Menu

Monday, August 6, 2018

/
Assalammualaikum Wr. Wb

Hai apa kabar sahabat Keluarga Nawra. Ada yang tahu dengan Lokan. Sejenis kerang. Tapi hidup di air tawar. Kulitnya keras dan tebal. Ukurannya lebih besar dari kerang yang bisa kita jumpai di pantai.

Salah satu penghasil Lokan paling banyak di kota Bengkulu adalah Kabupaten Muko-muko. Yang berjarak sekitar 6-8 jam dari kota Bengkulu jika ditempuh dengan menggunakan jalan darat.

Beberapa olahan berbahan Lokan

Lokan biasanya paling sering diolah menjadi rendang. Untuk Rendang Lokan Muko-muko ini memang dari segi rasa tidak ada bandingannya. Ada yang bilang sama enaknya dengan Rendang Daging. Bahkan banyak juga yang bilang malah lebih enak dari Rendang Daging. Tergantung yang mengolahnya.

Apalagi jika dimakan langsung dari dapur orang Muko-muko asli tentu saja akan sangat berbeda. Sebab tidak semua orang bisa apalagi pandai membuat Rendang Lokan. Sama halnya dengan Rendang Padang, tidak serta merta orang Padang pandai membuat rendang.

Namun, Rendang Lokan belum sepopuler rendang    Padang. Masih perlu banyak dipromosikan dan dipublikasikan ke khalayak ramai. Supaya lebih banyak yang tahu dan kenal. Baik di media massa maupun ke media sosial. 
Tahun ini Festival Bumi Rafflesia 2018. Angkat Kuliner Bengkulu

Sebagai orang keturunan Bengkulu, maka saya juga wajib nih mempromosikan Lokan ini agar lebih dikenal dimana-mana. Salah satunya dengan membuat postingan di blog , akun media sosial yang saya punya.

Nah , dalam rangka untuk mempromosikan dan mempublikasikan Lokan ini pada gelaran Festival Bumi Rafflesia 2018 ini digelar lomba masak dengan bahan baku utama Lokan. 

Lomba ini pun mendatangkan juga juri dari luar Bengkulu, di antaranya

*Dewan Juri Bengkulu Master Chef :*

1. Chef. HN. Sugiharta (Bandung) 
2. Chef. Dedi Sudarsono (Pekalongan, Jawa Tengah)
3. Chef. Rosyana (Bandung) 
4. Chef. Mustofa (Jakarta-Bengkulu)
5. Chef. Djadjat Sudrajat  (Chef Totti) Bandung
6. Chef Dimas puramika (Chef Dimas) Depok-Paris Perancis
7. Chef Abidin (Chef Abid Rimba) Jakarta

Demo masak oleh para pesera Master Chef

Saat acara Festival Bumi Rafflesia 2018 ( 19-23 Juli 2018) yang lalu. Digelar lomba masak dengan pemenangnya adalah.

Pemenang *Bengkulu Master Chef 2018*

Juara 1 : *Mugio Basuki*
Juara 2 : *Sidiq Rakasiwi*
Juara 3 : *Albidani*

Harapan 1 : *Wahyudi*
Harapan 2 : *Ali Akbar*
Harapan 3 : *Dika Sofian*

Adapun beberapa resep atau olahan Lokan yang dihasilkan oleh peserta di antaranya adalah

1. Rebung Lokan Bumbu Kuning

2. Pepes Lokan  Daun Singkong

3. Lokan Pindang

4. Lokan Saus Singapore dan Dabu-dabu

5. Lokan Saos Kuning Nanas

6. Lokan Rica-rica

7. Lokan Saos Tempoyak Petai


8. Lokan Crispy

9. Lokan Soup

Dan lain sebagainya. Jadi para peserta lomba masak Lokan ini malah ga ada yang masak Rendang Lokan ya, hehehe. Malah muncul resep-resep baru yang berbahan lokan.

Tujuan lomba master chef ini adalah untuk memperkenalkan dan mempromosikan Lokan Bengkulu ke masyarakat luas. Selain itu untuk menumbuhkan kreativitas masyarakat dalam membuat resep olahan berbahan Lokan.
Kak Leo yang terdepan :)

Dengan adanya lomba master chef ini, aku juga jadi lebih banyak dapat informasi dan referensi mengenai resep olahan Lokan. Kalo sebelumnya sih yang paling aku tahu itu cuma rendang. Sekarang jadi banyak. 

