Menu

Tuesday, September 10, 2019

/

Assalammualaikum Wr.Wb

Minggu depan, punya agenda keluarga apa? Kalo belum ada, gimana kalo nonton saja. Kebetulan akan tayang FILM HAYYA, pada tanggal 19 September 2019 ini. Film ini cocok banget ditonton sama keluarga muslim. Sarat dengan inspirasi dan nilai kebaikan.


Menurut Asma Nadia, Ada banyak inspirasi dari film Hayya. Tidak hanya menampilkan nilai-nilai kemanusiaan dan semangat kepedulian, film ini dikatakannya juga memberikan nilai edukasi dan mengangkat soal parenting. "Jadi ada tiga kata besar dari film ini yaitu love, life, and humanity," ujarnya.

Kita Bahas ya..

1. Love
2. Life
3. Humanity


Eh, belum bisa kita bahas secara detil yah, mengira-mengira sih kayaknya, kita baca dulu sinopsis filmnya telebih dahulu. Biar dapat gambarannya.

Sinopsis Film Hayya

Dihantui perasaan bersalah dan dosan masa lalu, Rahmat (32th) seorang jurnalis yang sedang belajar memahami arti tentang cinta dan keimanan, merasa perlu melakukan hal yang berbeda dalam proses hijrahnya.  Rahmat akhirnya memutuskan menjadi jurnalis lepas dan relawan kemanusiaan di berbagai wilayah Indonesia yang terkena bencana. 

Menyadari bahwa kemanusiaan tak pernah mengenal batas batas agama atau negara, Rahmat ditemani Adin (30th) memutuskan untuk menjadi relawan kemanusiaan di wilayah perbatasan Palestina.


Saat bertugas menjadi relawan kemanusiaan dan jurnalis di daerah tersebut, ia bertemu sosok Hayya(5th) gadis lugu yatim piatu korban konflik di Palestina. Hubungan Hayya dan Rahmat menjadi sangat dekat, hingga suatu hari Rahmat pun harus kembali ke Indonesia karena hendak menikah dengan Yasna(27th).

Hayya yang tidak ingin kehilangan Rahmat melakukan aksi nekad diluar dugaan. Hubungan Rahmat, Hayya dan Yasna tiba-tiba berubah menjadi kompleks, lucu dan menegangkan.

Inspirasi Dari Film Hayya

"Ini adalah film yang akan didedikasikan untuk para relawan seluruh dunia yang tanpa pamrih berjibaku untuk kemanusiaan," papar Helvi sebagai salah satu produser.

Film ini sama seperti yang terdahulu, Warna Pictures akan mendedikasikan keuntungannya untuk kemanusiaan.

Film bergenre drama yang dikemas dalam nuansa Islami berjudul Hayya. Film yang digarap oleh rumah produksi Warna Pictures ini diarahkan oleh sineas Jastis Arimba yang menjadi sutradara sekaligus produser.


Film Hayya mengusung tema tentang kemanusiaan, kemerdekaan, dan kerelawanan. Ia mengatakan isu Palestina diangkat di film ini karena dalam sejarahnya Palestina merupakan bangsa pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

Selain itu, Palestina juga merupakan rumah bagi Baitul Maqdis dan Al Aqsa yang menjadi kiblat pertama umat Islam. 

"Ini salah satu upaya kita menolak lupa bahwa saat kita membutuhkan dukungan, bangsa Palestina berdiri untuk Indonesia. Mudah-mudahan lewat film ini kita bisa mengajak masyarakat Indonesia bersatu untuk Palestina," kata Asma.

Film ini juga menampilkan scene terkait kemerdekaan RI yang jatuh pada 17 Agustus. Selain itu, menurutnya film ini juga mengangkat hal-hal lain seperti simbol kemandirian. Anak-anak muda berdiri di kaki sendiri dan mencoba berbuat menjadi generasi yang berkontribusi terhadap kebaikan.

Nah, cukup jelas ya, apa yang dimaksud dengan inspirasi love, life dan humanity yang akan kita dapatkan saat menonton film Hayya ini. Film ini sarat dengan makna kebaikan yang cocok sekali ditonton oleh keluarga.

Tonton dulu Video ini yah...



Arti Kata Hayya

Nama Hayya menurut Asma Nadia identik dengan Palestina. Ia mengatakan nama Hayya diciptakan khusus oleh Justis untuk film ini. Dalam bahasa Arab, kata Hayya berarti 'ajakan'. Di film ini, Hayya merupakan sosok anak kecil Palestina yang diperankan oleh aktris cilik pendatang baru, Amna Hasanah Sahab.

Para Pemain Film Hayya

Asma mengatakan film Hayya adalah karya kedua Warna Pictures setelah sebelumnya merilis 212:The Power of Love pada Mei 2018 lalu. Film ini dibuat dari kolaborasi sejumlah produser di antaranya Asma Nadia, Ustaz Erick Yusuf, Imam T Saptono, Oki Setiana Dewi dan suami, serta Helvy Tiana Rosa.

Keluarga besar film Hayya

Ada sejumlah tokoh yang memerankan film ini. Di antaranya Fauzi Baadila, Adhin Abdul Hakim, Meyda Safira, Hamas Syahid, dan Fajar Lubis. Asma Nadia juga ikut berakting dalam film ini. Untuk menarik kaum milenial, Hayya juga menggandeng Youtuber Ria Ricis.
Film Hayya karya rumah produksi Warna Pictures akan mulai tayang di bioskop-bioskop Indonesia pada 19 September 2019 mendatang.



Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.