Menu

Sunday, September 12, 2021

/

Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai, sahabat keluarga Nawra yang suka nonton film, kali ini kita mau bahas kelanjutan informasi mengenai Sundance Film Festival Asia 2021 beberapa waktu lalu. Penasaran kan, film apa saja yang masuk nominasi dan nantinya akan keluar sebagai pemenang. 


Aku juga penasaran sih siapa yang akan menjadi pemenang, tapi aku sudah dapat bocoran nominasinya nih dari panitia yang akan mengkurasi film-film tersebut.


Menurut  panitia dan penjurian dari Sundance Institute dan XRM Media, yang didukung juga  oleh IDN Media. Mereka akan  resmi mengumumkan fim apa saja yang masuk  nominasi dan akan melakukan  diskusi panel secara terbuka dan langsung.


Kamu penasaran kah, siapa nih bisa menggaet uang senilai  USD 2.000 atau sekitar 28.496.500,00 Rupiah Indonesia. Harga sekarang ya. Banyak juga, lumayan. Tapi apresiasi dan penghargaan ini tidak ternilai dengan uang ya


https://www.keluarganawra.com


Nominasi Film Sundance Film Festival: Asia 2021


Delapan film ini terdiri dari empat film naratif dan empat film dokumenter. 


  1. Amy Tan: Unintended Memoir/AS (Sutradara: James Redford, Produser: Karen Pritzker dan Cassandra Jabola)
  2. The Dog Who Wouldn't be Quiet/Argentina (Sutradara: Ana Katz, Penulis Naskah: Ana Katz dan Gonzalo Delgado, Produser: Laura Huberman dan Ana Katz)
  3. Try Harder!/AS (Sutradara: Debbie Lum, Produser: Debbie Lum, Lou Nakasako, dan Nico Opper)
  4. John and the Hole/AS (Sutradara: Pascual Sisto, Penulis Naskah: Nicolás Giacobone, Produser: Elika Portnoy, Alex Orlovsky, dan Mike Bowes)
  5. Luzzu/Malta (Sutradara dan Penulis Naskah: Alex Camilleri, Produser: Rebecca Anastasi, Ramin Bahrani, Alex Camilleri, dan Oliver Mallia)
  6. Passing/AS (Sutradara dan Penulis Skenario: Rebecca Hall, Produser: Forest Whitaker, Nina Yang Bongiovi, Margot Hand, dan Rebecca Hall).
  7. Users/AS, Meksiko (Sutradara: Natalia Almada, Produser: Elizabeth Lodge Stepp dan Josh Penn).
  8. Writing with Fire/India (Sutradara sekaligus Produser: Rintu Thomas dan Sushmit Ghosh).


Pengumuman Pemenang 


Pengumuman pemenang aka dilakukan pada tanggal 23–26 September 2021 Saat pengumuman pemenang juga akan diadakan  diskusi panel yang dihadiri oleh sejumlah pembicara terkemuka dari komunitas pembuat film lokal dan internasional. 


Kita masyarakata awam, bisa hadir juga kah. Hadir virtual, kayaknya juga asik. Kalo bisa datang langsung hadir, itu tambah asik lagi. Baca sampai akhir ya, ada info untuk pembelian tiketnya yah.


Topik  dan Narasumber Diskusi Panel


Tema dan Narssumber diskusi panel ini keren dan bergizi semua, bagus banget buat asupan para sineas di tanah air. Bisa menimbah ilmu dan berdiskusi langsung dengan pakarnya. Berikut adalah Topik diskusi panel


  1. Film Outlook - Industri film Indonesia dari tahun 2016, era pandemi, hingga potensi yang mungkin terjadi pasca pandemi.
  2. Women in Film Industry - Sesi ini akan menyajikan perjalanan industri perfilman di Indonesia melalui kacamata perempuan.
  3. The Directors - Festivals and the Pathway to Success.
  4. Percakapan dengan Sundance Film Festival: Asia Documentary Filmmakers, diikuti dengan sesi tanya jawab bersama Programmer Sundance Festival, Kim Yutani dan Heidi Zwicker.
  5. Indonesian Short Filmmaking - Beberapa sutradara, produser film pendek kontemporer, dan sineas Indonesia akan mendiskusikan tentang karya mereka yang mendunia.