Kamu kalo jalan-jalan ke Bengkulu, jangan lupa nyobain makan Rendang atau gulai Lokan ya. Dijamin bikin kangen. 

Mari kita cobain dah, resepnya. Mana tahu bida jadi ide bisnis kuliner berbahan Lokan yaaah!.

Salam
50 comments

Mantap festival mengangkat kuliner khas Bengkulu, lokan ini ...
Nama kuliner olahan lokan ini jadi dikenal masyarakat luas.

Jujur aku belum pernah kesampaian mencicipi masakan lokan asli dari daerah Muko - muko.
Semoga kelak terlaksana.

Reply

Kalo di daerah saya namanya kijing itu mbak, biasanya didapat di sungai.

Reply

Kapan-kapan nyobain, aah...

Reply

Kalo mau coba satu-satu di mana ya...?

Reply

Alu org muko2 mak.. Iyaa.. Emang rendang muko2 dah jd makanan khas nya org situm kalo pulkam aja pasti ditanya nya , mana oleh2 rendang lokannya ? Hihii

Reply

Ternyata banyak macam olahan lokan yaa . Nggak cma rendang aja..

Reply

Banyak ya ternyata olahan lokan. bukan cma rendang doank.

Reply

Olahan lokan ini kisaran berapa harganya di sana mbak? Kalo liat penampakannya kok kayak mahal, hehehe

Reply

Wah kreatif-kreatif ya. Aku belum pernah nyicipin olahan lokan selain rendang. Karena biasanya itu yg banyak dijual. Lemak bana rasonyooo :)

Reply

Mau Lokannya. Olahannya terlihat sangat sedap. Nanti kalau ke Bengkulu, wajib nyicip ini. Festival Bumi Raflessia nya keren, ngangkat tema kuliner gini.

Reply

Saya belum pernah sekalipun mencicipi kuliner Bengkulu, hanya sering liat gambar - gambar nya saja hehe, penasaran pengen nyicip deh jadinya.

Reply

Pengen banget berkunjung ke Bengkulu euy, blom pernah sama sekali soalnya mba hehee. tapi gak apa deh biar familiar dengan kulinernya aja dulu sebelum benar-benar bisa berkunjung ke Bengkulu. Noted ya mba hehehee

Reply

Jadi lokan itu sejenis kerang ya?
Aku baru tau lho kalau bisa diolah macam-macam begitu. Bikin penasaran ih sama rasanya. APalagi yang pakai nanas itu, kebayang deh segarnya

Reply

Ooo di bengkulu namanya lokan. Kalau disini namanya tutut. Enak ini kalau seger bahannya daei pantai.

Reply

Siap akh kalau ke Bengkulu mau cobain rendang dan gulai Lokan. Nampaknya mengugah selera ya

Reply

Waduh, baca ini tiba-tiba jadi lapar aja.. Aku penasaran dengan lokan soaos kuning nanas, Kak.. tampilannya menggoda banget.. boleh lah delivery kemari, Kak.. wkwkwk

Reply

Lokan pindang nampaknya enak, kuahnya itu loh.. ngecess beneran saya.. festival kuliner gini asik ya Mba, selain menambah pengetahuan tentang kuliner juga nambah berat badan eh becanda.. nambah silaturahmi tentunya.. tunggu aku ke Bengkulu ya Mba

Reply

Duuuh itu makanan bikin ngiler mba

Reply

Kok daku ngiler banget itu lihat rebung lokan..

Reply

Mbak, yang biru kayak jaring di lokan saos tempoyak petai itu apa sih?

Reply

Aku baru tau nama Lokan setelah baca artikel ini. Foto-foto makanannya menggiurkan Banget!

Reply

setuju mba, makanan lokal harus dilestarikan jangan kalah sama fastfood klo bukan kita siapa lagi

Reply

Hadeuh masakannya bikin ngiler semua, mba. Itu yang pepes Lokan Daun Singkong,tapi tempatnya nanas. Lucu ya....

