Menu

Tuesday, November 7, 2017

/

Dinas Kelautan dan perikanan Provinsi Bengkulu gelar lomba masak serba ikan tingkat provinsi ke 10 tahun 2017. Acara yang bertempat di Auditorium Bencoolen Mall ini berlangsung meriah.

Lomba ini, merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan dengan cara mengembangkan jenis olahan makanan yang berbahan baku ikan.

Baca Juga Fatmawati Perajut Negeri

Saat membuka kegiatan,  Plt Sekda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto mengatakan, berdasarkan data Susenas BPS, tingkat konsumsi ikan masyarakat Provinsi Bengkulu tahun 2016 masih tergolong rendah 37,29 kg perkapita pertahun.  Sementara target nasional tahun 2016 sebesar 43,88 kg/Kapita/TA.


Diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini,  animo masyarakat untuk mengkonsumsi ikan terus meningkat setiap tahunnya, dan kreasi kuliner berbahan baku ikan menjadi daya tarik wisata dalam mendukung program wonderful Bengkulu 2020.

"Saya berharap hasil dari lomba masak serba ikan tingkat provinsi ini,  dapat menciptakan kreasi menu masakan berbahan baku ikan yang dapat menjadi salah satu daya tarik wisata dibidang kuliner," jelas Gotri.


Lomba yang diikuti tim penggerak pkk dari 8 kabupaten dan kota Bengkulu ini, diminta menyajikan tiga menu serba ikan yakni menu keluarga, menu balita dan kudapan.

Setelah melalui proses penjurian,  Kabupaten Bengkulu Tengah yang menyajikan "Patin Bebunyi"  (patin bebungkus bunge unyi) sebagai menu keluarga ditetapkan sebagai juara pertama, sekaligus mewakili Provinsi Bengkulu pada lomba masak serba ikan tingkat nasional tahun depan.


Juara dua diraih Kabupaten Kaur,  dengan menu Ghuas Ikan Patin Undak Kemangi dan Upak Gulung Ikan Pelus.  Sementara Juara tiga diraih Kabupaten Kepahiang dengan menu Ikan Patin masak Siram Saos Pedas dan Nila Nasi Gulung Sayuran
 .

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu Ivan Syamsurizal mengungkapkan, setiap menu yang disajikan peserta mempunyai keunggulan serta kelemahan masing masing.

Ivan berharap dalam keikutsertaan Provinsi Bengkulu diajang lomba masak tingkat nasional dapat menyajikan menu yang telah dikolaborasikan dari unggulan tiap tiap daerah bukan hanya menu dari daerah yang mewakili karena membawa nama Provinsi Bengkulu. (Fredy-Media Center, Humas Pemprov Bengkulu)
1 komentar:

Seneng dech tim penggerak PKK bergerak aktif salah satunya menyelenggarakan kegiatan lomba menyajikan makanan yang disuka oleh keluarga, tentunya yang sehat dan bergizi dan bisa dinikmati oleh siapa saja ya. Aku juga suka patin, paling sering diolah menjadi pesmol saja, kalau digoreng kurang suka

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.