Menu

Saturday, May 8, 2021

/

Assalammualaikum.Wr.Wb

Halo sahabat Keluarga Nawra, apa kabarnya. Semoga sehat selalu ya semuanya. Tetap waspada dan menjalankan protokol kesehatan dengan tertib.


Kali ini keluarga Nawra mau bercerita mengenai keseruan ikut zoom meeting bersama SMA Pintar Lazuardi, pekan lalu. Dengan para pemateri yang super inspiratif dan tentu saja sangat berpengalaman di bidang pendidikan.


sma lazuardi


Para peserta yang ikutan, jadi berasa sedang ikutan training motivasi mengenai pendidikan , khususnya tentang tumbuh kembang anak. sangat interaktif karena melibatkan peserta zoom dengan aktif .Seru sekali, waktu dua jam berasa hanya sebentar saja. 


Peserta kegiatan ini semuanya adalah orang tua yang memiliki anak usia sekolah yang aktif. Paparan para pemateri membuka wawasan orang tua da menambah pengetahuan mengenai dunia anak, pendidikan anak dan tentunya harapan terhadap anak melalui pendidikan yang mereka dapatkan.


Tentu saja kita ingin mempunyai anak yang sehat, pintar dan bermanfaat, sukses di masa depan, mempunyai iman yang kuat, punya jiwa sosial dan banyak hal postif lainnya yang kita inginkan dari anak.


Salah satu cara untuk bisa mewujudkan itu semua adalah melalui pendidikan formal. Namun, dengan kondisi pandemi yang kemungkinan akan tetap berlanjut di tahun mendatang. 


Tentu saja orang tua akan mengalami kesulitan untuk mewujudkan hal tersebut. Meski metode pendidikan tetap berlangsung secara daring. Mengikuti pembelajaran daring, tentu saja akan berbeda dengan belajar secara tatap muka. Anak tentu saja butuh waktu untuk penyesuaian.


Selain itu, kelas daring juga harus dibuat semenarikdan se interaktif mungkin agar anak bisa tetap belajar seperti biasanya saat tatap muka. 




Nah, pada poin ini. Tidak semua guru, tidak semua sekolah bisa atau mampu melakukan hal ini. Apalagi mengembangkannya menajdi sebuah pembelajaran daring yang menarik. Bahkan ditunggu-tunggu oleh anak.


Adakah sekolah yang sudah mengembangkan metode tersebut? Salah satu sekolah yang mulai mengembangkan dan  mulai fokus dengan belajar online ini adalah SMA Pintar Lazuardi.

 

Mungkin ada sahabat keluarga Nawra yang belum paham mengenai apa itu SMA Pintar Lazuardi. Nah, kali ini saya akan membahas mengenai hal itu. Terutama yang menjadi prinsip pendidikan dari SMA Pintar Lazurdi.


Enam Prinsip Pendidikan SMA Pintar Lazuardi


Dalam paparannya, Kepala SMA Pintar Lazuardi, Ibu Sonya Sinyanyuri mengemukakan prinsip pendidikan di SMA Pintar Lazuardi adalah:


1. Pengembangan Karakter, melalui program Gen Z action dan penanaman nilai-nilai kepedulian (Compassionate Program).

2. Growth Mindset Approach (Pola Pikir Bertumbuh), proses belajar senantiasa mendorong anak-anak para untuk aktif bertanya, praktik langsung, dan berani mencoba dengan dukungan terus menerus dari para Guru agar proses berpikir dapat terus bertumbuh.

3. Siswa memiliki fleksibilitas dalam menentukan waktu belajar, materi yang ingin dipelajari terlebih dahulu, sehingga setiap Siswa memiliki perjalanan proses belajar yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

4. Mengutamakan interaksi yang kuat antar Siswa dan Guru dengan community feedback system dan ruang diskusi yang terintegrasi dalam LMS.

5. Berorientasi masa depan dengan memberikan layanan program pendampingan bimbingan karir dan personalized program.

6. Membekali pengembangan keterampilan Abad 21, yang mencakup 7C : creativity, critical thinking, collaboration, communication, confidence, dan computational thinking.




