Menu

Saturday, March 9, 2019

/
Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai, Sahabat Keluarga Nawra

Beberapa hari ini pola Buang Air Besar atau BAB Anassya, sedang tidak baik. Sudah beberapa har, dia belum BAB. Padahal biasanya, minimal satu kali dalam sehari. Dengan konsistensi tinja lembek dan berwarna kuning.

Pola BAB pada anak mencakup frekuensi BAB, konsistensi dan warna tinja. Pola BAB ini bisa menjadi pertanda sebagai kondisi kesehatan saluran cerna anak. Oleh karena itu sebagai orangtua kita harus memahami pola BAB anak agar terhindar dari berbagai masalah serta bisa ditanggani secara tepat dan cepat. 


Nah, saya jadi pengen segera tahu, apa yang terjadi sama Annasya. Apakah seperti sebelumnya.Biasanya kalo dia dalam beberapa hari ngak makan buah dan sayur, yah kejadian seperti itu. Jadi seperti susah buang air besar. Meski ngak disertai dengan nyeri. Meski demikian kalo Annasya ngak BAB dalam beberapa hari, saya pasti kuatir juga. Sebab Annasya juga ngak pernah ngeluh.

Memang banyak penyebab pola BAB anak sih.  Pola BAB anak dipengaruhi oleh berbagai faktor organik, fungsi organ dan sistem saraf, pola makan dan usia. Jadi ini bisa disimpulkan Annasya tidak lancer BAB karena pola makan yang tidak seimbang. Sebab pada usia dua tahun anak mulai memilih jenis makanan yang hendak ia makan. Nah, Annasya sedang mengalami hal ini, dia sudah mulai pintar memilih makanan. Kalo makanan yang dia ngak suka, maka dia juga akan menolak makan makanan tersebut.

Hal ini dapat menyebabkan  pola BAB anak akan berbeda dengan anak yang lainnya. Pola BAB Sangat tergantung dengan pola asupan gizinya setiap hari

Waspada Jika Pola BAB Anak Terganggu

Anak yang mempunyai kebiasan baik. Mengkonsumsi makanan dengan prinsip gizi seimbang setiap hari. Terutama untuk asupan buah dan sayuran. Akan memperlihatkan frekuensi BAB yang lebih sering dan konsistensi tinja yang lebih lunak dibandingkan anak yang pola makannya kurang mengandung serat

Jika konsistensi anak keras dan berwarna yang lain. Maka kemungkinan adanya suatu kelainan. Tinja berwarna dempul bisa menjadi petunjuk bahwa kemungkinan ada gangguan pada empedu atau hati, tinja berwarna kemerahan atau kehitaman kemungkinan perdarahan saluran cerna.

Saluran cerna yang sehat artinya penyerapan makanan berjalan baik. Selain itu berfungsi juga sebagai ketahanan tubuh anak.

Untuk pertahanan tubuh digunakan untuk mengeliminasi kuman patogen , merespon infeksi dan vaksinasi. Tubuh anak bisa membedakan zat yang berasal dari tubuhnya sendiri atau benda asing sehingga anak akan lebih toleran terhadap berbagai jenis makanan dan kebal terhadap berbagai serangam penyakit

Di dalam tubuh, perlu ketahui ada sekitar lebih dari 40 persen jaringan saluran cerna dibentuk oleh jaringan limfoid yang dikenal dengan nama Gut Associated Lymphoid Tissues ( GALT) . GALT ini merupakan sistem imun terbesar dalam tubuh anak sehingga merupakan elemen penting dari sistem daya tahan tubuh anak.

Karbohidrat tertentu oligosakarida dan serat bermanfaat meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek di dalam saluran cerna. Asam lemak rantai pendek berfungsi sebagai nutrisi sel usus besar ,menstimulasi pertumbuhan bifidobacteria dan lactibacillus, memperbaiki fungsi barier mukosa usus besar, membantu metabolisme karbohidrat fan lemak serta meningkatkan penyerapan air dan elektrolit

Pertahanan alamiah saluran cerna dapat melalui beberapa melanisme.Pertahanan mekanis melalui lapisan mukus sebagai fungsi barier Pertahanan imunologi melalui pembentukan antibodi terutama secretory immunoglibulin A ( SIgA) , Pertahanan biologi melalui keberadaan mikroorganisme khusysnya bifidobacteria dan lactobacillus .Pertahanan kimia melalui pembentukan asam lemak rantai pendek.

Oleh karena itu, perlu sekali kita sebagai orang tua untuk memperhatika asupan gizi anak setiap hari. Terutama seperti Annasya ( 3 tahun) yang baru mengenal berbagai jenis menu makanan. Upayakan supaya asupan gizi anak terpenuhi sesuai dengan prinsip gizi seimbang. Agar tumbuh kembang anak dapat berjalan sesuai dengan tahapan usia dan harapan orang tua sehingga anak bisa tumbuh kuat, sehat, pintar dan cerdas.