Oh, ya buat kamu pemain akun Tiktok, hehehe. Untuk diskusi panel akan ditayangkan di platform TikTok (@SundanceFFAsia) Sundance Collab. 


Harapan Pada Sundance Film Festival: Asia 2021


Dari rangkaian acara yang akan digelar ini, diharapkan dapat membuka lebih banyak topik terkait industri perfilman. Meski saat ini dunia sedang berhadapan dengan pandemi Covid 19. Namun kreativitas para filmmakers tidak pernah surut. Mereka bisa tetap berkarya, bahkan dalam kondisi pandemi sekali pun. Pandemi justru melahirkan banyak kreativitas baru.


COO IDN Media, William Utomo, mengatakan, 


“Sundance Film Festival: Asia 2021 akan menghadirkan serangkaian program yang intensif dan komprehensif. Harapan kami, para sineas di Indonesia dan regional dapat bertukar wawasan baru mengenai industri perfilman melalui program-program tersebut. Selaras dengan visi IDN Media untuk terus memberi #PositiveImpact bagi masyarakat, Sundance Film Festival: Asia 2021 berkomitmen untuk menemukan bakat-bakat baru di Asia Tenggara, kemudian menghubungkan mereka kepada para pakar di industri perfilman.”

Oh, ya pada kegiatan ini juga akan dilakukan engumuman Best Short Film Jury Award for the Short Film Competition dan intensive workshop untuk membina para talenta perfilman di Asia Tenggara juga diadakan pada kesempatan yang sama. 


https://www.keluarganawra.com


Support  Asia Intensive Program 


Dalam rangkaian acara ini, juga digelar berbagai kegiatan yang berkaitan dengan dunia perfilman, akan digelar pelatihan secara intensif selama dua hari. Kamu bisa mendaftar dan mengikuti kegitaan ini mulai tanggal 15 September 2021.


Pelatihan ini bisa diikuti secara perorangan atau kelompok ya. Asik sekali, jika bisa belajar bersama dengan team yah. Selain itu sebagai ajang, untuk menemukan orang-orang dengan bakat baru dan unik di dunia film. 


Kim Yutani, Direktur Pemrograman di Sundance Film Festival, mengatakan 


“Bersamaan dengan berkembangnya film-film fiksi dan dokumenter di Indonesia, kami begitu antusias terhadap peluncuran Sundance Film Festival: Asia edisi pertama kami,” 

Ia, juga menambahkan bahwa kegiatan ini juga sebagai

“Merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk dapat membawa semangat independen Sundance ke komunitas film yang dinamis di Indonesia. Semoga, kami dapat terhubung dengan penonton lokal dan mendukung seniman Indonesia melalui intensive workshop dan panel discussion yang kami selenggarakan.”


Akhirnya, sebelum aku tutup. Dari 8 Nominasi Film Tersebut. Mana yang jadi favorit kamu? ditunggu jawabannya di kolom komentar ya.


38 comments

Aku yang nomor 8 aja deh, mbak hehee... Writing with Fire. Btw itu kalo mau ikut pelatihannya ada kriteria tertentu ga, mbak?

Reply

udah lama aja aku nggak lihat dan ikuti Sundnce festival mba.. biasanya filmnya okeee nih

Reply

Wah kereeen..ini yg suka dunia film perlu ikutan iniiii ya mba. Momeeennya. .
Iyayaa bukan hanya uang, lebih dari itu sih ya mba kalau ajang sperti ini^^

Reply

Berarti saya harus nonton dulu nih semuanya, biar bisa memilih film mana yang menjadi favorit.
Soalnya belum pernah nonton satupun, hehehe.

