Menu

Monday, October 4, 2021

/

Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar sahabat Keluarga Nawra

Kali ini, kami akan berbagi resep simple dengan bahan dasar mie instan dan ceker ayam. Siapa yang suka makan mie kuah? Siapa juga nih yang suka makan ceker? Atau yang suka makan kedua-nya, sini gabung ikutan masak atau makannya yuk.


Menu makanan ini sering sekali kami masak, jika dalam situasi mendung, hujan, atau saat ingin makan tapi lauk tidak ada. Jadi masak yang enak, cepat dan praktis saja.


Untuk bahan mie instan boleh diganti dengan Mie lainnya yah. Intinya adalah menu ini bahan utamanya harus ada Mie. Kali ini kami gunakan mie instan saja. Kami pilih mie pedas, merek tidak terlalu menajdi patokan. Bebas saja , sesuai selera.


https://www.keluarganawra.com


Bahan baku kedua adalah ceker ayam. Untuk ceker ini sebaiknya bagian kuku dan kulitnya sudah dibuang yah. Ceker juga sudah dicuci bersih dengan sebaiknya air yang mengalir atau di bawah kran langsung.


Oke, semua bahan sudah kita siapkan ya.Lanjut segera kita masak saja.


Tahap pertama


Rebus terlebih dahulu ceker, hingga matang.Untuk air rebusan, sebaiknya dibuang saja. Tapi jika ingin tetap menggunakan air rebusan ceker ini, buang terlebih dahulu. Busa-busa yang mengapung saat merebus ceker. Busa-busa itu biasanaya juga mengandung kotoran.  Lalu tinggalkan sedikit saja sebagai layaknya kaldu.


Kami lebih menyukai membuang air rebusannya sih, kalo kamu bagaimana?


https://www.keluarganawra.com


Tahap kedua


Siapkan panic atau kuali, kali ini saya gunakan kuali saja. Nanti kuali ini juga sebagai wadah penyajian di atas meja. Jadi tidak perlu dipindahkan ke wadah lainnya.


Untuk dua bungkus mie instan, kami menggunakan sekitar 1000 ml air atau empat gelas air seukuran gelas air mineral.


Masukan ceker yang sudah direbus tadi. Lalu Mie instan yang tidak dipotong-potong atau dihancurkan.Dibiarkan saja, mie panjang-panjang. Dimasak sekaligus.


Masak dengan api sedang lalu, setelah mendidih, lalu masukan mie instan yang sudah tersedia. Aduk hingga merata, lalu matikan kompor. Untuk kondisi Mie tidak perlu terlalu mengembang. Biarkan mengembang sendiri setelah disajikan. Agar tidak mengisap kuah dengan cepat karena mie terus mengembang.


Setelah semua diaduk rata, sajikan di atas meja. Siapkan mangkok kecil, sajikan. Lalu makan selagi hangat. 


https://www.keluarganawra.com


Catatan

Bagi yang ingin air rebusan mie dipisahkan atau dibuang. Maka masak dulu mie, buang airnya. Lalu bia masukkan ke dalam rebusan ceker ayam. Berikan bumbu, lalu dimasak dan disajikan sama seperti keterangan di atas. Hanya berbeda cara memasaknya saja.


Lain waktu kami bagikan resep masaak Mie Ceker Pedas tanpa menggunakan mie instan yah. Jadi bumbunya kita racik sendiri saja. 


Gimana, gampang kan. Silakan stok ceker ayam di kulkas, jika pengen tinggal decouple kan saj dengan Mie. Kalo mie nggak usah diragukan sebab Mie is my life untuk sebagian besar orang Indonesia.


Selamat mencob dan menikmati sahabat Keluarga nawra.

 


13 comments

Kalau bundaku kebiasaan air rebusan dibuang, kalau aku dipakai lagi. Hehehe..

Reply

Duh, enak banget mie ceker yaaaah harus yang pedes sih biar makin manteb hehe
Mana aku doyan banget makan ceker, jadi kepengen bikin juga nih di rumah

Reply

Klo bikin sendiri mie ceker saya blom pernah mba...
Palingan cedera di sop.
Atau klo mau mi cedera biasanya beli mie ayam bonus ceweknya hehehe..

Reply

Makan mie-nya saya mau, cekernya enggak, soalnya saya gak suka ceker, takut liatnya :))

Ceker ayam, kepala ayam, lidah sapi, buntut sapi, duh itu semua bagian yang saya merasa "serem" makannya. Untunglah sedikit orang macam saya, jadi ceker ayam tetep laris manis di pasaran :))

Reply

Idenya bagus nih, mie dikasih ceker, kalau pakai mie instant bisa juga ya sama bumbu instantnya. Ditambah telor rebus, sayur-sayuran, sama kerupuk waaah endeusss.. Jadi laper.

Reply

resep hore banget tuh, mie ceker pedas! Kusuka bikin cekernya disambal pake sambal geprek ala ala, trus mienya tuh dibuat kering (nyemek nyemek gitu) dan isinya pakein serai - sawi - tomat, cabe rawit cobain deh!

Reply

Praktis ya ini, ..kalau saya baik ceker (juga ayam) maupun mie selalu air rebusan pertama dibuang. Pakai air baru. Wah sudah lama ga bikin ceker dan memang belum pernah disandingkan dengan mie...jadi lapar nih

Reply

Makasih resepnya mba. Belum terpkir masak mie ama ceker, mampir disini jadi nambah ide memasaknya :)

Reply

Kalau saya juga memilih untuk membuang air rebusanya. Iya, air rebusan apalagi yang berbusa gitu, rasanya gimana ya kalau dimakan.

Hmm, mie ceker pedes, cocok nih dimakan pas lagi hujan. Hangat-hangat yang mengenyangkan.

Reply

Mantap mie ceker pedasnya...
Kalau saya biasanya dipresto dulu biar cekernya empuk, terus simpan di freezer per porsi buat sop, ceker kecap, ceker pedas, dll...

Reply

Saya kalau bikin mie instan selalu saya buang airnya, kemudian rebus air buat kuah baru. Rasanya emang nggak seenak kalau langsung pakai kuah rebusan mie-nya, tapi udah terlanjur biasa, hehe. Untuk air rebusan cekernya biasanya saya buang air rebusan 5 menit yang pertama, kemudian rebus lagi dengan air baru, keliatan ribet ya, habis gimana udah pernah gak diganti airnya tapi amis. Jadi kurang nyaman aja kalau rebusan pertama gak dibuang. Cara bikin mie ceker pedas mudah sekali. yang penting cekernya empuk dan mie-nya nggak terlalu ngembang ya. Hmm.. dijamin yummy nih.

Reply

asyik juga Mak merasakan makanan dengan resep berbeda pastinya nambah nikmat nih weekendnya

Reply

wah, kayaknya enak banget nih. aku biasanya beli mie ayam ceker, tap resep ini bisadicoba,bisabikin sendiri di rumah.

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.