Coba Berikan Anak Yogurt

Untuk melengkapi dan memenuhi kebutuhan asupan serat anak setiap hari, kita bisa memberikan yogurt kepada anak. Baik secara langsung atau diolah terlebih dahulu atau divariasikan dengan menu makanan yang lainnya.

3 dari empat pilihan rasa yang ada.banana, raspberry, mango, dan leci Foto, dokpri
Manfaat Konsumsi Yogurt Setiap Hari :

•  
 Membuat BAB Teratur
•    Mencegah kanker usus
•    Meningkatkan imunitas
•    Membantu menurunkan berat badan dan membakar lemak
•    Menurunkan kolesterol
•    menurunkan tekanan darah tinggi
•    Mencegah jantung koroner
•    Mencegah Osteoporosis
•    Menetralisir antibiotik
•    Mencegah keputihan pada wanita
•    Menghilangkan napas tidak sedap

 
Mengenal Yogurt dan Manfaatnya Bagi Anak

Yoghurt adalah susu yang dibuat melalui proses fermentasi bakteri. Yogurt mempunyai rasa agak asam. 

Anansya suka yang rasa pisang, pilihnya juga gambar pisang . foto, dokpri
Ada dua jenis yogurt di pasaran yogurt tawar dan yoghurt siap santap. Yogurt banyak mengandung beberapa vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh diantaranya vitamin BI, Vitamin B2, asam amino penyusun protein, kalsium, fosfor, protein lemak, karbohidrat, zat besi, retinol dan thiamine.  

Yogurt berkhasiat untuk mencegah osteoporosis, mencegah kanker usus, menurunkan kolesterol, mencegah hipertensi dan mencegah penyakit jantung koroner. Yogurt yang dijual di pasaran banyak macamnya. 

Ada kemasan kecil juga.  Foto, dokpri
Yang berwarna putih dan rasanya murni asam disebut yoghurt polos atau yogurt dasar (plain yoghurt). Yogurt jenis ini paling pas dicampurkan ke dalam masakan dan kue karena cita rasanya netral. Sering digunakan untuk menggantikan krim atau krim asam. Guna mengurangi rasa asam pada yogurt polos, sebelum disantap yogurt bisa dibubuhi madu atau sirup. Bisa juga diblender  atau di juicer bersama buah yang rasanya manis, seperti mangga arumanis atau anggur. 

Minum ini bisa, buat dua kali kalo Annasya, foto dokpri
Selain yogurt polos, tersedia pula yoghurt aneka rasa yang sudah siap santap. Yoghurt jenis ini telah dibubuhi pemanis, esens, dan bahan penstabil. Kadang juga ditambahi bahan pengental agar teksturnya lebih padat. Contoh yogurt siap santap antara lain yoghurt buah (fruit yogurt), yoghurt minuman, es yoghurt. Yogurt jenis ini juga sangat cocok jika digunakan untuk bahan tambahan untuk membuat minuman jus atau smoothie.

Yo!Yogurt For Kids

Heavenly Blush yang merupakan wellness specialist mengenai yogurt, akhirnya juga membuat yogurt anak. Yogurt khusus untuk anak-anak. Baik dari segi rasa, maupun dari segi gambar pada kemasannnya. Gambar pada kemasannya menggunakan karakter lucu, baik untuk menggambarkan buah-buahan dan sayurannya.

Yo! Yogurt For Kids ini, merupakan kombinasi buah dan sayur. Yang mengandung Streptococcus Thermophilus & Lactobacillus Bulgarius. Yogurt ini tinggi serat (High Fiber) dari buah dan sayuran dengan rasa yang enak. Kaya akan nutrisi susu yang baik untuk pertumbuhan. Tanpa bahan pengawet, pewarna dan perasa buatan sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari. Solusi terbaik untuk orang tua yang ingin menambahkan kebutuhan serat  sayur buah pada anak.

Dengan mengkonsumsi Yo! Yogurt For Kids sebagai nutrisi sehari-hari, diharapankan pola BAB anak berjalan dengan baik sehingga tidak ada gangguan pada saluran pencernaan anak. Harga satu kotak Yo! Yogurt For Kids ini juga sangat terjangkau, bisa dibeli diberbagai minimarket dan toko ritel yang ada di berbagai wilayah. Termasuk juga bisa dibeli secara online. 


Ada beberapa pilihan rasa, seperti  banana, raspberry, mango, dan leci. Bisa dipilih sesuai dengan selera dan kebutuhan anak-anak kita. Oh, ya Yo! Yogurt For Kids ini halal yah.

Selamat mencoba ya, Sahabat Keluarga Nawra

Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. Lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.