Menu

Postingan Paling Kece

Vitamin Anak yang Penting untuk Tumbuh Kembangnya

Sunday, January 21, 2018

/


Assalammualaikum Wr.Wb

Kalo kamu man ke Bengkulu ga boleh lupa ya beli atau nyobain minum sirup Kalamnsi. Yah, rasanya yang segar akan bikin kamu kangen untuk minum lagi. Paling ga kamu akan ingat, kalo sirup Kalamansi ini berasal dari Bengkulu.

Untuk mempromosikan sirup ini, bapak PLT gubernur Bengkulu, Rohidn Mersyah pernah membagikan seribu botol lebih sirup jeruk Kalamansi secara gratis pada acara Car Free Day beberapa waktu lalu di Jakarta.

Kamu, kebagian ga gratisannya, hihihi. Selan syrup. Saat itu juga dbagikan kopi khas Bengkulu.

Di Bengkulu, memang banyak di budidayakan pohon Jeruk Kalamansi ini.Di rumah saya juga ada. Dulu beli bibtnya cuma seharga lima belas ribu rupiah. Tumbuhnya juga cepat dan berbuah lebat. Sampai bosan mau diapain, di buat minuman, buat bahan makanan, buat penghilang bau amis, buat penghilang minyak saat mencuci piring dan lain sebagainya.

Namun oleh sebagian masyarakat Bengkulu, jeruk Kalamansi ini salah satunya dibuat minuman tadi yang saya sebut Jeruk Kalamansi. Ada yang masih berupa sirup. Ada juga yang siap pakai eh siap minum. Dalam kondisi dingin, duh sedap sekali.


Mengenal Jeruk Kalamansi

Ini saya ambil dari Wikipedia ya, Jeruk kalamansi (Inggris: calamondin atau calamansi; Melayu: limau kesturi) adalah jenis buah jeruk yang berkembang pesat di Bengkulu, berbau harum, dan memiliki rasa yang asam ketika sudah masak, dan pahit ketika masih mentah.Jeruk kalamansi memiliki dua jenis yang biasanya dibedakan dari warna kulitnya, yaitu jenis yang disebut dalam nama ilmiah (Bahasa latin) Citrofortunella microcarpa berwarna kuning kehijauan atau seperti gradasi, terdapat bagian yang kuning dan pada beberapa tempat terdapat warna hijau, dan yang kedua, yang disebut Citrofortunella mitis biasanya memiliki warna kuning mencolok.

Jeruk ini telah ada di seluruh Asia Tenggara, terutama di Republik Rakyat Tiongkok dan Filipina.[3] Jeruk kalamansi ditemukan banyak berkembang di Republik Rakyat Tiongkok, bagian Swatow. Orang Tiongkok meyakini bahwa keberadaan jeruk kalamansi membawa keberuntungan sebuah rumah, oleh karena itu mereka juga menanamnya di rumah.

Budidaya Jeruk Kalamansi di Bengkulu

Jeruk kalamansi banyak dibudidayakan di Bengkulu, dan diproduksi secara besar-besaran untuk dijual dalam hasil olahan bernama sirup kalamansi. Permulaan gerakan budidaya jeruk kalamansi ditandai dengan pencanangan gerakan "satu desa satu produk" (OVOP: one village one product) oleh Wakil Presiden Boediono pada tahun 2009.Jeruk kalamansi juga dapat dijumpai di Bali dengan sebutan Melayu, yaitu limau kesturi.

Nah, salah satu merek sirup jeruk Kalamansi yang ada di Bengkulu adalah Jeruk Kalamansi Gusti. Sirup ini juga sudah sangat terkenal untuk Bengkulu. Selan itu untuk kemasannya pernah menang lomba kemasan produk UMKM . 

Memang bentuknya lucu dan imut ya, bagus juga kalo dijadikan oleh-oleh atau kado. Orang-orang pasti akan mudah mengingatnya.


Untuk pemesana sirup Kalamansi ini, kamu bisa hubungi ini ya

Jeruk Kalamansi Gusti
Jalan M Hasan No 12, Pasar Baru Bengkulu
Hp 0852 7322 7433

Kalo Ke Bengkulu, ingat dan beli sirup Kalamansi ya, kalamansi Gusti !!

1 komentar:

Jadi pingin nyoba jerk kalamansi ini. Apalagi merupakan produk terkenal di Bengkulu ya :D

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.