SMA PINTAR LAZUARDI-BLENDED LEARNING HIGH SCHOOL 


Bapak Setiyo Iswoyo selaku Direktur SMA Pintar Lazuardi menyampaikan bahwa proses belajar di SMA Pintar Lazuardi menggunakan  konsep Blended Learning. Konsep ini mengabungkan metode pembelajaran online dan tatap muka. Pada saat pembelajaran online, para Siswa akan dibantu dengan LMS (Learning Management System) yang diberi nama Pintar (Pedagogycal Intelligence Architecture).


Kegiatan tatap muka akan dilakukan seminggu sekali di sekolah home based. Kegiatan tatap muka difokuskan untuk:

Pengembangan karakter

Pengembangan keterampilan sosial

Perwalian (coaching, mentoring, dan bimbingan karir)

Untuk bimbingan karir juga disediakan program-program pilihan yang mencakup:

- Motion Graphics

- Graphic Design

- Digital Comic

- Photography

- Music Techno

- Public Speaking

- Digital Marketing


Kegiatan praktikum yang tidak dapat dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran online. Untuk para Siswa yang berasal dari wilayah   yang   belum   tersedia  sekolah home based, kegiatan tatap muka akan digantikan dengan program pengayaan dan coaching yang dilakukan secara online.




LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS)


Untuk mendukung kegiatan pembelajaran, dibangun sebuah Learning Management System (LMS), yang diberi nama PINTAR (Pedagogical Intelligence Architecture). Ini tidak sebatas platform belajar online, namun merupakan aplikasi belajar online yang tetap memperhatikan esensi pembelajaran, yaitu keterikatan antara Siswa dengan proses pembelajaran, interaksi antar Siswa dan Guru. 


Dilengkapi juga dengan fitur-fitur yang memungkinkan Siswa belajar mandiri dan terpantau aktivitasnya. 


Aplikasi canggih ini dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Bahkan orang tua juga dilibatkan untuk bersama-sama Guru, memantau dan memberikan dukungan kepada putra-putri tercinta.


Nah, jika orang tua berkeinginan untuk mendaftarkan putra-putrinya, bisa mengunjungi secara online SMA Pintar Lazuardi di link ini https://smapintarlazuardi.id/  atau bisa berkunjung langsung ke sekolahnya


- SMA Lazuardi Global Compassionate School (GCS)-Depok,

- SMA Lazuardi Ideal GCS-Purwakarta,

- Sekolah Lazuardi Kamila GCS-Solo,

- Sekolah Lazuardi Haura GCS-Lampung,

- Sekolah Lazuardi Athaillah GCS-Makassar,

- SMA Hellomotion Tangerang Selatan





27 comments

Aku pernah baca nih tetang SMA Pintar Lazuardi. Konsep blended learning yang menggabungkan metode pembelajaran online dan tatap muka ini memang berdeda dari sekolah yang lain. Sekolah untuk tatap nukanya baru 6 sekolah ya.

Reply

Poin-poin perhatian dari SMA Pintar Lazuardi ini memang hal2 yang dibutuhkan anak2 kita sekarang untuk nanti bisa survive pada masanya. Visioner ya sekolahnya.

Reply

Well noted, mak.
Metode pendidikan dan belajar mengajar yg unik plus seru ya.
Mantab jiwa nih SMA Lazuardi
Keren banget

Reply

dengan prinsip pendidikan di SMA Pintar Lazuardi menjadi daya tarik tersendiri yang memang ga didapatkan di sekolah biasa nih.

Flexible di jam belajar itu loh, apalagi lewat aplikasi canggih ahh anak2 makin tambah suka cara pembelajarannya.

Reply

Program pendidikan yang di ususng Lazuardi begitu futuristik
Mengedepankan proses belajar mengajar berbasis digital tapi juga tetap ada untuk proses belajar mengajar tatap muka
Bisa jadi opsi bagi para orang tua untuk memilihkan pendidikan bagi anak-anak nya

Reply

Dengan adanya program pilihan seperti ini, makin banyak informasi yang diperoleh ya mba. Dan pas buat kondisi sekarang. Misalnya ada public speaking juga

Reply

Wah kayaknya seru banget ya mba SMA nya, dan emang bikin kelas online alive atau menarik juga penting banget biar anak anak ngga bosen belajar walau online

