, antara lain keindahan alam, didukung iklim sejuk dan topografi daerahnya berlatar pegunungan, wisata sejarah, kuliner, petualangan, seni dan budaya.

Untuk menggugah minat traveling, Wings Air akan menambah pengalaman terbang setiap wisatawan dengan sensasi tersendiri menggunakan pesawat turboprop tipe ATR 72-500 atau ATR 72-600. Armada ini berkapasitas 72 kursi kelas ekonomi, paling nyaman dan canggih di kelasnya yang mampu menerbangi rute jarak pendek.

Penerbangan juga semakin berkesan, bisa melihat pemandangan luar yang akan memanjakan mata karena pesawat mampu terbang dengan rendah. Selain itu, interior pesawat didesain modern dan futuristik, sehingga bisa lebih santai saat berada di kabin. Travelers serasa menikmati jet pribadi karena konfigurasi kursi 2-2, dapat bersantai ketika di kabin, bisa bekerja lebih leluasa atau hanya sekadar menikmati pemandangan memukau dari ketinggian, daya tarik bahwa pesawat mampu terbang dengan rendah.

Dalam mempersiapkan perjalanan semakin menyenangkan, travelers dapat memulai rencana penerbangan lebih awal. Wings Air menghadirkan layanan menurut kebutuhan, apabila akan membawa bagasi maka dapat membeli. Sebaliknya, jika bepergian tanpa bagasi, maka tidak perlu membayar bagasi.

Bagi travelers yang akan membawa bagasi bisa membeli voucher bagasi (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan (agent travel), www.lionair.co.id dan kantor penjualan tiket Lion Air Group. Travelers juga bisa membeli dengan harga lebih hemat pada saat dan setelah pembelian tiket (issued ticket), dengan batas waktu maksimum enam jam sebelum keberangkatan.

Ketentuan barang bawaan ke kabin (hand carry), aturan yang berlaku yaitu setiap pelanggan (kecuali bayi), diperbolehkan membawa satu bagasi kabin (cabin baggage) dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi (personal item) seperti tas laptop/ perlengkapan bayi/ bahan membaca/ kamera/ tas jinjing wanita (hand luggage) sesuai ketentuan maksimum ukuran dimensi bagasi kabin.

Thursday, June 27, 2019

/ /
Mumpung Diskon, Liburan Keluar Negeri Bersama Malindo
Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa Kabar Sahabat Keluarga Nawra?

PETALING JAYA – 27 Juni 2019. Sudah ada rencana perjalanan ke destinasi unggulan? atau saat ini mengalami kegalauan setelah liburan? jangan khawatir! Promosi Super Deals Malindo Air dengan menawarkan tarif all-in-one satu kali jalan (one way) yang fantastis hanya mulai dari RM59.

Penawaran spektakular itu berlaku waktu pembelian dari sekarang dan berakhir pada 7 Juli 2019, sedangkan periode penerbangan hingga 26 April 2020.

Jadi, segera wujudkan impian kunjungi jaringan Malindo Air. Harga Super Deals berlaku dari berbagai kota keberangkatan, termasuk dalam promosi ini melalui:

·         Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur-KLIA (KUL) ke Johor Bahru, Penang dan Langkawi mulai dari RM59.

·         Bandar Udara Internasional Sultan Abdul Aziz Shah atau Subang Skypark Selangor, Malaysia (SZB) ke Kuala Terengganu, Penang, Alor Setar, Johor Bahru, Kota Bharu dan Langkawi, tarif mulai RM99 (termasuk kapasitas bagasi 15kg).

·         Kelas Ekonomi berkapasitas bagasi cuma-cuma 15 kg dari KLIA, tujuan:

-     Singapura, mulai RM149.

-     Kochi, Tiruchirappalli, Trivandrum (India), Guangzhou, Hong Kong (Tiongkok) mulai RM299.

-     Varanasi, India mulai RM599.

·         Kelas Bisnis dengan bagasi gratis 40 kg:

-     Dari KLIA ke Kolombo, Srilanka dan Denpasar, Bali mulai RM599.

-     Kota Kinabalu, Malaysia tujuan Tianjin atau Wuhan, Tiongkok mulai RM999.

