Menu

Postingan Paling Kece

Vitamin Anak yang Penting untuk Tumbuh Kembangnya

Tuesday, May 8, 2018

/
Assalamualaikum. Wr. Wb
www.keluarganawra.com_ Bengkulu sekarang sudah mulai masuk musim Durian. Sudah mulai banyak yang berjualan durian di sepanjang jalan atau simpangan. 

Lokasi yang paling banyak orang berdagang durian di kota Bengkulu di sekitar Balai Buntar, Di Kawasan Stadion Sawah Lebar, Kawasan Simpang Kampung Bali dekat pom bensin. Selebihnya masih banyak tempat yang lainnya.


Pokoknya hampir setiap simpangan, banyak terdapat penjual durian. Tinggal pilih saja.

Harga durian karena belum terlalu banjir masih di kisaran Rp. 15.000 untuk harga termurah. Kalo udah banjir , bisa dihargai sepuluh ribu dapat tiga.

Murah yaaa, iya kalo lagi banjir harganya segitu. Sampai mabok makam duren, bisa setiap hari makan.

Nah , sebagain petani atau penjual durian . Untuk menyimpan durian supaya lebih awet dan bisa tetap dimakan di lain waktu. Durian tersebut di jadikan TEMPOYAK. Di Bengkulu disebutnya begitu. Mungkin di daerah lain ada juga nama tersendiri. Untuk buah durian yang difermentasikan.

Stok Tempoyak di rumah Emak

Buah durian yang sudah dipisahkan di dari bijinya ini. Lalu dimasukan ke dalam wadah tertentu. Misalnya toples. 

Dibuatkan beberapa hari , saat membiarkan itu ada yang menambahkan garam saja. Sebagai pengawet alami. Ada yang hanya dibiarkan saja. Tinggal diambil saja jika mau diolah.

Harga tempoyak juga variatif apalagi kalo ga musim durian. Kalo lagi musim banyak orang bikin dan nyetok sendiri.

Ya, seperti yang dilakukan Emak saya. Hanya dimasukan ke dalam toples.

Lalu tinggal diambil kalo mau diolah. Biasanya Tempoyak enak diolah menjadi.

1. Sambal tempoyak udang dan Pete. Ini ada yang suka pake santan ada yang tidak.

2. Gulai ikan asam Tempoyak. Nah, kalo ini hanya menggunakan ikan saja dan daun ruku-ruku. Bahasa nasionalnya daun apa ya. Mirip seperti daun buah selasih.

3. Saus ikan . Kalo gulai ikan ga digoreng kalo menu yang ini ikan digoreng dulu. Biasanya menggunakan saus tomat. Ini sausnya diganti durian.



Waduh, nulis postingan ini berat kawan. Saya jadi ngences. Pengen makan.

Maaf ya, saya tinggal dulu ya. Oh, ya lalapan yang enak dimakan bareng Tempuyak adalah rebusan daun Pepaya dan Singkong.

Udah dulu yaaa. 
7 comments

Wah ini yang doyan adik fira nih mbak, apalagi kalau dimasak sambal. Mantap buat dia, buat fira? ~~~kabur

Reply

aku paling suka makan tempoyak. Apalagi tempoyak ikan.. wah jadi laverrr

Reply

Makanan "wong kito" nian. Pindang patin kasih tempoyak juga enak mbak. Hmm dah ah, takut batal puasanya.

Reply

Tempoyak durian inu jdi makanan okhas nya org sumatra y mbx.. Trmsuk bngkulu..

Reply

Kalo duren saya kurang suka. Tapi kalau tempoyak saya suka banget. lha.. wkwkwkkw

Reply

Paling suka tempoyak udang mi. Wah bisa nambuh berkali-kali euy. Apalagi kalo campur petai, ulalaaaa xD

Reply

Tempoyak ini emang cenn banget dicampurin sama apa aja ya mi. udang oke, dimasak campur ikan juga uhh bikin ngeces. Laperrrr mi lapeerr xD

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.