Menu

Wednesday, July 24, 2019

/
Assalammualaikum.Wr.Wb
Apa Kabar Sahabat Keluarga Nawra?

Dulu saya suka banget menanam bunga , sejak menikah bunga mulai tersisihkan oleh kehadiran anak. lama banget saya tidak bersentuhan dengan bunga dan tanaman. Bagi saya menanam bunga hanya sekedar menambah tanaman di rumah. Akan tetapi juga membuat hati dan pikiran tenang dan tentu saja juga bisa menambah pengeluaran keringat. 

Saat merawat dan membersihkan bunga, tentu saja kita akan bekerja. Baik mata, tangan dan smeuanya juga akan saling membantu. Apalagi jika harus membongkar pot yang sudah kepenuhan.Lalu dipecah-pecah menjadi beberapa pot lagi. tentu saja hal ini akan lebih banyak mengeluarkan tenaga dan keringat.

Salah satu hasil kebun samping rumah kami (foto KN)

Untuk tanah , karena sumber tanah yang mulai sedikit. Saya biasanya membeli tanah di depot bunga. Satu karung ukuran beras 20 Kg di jual dengan harga hanya sepuluh ribu saja. Nah, sampai di rumah saya campurkan lagi tanah tersebut dengan sekam padi atau kulit padi. Tujuannya supaya tanahnya tidak terlalu padat sehingga saat disiram air akan langsung menyebar dan terseram dengan baik. Selain itu akan membuat tanah tetap gembur.

 Baca Juga : Kue Kemojo

Untuk sekam padi ini, saya biasa membeli atau pesan dengan tetangga yang baru saja panen di sawah. Jadi saya sudah order duluan sekamnya. Kira-kira satu karung besar. Ukuran beras 50 Kg atau 100 Kg. 

Waktu yang Baik Menanam Bunga

Keluarga saya sering bilang, kalo tangan saya dingin. Kalo menanam bunga pasti tumbuh. Meski demikian tidak setiap waktu baik untuk menanam bunga. Ada waktu-waktu terbaik sih untuk menanam bunga. Istilah kata waktu prime time.

Jadi menurut pengalaman saya dan ini memang sudah saya amati dengan seksama. Sebaiknya menanam bunga di sore hari. Setelah ditanam lalu disiram. Paginya bunga akan terlihat lebih segar. Jika ditanam di pagi hari, maka siangnya bunga akan mengalami kepayahan akibat paparan sinar matahari. Potensi untuk mati lebih besar.


Lalu saat yang juga baik menanam bunga adalah di saat atau usai hujan. Apalagi di sore hari. Jadi kondisi hujan, suasana sejuk dan udara juga segar. Sangat baik untuk menanam bunga. Tanah yang akan digunakan juga akan lembut dan gembur. Jadi proses tanam-menanam akan lebih mudah. Tanah tidak perlu dicangkul atau disodok-sodok. Disodok-sodok ini, bahasa Indonesia-nya apa yah. Intinya, itu tanah harus dikorek-korek dulu biar gembur dan enteng dipindahkan ke pot.

Saat usai hujan adalah waktu yang baik juga untuk memindahkan secara langsung tanaman ke tanah. Biasanya saya mencabut atau menggasing dulu atau membuat lingkaran dulu di sekitar tanaman yang akan dipindahkan. Ini berguna, agar akar tanaman tidak putus selain itu akan membuat tanaman mudah diangkat.

Manfaat Menanam Bunga Bagi Kesehatan

Ada beberapa manfaat bagi saya saat menanam bunga terutama bagi kesehatan sebagai aktivitas akhir pekan untuk mengeluarkan keringat. Selain memang untuk menuntaskan hobi dan mencari kesenangan. 

Ini manfaat yang saya rasakan saat melakukan aktivitas menanam bunga yang saya rasakan. Aktivitas ini saya lakukan di week end, di hari sabtu atau ahad. Kalo pagi hari biasanya saya membersihkan dan menyiram bunga. Mencabut rumput atau tanaman lainnya yang tumbuh liar di dalam pot. Tanaman liar ini bisa menganggu tumbuh kembang bunga yang ada di dalam pot.


Kalo untuk memindahkan tanaman saya liat situasi dulu, kalo malamnya hujan. Saya sering memindahkan atau membongkar tanaman dari pot atau ke tanah. Saya lakukan pagi sebelum matahari terbit atau naiknya tinggi. Setelah itu potnya saya pindahkan ke tempat yang teduh agar tidak terkena sinar matahari langsung. Agar tanaman yang baru ini tidak layu.

1. Kegiatan menanam bunga atau tanaman bisa menjadi sarana hiburan untuk hati dan pikiran. Setelah peant beraktivitas secara rutin. Apalagi jika dilakukan saat liburan atau di akhir pekan.
2. Menjadi olahraga ringan dengan menggerakkan anggota badan dan melakukan aktivitas fisik yang ringan dan menyenangkan.
3. Menanam tanaman adalah sebuah saluran hobi yang mengasyikkan. Jika ditekuni dengan baik juga bisa mendatangkan penghasilan
4. Obat stress, saat melihat tanaman tumbuh, berbunga, berbuah apalagi bisa dinikmati. Maka hati akan senang dan bergembira
5. Bahan postingan di media sosial. Kegiatan menanam bunga bisa dijadikan postingan media sosial yang kita punya. Apalgi jika sudah berbunga dan berbuah
6. Sarana membantu orang lain, saat posting di media sosial atau jika ada yang membutuhkan tanaman tertentu. Kita bisa membantu bagi yang membutuhkan tanaman obat.

Sejuk dan segar ya kalo rumah kayak gini (foto unsplash)
Saya sangat senang dan merasa sangat terhibur dengan melakukan aktivitas menanam di akhir pekan ini. Selain sebagai penghibur hati. Menanam bunga juga bisa membuat saya berkeringat dan berolahraga. 

jadi , kalo kamu mau berkeringat di akhir pekan, bisa coba cara saya yah, yaitu dengan menanam bunga. kalo sudah berbunga dan berbuah tentu akan membuat hati senang dan bersemangat, jadi badan juga sehat.

Terima kasih sudah berkunjung di blog Keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.