-     Dari KLIA tujuan Sydney, Brisbane, Melbourne atau Adelaide, Australia mulai RM1,599.


Chief Executive Officer (CEO) Malindo Air, Chandran Rama Muthy mengatakan, “Promosi Super Deals menghadirkan lebih hemat hingga 50% dari tarif dasar, berlaku penerbangan domestik dan internasional. Dengan promo ini, wisatawan bisa segera menentukan berlibur pada akhir pekan panjang, akhir pekan pendek atau mempersiapkan liburan sekolah dan liburan akhir tahun bersama orang-orang tercinta."

“Malindo Air tidak membebankan biaya pemrosesan saat transaksi. Selain itu, fitur ‘Pemesanan Sekarang & Bayar Nanti’ - “Hold Booking & Pay Later” memungkinkan setiap pemesanan tiket ditahan (hold) selama 48 jam. Hal itu bertujuan membantu tarif yang diinginkan wisatawan saat booking lebih terjamin (secure)dan bisa menyelesaikan transaksi hingga waktu tersebut,” jelas Chandran.

Untuk tarif Kelas Ekonomi, Ekonomi Flexi dan Kelas Bisnis dilengkapi  penawaran dan layanan bernilai tambah, seperti bagasi gratis (masing-masing 15kg, 30kg dan 40kg), merasakan perjalanan dengan ruang kaki/ jarak antarkursi (seat pitch) lega, tersedia makanan berat atau makanan ringan gratis ketika penerbangan di atas tiga jam serta menikmati layar hiburan (audio video on demand) yang berlaku pada jenis pesawat, rute dan perubahan operasional. Selain itu, anggota Malindo Miles mendapatkan hingga tiga kali poin dari pemesanan.

Untuk informasi terbaru dan promosi Malindo Air, silahkan kunjungi Twitter https://twitter.com/malindoair , Facebook https://facebook.com/MalindoAirMalaysia  atau Instagram https://instagram.com/malindoair .

Sebagai informasi, Malindo Air adalah maskapai Malaysia yang terhubung langsung di KLIA dan KL Subang Skypark di Selangor, Malaysia. Maskapai ini mulai terbang pada Maret 2013 dengan penerbangan domestik. Ekspansi rute telah berkembang ke semua airport utama di Malaysia serta melintasi benua Asia dan Australia.

 Malindo Air mengoperasikan 13 ATR 72-600 dan 29 Boeing 737 generasi modern, lebih dari 1.300 penerbangan setiap minggu di seluruh 55 rute yang terus berkembang.

Malindo Air bekerja sama (code share) Turkish Airlines, Lion Air, Batik Air, serta mitra interlining ke Xiamen Air, All Nippon Airways (ANA), Qatar Airways, Etihad Airways dan Oman Air.

Sepanjang operasional, Malindo Air telah memenangkan Airline Passenger Experience Association (APEX) 2019 dan “The Exquisite Pic Award” oleh Best International Flight Ad of “The Exquisite Pic Award” by Thomas Edison Advertisement (TEA) Awards. Sebelumnya, memperoleh penghargaan Airline Passenger Experience Association (APEX) 2018 Four Star Major Regional Airline Recognition dan Malaysia Best Employer Brand Awards 2018, CAPA’s 2016 Asia Pacific Regional Airline of the Year, New Comer of the Year, Australia 2016/17 by Expedia.com., TOP Recognition - Malaysia SME® Preferred Airline Partner, Airline of the Year (Passenger) at the KLIA Awards 2014 and Top Performing Airline 2015 by Travelport.




Monday, June 17, 2019

/ /
Bisakah Mencuci Pakaian Dalam Dengan Mesin Cuci?
Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar Sahabat Keluarga Nawra

Harga mesin cuci Polytron terbaru tidak terlalu mahal bagi Anda yang ingin memiliki mesin cuci berkualitas baik namun dengan kualitas yang terjangkau. Mesin cuci menjadi salah satu perangkat penting di dalam rumah yang sangat membantu pekerjaan mencuci pakaian sehari-hari. 

Mencuci dengan menggunakan mesin cuci lebih menghemat waktu dan tenaga daripada mencuci secara manual. Berbagai jenis pakaian pun bisa dicuci menggunakan mesin cuci. Termasuk pakaian dalam. 


