Menu

Saturday, August 12, 2017

/


Saya dan keluarga sangat suka pergi liburan. Baik di daerah sekitar tempat tinggal (Staycation) , sering juga ke luar kota. Bahkan ke luar provinsi. Bagi keluarga saya liburan itu adalah sebuah tradisi yang memang kami rencanakan dan kami persiapkan. Setidaknya dalam setahun ada dua kali kami pergi liburan. Liburan sekolah yang biasanya disambung dengan libur lebaran dan liburan akhir tahun. Tahun ini kami berencana untuk liburan ke pulau Lombok, salah satunya mengunjungi Gili Trawangan. Sama seperti halnya liburan sebelumnya, kami juga sudah mempersiapkan beberapa hal. Termasuk Persiapan Liburan Ke Gili Trawangan ini

Kenapa sih kami tertarik liburan ke Gili Trawangan. 

Yups, Gili Trawangan ini adalah salah satu pulau atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Di Lombok ada beberapa Gili seperi Gili Meno, Gili Air. Namun Gili Trawangan memiliki fasilitas wisatawan yang lebih beragam dari gili lainnya. Dengan panjang 3 Km dan lebar 2 Km.

Kelebihan Gili Trawangan dibandingkan dengan pantai lain adalah kita dapat menikmati sunset dan juga sunrise sekaligus di pantai ini! Hal ini terjadi karena Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap timur dan menghadap barat, dan jaraknya tidak terlalu jauh. Sehingga baik sunrise maupun sunset dapat kita nikmati di pantai ini.

Wow, keren banget ya…satu tempat bisa menikmati sunrise dan sunset sekaligus !!

Di Gili Trawangan juga kita dapat melihat kesenian bela diri tradisional yang bernama presean atau stick fighting yang biasanya dipertontonkan di sekitar pasar seni Gili Trawangan.

Lalu ini juga yang bikin Gili Trawangan menarik, kami bisa liburan sekaligus olahraga. Di sana tidak ada kendaraan dan banyak aktivitas motorik.

Di Gili Trawangan (begitu juga di dua gili yang lain), tidak terdapat kendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda (disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan) dan cidomo, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. Untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu, penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor dan speedboat.
Salah satu keindahan Gili Trawangan, Sumber IG @nandasuherman

Aturan tersebut yang membuat akhirnya banyak tercipta objek wisata yang bisa dinikmati dan dilakukan oleh pengunjung. Saat berkunjung ke Gili Trawangan.

Ada beberapa hal yang akan saya dan keluarga nikmati di sana. Dan itu sudah kami cari tahu sebelum ke Gili Trawangan. Supaya begitu sampai di sana, kami tidak bingung lagi. Kami sudah tahu apa yang harus saya, suami dan anak-anak lakukan. Sayang banget kan, jika kita kebingungan di tempat liburan, hahaha. Gak tahu apa yang harus dilakukan!

Ada beberapa kegiatan wisata yang bisa kita lakukan di Gili Trawangan.

1..     Bersepeda

Melakukan aktivitas sepeda santai di pagi atau sore hari di Gili Trawangan . Udaranya segar tanpa polusi asap kendaraan. Mengendarai sepeda atau menuntun sepeda. Membuat kita merasakan  berbaur dengan alam. Kita bisa bersepeda menyusuri tepi pantai sambil memandang deburan ombak.

2.     Berenang

Mandi di pantai adalah sebuah kegiatan yang sangat menarik sekaligus mengasyikkan. Akan sangat disayangkan jika kami tidak mandi di pantai. Jadi harus membawa baju ganti dan perlengkapan untuk mandi sekaligus berenang. Yang perlu diingat , jangan sampai jauh ke tengah apalagi jika melewati rambu-rambu yang ada karena hal itu bisa berbahaya.

2.     Menyelam

Saya, Suami dan Nawra bisa menyelam, jadi kami akan  mencoba aktivitas diving di pantai untuk melihat  kehidupan bawah laut disana. Bisa merasakan berenang diantara ikan-ikan kecil dan terumbu karang yang indah. Jika belum bisa ada juga tempat kursus singkat  di discovery scuba diving. Jadi kita tetap bisa menyelam ya!

3.     Water Sport

Ada lagi aktivitas seru lainnya yang berhubungan dengan olahraga air, kita bisa naik banana boat, jet sky atau pun lainnya. 
Main Ayunan, sumber IG @shellaadwi

5.     Jalan Kaki

Tidak adanya kendaraan bermotor, membuat kita akan banyak melakukan aktivitas berjalan kaki. Saat menuju pantai dan menyusuri tepi pantai. Berjalan  di antara deburan ombak, berlarian. Selain itu kita bisa berjalan kaki saat mencari makan, mencari oleh-oleh atau kegiatan lainnya.

