Menu

Sunday, February 7, 2021

/

Kekurangan dan Kelebihan Oppo Neo 7

Oppo adalah smartphone yang terkenal dengan fitur unggulnnya dalam hal kamera, namun masih dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Hal ini dibuktikan dengan salah satu produknya, Oppo Neo 7 yang sejak awal kemunculannya pada 2015 silam hadir dengan harga yang ramah di kantong namun memiliki spesifikasi yang mumpuni. 


Meski sudah rilis sejak waktu yang lama, namun masih banyak yang mencari Oppo Neo 7. Terbukti dengan masih banyaknya produk ini etalase e-commerce.




Berikut ini adalah kekurangan dan kelebihan ponsel ini yang bisa jadi pertimbangan apabila ingin membelinya.


Aspek desain dan layar


Oppo Neo 7 ditujukan untuk kalangan entry level yang hadir dengan desain premium. Casing belakang Oppo Neo 7 terbuat dari lapisan optik dan serat kaca untuk meningkatkan elastisitas. Bagian ini juga melewati proses laminating khusus, karenanya casing belakang Oppo Neo 7 akan terlihat halus dan dapat  memantulkan cahaya seperti cermin. 


Desain ponsel ini terbilang ramping dan terkesan stylish karena ketebalannya hanya 7.6 mm. Dimensi Oppo Neo 7 mencapai 142.7 x 71.7 mm dengan bobot yang lumayan ringan, yakni hanya 141 gram.


Pindah ke bagian layar, Oppo Neo 7 dibekali layar 5 inchi. Namun kekurangannya adalah resolusi layar yang hanya 540 x 960 pixels dengan kepadatan layar 220 ppi. Resolusi ini terbilang rendah mengingat banyak smartphone kompetitor lainnya yang sudah memiliki resolusi layar yang lebih tinggi.


Aspek performa


Pengguna smartphone ini akan merasakan ponsel yang responsif dan multitasking, karena Oppo Neo 7 menggunakan prosesor berkekuatan Quad-core. Teknologi mesin ini cukup canggih karena mampu melaju hingga kecepatan 1.3 GHz Cortex-A7, mesin ini bahkan diselaraskan dengan chipset MediaTek MT6582. Selain itu, sistem Android v5.1 Lollipop juga melengkapi smartphone Oppo Neo 7 ini untuk mendukung performa mesin tadi.


Oppo Neo 7 hanya mengandalkan GPU Adreno 306 yang mengurangi kualitas grafis ponsel ini. Selain itu, RAM ponsel memiliki kapasitas kecil yang hanya 1 GB. Kapasitas kecil akan membuat aktivitas pada ponsel menjadi tidak maksimal, dan kemungkinan akan sering lag apabila menjalankan aplikasi terlalu banyak.


Aspek kamera


Untuk masalah kamera, seperti kebanyakan smartphone saat ini, Oppo Neo 7 memiliki dua kamera. Oppo Neo 7 memiliki lensa 8 MP atau setara dengan 3264 x 2448 pixels dengan dukungan teknologi back-illuminated sensor serta bidang peka cahaya hingga 1/4 inci, dan bukaan diafragma F/2.0 yang memungkinkan lebih banyak cahaya masuk. 


Fitur-fitur ini mendukung Oppo Neo 7 untuk menghasilkan gambar yang memukau. Kamera utama ponsel ini didukung dengan beberapa fitur, diantaranya Autofocus, Touch Focus, 1/4” sensor size, Geo-Tagging, LED Flash, Face Detection, dan HDR. Fitur kamera yang ada akan membuat hasil foto menjadi jernih dan tajam.


Untuk kamera depan, Oppo Neo 7 dibekali lensa ukuran 5 MP yang dilengkapi dengan Screen Flash dalam aperture F/2.4. Fitur Screen Flash ini akan membuat layar smartphone menjadi pengganti LED Flash saat pengambilan gambar dengan kamera depan dalam kondisi minim pencahayaan atau gelap sekalipun.


Aspek konektivitas 


Oppo Neo 7 ini didukung jaringan 3G HSDPA dengan speed internet HSPA 42.2/5.76 Mbps dan jaringan 4G LTE dengan speed LTE Cat4 150/50 Mbps, dimana ini merupakan kecepatan internet yang cukup cepat. Kecepatan internet ini akan membuat pengguna lebih nyaman baik saat browsing atau streaming video.


Selain itu, Oppo Neo 7 hadir dalam Dual SIM tipe Nano dan Micro yang dapat disiagakan bersama. Dari aspek konektivitas, Oppo Neo 7 juga didukung dengan Wi-Fi, Hotspot, Bluetooth, microUSB, GPS navigasi, dan browser. Dari segi kapasitas penyimpanan internal, Oppo Neo 7 menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 16 GB dengan kemampuan ekspansi memori hingga 128 GB. 


Aspek baterai


Sumber daya baterai Oppo Neo 7 menggunakan teknologi Li-Po (Lithium-Polymer) 2420 mAh. Namun teknologi baterai ini memiliki kekurangan yakni baterai tersebut tertanam, sehingga tidak dapat dilepas pasang. 


Namun demikian, teknologi baterai yang tertanam di ponsel ini mampu menghasilkan waktu siaga hingga 218 jam dan waktu bicara hingga 16 jam. 


Selain baterai yang tertanam, kekurangan lainnya adalah tidak adanya fitur fast charging sehingga pengisian ponsel ini memakan waktu yang cukup lama.


Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.