Mencuci Pakaian Dalam Dengan Mesin Cuci

Daripada pakaian dalam kotor Anda menumpuk karena Anda tidak memiliki waktu luang untuk mencuci secara manual, Anda bisa memilih untuk mencucinya di mesin cuci dengan mengikuti tips dan trik berikut ini.

Baca label perawatan pakaian terlebih dahulu

Sama seperti mencuci jenis pakaian yang lainnya, Anda juga butuh memperhatikan cara perawatan pakaian dalam dengan membaca label yang ada. Kalau boleh dicuci dengan mesin cuci, berarti tidak masalah. Tapi kalau ada larangan dicuci menggunakan mesin cuci, Anda sebaiknya mematuhi larangan tersebut daripada pakaian dalam Anda rusak dan harus beli baru. Meskipun tidak semahal harga mesin cuci Polytron terbaru, tapi kan tetap saja sayang.

Baca Juga : Handphone keren Nokia 6 yang Wajib Kamu Beli

Bersihkan noda terlebih dulu sebelum masuk mesin cuci

Pakaian dalam juga tidak luput dengan noda. Sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci, Anda sebaiknya membersihkan noda tersebut terlebih dulu. Mesin cuci belum tentu memiliki kemampuan yang ampuh untuk menghilangkan noda sampai tidak berbekas. Jadi daripada nodanya tidak hilang atau malah mengotori pakaian yang lain, Anda sebaiknya membersihkannya terlebih dulu. 


Cuci celana dalam dengan kondisi terbalik atau masukkan dalam kantong khusus

Ketika memasukkan celana dalam ke tabung mesin cuci untuk dicuci, Anda sebaiknya membalik celana dalam terlebih dulu sehingga bagian dalamnya ada di luar. Atau Anda juga bisa memasukkan pakaian dalam Anda ke dalam kantong khusus yang banyak dijual secara online untuk melindungi pakaian dalam Anda dari kerusakan.

Pisahkan mencuci pakaian dalam dengan pakaian yang lain

Mencuci pakaian dalam sebaiknya tidak dicampur dengan jenis pakaian yang lain. Hal ini dikarenakan pakaian dalam Anda berisiko lebih besar mengalami kerusakan ketika dicampur bersama dengan jenis pakaian yang lain.

Atur mesin cuci sesuai dengan kebutuhan

Beberapa mesin cuci dilengkapi fitur untuk mencuci beberapa jenis pakaian tertentu. Anda bisa memanfaatkan fitur tersebut yang sesuai digunakan untuk mencuci pakaian dalam. Ketika Anda membayar harga mesin cuci Polytron terbaru, Anda juga akan mendapatkan buku panduan penggunaan. Nah, Anda bisa mendapatkan info soal pemanfaatan fitur-fitur pada mesin cuci di buku panduan tersebut.

Pilih deterjen yang lembut

Pakaian dalam termasuk dalam pakaian yang halus yang butuh perawatan khusus. Oleh karena itu, Anda perlu memilih deterjen yang lembut sehingga tidak menyebabkan iritasi pada kulit ketika dipakai.


Nah, itulah enam tips mencuci pakaian dalam dengan mesin cuci. Anda bisa menerapkan tips tersebut untuk mencuci tumpukan pakaian dalam kotor milik Anda. Daripada harus beli lagi karena persediaan pakaian dalam di lemari sudah habis, lebih baik Anda mencucinya dengan mesin cuci. Dengan catatan, tahu tips dan triknya.

Namun yang tidak kalah penting, Anda harus memiliki mesin cucinya terlebih dulu. Kalau belum punya mesin cuci, Anda bisa membeli mesin cuci secara online melalui situs belanja online Bukalapak. Ada banyak jenis mesin cuci dari berbagai merk dengan berbagai rentang harga. Ada yang mahal ada pula yang terjangkau seperti harga mesin cuci Polytron terbaru. Tunggu apalagi, ayo segera beli mesin cuci di Bukalapak. Banyak promo menarik yang menunggu Anda yang belanja di Bukalapak.

Saturday, June 1, 2019

/ /
Rumah Fatmawati Digagas Menjadi Kawasan Pusaka Merajut Nusantara
Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar Sahabat Keluarga Nawra?