Reply

Lazuardi ini terkenal banget sekolahnya. bermutu dan berkualitas, pantas jadi pilihan orangtua menyekolahkan anaknya

Reply

LMS PINTAR ini tampaknya menarik sekali, ya. Jadi ada kerja sama antara guru, anak, dan orangtua meskipun belajarnya secara daring. Ortu bisa ikut memantau langsung.
Metode blended learning SMA Pintar Lazuardi patut dicontoh :)

Reply

Yup! Semenarik dan seinteraktif mungkin itu masih jadi PR besar untuk para pengajar. Jangankan yang daring. Tatap muka aja masih terasa membosankan. Menurut saya memang sekolah swasta bisa jauh lebih siap dengan konsep ini.

Reply

SMA pintar lazuardi metode pendidikannya blended learning ya, bisa jadi alternatif nih buat ortu yang memilih homeschooling buat anaknya

Reply

Beberapa waktu yang lalu ikut webinar parenting dari SMA Lazuardi juga yang bahas tentang generasi Z. Memang secara kurikulum SMA Lazuardi ini sudah dipersiapkan secara matang untuk belajar daringnya. Blended learning memang lebih fleksibel...

Reply

Wah sekolahnya blended learning ya, menarik ini. Tatap mukanya berapa kali seminggu? Program bimbingan karirnya juga menarik nih, bidang2 yg lagi banyak dibutuhin

Reply

Bagus juga ada blended learning, kan selama ini kita malah cenderung tidak menghargai anak anak yang belajar dari rumah (homeschooling) yaaa

Reply

Bagus ya mba kegiatan bimbingan karirnya lengkap jadi mungkin setelah Lulus SMA PINTAR LAZUARDI sdh punya keahlian.. ini deket rumahku mba kebetulan sekolah nya sering lewat

Reply

Sma lazuardi udah banyak ya cabangnya. Uang pangkal masuk ke sana kisaran brp Mb?

Reply

Keren ya SMA Lazuardi ini. MOdern banget. Anak-anak bakalan suka deh dengan metode pembelajaran yang seperti ini. Kalo dibandingin sama sekolah negeri, aduh jauh banget. Coba sekolah negeri bisa begini. Keren deh outputnya ya :D

Reply

sekarang sekolah haru sbisa mengikuti jaman dengan sistem pendidikan yang baik bakal bikin anak tetap bisa mengerti pelaajaran dan tetap berprestasi. salah satu sma unggulan ini mba

Reply

Bagus yaa...
Kalau ada sekolah yang peduli dengan pengembangan karakter anak. Karena zaman sekarang yang dilihat gak hanya nilai akademik, tapi juga hal-hal yang ada di dalam dirinya.

Reply

Salah satu sekolah yang pengen aku ketahui lebih detil nih infonya..terutama pembiayaannya hehe.. secara anakku tahun depan masuk SMA..

Reply

Sayang kayaknya SMA Lazuardi cabang Bengkulu belum ada ya mba, padahal aku lhat dari tulisan mba Milda sekolah ini bagus

Reply

Menarik banget ya mam. Aku merasa mereka memiliki visi dan misi luar biasa untuk anak-anak. Beruntung di kota kami juga ada sekolah Lazuardi. Semoga dilapangkan rejeki untuk menyekolahkan anak di sana. Aamiin...

Reply

Wah aku baru tahu nih ttg Sekolah pintar Lazuardi ini, ternyata tdk hanya ada di 1 kota saja ya..sayangnya blm ada yg terdekat dr kota kami..

Reply

Luar biasa emang program-program didik yang ditawarkan SMA Lazuardi ini. Sampai ada pelatihan motion graphik juga lho. Kalau zaman sekaranh, skill2 macam itu dibutuhin banget mbak utk dunia komersial

Reply

SMA Lazuardi tersebar di berbagai kota ya Bun
dan sistem pengajaran keren banget sih. jadi rekomendasi nih

Reply

Pasti bagus banget cara pengajar di sekolah lazuardi, karena pandemi jadi semua online

Reply

Sekolah impian ini sih,..bisa maduin konsep offline dan online. Dan program pilihan karirnya keren2 lagi

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.