Reply

Kalau ditanya apa film terfavorit menurut saya, kayaknya bingung, deh! Soalnya semua yang masuk nominasi film itu bagus semuanya.

Reply

Wah diajak milih salah satu dari 8 nominasi yang ada, harus nonton dulu kali ya. Sementara aku kan belum nonton :D
Aku juga belum pernah menyaksikan Sundance Film Festival. Ada kesempatan kali ini buat nonton online ya, tapi berbayar. Boleh juga buat yang berminat. Trims infonya mbak.

Reply

Aku suka nonton film, tapi pastinya belum tergolong movie freak sih hehehe..
Aku belum nonton satu pun dari delapan film yang ada di daftar ini (ya namanya juga bukan movie freak). Levelku hanya penikmat film. Makanya cuma bisa wow aja kalau baca review film yang sampai bisa menilai sinematografinya, aktingnya, costumnya, dan lain-lain detailnya.....Film yang bagus sungguh sebuah karya yang kompleks.

Reply

Deretan filmnya belum ada yang aku tonton nih mbak, semoga dengan adanya Sundance Film Festival ini bisa terus memberikan sajian film-film yang bagus-bagus ya mbak.

Reply

Aku beneran salut dengan film-film dokumenter.
Ini merek dengan dana yang terbatas bisa mewujudkan ide yang terus ingin mereka wujudkan agar tetap bisa tersampaikan makna dan pesan sebuah film.

Semoga semakin sukses untuk para penggiat film di Asia.

Reply

semoga yang menang yang terbaikkkk
walau pandemi tetap menghasilkan karya-karya apik yang bisa goshow seperti ini. bangga juga film dari berbagai negara bersaing terbaik
siapa yang menang ya kira-kira nanti?

Reply

Harus nonton dulu nih film nya dulu baru kasih komentar Suka yg Mana...

Ini gàk Ada film khusus indonesia ya kak.. mudah2an bisa nih masuk ajang sini kedepannya

Reply

Bingung milih yang mana, semuanya bagus dan informatif apalagi mengangkat budaya Indonesia. Semoga yang menang terus melanjutkan karyanya. Jadi penasaran siapa yang akan menjadi pemenangnya.

Reply

Film-film yang dinominasikan keren-keren nih...Dan setuju jika helatan seperti Sundance Film Festival ini bisa membuat kreativitas filmmaker takkan surut sehingga terus semangat berkarya

Reply

kalau lihat dari judul - judul film yang ada memang oke - oke semua yaa mba, terbayang seperti apa kontennya nanti. Aku belum sempat nonton festival ini nih

Reply

Festival film yang pastinya sudah ditunggu-tunggu oleh orang perfileman dan insan-insan penggemar film ya Mbak. Semoga dari ajang ini lahir sineas-sineas yang akan menyemarakan perfilm Asia Tenggara. Amin

Reply

Ajang kompetisi ini nggak cuma dapat hadiah tapi banyak ide2 cemerlang biasanya ya mba. Betul saling bertukar pikiran..Film2 festival biasanya unik dan idealis.

Reply

Iya aku setuju, pandemi ini justru membuat kita jadi lebih kreatif ya. Bisa menemukan orang2 yang satu bakat dengan kita itu jadi enak ya.

Reply

Acaranya bar saja usai yaa, kak..
Dan semoga pemenangnya semakin menginspirasi bagi penggiat cineas dimanapun berada untuk berkarya dan mengikuti Sundance Film Festival Asia, ajang penghargaan Film bergengsi di Asia.

Reply

Nominatornya kebanyakan dari Amerika Serikat ya .... baca bagian pengumuman pemenang .. sudah rupanya. Semoga yang terbaik yang menang.