Hari Lahir Pancasila merupakan momentum besar yang selalu dikenang, 1 Juni 1945 konsep dan rumusan awal "Pancasila" pertama kali dikemukakan oleh Presiden Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka. 

Dalam kesempatan ini, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyampaikan Bengkulu memiliki nilai historis yang kuat dalam mendukung langkah kemerdekaan Republik Indonesia, Dimana ibu Fatmawati sebagai ibu negara pertama Republik Indonesia menjahit sangsaka merah putih. 

"Kita akan menggagas kawasan rumah Ibu Fatmawati, yang terletak di pusat kota menjadi kawasan pusaka merajut nusantara, mulai dari masjid, rumah adat Bengkulu, rumah Ibu Fat hingga rumah persinggahan Bung Karno. Hal itu, agar nilai historis sejarah bisa betul-betul melekat dalam memori seluruh anak bangsa,” ujar Rohidin saat menghadiri acara Kenduri dan Peresmian Yayasan Pusaka Merajut Nusantara (Y-PMN) di Rumah peninggalan keluarga Fatmawati anggut atas, Sabtu(1/6).



Lanjutnya, ia juga menyambut baik gagasan secara akademik Universitas Bengkulu (UNIB) untuk memposisikan fakultas hukumnya menjadi program studi hukum Pancasila. Hal ini sangat bagus dan bertepatan dengan momen hari lahirnya Pancasila ini. 

“Membangun daerah memang membutuhkan dukungan bersama termasuk dari akademisi, dalam mengembangkan nilai sejarah dan budaya sehingga kekhasan daerah muncul secara nasional. Selain itu, komunikasi produktif tentang potensi daerah yang telah diidentifikasi layak ikut diangkat secara nasional, antaralain Merah Putih yang dijahit oleh Ibu Fatmawati, potensi Gheothermal untuk ketahanan energi nasional, kopi bengkulu dan potensi Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu,” jelasnya 

Sementara itu, Pendiri Yayasan PMN Ahmad Kanedi menjelaskan, kegiatan peringatan hari lahir pancasila kita buat berbeda dari yang lain, dengan melakukan kenduri sekaligus doa di rumah pahlawan nasional Ibu Fatmawati. Menurutnya, meski dilaksanakan secara sederhana, namun bernuansa sakral. 

“Di sini kita ingin memaknai hari lahirnya Pancasila, Bengkulu sebagai pusat kajian Pancasila yang satu-satunya di Indonesia yaitu di UNIB dan kita akan mulai komunikasikan. Bahkan jika perlu di UNIB kita dukung ada program Doktor Pasca Sarjana khusus hukum Pancasila,” katanya



Kanedi juga berharap, dengan hadirnya Y PMN sebagai organisasi pererat kebangsaan, dapat memulai langkah-langkah dalam rangka mendukung dan mensukseskan program pemerintah daerah, yaitu wonderful Bengkulu 2020 dengan  segala pernak pernik yang berhubungan dengan kota pusaka.

“Langkah ini mempertebal nilai-nilai semangat kebangsaan dan membangun suatu sikap optimisme dalam bidang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), semua berawal dari Bengkulu,” tutupnya

Ayoo, sahabat keluarga NAwra, main ke Bengkulu yuuk!!

Friday, May 31, 2019

/ /
Anak Gatal di Malam Hari, Apakah Ia Kena Scabies
Assalammualikum.Wr.Wb

Apa Kabar Sahabat Keluarga Nawra

Sore itu kami tiba di rumah sekitar jam empat. Dari menjemput kakak Nawra di Pondok Pesantren. Barang bawaan kakak lumayan banyak, sepertinya ia membawa semua isi lemarinya di asrama. Usai beres-beres, kami pun ngobrol di ruang keluarga. Bertanya banyak hal kepada si kakak, tentang kehidupannya di pondok . Saat ngobrol itu, tangan kakak ngak berhenti mengaruk setiap bagian tangan dan kakinya yang gatal. Seketika saya memerikasa bagian tubuh yang digaruk tersebut. Ternyata sudah penuh dengan bercak-bercak, bahkan ada yang lecet. Melihat gejalanya, saya kuatir si kakak terkena Scabies.