Jalan Kaki Juga Asik, Sumber IG @nandasuherman

6.     Naik Cidomo
Di Gili Trawangan ada kereta kuda yang disebut oleh warga setempat dengan nama Cidomo. Kita bisa juga berkeliling menikmati keindahan alam Gili ini dengan naik Cidomo.

7.     Berfoto
Hal ini pasti saya dan keluarga lakukan. Baik foto dengan latar belakangan alam Gili atau dengan aktivitas wisata. Dan yang pasti saya akan banyak selfie di sana. Banyak tempat yang instagram-able.

Berfoto, Sumber IG @nandasuherman


8.     Berkuda
Di Gili trawangan juga ada istal tempat pacuan kuda, yang terkenal adalah sunset stables dan stud tables. Mengendarai kuda di tempat seindah Gili Trawangan pasti akan sangat mengasyikkan. 

9.     Berwisata Kuliner
Menikmati makanan, bisa menu ala internasional di berbagai kafe atau menu tradisional yang juga sangat banyak dijual di Gili Trawangan. Semuanya itu bisa kita nikmati, tergantung selera dan juga pastinya tergantung duit juga, hehehe!

Salah satu kuliner di Gili Trawanagn , Sumber IG @nandasuherman


Nah, itu beberapa spot wisata yang bisa kita nikmati di Gili Trawangan. Cukup banyak ya, Kayaknya tidak cukup jika hanya satu hari untuk melakukan dan menikmati itu semua. Pasti belum puas. Jadi ada baiknya kita persiapkan juga rencana jika harus menginap di Gili Trawangan. Buat jaga-jaga ya.

Persiapan Liburan Ke Gili Trawangan

Bagi saya dan keluarga, persiapan yang baik dan matang adalah salah satu indikasi awal bakal suksesnya sebuah liburan. Oleh karena itu kami mempersiapkan untuk keperluan liburan dengan baik-baik. Semaksimal mungkin.

1.    Mempersiapkan Dana, jiwanya sebuah liburan itu adalah Duit. Oleh karena itu kita perlu juga persiapan duit yang matang. Meskipun ada banyak trik dan tips yang bisa kita lakukan untuk berhemat. Mulai dari hemat soal tiket, hotel, makanan dan lain sebagainya. Dana yang harus dipersiapkan tergantung dengan tujuan wisata yang akan kita datangi, kendaraan apa yang akan kita gunakan, lamanya liburan dan akan menikmati apa saja. Oleh karena itu persiapan dana harus dengan itungan yang baik. 

2.    Mempersiapkan informasi dan wawasan tentang objek wisata yang akan dikunjungi. Supaya itu tadi yang sudah saya jelaskan sejak awal. Tidak bingung dan sudah tahu apa yang harus dilakukan.

3.    Mempersiapkan kondisi fisik. Kami pergi dengan membawa satu orang anak dan dua orang balita. Mereka harus di jaga kondisi kesehatannya. Saya biasanya juga selalu memberikan suplemen beberapa waktu sebelum keberangkatan dan tetap minum suplemen saat melakukan liburan. Kondisi fisik yang sehat bukan saja penting bagi anak-anak. Saya dan suami juga harus menjaga kesehatan.

4.    Mempersiapkan pakaian . Hal yang paling penting dilakukan adalah menyesuaikan kondisi atau cuaca tempat wisata yang akan dituju, berapa lama dan akan melakukan kegiatan apa saja. Tentu akan berbeda persiapan pakaian ke tempat wisata daerah dingin dan daerah pantai. Lama waktu liburan juga sangat mempengaruhi jumlah pakaian yang dibawa. Dan yang tak kalah penting adalah mengetahui kegiatan apa yang akan dilakukan. Jika sudah dibuat agenda akan ada aktivitas berenang atau bermain air. Sudah pasti harus mempersiapkan pakaian renang. Usahakan juga tidak terlalu banyak membawa pakaian, pilih bahan yang tidak mudah kusut, mudah kering dan bisa dipadu padankan.

5.    Mempersiapkan Tiket dan akomodasi penginapan. Pergi dengan membawa tiga anak dan dua  orang dewasa . Tentu saja membuat saya dan suami juga ektra cari harga tiket dan penginapan yang ramah di kantong. Selain harga yang bersahabat. Kami juga membutuhkan cara pembelian tiket dan akomodasi yang praktis, mudah dan jelas. Lebih hemat waktu dan pastinya juga hemat tenaga dan hemat duit. 

Untuk soal pemilihan tempat membeli tiket dan akomodasi ini kami memang sudah mempunyai beberapa agen tiket dan situs pembelian tiket dan booking  hotel online. Kami akhirnya melakukan pencarian ke beberapa agen dan situs tiket online. Memantau harga dengan seksama. Kami membeli tiket dan mem- booking kamar hotel. Kami lakukan satu-satu. 

