Menu

Sunday, September 12, 2021

/

Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai, sahabat keluarga Nawra yang suka nonton film, kali ini kita mau bahas kelanjutan informasi mengenai Sundance Film Festival Asia 2021 beberapa waktu lalu. Penasaran kan, film apa saja yang masuk nominasi dan nantinya akan keluar sebagai pemenang. 


Aku juga penasaran sih siapa yang akan menjadi pemenang, tapi aku sudah dapat bocoran nominasinya nih dari panitia yang akan mengkurasi film-film tersebut.


Menurut  panitia dan penjurian dari Sundance Institute dan XRM Media, yang didukung juga  oleh IDN Media. Mereka akan  resmi mengumumkan fim apa saja yang masuk  nominasi dan akan melakukan  diskusi panel secara terbuka dan langsung.


Kamu penasaran kah, siapa nih bisa menggaet uang senilai  USD 2.000 atau sekitar 28.496.500,00 Rupiah Indonesia. Harga sekarang ya. Banyak juga, lumayan. Tapi apresiasi dan penghargaan ini tidak ternilai dengan uang ya


https://www.keluarganawra.com


Nominasi Film Sundance Film Festival: Asia 2021


Delapan film ini terdiri dari empat film naratif dan empat film dokumenter. 


  1. Amy Tan: Unintended Memoir/AS (Sutradara: James Redford, Produser: Karen Pritzker dan Cassandra Jabola)
  2. The Dog Who Wouldn't be Quiet/Argentina (Sutradara: Ana Katz, Penulis Naskah: Ana Katz dan Gonzalo Delgado, Produser: Laura Huberman dan Ana Katz)
  3. Try Harder!/AS (Sutradara: Debbie Lum, Produser: Debbie Lum, Lou Nakasako, dan Nico Opper)
  4. John and the Hole/AS (Sutradara: Pascual Sisto, Penulis Naskah: Nicolás Giacobone, Produser: Elika Portnoy, Alex Orlovsky, dan Mike Bowes)
  5. Luzzu/Malta (Sutradara dan Penulis Naskah: Alex Camilleri, Produser: Rebecca Anastasi, Ramin Bahrani, Alex Camilleri, dan Oliver Mallia)
  6. Passing/AS (Sutradara dan Penulis Skenario: Rebecca Hall, Produser: Forest Whitaker, Nina Yang Bongiovi, Margot Hand, dan Rebecca Hall).
  7. Users/AS, Meksiko (Sutradara: Natalia Almada, Produser: Elizabeth Lodge Stepp dan Josh Penn).
  8. Writing with Fire/India (Sutradara sekaligus Produser: Rintu Thomas dan Sushmit Ghosh).


Pengumuman Pemenang 


Pengumuman pemenang aka dilakukan pada tanggal 23–26 September 2021 Saat pengumuman pemenang juga akan diadakan  diskusi panel yang dihadiri oleh sejumlah pembicara terkemuka dari komunitas pembuat film lokal dan internasional. 


Kita masyarakata awam, bisa hadir juga kah. Hadir virtual, kayaknya juga asik. Kalo bisa datang langsung hadir, itu tambah asik lagi. Baca sampai akhir ya, ada info untuk pembelian tiketnya yah.


Topik  dan Narasumber Diskusi Panel


Tema dan Narssumber diskusi panel ini keren dan bergizi semua, bagus banget buat asupan para sineas di tanah air. Bisa menimbah ilmu dan berdiskusi langsung dengan pakarnya. Berikut adalah Topik diskusi panel


  1. Film Outlook - Industri film Indonesia dari tahun 2016, era pandemi, hingga potensi yang mungkin terjadi pasca pandemi.
  2. Women in Film Industry - Sesi ini akan menyajikan perjalanan industri perfilman di Indonesia melalui kacamata perempuan.
  3. The Directors - Festivals and the Pathway to Success.
  4. Percakapan dengan Sundance Film Festival: Asia Documentary Filmmakers, diikuti dengan sesi tanya jawab bersama Programmer Sundance Festival, Kim Yutani dan Heidi Zwicker.
  5. Indonesian Short Filmmaking - Beberapa sutradara, produser film pendek kontemporer, dan sineas Indonesia akan mendiskusikan tentang karya mereka yang mendunia.


Oh, ya buat kamu pemain akun Tiktok, hehehe. Untuk diskusi panel akan ditayangkan di platform TikTok (@SundanceFFAsia) Sundance Collab. 


Harapan Pada Sundance Film Festival: Asia 2021


Dari rangkaian acara yang akan digelar ini, diharapkan dapat membuka lebih banyak topik terkait industri perfilman. Meski saat ini dunia sedang berhadapan dengan pandemi Covid 19. Namun kreativitas para filmmakers tidak pernah surut. Mereka bisa tetap berkarya, bahkan dalam kondisi pandemi sekali pun. Pandemi justru melahirkan banyak kreativitas baru.


COO IDN Media, William Utomo, mengatakan, 


“Sundance Film Festival: Asia 2021 akan menghadirkan serangkaian program yang intensif dan komprehensif. Harapan kami, para sineas di Indonesia dan regional dapat bertukar wawasan baru mengenai industri perfilman melalui program-program tersebut. Selaras dengan visi IDN Media untuk terus memberi #PositiveImpact bagi masyarakat, Sundance Film Festival: Asia 2021 berkomitmen untuk menemukan bakat-bakat baru di Asia Tenggara, kemudian menghubungkan mereka kepada para pakar di industri perfilman.”

Oh, ya pada kegiatan ini juga akan dilakukan engumuman Best Short Film Jury Award for the Short Film Competition dan intensive workshop untuk membina para talenta perfilman di Asia Tenggara juga diadakan pada kesempatan yang sama. 


https://www.keluarganawra.com


Support  Asia Intensive Program 


Dalam rangkaian acara ini, juga digelar berbagai kegiatan yang berkaitan dengan dunia perfilman, akan digelar pelatihan secara intensif selama dua hari. Kamu bisa mendaftar dan mengikuti kegitaan ini mulai tanggal 15 September 2021.


Pelatihan ini bisa diikuti secara perorangan atau kelompok ya. Asik sekali, jika bisa belajar bersama dengan team yah. Selain itu sebagai ajang, untuk menemukan orang-orang dengan bakat baru dan unik di dunia film. 


Kim Yutani, Direktur Pemrograman di Sundance Film Festival, mengatakan 


“Bersamaan dengan berkembangnya film-film fiksi dan dokumenter di Indonesia, kami begitu antusias terhadap peluncuran Sundance Film Festival: Asia edisi pertama kami,” 

Ia, juga menambahkan bahwa kegiatan ini juga sebagai

“Merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk dapat membawa semangat independen Sundance ke komunitas film yang dinamis di Indonesia. Semoga, kami dapat terhubung dengan penonton lokal dan mendukung seniman Indonesia melalui intensive workshop dan panel discussion yang kami selenggarakan.”


Akhirnya, sebelum aku tutup. Dari 8 Nominasi Film Tersebut. Mana yang jadi favorit kamu? ditunggu jawabannya di kolom komentar ya.


Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.