Saya pun segera membuka referensi dan buku-buku kesehatan yang saya miliki. Mencari informasi mengenai gatal-gatal yang dialami kakak Nawra.

Untuk solusi pertama, saya berikan ia salep gatal. Hanya beberapa saat saja kakak bertahan tidak menggaruk, selebihnya kembali asik menggaruk kembali.

Tak, berapa lama suara adzan berkumandang, kami pun berbuka puasa terlebih dahulu
Scabies, Gatal Asik di Malam Hari

Usai taraweh saya kembali mengecek kakak,ternyata ia masih juga asik mengaruk-garuk. Duh, sya jadi kasihan juga. Pasti rasanya sangat tidak nyaman. Saya katakana kepada suami, bahwa besok pagi, Nawr akan saya bawa berobat . Sepertinya tidak cukup hanya dioleskan atau diobati dengan salep saja. Harus minum obat juga dari dalam.

bagian yang paling gatal itu kaki atau tangan
Berobat ke medis juga bagian dari membuat , menambah keyakinan . Penyakit apa yang sedang kakak alami sehingga bisa mencari solusi pengobatan yang tepat. Ini menjadi penting agar bisa meminimaisir akibat. Apakah benar, ia mengalami Scabies.

Kami tiba di klinik jam sepuluh pagi, setelah mendaftar langsung diberikan tindakan. Tidak perlu antre. Dari Tanya jawab dan pemeriksaan dokter. Jadi, iya si kakak terkena Scabies.
Kenalan Dulu Dengan Scabies

Pengertian Scabies

Kudis atau scabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi tungau Sarcoptes scabiei. Pada scabies, tungau bereproduksi pada permukaan kulit lalu masuk ke dalam kulit untuk bertelur sehingga menyebabkan gatal.

Gejala yang sering ditemukan pada penderita Scabies

Gejala scabies yang paling umum adalah rasa gatal terutama pada malam hari, sebab tungau tersebut menaruh telurnya ke dalam kulit. Gatal sering dirasakan di sela-sela jari, ketiak, selangkangan, dan daerah lipatan lain. Selain gatal, dapat juga ditemukan ruam dan jejak seperti galian yang tipis dan tidak teratur, atau ditemukan benjolan seperti jerawat kecil dan kerak yang berwarna keabu-abuan.

Penyebab dan Faktor Risiko Kudis

Penyebab scabies adalah S.scabiei yang menginvasi kulit. Tungau ini biasanya terdapat di sprei, gorden, bantal, atau pakaian orang yang terinfeksi. Individu yang paling sering terkena penyakit ini adalah mereka yang hidup berkelompok, contohnya anak pesantren, narapidana, atau keluarga. Faktor risiko lainnya adalah individu dengan daya tahan tubuh lemah, penggunaan steroid, atau sedang menjalani kemoterapi.

Penanganan Scabies

Oleh dokter, kakak Nawra diberikan beberapa obat oral yang diminum smpai tiga hari ke depan. Dengan setengah dosisorang dewasa. Sebab usia kakak baru 12 tahun. Saya melihat dosis obatnya ada yang hanya setengah kaplet ada juga yang satu. Sedangkan obat salep yang sebelumnya sudah dipergunakan. Tetap dipergunakan sampai habis.

Setelah tahu penyakit yang dialami Nawra, sudah ikhtiar minum obat. Maka ada kegiatan lainnya yang harus juga kakak lakukan agar cepat sembuh dan tidak menyebar ke bagian tubuh yang lainnya. 

Semoga dengan masa liburan yang cukup lama ini. Bisa mengobati  penyakit Scabies ini sampai sembuh.

1.    Jaga kebersihan.
Hal ini dimulai dengan diri sendiri, rajin mandi, membersihkan diri, menganti pakaian yang kotor atau lembab.
2.    Hindari kontak dengan orang yang terinfeksi.
Bagi anggota keluarga yang lainnya, bisa menjaga diri  tidak tertular dengan minum obat seperti yang diminum oleh penderita. Selain itu perlu juga menjaga kontak dengan penderita. Oleh karena itu, kakak memang terpaksa tidur sendiri dulu.
3.    Rendam pakaian, seprai, gorden, boneka dalam air panas sebelum dicuci.