Reply

Luci inovasinya plating nya ya. .. Utk rasa kayaknya enak tuh. . Ngiler nih. . Pengen cicipi jadinya

Reply

Saya belum pernah nyobain kuliner Bengkulu nih, penasaran sama rasanya, enak - enak yah? Kira2 cocok gak yah buat urang sunda

Reply

Baru tau namanya lokan. Ternyata Indonesia jg punya hasil sea food yg sejenis kerang besar kyk gtu ya. Penasaran rasa olahannya.

Reply

Penasaran sama lokan ini, aku ngga boleh makan seafood jadi penasaran dengan kerang air tawar deh mba

Reply

wow makan enak nan sehat, seru deh kalo ada acara seperti ini. selain refreshing jadi nambah referensi menu juga ya mba.

Reply

Aih banyak banget makanan khas Bnegkulu yang enaak ya mbaa. Lihat penyajiannya juga pengen banget nyoba semua. Smoga kekayaan kuliner Bengkulu nih bisa terjaga dengan baik ya mba

Reply

Wow lokan favorite suami saya. Cukup di cocol saos sambel juga udah enak.

Reply

wah keren ya mba, festival nya mengangkat kuliner lokal, jadi kepo rasanya gimana hihihi

Reply

oooh di bengkulu lokan itu sejenis kerang yaaa.. kirain buah aja. Wah info menarik, kalau ke Bengkulu mesti nyari!

Reply

Jadi penasaran banget sama rasanya Lokan, ternyata dibuat aneka menu rasanya ga kalah dengan menu internasional ya

Reply

Lokan kalau di sini namanya kepah kali ya. bentuknya mirip tapi ngga tahu rasanya hehehe. Keren ama penyelenggara yang ikut melestarikan citaras lokal. Patut di Apresiasi dengan baik

Reply

Saya ridak terlalu mengenal makanan Bengkulu. Tetapi, melihat kuliner ini pengen cicipin semua. apalago yang ada nanasnya :)

Reply

wahh, aku baru tau kalau ada yang namanya lokan. kuliner nusantara emang ga ada abisnya yaaa, banyak banget dan enak-enak :))

Reply

Lokan ini kerang kah, Mba? Baru pertama kali dengar namanya euy

Reply

Aih, salah berkunjung ni malem2, jadi lapeeerr. Aku baru tau masa ada namanya Lokan, huhu... Ajak2lah ke Bengkulu biar lebih kenal sama kota rafflesia

Reply

Aku baru tau dan baru dengan istilah lokan mba.tapi omong-omong aku liatnya kok mirip kerang hijau ya mba.. Ehehe

Reply

Aihhh..kalau ada festiva kuliner nusantra begini Saya suka banget, senang sekali bisa mengenal lebih jauh makanan khas suatu daerah

Reply

dari menu yang disajikan aku tertariknya dengan lokan saus kuning nanas, kayaknya enak deh apalagi sajianya unik pakai nanas gitu, terbayang rasa masam dan gurih saat memakanya.

Reply

Wah makanan khas Bengkulu banyak yg berbahan dasar seafood ya. Keliatannya enak.

Reply

Aku ngiler dengan Lokan saos Singapura Mba. Kayaknya enak banget dari tampilannya. Dan aku juga baru denger dengan Lokan, kirain kerang itu. Hehe.

Reply

baru tau tentang Lokan nih memang acara begini jadi salah satu upaya y mba buat kenalin kuliner Bengkulu aku baca nama resepnya juga kreatif semua mantaap banget smg bisa cobain Lokan ni di Bandung

Reply

Wah penasaran dengan rendang unik ini

Reply

Kulinernya agak mirip Sumatra barat ya mba, rendang! aku tuh kalo makan rendang suka nambah nasi huhu ya gitu deh.. ditunggu festival kuliner berikutnya..

Reply

Ngiler banget lihat olahan loka ini. Aku pasti nafsu banget nih makannya kalau nyobain lokan.

Reply

Aku selalu suka festival kuliner tuh karena banyak aneka olahan makanan dari satu jenis begini dan takjub banget sm yg jago masak, scara aku ga jago masak hehehehe

Reply

Waaahh lokan makanan favoritku. Sudah lama tidak makan lokan. Postingan ini sukses membuatku nangis di pojokan. huhuu..
Seru banget ya mba festival kulinernya :)

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.