Eh, setelah beberapa hari melakukan kegiatan tersebut. Memantau harga tiket dan hotel. Akhirnya kami baru tahu, kalo ternyata di Traveloka. Bisa pesan tiket sekaligus pesan hotel. Dan hal itu bisa dilakukan secara bersamaan. Tidak perlu satu-satu. Memantaunya juga bisa dilakukan bersamaan.

Istilah kata Traveloka itu bersama Togother Better. Benar juga ya, kenapa harus repot pesan satu-satu jika bisa dilakukan sekaligus. Tentu lebih praktis. 

Bersama Lebih Hemat Cocok Sekali


Yo, sudahlah akhirnya meski agak terlambat, kami pun pindah bokingan, hehehe. Gak masalah ya, kan belum dibayar. Kalo udah di issued, itu baru rugi besar. Ini paling rugi waktu dan tenaga saja.

Setelah kami coba ternyata untuk pesan produk paket tiket dan hotel ini secara bersamaan  Ternyata emang  sangat mudah dan menghemat waktu banget.  Sama halnya dengan kalo kita boking satu-satu. Saat pesan bersamaan juga akan tampil beberapa pilihan baik tiket maupun hotel. Kita bisa memilih sesuai selera dan budget kita. Pilihannya juga banyak loh, harus hati-hati juga melihat dan membaca informasinya. Supaya dapat harga tiket dan hotel impian. 

Ya, sudah  di-booking tinggal dibayar. Sebaiknya kalo mau bayar jangan menunggu sampai dekat limit ya. Supaya gak panikan dan booking-an hangus. Jadi bayarlah secepatnya. Apalagi jika memang dalam kondisi sudah bisa dipastikan  kita akan berangkat liburan.

Bisa Langsung Booking Tiket dan Hotel Sekaligus

Setelah kami bandingkan ternyata harga lebih murah daripada  dengan harga waktu kami pesan satu-satu.Terlihat  sekali perbedaan harganya. Tentu saja saya senang banget ya, jadi bisa saving dana lagi buat persiapan yang lain.

Dan….trada! Waktu kami akan membayar ternyata,  harganya memang lebih murah dibandingkan dengan memesan tiket & hotel secara terpisah. Lebih hemat jika dipesan sekaligus.  Jadi ada simpanan dana tambahan dana buat makan, beli oleh-oleh atau di tabung buat liburan berikutnya. 

Pilihan hotel di Traveloka Juga Banyak

Apalagi  pembayarannya mudah dan tersedia banyak metode pembayaran. Kita bisa memilih metode pembayaran yang pas dan bisa kita lakukan. Tidak kuatir lewat limit.

Dengan bantuan Traveloka, liburan jadi lebih mudah dan lebih terencana dengan baik. Terutama untuk urusan tiket dan hotel. Bisa membuat  kita hemat dan tetap nyaman untuk liburan.

Kalo kamu, gimana persiapan liburannya.


14 comments

Wow jadi pengen liburan juga nih mba, semoga bisa ke gili trawangan boyong keluarga ku.

Reply

aduuuh menggoda bgt ini si Gili trawangan,hampir sama sepertinya persiapannya, yg pasti selalu booking hotel di traveloka

Reply

makin banyak aja ya fitur-fiturnya traveloka. jadinya nggak ribet deh kalau mau liburan

Reply

whaaa kenapa lagi banyak yang nulis tentang Lombok sih? aku tuh emang berencana ke sini sama keluarga. Sebelumnya pernah ke sini sama teman-teman dan asik banget main ke Gili Trawangan.

Reply

wahhh pas aq kesana dulu blum ada ayunan dilaut itu...

pengen kesana lagii

Reply

Insyaallah next bisa kesana mbam

Reply

Gili Trawangan asli bikin mupeng foto-fotonya mba dan makasih tips dan triknya untuk liburan yang berkualitas

Reply

gili trawangan salah satu destinasi favorit klo ke lombok, pantainya bagus

Reply

Asyik. Sekarang ada paket tiket dan hotel sekaligus. Hemat dan cepat ya.
Noted.

Reply

aku juga mau ke sana mbk, hayuk aku ikutannnnn

Reply

pengen kesana juga,, nabung dolooooooo

Reply

enak di traveloka ada paket hotel yang murah2

Reply

sepertinya kuliner di sana begitu menggiurkan juga yah mb

Reply

Pernah dua kali ke Lombok tapi ga mampir ke Gili Trawangan. Tadinya mikir bakal terlalu turis. Tapi kayaknya seru juga karena opsi kegiatan di sana banyak. Pengen nyoba es krimnya. Kayaknya enak.

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.