Pakaian kakak dan barang-barangnya yang dibawa dari pondok semuanya berguyur saya cuci dan rendam dengan detergent terbaik. Hal ini untuk membuat tunggau yang tertinggal mati.

Sabar ya kak, nanti in sya Allah sembuh. Kita obati dulu :)

Memang tidak bisa dihindari, di pondok kakak bergaul dan melakukan banyak hal bersama. Sangat sulit untuk tidak tertular penyakit ini. Oleh karena itu, selain melakukan ikhtiar di atas. Tentu saja nanti, ketika balik lagi ke pondok kakak akan membawa obat-obatan juga. Agar bisa sembuh total dan untuk berjaga-jaga , jika terkena lagi. 

Friday, May 24, 2019

/ /
Batik Air Terbang Langsung Jakarta ke Negara Bagian Malaysia
Assalammualaikum.Wr.Wb
 
TANGERANG – 24 Mei 2019. Pulau Pinang atau yang lebih tersohor Penang adalah salah satu Negara Bagian Malaysia. Konon, karena kekayaan alam melimpah telah menjadikan Penang sebagai salah satu tempat wisata paling hits di Negeri Jiran. Penang akhirnya menonjolkan beragam budaya unik dan menarik. Travelers bisa menjelajahi spot instagramable antara lain, Georgetown - ibukota yang dinobatkan bagian warisan UNESCO, zona situs sejarah di pusat kota, Kuil Kek Lok Si, Tropical Spice Gardens, Penang Botanic Gardens dan sebagainya. 

 
Bagi sophaholic, Penang merupakan sensasi pengalaman berbelanja, seperti di pasar loak, pasar malam dan pusat perbelanjaan modern. Untuk mengunjungi wisata belanja, travelers bisa menggunakan pilihan transportasi publik seperti Bus Penang Hop-On Hop-Off. Keunggulannya, ini cara baru liburan lebih efisien. Bagi pecinta foto dapat singgah ke Penang 3D Trick Art Museum guna mempelajari kehidupan penduduk lokal, Dark Mansion Museum membawa ke dimensi baru atau Penang Bridge, jembatan terpanjang di Malaysia untuk wilayah Sebrang Prai dan Bayan Lepas.

Untuk wisata kuliner paling terkenal yaitu nasi ulam khas Melayu yang disajikan dengan rempah-rempah, parutan ikan goring, daun jambu muda, irisan bawang, daun kaduk dan tumbukan kelapa panggang, dan parutan ikan goreng. Selain itu, cicipi Penang Asam Laksa, onde-onde Penang, Chi Cong Fun (menyerupai kwetiau), Pulut Tai Tai (ketan) dan lainnya.

Penang memiliki sejumlah tempat menarik sayang jika dilewatkan begitu saja. Sudah bersiap dengan rencana perjalanan? Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group efektif 29 Mei 2019 akan meluncurkan rute perdana internasional langsung dari Soekarno-Hatta, Tangerang ke Penang.

Dalam menawarkan perjalanan terbaik kepada travelers sesuai kategori premium service airlines, Batik Air akan mengoperasikan Boeing 737-800NG yang berkapasitas 12 kursi kelas bisnis dan 150 kelas ekonomi. Pesawat mempunyai fitur hiburan penerbangan inflight entertainment (audio video on demand) di setiap kursi. Sehingga travelers bisa memanjakan diri selama perjalanan.

Keseriusan Batik Air ialah menyediakan pelayanan terbaik dan menambahkan kenyamanan tamu saat berada di pesawat (in-flight services) dengan upaya memperkuat pengalaman terbang bagi setiap tamu di kelas premium services berkonsep pre-flight, in-flight serta post-flight.

Chief Executive Officer (CEO) Batik Air, Capt. Achmad Luthfie menyatakan, “Batik Air dengan bangga memperkenalkan destinasi baru untuk petualangan seru, yang diterbangi langsung pergi pulang (PP) satu kali setiap hari di rute internasional Jakarta dan Penang. Kedua jaringan diharapkan mampu mewujudkan impian turis milenial dan pebisnis menuju tempat menakjbukan di era kekinian (millennials traveling).

