Menu

Thursday, November 1, 2018

/
Assalammualaikum. Wr.Wb

Dear sahabat Keluarga Nawra, beberapa waktu lalu, saya kebagian icip oleh-oleh dari seorang bapak, orang tua kami di kantor. Beliau baru pulang beribadah haji bersama istrinya. Alhamdulillah di tahun ini 2018. Beliau diberikan oleh Allah kesempatan untuk berangkat ke Baitullah , menjumpai rumah Allah. Saya dan keluarga juga ingin sekali ke baitullah, ingin sekali di tahun 2010. Semoga Allah mencukupkan rejeki dan memberikan kemudahan. Aamiin.

Nah, dari pak Marwan, kami sekantor diberikan beliau oleh-oleh haji. Dalam sebuah kemasan praktis. Mudah juga dibagikan dan kemasannya juga terbungkus dengan baik sehingga sterill. Terjaga kebersihannya.

Saya pun membuka kotak oleh-oleh haji tersebut, dengan bersemangat. Gak sabaran pengen tahu, isinya apa saja.


Wow, ternyata isi kotak berwarna dominasi biru itu adalah....  

1). Zam-zam 

Air zamzam adalah mukjizat yang diberikan Allah swt kepada Nabi Ismail, Allah swt ingin menunjukkan kuasaNya, setelah perintahNYa ditaati oleh Nabi Ibrahim untuk meninggalkan istri dan anaknya, Nabi Ismail kecil dan Siti Hajjar. Siti hajjar menerima perintah Allah dengan ikhlas, ketika anaknya kehausan ia berlari-lari dari bukit Safa ke bukit Marwah hingga akhirnya kaki Ismail menghentak-hentak ke tanah dan muncullah air zamzam dari situ. Ternyata, tak perlu lagi menunggu oleh-oleh Haji dan Umra untuk bisa meminum air zamzam. Kini, air zamzam bisa dengan mudah kita dapatkan di Planet Haji Umrah Thamrin City 3A.

2). Kurma 

Oleh Haji Kurma Ajwa atau KURMA NABI Kurma yang sini ini sangat penting untuk dijadikan buat tangan yakni oleh oleh haji kurma ajwa.Jenis kurma memang sangat beragam, namun reputasi ajwa’ atau sering disebut dengan kurma Nabi, seakan tak tertandingi. Ada sejarah dibalik sebutan kurma Nabi untuk kurma ajwa. Nama Ajwa merupakan nama dari salah satu putra Sahabat Nabi, Salman Al Farisi RA. Ajwa’ yang mewakafkan kebun kurmanya pada Nabi. Saat itu, untuk mengenang jasa sahabatnya, Nabi memutuskan untuk memakai nama Ajwa tersebut pada kurma-kurma yang beliau tanam di sekitar masjid Quba’.

Menurut riwayat, Nabi SAW mendapatkan kurma ajwa ini langsung dari Malaikat Jibril, saat melihat Nabi berbuka puasa tanpa makanan yang berarti. Malaikat Jibril meminta langsung pada Allah untuk diberikan makanan yang istimewa kepada nabi. Atas permintaan Malaikat Jibril inilah, Nabi diberikan Allah kurma yang berbeda dari kurma lainnya. Sampai saat ini, pohon kurma Nabi (kurma Ajwa) yang ada di sekitar masjid Quba tersebut hanya berjumlah sekitar 100 pohon saja. Kurma Ajwa pun hanya tumbuh subur di sekitar masjid Quba, tempat Nabi menanamnya, sehingga sampai saat ini jumlahnya hanya terbatas. Tak heran, jika harga kurma Ajwa sangat tinggi dibanding kurma lainnya. 

Kemasan dan kontaknya menarik yaah

3). Kacang Arab

Kacang arab adalah tumbuhan yang termasuk suku Fabaceae yang menghasilkan polong berukuran kecil berwarna kekuningan. Kacang arab kaya protein dan merupakan salah satu dari tanaman budidaya yang paling kuno Mungkin anda berfikir bahwa semua jenis kacang mengandung kolesterol jahat.

Sumber protein nabati dan Bebas kalori Kesulitan memperoleh asupan protein biasanya dialami oleh vegetarian dan vegan. Solusi bagi mereka adalah konsumsi kacang arab, karena mengandung protein yang baik tanpa ketakutan penambahan kalori dan lemak tak jenuh. Makanan ini dapat menjadi alternatif selain gandum.

