Menu

Sunday, October 4, 2020

/

 5 Sayuran yang Disukai Anak-Anak


Assalammualaikum.Wr.Wb


Halo Sahabat Keluarga Nawra, bagaimana kabar kesehatan anak-anak selama berada di rumah saja. Semoga selalu sehat , jika terpaksa ke luar rumah tidak lupa untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, sering mencuci tangan dan menjaga jarak aman.


Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan anak adalah dengan memberikan makanan yang sehat dan bergizi. Bukan hanya makananya yang sehat tapi cara mengolah dan memberikannya juga sehat. Misalnya, tidak memberikan sayuran bayam yang sudah dimasak lebih dari ena jam. Bukan akan memberikan efek sehat, malah akan memberikan penyakit kepada anak.


Source Unsplash


Seperti umumnya anak-anak, hampir sebagian besar yang menyukai makan sayur. Sebagian lagi lainnya menolak untuk makana sayur.


Namun, sebagai orang tua, kita tidak boleh berhenti dan berputus asa untuk selalu mencoba memberikan anak-anak sayuran bagaimana pun caranya. Apalagi jika dilakukan sejak kecil, nanti anak akan menyukainya.



      5 Sayuran yang disukai Oleh Anak-anak


Brokoli


Brokoli merupakan salah satu dari macam-macam sayuran berwarna hijau yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Brokoli juga mengandung antioksidan yaitu sulforaphane dan lutein yang baik untuk menurunkan risiko kanker. Brokoli juga bagus untuk pencernaan dan kulit anak. 


Kandungan vitamin C di dalamnya, juga sangat baik untuk kebutuhan tubuh anak. Sayur brokoli juga dipercaya memberikan manfaat untuk kesehatan jantung. Kita bisa mencampur Brokoli dengan bahan makanan lainnya dalam menu Capcay, Sop dll


Bayam


Bayam memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Selain itu, bayam juga merupakan sumber zat besi yang sangat baik untuk darah. Anak-anak biasanya sangat menyukai Bayam gara-gara menonton film kartu Popeye. Mereka juga ingin kuat seperti Popeye sehingga mau makan Bayam. 


Bayam juga memiliki kandungan lutein yang berfungsi menjaga kesehatan mata serta mengandung vitamin seperti A, C, K, dan juga folat. Kita bisa mengolah Bayam menjadi sayuran bening dengan kuah yang gurih ditambah potongan tahu putih dan touge.


Kangkung


Kangkung  kandungan nutrisi yang baik  seperti vitamin A dan vitamin C. Selain itu, ada juga vitamin B kompleks yang berguna untuk meningkatkan hormon sehingga mampu menciptakan suasana nyaman pada anak.Biasanya anak usai makan kangkung badannya akan merasa rileks dan nyaman bahkan sampai mengantuk. Oleh karena efek tersebut, banyak orang yang beranggapan bahwa kalo usai makan kangkung maka akan mengantuk.. Kangkung juga kandungan mineral seperti kalium, fosfor, dan kalsium.


Kita bisa mengolah kangkung menjadi masakan bening atau ditumis dengan minyak dan diberi sedikit air.


Sawi Putih


Sawi putih ini juga dikenal dengan nama Kol Napa. Kandungan kalorinya yang sangat rendah , mengandung Vitamin C yang  berperan aktif sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan meningkatkan imunitas tubuh. Sawi putih bisa diolah menjadi sup, capcay atau dijadikan sayur bening. Bisa juga jadi campuran Mie.


Nah, kalo anaknya di rumah suka makan sayur apa aja nih?


Source Unsplash

Tips Mengolah dan Menyimpan Sayuran


Setelah dipetik atau dibeli dari pasar atau tukang sayur, sebaiknya bersihkan dan cuci sayuran sampai bersih . Baru dimasukan ke dalam wadah khusus, lalu disimpan ke dalam kulkas.


Kalo saya, sayuran tersebut selain dibersihkan dan dicuci. Biasanya langsung saya potong-potong sehingga mudah jika akan digunakan untuk masak.Tinggal diambil saja jika ingin digunakan.


Untuk masak sayur sebaiknya tidak dalam porsi banyak . Tapi sebaiknya masak dalam porsi kecil dan sajikan selagi hangat, jadi anak akan bersemangat untuk makan karena makananya baru.


Semangat ya, memberikan makanan sayuran pada anak.


Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.