Menu

Sunday, February 28, 2021

/

 5 Tips Mempercepat Anak Belajar Membaca
 

Minat membaca rata-rata di Indonesia sudah terbilang rendah dibandingkan negara berkembang lainnya. Hal ini diperburuk dengan kurangnya bacaan bermutu yang dapat membantu belajar membaca anak TK sejak dini. Orang tua harus memutar otak untuk membuat kegiatan membaca menyenangkan. Kita menghadapi tantangan melebihi waktu masa kita kecil dahulu. Agar anak bisa membaca lebih cepat, orang tua juga perlu membantu belajar di rumah. 


study
Sumber gambar freepik

Tips Belajar Membaca Anak TK Dengan Cara Menyenangkan 


Anak-anak yang sedang duduk di bangku taman kanak-kanak (TK) lebih sering bermain dalam belajar. Pada usia ini kita sudah bisa mengenalkan buku bacaan dan membantu anak belajar baca. Mulailah dengan menumbuhkan kecintaan pada buku dan media bacaan lainnya. Berikut adalah beberapa cara untuk membantu belajar membaca anak TK yang dilakukan sambil bermain.


1.    Bedtime Stories


Biasakan untuk menularkan kecintaan pada beragam materi bacaan. Jangan lupa juga untuk membuat kegiatan membaca menyenangkan bagi anak-anak, sesuai usianya. Walau orang tua lelah dan tidak mood membaca, coba untuk mendongeng setiap malam sebelum mereka tidur.


Anda bisa mulai dengan buku yang kaya ilustrasi dan mendukung imajinasi anak. Bacalah dengan keras dan bila perlu tunjuk tulisan yang Anda baca. Dengan demikian anak terbiasa melihat huruf, suku kata dan kalimat.

Jangan hanya berfokus untuk menyelesaikan bacaan. Ajak anak untuk berdiskusi dan tanyalah bagian-bagian dari buku untuk mendengarnya bercerita dan berpendapat. Anda juga bisa sesekali bertanya tenta huruf atau kata tertentu yang sudah anak ketahui atau pelajari sebelumnya.


2.    Gunakan Aplikasi Baca 


Jaman sudah canggih dan ada banyak media yang bisa dipakai untuk belajar membaca anak TK. Selain itu, anak-anak usia TK bisa terhibur dengan aplikasi yang berwarna dan tambahan musik. Tinggal tugas orang tua saja mengarahkan pelajaran sesuai dengan perkembangan anak. Belajar membaca anak TK online juga bisa dicoba dengan memakai youtube atau situs-situs untuk membaca.


Anda bisa mengenalkan berbagai suku kata, bagaimana cara membaca kata dengan konsonan mati dan masih banyak lagi. Aplikasi yang dipakai juga menyesuaikan dengan minat anak. Ada anak yang menyukai kartun, karakter anak-anak atau tema lainnya. Pakai tema tersebut untuk menarik minat mereka.

Aplikasi membaca kini bisa juga dipakai untuk melakukan permainan. Ada untuk membaca huruf, kosa kata dan menyambungkan huruf untuk membentuk kata tertentu. Biasanya aplikasi seperti ini dapat dimainkan dengan menggunakan ujung jari pada tablet. 


3.    Asosiasi 


Membaca adalah kemampuan untuk mengolah huruf dan cara membacanya. Bagaimana cara terbaik untuk membantu anak usia TK untuk membaca? Berikan kemudahan bagi mereka untuk dapat mengenali huruf, suku kata dan pengucapannya. Kita bisa memakai gambar untuk membantu anak memahami konsepnya terlebih dahulu.


Orang tua bisa menaruh tulisan untuk tiap benda di dalam rumah. Bisa juga membeli flash card yang ada gambar dan tulisan dibawahnya. Cara belajar membaca seperti ini tentu bisa dengan mudah dilakukan oleh orang tua. Bantulah anak untuk terbiasa membaca walau bukan dalam bentuk buku cerita.


Anak bisa diminta untuk mengambil gambar untuk kata yang Anda sebutkan atau mengambil tulisan dari gambar yang Anda tanya. Ada banyak cara untuk mengarahkan Anak untuk dapat melakukan asosiasi antara gambar (benda visual) dengan tulisan serta bagaimana membacanya.


4.    Melatih Motorik 


Pada usia TK, anak-anak mulai dikenalkan untuk dapat menggenggam pensil dan menulis. Latihan motorik seperti menggambar, membuat bentuk, menggunting dan lain sebagainya adalah keterampilan yang umum diajarkan untuk anak yang duduk di TK.


Orang tua bisa mempercepat proses belajar membaca anak TK di rumah dengan melakukan hal yang sama. Kenalkan huruf, kata dan suku kata dengan sekaligus melatih motorik halus anak. Gunakan berbagai alat tulis seperti pensil, pensil warna, krayon, kapur dan lain sebagainya.


Orang tua bisa menyediakan huruf berukuran besar untuk digunting dan ditempel. Bisa juga menggambarnya atau menghias dengan dekorasi dan lem. Cara belajar membaca anak TK seperti ini tentu akan sangat disukai oleh anak. Menyediakan papan tulis juga bisa jadi media menulis dan membaca yang tentu disukai oleh anak.


5.    Audio Book 


Inovasi dunia percetakan juga mengalami perkembangan seperti hal-hal lain. Kini hadir buku dengan audio yang dapat mendampingi anak Anda belajar membaca, walau Anda tidak ada atau sedang sibuk melakukan hal lain. Apakah buku seperti ini dapat membantu anak semakin lancar membaca? Tentu saja.


Anak dapat menggunakan banyak indera tubuh untuk dapat membaca. Ada suara untuk didengar, tulisan untuk dibaca serta buku untuk disentuh. Alat bantu seperti audiobook juga sangat bermanfaat bagi orang tua sibuk yang tidak selalu bisa membacakan buku bagi anaknya. Kegiatan belajar membaca anak TK juga dapat diarahkan tanpa selalu didampingi.


Cara ini dapat membantu anak berlatih sendiri, walau tanpa panduan orang tua. Tentu tiap anak berbeda-beda dan cenderung memiliki fokus yang sebentar kalau untuk duduk berdiam diri sambil membaca. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat kegiatan membaca menyenangkan dengan buku-buku bagus yang menarik perhatian.


Ayo mulai dampingi kegiatan belajar membaca anak TK sampai mereka mencintai aktivitas tersebut dan membaca tanpa perlu bantuan. Anda bisa menerapkan tips-tips yang sudah dibahas di atas, sesuai dengan kebutuhan dan minat anak Anda sendiri. Coba kunjungi kiddo.id untuk melihat berbagai inspirasi lain yang mungkin cocok untuk diterapkan di rumah. Selamat mencoba.  


Sumber
https://www.ef.co.id/englishfirst/kids/blog/usia-berapa-seharusnya-anak-anda-mulai-membaca-/
https://www.ibudanbalita.com/artikel/cara-belajar-membaca-untuk-anak-tk-yang-menyenangkan
https://www.liputan6.com/citizen6/read/4419003/5-cara-mengajari-belajar-membaca-bagi-anak-tk-yang-efektif-dan-menyenangkan
www.kiddo.id



Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.