Menu

Postingan Paling Kece

Vitamin Anak yang Penting untuk Tumbuh Kembangnya

Friday, March 30, 2018

/
Assalammualaikum Wr.Wb

Keluarganawra.com_ Ketika Anak Minta Dibelikan Handphone. Anak sulung saya Nawra, memang sudah pernah punya handphone. Hadiah dari saudara sepupunya yang tinggal di kota Serang. Handphone. Untuk anak Sekolah Dasar, saat itu Nawra kelas tiga SD sudah lumayan bagus. Handphone android keluaran merek Blackberry. Selebihnya kami belum pernah membelikan Nawra secara khusus handphone baru, apalagi yang memang disukai atau dia pilih sendiri. Palingan selama ini dia sering meminjam handphone saya atau suami. Lagipula di sekolah dia ga boleh bawa handphone. Untuk kegiatan di luar jam sekolah pun , di sekolahnya juga tidak boleh membawa handphone. Jadi memang belum terlalu perlu untuk membeli handphone. 

Lalu waktu berlalu, sekarang Nawra sudah kelas enam, udah banyak informasi yang di dapatkan. Termasuk informasi seputar handphone dan ingin juga memiliki handphone baru. Cuma saya dan suami saat ini lagi ga ada dana buat beliin Nawra handphone. Seorang teman menyarankan untuk nyoba kredit hp tanpa kartu kredit. Emang ada ya, dimana? Gimana caranya. 



Saya sih belum terlalu ingin membelikan Nawra handphone, lagipula dia harus fokus dulus ama ujian akhir sekolahnya.

Nawra akhirnya membuat kesepakatan dengan kami, bahwa dia akan berjuang belajar dan mencapai keinginan dia, agar lulus dengan nilai terbaik dan lulus diterima di sekolah yang dia inginkan. Saat semua itu tercapai, dia meminta handphone baru sebagai hadiah.

Jadi ujung-ujungnya saya dan suami, tetap harus mengalokasikan dana untuk membelikan kakak Nawra handphone dong. Ini embel-embelnya sebagai hadiah.

Jadi, apa yang harus dilakukan Ketika Anak Minta Dibelikan Handphone, di saat belum ada dana buat beli hp baru secara cash. Apalagi Kakak Nawra mau lanjut masuk SMP, adiknya si Athifah mau masuk PAUD, semua butuh dana cash. 

Saya pun mencoba browsing, mencari informasi yang pernah diceritakan teman, kredit hp tanpa kartu kredit.

Habis browsing saya ketemu informasi ini Kredit Tanpa Agunan (KTA) Tunaiku juga bisa menjadi solusi bila ingin beli hp baru, kita bisa mengajukan sejumlah pinjaman kepada Tunaiku. Proses administrasinya cepat dan mudah karena  bisa daftar online. Jumlah yang dipinjamkan oleh Tunaiku variatif, mulai dari Rp2-Rp20 juta. Cukup banget buat beli hp baru dan kebutuhan lainnya. Dengan bunga terjangkau, pengembalian pinjaman KTA Tunaiku bisa dilakukan selama 6-20 bulan, tergantung dari besar pinjaman kamu.

Informasi ini saya teruskan kepada suami.

Kemudian ada opsi lainnya yang bisa digunakan untuk kredit hp baru tanpa kartu kredit. Bisa dicobain dengan cara ini juga

Salah satu merek handphone yang diincar Nawra


Pinjam Uang dengan Saudara

Beruntung banget yang punya saudara tajir dan baik hai, bisa menjadi tempat untuk pinjam uang. Cuma tetap harus diingat, meski pinjam dengan saudara. Kita harus tepat waktu untuk mengembalikan uangnya , jika belum bisa membayar tetaplah berkomunikasi dengan baik. Jika sebelumnya kita sering main atau silaturahim, saat ada utang dan belum bisa bayar, tetaplah berlaku seperti sedia kala. Main dan silaturahim. Ga baik dengan siapa pun, apalagi dengan saudara, silaturahim jika ada keperluan saja. Banyak loh hubungan pertemanan dan persaudaraan yang rusak akibat utang.

Menggunakan Dana Simpanan

Biasanya dana ini kami keluarkan untuk hal-hal yang sangat mendesak. Uangnya disimpan di bank khusus. Yang Atmnya susah, hahaha. Susah ditemukan alias ga mudah dijumpai. Atau ga ada Atm sekalian. Jadi uangnya  agak awet. 

Menabung dan Mencicil Sendiri

Cara ini biasa saya gunakan untuk Kakak Nawra, sebab dia sudah mulai tahu dan mengerti tentang konsep uang dan menabung. Dimulai dengan keinginan yang mudah Jadi jika dia ingin sesuatu , nabung duluan duitnya lalu kalo sudah terkumpul baru beli. Nah, untuk handphone ini kayak bisa juga dijadikan dengan cara ini. Akhir tahun ini aja deh dia baru beli hp. Ngumpulin uang dari saweran lebaran juga, hihihi. Tapi apa anaknya mau, huhuhu. Moga mau ya!


