Menu

Sunday, December 2, 2018

/
Assalamualaikum Wr.Wb

Bagaimana kabar Sahabat Keluarga Nawra? Semoga sehat selalu ya. Menjelang akhir tahun 2018 ini, pasti ada banyak sekali diskon atau potongan harga dari berbagai restoran

Mulai dari restoran cepat saji ala Italia sampai restoran ala Jepang. Menggiurkan sekali bukan? Sebagai pengetahuan umum saja. Ternyata ada sepuluh jenis sushi yang ada di restoran Jepang di Indoneisa loh.

Kira-kira seperti ini penjelasan tentang sepuluh jenis sushi di Indonesia khusus untuk Sahabat Keluarga Nawra nih. 

Oshizushi 

https://www.instagram.com/kurukurutontonton7/ 

Yang Pertama ada menu sushi yang namanya adalah Oshizushi. Biasanya disajikan dengan kotakan kayu. Kemudian sushi ditata dengan bambu kotak, sehingga bentuknya nanti bukan bulat melainkan kotak. Sushi jenis ini, biasanya jarang sekali ditemukan loh.

Inarizushi 


https://www.instagram.com/kurukurutontonton7/ 
Nah, kalau sushi yang satu ini namanya adalah Inarizuhi. Sushi ini ada pembungkusnya loh, dibungkus dengan kulit tahu yang renyah. Kalau nama kulit tahunya dalam bahasa Jepang adalah Aburage. Memiliki banyak protein yang baik untuk pertumbuhan anak. 

Uramaki Sushi 


https://www.instagram.com/akashi_sushi_bar/ 
Jadi sushi yang satu ini, bukan berasal dari Jepang asli loh. Urumaki sushi namanya. Variasi sushi dengan membalik letak kertas nori. Kan kalau dari Jepang kertas norinya di atas, kalau di versi Amerik kertas norinya di dalam sushi. 

Temaki Zushi 


https://www.instagram.com/mai_yum_yum/
Jujur kalau lihat sushi dengan bentuk seperti ini, bukan hanya anak-anak yang suka tapi juga kita-kita yang sudah dewasa hehe. Bentuknya lucu, seperti es kim cone. Temaki sushi memang dihidangkan dengan cara digulung. Itu juga berhubungan dengan arti dari Temaki sendiri, digulung dengan tangan. 

Norimaki 

https://www.instagram.com/saketotsumami/
Jenis sushi yang kelima adalah, Norimaki. Sushi ini sudah umum dijual di restoran atau bisa dibikin sendiri di rumah. Lumayan untuk mengisi waktu senggang. Kira-kira Sahabat Keluarga Nawra pernah membuatnya? Kapan-kapan berbagai resep sushi ya. 

Sashimi Sushi 

https://www.instagram.com/juanzerpa_chefsushi/
Lucu-lucu sekali ya bentuk sushi yang satu ini. Sayang kalau mau memakannya. Sashimi sushi memiliki cocolan saus manis atau asin agar bau amis daging ikan tidak tercium. Biasanya sushi jenis ini juga disajikan dengan cara mengepalkan nasi kemudian diberi irisan daging ikan di atasnya. 

Gunkan 


https://www.instagram.com/yokoso_sushi_sushibox_bonn/

Kalau sushi yang satu ini, beda dari jenis sushi yang lainnya. Karena sushinya dibungkus bukan dengan kertas nori, tapi dengan irisan tipis mentimun yang segar. Bentuknya jadi seperti kapal perang. Seperti namanya, Gunkan itu artinya Kapal Perang loh. hehe lucu ya bentuk sushinya. 

Nigiri

https://www.instagram.com/p/Bqsnu_tH48B/ 

Lucu sekali penyajiannya, bikin di rumah bisa nggak ya? jelas pasti bisa. Termasuk dalam jenis sushi dengan nama nigiri. Sajian ikan mentah tanpa cocolan saus apapun. Wah, menyehatkan sekali ya. 

Futomaki 

https://www.instagram.com/futomakisushi/ 

Yang punya anak dengan nafsu makan tinggi, wajib bisa membuat sushi yang satu ini. Karena isian sushinya berjumlah tujuh macam. Sekali gigit sudang langsung kenyang seharian. Nyam-nyam. 

Temari Sushi 

https://www.instagram.com/mydelectablekitchen/ 

Sushi bulat seperti bakso, jadi sensasi makan sushi yang beda. Tapi sayang, kalau di Indonesia masih jarang. Maka dari itu, bikin sendiri di rumah yuk. Sudah banyak tutorialnya di youtube atau video di media sosial. 

Gimana Sahabat Keluarga Nawra? Jadi makin banyak tahu ya? setelah ini mau langsung ke restoran Jepang bersama keluarga atau malah ingin membuat menu sushi ala rumahan? Bagi-bagi informasinya ya. 

Salam, 
Keluarga Nawra 

12 comments

Berkali-kali makan sushi baru tahu ada klasifikasinya, seringnya makan uramaki sama noramaki sih

Reply

belum pernah makan sushi, kalo di suruh nyoba yang norimaki ajalah berasa makan kue lemper.

Reply

Aku banget ini mbak pecinta Sushi. Selama itu halal, Sushi apapun aku doyan banget. Malah sampe lupa kadang makanya banyak banget padahal udah banyk banget karbonya hehehe

Reply

Nama namanya asing di telinga saya, hehehe...
Saat berada di rumah majikan sering buat sushi tapi gak tahu istilahnya. Cuma kalau makan sashimi, biar gak terasa amis itu memakannya dengan washabi. Mantap...

Reply

Makanan kesukaan ku nih bisa kalap deh kalau liat banyak.macam sushi

Reply

Ini nih salah satu yang bikin aku juga mupeng mau ke Jepang. Makanan khasnya aja jadi satu hal yang indah.

Reply

Ya Allah makanan ini favorit saya banget...liat penampakannya jd bikin lapar eung..hehe..

Reply

Sushi yang ada di indonesia banyak juga Bunda, daku belum cuba semuanya nih.. Ngiler jadinya

Reply

Waah aku suka Sushi mbaaa, di beberapa restoran Sushi sudah dikasih taste Indonesia, makin banyak yang cocok

Reply

Orang Jepang itu kreatif banget ya, penampakan suhie dikreasi sedemikian rupa sehingga tampilannya menarik.. Bikin kita ingin segera menyantapnya..

Reply

ngiler liat sushi-sushi ini, aku termasuk penggemar makanan jepang termasuk sushi. Aku gak bisa buat sendiri, jadi pastinya beli aja ke outlet restoran jepang.. hhee
yang futomaki waw banget ih,, aku blm pernah coba.

Reply

Mudah mudahan aku punya kesempatan untuk nyicipin semua sushi ini. sungguh menggoda untuk dicoba. enak enak semua sepertinya hehehe

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.