Menu

Postingan Paling Kece

Vitamin Anak yang Penting untuk Tumbuh Kembangnya

Saturday, January 27, 2018

/

Assalammu'alaikum Wr.Wb

Hai, udah liburan kemana aja, udah pernah ke pulau Tikus kah, Kalo ada yang belum pasti masih bingung ya, mau bawa apa aja ke sana. Nah, kali ini saya ingin berbagi pengalaman waktu ke pulau Tikus beberapa waktu lalu. Ya, Keluarga Nawra sudah ke sana, asik banget!. Ada beberapa perlengkapan dan peralatan yang harus di bawa sebelum ke pulau Tikus. Apa saja itu, cek di ulasan berikut ini ya...

Pulau Tikus adalah pulau kecil yang terletak di perairan Pantai Bengkulu. Pulau Tikus ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Pulau ini berada di sebelah barat dari kota Bengkulu dan dari pantai-pantai di Kota Bengkulu dapat terlihat. Pulau ini sering dikunjungi para wisatawan dan dapat ditempuh dengan menyewa perahu nelayan dari Pantai Zakat maupun Pantai Tapak Paderi




Pulau seluas 0,6 hektar itu diminati pengunung karena lokasinya yang dekat dengan Kota Bengkulu. Kamu hanya perlu menyeberang pulau selama 40 menit menggunakan perahu nelayan atau kapal wisata khusus.

Meski luasnya hanya 0,6 hektar, Pulau Tikus ditopang terumbu karang seluas 200 hektar.  kamu bisa menyambangi pulau ini dengan one day trip alias perjalanan satu hari.

Bagaimana Menuju Pulau Tikus

Musim panas yaitu sekitar bulan April hingga September. Pada bulan-bulan ini gelombang laut tidak begitu besar. Namun tetap harus diperhatikan kondisi laut yang kadang-kadang tidak menentu dengan berdiskusi bersama trael agen yang sudah profesional.



Pulau yang luasnya 0,65 hektar saat ini menjadi tujuan destinasi wisata Kota Bengkulu. Secara Geografis, Pulau Tikus termasuk wilayah Kota Bengkulu, tepatnya kelurahan Berkas Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu. Berdasarkan Undang Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua atas Undang Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah, kota mempunyai wewenang terkait menyangkut wilayahnya. Banyak pihak yang menaruh kepedulian pada pulau semata wayang yang ada di depan pesisir Kota Bengkulu ini.

Tempat berkumpul 

Hari itu saya, suami dan Putri Pertama kami akan berlayar menuju pulau Tikus. Kami berkumpul di  Tapak Paderi. Dekat dengan tempat wisata Pondok Sendal Jodoh. Berhadapan dengan Benteng Malborough. 



Gunakan Paket Wisata 

Kali ini saya dan keluarga akan menggunakan jasa Paket Wisata Pesona Sapa Wisata.  Di bawah pimpinan pak Thomas.  Kami berangkat bersama dengan sobat Bloggerbengkulu. Rame-rame itu emang asik. Ada yang bawa satu plastik gede kerupuk, hahaha. 

Persiapan Berangkat 

Ada beberapa hal penting yang harus kita persiapkan sebelum berangkat. Ini ya yang harus dibawa dari rumah,  soalnya  di sana gak ada yang jual