“Batik Air mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada regulator, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara, seluruh kru, karyawan serta semua pihak yang sudah mempersiapkan secara tepat dan baik Pembukaan rute jaringan internasional ini sebagai wujud ekspansi bisnis dan komitmen Batik Air guna memberikan layanan terbaik kepada travelers. Selain itu, diproyeksikan bisa mendukung peningkatan lalu lintas bisnis dan pariwisata antarnegara melalui kemudahan akses moda transportasi udara. Batik Air optimis bahwa penerbangan bisa membantu menggeliatkan program perekonomian dan tingkat kunjungan wisatawan asing ke Indonesia. Batik Air menilai, kehadiran rute baru semakin melengkapi mobilitas dalam bepergian,” papar Capt. Luthfie.

Rute perdana, Batik Air dimulai dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK)  bernomor ID-7161. Pesawat lepas landas pukul 07.00 Waktu Indonesia Barat (GMT+ 07) dan dijadwalkan tiba pukul 10.15 waktu setempat (Malaysia Time, GMT+ 08) di Bandar Udara Internasional Penang. Untuk penerbangan kembali, Batik Air memiliki waktu keberangkatan dari Penang pada 11.00 waktu setempat nomor ID-7160 dan diperkirakan tiba pukul 12.15 WIB di Soekarno-Hatta.

Lebih lanjut Capt. Luthfie, “Penang menjadi destinasi baru akan menjawab permintaan pasar perjalanan udara yang tinggi. Travelers asal Penang dan sekitar yang mempunyai rencana menjelajahi lebih luas lagi kota-kota favorit yang dilayani oleh Batik Air semakin mudah. Batik Air menghadirkan koneksi perjalanan melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Begitu juga sebaliknya wisatawan ataupun pebisnis dari berbagai kota di tanah air dapat singgah terlebih dahulu di Soekarno-Hatta, kemudian melanjutkan penerbangan menuju Penang.”

Kemudahan konektivitas yang terhubung dari Penang ke Indonesia antara lain ke Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Batam, Jambi, Palembang, Lubuk Linggau, Tanjung Pandan, Lampung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Lombok, Kupang, Pontianak, Banjarmasin, Makassar, Kendari, Palu, Manado, Gorontalo, Ambon, Ternate, Sorong, Manokwari, Jayapura, Merauke. Untuk destinasi luar negeri meliputi Singapura, Kuala Lumpur, Chennai, Perth.”

Chief Executive Officer (CEO) Malaysia Airport Holding Berhard, Raja Azmi Raja Nazuddin, mengatakan “Penerbangan rute baru Batik Air akan menguntungkan kedua negara dengan baik. Kami senang melihat Bandar Udara Internasional Penang dapat menarik satu lagi maskapai sehingga memperkuat konektivitas regional. Tujuan kami ialah menciptakan nilai lebih besar bagi Malaysia yang beroperasi dari bandar udara lain selain Kuala Lumpur (KLIA). Dari Januari hingga April 2019, Bandar Udara Internasional Penang mencatat 1,2 juta pergerakan lalu lintas penumpang internasional, pertumbuhan 10,4% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Batik Air adalah maskapai ketiga yang menawarkan rute Jakarta - Penang. Ini akan memberikan lebih banyak pilihan bagi pelancong bisnis dan wisatawan, tetapi juga wisatawan medis yang Penang dikenal sebagai pusat pariwisata medis."

Batik Air akan terus mengembangkan konsep full-service seiring memperkuat jaringan domestik dan internasional dengan tetap mengedepankan faktor keselamtan dan keamanan (safety first). Hingga kini Batik Air melayani lebih dari 45 destinasi domestik dan internasional ke Singapura; Chennai, India; Perth, Australia serta Guilin dan Kunming di Tiongkok, frekuensi penerbangan mencapai lebih dari 350 perhari.

Saat ini, Batik Air mencatatkan rata-rata OTP 92.63% dengan kekuatan armada yang dioperasikan terdiri dari 43 Airbus 320-200CEO (12 kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi), enam Boeing 737-900ER (12 kelas bisnis dan 168 kelas ekonomi) serta delapan Boeing 737-800NG (12 kelas bisnis dan 150 kelas ekonomi).
Powered by Blogger.