Menjaga Energi tubuh Kacang arab mengandung mangan, mineral yang mampu meningkatkan energi dan imunitas tubuh anda. Fakta yang menarik adalah dengan konsumsi secangkir kacang arab sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, akan membuat anda energik selama seminggu. Konsumsi kacang arab dengan cara menggorengnya, dapat merusak nutrisi yang dikandungnya. Jika anda ingin memakannya sebagai cemilan, cara yang baik adalah dengan merebusnya ke dalam air yang telah ditambahkan sedikit garam.

4). Kismis 

Kismis adalah anggur yang dikeringkan dan dapat dimakan langsung atau digunakan dalam masakan. Pada abad ke-11 Masehi tentara salib memperkenalkan kismis di Eropa setelah kembali dari Mediterania. Kismis dapat dipergunakan sebagai oleh oleh haji dikarenakan manfaatnya yang banyak . Berikut daftar manfaat dari kismis : Menyehatkan gigi Kismis mampu merawat gigi sebab mengandung asam oleanolic yang mampu melindungi gigi dari pembusukkan. Asam ini juga mampu membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut. Menyembuhkan sembelit Kismis kaya akan serat oleh sebab itu mampu menyembuhkan sembelit. Mengobati anemia Jika Anda menderita anemia, maka perbanyaklah mengonsumsi kismis.

Sebab kismis mengandung zat besi, vitamin B kompleks, dan mineral lain yang mampu meningkatkan jumlah darah. Mencegah kanker Zat antioksidan yaitu polifenol catechin yang ada di dalam kismis mampu memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan tumor dan kanker. Merawat mata Fitonutrien yang merupakan salah satu zat antioksidan di dalam kismis mampu mencegah kerusakan mata karena radikal bebas. Menguatkan tulang Kismis kaya akan zat besi dan kalsium. Kedua mineral ini sanggup meningkatkan kesehatan tulang Anda. Meningkatkan libido Kismis juga bermanfaat untuk meningkatkan kehidupan seksual Anda. Sebab kandungan asam amino arginin yang ada di dalam kismis mampu meningkatkan libido Anda.

Membersihkan pencernaan Kismis kaya akan serat yang baik untuk membersihkan saluran pencernaan dan menghilangkan racun di dalam tubuh. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh Kismis sarat akan glukosa dan fruktosa yang mampu meningkatkan penyerapan vitamin sehingga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Mengurangi asam lambung Kandungan kalium dan magnesium di dalamnya bermanfaat untuk mengurangi asam lambung yang dapat menyebabkan maag.

Isinya lumayan lengkap buat ngilangin kangen makanan Arab

5). 1 buah Tasbih atau gantungan kunci, atau tasbih

Orang arab menyebut biji tasbih dengan bermacam-macam nama, diantaranya adalah subhah, misbahah, tasaabih, nizaam. Sementara orang-orang sufi menyebutnya dengan al mudzakkirah billah (pengingat kepada Allah), raabitatul qulub (pengikat hati), hablul washl atau sauth asy syaithan atau cambuk setan. Untuk mengucapkan bacaan tasbih secara berulang-ulang ini diciptakanlah alat yang disebut misbaha dan di Indonesia sendiri disebut juga dengan nama biji tasbih terkadang disingkat menjadi tasbih (tasbeh) saja. Biasanya biji tasbih dibuat dari kayu, namun ada pula biji tasbih yang dibuah dari bji-biji zaitun.

Umumnya seutas biji tasbih terdiri dari 99 batu. Angka 99 ini melambangkan 99 Asma Allah. Namun ada pula biji tasbih yang terdiri dari 33 atau 11 batu-batuan. Pada kedua kasus terakhir ini, sang pengguna harus mengulangi lingkaran tiga atau sembilan kali. Meskipun begitu, ada pula biji tasbih yang terdiri dari 100 atau 1.000 batu. Membawa tasbih sebagai oleh oleh haji tentu diperlukan karena tak lengkap rasanya bila seseorang telah kembali dari haji tanpa membawa oleh oleh satu ini , selain kecil harga yang murah bisa dijadikan pilihan untuk dibagikan ke tetangga sebagai paket oleh oleh haji.

Pak Marwan yang berbahagia

Semua tersusun dengan rapi dan bersih. Tidak tercampur sebab dikemas masing-masing. Selain itu ada juga sekat di antara masing-masing oleh-oleh tersebut.

Saya pun mencoba satu persatu oleh-oleh tersebut, semuanya sama seperti rasa makanan khas Mekah yang biasa atau pernah saya makan di beberapa tempat. 

Semuanya sama dan ga berbeda, kecuali jumlahnya yang sedikit, hihihi. Maklum saja namanya saja oleh-oleh yaaak. Kalo pengen banyak, bisa beli sendiri dong yaah.

Salam, semoga kita segera dipanggil Allah ke rumah Allah ya, naik haji. Aamiin

Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.