Menu

Sunday, February 18, 2018

/
Assalammualaikum Wr. Wb

Keluarganawra.com- Membiasakan Mengkonsumsi Makanan yang Beraneka. Ragam Makanan merupakan faktor yang sangat penting bagi manusia mulai dari bayi hingga orang tua membutuhkan makanan. Makan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia .Tanpa harus diajarkan sejak bayi pun manusia sudah berusaha untuk memenuhi kebutuhannya akan makanan. Pada saat bayi, makanan disuplai oleh ibu bahkan sejak dalam kandungan pun manusia sudah mendapatkan makanan dari sang ibu. Setelah besar dan tumbuh, setiap orang bisa memilih dan memenuhi kebutuhannya sendiri untuk makan. 




Aneka ragam makanan diperlukan karena tidak ada satu jenis makanan di bumi ini yang mengandung semua zat gizi dan zat kesehatan lainnya yang dibutuhkan badan, kecuali ASI.  Kebiasaan ini harus ditanamkan sejak kecil, setelah usia 6 bulan, bayi tidak hanya membutuhkan ASI saja. 

Bayi membutuhkan makanan tambahan dalam bentuk lunak. Bahan makanan tersebut dapat dibuat dari berbagai bahan yang bervariasi. Agar bayi mengenal macam-macam rasa makanan. 

Anak-anak saya mulai mengenal berbagai macam jenis sayuran dan bahan makanan sejak setelah lepas ASI Full, sekitar usia enam bulan ke atas. Mulai dari nasi tim, halus, kasar, menu tunggal dan lain sebagainya. 



Nawra dan adik-adiknya sangat menyukai makan makanan seperti rebus jagung, pisang, ubi , kacang. Istilah kata orang sekarang makanan kampung, hihihi. 

Namun Alhamdulillah, semua anak saya sangat menyukai. Apalagi unuk ubi singkong, kami memang menanam ubi tersebut di perkarangan rumah. Jadi sering juga panen dari hasil kebun sendiri. Kalo pun beli, harganya juga tidak terlalu mahal.



Apalagi memang di kota Bengkulu, jenis bahan makanan seperti itu banyak tersedia dan mudah didapatkan. Di warung pun juga banyak yang menjualnya. 

Fungsi Makanan Beragam Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Fungsi makanan selain untuk memenuhi rasa lapar, selain itu makanan berfungsi untuk pertumbuhan, kegiatan kerja dan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Pada ibu hamil dan menyusui makanan sangatlah dibutuhkan baik untuk dirinya sendiri maupun bagi janin atau anaknya. Seiring dengan perubahan fisik pada saat kehamilan, seorang wanita hamil membutuhkan banyak makanan daripada wanita  sehat yang tidak hamil. Begitu juga dengan wanita yang menyusui. 

Wanita menyusui membutuhkan berbagai jenis makanan untuk kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan anak. Terutama pada masa proses ASI Ekslusif dimana seorang anak hanya mendapatkan asupan makanan dari sang ibu saja.

Pada saat hamil dan menyusui metabolisme tubuh meningkat sehingga membutuhkan zat gizi yang banyak dan sehat. Dalam hal ini bukan hanya diperlukan menambah jumlah asupan makanannya tetapi ragam dan kualitas makanannya juga harus lebih beragam dan sehat. Orang-orang sering menyebut masa kehamilan dan menyusui itu adalah masa makan ‘berdua’ sehingga ibu hamil dan menyusui mudah sekali merasakan lapar. Jika seorang ibu yang hamil atau menyusui hanya menambah jumlah porsi makanannya bukan kualitas gizi makanannya. 

Buku saya, beli dong :)
Jika butuh informasi lebih banyak lagi mengenai nutrisi untuk ibu hamil dan menyusui, bisa membeli dan membaca di buku saya yang berjudul Nutrisi Pintar Ibu Hamil dan Menyusui Golongan Darah. Bisa dipilih sesuai dengan golongan darah kamu semua. 

Beli bukunya bisa di semua tokp buku yang ada dan Gramedia di mana saja ya, harganya Rp. 38.000. Semoga buku ini bermanfaat ya, bagi kamu yang sedang hamil dan menyusui.
 
Yang terjadi akan menambah berat badan sang ibu saja. Penambahan berat badan yang berlebihan pada ibu hamil bukanlah sesuatu yang baik, hal ini akan dapat menimbulkan banyak masalah dan dapat berakibat buruk pada perkembangan kehamilan. 

Membiasakan diri mengkonsumsi berbagai jenis makanan adalah suatu kebiasaan yang baik dan sehat. Alasan lainnya karena jumlah dan jenis zat gizi yang terkandung di dalam setiap jenis makanan tersebut berbeda-beda. Dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan , kekurangan zat dari satu makanan dapat dipenuhi oleh makanan yang lainnya.
 
2 comments

Bukunya keren. Sempat intip2 sedikit pas main ke gramed, tapi belum berkesempatan buat beli. Hiks..

Reply

Sukses buat bukunya mba, ini keren-kerwn banget neh.

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.