Menu

Saturday, May 8, 2021

/

Assalammualaikum.Wr.Wb

Halo sahabat Keluarga Nawra, apa kabarnya. Semoga sehat selalu ya semuanya. Tetap waspada dan menjalankan protokol kesehatan dengan tertib.


Kali ini keluarga Nawra mau bercerita mengenai keseruan ikut zoom meeting bersama SMA Pintar Lazuardi, pekan lalu. Dengan para pemateri yang super inspiratif dan tentu saja sangat berpengalaman di bidang pendidikan.


sma lazuardi


Para peserta yang ikutan, jadi berasa sedang ikutan training motivasi mengenai pendidikan , khususnya tentang tumbuh kembang anak. sangat interaktif karena melibatkan peserta zoom dengan aktif .Seru sekali, waktu dua jam berasa hanya sebentar saja. 


Peserta kegiatan ini semuanya adalah orang tua yang memiliki anak usia sekolah yang aktif. Paparan para pemateri membuka wawasan orang tua da menambah pengetahuan mengenai dunia anak, pendidikan anak dan tentunya harapan terhadap anak melalui pendidikan yang mereka dapatkan.


Tentu saja kita ingin mempunyai anak yang sehat, pintar dan bermanfaat, sukses di masa depan, mempunyai iman yang kuat, punya jiwa sosial dan banyak hal postif lainnya yang kita inginkan dari anak.


Salah satu cara untuk bisa mewujudkan itu semua adalah melalui pendidikan formal. Namun, dengan kondisi pandemi yang kemungkinan akan tetap berlanjut di tahun mendatang. 


Tentu saja orang tua akan mengalami kesulitan untuk mewujudkan hal tersebut. Meski metode pendidikan tetap berlangsung secara daring. Mengikuti pembelajaran daring, tentu saja akan berbeda dengan belajar secara tatap muka. Anak tentu saja butuh waktu untuk penyesuaian.


Selain itu, kelas daring juga harus dibuat semenarikdan se interaktif mungkin agar anak bisa tetap belajar seperti biasanya saat tatap muka. 




Nah, pada poin ini. Tidak semua guru, tidak semua sekolah bisa atau mampu melakukan hal ini. Apalagi mengembangkannya menajdi sebuah pembelajaran daring yang menarik. Bahkan ditunggu-tunggu oleh anak.


Adakah sekolah yang sudah mengembangkan metode tersebut? Salah satu sekolah yang mulai mengembangkan dan  mulai fokus dengan belajar online ini adalah SMA Pintar Lazuardi.

 

Mungkin ada sahabat keluarga Nawra yang belum paham mengenai apa itu SMA Pintar Lazuardi. Nah, kali ini saya akan membahas mengenai hal itu. Terutama yang menjadi prinsip pendidikan dari SMA Pintar Lazurdi.


Enam Prinsip Pendidikan SMA Pintar Lazuardi


Dalam paparannya, Kepala SMA Pintar Lazuardi, Ibu Sonya Sinyanyuri mengemukakan prinsip pendidikan di SMA Pintar Lazuardi adalah:


1. Pengembangan Karakter, melalui program Gen Z action dan penanaman nilai-nilai kepedulian (Compassionate Program).

2. Growth Mindset Approach (Pola Pikir Bertumbuh), proses belajar senantiasa mendorong anak-anak para untuk aktif bertanya, praktik langsung, dan berani mencoba dengan dukungan terus menerus dari para Guru agar proses berpikir dapat terus bertumbuh.

3. Siswa memiliki fleksibilitas dalam menentukan waktu belajar, materi yang ingin dipelajari terlebih dahulu, sehingga setiap Siswa memiliki perjalanan proses belajar yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

4. Mengutamakan interaksi yang kuat antar Siswa dan Guru dengan community feedback system dan ruang diskusi yang terintegrasi dalam LMS.

5. Berorientasi masa depan dengan memberikan layanan program pendampingan bimbingan karir dan personalized program.

6. Membekali pengembangan keterampilan Abad 21, yang mencakup 7C : creativity, critical thinking, collaboration, communication, confidence, dan computational thinking.




SMA PINTAR LAZUARDI-BLENDED LEARNING HIGH SCHOOL 


Bapak Setiyo Iswoyo selaku Direktur SMA Pintar Lazuardi menyampaikan bahwa proses belajar di SMA Pintar Lazuardi menggunakan  konsep Blended Learning. Konsep ini mengabungkan metode pembelajaran online dan tatap muka. Pada saat pembelajaran online, para Siswa akan dibantu dengan LMS (Learning Management System) yang diberi nama Pintar (Pedagogycal Intelligence Architecture).


Kegiatan tatap muka akan dilakukan seminggu sekali di sekolah home based. Kegiatan tatap muka difokuskan untuk:

Pengembangan karakter

Pengembangan keterampilan sosial

Perwalian (coaching, mentoring, dan bimbingan karir)

Untuk bimbingan karir juga disediakan program-program pilihan yang mencakup:

- Motion Graphics

- Graphic Design

- Digital Comic

- Photography

- Music Techno

- Public Speaking

- Digital Marketing


Kegiatan praktikum yang tidak dapat dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran online. Untuk para Siswa yang berasal dari wilayah   yang   belum   tersedia  sekolah home based, kegiatan tatap muka akan digantikan dengan program pengayaan dan coaching yang dilakukan secara online.




LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS)


Untuk mendukung kegiatan pembelajaran, dibangun sebuah Learning Management System (LMS), yang diberi nama PINTAR (Pedagogical Intelligence Architecture). Ini tidak sebatas platform belajar online, namun merupakan aplikasi belajar online yang tetap memperhatikan esensi pembelajaran, yaitu keterikatan antara Siswa dengan proses pembelajaran, interaksi antar Siswa dan Guru. 


Dilengkapi juga dengan fitur-fitur yang memungkinkan Siswa belajar mandiri dan terpantau aktivitasnya. 


Aplikasi canggih ini dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Bahkan orang tua juga dilibatkan untuk bersama-sama Guru, memantau dan memberikan dukungan kepada putra-putri tercinta.


Nah, jika orang tua berkeinginan untuk mendaftarkan putra-putrinya, bisa mengunjungi secara online SMA Pintar Lazuardi di link ini https://smapintarlazuardi.id/  atau bisa berkunjung langsung ke sekolahnya


- SMA Lazuardi Global Compassionate School (GCS)-Depok,

- SMA Lazuardi Ideal GCS-Purwakarta,

- Sekolah Lazuardi Kamila GCS-Solo,

- Sekolah Lazuardi Haura GCS-Lampung,

- Sekolah Lazuardi Athaillah GCS-Makassar,

- SMA Hellomotion Tangerang Selatan





1 komentar:

Pasti bagus banget cara pengajar di sekolah lazuardi, karena pandemi jadi semua online

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.