Menu

Sunday, October 31, 2021

/

Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar sahabat Keluarga Nawra, semoga selalu sehat dan berlimpah rejeki ya, aamiin. Sudah shalat hari ini, sudah berwudhu, sudah baca doa setelah wudhu, kita bisa kapan saja berwudhu meski tidak sedang ingin shalat.


Wudhu adalah kegiatan menyucikan diri dari hadas kecil yang mana caranya adalah dengan membasuh atau mengusap anggota tubuh tertentu. Bagian tubuh yang dibasuh tersebut mulai dari muka, tangan, kepala dan kaki yang mana juga harus disertai dengan niat wudhu. Namun tahukah kamu bahwa kita umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa setelah wudhu sesuai dengan sunnah.


Membaca doa sesudah wudhu merupakan salah satu sunnah wudhu yang mana sangat dianjurkan sebagai syarat seperti sebelum kita melakukan ibadah shalat dan juga membaca Alquran. Sebelum membaca doa setelah wudhu, berikut ini ada keutamaan dalam membaca doa sesudah wudhu. Berikut kajiannya untuk menambah ilmu agama kita.


https://www.keluarganawra.com


Keutamaan doa sesudah wudhu ini tertuang dalam hadits riwayat Muslim, Abu Dawud dan juga Ahmad dengan keutamaan istimewa yakni dibukakannya delapan pintu surga. Berikut adalah bunyinya haditsnya yang dilansir dari situs Indozone.


“Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya kemudian ia membaca doa (yang artinya) 'Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, kecuali dibukalah delapan pintu untuknya yang dapat ia masuki dari mana saja ia mau."

(HR. Muslim, Abu Dawud, dan Ahmad)


Oleh karena itulah, agar kita dapat mendapatkan manfaatnya, kita sepatutnya mengikuti anjuran yang ada, apalagi hal tersebut sesuai dengan hadits yang ada. Lalu seperti apa bunyi dari doa sesudah wudhu tersebut? Berikut yang harus kamu bacakan.


“Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rosuluh. Allahummaj'alni minat tawwaabiina, waj'alnii minal mutathohhiriin, waj'alnii min 'ibaadikash shalihiin. Subhanakallahumma wa bihamdika, asyhadu alla ilaha illa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaik."


Bacaan doa setelah wudhu tersebut tidak begitu panjang sehingga kita bisa mulai menghafalkannya dan juga mengamalkannya. Selain memiliki ganjaran dibukakannya delapan pintu surga, wudhu ternyata juga bisa memberikan manfaat kesehatan untuk kita. Berikut ulasannya untuk dapat kamu pahami.


1. Menghilangkan Bau Mulut


Bakteri dapat berkembang biak dengan cepat apabila mulut kita kering. Dengan berwudhu, yakni pada gerakan kumur-kumur kita akan membersihkan rongga mulut termasuk dari sisa makanan yang menempel. Alhasil kita dapat menghilangkan bau mulut. 


2. Menjaga Kesehatan Gigi


Sama halnya menghilangkan bau mulut, berkumur saat wudhu juga dapat menjaga kesehatan gigi karena sisa makanan yang menempel pada gigi juga akan terbawa keluar saat kita berkumur. Dengan demikian, plak gigi juga akan berkurang karena sisa makanan yang terbawa.


3. Mencegah flu dan pilek


Hal lainnya yang dapat dijaga karena wudhu adalah dapat mencegah flu dan pilek. Gerakan istinsyaq atau mencuci rongga hidung menggunakan air dapat membersihkan rongga hidung dari kotoran, kuman, virus dan juga bakteri. Alhasil karena lebih bersih kita lebih sehat.


4. Mencegah Kerutan dan Kebersihan Wajah


Mencuci wajah dengan air secara berkala saat wudhu juga bisa memberikan manfaat untuk menjaga kerutan wajah dan menjaga kebersihan wajah. Mereka yang rajin shalat dan juga wajib wudhu pasti memiliki pancaran wajah yang lebih membuat nyaman dibandingkan mereka yang jarang wudhu.


Nah itulah beberapa hal lain mengenai wudhu termasuk doa setelah wudhu yang sangat disarankan untuk kita amalkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk meningkatkan iman dan taqwa kita. Artikel lengkapnya bisa kamu baca di sumber berikut dengan berbagai artikel menarik lainnya.


1 komentar:

Mengingatkan kembali pada do'a sehari-hari. berkah ya blognya mbak

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.