Menu

Saturday, May 19, 2018

/
Assalamualaikum.Wr.Wb
www.keluarganawra.com_ Cara praktis bikin sirup Kolang-Kaling. Bulan puasa begini. Paling enak minum sirup saat berbuka. Ada banyak sirup dijual dipasaran.

Di rumah aku yang paling sering ada sih sirup rasa jeruk atau orange, sirup rasa leci, sirup rasa melon dan sirup cocopandan. Itu aja sih yang paling sering siap.


Terus kalo bulan puasa. Pastinya juga selalu siap Kolang-Kaling. Minimal satu Toples. Satu Toples kalo ditimbang sebanyak satu kilo. Biasa beli di pasar Panorama seharga Rp. 12. 000 saja.

Kolang-Kaling yang biasa saya beli. Sampai di rumah dicuci bersih sambil dibuang matanya. Mata Kolang-Kaling itu mirip jerawat batu.


Untuk membuang mata Kolang-Kaling cukup dipencet sampai keluar. Ya, seperti kita memencet jerawat, hihihi.

Setelah itu Kolang-kaling kita tiriskan di bawah yang ada saringannya agar airnya keluar dan kering.

Kalo di rumah saya, kolang-kaling selain dibuat kolak, cendol. Biasa juga saya bikin sirup . Bikinnya juga biasanya mendadak . Soalnya mudah sekali. Cuma dicampur doang, mirip kayak bikin manisan atau skip buah.


Saya menyebutnya dengan sirup sebab menggunakan sirup rasa jeruk atau orange.

Cara bikinnya, gampang. Setelah Kolang-Kaling ditiriskan tadi. Kemudian masukin ke dalam sebuah wadah. Lalu tambahahkan air matang dan kemudian sirup rasa jeruk atau orange tadi. Diamkan saja. Nanti menjelang berbuka baru di makan.

Biasanya saya membuatnya sekitar jam tiga sore. Setelah itu saya masukin ke dalam kulkas. Jadi pas berbuka nanti sirup sudah dingin dan siap diminum.


Rasanya enak dan segar. Apalagi dengan adanya Kolang-Kaling membuat sirup terasa ada kenyal-kenyal yang enak digigit dan dikulum.

Oh, ya jika ingin mendapatkan potongan Kolang-Kaling yang lebih kecil. Sebelum diracik dengan sirup. Kolang-Kaling dipotong atau diiris terlebih dahulu sesuai dengan selera. 

Gimana, mudah banget kan. Sirup ini juga bisa saya bikin di luar bulan puasa. Cuma suka jarang nemuin penjual Kolang-Kaling.

Namun, kadang ada aja yang jual. Di stok pun ga masalah. Bisa diolah kapan pun.


Oh, ya. Hal ini juga bisa untuk sirup rasa lainnya ya. Bukan cuma buat rasa jeruk atau orange. Untuk rasa manis menyesuaikan ya. Tergantung selera. Boleh menambahkan gula secukupnya.

Selamat mencoba. 

Salam 

2 comments

Waaah segeeernya ...
Kuning tampilan syrup kolang-kalingnya, cakep.

Thanks resepnya,kak..

Reply

Whuuii simple bikinnya, deuh mana lagi puasa, qiqiqi...

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.