  1. Duit, Secukupnya kalo bisa gak usah bawa dompet kuatir basah  tertinggal atau hilang 
  2. Makan dan minuman,  kalo ikut paket wisata kita udah disediakan makan dan minum. Tetapi untuk yang doyan makan dan cepat lapar.  Ada baiknya bawa saja sebab kalo lagi asik main air,  lupa waktu dan cepat lapar.  Apalagi di sana cuma ada jual pon mie saja
  3. Sepatu karang ,  itu loh sepatu yang terbuat dari karet.  Saya dan Nawra pakai sepatu sandal yang dari karet. Sedangkan suami pake sepatu olahraga yang biasa dipakainya. 
  4. Baju ganti secukupnya.  Di sana ada kamar bilas dan ganti baju.  Jadi aman. Meski nanti kemungkinan bisa basah lagi kena air laut dalam perjalanan 
  5. Kacamata,  penting banget buat melindungi mata dan penglihatan supaya gak mudah silap dan mata kita nyaman 
  6. Topi,  bagusnya sih topi yang bundar sehingga bisa melindungi muka kita secara maksimal. Tanpa kuatir terkena paparan sinar matahari . Bisa juga diatasi dengan menutupnya dengan jilbab dan membuatnya seolah menggunakan cadar.
  7. Sublock ,  ini satu lagi yang gak boleh tinggal.  Cream untuk melindungi wajah, leher, tangan dan bagian tubuh kita yang lainnya yang terbuka. 
  8. Kamera, powwebank,  handphone, action cam,  tongsis,  Trippod. Apalah itu namanya pokoknya semua alat untuk eksis. Di pulau Tikus sinyal bagus, jadi kita bisa langsung update postingan loh, hihihi
  9. Kantong asli atau kresek. Ini berguna banget buat membawa baju basah. Sekaligus juga bisa kita pakai untuk melindungi baju dan peralatan kita sebelum masuk tas.  Jadi semua barang bawaan  kita masukin dulu ke dalam kantong plastik.  Baru kemudian dimasukin ke tas.  Hal ini penting untuk menghindari terjadinya basah

Lama Perjalanan 

Perjalanan dari Tapak Paderi menuju Pulau Tikus memakan waktu sekitar 40- 60 menit. Tergantung juga dengan cuaca dan kondisi laut.  Kita bisa pp kok, ga perlu nginap. Tapi kalo mau nginap bisa aja, ada juga paket menginapnya.



Naik Apa Ke Sana

Menuju pulau Tikus kita akan menggunakan kapal atau perahu yang digerakkan oleh mesin boat.  Jadi perjalanan kita lebih,  nyaman dan cepat. Bentuk Kapal nya biasanya ada yang diberi atap ada juga yang belum.  Jadi sebagian bisa masuk dan melindungi  dari sinar matahari.  Namun yg lainnya ada juga yang ikut kapal besar, misalnya ikut rombongan kapal TNI. Tapi ini ga sering ya, cuma momen tertentu saja.

Tarif Perjalanan

Untuk tarif beragam, antara Rp. 150.000,- sampai Rp. 500.000, beragam sih. Tergantung juga dengan paket yang diambil. Soal harga bisa kita cek di sini ya, Harga Paket Liburan ke Pulau Tikus. Tarif ini akan lebih murah jika kita pergi rombongan.

Gimana, informasi yang saya sampaikan, udah bisa memberikanmu pencerahan. Semoga begitu ya, bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik sebelum pergi liburan ke pulau Tikus.   



9 comments

Tarif segitu murah ya mba. Buat menikmati suasana alam yang indah kayak gt. Ngmg2 aku baru denger pulau tikus. Mungkin kecil ya mba pulaunya?

Reply

Blm perna ke pulau Tikus, seru jg ya nyebrang naik kapal ke pulau itu

Reply

Bener bawa duit. Kalo dompetnya aja ga ada isinya jg gawat. Hehe just kidding

Reply

Hallo mbak, salam kenal ya. Saya yosa.
Makasih sharingnya. Saya jadi pengen ke bengkulu nih hehe.

Reply

wah, seru banget perjalanannya, semoga bisa kesampean kesana

Reply

terimakasih tipsnya, mudah2an bisa ke sana

Reply

bentar tak catet. Sangad bermanfaat info nya mbak. TFS yakk,,

Reply

Pulau Tikus, asyik bener holiday di sana.. pingin ke sana lagi rasanya... hayuklah Mbak pergi lagi ^^

Reply

Waah... aku baru dengar kalau ada pulau tikus mbak... bersyukurlah atas anugerah indonesia...

Reply

Terima kasih sudah berkunjung di blog keluarga Nawra. lain waktu datang lagi ya

Powered by Blogger.