Reply

Keren nih, ajang kompetisi yang memacu adrenalin para pelaku film, unik banget emang nih festivalnya.

Reply

Sayangnya ga terlalu akrab sama judul judul film nominator,
apa karena gaungnya di media sosial kurangkah atau gimana?

Reply

Dari ke 8 judul film itu, saya nggak ada satupun yang kenal mbak, jadi maaf nggak bisa milih jadinya.

Salut buat penyelenggara sundance film festival asia ini, walau dimasa pandemi tetap menggelar kegiatan ini. Pastinya hal ini bisa jadi pemicu bagi insan perfilman untuk terus berkarya

Reply

Festival film yang bagus nih. Tentunya berisi film yang cukup menyentuh dan bisa mengaduk-aduk perasaan penonton. Kalau saya jagoin Writing with Fire/India. Gak tahu kenapa kok kayaknya ada kisah yang epic untuk ditonton nih..

Reply

Festival film ini, biasanya menghadirkan film-film yang berbeda dengan film2 komersil lainnya. Wawasan ttg perfilman dan cerita, bisa lebih luas dan beragam ya

Reply

Dari namanya Aku pikir Sundance itu khusus orang Sunda 🤦 Batu Tau Aku Ada festival filim Sundance ini.. bisa dijafijy ajang saking belajar ini y mba

Reply

Sundance FIlm Festival ini salah satu festival yang dinantikan oleh sineas perfilman ya mam? Kalau dari daftar di atas aku ngga bisa menentukan yang mana, kenapa? Karena aku ngga kenal satu pun yang jadi nominasi, huhuhu... Tapi kalau nominasi untuk drakor insya ALlah ada mam, hihi...

Reply

wah iya, nominasi film dari Sundace Film Festival ini nggak diragukan lagi ceritanya ya mbak
Ini dari Indonesia nggak ada ya?

Reply

Aku ga bisa favoritin karena ga tau judul film itu nanti kisahnya gimana mba. Penasaran deh nunggu pengumumannya, udah ada berarti kan ya kalau sekarang?

Reply

Wah, aku gak ngikutin nih Sundance Festival ini. Kurang tau pula film-filmnya. Tapi penasaran deh. Kepengen nonton. Tapi di Mana ya nontonnya?

Reply

Semoga nanti film Indonesia bisa ikutan dan masuk nominasi Festival Sundance ini ya bergengsi banget ajang ini bagi insan perfilman

Reply

pecinta film pastinya nggak mau ketinggalan dong ya sama acara sundance film festival ini apalagi acaranya juga nggak cuma muter film tapi ada diskusi juga tentang perfilman

Reply

Keren bgt tuh pasti film2nyaa.. Aku penasaran sama film yg dr Meksiko itu, pgn deh nonton. Kangen jg nikmatin film sambil makan popcorn. heheh

Reply

Semoga perfilm-an Indonesia makin maju ya mba. Berhubung tak satupun dari 8 nominasi film itu pernah saya tonton maka saat ini saya belum bisa menentukan pilihan. Maka saya harus menonton dulu deh, biar bisa menentukan pilihan.

Reply

Penasaran dengan Luzzu aku mbak... Kisahnya sepertinya menarik dan bikin penasaran endingnya.. Kmrn sempat baca sinopsisnya

Reply

Jaman kuliah suka nih ngikutin film2 festival begini, terus cari info buat nonton filmnya di komunitas kampus. Apik2 kalau film festival

Reply

dibaca dari judul film-nya saja udah pasti keren nih, tapi kalau saya yang musti milih jelas bingung karena belum nonton filmnya hehe. eh sekarang udah bulan Oktober ya siapa pemenangnya mbak?

Reply

Waduh, aku nggak ada yang tau filmnya ni mbak. Wkwk.. Kepoin filmnya dulu lah biar bisa milih yang mana jadi favoritku. 😍

Reply

Jagoanku, nomor 8 deh mba..
Writing with fire/India.

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.