Menjadi Penulis Bulanan 

Cara ini, menarik juga digunakan sekaligus bisa memotivasi. Ini sebenarnya saya yang melakukannya, cuma Nawra bantu jagain adik-adiknya kalo saya lagi nulis. Lumayan juga uangnya bisa dikumpulin.

Silakan dipilih, cara gimana yang cocok dan bisa kita gunakan untuk kredit hp tanpa kartu kredit. Harap selalu menyesuaikan dengan pendapatan dan kebutuhan atau keinginan yang ingin dipenuhi ya.

Namun sebelum membelikan handphone ada baiknya kita sebagai orang tua bisa membuat beberapa kesepakatan dengan anak, agar kebutuhan bermain handphone tidak mengalahkan kebutuhannya untuk belajar dan menambah keterampilan diri. 

Dengan Kakak Nawra sekarang saya udah kayak sahabat aja :), ini waktu ke pulau Tikus
Kita bisa membuat kesepakatan seperti ini dengan Anak Soal handphone

  1. Harga handphone atau merk handphone yang akan dibeli, beritahu anak uangnya darimana. Agar anak juga bisa berempati dan bisa menjaga, merawat handphone denga baik. 
  2. Waktu bermain atau menggunakan handphone kapan saja
  3. Kapan handphone boleh dibawa ke luar rumah
  4. Aplikasi apa saja yang boleh ada atau didonlot di handphone
    Jatah pulsa dan kuota internet untuk anak berapa, bisa menggunakan harga, jumlah, atau waktu. Misalnya, jatahnya sekian , dengan harga sekian untuk satu pekan. Selebihnya jika habis menjadi tanggungjawab sendiri, bagaimana caranya untuk berhemat. Tidak memberikan opsi jika pulsa atau kuota habis, silakan beli sendiri, Hal ini akan menimbulkan efek yang lainnya. Sebaiknya untuk anak SMP tidak disarankan membuat kesepakatan seperti ini.

Lalu berikan pengetahuan tentang cara menggunakan internet dan sosial media yang baik. Mengenai isi status, postingan foto, cara komen, dan membagikan postingan orang lain. 

Yang tak kalah penting juga adalah tetap melakukan Kontrol dan temani anak saat menggunakan handphone dan menggunakan media sosial.  Jadilah teman atau follower anak kita sendiri, agar kita juga bisa mengontrol aktivitas anak di media sosil

Kebersamaan dengan anak akan mengalahkan daya tarik hp


Jadi Ketika Anak Minta Dibelikan Handphone, bukan segera mencari tahu harga hp dan gimana cara membeli atau kredit hp tanpa kartu kredi, akan tetapi banyak hal lainnya yang juga penting untuk kita perhatikan.

Semoga postingan ini bermanfaat dan memberikan informasi ya. Salam




10 comments

wah kalau fira dulu smp baru dikasih hp mbak, itu juga hilang setelah 6 bulan pemakaian XD sejak saat itu cuma dikasih handphone second, hehe. Baru kemudian SMA beli sendiri handphonenya, pake uang hadiah lomba

Reply

baru dipercaya pegang handphone sendiri sejak mau lulus SMA. selama ini cuman pinjem punya orang tua, heuheuuu.

Reply

Anak sekarang merasa perlu banget sama handphone ya mbk. Ada yang hobi main game online sampai berlebihan. Perlu banget dikontrol.

Reply

Anak zaman sekarang, udah ngerti hp semua ya.

Reply

Anak tk pun sekarang udah pada ngerti main gadget mbak. Jadi pada minta beliin smartphone semua.

Reply

Intan baru punya HP pas SMP kelas 2, mi. Itu pun HP Nokia yg telolet telolet wkwkw. Tapi seiring waktu, jenis HPnya diupgrade sih. hehe

Reply

Penting nih mba untuk diterapkan. Jangan sampai gara-gara hp, anaknya lebih dekat dengan hp daripada emaknya.

Reply

Jadi inget seminar parenting soal pembatasan penggunaan handphone untuk anak mbak.. di satu sisi teknologi perlu diketahui oleh anak. Tapi disisi lain ada dampak yang bisa kurang baik

Reply

Bener banget. Banyak yg harus dipertimbangkan dalam membelikan hp utk anak. Aku baru punya hp SMA karena sekolah jauh dan banyak kegiatan, jadi butuh hp untuk minta jemput atau hal" penting lainnya

Reply

Makasih materi parenting perhenponannya mak. Aku jg tambah elmu mendidik ney nanti

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.